Rabu, 23 November 2022

Dorong Anak Untuk Berani Bermimpi Besar dan Dukung Inner Strength Anak


"Bermimpilah dalam hidup, jangan hidup dalam mimpi" - Andrea Hirata

Dorong anak untuk berani bermimpi besar dan dukung inner strength anak, bukanlah pekerjaan yang mudah. Anak dengan karakternya yang unik memiliki sifat yang berbeda satu dengan lainnya. Bagai kertas putih, karakter anak sangat dipengaruhi oleh sifat dan karakter orangtuanya serta lingkungan tempat anak tumbuh. Untuk dapat menggali potensi yang ada dalam diri anak sekaligus mendorong anak untuk berani bermimpi besar dan nenemukan inner strengt yang ada dalam diri mereka, orangtua memiliki peran yang sangat penting.

Saya merasakan sendiri sulitnya mendorong anak untuk bermimpi besar saat saya belum mampu menggali potensi yang ada dalam diri anak saya. Usaha awal yang saya lakukan untuk dapat mengetahui potensi yang ada pada diri anak saya adalah dengan membiarkan anak saya mengeksploirasi dirinya. Walau terkadang ada rasa cemas saat anak saya mengeksplorasi dirinya karena saya tipe ibu yang mudah khawatir dan panikan. Untungnya, suami saya tipe orang sebaliknya. Suami saya selalu menekankan untuk membiarkan anak-anak mengeksplorasi banyak hal dan belajar dari hal-hal baru yang membuatnya penasaran dan ingin tahu.

Untuk dapat mengetahui potensi dan bakat yang ada pada diri anak-anak, saya memerlukan waktu karena tidak langsung terlihat. Saya berupaya mencari dan mendengarkan cerita anak-anak tentang hal-hal yang mereka sukai. Namun tidak semua hal-hal yang mereka sukai, menjadi potensi diri yang dapat digali. Seringnya anak-anak memiliki mimpi yang berubah-ubah dan hal tersebut sangat wajar karena pada dasarnya mimpi itu sifatnya berkembang. Kegiatan yang anak-anak saya sukai bisa menjadi petunjuk terhadap potensi yang ada dalam diri mereka.

Kedua anak saya beberapa kali berganti hobi atau kegiatan yang disukai, saya tidak menentang ketika mereka berganti kegiatan namun saya selalu mengingatkan bahwa apapun yang mereka lakukan dalam hidup, hendaknya ada komitmen yang menyertai. Belajar berkomitmen untuk anak-anak merupakan sesuatu yang penuh tantangan. Terlebih lagi jika anak-anak memiliki sifat "bosenan". Duh perlu effort yang cukup besar untuk mengajarkan komitmen pada mereka. Saya benar-benar harus mengenali sifat dan karakter anak-anak saya sebelum mengajari soal komitmen dalam melakukan sesuatu.

Dorong anak untuk berani bermimpi besar lalu mendorong mereka untuk berani pula menjemput impiannya tersebut. Bukan hanya sekadar mendorong untuk bermimpi besar saja tapi sebagai orangtua, saya berupaya untuk mengarahkan mereka agar dapat mewujudkan mimpinya. Tentu saja dengan cara-cara yang baik. Termasuk memanfaatkan bakat alami yang dimiliki oleh anak. Saya yakin setiap anak memiliki bakat alami pemberian Tuhan. 

Tugas saya belumlah selesai, setelah menemukan potensi yang ada dalam diri anak saya dan mendorong mereka untuk berani memiliki mimpi yang besar lalu melangkah untuk menjemputnya, saya masih memiliki tugas yang lain. Tugas menemukan dan mendukung inner strength yang ada dalam diri anak-anak saya. Agar mereka bisa tumbuh dan menjadi manusia berprestasi, bermanfaat dalam hidupnya dan bisa menebar kebaikan. Memiliki anak berprestasi memang membanggakan tapi hal tersebut tidak bisa dijadikan tolak ukur kesuksesan anak. 

Inner stregth atau kekuatan yang ada dalam diri anak. Kekuatan seperti apakah yang dimaksud? Kekuatan tersebut berupa kekuatan karakter seperti mental yang tangguh, berani bertanggungjawab, percaya diri serta memiliki kebaikan hati. Bagaimana caranya agar kita sebagai orangtua dapat menemukan serta mendukung inner stregth anak? Caranya adalah dengan mendukung potensi yang ada dalam diri anak, bukan hanya prestasi akademis saja tapi prestasi dibidang lain seperti di bidang seni, olahraga dan lainnya.

Tidak membebani anak dengan menekannya agar selalu menjadi nomor satu, menerima bahwa anak memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Selalu mendukung dan memberikan apresiasi sekecil apapun prestasi yang dilakukan anak termasuk saat anak berbuat baik. Mengajari anak untuk bisa memaafkan dirinya sendiri dan orang lain, percaya pada kemampuan dirinya sendiri, menerima dirinya sendiri serta rendah hati meski anak memiliki banyak sekali prestasi dan kelebihan lainnya yang ada pada dirinya.

Karakter percaya diri yang dibarengi dengan sikap rendah hati ini yang bisa membuat anak menjadi pribadi tangguh yang dapat memenangkan dinamika dalam kehidupannya. Menemukan inner stregth dalam diri anak dapat terjadi jika komunikasi anatara anak dan orangtua berjalan baik. Selain itu perlu diingat bahwa penting untuk mengajarkan anak belajar untuk menerima kesalahan dan kegagalan dalam hidupnya. Jangan pernah menuntut kesempurnaan dari anak. Ini yang harus selalu diingat oleh orang tua.

Mendukung Inner Streght Anak Melalui Biskuat Academy 2022


Dorong anak berani bermimpi besar melalui Biskuat Academy 2022

Salah satu cara untuk mendukung inner streght anak adalah dengan membiarkan anak berprestasi diluar akademik seperti menekuni olahraga sepakbola. Olahraga sepakbola diyakini dapat mengembangkan berbagai kekuatan baik (inner streght) yang ada dalam diri anak. Kekuatan baik tersebut seperti berani, percaya diri, baik hati dan tangguh, saat berinteraksi dengan orang lain maupun diri sendiri. Untuk menjadi pemain sepakbola yang handal dan berprestasi, anak tidak hanya memerlukan skill namun juga harus memiliki karakter kuat dan positif. Biskuat Academy 2022 menjadi salah satu ajang bagi anak untuk menjadi pemain sepakbola yang handal serta memiliki karakter baik dan tangguh.

Biskuat merupakan salah satu brand unggulan dari Mondelez International yang memiliki purpose-led brand (tujuan mulia) untuk menciptakan #GenerasiTiger. Generasi Tiger yaitu anak-anak yang tidak hanya berprestasi secara akademik saja tapi juga berprestasi dalam bidang olahraga dan memiliki kekuatan baik dari dalam (inner strength). Kekuatan baik tersebut tercermin dari karakter positif anak.

Biskuat percaya bahwa bahwa setiap anak memiliki potensi tak terbatas yang ada dalam dirinya dan melebihi apa yang terlihat. Kekuatan sejati dan unik seorang anak terletak di dalam diri mereka. Selain prestasi pada bidang akademik, Biskuat juga senantiasa mendorong pencapaian prestasi anak-anak Indonesia di bidang olahraga sepak bola melalui program Biskuat Academy.

Program Biskuat Academy telah dilakukan sejak 2019 hingga sekarang. Melalui program ini, anak dapat mengembangkan potensinya sebagai seorang pemain sepakbola sekaligus menggali kekuatan yang ada dalam dirinya. Biskuat Academy mendorong serta mendukung anak untuk dapat mencapai mimpi-mimpinya. Dengan mengikuti program Biskuat Academy, anak dilatih untuk dapat meningkatkan keterampilan sepak bola melalui tangan dingin pelatih berlisensi UEFA A. Hal ini sebagai persiapan untuk menjadi pemain bola masa depan. Anak juga akan bertemu dengan pemain profesional dari Tim Nasional sepak bola Indonesia.

Mekanisme untuk mendaftar diri sebagai peserta Biskuat Academy 2022, yaitu:

1. Wajib membeli biskuat kemasan khusus. Bisa beli salah satu paket Biskuat rasa apa saja yang bertanda khusus lalu temukan kode unik yang tertera di belakang kemasan;

2. Setelah itu, kita dapat mendaftarkan anak kita melalui WhatsApp dengan mengirimkan pesan ke nomor 081212225919. Ikuti instruksi yang diberikan tim Biskuat melalui WhatsApp untuk mendapatkan akses login menuju Sekolah Bola Online Biskuat Academy 2022;

3. Peserta akan diminta menyetujui ketentuan penggunaan dan kebijakan privasi yang merupakan syarat wajib untuk melanjutkan registasi dan kemudian mengisi data diri serta mengirimkan kode unik;

4. Satu orang tua dapat mendaftarkan lebih dari satu anak dengan nomor telepon yang sama namun harus disertai dengan pembelian paket Biskuat yang berbeda;

5. Validasi atas kode yang dikirimkan akan dilakukan maksimal 3×24 jam setelah divalidasi, akses login yang diberikan untuk mengikuti Sekolah Bola Online Biskuat Academy. Kode login ini dapat dipakai untuk mengikuti keenam kelas yang ada yang dilakukan secara online.

Banyak sekali manfaat yang diperoleh anak dengan mengikuti program Biskuat Academy 2022. Yuk daftarkan anak kita sekarang juga!














Previous Post
Postingan Selanjutnya

Halo Saya Dewi Nuryanti, seorang emak dari dua orang anak, hobi travelling, menulis dan berjejaring soal.

0 komentar: