Minggu, 26 Juni 2022

Benarkah Pendanaan di Amartha Aman dan Menguntungkan?


Amartha Microfinance Marketplace Fintech, benarkah aman dan menguntungkan?

Apa yang terlintas di pikiran kalian ketika mendengar pinjaman online atau peer-to-peer lending? Apakah sama seperti yang ada dalam benak saya, langsung negatif dan big no?! Pikiran saya ini bukan tanpa alasan lho atau hanya karena penilaian subyektif semata. Tapi dilandasi pengalaman kurang menyenangkan yang saya alami berkaitan dengan pinjaman online atau peer-to-peer lending. Saya pernah diteror oleh salah tiga pinjaman online dengan dalih si peminjam menjadikan saya sebagai penjamin jadi saya harus bertanggung jawab saat si peminjam bermasalah dengan cicilan alias memiliki tunggakan.


Awalnya saya kaget sembari heran kenapa jadi saya yang harus bertanggung jawab? Bukan saya yang meminjam, ditambah lagi saya hanya sekedar kenal saja dengan si peminjam. Ketika saya meminta penjelasan dari pihak pinjaman online eh mereka malah mengancam dan makin meneror saya. Merasa terganggu, saya blokir dan laporkan saja nomor-nomor pengganggu tersebut dan saya adukan hal tersebut ke OJK melalui cuitan saya di twitter.


Saya yakin bukan hanya saya yang mengalami hal serupa, di luaran sana cukup banyak yang memiliki pengalaman sama seperti saya. Dan membuat penilaian terhadap pinjaman online atau pun peer-to-peer lending menjadi buruk. Sampai beberapa saat lalu, seorang teman memperkenalkan sebuah platform layanan finansial peer-to-peer (P2P) lending berbasis online pada saya. Aplikasi fintech yang diperkenalkan pada saya adalah #Amartha.


Begitu teman saya menyebut pinjaman online, saya langsung menolaknya. Teman saya bersikeras supaya saya mendengarkan dulu penjelasannya karena Amartha berbeda dengan platform layanan finansial peer-to-peer lending berbasis online lainnya. Amartha sudah berdiri lebih dari sepuluh tahun lalu. Amartha menghubungkan pengusaha mikro yang berada di pedesaan dengan pemilik modal. Saya bertanya pada teman saya benarkah pendanaan di Amartha aman dan menguntungkan? 


Penjelasan mengenai Amartha

Teman saya menjelaskan bahwa Amartha telah terdaftar di OJK dan memberikan pendanaan untuk UMKM yang berada di pedesaan. #MenjadiAmartha berarti ikut serta membantu #PerempuanTangguh dengan #100RibuSejutaPeluang. Yups pelaku UMKM yang dibantu pendanaannya oleh Amartha adalah perempuan. Perempuan tangguh yang berupaya agar keluarganya dapat hidup layak melalui usaha yang dilakoninya.


Mengenal Lebih Dekat Amartha Microfinance Market Place Fintech


Amartha memfasilitasi pengusaha mikro yang berada di daerah khususnya di pedesaan dengan pemilik modal atau investor melalui aplikasi berbasis teknologi canggih. Mengapa Amartha menyasar pelaku UMKM yang berada di pedesaan atau daerah? Karena pelaku UMKM di pedesaan cenderung memiliki kesulitan untuk terhubung dengan perbankan. Bahkan masih banyak yang belum memiliki mobile banking bahkan rekening di bank.


Amartha juga tercatat sebagai anggota Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia, oleh sebab itu menjadi pendana atau berinvestasi di Amartha terjamin keamanannya. Amartha tidak hanya menawarkan peluang keuntungan bagi pelaku UMKM saja melalui pendanaan modal usaha tapi juga memberikan keuntungan bagi siapapun yang ingin menjadi pendana atau investor. 


Pemodal yang berinvestasi di market place fintech Amartha akan memperoleh imbalan bagi hasil flat hingga 15% pertahun. Tidak peduli suku bunga naik atau turun, harga saham di pasaran jungkir balik atau terbang, bagi hasil di Amartha tidak terpengaruh. Tetap flat hingga 15%. Amartha dapat dijadikan peluang untuk investasi yaitu menjadi pemodal dengan modal awal yang terjangkau. 100 ribu rupiah sudah bisa melakukan pendanaan.


Amartha memiliki sistem yang sangat aman karena didukung oleh teknologi terkini. Amartha memiliki jaminan pendanaan dengan asuransi dan integrasi di lapangan. Amartha memiliki dampak sosial karena aplikasi ini dapat mempertemukan antara pemilik modal dan pelaku UMKM yang merupakan perempuan tangguh yang berada di pelosok daerah. Perempuan pelaku UMKM yang memperoleh pendanaan Amartha tergabung dalam kelompok dan ada pertemuan rutinnya hingga potensi ekonomi bisa digali lebih dalam lagi. Selain itu Amartha juga memiliki dampak ekonomi yaitu membantu pelaku UMKM mengatasi permasalahan modal yang dihadapinya sehingga dapat mengembangkan usahanya menjadi lebih baik.


Amatha memiliki program referral yang menawarkan keuntungan bagi pemilik modal dengan cara memberikan kode referralnya pada teman-temannya. Pemodal dapat memberikan kode referral pada teman-temannya yang tertarik untuk menjadi pemodal di Amartha dan makin banyak orang yang menggunakan kode referralnya makan makin besar keuntungan yang diterimanya. #AyoModalinUMKM hanya dengan modal awal minimal 100ribu rupiah saja dan dapatkan banyak keuntungan lainnya dengan bergabung di Amartha.


Untuk keterangan lebih detail dan lengkap lagi mengenai Amatha dapat mengunjungi situs resmi Amartha. Atau bisa juga mengunjungi Blog Money+ sebagai bagian dari Amartha. Blog Money+ membahas mengenai keuangan milenial yang meliputi financial planning, tips investasi dan hal-hal yang berhubungan dengan keuangan. Selain itu juga membahas mengenai gaya hidup dan perkembangan sosial untuk milenial. 


Blog Money+ ini memang lebih banyak membahas seputar tren terkini yang menyangkut teknologi, startup bidang fintech dan berita terkini yang menyasar generasi milenial. Bukan hanya itu, Blog Money+ mengupas pula tentang tips berwirausaha untuk UMKM, karir dan cerita inspiratif dari perempuan tangguh. Blog Money+ ini berisi fitur Money+ Quiz dan User Generated Content. Siapapun dapat mengirim artikel dan jika ditayangkan di Blog Money+ akan ada komisi.


Tertarik juga nih saya untuk mengirim artikel ke Blog Money+. Apalagi ada beberapa keuntungan yang bisa saya peroleh jika menulis di Money+. Keuntungan yang bisa diperoleh yaitu bisa memperoleh keuntungan komisi hingga 300 ribu rupiah pertulisan, menjadi wadah publikasi gagasan ataupun ide kita dan berkesempatan untuk mengikuti field trip gratis dan kunjungan ke desa Amartha. Wah menarik banget kan?! 


Ternyata banyak keuntungan yang dapat diperoleh di aplikasi Amartha ini. Bukan hanya investasi yang aman dan menguntungkan saja, Amartha  juga memiliki impact investing. Baik untuk pemilik modal maupun untuk pelaku UMKM yang didanai. Tidak hanya keuntungan saat ini saja tapi berkelanjutan. 


Aplikasi Amartha membantu perempuan tangguh pelaku UMKM di pedesaan




Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar