Minggu, 24 Juli 2022

Mengalami Masalah Saraf Terjepit? RS Premier Bintaro Punya Solusinya

Saraf terjepit sangat mengganggu dan menimbulkan nyeri

Pertengahan tahun lalu, Bapak saya mengeluh nyeri di bagian pinggang hingga terasa sampai punggung bagian bawah. Terlebih lagi saat ganti posisi dari duduk ke berdiri, terasa nyeri tidak tertahankan. Sudah minum obat pereda nyeri tapi masih sangat mengganggu rasa nyerinya. Sebelumnya, Bapak saya juga sering kesemutan pada bagian kaki, tidak jarang juga merasa nyeri yang menjalar hingga tungkai kaki. Karena merasa sudah tidak dapat menahan rasa nyerinya, Bapak saya dibawa ke rumah sakit untuk memperoleh bantuan medis.


Untuk tahu penyebab rasa nyeri yang dirasakannya, serangkaian pemeriksaan harus dijalani Bapak. Bapak melakukan pemeriksaan secara lengkap supaya dokter dapat mengambil tindakan yang tepat. Melihat dari gejalanya, dokter yang menangani menduga Bapak mengalami saraf terjepit. Saraf terjepit atau disebut juga radikulopati dapat terjadi saat jaringan di sekitar saraf seperti tulang, otot, tendon dan tulang rawan menekan terlalu besar pada suatu area saraf hingga mengganggu fungsi normal saraf. 


Tubuh akan bereaksi dengan rasa nyeri yang mendadak dan tidak tertahankan, kesemutan, mati rasa atau baal sebagai pertanda bahwa ada saraf terjepit. Ada beberapa area tubuh yang dapat mengalami saraf terjepit diantaranya tonjolan bantalan sendi di tulang pinggang sehingga menyebabkan rasa sakit yang menjalar hingga tungkai bawah. Dan inilah yang dialami Bapak.


Mengalami Masalah Saraf Terjepit? Berobat di RS Premier Bintaro Saja


Menurut pemaparan Dr. Ajiantoro, salah satu dokter ortopedi RS Premier Bintaro pada acara Blogger dan Vlogger Gathering yang diadakan di rumah sakit tersebut, saraf terjepit atau low back pain dapat terjadi pada usia produktif dan usia lanjut. 80% dari jumlah populasi setidaknya pernah mengalami sekali nyeri pinggang dalam hidupnya. Saraf terjepit ini menjadi penyakit di urutan kedua yang menjadi alasan orang pergi berobat ke dokter dan menempati urutan kelima yang menjadi penyebab masuk rumah sakit.

Dr. Ajiantoro, SpOT, dokter ortopedi RS Premier Bintaro

Saraf terjepit pada masa produktif merupakan salah satu penyebab disabilitas tertinggi. Penyakit ini juga menempati urutan tiga besar penyakit yang memerlukan tindakan pembedahan atau operasi. Saraf terjepit juga mempengaruhi produktivitas kerja. Penyebab utama saraf terjepit adalah kebiasaan buruk si pasien seperti duduk dengan posisi yang tidak berganti dalam waktu yang cukup lama, duduk dengan posisi tubuh melengkung/tidak tegak serta kebiasaan berada dalam satu posisi untuk jangka waktu lama.


Orang yang sehari-hari berada di depan komputer ataupun menggunakan smartphone hanya satu posisi saja, cenderung akan memiliki resiko tinggi terkena saraf terjepit. Dalam beberapa kasus, saraf terjepit dapat sembuh dengan sendirinya setelah istirahat cukup. Namun banyak juga yang harus memperoleh penanganan medis. 


Sebelum menegakkan diagnosa, dokter melakukan serangkaian pemeriksaan lengkap meliputi pemeriksaan laboratorium dan radiologi. Pemeriksaan radiologi dapat berupa pemeriksaan USG, X Ray, CT Scan, MRI dan BMD. Setelah diketahui hasil pemeriksaan, barulah dokter dapat menetapkan diagnosis. Saat ini tidak perlu galau dan bingung lagi jika mengalami masalah saraf terjepit. RS Premier Bintaro punya solusinya. RS Premier Bintaro memiliki penanganan terkini saraf terjepit. 

Penanganan saraf terjepit di RS Premier Bintaro dilakukan dengan dua metode yaitu tanpa operasi dan dengan operasi. Penanganan saraf terjepit tanpa operasi atau secara konservatif meliputi: diet jika pasien mengalami obesitas, memperbaiki pola hidup dan aktivitas harian, istirahat saat nyeri muncul, menghindari gerakan-gerakan pencetus nyeri, minum obat-obatan anti nyeri, radang dan vitamin, rehabilitasi medik, modalitas nyeri (TENS, US, Radiotherapy), latihan fisik dan penguatan otot (olahraga) serta penggunaan alat bantu dan korset.


Bila seorang pasien saraf terjepit masih merasakan nyeri padahal dia telah melakukan tindakan konservatif penanganan saraf terjepit, dokter ortopedi yang menanganinya akan menerapkan Interventional Pain Management (IPM). IPM terdiri dari injeksi/blok saraf tulang belakang, radiofrequency ablation (RFA Spine) dan Percutaneous Laser Disc Decompression (PLDD). Menurut Dr. Ajiantoro, penegakan diagnosis menjadi kunci dalam penanganan saraf terjepit.

Spine Center RS Premier Bintaro

RS Premier Bintaro memiliki Spine Center yang menawarkan penanganan terkini saraf terjepit. Pada kasus nyeri terjepit yang sudah parah, pasien diberikan pilihan untuk melakukan operasi. RS Premier Bintaro memiliki metode operasi minimal invasive untuk mengatasi saraf terjepit. Minimally Invasive Spine Surgery (MISS) adalah teknologi terbaru dalam penanganan masalah tulang belakang (saraf terjepit) yang dapat mengurangi kerusakan jaringan dan stress pada tubuh sehingga pasien dapat lebih cepat pulih dan dapat beraktivitas seperti biasa. Hasil tindakan minimal invasive tulang belakang (saraf terjepit) lebih baik daripada tindakan operasi lainnya.


Tujuan MIS Surgery yaitu:

-mengurangi tarikan dan kerusakan otot;

-meminimalisir rusaknya jaringan lunak tulang belakang;

-mempertahankan integritas dari dorsolumbar fascia;

-mengurangi kerusakan tulang;

-utilisasi saraf dan pembuluh darah;

-mengurangi luka sayatan tindakan.

Tindakan MIS surgery ini membuat pasien lebih cepat pulih dan tidak perlu mengalami sayatan lebih banyak pada saat tindakan operasi dilakukan. Dr. Ajiantoro menegaskan bahwa tidak semua pasien saraf terjepit yang harus melakukan operasi, dipasang implant/pen. Tergantung kondisi dari masalah saraf terjepit yang dialami pasien.

Penegakan diagnosis dan tatalaksana dengan pemeriksaan serta fasilitas yang lengkap menjadi keutamaan dalam terapi pasien di Spine Center RS Premier Bintaro. Jika ada masalah pada tulang belakang atau terasa nyeri yang mengganggu, secepatnya lakukan pemeriksaan dan jangan ragu untuk memeriksakan diri ke RS Premier Bintaro. RS Premier Bintaro punya solusi terbaik dalam penanganan saraf terjepit.


Mengenal Lebih Dekat RS Premier Bintaro



RS Premier Bintaro berlokasi di Jl. Moh. Husni Thamrin No.1, Pd. Jaya, Kec. Pd. Aren, Kota Tangerang Selatan, Banten. Letaknya cukup strategis karena tidak jauh dari pintu tol Pondok Aren. RS Premier Bintaro adalah salah satu rumah sakit yang menjadi bagian dari Ramsay Sime Darby Health Care Group. Rumah sakit ini memiliki fasilitas yang lengkap dan canggih. Sebagai layanan kesehatan bertaraf internasional, RS Premier Bintaro memiliki sejumlah layanan unggulan seperti spine center, hand clinic, sports clinic, Arthroplasty (Total Hip and Knee Replacement), Vascular Center, Sleep Clinic, dan Orthopedic Center. 


Rumah sakit ini dilengkapi juga dengan IGD 24 jam yang siap memberikan pelayanan terbaik dan pertolongan untuk pasien. Ruang IGD RS Premier Bintaro memiliki 15 tempat tidur dan dilengkapi dengan ruang isolasi, ruang resusitasi, ruang tunggu dan triangle room. Ruang IGD memiliki pintu khusus yang bisa dengan mudah diakses oleh pasien yang datang dan membutuhkan pertolongan darurat.

IGD 24 Jam RS Premier Bintaro

FYI, jika ada kondisi gawat darurat dan ambulans bisa langsung menghubungi nomor kontak RS Premier Bintaro ke +6221 2762 5500 dan nomor Whatsapp di +62811 9690 5514. Rumah sakit ini juga membuka pendaftaran secara online dan bisa langsung ke nomor Whatsapp 6281 7777 742. RS Premier Bintaro memiliki fasilitas dan teknologi medis terkini dan tercanggih seperti radiologi dengan mammografi, USG, ekokardiografi, CT Scan, dan MRI. Rumah sakit ini juga memiliki ruangan rehab medik dengan peralatan terapi terkini dan lengkap. 


Pada saat masuk dari pintu utama, pengunjung akan langsung disambut lobby utama yang cukup luas dan nyaman. Cukup banyak kursi/bangku tersedia di lobby utama ini sehingga mampu menampung pasien yang akan melakukan pengobatan. Di lobby utama ini juga terdapat Darby, robot pintar yang membantu pengunjung rumah sakit untuk memperoleh informasi seputar pelayanan rumah sakit. Masih di area lobby utama juga terdapat skin clinic, tempat kopi kekinian dan Orchid Clinic.

Lobby utama RS Premier Bintaro

RS Premier Bintaro memiliki kapasitas 30 kamar konsultasi dengan beberapa pelayanan spesialis dan subspesialis yang selalu siap siaga melayani pasien yang datang. Saat ini RS Premier Bintaro memiliki 205 tempat tidur untuk ruang rawat inap dengan berbagai jenis tipe kamar. Ada 7 jenis kamar inap di RS Premier Bintaro yaitu Premier, Suite A, Suite B, Gold Plus, Gold, Silver dan kelas 3. Rumah sakit ini dilengkapi dengan ruang operasi, farmasi, laboratorium, radiologi, fisioterapi dan rehab medik serta ambulan.


RS Premier Bintaro tidak hanya memiliki fasilitas medis saja tapi juga fasilitas non medis seperti lobby tunggu yang nyaman, kafetaria, mushola, ATM dan parkir. RS Premier Bintaro juga menawarkan layanan medical check up dengan beberapa pilihan paket pemeriksaan kesehatan sesuai dengan benefit yang diperoleh. Cukup lengkap bukan pelayanan dan fasilitas yang ditawarkan oleh RS Premier Bintaro. Semoga dapat memberikan informasi bagi siapapun yang membutuhkannya ya. Mengalami masalah saraf terjepit? Ke RS Premier Bintaro ajaaa!

Ruangan fisioterapi Spine Center RS Premier Bintaro













 

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar