Self Love dan Self Care Tanpa Boros, Ini Caranya

by - Mei 11, 2022

Self love dan Self Care tanpa boros, ini caranya


Acap kali kita sibuk mencintai orang lain sehingga mengabaikan diri sendiri. Padahal salah satu kunci untuk dapat hidup bahagia sekaligus menjaga agar mental tetap sehat adalah dengan "self love" dan "self care". Self love diartikan sebagai menerima dan mencintai diri sendiri sedangkan self care lebih mengarah pada bagaimana merawat diri sendiri, peduli pada diri sendiri. Self love dan self care ini cukup penting bagi kesehatan mental kita. Tapi jangan sampai juga dengan dalih self love dan self care membuat kebablasan dan berujung boros. Kita tetap bisa self love dan self care tanpa boros, ini caranya.


Self love dan self care dapat kita lakukan tanpa berujung menyusahkan diri sendiri seperti menjadi boros. Self care dapat diwujudkan dengan menerapkan berbagai hal yang bermanfaat untuk diri sendiri sebagai bentuk perawatan terhadap diri sendiri. Self love dan self care merupakan bentuk dari menghargai diri sendiri dan merupakan cara kita mengenali diri sendiri.


Bukan berarti kita menjadi egois jika mencintai dan merawat diri sendiri. Cukup banyak orang yang lupa untuk self love dan self care pada dirinya sendiri, sibuk mencintai dan merawat orang lain lalu kemudian berakhir kecewa. Self love dan self care bukan berarti egois melainkan ungkapan rasa syukur dan terimakasih pada Tuhan atas keberadaan diri kita.


Terkait dengan self love dan self care, pada tanggal 21 April 2022 kemarin, tepat pada hari Kartini, FWD Insurance mengadakan acara FWD Bebas Berbagi. Mungkin masih ada yang baru dengar FWD Insurance, sedikit saya infokan ya. FWD Insurance adalah salah satu perusahaan asuransi yang memiliki produk andalan berupa asuransi kesehatan dan asuransi jiwa. FWD Insurance memiliki banyak nasabah atau pelanggan yang tersebar di tanah air. FWD Insurance memiliki berbagai program dengan berbagai manfaat salah satunya adalah program FWD Bebas Berbagi.


FWD Bebas Berbagi yang diadakan tepat pada hari Kartini kemarin itu, mengangkat tema : "Pentingnya Self Love dan Self Care Tanpa Harus Boros". Narasumber yang hadir yaitu Muara Makarim, seorang life coach, self love and purpose dan Mada Aryanugraha, seorang financial consultant. Tema yang dibahas dalam FWD Bebas Berbagi sekaligus menjawab pertanyaan self love dan self care tanpa boros, ini caranya.


Seperti yang dijelaskan oleh Muara Makarim, penting untuk menerapkan self love dan self care dalam hidup ini agar dapat hidup dengan baik, bahagia dan berkualitas. Kita harus mengenal diri kita sendiri dan harus tau apa yang paling membuat kita bahagia. Hal-hal apa saja yang penting dan berharga bagi hidup kita. Penting sekali untuk dapat menerapkan self love dan self care untuk menjaga kesehatan mental kita. Tapi kita juga tidak boleh kebablasan dalam menerapkan self love dan self care.


Cara Menikmati Self Love dan Self Care Tanpa Harus Boros



FWD Bebas Berbagi mengupas pentingnya self love dan self care tanpa harus boros. Self love dan self care harus diterapkan agar kita dapat bahagia seutuhnya namun jangan sampai muncul ketidakseimbangan saat berusaha untuk mengapresiasinya. Seperti menjadi boros dengan dalih "self love" dan "self care". Sebentar-sebentar menghabiskan dana yang tak sedikit demi self love dan self care, ini yang tidak seharusnya terjadi.


Self love dan self care tanpa boros, ini caranya. Seperti yang dijelaskan oleh Muara Makarim dan Mada Aryanugraha, penting untuk menerapkan self love dan self care tapi tidak harus boros. Ada beberapa cara yang bisa diterapkan agar dapat menikmati self care dan self love tanpa boros,diantaranya yaitu:

-Harus bisa membedakan dan menentukan mana kebutuhan dan sekedar keinginan yang dapat menjerumuskan ke perbuatan boros;

Tidak masalah jika sekali atau dua kali dalam sebulan pergi ke salon untuk melakukan perawatan sekaligus melepas penat tapi jangan dijadikan sebagai keharusan yang akhirnya menghabiskan tabungan padahal tidak terlalu mendesak untuk melakukan perawatan ke salon;


-Harus bisa menyesuaikan dengan kondisi dan keadaan. Jika pun harus mengeluarkan budget dengan dalih membahagiakan diri sendiri, harus ada dana yang dialokasikan khusus. Sehingga tidak mengganggu tabungan. Sebaiknya tidak mengganggu dana bulanan untuk biaya self love dan self care. Jangan sampai setelah memuaskan diri dengan alasan sebagai reward untuk diri sendiri sebagai bentuk self love dan self care, kita jadi pusing sendiri karena memikirkan berapa banyak uang yang telah dipakai untuk biaya itu semua. Ini konyol namanya;


-Harus dapat mengendalikan diri sendiri agar self love dan self care tidak menjerumuskan diri sendiri seperti berhutang dengan dalih membahagiakan diri sendiri. Salah kaprah ini namanya. Sah-sah saja membahagiakan diri sendiri dengan cara membeli suatu barang yang kita suka tapi harus sesuai kemampuan keuangan kita;


-Self love dan self care tetap dapat dilakukan tanpa harus menghabiskan banyak biaya atau dana. Kita dapat "me time" dengan melakukan hobi atau kesenangan kita. Misalnya menonton televisi seharian tanpa memikirkan pekerjaan atau rutinitas sehari-hari.


Self love dan self care tetap dapat kita lakukan tanpa harus boros. Kuncinya adalah kita harus benar-benar paham dulu apa yang kita inginkan dalam hidup ini dan hal apa yang membuat bahagia. Karena tidak semuanya harus diwujudkan dalam bentuk materi. Mari kita mencintai dan merawat diri sendiri untuk hidup yang lebih baik.


FWD Bebas Berbagi, Pentingnya Self love dan Self Care Tanpa Harus Boros





You May Also Like

0 komentar

Postingan Populer