Sabtu, 26 November 2022

Upaya Mengentaskan Kemiskinan Melalui Program Kampung Zakat Nasional
Upaya mengentaskan kemiskinan melalui program Kampung Zakat Nasional

Upaya Mengentaskan kemiskinan melalui Program Kampung Zakat Nasional terus dilakukan oleh Kementerian Agama RI. Sebagai salah satu negara dengan penganut muslim terbesar di dunia, Indonesia memiliki potensi zakat yang sangat besar. Berdasarkan data yang dihimpun oleh Baznas pada tahun 2021, dana zakat, infak, dan sedekah yang berhasil dihimpun sebesar Rp 14,11 triliun. Jumlah ini terus meningkat meski di masa pandemi. Tahun ini diperkirakan dana ZIS yang terhimpun mencapai lebih dari 20 triliun rupiah.

Masyarakat muslim Indonesia telah memiliki kesadaran membayar zakat yang cukup tinggi. Namun sayangnya potensi zakat tersebut belum diberdayakan dengan optimal. Oleh karena itu lah, pemerintah melalui Kemenag RI melakukan upaya mengentaskan kemiskinan melalui program Kampung Zakat Nasional. 

Program Kampung Zakat Nasional Kemenag RI bertujuan untuk mengentaskan kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah yang rawan ketahanan ekonomi atau kantong-kantong kemiskinan. Berdasarkan data BPS pada tahun 2021, angka kemiskinan di Indonesia terus meningkat dan mencapai 27,54 juta orang. Dan salah satu upaya yang dapat dilakukan pemerintah untuk mengentaskan kemiskinan di Indonesia dengan mengoptimalkan potensi zakat melalui program-program kreatif dan inovatif.

Program Kampung Zakat Nasional merupakan sinergi yang melibatkan beberapa pihak terkait seperti Kemenag RI, Baznas, LAZ nasional  dan lokal termasuk pemerintah daerah setempat. Sinergi tersebut dilakukan agar dapat memperluas lapangan pekerjaan yang akhirnya menciptakan muzakki baru. Program Kemenag ini telah dilaksanakan sejak tahun 2018 lalu dan telah tersebar di 18 titik. Kampung Zakat Nasional merupakan program sinergi untuk mengatasi permasalahan masyarakat yang berhubungan dengan bidang dakwah, ekonomi, pendidikan, kesehatan dan sosial kemanusiaan.

Salah satu Kampung Zakat Nasional

Sosialisasi Kampung Zakat Nasional


Sosialisasi Kampung Zakat Nasional 

Belum banyak yang tahu apa itu Kampung Zakat Nasional. Untuk lebih mengenalkan program Kampung Zakat Nasional, Kemenag RI mengadakan acara Sosialisasi Kampung Zakat Nasional pada tanggal 24 November 2022 di Wisma Haji Pondok Gede. Acara ini sekaligus memaparkan peran BAZNAS dalam program Kampung Zakat Nasional. Kemenag RI menginisiasi program ini sebagai salah satu upaya mengentaskan kemiskinan di Indonesia. 

Kampung Zakat merupakan program pemberdayaan desa tertinggal atau pun daerah miskin melalui sinergi Kemenag, BAZNAS RI dan LAZNAS serta pemerintah setempat yang dananya berasal dari zakat, infak dan sodaqoh serta dana sosial keagamaan lainnya yang berhasil terhimpun. Kampung Zakat Nasional dilaksanakan berdasarkan SK Dirjen Bimas Islam Nomor 298 Tahun 2018. Dan BAZNAS memegang peranan cukup penting dalam pelaksanaan program Kampung Zakat Nasional.

Program Kampung Zakat Nasional ini terbukti mampu memperbaiki, menumbuhkan serta memperkuat ekonomi masyarakat di 18 Kampung Zakat Nasional. Adapun peran BAZNAS dalam program Kampung Zakat Nasional, diantaranya adalah:

- memberikan dukungan kepada Kampung Zakat Nasional melalui jaringan BAZNAS yang terdiri dari 34 BAZNAS Provinsi dan 514 BAZNAS kabupaten kota;

- BAZNAS mengelola kegiatan Kampung Zakat Nasional berbasis keumatan yang meliputi 5 aspek yaitu pendidikan, ekonomi, dakwah dan advokasi, kemanusiaan dan kesehatan;

- BAZNAS yang menyediakan perangkat assessment Kampung Zakat;

- BAZNAS juga yang menyediakan SDM dan pendanaan pelaksanaan program Kampung Zakat Nasional, bekerjasama dengan BUMDes;

- BAZNAS bersama Kemenag RI berperan sebagai leading sector Kampung Zakat Nasional dan berkoordinasi dengan Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) untuk melaksanakan kegiatan pemberdayaan di lokasi Kampung Zakat Nasional.

Sementara itu, dalam acara yang sama, Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Ditjen Bimas Islam, Bapak Tarmizi Tohor mengatakan bahwa Kemenag RI akan terus memastikan masyarakat atau daerah yang menerima program Kampung Zakat Nasional adalah daerah yang merupakan kantong kemiskinan dan memerlukan bantuan pemberdayaan supaya terjadi perbaikan taraf kehidupan. Pak Tarmizi menegaskan bahwa 18 titik Kampung Zakat Nasional sudah tepat sasaran dan kedepannya, akan terus seperti itu karena daerah penerima program Kampung Zakat Nasional dikaji langsung oleh Kemenag RI. 

"BAZNAS terus memperkuat sinergi dengan pemerintah daerah agar program Kampung Zakat Nasional dapat terus terlaksana. Targetnya di 514 kabupaten-kota ada kampung zakatnya. Rencananya pada tahun 2023 nanti akan dibangun 20 Kampung Zakat Nasional baru di daerah terpencil dengan tingkat ekonomi masyarakat di bawah rata-rata," pukas Pak Tarmizi Tohor. Daerah-daerah yang menjadi lokasi Kampung Zakat akan memperoleh pendampingan selama 3 tahun. Tujuannya agar ekonomi masyarakat dan daerahnya pulih, tumbuh dan berdiri kuat hingga dapat membantu daerah lainnya. Manfaat adanya Kampung Zakat Nasional ini tidak hanya dirasakan oleh muslim saja tapi juga seluruh masyarakat Indonesia karena cukup banyak umat agama lain yang membuka usaha di sekitar Kampung Zakat Nasional.

Semoga upaya mengentaskan kemiskinan yang dilakukan pemerintah melalui program Kampung Zakat Nasional ini dapat meningkatkan taraf kehidupan masyarakat Indonesia yang berada di kantong-kantong kemiskinan serta mampu mensejahterakan masyarakat Indonesia pada umumnya. Aamiin.

Peran BAZNAS dalam program Kampung Zakat Nasional




Rabu, 23 November 2022

Dorong Anak Untuk Berani Bermimpi Besar dan  Dukung Inner Strength Anak

Untuk dorong anak berani bermimpi besar, saya dukung aktivitas non akademik anak saya

"Bermimpilah dalam hidup, jangan hidup dalam mimpi" - Andrea Hirata

Dorong anak untuk berani bermimpi besar dan dukung inner strength anak, bukanlah pekerjaan yang mudah. Anak dengan karakternya yang unik memiliki sifat yang berbeda satu dengan lainnya. Bagai kertas putih, karakter anak sangat dipengaruhi oleh sifat dan karakter orangtuanya serta lingkungan tempat anak tumbuh. Untuk dapat menggali potensi yang ada dalam diri anak sekaligus mendorong anak untuk berani bermimpi besar dan nenemukan inner strengt yang ada dalam diri mereka, orangtua memiliki peran yang sangat penting.

Saya merasakan sendiri sulitnya mendorong anak untuk bermimpi besar saat saya belum mampu menggali potensi yang ada dalam diri anak saya. Usaha awal yang saya lakukan untuk dapat mengetahui potensi yang ada pada diri anak saya adalah dengan membiarkan anak saya mengeksploirasi dirinya. Walau terkadang ada rasa cemas saat anak saya mengeksplorasi dirinya karena saya tipe ibu yang mudah khawatir dan panikan. Untungnya, suami saya tipe orang sebaliknya. Suami saya selalu menekankan untuk membiarkan anak-anak mengeksplorasi banyak hal dan belajar dari hal-hal baru yang membuatnya penasaran dan ingin tahu.

Untuk dapat mengetahui potensi dan bakat yang ada pada diri anak-anak, saya memerlukan waktu karena tidak langsung terlihat. Saya berupaya mencari dan mendengarkan cerita anak-anak tentang hal-hal yang mereka sukai. Namun tidak semua hal-hal yang mereka sukai, menjadi potensi diri yang dapat digali. Seringnya anak-anak memiliki mimpi yang berubah-ubah dan hal tersebut sangat wajar karena pada dasarnya mimpi itu sifatnya berkembang. Kegiatan yang anak-anak saya sukai bisa menjadi petunjuk terhadap potensi yang ada dalam diri mereka.

Kedua anak saya beberapa kali berganti hobi atau kegiatan yang disukai, saya tidak menentang ketika mereka berganti kegiatan namun saya selalu mengingatkan bahwa apapun yang mereka lakukan dalam hidup, hendaknya ada komitmen yang menyertai. Belajar berkomitmen untuk anak-anak merupakan sesuatu yang penuh tantangan. Terlebih lagi jika anak-anak memiliki sifat "bosenan". Duh perlu effort yang cukup besar untuk mengajarkan komitmen pada mereka. Saya benar-benar harus mengenali sifat dan karakter anak-anak saya sebelum mengajari soal komitmen dalam melakukan sesuatu.

Dorong anak untuk berani bermimpi besar lalu mendorong mereka untuk berani pula menjemput impiannya tersebut. Bukan hanya sekadar mendorong untuk bermimpi besar saja tapi sebagai orangtua, saya berupaya untuk mengarahkan mereka agar dapat mewujudkan mimpinya. Tentu saja dengan cara-cara yang baik. Termasuk memanfaatkan bakat alami yang dimiliki oleh anak. Saya yakin setiap anak memiliki bakat alami pemberian Tuhan. 

Tugas saya belumlah selesai, setelah menemukan potensi yang ada dalam diri anak saya dan mendorong mereka untuk berani memiliki mimpi yang besar lalu melangkah untuk menjemputnya, saya masih memiliki tugas yang lain. Tugas menemukan dan mendukung inner strength yang ada dalam diri anak-anak saya. Agar mereka bisa tumbuh dan menjadi manusia berprestasi, bermanfaat dalam hidupnya dan bisa menebar kebaikan. Memiliki anak berprestasi memang membanggakan tapi hal tersebut tidak bisa dijadikan tolak ukur kesuksesan anak. 

Inner stregth atau kekuatan yang ada dalam diri anak. Kekuatan seperti apakah yang dimaksud? Kekuatan tersebut berupa kekuatan karakter seperti mental yang tangguh, berani bertanggungjawab, percaya diri serta memiliki kebaikan hati. Bagaimana caranya agar kita sebagai orangtua dapat menemukan serta mendukung inner stregth anak? Caranya adalah dengan mendukung potensi yang ada dalam diri anak, bukan hanya prestasi akademis saja tapi prestasi dibidang lain seperti di bidang seni, olahraga dan lainnya.

Tidak membebani anak dengan menekannya agar selalu menjadi nomor satu, menerima bahwa anak memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Selalu mendukung dan memberikan apresiasi sekecil apapun prestasi yang dilakukan anak termasuk saat anak berbuat baik. Mengajari anak untuk bisa memaafkan dirinya sendiri dan orang lain, percaya pada kemampuan dirinya sendiri, menerima dirinya sendiri serta rendah hati meski anak memiliki banyak sekali prestasi dan kelebihan lainnya yang ada pada dirinya.

Karakter percaya diri yang dibarengi dengan sikap rendah hati ini yang bisa membuat anak menjadi pribadi tangguh yang dapat memenangkan dinamika dalam kehidupannya. Menemukan inner stregth dalam diri anak dapat terjadi jika komunikasi anatara anak dan orangtua berjalan baik. Selain itu perlu diingat bahwa penting untuk mengajarkan anak belajar untuk menerima kesalahan dan kegagalan dalam hidupnya. Jangan pernah menuntut kesempurnaan dari anak. Ini yang harus selalu diingat oleh orang tua.

Mendukung Inner Streght Anak Melalui Biskuat Academy 2022


Dorong anak berani bermimpi besar melalui Biskuat Academy 2022

Salah satu cara untuk mendukung inner streght anak adalah dengan membiarkan anak berprestasi diluar akademik seperti menekuni olahraga sepakbola. Olahraga sepakbola diyakini dapat mengembangkan berbagai kekuatan baik (inner streght) yang ada dalam diri anak. Kekuatan baik tersebut seperti berani, percaya diri, baik hati dan tangguh, saat berinteraksi dengan orang lain maupun diri sendiri. Untuk menjadi pemain sepakbola yang handal dan berprestasi, anak tidak hanya memerlukan skill namun juga harus memiliki karakter kuat dan positif. Biskuat Academy 2022 menjadi salah satu ajang bagi anak untuk menjadi pemain sepakbola yang handal serta memiliki karakter baik dan tangguh.

Biskuat merupakan salah satu brand unggulan dari Mondelez International yang memiliki purpose-led brand (tujuan mulia) untuk menciptakan #GenerasiTiger. Generasi Tiger yaitu anak-anak yang tidak hanya berprestasi secara akademik saja tapi juga berprestasi dalam bidang olahraga dan memiliki kekuatan baik dari dalam (inner strength). Kekuatan baik tersebut tercermin dari karakter positif anak.

Biskuat percaya bahwa bahwa setiap anak memiliki potensi tak terbatas yang ada dalam dirinya dan melebihi apa yang terlihat. Kekuatan sejati dan unik seorang anak terletak di dalam diri mereka. Selain prestasi pada bidang akademik, Biskuat juga senantiasa mendorong pencapaian prestasi anak-anak Indonesia di bidang olahraga sepak bola melalui program Biskuat Academy.

Program Biskuat Academy telah dilakukan sejak 2019 hingga sekarang. Melalui program ini, anak dapat mengembangkan potensinya sebagai seorang pemain sepakbola sekaligus menggali kekuatan yang ada dalam dirinya. Biskuat Academy mendorong serta mendukung anak untuk dapat mencapai mimpi-mimpinya. Dengan mengikuti program Biskuat Academy, anak dilatih untuk dapat meningkatkan keterampilan sepak bola melalui tangan dingin pelatih berlisensi UEFA A. Hal ini sebagai persiapan untuk menjadi pemain bola masa depan. Anak juga akan bertemu dengan pemain profesional dari Tim Nasional sepak bola Indonesia.

Mekanisme untuk mendaftar diri sebagai peserta Biskuat Academy 2022, yaitu:

1. Wajib membeli biskuat kemasan khusus. Bisa beli salah satu paket Biskuat rasa apa saja yang bertanda khusus lalu temukan kode unik yang tertera di belakang kemasan;

2. Setelah itu, kita dapat mendaftarkan anak kita melalui WhatsApp dengan mengirimkan pesan ke nomor 081212225919. Ikuti instruksi yang diberikan tim Biskuat melalui WhatsApp untuk mendapatkan akses login menuju Sekolah Bola Online Biskuat Academy 2022;

3. Peserta akan diminta menyetujui ketentuan penggunaan dan kebijakan privasi yang merupakan syarat wajib untuk melanjutkan registasi dan kemudian mengisi data diri serta mengirimkan kode unik;

4. Satu orang tua dapat mendaftarkan lebih dari satu anak dengan nomor telepon yang sama namun harus disertai dengan pembelian paket Biskuat yang berbeda;

5. Validasi atas kode yang dikirimkan akan dilakukan maksimal 3×24 jam setelah divalidasi, akses login yang diberikan untuk mengikuti Sekolah Bola Online Biskuat Academy. Kode login ini dapat dipakai untuk mengikuti keenam kelas yang ada yang dilakukan secara online.

Banyak sekali manfaat yang diperoleh anak dengan mengikuti program Biskuat Academy 2022. Yuk daftarkan anak kita sekarang juga!

"Artikel ini diikutsertakan dalam lomba KEBXBiskuatAcademy"














Modem MiFi HKM M21, WiFi Portable Anti Lelet
Modem MiFi HKM M21, WiFi portable anti lelet

"Duh, kacau banget deh ini, belum ada dua minggu, untuk beli kuota internet saja sudah habis seratus ribu lebih. Mana sinyalnya sering mendelep", keluh seorang teman yang berprofesi sebagai fulltime blogger. Keluhan serupa juga keluar dari teman yang lainnya lagi. "Kemarin waktu aku ke kota X tiba-tiba sinyal menghilang, kelabakan deh jadinya". Saya pun tak jauh berbeda dengan mereka, memiliki keluhan yang sama. Sebagai seseorang yang menjemput rejeki dibidang menulis dan membuat content serta aktif menggunakan internet, bukan cuma sekali dua kali saya dibuat pusing oleh jaringan internet yang lelet dan biaya paket data yang bikin kepala nyut-nyutan. Sampai beberapa hari lalu, keponakan merekomendasikan modem MiFi HKM M21, WiFi portable anti lelet.

Modem MiFi HKM M21, WiFi portable anti lelet ini merupakan salah satu solusi permasalahan internet yang saya hadapi terutama ketika beraktivitas di luar rumah atau tempat yang tidak terjangkau WiFi. WiFi portable menjadi pilihan bagi siapapun yang aktif menggunakan internet di luar ruangan terlebih jika senang bepergian. WiFi portable dikenal pula dengan MiFi. WiFi portable atau MiFi adalah router internet yang dapat dibawa kemana-mana karena tanpa tersambung kabel optik.

MiFi atau WiFi portable menggunakan SIM Card sebagai ganti kabel optik. SIM Card berperan sebagai sumber koneksi internet. Secara garis besar ada dua jenis modem MiFi atau WiFi portable yaitu unlock dan lock. WiFi Portable unlock maksudnya modem MiFi ini bisa menggunakan semua jenis SIM Card sebagai sumber koneksi internet. Sedangkan Wifi Portable lock, modem MiFi yang hanya bisa menggunakan  SIM Card tertentu. Nah ini nih yang menjadi salah satu kelebihan dari modem MiFi HKM M21, WiFi Portable anti lelet, yaitu tersedia dalam tiga pilihan yang memudahkan kita. Modem MiFi HKM M21 terdiri dari modem MiFi HKM M21 unlock, dan jika ingin lebih murah, bisa memilih modem MiFi HKM M21 bundling XL dan modem MiFi HKM M21 bundling Telkomsel.

Modem MiFi secara umum memiliki cara kerja sebagai perangkat yang terhubung ke jaringan seluler yang dikembangkan dengan kecepatan data tertentu untuk dapat terhubung ke sejumlah perangkat. Walau tanpa kabel, modem MiFi tetap dapat tersambung ke sejumlah perangkat dalam waktu yang sama. Namun hal tersebut tergantung pada merek dan tipe perangkat WiFi portable itu sendiri. Modem MiFi dilengkapi baterai yang dapat diisi ulang secara simultan.

Modem MiFi memiliki bentuk yang ringan, ringkas dan mudah dibawa-bawa sehingga sangat tepat  digunakan untuk aktivitas digital di luar rumah dan yang memerlukan jaringan internet anti lelet. Modem MiFi dapat menghemat biaya pembelian paket data dan penggunaan baterai smartphone karena tidak perlu menyalakan paket data. Selain itu, pengguna modem MiFi dapat mengakses jaringan dimanapun selama tersedia jaringan internet berbasis penyedia layanan SIM Card yang digunakan modem MiFi tersebut.

Secara umum ada beberapa fitur modem MiFi atau WiFi portable yang biasanya terdapat diperangkat, yaitu:

- memiliki kemampuan koneksi;

- mempunyai baterai dengan ketahanan tertentu;

- memiliki bentuk compact dan gampang dibawa ke mana saja;

- mendapat dukungan kecepatan sinyal atau jaringan seluler (4G, 5G,dll);

- dapat terhubung ke sejumlah perangkat secara bersamaan sehingga dapat menghemat biaya.

Tips Memilih Modem MiFi Terbaik

Untuk memperoleh modem MiFi terbaik dan sesuai dengan kebutuhan kita sebagai penggunanya, perlu diperhatikan cara memilih modem MiFi, yaitu:

1. Pilihlah modem MiFi berdasarkan jenisnya: modem MiFi unlock yang bisa diganti SIM card sesuai keinginan atau modem MiFi lock yang hanya dapat digunakan untuk operator/provider tertentu. Sebagai pengguna, kita harus memilih yang lebih menguntungkan kita dan disesuaikan dengan kebutuhan serta kemampuan finansial. Sebaiknya memilih modem MiFi yang flexible dan bisa langsung digunakan;

2. Periksa terlebih dulu kecepatan jaringan dan pertimbangkan jenis jaringannya;

3. Lebih baik memilih modem MiFi yang memiliki kapasitas baterai yang besar sehingga bisa digunakan lebih lama. Ada baiknya untuk menggunakan modem MiFi yang dilengkapi dengan fitur by pass. Fitur ini memungkinkan MiFi tetap bisa digunakan sambil dicolok charger tanpa baterai. Fitur ini membuat baterai WiFi portable menjadi lebih awet;

4. Memastikan jumlah perangkat yang bisa terhubung sehingga penggunaan modem MiFi bisa lebih efisien dan efektif.

Mengenal Lebih Dekat Modem Mifi HKM M21, WiFi Portable Anti Lelet

Modem MiFi HKM M21 unlock

Modem MiFi HKM M21, WiFi portable anti lelet hadir dengan tiga pilihan yang masing-masing memiliki kelebihan sendiri. Tiga pilihan ini mempermudah siapapun yang ingin menggunakan modem MiFi HKM M21 dalam memenuhi kebutuhan internetnya. Modem MiFi HKM M21 menghadirkan pilihan modem MiFi unlock yang bisa diganti SIM cardnya sesuka hati, modem MiFi HKM M21 bundling XL dan modem MiFi HKM M21 bundling Telkomsel.

Modem MiFi HKM M21 unlock memiliki ukuran mungil dengan dimensi 10,1x6,4x14,7cm. Ukuran yang cukup ringkas dan mudah dibawa ke mana saja. Bisa pula diselipkan di kantong celana, baju ataupun tas selempang. Cocok banget untuk siapapun yang memiliki mobilitas tinggi dengan aktivitas digital yang padat. Modem MiFi ini dilengkapi juga dengan fitur by pass. Kita dapat menggunakan MiFi ini non stop 24 jam tanpa baterai dan langsung terhubung listrik melalui USB adaptor. Baterai MiFi bisa lebih awet serta tahan lama. Lalu bagaimana jika menggunakan baterai? Ya aman saja karena modem MiFi ini dilengkapi baterai dengan kapasitas 2050 mAh. Penggunaan baterai untuk modem MiFi HKM M21 ini maksimal 9 jam. Jadi ya cukup lama juga.

Modem MiFi HKM M21, WiFi Portable anti lelet, dapat terhubung dengan 10 perangkat sekaligus. Bisa share biaya juga nih atau dapat dipakai sekeluarga. Menghemat biaya paket data saat traveling bersama keluarga. Apalagi modem MiFi HKM M21 unlock bisa menggunakan SIM card apapun, bisa diganti-ganti. Kecepatan dan kekuatan sinyal pun menjadi lebih terjamin. Kecepatan maksimal modem ini 150 Mbps. Karena bisa diganti SIM cardnya, modem MiFi HKM M21 lebih flexible pemakaiannya. Jika di satu daerah, provider yang sedang digunakan memiliki kekuatan sinyal yang kurang maka bisa langsung diganti dengan SIM card provider lain yang memiliki kecepatan dan kekuatan sinyal yang lebih baik. 

Modem MiFi HKM M21 bundling XL Axiata

Modem MiFi HKM M21 bundling XL Axiata dilengkapi kuota internet sebesar 25GB. Kerennya nih, kuota ini tidak akan hangus karena berlaku selamanya. Bisa tetap dipakai asalkan kuotanya masih ada. Modem MiFi HKM M21 bundling XL Axiata dilengkapi dengan garansi resmi selama 12 bulan. Sedikit berbeda dengan modem MiFi HKM M21 bundling XL Axiata yang didukung kuota internet 25 GB, modem MiFi HKM M21 bundling Telkomsel dilengkapi dengan 14GB yang berlaku selama dua bulan, tiap bulannya 7GB. 

Semua jenis modem MiFi HKM M21 dijamin garansi resmi setahun

Semua jenis modem MiFi HKM M21 memiliki warna yang sama yaitu hitam, ukurannya pun sama dan dilengkapi dengan garansi selama satu tahun. Saat modem MiFi digunakan, lampu indikator akan menyala. Lampu indikator memakai LED Light.  Dan modem MiFi ini tanpa external antena dan memiliki wireless standard:WiFi 4-802.11 b/g/n Wi-Fi Band 2.4GHz. Dengan segala spesifikasinya, modem MiFi HKM M21, WiFi Portable anti lelet ini bisa jadi pilihan terbaik yang akan mempermudah aktivitas digital kita. Gimana, tertarik juga?!

Modem MiFi HKM M21 bundling Telkomsel






Rabu, 16 November 2022

ASUS Zenfone 9 Launching 17 November 2022
ASUS Zenfone 9 launching 17 November 2022

Cung siapa yang sudah nungguin kehadiran ASUS Zenfone 9 di Indonesia? Sama dong ya. Aku juga nungguin loh launchingnya. Sabar sebentar ya, Bestie. ASUS Zenfone 9 Launching 17 November 2022 di Indonesia. Sesaat lagi, kita bisa melihat bahkan memboyong langsung handphone mungin nan ergonomis tapi memiliki fitur-fitur yang powerful. Tahan dulu rasa penasarannya ya. 

Saya juga penasaran banget dengan Zenfone 9 ini. Penasaran saja apa benar smartphone mungil tapi bisa begitu powerfull?! Dan apakah memang benar lebih "garang" daripada pendahulunya? Tuuuh kan banyak banget alasan dibalik rasa ketidaksabaran akan kehadiran ASUS Zenfone 9. Sabar.. ASUS Zenfone 9 launching 17 November 2022.

ASUS Zenfone 9 memiliki sistem kamera terbaru, menggunakan kamera belakang dual camera dan kamera depan yang sama-sama pro-grade. Ada satu fitur yang dinanti penggemar ASUS pada Zenfone 9 nih yaitu sistem kamera baru dengan teknologi 6-Axis Hybrid Gimbal Stabilization pada kamera utamanya. Beuuh mantap kan tuh! Teknologi ini mampu merekam video dengan stabilitas yang tinggi. Enggak usah takut lagi mengambil video dengan satu tangan. Yeaay!

Apakah hanya kameranya saja yang canggih dan bikin mupeng? Tentu saja tidak. ASUS Zenfone 9 dibekali juga dengan upgrade maksimal untuk performa optimal. Smartphone terkini ASUS ini memiliki warna MoonLight White, Sunset Red, Starry Blue, dan Midnight Black. 

Bentuknya mungil, ringkas tapi memiliki performa yang tinggi. Performa ASUS Zenfone 9 ini lebih garang berkat prosesor flagship terbaru Snapdragon® 8+ Gen 1 Mobile Platform yang lebih powerful. Chip terbaru ini dapat mencapai CPU clock speed sampai 3.2 GHz, serta menghasilkan performa CPU dan GPU 10% lebih tinggi namun dengan efisiensi CPU 30% dibandingkan sebelumnya.

Smartphone ini memiliki visual terbaik, audio jernih, dan keamanan terkini. Intinya nih ya, ASUS Zenfone 9 adalah smartphone ringkas dengan performa tinggi nan lengkap yang akan membantu siapapun dengan mobilitas tinggi menjalani aktivitas sehari-hari. Selengkapnya tentang ASUS Zenfone 9 akan saya ulas lagi, nanti ya Bestie. Ingat ya.. ASUS Zenfone 9 launching 17 November 2022. Cekidot!







Selasa, 08 November 2022

Jakarta Bird Land, Ruang Keajaiban Ancol
Pemandangan langka di Jakarta melihat burung terbang bebas

Untuk sebagian besar anak yang lahir dan hidup di ibukota Jakarta terutama di pemukiman padat penduduk, melihat burung-burung terbang bebas, menjadi sebuah pemandangan langka. Teringat sewaktu kecil, saya masih punya kesempatan untuk melihat burung-burung kecil terbang bebas hinggap dari satu pohon ke pohon lain ataupun berkumpul sebentar di lahan kosong. Tapi tidak demikian dengan anak jaman now, lahan kosong sudah disulap menjadi gedung megah, mall dan perumahan gedong. Menyaksikan burung terbang bebas merupakan kesempatan yang jarang mereka dapatkan. Karena itulah saat tahu ada wahana baru, Jakarta Bird Land, Ruang Keajaiban Ancol, saya antusias mengajak anak saya ke sana.

Jakarta Bird Land, Ruang Keajaiban Ancol 

Jakarta Bird Land, Ruang Keajaiban Ancol merupakan salah satu wahana baru di Ancol yang baru saja dibuka untuk umum pada tanggal 5 November 2022 kemarin. Jakarta Bird Land (JBL) Ancol memperkenalkan 5 karakter yang unik yang hadir melalui Kawan Jaga Langit.  Unit rekreasi terbaru milik Ancol ini merupakan tempat rekreasi sekaligus wisata edukasi. Wahana baru ini menjadi tempat yang tepat untuk mengajak anak-anak agar mencintai alam dan mengenal lebih dekat berbagai jenis burung. 

Jakarta Bird Land - Kawan Jaga Langit, bukan hanya sekedar tempat rekreasi saja melainkan juga sebagai tempat wisata edukasi seputar kehidupan burung. Ada sekitar ratusan burung dari 50 spesies yang berasal dari lokal dan mancanegara. Wahana baru ruang keajaiban Ancol ini berada di atas lahan seluas 6000 meter persegi. Lokasinya berdekatan dengan SeaWorld dan Ocean World Samudera. Masih satu kesatuan edutainment berbasis animal. 

Jakarta Bird Land, Ruang Keajaiban Ancol berada tepat di depan pintu utama SeaWorld. Wahana baru ini dibuka untuk umum tepat di Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional yang jatuh pada tanggal 5 November. Namanya saja, "Jakarta Bird Land", pasti sudah kebayang dong kalau wahana baru ini adalah rumah bagi burung-burung yang berada di dalamnya. Sebelum masuk ke area Jakarta Bird Land ( JBL) Ancol, saya sudah punya bayangan seperti apa wahana tersebut. Lantas apakah Jakarta Bird Land, Ruang Keajaiban Ancol seperti yang ada dalam benak saya? Ternyata lebih dari yang saya bayangkan. Seperti apa dan bagaimana Jakarta Bird Land, Ruang Keajaiban Ancol? Yuk kenal lebih dekat!

Jakarta Bird Land Ancol, Kawan Jaga Langit


Jakarta Bird Land Ancol

Awalnya saya pikir, JBL Ancol ini sama seperti taman burung lainnya. Standar aja gitu. Eh lagi-lagi saya keliru. JBL Ancol bukannya "taman burung yang biasa-biasa aja". Begitu masuk ke dalam area, saya langsung dibuat takjub. Bagus banget, Bestie. Sesaat setelah scan barcode tiket masuk, langsung disuguhi pemandangan Sky Bridge yang indah, disambut oleh burung American Macaw. Bukan hanya itu saja, beberapa ekor burung merak langsung mendekat mengajak berkenalan xixixi. Hampir semua burung yang ada di Jakarta Bird Land Ancol dibiarkan bebas kecuali beberapa jenis burung pemangsa.

Burung dengan habitat perairan yang ada di Jakarta Bird Land Ancol

Jakarta Bird Land, Ruang Keajaiban Ancol ini terdiri dari enam kawasan yaitu American Macaw Area, Indonesian Cockatoo, Hornbill Family, Aviary Exhibit, Water Bird, dan Free Range Bird Area. Ada satu burung yang membuat saya terpana yaitu burung Rangkong atau Hornbill. Burung ini memiliki paruh melengkung dengan ukuran yang cukup besar. Saya baru pertamakali melihat burung seperti itu. Paruhnya berwarna terang dan tampak menarik sekali. Walau agak takut, saya mencoba mengusapnya, cukup jinak dan aman. Sayangnya saya enggak berani untuk foto dengan menggendong Rangkong xixixi.

Oh ya hampir saya lupa memberitahu, area Jakarta Bird Land dibuat semirip mungkin dengan habitat burung. Saat berada di sana, saya seakan dibawa ke "rumahnya burung". Ada air terjun buatan yang berada di depan tribun yang cukup besar. Area tersebut juga digunakan sebagai tempat pertunjukkan burung. Lama pertunjukkan burung di tribun yang besar, sekitar 22 menit. Tribun ini mampu menampung cukup banyak penonton. Ada lima spesies burung yang berbeda yang ditampilkan dalam pertunjukkan tersebut.

Jika kalian berkunjung ke Jakarta Bird Land Ancol, jangan sampai melewatkan untuk naik ke Sky Bird. Tenang ada eskalator kok. Di Sky Bird, pengunjung bisa melihat burung-burung yang hinggap dan terbang bebas. Bisa bercengkerama langsung dengan berbagai jenis burung. Seru dan mengasikkan. Tapi ingat yah jangan asal memberi makan burung. Kalau mau memberi makan burung, berilah dengan pakan yang tersedia. Kesehatan dan kenyamanan burung-burung yang ada di JBL Ancol menjadi tanggung jawab kita bersama.

Sky Bridge

Kita juga bisa bertanya seputar burung pada petugas yang ada di setiap area. Petugas dengan senang hati akan menjelaskannya. Nambah deh pengetahuan kita tentang kehidupan burung. Wisata edukasi ke JBL Ancol ini, tidak hanya sekedar rekreasi saja tapi bisa juga mengajari anak tentang bagaimana menyayangi alam termasuk burung. Anak-anak terlihat senang saat berinteraksi langsung dengan burung-burung penghuni JBL Ancol. Tapi tetap harus diawasi yah kalau membawa anak. Jangan sampai membahayakan burung atau si anak sendiri.

Berada di JBL bikin malas pulang. Enggak bosan rasanya untuk berfoto dengan burung. Memberi makan burung dan melihatnya terbang bebas. Di Jakarta Bird Land Ancol, juga terdapat spesies burung yang memiliki habitat perairan. Ada angsa hitam, bebek mandarin, pelikan dan spesies lainnya. Burung-burung ini relatif jinak jadi aman untuk pengunjung. Jangan lewatkan untuk berfoto bersama burung kakatua asli Indonesia. Ada kakatua jambul kuning, putih dan galah.

Si menggemaskan penghuni JBL Ancol

JBL Ancol juga menghadirkan burung-burung yang berada dalam aviary. Selain Rangkong, ada satu jenis burung yang mencuri perhatian saya. Apalagi kalau bukan burung Elang Laut Dada Putih. Menurut penjelasan petugas, burung ini adalah spesies burung elang yang mempunyai habitat alami di Pulau Bidadari, Kepulauan Seribu. Elang laut dada putih berkembang biak secara alami di sana.

Di Jakarta Bird Land Ancol hadir burung hasil program pengembangbiakan dari Tim Konservasi Ancol. Tim Konservasi Ancol telah berhasil mengembangbiakan burung endemik Indonesia dan salah satu jenis yang terancam punah yaitu Jalak Bali. Tim Konservasi Ancol sejak 2021 telah fokus menjalankan program pengembangbiakan burung dan berhasil mengumpulkan berbagai jenis burung. Burung-burung tersebut kini menghuni JBL Ancol.

JBL Ancol menjadi tempat wisata edukasi yang tepat untuk anak. Rekreasi sambil belajar mengenai kehidupan burung kian seru karena JBL Ancol memiliki tim education guide yang akan memberikan penjelasan mengenai semua jenis burung yang ada. Selain itu, JBL Ancol punya #KawanJagaLangit yang terdiri dari Angkasa, Langit, Dirga, Cakra dan Inggi. Lima karakter dengan keunikan masing-masing ini siap mendampingi dan memeriahkan petualangan seru keluarga di JBL. Harga tiket masuk JBL Ancol cukup terjangkau. Sekitar 75 ribu rupiah dan bisa dipesan online melalui website resmi Ancol. Sekarang jika ingin berkunjung ke Taman Impian Jaya Ancol, tiket harus dibeli online ya Bestie. Sudah tidak bisa beli langsung di lokasi. Nah saya sudah ke JBL Ancol nih, kamu kapan?!

Waterfall depan tribun besar tempat menyaksikan pertunjukan burung JBL Ancol








Minggu, 06 November 2022

Lulusan SMK Bisnis Daring dan Pemasaran Bisa Kuliah Jurusan Apa?
Si Sulung lulusan SMK Bisnis Daring dan Pemasaran yang diterima di salah satu Politeknik Negeri di Jakarta

Teringat tiga tahun lalu, saat Si Sulung ngotot ingin melanjutkan sekolah ke SMK. Saya dan suami dihantui ketakutan akan masa depan si sulung tersebut. Bisakah lulusan SMK melanjutkan pendidikan di bangku kuliah? Terutama di perguruan tinggi negeri. Ketakutan dan kekhawatiran kian terasa kami rasakan ketika Si Sulung ternyata memilih program studi Bisnis Daring dan Pemasaran di salah satu SMK Negeri yang terbilang unggulan di kota Jakarta. Saat itu dalam benak kami langsung muncul pertanyaan, "lulusan SMK Bisnis Daring dan Pemasaran bisa kuliah jurusan apa?"

Sebagai orang tua, kami tidak ingin si sulung berada di jalan yang kurang tepat. Terlebih lagi, kami juga tidak ingin masa depan anak laki-laki semata wayang kami menjadi tidak jelas arah tujuannya. "Lulusan SMK Bisnis Daring dan Pemasaran bisa kuliah jurusan apa, Mas?", tanya kami pada si sulung begitu tahu program studi yang dipilihnya. Mantap dia menjawab, "Banyak pilihannya,Bun. Jaman makin canggih, teknologi digital terus berkembang pesat, banyak jurusan yang bisa dijadikan pilihan, Bun. Bisa kuliah di jurusan public relation, digital marketing, periklanan, manajemen pemasaran, ilmu komunikasi, manajemen bisnis, penerbitan, administrasi bisnis, pemasaran, pariwisata, ilmu ekonomi, jurnalistik, Bahasa Inggris untuk bisnis dan jurusan lainnya yang linear dengan Bisnis Daring dan Pemasaran".

Setelah menjelaskan jurusan apa saja yang bisa dipilihnya pada saat kuliah nanti, si sulung juga mengatakan alasannya kenapa dia beralih ke program studi Bisnis Daring dan Pemasaran, sebelumnya pilihan pertamanya adalah Desain Komunikasi Visual. Alasannya adalah karena SMK yang ada program studi DKV sedikit dan lokasinya jauh dari tempat tinggal kami dan dia mendapat saran dari guru SMPnya untuk mengambil jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran saja. Prospek ke depannya bagus dikarenakan pemasaran tidak akan pernah mati sampai kapanpun dan pesatnya teknologi digital akan terus mendorong kemajuan bisnis daring di Indonesia. Peluang kerjanya besar, selain itu ilmu yang diperoleh bisa digunakan untuk membuka usaha sendiri.

Alasan yang dikemukakan oleh si sulung dapat kami terima sekaligus membuka pikiran kami sebagai orang tua yang selama ini berpikir bahwa anak SMK tidak bisa kuliah, harus langsung kerja begitu lulus. Sebuah pemikiran yang keliru. Sejujurnya kami tidak terlalu berharap si sulung bisa kuliah di perguruan tinggi negeri karena menurut kami, anak SMK kalah bersaing dengan anak SMA dalam perebutan bangku kuliah. Dan untuk keduakalinya ternyata anggapan dan pemikiran kami salah. Si sulung membuktikan bahwa anak SMK bisa diterima di perguruan tinggi negeri. Yups dia diterima sebagai mahasiswa di salah satu politeknik negeri di Jakarta. 

Tips Agar Lulusan SMK Bisa Kuliah di Perguruan Tinggi Negeri


Anak SMK tetap bisa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi negeri

Bukan hal yang mudah bagi anak SMK untuk dapat kuliah di perguruan tinggi negeri. Kenapa demikian? Karena anak SMK lebih banyak diberikan praktek daripada teori seperti anak SMA. Kurikulum SMK pun berbeda dengan SMA yang memang seperti sudah dipersiapkan untuk mengikuti ujian masuk perguruan tinggi negeri. Harus diakui bahwa anak SMA memiliki peluang lebih besar untuk lolos SNMPTN ataupun UTBK karena bobot pelajaran yang diujikan dalam tes masuk perguruan tinggi negeri, lebih banyak mereka terima dibandingkan anak SMK. Meskipun demikian, anak SMK tidak perlu berkecil hati. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar lulusan SMK bisa kuliah di perguruan tinggi negeri.

Beberapa tips yang bisa dilakukan oleh anak SMK agar bisa kuliah di perguruan tinggi negeri, diantaranya adalah:

1.Usahakan untuk memiliki nilai rata-rata raport diatas KKM dan masuk 5 besar nilai tertinggi agar dapat mengikuti seleksi penerimaan mahasiswa perguruan tinggi negeri  melalui jalur raport;

2. Sebaiknya memilih universitas negeri ataupun perguruan tinggi negeri yang sudah pernah menerima siswa lulusan dari sekolahnya sehingga peluang diterimanya lebih terbuka. Seperti sekolah anak saya, lulusannya cukup banyak yang diterima di UNJ, Politeknik Negeri Jakarta, Polimedia Negeri Jakarta dan Politeknik Bandung;

3. Ikut bimbingan belajar khusus persiapan masuk perguruan tinggi negeri. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar bisa lebih matang dan fokus dalam menghadapi ujian masuk perguruan tinggi negeri. Anak SMK lebih sedikit menerima pelajaran yang diujikan dalam tes masuk perguruan tinggi negeri, karena itu perlu dikejar dengan mengikuti les secara intensif;

4. Harus tahu jurusan apa yang memiliki peluang besar diterima. Anak SMK harus mempunyai strategi yang tepat dalam memilih jurusan kuliah. Tentu saja yang sesuai dengan program studinya. Jangan sampai lulusan SMK Bisnis Daring dan Pemasaran tetapi memilih jurusan atau program studi Teknik Industri atau psikologi. Yah sudah pasti kecil peluang diterimanya;

5. Anak SMK kudu yakin dengan dirinya sendiri kalau bisa lulus ujian masuk perguruan tinggi negeri dan tidak kalah saing dengan anak SMA. Cukup banyak anak SMK yang insecure ketika menghadapi ujian masuk perguruan tinggi negeri. Mereka sendiri tidak yakin dengan kemampuannya sendiri karena merasa di sekolah cuma sedikit bobot pelajaran umum yang diterimanya. Pelajaran yang dijadikan bahan ujian masuk perguruan tinggi negeri. Hal inilah yang sering menghambat langkahnya dan menjadi salah satu faktor kegagalan dalam ujian masuk perguruan tinggi negeri. Padahal SMK Bisa!

Kelima tips tersebut yang dilakukan anak saya dan Alhamdulillah dia lulus ujian masuk perguruan tinggi negeri di Jakarta.

CSR JNE Goes to School Medan


Program CSR JNE Goes to School Medan

Beban anak SMK untuk dapat kuliah di perguruan tinggi negeri cukup berat. Terutama di masa pandemi ini. Setelah dua tahun lebih belajar dari rumah akibat PPKM yang diterapkan pemerintah. School from home membuat pembelajaran tidak maksimal dilakukan. Cukup berbeda dengan sekolah tatap muka, dimana murid dapat langsung bertanya pada gurunya. Keadaan ini juga mendapat perhatian dari JNE, salah satu perusahaan logistik kebanggaan Indonesia.

JNE melalui program CSR Goes to School, belum lama ini menggelar acara CSR JNE Goes to School Medan. Acara ini diselenggarakan oleh JNE Medan dan bukan hanya dilaksanakan di kota Medan saja tapi di berbagai tempat di Sumatera Utara. CSR JNE Goes to School Medan dihelat dengan tujuan memberikan motivasi pada siswa untuk lebih giat lagi dalam belajar dan mengembangkan diri. Terutama dorongan semangat untuk siswa kelas 3.

JNE CSR Goes to School Medan dilaksanakan di Pondok Pesantren Darularafah Raya Jl. Berdikari No. 1 A Desa Lau Bakeri, Sampe Cita, kec. Kutalimbaru, Kabupaten Deli Serdang pada tanggal 27 Oktober 2023 kemarin. Pihak Pondok Pesantren Darularafah Raya menyambut baik dengan adanya program CSR JNE Goes to School ini. Dalam kesempatan tersebut, Kepala Cabang JNE Medan, Fikri Alhaq Fachryana mengatakan jika siswa kelas 3 seharusnya sudah memiliki visi hidup, menyusun misi, dan membangun target-target untuk masa depannya. 

Pak Fikri berharap agar siswa kelas 3 dapat menjalani kehidupan masa remajanya dengan bahagia. Masih di acara yang sama, Bapak Muhammad Arif Taufik selaku Human Capital JNE Medan menyampaikan bagaimana caranya supaya bisa menjadi siswa yang bahagia. Siswa yang bahagia selain harus memiliki kecerdasan intelektual (IQ) juga harus memiliki keseimbangan antara kecerdasan spiritual (SQ) dan kecerdasan emosi (EQ) yang baik pula. Jadi tidak hanya pintar, namun juga memiliki sikap dan tingkah laku yang baik. Diharapkan para siswa Pondok Pesantren Darularafah Raya dapat menjadi siswa yang berakhlak baik, cerdas dan bahagia serta memiliki visi, misi untuk kehidupannya di masa yang akan datang.

Selain program Goes to School, JNE Medan juga memiliki beberapa program CSR lainnya seperti program Rumah Tahfidz JNE-DT Peduli Sumut, program 12 Sanggar Genius JNE – Yatim Mandiri bagi yatim dan dhuafa, program Pelatihan Design Grafis JNE – IZI Sumut, Program Tanggap Bencana Tagana JNE Medan, Program Sekolah Bisnis UMKM. Semua program CSR tersebut dilakukan sebagaimana ajaran yang ditanamkan oleh pendiri JNE, untuk selalu membawa manfaat dan menebar kebahagiaan. Seperti tagline yang diusung oleh JNE, "Connecting Happiness".

CSR JNE Goes To School Medan di Pesantren Darularafah Medan




Selasa, 01 November 2022

Tiarapot Pro dan Donabe Rice Cooker, Solusi Cerdas dari Polytron Untuk Ibu

Pekerjaan apa yang enggak ada habisnya? Yups, pekerjaan yang dilakukan oleh ibu rumah tangga. Benar apa benar banget nih?! Saya saja ingin menjerit rasanya saat berhadapan dengan pekerjaan rumah yang berbaris rapi menunggu antrian untuk dikerjakan. Kalau ada jurus menghilang, ingin rasanya menghilang atau pakai mantera sakti "sim salabim" langsung beres seketika semua pekerjaan rumah tangga. Termasuk memasak.  Oh ya, belum lama ini seorang teman sempat bilang kalau saat ini untuk urusan memasak, dia sangat terbantu dengan adanya Tiarapot Pro dan Donabe Rice Cooker, solusi cerdas dari Polytron untuk ibu.

Tiarapot Pro dan Donabe Rice Cooker, solusi cerdas dari Polytron untuk ibu 

Sebenarnya sih yah memasaknya itu enggak ribet tapi membersihkan dan mencuci perkakas masak itu yang "sesuatu banget ya bund" wkwkwk. Oleh karena itu saya excited banget ketika teman saya bercerita bahwa dia menemukan solusi cerdas untuk memasak lebih cepat, aman, tanpa ribet dan tidak perlu mencuci macam-macam perkakas masak. Tiarapot Pro dan Donabe Rice Cooker, solusi cerdas dari Polytron untuk ibu.

Menjadi seorang ibu sekaligus istri, harus pintar membagi waktu. Sesibuk apapun dengan tumpukan pekerjaan rumah, tetap harus memiliki waktu berkualitas untuk keluarganya. Makanya diperlukan peralatan rumah tangga yang dapat mendukung aktivitas ibu sehari-hari terutama dalam urusan masak memasak. Terlebih saat harus menyiapkan sarapan dan bekal anak suami yang akan dibawa ke kantor dan sekolah. 

Pernah enggak merasakan pontang-panting di pagi hari? Kudu bangun sebelum Subuh, menyiapkan bahan masakan, memasak, menyiapkan sarapan dan bekal makanan. Beruntung kalau ada asisten rumah tangga yang membantu tapi kalau harus seorang diri menyiapkan dan mengerjakan semua itu? Melelahkan sekaligus menegangkan banget hahaha. Menegangkan karena kejar-kejaran dengan waktu berangkat sekolah dan kerja. Kesiangan sedikit saja, dipastikan jungkir balik, Bestie hahaha.

Kegiatan ibu rumah tangga di pagi hari terasa agak longgar saat pandemi kemarin. Anak-anak belajar online, suami kerja dari rumah, ibu bisa santai. Tidak dikejar-kejar waktu. Tapi begitu kembali lagi ke aktivitas luring, sekolah tatap muka, kerja ke kantor, semua terasa lebih memberatkan bagi ibu rumah tangga. Ini yang saya rasakan, entah ibu-ibu lainnya. Karena itu saya langsung semangat mencari tahu tentang Tiarapot Pro dan Donabe Rice Cooker dari Polytron yang katanya bisa jadi solusi cerdas untuk ibu.

Tiarapot Pro, Satu Alat Untuk 12 Fungsi Memasak


Tiarapot Pro dengan 12 mode memasak

Tiarapot Pro termasuk dalam produk inovasi teranyar dari Polytron yang bertujuan untuk meringankan tugas ibu memasak makanan untuk keluarga tercinta. Tiarapot Pro merupakan sejenis panci listrik yang memiliki 12 fungsi sekaligus. Sekilas, bentuk Tiarapot Pro ini seperti tampilan rice cooker pada umumnya, namun memiliki belasan tombol touch screen yang mudah sekali dioperasionalkannya. Hanya dengan menekan satu tombol saja sudah dapat memasak berbagai jenis masakan dengan satu pot. 

Tiarapot Pro memiliki 12 mode memasak termasuk menanak nasi, membuat yogurt, bubur, soup, slow cook, mengukus bahkan menumis dan presto. Nah mode menumis dan presto yang ada di Tiarapot Pro inilah yang bikin saya langsung kesengsem. Ingin punya euy, sudah kebayang betapa ringkas dan efisiennya memasak dengan menggunakan Tiarapot Pro, produk andalan Polytron.

Menumis dengan menggunakan Tiarapot Pro dari Polytron

Pertamakali yang terbayang dalam benak saya saat mendengar kelebihan-kelebihan dari Tiarapot Pro ini adalah canggih banget ini produk dan pastinya akan membantu saya dalam menyiapkan masakan di pagi hari. Sepertinya bakalan enggak ada lagi deh drama jumpalitan di dapur sejak pukul 4 pagi hahaha. Kebayang tinggal cemplang cemplung bumbu dan pencet tombol lalu tunggu deh sampai masakan selesai dimatangkan oleh Tiarapot Pot. Mau presto daging, ikan ataupun ayam, enggak perlu lagi dag dig dug khawatir kena uap panasnya dan menunggu lama.

12 fungsi yang ada di Tiarapot Pro yaitu mode sup, daging rebus, presto, bean/chili, slow cook, tumis, nasi, biji-bijian, bubur, kukus, yogurt dan manual/sous vide. Tiarapot Pro memiliki beberapa keunggulan, diantaranya: memiliki fitur Smart Steam Release yang membuat katup uap gampang ditutup saat memasak dengan tekanan tinggi dan dapat melepas uap dengan cepat sesudah selesai masak. Selain itu, Tiarapot Pro membuat proses memasak 70% lebih cepat dibanding metode masak dengan menggunakan kompor sehingga menghemat waktu dan lebih praktis (faster family meal).

Smart multi cooker Tiarapot Pro dilengkapi dengan fitur Smart Program sehingga proses memasak menjadi lebih mudah. Cukup menekan satu tombol saja sudah dapat tahu kapan makanan selesai dimasak. Memasak lebih mudah, praktis dan efektif. Desain Tiarapot Pro tampak sangat kokoh karena terbuat dari bahan metal yang aman dan mudah dibersihkan. Tiarapot Pro dilengkapi dengan layar display dan lampu LED sehingga proses dan waktu memasak dapat diketahui sesuai dengan tampilan di layarnya. Memasak dengan Tiarapot Pro ini simpel banget. Cukup pilih mode memasak, sudah bisa memasak layaknya chef profesional, Bestie xixixi. Gampang pula dibelinya, bisa langsung ke websitenya Polytron ya.

Donabe Rice Cooker, Penanak Nasi dengan Teknologi Terkini

Rice cooker Donabe didukung oleh teknologi terkini yaitu teknologi terbaik Donaheat 3D. Teknologi Donaheat 3D yang ada di Donabe membuat pemanasan menjadi lebih merata dari 3 arah. Rasa dan kualitas nasi yang dimasak menjadi lebih maksimal. Nasi dijamin tetap hangat, tidak berkerak dan tetap enak dikonsumsi hingga 48 jam. Donabe memiliki kapasitas yang cukup besar, 2 liter hingga bisa memasak nasi untuk seluruh anggota keluarga.

Donabe Rice Cooker 

Donabe dilengkapi dengan material ceramic coating dengan lapisan lebih tebal dari panci rice cooker lainnya. Dan dipastikan food grade sehingga aman untuk kesehatan. Harga Donabe dibandrol agak lebih mahal dibanding rice cooker sejenis tapi Donabe lebih awet karena terbuat dari material berkualitas terbaik. Alumunium cover yang ada di permukaan panci Donabe dapat dilepas dan dipasang kembali. Memudahkan dalam penggunaan dan pembersihannya.

Donabe lebih praktis digunakan karena memiliki mode 3-in-1 cooking. Dapat memasak, memanaskan dan mengukus hanya dengan 1 alat saja. Rice cooker ini memiliki pengaturan suhu yang modern, fitur Defrost System yaitu thermostat yang mampu mendeteksi mode memasak, menanak dan memanaskan. Donabe menghasilkan nasi yang matang lebih merata, lembut dan pulen. Tiarapot Pro dan Donabe Rice Cooker, solusi cerdas dari Polytron untuk ibu. Sama dengan Tiarapot Pro, Donabe Rice Cooker juga bisa dibeli di website resmi Polytron atau melalui official store Polytron yang ada di e-commerce.

Polytron Cooking Class with Chef Steby Rafael di Farmers Market Botani Square Bogor

Bagai pucuk dicinta ulam pun tiba, disaat saya lagi penasaran banget dengan Tiarapot Pro dan Donabe Rice Cooker dari Polytron, saya berkesempatan mengikuti Polytron Cooking Class yang diadakan di Farmers Market Botani Square Bogor. Acara Polytron Cooking Class ini merupakan kolaborasi antara Polytron, Farmers Market dan Blibli com. Dan Polytron Cooking Class ini semakin spesial dengan kehadiran Chef Steby yang akan memasak dua hidangan dengan menggunakan Tiarapot Pro dan Donabe Rice Cooker. Asik banget kan?!

Polytron Cooking Class yang diadakan di Farmers Market Botani Square Bogor ini dilakukan pada tanggal 29 Oktober 2022. Chef Steby memasak dua hidangan yaitu Pulled Chicken Burger dan Steamed Rolled Cabbage. Semua hidangan yang dimasak oleh Chef Steby dilakukan dengan cepat, tanpa ribet dan enak. Enggak banyak perkakas masak yang digunakan. Enak banget lihatnya. Jadi makin mupeng lihat penampakan dari Tiarapot Pro dan Donabe Rice Cooker dari Polytron. Lagi ada harga spesial pula sampai awal November ini.

Resep Pulled Chicken Burger

Bahan-bahan yang diperlukan:

- 2 potong burger bun

- 2 buah dada ayam ukuran sedang

- 1 sendok teh bubuk jinten 

- 2 sendok teh bubuk paprika 

- 5 sendok makan puree tomat 

- 1 sendok teh cuka apel

- 1 sendok teh gula merah bubuk

- 1 sendok teh bawang putih bubuk

- Garam, gula dan lada hitam sesuai selera

- kol ungu ukuran kecil

- 1 buah wortel iris halus memanjang, kurang lebih 10 cm

-1 sendok makan gula pasir 

- 3 sendok makan cuka apel 

- 1 sendok makan yogurt 

- 1 sendok makan mayonaise

-1 siung bawang putih cincang 

Cara membuatnya:

- belah burger bun menjadi 2 bagian, masak sebentar di Tiarapot Pro mode manual, sisihkan;

- nyalakan Tiarapot Pro mode presto lalu masukan chicken breast beserta bumbu-bumbunya. Tambahkan air secukupnya, presto selama 15 menit;

- Setelah 15 menit, matikan Tiarapot Pro dan keluarkan udara yang ada didalam Tiarapot Pro dengan memutar katup udara;

- Koreksi rasa dan suwir dada ayam dengan menggunakan garpu lalu sisihkan;

- Untuk coleslaw, iris halus kol ungu beserta dengan wortel, tambahkan gula, garam, dan cuka apel;

- Campur mayonaise, yoghurt dan bawang putih cincang lalu tambahkan coleslaw yang sudah ditiriskan;

- susun suwiran dada ayam di atas burger bun yang sudah dibelah menjadi dua, lalu topping dengan coleslaw. Siap disantap.

Resep Steamed Rolled Cabbage

Bahan yang diperlukan:

- 1 buah sawi putih ukuran besar, pisahkan lembar perlembarnya

Bahan isi:

- 200 gram daging ayam giling

- 100 gram udang kupas(cincang)

- ¼ buah bawang bombay(cincang)

- 3 siung bawang putih(cincang)

- 2 sdm kecap asin

- 1 sdm minyak wijen

- ½ batang daun bawang iris halus

- Garam dan lada hitam secukupnya 

Bahan saus:

6 sdm gochujang

3 sdm madu

3 sdt minyak wijen

1 sdt biji wijen

350 ml air

garam

lada

bahan pelengkap:

1 batang daun bawang kecil

½ sdt biji wijen 

Cara:

- Campur semua bahan saus dalam Donabe Rice Cooker lalu panaskan;

- Kukus lembaran sawi putih berbarengan dengan saus dengan menggunakan Donabe;

- Selagi mengukus sawi putih , campur semua bahan isi pada satu wadah dan atur rasa hingga sesuai dengan yang diinginkan;

- Setelah dirasa cukup layu, keluarkan sawi putih yang sudah dikukus, ambil 1 lembar, letakan bahan isi pada bagian tengah, lalu gulung;

- masukan gulungan sawi putih dalam Donabe, kukus besama dengan saus selama 15 menit;

- Sajikan Steamed Rolled Cabbage dengan saus yang sudah dimasak dengan menggunakan Donabe beserta bahan pelengkap lainnya.

Chef Steby bersama dua hidangan yang dimasaknya








Rabu, 26 Oktober 2022

Review Scarlett Whitening Niacinamide 5% Beta Glucan dan Retinol Serum

Beban hidup yang terasa kian berat, membuat saya lupa merawat diri terutama area wajah. Boro-boro mikirin skinkeran, fokus saya hanya tertuju pada bagaimana caranya bisa membantu suami memenuhi biaya hidup yang kian bertambah. Terlebih lagi sebagai seorang pengemudi taksi online, penghasilan suami saya tidak menentu. Otomatis saya merasa harus membantu menopang perekonomian keluarga agar anak-anak tetap bisa sekolah dengan baik dan kebutuhan keluarga dapat terpenuhi. Namun, beberapa waktu lalu, seorang teman mengatakan bahwa wajah saya tampak kucel dan lebih tua dari usia sebenarnya. Dia merekomendasikan Scarlett Whitening Niacinamide 5% Beta Glucan dan Retinol Serum.

Tampak jelas terlihat bintik dan flek hitam menghiasi wajah saya, belum lagi kulit kusam dan kering. Saat saya sentuh kulit wajah saya, terasa kasar. Hiks sedih hati ini jadinya. Penampilan wajah saya jadi semakin tidak enak untuk dipandang dengan lingkaran gelap dibawah mata yang sangat terlihat jelas. Duh enggak bisa ditunda lagi, saya harus menyelamatkan kulit wajah saya. Sebelum semakin bertambah kusam dan terlihat lebih tua dari usia yang sebenarnya.

Kulit wajah saya termasuk jenis kulit normal cenderung sensitif. Terlebih lagi, ada bercak berwarna gelap yang begitu nyata di pipi akibat hiperpigmentasi. Kondisi ini membuat saya lebih selektif dalam memilih produk perawatan wajah atau face care. Saya sempat mencoba beberapa produk face care, sampai akhirnya menemukan yang cocok untuk kulit wajah saya. Rangkaian produk face care tersebut adalah Scarlett Whitening. Sama seperti yang direkomendasikan oleh teman saya, Scarlett Whitening Niacinamide 5% Beta Glucan dan Retinol Serum.

Ada beberapa alasan kenapa saya memilih produk face care Scarlett Whitening, diantaranya yaitu semua produk face care Scarlett telah teruji bebas merkuri dan hydroquinone, terdaftar di BPOM RI dan keaslian produk dapat dicek secara mandiri. Caranya mudah, cukup buka link verifikasi produk yang sudah tersedia di website resmi Scarlett Whitening lalu isi data yang diminta kemudian masukan kode di bawah barcode yang terdapat di produk untuk cek kode produksi. Jadi enggak perlu takut untuk membeli dan memakai produk Scarlett Whitening. Gampang-gampang susah memang untuk menemukan produk face care yang cocok untuk kulit wajah karena cocok untuk orang lain belum tentu cocok untuk saya. Bahkan terkadang harus melalui uji coba dulu sebelum akhirnya menemukan produk face care yang cocok untuk kulit wajah saya.

Semua rangkaian produk Scarlett Whitening terbuat dari bahan-bahan yang aman digunakan sehingga dapat pula dipakai oleh ibu hamil dan menyusui. Untuk pemakaian produk Scarlett Whitening pada ibu hamil disarankan setelah memasuki trimester kedua dan tentu saja harus dikonsultasikan lebih dulu dengan dokter kandungan masing-masing. Karena kondisi ibu hamil dapat berbeda satu dengan lainnya. Selain itu, untuk memperoleh produk Scarlett Whitening yang terjamin keasliannya cukup mudah. Saya biasanya membeli melalui e-commerce ataupun situs pembelian resmi Scarlett Whitening. Mudah, simpel, cepat dan terjamin keasliannya.

Kali ini pun saya memilih produk face care Scarlett Whitening yaitu Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract dan Skin Smoothing Retinol Serum. Konon katanya kedua produk Scarlett ini dapat membantu mengatasi permasalahan kulit wajah yang saya alami. Dan inilah review Scarlett Whitening Niacinamide 5% Beta Glucan dan Retinol Serum.

Review Scarlett Whitening Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract Serum

Produk face care yang saya pilih untuk mengatasi permasalahan kulit wajah saya yang tampak kusam dan memiliki skin barrier adalah Scarlett Whitening Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract Serum. Panjang ya Bestie nama produknya hahaha. Saya akan menyingkat sebutannya dengan Scarlett Niacinamide 5% Beta Glucan Serum. Face care ini termasuk dalam produk anyar Scarlett Whitening. Saya membelinya melalui link pembelian resmi Scarlett Whitening. Lebih aman dan enggak perlu ribet cari-cari ke toko kosmetik offline lagi.

Sama dengan produk serum Scarlett lainnya, kemasan Scarlett Niacinamide 5% Beta Glucan serum ini dikemas dalam kotak kecil persegi panjang berwarna putih dan ungu. Dalam box terdapat tempat botol serum dan sama dengan produk serum Scarlett lainnya, serum ditempatkan dalam botol bening kecil yang dilengkapi dengan pipet. Warna botol bening dengan tutup ungu dan bagian ujungnya putih. Untuk mengecek keaslian produk, bisa melalui link verifikasi produk Scarlett ini ya Bestie.

Scarlett Niacinamide 5% Beta Glucan serum ini mengandung 6 bahan utama, yaitu:

1. Beta Glucan, bermanfaat membantu melindungi kulit dari penuaan dini yang disebabkan oleh efek buruk sinar UV;

2. Niacinamide 5% membantu merawat skin barrier, mencerahkan kulit wajah secara merata dan menyamarkan noda gelap pada kulit wajah;

3. Creatine membantu menyejukkan dan melembabkan kulit wajah;

4. Allantoin dipercaya dapat membantu melembabkan kulit dan menyejukkan kulit yang teriritasi ringan;

5. Triple Ceramide Complex membantu melembabkan kulit dan membantu merawat kekenyalan kulit wajah;

6. 7 Phyto Extract yang terdiri dari Moringa extract, mugwort extract, chamomile extract, bifida ferment extract, pomegranate extract, lotus extract dan centella extract. Ketujuh kandungan ini memiliki khasiat merawat kesehatan kulit terutama wajah.

Scarlett Niacinamide Beta Glucan serum memiliki manfaat membantu merawat Skin Barrier dan mencerahkan kulit wajah, wajah tampak lebih cerah, sehat dan dapat membantu mengatasi penuaan dini. Cara mengaplikasikannya pun mudah, cukup teteskan serum secara merata dan pijat perlahan, biarkan beberapa saat sebelum menggunakan produk skincare selanjutnya. Scarlett Niacinamide Beta Glucan serum ini dapat dipakai pagi dan malam sebelum tidur.

Sama dengan produk Scarlett Whitening lainnya, Scarlett Niacinamide Beta Glucan serum ini dibandrol dengan harga 75.000 rupiah. Harga yang cukup terjangkau. Produk ini memiliki serum yang berbentuk gel dengan pipet yang mempermudah pemakaian. Saat saya mengaplikasikannya ke kulit wajah, terasa lebih cepat meresapnya dan enggak lengket. Kulit wajah terasa lebih lembab. Sebaiknya sebelum menggunakannya ke kulit wajah, cobalah teteskan dulu ke kulit tangan jika tidak ada rasa perih dan panas, barulah diaplikasikan pada wajah.

Saya telah menggunakan Scarlett Niacinamide Beta Glucan serum ini selama kurang lebih dua minggu dan hasilnya sudah mulai terlihat. Wajah saya tampak lebih segar walau bercak hitam belum memudar. Sepertinya masih perlu waktu lagi. Selain menggunakan Scarlett Niacinamide Beta Glucan serum, saya juga menggunakan Scarlett Whitening facial wash, masker wajah dan Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum.

Review Scarlett Whitening Skin Smoothing Retinol Serum


Seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya, selain menggunakan secara rutin beberapa produk face care dari Scarlett, saya juga memakai Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum. Saya menggunakan produk ini seminggu 2 hingga 3 kali. Scarlett Whitening Skin Smoothing Retinol Serum juga dikemas dalam kemasan kotak kecil persegi panjang dengan serumnya berada dalam botol bening yang dilengkapi dengan pipet. Berbeda dengan Scarlett Niacinamide Beta Glucan serum yang memiliki corak ungu, Scarlett Whitening Skin Smoothing Retinol Serum memiliki warna hijau tosca pada bagian bawah kemasannya. Tutup botol serum memiliki warna putih dengan warna hijau tosca pada bagian badan botol serum.

Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum memiliki gel yang berwarna lebih putih dan kental. Serum ini mengandung beberapa bahan, diantaranya adalah:

1.Pomegranate Extract yang memiliki khasiat membantu melindungi kulit dari efek buruk sinar UV dan dapat membantu melawan bakteri penyebab jerawat;

2.Encapsulated Retinol yang dapat membantu menyamarkan garis-garis halus, mengangkat sel kulit mati serta membantu merawat kekenyalan kulit;

3.Serum ini juga dilengkapi dengan Allantoin. Allantoin dipercaya dapat membantu menghidrasi dan menghaluskan kulit wajah;

4.Hexapeptide-8 adalah senyawa yang dapat membantu mencegah tanda-tanda penuaan dini, membantu menghidrasi dan menyejukkan kulit yang teriritasi ringan.

Manfaat dari produk serum ini adalah membantu mencegah tanda-tanda penuaan dini dan membantu menghidrasi serta menghaluskan kulit wajah. Karena salah satu manfaatnya adalah membantu mengatasi penuaan dini, Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum disarankan digunakan untuk usia 18 tahun ke atas. Produk serum ini dibandrol dengan harga 75000 rupiah. Semua produk Scarlett Whitening, dilengkapi dengan keterangan produk dan barcode serta nomor register BPOM RI.

Sebelum menggunakan Scarlett Whitening Niacinamide 5% Beta Glucan dan Retinol serum

Sedikit berbeda dengan Scarlett Niacinamide 5% Beta Glucan serum, pada saat pertama kali menggunakan Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum, kulit wajah saya agak terasa sedikit panas tapi hanya sebentar saja. Dan pada pemakaian berikutnya, sudah biasa saja. Tidak terasa panas apalagi perih. Minggu pertama, saya menggunakan produk serum ini sebanyak dua kali pemakaian dalam satu minggu. Baru pada minggu kedua, saya menggunakannya sebanyak tiga kali pemakaian dalam satu minggu. Sejauh ini, tidak ada masalah yang berarti dan kedua serum Scarlett ini cocok dengan kulit wajah saya. Dan saya akan terus menggunakannya secara rutin sampai spot hitam yang menghiasi wajah saya dapat memudar.

Setelah pemakaian

Sama seperti pembelian produk Scarlett Whitening lainnya, saya memilih membeli melalui link pembelian resmi. Saya enggak mau kecewa karena asal beli di sembarangan toko kosmetik. Saya mau apapun produknya harus yang asli dan terjamin kualitasnya. Saya juga selalu memeriksa verifikasi produk Scarlett Whitening yang saya beli. Cara mengecek verifikasi produk Scarlett Whitening cukup mudah, cukup buka link verifikasi produk lalu masukan kode yang tertera di produk. Simpel dan anti ribet kan?!