Selasa, 12 Juli 2022

Tebar Berkah Daging YBM PLN, Berbagi Kebahagiaan di Idul Adha

Kampung Cahaya (Gasong) Menteng Atas, Jak-Sel

Dibalik megahnya Jakarta dengan gedung pencakar langit dan hunian menterengnya, ternyata bersembunyi pemukiman yang tertutup barang-barang rongsokan. Jujurly, ini kali pertama saya berkunjung ke pemukiman warga yang mata pencaharian utamanya sebagai pengumpul barang bekas dan sampah plastik. Kampung Gasong atau yang telah berganti nama menjadi Kampung Cahaya.


Kampung Gasong atau Kampung Cahaya ini berlokasi di daerah Menteng Atas. Di belakang mall Kota Kasablanka. Letak kampung ini seperti bersembunyi diantara megahnya gedung tinggi dan tumpukan barang bekas. Untuk sampai ke kampung ini, kita harus melewati jalan setapak yang membelah kuburan Cina, tepat di samping mall Kota Kasablanka. Saya sendiri sempat bingung mencari letak kampung ini karena titik GPS berada di lahan kosong. Untungnya ada penduduk sekitar yang bisa ditanya dan memberi arahan lokasi kampung Gasong.


Gasong berarti kotor, kumuh dan jelek. Itulah arti Kampung Gasong. Sejak tiga tahun lalu, kampung ini mendapat bantuan dari Yayasan Baitul Maal PLN. Bukan hanya membantu secara materi, YBM PLN juga memberikan pendampingan pada warga Kampung Gasong agar dapat memiliki kehidupan yang lebih baik lagi. Dana yang digunakan untuk membantu warga Kampung Gasong adalah dana zakat seluruh karyawan PLN. Dana umat tersebut dikelola oleh YBM PLN untuk membantu penerima manfaat agar memiliki kehidupan yang lebih baik.


Setelah kehadiran YBM PLN di Kampung Gasong, warga kampung Gasong sepakat untuk mengubah nama kampung mereka menjadi Kampung Cahaya Menteng Atas. Cahaya merupakan singkatan dari cakap, agama, sehat, berdaya. Cahaya juga identik dengan PLN yang bertugas menerangi seluruh pelosok negeri. Bantuan yang diberikan YBM PLN untuk warga Kampung Cahaya Menteng Atas meliputi bantuan di bidang pendidikan, ekonomi dan kesehatan.


YBM PLN tidak sekedar memberikan bantuan berupa materi saja namun berupaya agar bantuan tersebut bisa bermanfaat untuk jangka panjang dan berkesinambungan. YBM PLN dibantu dengan para relawan memberikan pengajaran pada anak-anak usia sekolah yang ada di Kampung Cahaya Menteng Atas termasuk mengajar ngaji dan nilai-nilai keagamaan. Ibu-ibu diberikan bantuan berupa modal usaha dan pelatihan keterampilan hingga mereka bisa hidup mandiri dan dapat membantu kehidupan keluarganya.


Bantuan modal dari YBM PLN dimanfaatkan ibu-ibu sebagai modal untuk berjualan makanan, toko kelontong dan laundry. YBM PLN juga membangun aula yang dipergunakan sebagai mushola, tempat belajar anak-anak dan sebagai tempat kegiatan bersama warga kampung. Warga kampung Gasong yang tadinya diabaikan oleh masyarakat sekitar, kini mulai diperhatikan keberadaannya bahkan diajak untuk kegiatan mengaji bersama.


Tebar Berkah Daging YBM PLN, Berbagi Kebahagiaan di Idul Adha


Tebar Berkah Daging YBM PLN, Berbagi Kebahagiaan di Idul Adha

Kehadiran YBM PLN bersama program-program pemberdayaannya di Kampung Gasong Menteng Atas bagai oase di padang pasir, seperti cahaya yang menyinari. Kalian mungkin tidak percaya dan kaget jika mengetahui fakta ini, bahwa di Jakarta masih ada kelompok marjinal yang tidak tersentuh pembagian hewan kurban. Yups, warga Kampung Cahaya Menteng Atas ini tidak pernah mendapat jatah hewan kurban. Warga baru bisa merasakan lezatnya daging kambing/domba atau sapi saat YBM PLN menghelat program Tebar Berkah Daging yang dilakukan bertepatan dengan Idul Adha


Program Tebar Berkah Daging YBM PLN ini bukanlah program pemotongan hewan kurban. Tapi program pemberian daging pada penerima manfaat yang dilakukan bertepatan dengan Idul Adha. Karena menggunakan dana zakat karyawan PLN, daging yang diberikan bukanlah daging kurban. Tebar Berkah Daging YBM PLN merupakan berbagi kebahagiaan di Idul Adha. Tebar Berkah Daging YBM PLN dilakukan serentak di cabang PLN seluruh Indonesia, bukan hanya di Kampung Cahaya Menteng Atas saja.


Pada tahun ini, program Tebar Berkah Daging 1443 YBM PLN mencapai total 157 ekor sapi dengan penerima manfaat sebanyak 23.550 Kepala Keluarga. Dan kambing sebanyak 114 ekor dengan penerima manfaat sebanyak 3420 KK. Ini jumlah secara keseluruhan yah alias nasional. Khusus di Kampung Cahaya Menteng Atas, daging yang diberikan tidak hanya berupa daging mentah saja tapi juga daging yang telah dimasak oleh Chef Food Truck YBM PLN.


Ada sekitar 150 KK di Kampung Cahaya Menteng Atas yang menjadi penerima manfaat Program Tebar Berkah Daging. Mereka mendapat 1 paket daging sapi segar dan 1 paket olahan daging sapi yang dimasak oleh Chef di Solidarity Food Truck YBM PLN. Acara Tebar Berkah Daging YBM PLN di Kampung Cahaya Menteng Atas ini dihadiri oleh Pak Iskandar sebagai Ketua Umum YBM PLN dan Pak Salman Al Farisi sebagai Deputi Direktur YBM PLN.


Jelas sekali terpancar kebahagiaan dari wajah warga Kampung Cahaya Menteng Atas. Kampung mereka yang tadinya kotor, lusuh dan penuh tumpukan sampah, kini berangsur lebih tertata. Barang rongsokan diletakkan pada satu lokasi yang berada di depan lokasi pemukiman. Kehadiran YBM PLN bersama dengan program berbagi kebaikan hingga pelosok negeri, mampu mengantar warga Kampung Gasong memperoleh kehidupan yang lebih baik.


Tebar Berkah Daging, berbagi kebahagiaan hingga pelosok negeri





Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar