Rabu, 06 Juli 2022

3 Komitmen Investasi Untuk Gen Z Jelang Usia Dewasa

Gen Z adalah generasi yang tumbuh bersama dengan pesatnya teknologi


Memasuki usia dewasa merupakan momen penting yang harus dipersiapkan oleh Generasi Z atau Gen Z. Gen Z adalah generasi anak zaman now yang tumbuh bersama dengan teknologi digital yang kian pesat. Melewati usia 18 tahun adalah saat Gen Z mulai menjalani fase kehidupan yang menentukan masa depannya. Pada saat inilah, Gen Z sudah harus tahu mau dibawa kemana langkah hidupnya. Saya sebagai orang tua dari anak laki-laki berusia 18 tahun yang baru saja akan mengenyam bangku kuliah, terus menekankan pada anak saya tersebut agar memiliki komitmen dan rencana untuk hidupnya.


Meninggalkan usia 18 tahun berarti memikul tanggung jawab sendiri atas kehidupannya saat ini dan nanti. Saya dan suami telah mengenalkan pentingnya mengatur dan mengelola keuangan serta keharusan untuk menabung dan berinvestasi sejak anak saya tersebut berusia 16 tahun. Kami sering berbincang mengenai pentingnya investasi dan merencanakan serta mengelola keuangan dengan tepat.


Ketika anak saya genap berusia 17 tahun, saya dan suami sepakat memberikan kado ulang tahun berupa satu buah buku tabungan yang berisi sejumlah uang yang harus dikelolanya untuk kebutuhannya sehari-hari. Berbekal uang yang ada di buku tabungan tersebut, anak saya mulai belajar mengelola uang sendiri dan bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri.


Saya dan suami menekankan bahwa belajar berkomitmen adalah dasar kehidupan yang harus disadari dan dimiliki agar anak saya, si Gen Z dapat tumbuh menjadi orang dewasa yang penuh tanggung jawab, sehat secara mental dan finansial. Bukan pekerjaan yang mudah untuk menanamkan kesadaran akan pentingnya memegang teguh komitmen dalam hidup termasuk mengajarkan literasi keuangan pada Gen Z. 


Diperlukan konsistensi dalam memberikan edukasi tentang pentingnya melakukan perencanaan keuangan yang optimal, sehingga Gen Z dapat merencanakan masa depan dan mewujudkan kesejahteraan finansial di masa muda. Tidak hanya itu, pentingnya meningkatkan literasi keuangan melalui pemahaman terhadap produk dan layanan keuangan akan mendukung Gen Z untuk dapat menentukan prioritas hidupnya dengan lebih bijak dan tepat.


3 Komitmen Investasi Untuk Gen Z yang Sebaiknya Dilakukan Menjelang Usia Dewasa


3 komitmen investasi untuk Gen Z jelang usia dewasa

Memasuki usia dewasa, Gen Z harus belajar berkomitmen. Komitmen dalam hal apapun yang menyangkut kehidupannya. Entah itu komitmen dalam pendidikannya maupun untuk menjalankan rencana masa depan yang telah disusunnya. Termasuk belajar komitmen investasi. Setidaknya ada 3 komitmen investasi untuk Gen Z yang sebaiknya dilakukan menjelang usia dewasa.


3 komitmen investasi tersebut yaitu:

1. Komitmen investasi pada hubungan sosial


Satu hal yang harus dipahami bahwa investasi tidak melulu berhubungan dengan uang, logam mulia atau saham. Memiliki hubungan yang positif dan membangun dengan lingkungan sosial juga faktor penting dalam proses pendewasaan diri untuk Gen Z. Penting sekali mengumpulkan dan menyeleksi lingkaran pertemanan yang sehat serta membawa pengaruh positif di dalam hidup.  


Hal ini merupakan langkah awal yang harus dilakukan Gen Z menyangkut komitmen sosial. Sedangkan proses investasinya adalah dengan memupuk hubungan tersebut melalui kegiatan bersosialisasi seperti kumpul makan di luar, berlibur bareng, saling memberi perhatian, dan selalu berpegang pada filosofi hukum tabur tuai. Siapa yang menabur benih kebaikan maka akan menuai buah dari kebaikan tersebut;


2. Komitmen investasi pada aset


Gen Z harus mulai memiliki kesadaran pentingnya komitmen investasi pada aset. Pesatnya perkembangan teknologi digital memberikan kemudahan pada Gen Z untuk belajar berinvestasi pada aset. Hanya melalui smartphone sudah dapat mengakses dengan mudah berbagai investasi yang ditawarkan. Bisa berupa tabungan di bank ataupun beragam jenis investasi lainnya seperti saham, reksadana atau obligasi negara ORI. Selain itu, cukup banyak pula aplikasi trading yang bisa diakses melalui smartphone. Gen Z juga mulai dapat berinvestasi dalam bentuk properti seperti apartemen atau rumah. Komitmen investasi pada aset ini sebaiknya dilakukan sedini mungkin agar Gen Z dapat mencapai kebebasan finansialnya secepat mungkin;


3. Komitmen investasi pada kesehatan


Tidak hanya komitmen sosial dan aset saja yang harus disiapkan oleh Gen Z menjelang usia dewasanya tapi juga komitmen pada kesehatannya. Percuma memiliki kebebasan finansial dan lingkungan sosial yang mendukung jika kesehatan diri sendiri diabaikan. Terkait dengan komitmen investasi pada kesehatan, Gen Z perlu menyiapkannya dengan tepat. Tidak bisa mengandalkan keluarga ataupun aset yang dimiliki jika terkait kesehatan.


Gen Z dapat meletakkan rasa kecemasan terkait masalah kesehatan kepada layanan asuransi yang mudah dipahami, mudah dibeli, mudah diklaim, mudah diakses, dan yang terpenting menyenangkan. Salah satu cara yang bisa dilakukan Gen Z yaitu dengan menggunakan asuransi kesehatan dan asuransi jiwa. Salah satu asuransi kesehatan yang dapat dibeli adalah asuransi penyakit kritis yaitu FWD Critical First Protection dari FWD Insurance. 


Asuransi ini bisa menjadi solusi terkait masalah kesehatan karena dengan biaya premi mulai dari tiga ratus ribuan rupiah,nasabah berpotensi mendapatkan uang pertanggungan senilai lebih dari Rp500.000.000 yang bisa digunakan untuk biaya perawatan rumah sakit yang disebabkan oleh berbagai kondisi kritis termasuk penyakit kritis yang sering terjadi, penyakit langka, hingga penyakit yang belum ditemukan obatnya.


Produk FWD Critical First Protection tersedia dan bisa diakses melalui distribusi keagenan dengan layanan asuransi yang mengedepankan inovasi digital dengan akses dan proses pengajuan yang mudah. Hal ini seiring dengan visi FWD Insurance untuk mengubah cara pandang masyarakat Indonesia tentang asuransi dengan menawarkan berbagai jenis proteksi yang mudah dipahami, mudah diakses, serta mudah pula untuk diklaim. 


Menjelang ulang tahun yang ke-30 FWD Insurance menghadirkan program #FWDUnstoppable30 Lucky Draw yang dapat diikuti oleh nasabah baru dan existing. Ada juga penawaran spesial, setiap pembelian salah satu atau lebih dari 12 (dua belas) produk asuransi pilihan dari FWD Insurance mulai tanggal 10 Juni – 31 Desember 2022 nasabah akan mendapatkan nomor undian untuk kesempatan memenangkan 56 hadiah istimewa termasuk All New Honda HR-V, Vespa LX, iPhone 13, serta hadiah menarik lainnya yang bernilai jutaan rupiah. 


FWD Insurance juga ingin terus memberikan dukungan untuk para Passionate People untuk bebaskan langkah melalui aplikasi FWD MAX yang hadir memberikan nilai lebih bagi para pengguna FWD, mulai dari dukungan gaya hidup dan passion melalui ratusan merchant ternama di Indonesia. Akses solusi kebutuhan asuransi dari fitur eServices untuk pengguna individu dan eFriend untuk pengguna korporasi, hingga perlindungan asuransi secara digital yang membantu para pengguna FWD untuk bebaskan langkah dengan mudah dan simpel. Para existing dan calon nasabah dapat mengunduh aplikasi ini melalui App Store dan Google Store dan dengan menggunakan FWD MAX ini bisa berkesempatan untuk mendapatkan nomor undian #FWDUnstoppable30 Lucky Draw yang lebih banyak lagi.


FWD Critical First Protection




 

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar