Selasa, 05 Juli 2022

SMA Pintar Lazuardi Solusi Pendidikan Masa Kini


SMA Pintar Lazuardi, solusi pendidikan masa kini

Belum lama ini dunia maya dihebohkan oleh cerita seorang guru yang bertemu dengan dua orang muridnya secara tak terduga dalam sebuah perjalanan. Murid pertama yang bertemu dengannya adalah seorang murid yang pintar dan selalu menjadi juara kelas hingga menjadi seorang dokter spesialis dengan karir gemilang. Saat berjumpa dengan murid kebanggaannya ini, Beliau yang lebih dulu menyapa dan mengenali sang murid. Namun murid pintar itu tidak mengenali gurunya sendiri bahkan tampak abai dan acuh tak acuh. 


Guru pun beranjak pergi dan melanjutkan perjalanannya dengan rasa kecewa. Sedih karena murid kebanggaannya tidak mengenali dan melupakannya. Ditengah perjalanannya, motor yang dikendarainya mogok. Hari telah beranjak malam. Guru pun kebingungan karena tidak ada satu orangpun yang menawarkan bantuan sampai berhentilah sebuah mobil dan turun seorang laki-laki berpenampilan rapi. 


Laki-laki tersebut langsung mencium tangannya sembari menyebut nama guru tersebut. Beliau tidak mengenali laki-laki yang berada di hadapannya sampai laki-laki tersebut menjelaskan bahwa dia adalah salah satu murid dari guru tersebut. Begitu muridnya menyebutkan namanya, guru tersebut barulah ingat. Murid yang berada di depannya adalah murid yang kurang dalam akademis bahkan hampir tidak naik kelas.


Murid tersebut dengan sigap menolong gurunya dengan memanggil bengkel motor terdekat dan mempersilahkan gurunya untuk masuk ke dalam mobilnya untuk diantar sampai tujuan sang guru. Guru tersebut terharu dengan ketulusan dan perhatian dari muridnya tersebut. Murid yang dulu sama sekali tidak dibanggakannya karena tidak berprestasi.


Pertemuan dengan kedua muridnya itu memberikan pelajaran untuknya bahwa pendidikan yang baik bukan hanya sekedar mencetak anak dengan nilai memuaskan namun membentuk kepribadian dan kesantunan budi pekerti dalam kehidupan sehari-hari. Bukan hanya sekedar cerdas secara intelektual tapi juga berbudi pekerti yang baik. Dulu, tujuan orang tua menyekolahkan anaknya adalah agar si anak memperoleh ilmu pengetahuan dan mengedepankan nilai-nilai akademis. Dan ternyata nilai akademis yang tinggi tidak menjamin seseorang dapat tumbuh menjadi pribadi yang santun dan menghargai orang lain.


Saat ini, orangtua sudah banyak yang memiliki kesadaran bahwa pendidikan bukan hanya sekedar angka dalam raport atau ijazah semata namun lebih dari itu. Sekolah masa kini bertujuan untuk memberikan kesempatan dan ruang eksplorasi serta berekspresi, menumbuhkan bakat dan minat anak untuk menjadi pembelajar sejati, yang aktif, kreatif, inovatif, solutif, serta memiliki daya juang adaptif terhadap perubahan dan berbagai tantangan serta menjadi pribadi yang santun. Dan bukanlah hal yang mudah untuk menemukan sekolah yang dapat mengakomodir semua harapan baik orang tua terhadap masa depan anaknya 


Orangtua masa kini terutama di era digitalisasi ini berharap anak-anaknya memiliki kemampuan soft skill dan mampu adaptif dengan pesatnya teknologi digital. Salah satu sekolah yang merespons harapan orangtua masa kini terhadap pendidikan anaknya adalah SMA Pintar Lazuardi. SMA Pintar Lazuardi - Smart Learning High School merupakan sekolah yang memiliki falsafah dan metode yang diterapkan dengan benar sehingga membekali anak muridnya dengan keterampilan untuk sukses sekaligus bahagia. 


SMA Pintar Lazuardi, Blended Learning School Untuk Pendidikan Masa Depan di Era Digital


SMA Pintar Lazuardi menyelenggarakan pembelajaran online yang efektif dan efisien. Dengan sistem blended learning dan bantuan LMS (Learning Management System) atau aplikasi belajar yang diberi nama Pintar. SMA Pintar Lazuardi menggabungkan pembelajaran daring dan luring. Pembelajaran tatap muka diadakan di home base school sedangkan pembelajaran online dilakukan melalui aplikasi belajar Pintar yang didesain khusus oleh tim Lazuardi agar tetap sesuai dengan unsur-unsur pedagogis yang benar.


SMA Pintar Lazuardi menggabungkan pembelajaran tatap muka dan online

SMA Pintar Lazuardi beroperasi sejak tahun 2021 dan menggabungkan antara kegiatan pembelajaran tatap muka dan online dengan persentase pembelajaran online yang lebih besar. Kegiatan tatap muka difokuskan pada pengembangan karakter, keterampilan sosial dan perwalian (coaching, mentoring dan bimbingan karir).  Khusus untuk bimbingan karir mencakup program-program pilihan, diantaranya: motion graphics, graphic design, digital comic, fotografi,music techno, public speaking dan digital marketing. Adapun kegiatan praktikum yang tidak dapat dilaksanakan melalui kegiatan pembelajaran online. Para siswa yang di daerahnya belum ada home based, kegiatan pembelajaran tatap muka diganti dengan program pengayaan dan coaching yang dilakukan secara daring.


SMA Pintar Lazuardi memiliki nilai-nilai inti, diantaranya mengikuti perkembangan berbagai usia global (global awareness); berorientasi masa depan berupaya membuat keputusan dan rancangan masa depan yang lebih baik; welas asih yaitu menerima dan menghargai kondisi setiap individu sebagai bagian dari kebersamaan: serta memiliki integritas yaitu melaksanakan amanah pekerjaan dengan sempurna sesuai dengan peraturan nilai-nilai organisasi.


Dr. Haidar Bagir, Pembina SMA Pintar Lazuardi memaparkan bahwa untuk bahagia dan sukses di masa depan, seorang siswa harus memiliki kreativitas, karakter yang baik, self confidence, self esteem dan spiritualitas. SMA Pintar Lazuardi memastikan bahwa semua murid belajar penuh fun sehingga senang, diberi ruang untuk mengekspresikan diri, kalau bersalah tidak dikecam tapi dibesarkan hatinya dan diarahkan agar menjadi pribadi yang welas asih dan penuh cinta. 


Seorang murid harus memiliki kesehatan mental yang baik agar dapat sukses dan hidup bahagia selain memiliki kemampuan akademik dan keahlian yang terampil. Sekolah yang baik tidak hanya mendidik dan mengajarkan murid untuk sukses saja di dunia kerja atau kehidupan sosial namun mampu memberikan bekal agar muridnya dapat hidup sejahtera secara psikologis, spiritual dan materi.


SMA Pintar Lazuardi (SPL) menggunakan LMS Pintar pada saat pembelajaran daring. Melalui LMS Pintar, orang tua dapat melihat secara langsung data analitik tentang perkembangan pencapaian pembelajaran anaknya yang sedang berlangsung setiap saat, tugas-tugas yang sudah atau belum diselesaikan, serta mata pelajaran yang sedang dipelajari, sudah selesai, atau belum dimulai. Begitu pula dengan murid, mereka dapat mengakses semua informasi yang berkaitan dengan pembelajaran, kegiatan pembelajaran dan dapat berkomunikasi melalui chat serta melihat pengumuman-pengumuman penting dari semua guru mata pelajaran.


SMA Pintar Lazuardi memiliki keunggulan diantaranya, yaitu waktu belajar yang fleksibel. Murid dapat mengatur sendiri jadwalnya sehingga memberi ruang lebih luas bagi murid yang ingin mendalami bakat/minat/ profesi yang ingin ditekuni sejak dini. Sekolah Pintar Lazuardi walau memiliki waktu belajar yang fleksibel tapi tetap mengacu pada kurikulum nasional yang dilengkapi dengan kurikulum keahlian dan konten kurikulum dari berbagai negara. Serta mengakomodir program merdeka belajar yang diusung oleh Kemendikbud RI.


Sistem personalized learning management system yang dilakukan SPL, memungkinkan setiap potensi akademik anak akan berkembang independen, sehingga kecepatan menyelesaikan setiap mata pelajaran tergantung pada dirinya sendiri. Sistem pembelajaran daring dan luring ini memudahkan untuk murid di luar daerah yang ingin bergabung di SPL dan merasakan metode pembelajaran yang dikembangkan Lazuardi meskipun tidak berasrama (sekolah jarak jauh).


Salah satu aplikasi yang digunakan dalam pembelajaran di SPL adalah aplikasi sketchup yang berfungsi sebagai modelling bagi para siswanya dalam mempelajari matematika wajib. Selain itu, SPL juga memiliki proyek menjadi arsitek muda. Tujuan proyek ini adalah penerapan pembelajaran fungsi dalam membuat fungsi biaya yang dibutuhkan untuk membangun rumah sesuai keinginan klien dan penerapan pembelajaran trigonometri sebagai alat bantu ukur membuat desain.


Bentuk proyek menjadi arsitek muda, yaitu:

1. Dimulai dengan mengumpulkan data ukuran rumah klien sebelum dan sesudah modifikasi (menggunakan bantuan trigonometri);

2. Membuat rancangan biaya yang diperlukan dalam modifikasi rumah (penerapan pembelajaran fungsi);

3. Membuat desain rumah menggunakan aplikasi sketchup;

4. Menguji kesesuaian desain dengan standarisasi desain bangunan;

5. Mempersentasikan hasil desain ke klien.

Menjadi arsitek muda merupakan salah satu proyek unggulan dari Sekolah Pintar Lazuardi.


SMA Pintar Lazuardi merupakan solusi pendidikan masa kini untuk menghadapi berbagai tantangan yang hadir di tengah pesatnya teknologi digital. SPL adalah jawaban bagi setiap anak di Indonesia untuk dapat memiliki karakter welas asih, memiliki kesadaran tinggi dalam belajar secara mandiri, mengembangkan potensi dirinya sesuai dengan minat dan bakat yang dimilikinya.


SMA Pintar Lazuardi, sekolah unggulan yang mencetak generasi welas asih,kreatif, inovatif dan tangguh









Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar