Minggu, 29 Mei 2022

JNE Dorong UMKM Adaptif dan Inovatif Menghadapi Perubahan Akibat Pandemi COVID-19

 

UMKM harus adaptif dalam menghadapi perubahan akibat pandemi COVID-19 yang serba digital

Pandemi COVID 19 yang berlangsung sejak Maret 2020 lalu membawa banyak dampak hampir semua lini kehidupan. Dapat dikatakan, hampir semua aspek kehidupan mengalami perubahan. Adanya pembatasan aktivitas di luar rumah yang diterapkan pemerintah dengan tujuan menekan angka penyebaran virus korona, memaksa kita yang tadinya gagap digital harus melek digital. Bukan sebuah perubahan yang mudah untuk diikuti terutama bagi mereka yang terbiasa dengan aktivitas langsung atau offline.


Tidak semua siap dengan perubahan dari offline ke online dengan mengandalkan teknologi digital. Belajar, bekerja dan beraktivitas dari rumah. Termasuk melakukan kegiatan usaha dan jual beli dari rumah. Perubahan yang serba digital ini juga harus diterima oleh UMKM. Cukup banyak pelaku UMKM yang kebingungan bahkan kewalahan dengan perubahan yang serba digital. Pandemi membawa dampak sekaligus beban berat bagi sebagian besar UMKM.


Saya sebagai salah satu pelaku UMKM dibidang kuliner merasakan dampak dari pandemi korona yang mengguncang dunia. Kantin-kantin sekolah tempat saya menitipkan kebab dan dimsum ditutup karena anak-anak bersekolah dari rumah. Terpaksa saya harus mengalihkan penjualan secara online dengan membuka kedai atau warung di e-commerce atau aplikasi ojek online.


Adaptif menghadapi pandemi COVID-19 bukanlah hal mudah bagi pelaku UMKM. Beralih dari offline ke online memerlukan kecakapan digital

Kenyataannya, berjualan online tidaklah semudah yang dibayangkan. Cukup banyak hal yang harus saya pikirkan dan lakukan. Dari memikirkan bagaimana membuat makanan tampak cantik dan menggugah selera saat difoto sampai memikirkan bagaimana caranya supaya toko saya di e-commerce dan aplikasi ojek online ramai dikunjungi pembeli. Semua itu cukup membebani saya yang terbiasa jualan offline melalui kantin-kantin sekolah.


Ternyata beban dan kesulitan yang saya rasakan, dirasakan pula oleh pelaku UMKM lainnya. Yups saya tidak sendiri menghadapi perubahan yang serba cepat karena pandemi ini. Salah satu hal yang menguatkan saya diantaranya yaitu cukup banyak pihak yang mengulurkan bantuan agar UMKM dapat adaptif dan inovatif menghadapi perubahan akibat pandemi COVID-19.


JNE merupakan salah satu pihak yang mendorong UMKM untuk adaptif dan inovatif dalam menghadapi perubahan akibat pandemi COVID-19. Salah satu usaha yang dilakukan JNE adalah melalui kegiatan Goll..Aborasi Bisnis Online 2022 dan kota Jember menjadi salah satu kota tempat diadakannya acara tersebut. Kegiatan tersebut dilakukan melalui webinar, secara online dengan tujuan memberikan edukasi pada pelaku UMKM yang berada di kota Jember dan sekitarnya agar mampu meningkatkan sekaligus memperkuat branding usaha mereka.


Goll..Aborasi Bisnis Online 2022 kota Jember dihadiri oleh dua narasumber palaku UMKM Jember serta menyampaikan harapan agar workshop tersebut mendukung pelaku UMKM untuk bangkit dari kondisi perekonomian yang dipengaruhi pandemi. Dua pelaku UMKM yang dihadirkan dalam kegiatan tersebut yaitu Nesi Septiani, owner Khadijah Collection dan Fathurrohman, owner Musae Chips.


Kedua narasumber tersebut menceritakan perjalanan usahanya termasuk kiat-kiat yang dilakukan agar dapat bertahan dan berkembang di tengah badai korona yang menerjang. Mereka juga memberikan tips dan trik yang sebaiknya dilakukan bagi siapapun yang ingin membuka usaha.


Selain mengadakan webinar, JNE juga mendukung UMKM Jember untuk terus berkembang, JNE Jember memberikan berbagai jasa dan solusi bagi para UMKM setempat. Seperti yang dikatakan oleh Agung Fathur R selaku Head of Sales and Marketing JNE, JNE merupakan perusahaan yang dimiliki oleh putra bangsa yang menjunjung tinggi nilai-nilai seperti jujur, bertanggung jawab dan visioner, yang tergambar dalam tagline “Connecting Happines” yang memiliki makna tidak hanya sekedar mengantarkan barang saja namun juga mengantarkan kebahagiaan. Dan hal ini diwujudkan dalam berbagai program CSR yang tujuannya membantu serta mendukung UMKM agar bisa adaptif dan inovatif menghadapi perubahan yang terjadi dalam bisnis sebagai akibat dari pandemi COVID-19.


Langkah yang dilakukan JNE ini layak mendapatkan apresiasi dan diikuti oleh perusahaan lain karena UMKM perlu dukungan dan bantuan agar dapat bertahan menghadapi badai pandemi korona. UMKM Indonesia sangat memerlukan sokongan dari berbagai pihak termasuk pemangku kepentingan agar bisa adaptif dan inovatif dalam menghadapi perubahan yang diakibatkan oleh pandemi COVID-19 terutama pada pasca pandemi. Dukungan berbagai pihak diperlukan supaya UMKM dapat segera bangkit dan pulih dari pandemi.


JNE dukung UMKM adaptif dan inovatif menghadapi perubahan akibat pandemi melalui acara ini




Read more

Kamis, 26 Mei 2022

Tips Memilih Perguruan Tinggi Terbaik Untuk Anak SMK

Si Sulung yang kini sudah lulus SMK dan ingin melanjutkan ke perguruan tinggi

 "Pengajaran umumnya memerdekakan manusia dari hidup lahirnya, sedangkan pendidikan memerdekakan hidup batinnya.” - Ki Hajar Dewantara


Tahun ini anak sulung saya lulus SMK. Sejak di kelas dua SMK, anak saya sudah memiliki keinginan untuk melanjutkan ke perguruan tinggi negeri. Meskipun banyak yang meragukan apa bisa dari SMK kuliah di perguruan tinggi terutama perguruan tinggi negeri. Karena biasanya lulusan SMK langsung bekerja. Namun, anak saya tetap bersikukuh untuk meneruskan pendidikan ke perguruan tinggi.


Sebagai orang tua, saya mendukung apapun keinginan anak saya selama keinginannya tersebut baik untuk dirinya dan dapat dipertanggungjawabkan. Sejak anak saya mantap untuk melanjutkan ke perguruan tinggi setelah lulus SMK, kami sekeluarga berdiskusi mengenai perguruan tinggi mana yang akan menjadi tempat Si Sulung melanjutkan pendidikannya selepas SMK.


Anak saya memiliki minat yang tinggi dengan bahasa asing, desain komunikasi visual, ilmu perpustakaan, jurnalis dan hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan. Anak saya memiliki keinginan untuk bisa bekerja di perusahaan startup atau mengajar bahasa asing. Karena itu, kami fokus memilih perguruan tinggi yang sesuai dengan minat bakat Si Sulung. 


Berbeda dengan anak SMA, supaya dapat diterima di perguruan tinggi terbaik, persiapan yang harus dilakukan oleh anak SMK menjadi dua kali lipat lebih berat daripada anak SMA. Kenapa demikian? Karena anak SMK lebih dipersiapkan untuk terjun ke dunia kerja dibanding melanjutkan kuliah. Bobot pelajaran umum yang diterima di SMK pun berbeda dan lebih sedikit dibandingkan dengan anak SMA. Salah satu contohnya, anak SMK tidak menerima pelajaran Sosiologi dan pelajaran ini diujikan di UTBK.  Jadi persiapan secara materi pelajaran pun harus dipersiapkan dengan lebih matang lagi.


Si Sulung harus belajar pelajaran sekolahnya sekaligus pelajaran yang diujikan di UTBK. Karena ada beberapa mata pelajaran yang dijujikan di UTBK tapi tidak diterimanya di SMK. UTBK adalah tes masuk ke perguruan tinggi negeri yang dilaksanakan oleh LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi). Selain harus belajar dua kali lebih banyak dari anak SMA, Si Sulung juga harus aktif mencari informasi seputar perguruan tinggi dan pelaksanaan UTBK.


Tips Memilih Perguruan Tinggi Terbaik Untuk Anak SMK



Si Sulung mempersiapkan diri, belajar persiapan ujian masuk perguruan tinggi 

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih perguruan tinggi terbaik untuk anak SMK, diantaranya adalah:

1. Pilihlah jurusan yang sesuai dengan passion atau minat bakat. Jangan sampai salah memilih jurusan. Hal ini saya tekankan pada Si Sulung, jangan sampai ada penyesalan di kemudian hari;


2. Tentukan perguruan tinggi yang akan menjadi pilihan. Sebaiknya memiliki dua pilihan perguruan tinggi, swasta  dan negeri. Jadi jika tidak diterima di perguruan tinggi negeri, bisa mendaftar di perguruan tinggi swasta. Perguruan tinggi swasta yang dipilih harus disesuaikan dengan kemampuan secara finansial dan tetap utamakan memilih perguruan tinggi dengan akreditasi A;


3. Sebelum memutuskan memilih perguruan tinggi mana yang akan menjadi pilihan, Si Sulung tidak lupa memeriksa fasilitas yang ada di kampus atau perguruan tinggi yang akan dipilihnya. Si Sulung mencari tahu apakah perguruan tinggi tersebut memiliki perpustakaan yang cukup lengkap dan tersedia fasilitas internet. Hal ini dapat dipahami karena di era aktivitas tanpa batas ini, internet sudah menjadi sebuah kebutuhan;


4. Saya sarankan pada Si Sulung untuk memilih perguruan tinggi yang memiliki program Merdeka Belajar - Kampus Merdeka. Tujuannya agar Si Sulung memiliki kompetensi unggul pada saat terjun ke masyarakat selepas lulus kuliah. Kampus Merdeka merupakan bagian dari kebijakan Merdeka Belajar yang dicanangkan oleh Kemendikbud Ristek, Nadiem Makarim pada awal 2020. Program ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengasah kemampuannya sesuai dengan minat dan bakat masing-masing.


Merdeka Belajar - Kampus Merdeka memberikan pengalaman pendidikan yang komprehensif kepada mahasiswa sehingga mereka mempunyai kompetensi unggul dan siap menjawab berbagai kebutuhan masyarakat. Si Sulung memilih Universitas Padjajaran Bandung dan Politeknik Media Jakarta karena kedua perguruan tinggi ini memiliki program Merdeka Belajar - Kampus Merdeka;


5. Sebelum memutuskan untuk memilih perguruan tinggi pilihannya, Si Sulung, saya arahkan untuk mempertimbangkan apakah lokasi kampus tersebut strategis dan mudah dijangkau transportasi umum, apakah perguruan tinggi tersebut memiliki akomodasi yang dapat menunjang perkuliahannya dan jika perguruan tinggi yang dipilihnya jauh dari rumah kami dan terpaksa harus kost, saya sarankan untuk memilih yang sesuai dengan kemampuan keuangan kami termasuk biaya hidup sehari-hari;


6. Saya selalu mengingatkan Si Sulung untuk tidak ikut-ikutan teman. Jurusan dan perguruan tinggi yang dipilihnya harus yang sesuai dengan minat bakat dan kemampuannya. Karena saya meyakini apapun jika dilakukan sepenuh hati, hasilnya akan baik dan tidak mengecewakan.


Selain keenam tips diatas, untuk membantu mempersiapkan Si Sulung agar bisa lulus ujian seleksi perguruan tinggi, saya menganjurkan agar Si Sulung ikut bimbingan belajar khusus persiapan tes ujian masuk perguruan tinggi. Si Sulung memilih bimbel online agar bisa belajar lebih fleksibel. Alhamdulillah di rumah kami sudah cukup lama menggunakan IndiHome dari TelkomGroup. IndiHome dapat mengakomodir kebutuhan internet keluarga kami dengan cukup baik.


IndiHome adalah internet keluarga Indonesia dengan jaringannya yang cukup luas. Di masa pandemi korona, internet menyatukan keluarga. Membuat komunikasi tetap lancar meskipun diterapkannya pembatasan kegiatan oleh pemerintah sebagai upaya mengendalikan penyebaran virus korona.


IndiHome membantu aktivitas digital keluarga saya dapat berjalan dengan baik dan tanpa kendala termasuk memenuhi kebutuhan internet selama Si Sulung mengikuti bimbingan belajar online. IndiHome, internetnya keluarga Indonesia.


IndiHome, internetnya keluarga Indonesia


Read more

Kamis, 19 Mei 2022

Bakmitopia Kini Hadir di Mall AEON Tanjung Barat

Bakmitopia, makan kenyang dan senang

 "A Bowl of noodle is a one love of all seasons"  - Bakmitopia


Yess..bagi pecinta bakmi seperti saya, semangkuk bakmi berarti cinta sepanjang musim. Semangkuk bakmi selalu sukses mengembalikan mood saya yang tadinya "bad" menjadi "good". Semangkuk bakmi bisa menjadi terapi healing untuk saya. Yups seperti itulah ikatan yang terjalin antara saya dan bakmi hahaha.


Saya dan bakmi memiliki hubungan yang bisa dibilang tidak biasa. Saat anak-anak lainnya makan nasi beserta lauk pauk sebagai makanan sehari-hari. Tidak dengan saya. Saya jarang sekali makan nasi dan hampir setiap hari makan bakmi telur lengkap dengan lauk pauk, bukan mie instan yah. Anehnya saya tidak begitu suka dengan mie instan. Hanya sesekali saja, itu pun sangat jarang. Tapi saya tidak bisa lepas dari berbagai olahan mie telur dan bakmi ayam. Khusus untuk yang terakhir saya sebutkan, sampai tergila-gila saya dibuatnya. Seminggu bisa 4 hingga 5 kali saya makan bakmi ayam dan ini berlangsung sampai hari ini. Dan nasi masih menjadi pilihan terakhir saya. Selalu wkwkwk.


Orang-orang yang telah lama mengenal saya terlebih orang-orang terdekat saya, sudah hafal betul kalau saya bakmi lover. Disetiap kesempatan kalau ada pilihan bakmi, saya pasti pilih bakmi. Diantara warung atau restoran yang menyajikan bakmi, ada beberapa yang menjadi favorit saya. Salah satunya Bakmitopia. Kenapa saya pilih Bakmitopia? Rasanya enak, sering ada promo jika beli melalui aplikasi online, banyak variannya dan terbilang unik.


Kelezatan semangkuk bakmi Bakmitopia bikin hari makin menyenangkan dan ceria

Dimana lagi saya bisa menemukan semangkuk bakmi yamin dengan toping kulit ayam yang digoreng crispy? Ya hanya di Bakmitopia aja. Atau bakmi sehat yang terbuat dari sari buah bit atau bakmi hitam yang terbuat dari bubuk arang. Ada juga bakmi hijau yang terbuat dari bubuk matcha. Semua varian tersebut hanya bisa dijumpai di Bakmitopia. Dan sekarang Bakmitopia hadir lebih dekat dari rumah saya. Yoiii Bakmitopia kini hadir di Mall AEON Tanjung Barat. Ibarat kata tinggal ngesot langsung sampai saya ke gerai Bakmitopia Mall AEON Tanjung Barat hahaha.


Salah satu favorit saya di Bakmitopia, Bakmi Yamin Krispi Kulit Ayam


Kenapa Harus Bakmitopia?


Selain alasan yang sudah saya sebutkan tadi, Bakmitopia selalu memiliki terobosan dan inovasi baru dalam dunia perbakmi-an. Bakmitopia, sejauh pengetahuan saya ya, adalah satu-satunya restoran bakmi yang memperkenalkan aneka sajian bakmi nusantara yang dimodifikasi sehingga rasanya menjadi lebih familiar di lidah penikmat bakmi. 


Bakmitopia dibuat dengan resep sendiri, secara higienis dan telah mengantongi sertifikat halal MUI, CHSE dan sertifikat Laik Sehat dari dinas kesehatan. Karena dibuat secara higienis dan menggunakan bahan berkualitas tinggi, tidaklah mengherankan jika bakmi Bakmitopia memiliki rasa kenyal dan tekstur yang berbeda dari bakmi lainnya.


Sertifikat Halal MUI, CHSE dan Laik Sehat Bakmitopia

Bakmitopia menggunakan bahan makanan yang berkualitas, terjamin bersih, aman dan tentunya halal. Masyarakat masih banyak yang berpikir kalau "halal" itu hanya mencakup "no pork,no lard" saja tetapi sebenarnya lebih dari itu. Dengan mengantongi sertifikat halal MUI, Bakmitopia telah berkomitmen jangka panjang untuk memastikan bahwa semua produknya halal, layak, baik dikonsumsi manusia terutama umat Muslim dari mulai penggunaan bahan, pengolahan hingga penyajian termasuk memastikan semua bahan dasar yang berasal dari supplier wajib dipastikan halal. Sertifikasi halal MUI, Laik Sehat dan CHSE menjamin semua produk Bakmitopia terjaga kebersihan dan kebaikannya untuk dikonsumsi.


Hingga hari ini, Bakmitopia telah memiliki 46 gerai yang tersebar di Jabodetabek dan Bandung. Cukup banyaknya gerai yang dimiliki Bakmitopia memudahkan saya untuk menikmati kelezatan aneka hidangan bakmi. Oh ya FYI, Bakmitopia tidak hanya menyajikan hidangan berbagai varian bakmi saja tapi ada aneka nasi, minuman segar dan aneka side dish. 


Bakmitopia memiliki sekitar 40 jenis menu, cukup lengkap dan variatif, bukan?! Untuk side dish favorit saya, jatuh pada kulit ayam crispy dan siomay. Rasanya beuuuuh, kriuk gurih kulit ayam berpadu dengan saus sambal. Kulit ayam crispynya langsung digoreng di dapur resto jadi kesegarannya terjamin. Siomaynya juga nggak kalah bikin ngiler. Lembut dan gurih. Cobain sendiri ajalah daripada ngeces terus, Bestie xixixi.


Jujurly, saya belum pernah coba sih hidangan nasi Bakmitopia tapi beberapa teman saya sudah mencobanya. Menurut mereka, di antara hidangan aneka nasi yang disajikan Bakmitopia, pilihan terbaiknya jatuh pada nasi ayam kecombrang. Mantap kecombrangnya berpadu dengan nasi putih yang pulen dengan bumbu khas Bakmitopia. Hmmm jangan bilang kalian meneteskan air liur karena membayangkan kelezatannya ya? Hihihi.


Nasi Ayam Kecombrang Bakmitopia

Satu lagi kelebihan yang dimiliki Bakmitopia, khususnya kelebihan yang dimiliki oleh gerai Bakmitopia yaitu WIFI-nya yang terkenal kenceng, no lemot lemot club. Pokoknya asik banget kerja, ketemu klien sampai ghibah manja berjamaah bareng teman di Bakmitopia. Bisa dibilang Bakmitopia ini paket lengkap, makanannya enak, fasilitasnya oke dan harganya terjangkau. Untuk cekrak cekrek centil pun mendukung banget Bakmitopia ini. Tuh coba gimana nggak datang lagi dan lagi ke Bakmitopia??


Promo Opening Bakmitopia Mall AEON Tanjung Barat


Gerai ke-46 Bakmitopia Mall AEON Tanjung Barat, Jakarta Selatan

Tanggal 29 April 2022 yang lalu, Bakmitopia membuka gerainya yang ke-46 di Mall AEON Tanjung Barat, Jakarta Selatan. Terletak di lantai 3, persis berada di seberang atau depan Guardian. Lokasinya strategis hingga mudah dicari. Sedikit informasi nih karena gerai Bakmitopia Mall AEON Tanjung Barat baru soft opening, maka hidangan yang disajikan tidaklah selengkap gerai Bakmitopia lainnya yang telah lebih dulu beroperasi.


But, don't worry be happy Bestie meski menunya masih terbatas tapi ada yang spesial dari gerai ke-46 Bakmitopia ini. Ada promo opening yaitu promo kenyang senang. Ya gimana nggak senang dan kenyang Bestie kalau dengan 20 ribu rupiah sudah mendapatkan seporsi hidangan lezat dan dijamin bisa jadi obat lapar yang mujarab.


Gerai Bakmitopia Mall AEON Tanjung Barat now open, Promo Kenyang Senang

Promo Kenyang Senang terdiri dari 3 pilihan yaitu Nasi Ayam Kecombrang, Bakmi Yamin Krispi Kulit Ayam dan Bakmi Spesial. Nggak sampai sini saja Bestie, hanya dengan menambah sebesar 13636 rupiah saja, kalian bisa mendapatkan seporsi siomay atau gyoza atau seafood dumpling. Promo Kenyang Senang ini hanya berlaku untuk makan di tempat saja ya Bestie. Nggak bisa untuk dibawa pulang. Pas banget nih untuk kalian yang ingin ghibah berjamaah sambil makan makan manja bareng sahabat atau bareng gebetan juga bisa.


Menu yang bisa dipilih di Promo Kenyang Senang Bakmitopia Mall AEON Tanjung Barat

Sama dengan gerai Bakmitopia lainnya, gerai Bakmitopia di Mall AEON Tanjung Barat ini juga dilengkapi dengan WIFI dan bernuansa tosca. Warna tosca ini dipercaya sebagai lambang keceriaan. Konon katanya begitu, Bestie. Bakmitopia AEON Tanjung Barat dapat menampung maksimal 100 orang. Cukup sebagai tempat arisan atau kumpul bareng keluarga dan orang tersayang.


Area outdoor Bakmitopia Mall AEON Tanjung Barat (foto : Mas Putra)

Diantara tiga menu yang bisa dipilih di Promo Kenyang Senang, rekomendasi saya jatuh pada Bakmi Yamin Krispi Kulit Ayam. Saya suka sekali dengan perpaduan rasanya. Manis gurih berpadu dengan renyahnya kulit ayam. Toping ayamnya pun tidak pelit. 20 ribu rupiah dijamin kenyang. Dan untuk promo ini tidak dibatasi jumlah pembeliannya yah. Bisa membeli berapapun asalkan makan di tempat, tidak dibawa pulang.


Jika tidak suka dengan rasa manis, kalian bisa memilih menu aneka bakmi dengan cita rasa pedas. Ada Bakmi Aceh dan Bakmi Tomyam. Atau mau coba aneka hidangan nasi juga boleh. Tidak kalah lezatnya. Oh ya jangan lupa cobain juga Es Campur Bakmitopia. Juara banget ini sih. Es yang diserut berpadu dengan manisnya sirup seperti manisnya senyum si dia, beuuuh ditambah dengan irisan nangka, cincau hitam, alpukat dan kelapa muda. Kesegarannya mampu menghempaskan kegalauan karena menanti kepastian hubungan dengan si dia wkwkwk.


Kesegaran Es Campur Bakmitopia

Duh sepertinya akhir pekan ini, saya akan boyong kedua anak saya, ke-6 ponakan saya beserta ibu-ibunya untuk makan siang bersama di Bakmitopia Mall AEON Tanjung Barat. Mumpung masih ada Promo Kenyang Senang, Bestie. Mayan banget soalnya, dua puluh ribu sudah bisa kenyang. Kalian kapan nih mau ke Bakmitopia Mall AEON Tanjung Barat?

Bakmitopia, Life, Love and Eat

Bakmi Aceh, Bakmi Tomyam, Bakmi Yamin Krispi Kulit Ayam dan Es Campur membuat hidup semakin ceria. Bakmitopia aja




 

Read more

Kamis, 12 Mei 2022

Dua Masker Scarlett Whitening Terbaru, Mana yang Jadi Pilihanmu?


Dua masker Scarlett Whitening terbaru, mana yang jadi pilihanmu? 

Scarlett Whitening saat ini menjadi salah satu brand skincare yang banyak digandrungi oleh masyarakat Indonesia. Produk skincare ini dapat digunakan oleh pria dan wanita dari usia 13 tahun ke atas. Rangkaian produknya pun bisa dibilang cukup lengkap, face care dan body care. Saya sendiri merupakan salah satu pengguna rangkaian produk Scarlett, baik itu face care maupun body care. Terutama rangkaian produk Scarlett face care, saya gunakan semua kecuali produk terbarunya yaitu masker whitening.


Saya suka sekali dengan rangkaian produk face care Scarlett Brightly Whitening, cocok diaplikasikan pada kulit wajah saya. Membuat kulit wajah saya terlihat lebih cerah dan lembab. Seperti yang tadi sudah saya katakan ,belum lama ini, Scarlett Whitening menghadirkan produk baru yaitu masker whitening. Penasaran banget saya dibuatnya. Ada yang sudah mencobanya? Diantara dua masker Scarlett Whitening terbaru ini, mana yang jadi pilihanmu, Bestie?


Dua masker Scarlett Whitening yang belum lama ini hadir adalah Scarlett Herbalism Mugwort Mask dan Seriously Soothing & Hydrating Gel Mask. Sebelum dua masker Scarlett Whitening ini hadir, saya menggunakan masker wajah dari produk skincare lain dan belum memuaskan hasilnya. Karena itu saya semangat sekali untuk mencoba masker Scarlett Whitening meski belum tentu varian mana yang cocok untuk kulit wajah saya.


Dua Produk Masker Scarlett Whitening Terbaru, Kamu Pilih yang Mana?


Sebelum kita bahas lebih lanjut lagi seputar dua produk Masker Scarlett Whitening, alangkah baiknya kita mengenal lebih dulu kandungan apa saja yang ada dalam masker Scarlett Whitening tersebut serta manfaat apa saja yang terkandung di dalamnya. Scarlett Herbalism Mugwort Mask dan Seriously Soothing & Hydrating Gel Mask memiliki manfaat yang berbeda untuk kulit wajah sesuai dengan kandungan yang terdapat di dalamnya. Kedua masker ini sama-sama memiliki berat 100 gr dan berada dalam wadah beling.


Scarlett Herbalism Mugwort Mask

Bahan-bahan yang terkandung dalam Scarlett Herbalism Mugwort Mask adalah mugwort extract, vitamin C, glutathione, niacinamide, bamboo charcoal, allantoin, chlorophyllin dan green tea powder. Dan bahan-bahan yang terkandung dalam Scarlett Herbalism Mugwort Mask memiliki manfaat diantaranya adalah:

- Mugwort Extract kaya akan Vitamin E sehingga membantu menghidrasi 

dan menenangkan kulit;


- Mugwort juga berfungsi sebagai anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan peradangan pada kulit berjerawat;


- Vitamin C membantu mengurangi kemerahan yang diakibatkan paparan sinar UV-B, menyamarkan hiperpigmentasi sehingga dapat mencerahkan kulit, mengurangi tanda-tanda penuaan serta dapat melawan radikal bebas;


- Glutathione membantu kulit wajah menjadi lebih cerah dan lembab;


- Niacinamide membantu merawat kulit berjerawat dan iritasi, mampu menyamarkan pori-pori, mengatur produksi minyak pada wajah dan memudarkan bekas jerawat;


- Bamboo Charcoal membantu menyerap minyak berlebih dan berfungsi sebagai natural exfoliator yang mampu mengangkat sel kulit mati pada permukaan kulit serta membersihkan pori-pori sehingga wajah menjadi lebih cerah;


- Chlorophyllin berfungsi sebagai anti inflamasi dan anti bakteri yang dapat membantu mengurangi peradangan dan memperlambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat;


- Green Tea Powder membantu mengurangi tanda-tanda penuaan kulit dan sifat antioksidan pada Green Tea dapat membantu melawan radikal bebas serta cocok digunakan oleh kulit berminyak dan berjerawat karena membantu untuk mengurangi kadar minyak dan melawan bakteri penyebab jerawat;


- Allantoin membantu untuk menghidrasi kulit, mempercepat penyembuhan luka dan menghaluskan kulit;


- Enkapsulasi Salicylate adalah Salicylic Acid yang di enkapsulasi sehingga lebih mudah masuk ke pori-pori. Salicylic Acid berfungsi untuk membantu mengontrol minyak berlebih dan merawat kulit berjerawat;


- Galactosyl Salicylate antiseborrheic yang sifatnya melembapkan sehingga wajah tidak terasa kering saat menggunakan Herbalism Mugwort Mask.


Scarlett Herbalism Mugwort Mask diklaim ampuh untuk membantu mengatasi bekas jerawat dan mencegah jerawat datang kembali. Cenderung cocok digunakan untuk kulit berminyak, rentan berjerawat, kulit sensitif, kulit normal, kering dan kulit kombinasi. Produk ini aman digunakan untuk ibu hamil dan menyusui namun dianjurkan untuk konsultasi dulu dengan dokter sebelum pemakaian.


Sementara itu, Scarlett Seriously Soothing & Hydrating Gel Mask memiliki kandungan Niacinamide, Vitamin C, Grapefruit Water, Seven Berry Extract, Ginseng Extract, Centella Asiatica, Rose Flower Water, Allantoin yang bermanfaat untuk kulit wajah. Beberapa manfaat yang terkandung dalam Scarlett Seriously Soothing & Hydrating Gel Mask, yaitu:

- Mengandung Seven Berry Extract,yaitu Blackberry membantu menghidrasi kulit,Blackcurrant membantu meredakan peradangan,Blueberry kaya akan antioksidan untuk membantu melawan radikal bebas, Raspberry membantu meningkatkan produksi kolagen,Cranberry membantu mencerahkan dan membuat kulit tampak lebih bersinar, Acai Berry membantu mencegah tanda-tanda penuaan dini, Strawberry membantu mengangkat sel-sel kulit mati sehingga dapat membantu mencerahkan kulit;


- Ginseng Extract membantu meningkatkan produksi kolagen sehingga dapat mencegah terjadinya tanda-tanda penuaan, mampu menyeimbangkan kadar minyak pada kulit dan memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu kemerahan dan pembengkakan;


- Allantoin membantu untuk menghidrasi kulit, mempercepat penyembuhan luka dan menghaluskan kulit;

Centella Asiatica Extract membantu melawan efek buruk akibat radikal 

bebas,mempercepat penyembuhan luka, membantu menenangkan dan menghidrasi kulit, mampu meningkatkan produksi kolagen serta

membantu mengatasi kulit kering, kemerahan dan iritasi;


- Grape Water membantu menjaga kulit agar tetap terhidrasi;


- Rose Water membantu menenangkan dan mengurangi peradangan pada kulit serta menyamarkan pori-pori;


- Vitamin C membantu mengurangi kemerahan yang diakibatkan paparan sinar UV-B, menyamarkan hiperpigmentasi sehingga dapat mencerahkan kulit, 


- mengurangi tanda-tanda penuaan serta dapat melawan radikal bebas;


- Niacinamide membantu mengurangi peradangan pada jerawat dan iritasi, mampu menyamarkan pori-pori, mengatur produksi minyak pada wajah dan memudarkan bekas-bekas jerawat;


- Watermelon Extract mengandung vitamin A, C, dan Lycopene yang mampu menangkal radikal bebas, membantu mencegah garis-garis halus di kulit, dan jerawat. Kandungan air tinggi pada buah semangka dapat berperan menjadi pelembab alami untuk menjaga kelembaban kulit;


- Sea Cucumber mengandung peptide dan linoleic acid. Peptide ini mengandung kolagen yang fungsinya untuk membantu menjaga dan memperbaiki kulit rusak. Kandungan linoleic acid pada sea cucumber yang berperan sebagai antioksidan;


- Rosa Gallica sumber yang kaya akan vitamin C, Rosa Gallica petals membuat kulit tampak lebih bercahaya.


Itulah kandungan dan manfaat yang terdapat pada dua masker Scarlett Whitening terbaru. Bagaimana hasilnya setelah saya mencoba produk face mask Scarlett Whitening terbaru ini? Kira-kira mana yah yang jadi pilihan saya? Simak terus yah, Bestie.


Scarlett Seriously Soothing & Hydrating Gel Mask


Review Pemakaian Scarlett Herbalism Mugwort Mask dan Seriously Soothing & Hydrating Gel Mask


Pertama kali coba Scarlett Herbalism Mugwort Mask, saya pikir facemask ini masuk dalam kategori clay mask tapi setelah mencobanya sendiri, facemask ini lebih ke gel mask karena tidak cepat kering dan terasa kurang menyerap minyak. Teksturnya creamy lembut saat diaplikasikan pada wajah. 5 hingga 8 menit awal pemakaian, terasa dingin di kulit wajah namun setelah itu terasa panas cekit-cekit. Karena semakin terasa panas, akhirnya saya bersihkan dan wajah merah sekali seperti kepiting rebus. 


Tadinya saya pikir mungkin tidak cocok untuk kulit wajah saya tapi beberapa saat kemudian kulit wajah saya terasa lebih halus, bersih dan lembab. Pada pemakaian kedua, saya aplikasikan tipis tipis pada kulit wajah. Masih terasa cekit cekit sedikit tapi tidak separah pemakaian awal. Saya sudah menggunakan Scarlett Herbalism Mugwort Mask selama 3 kali pemakaian dan ketika pemakaian yang ketiga, kulit wajah saya terasa panas dan gatal. Saya pun menyimpulkan sepertinya kulit wajah saya kurang cocok dengan produk masker Scarlett Whitening yang satu ini. 


Selain rasa panas, gatal dan memerah, esokannya muncul jerawat dan bintik-bintik kecil. Saya pun memutuskan untuk tidak lagi menggunakan Scarlett Herbalism Mugwort Mask. Dan saat ini saya sudah beralih menggunakan Scarlett Seriously Soothing & Hydrating Gel Mask. Sejauh ini hasilnya cukup memuaskan. Berbeda saat mengaplikasikan Scarlett Seriously Soothing & Hydrating Gel Mask, saya tidak merasakan panas cekit cekit pada kulit wajah. Tapi rasa adem dan menyejukkan. Meskipun tidak ada sensasi kulit wajah terasa kencang tapi saya merasa kulit wajah terasa ringan, lebih lembut dan kenyal.


Scarlett Herbalism Mugwort Mask bisa memberikan efek berbeda untuk setiap penggunanya

Anak saya yang berusia 17 tahun pun ikut mencoba menggunakan face mask Scarlett Whitening. Dia mencoba Scarlett Herbalism Mugwort Mask. Berbeda dengan yang saya alami, anak saya yang memiliki kulit wajah berjerawat dan berminyak, merasakan sensasi adem dan menenangkan saat mengaplikasikan Scarlett Herbalism Mugwort Mask. 


Anak saya tidak mengalami rasa sedikit panas ataupun cekit cekit saat menggunakan Scarlett Herbalism Mugwort Mask, area wajah yang diaplikasikan masker pun tidak merah-merah seperti kepiting rebus. Biasa saja malahan jerawatnya cepat kempes dan mengering. Wajah anak saya terlihat lebih bersih, cerah dan jerawatnya berkurang. Dari sini saya menyimpulkan bahwa efek Scarlett Herbalism Mugwort Mask pada masing-masing orang dapat berbeda tergantung kondisi kulit wajahnya. 


Yah seperti yang sering sekali saya katakan pada anak saya saat dia ingin mencoba produk skincare terbaru, hasil rangkaian produk skincare itu tidaklah sama, cocok-cocokan tergantung pada kulit wajah masing-masing. Begitu juga dengan Scarlett Herbalism Mugwort Mask ini. Hasilnya bagus untuk anak saya tapi tidak untuk kulit wajah saya.


Wajar saja sih seperti itu dan saya tetap memilih rangkaian produk face care Scarlett Whitening termasuk facemask ini. Saya merasa tenang menggunakan face mask Scarlett Whitening karena telah teruji bebas merkuri dan hydroquinone, terdaftar di BPOM dan telah terbukti aman digunakan. Kita pun dapat memeriksa keaslian produk Scarlett Whitening dengan membuka link Scarlett Whitening Verification. Isi data yang diminta lalu masukan kode di bawah barcode yang terdapat pada produk untuk cek kode serinya.


Sudah cukup lama saya menggunakan rangkaian produk Scarlett Whitening dan sejauh ini belum pernah dibuat kecewa. Saya biasa memesan produk Scarlett Whitening di market resmi Scarlett Whitening  dan produk saya terima dalam kondisi baik tidak kurang satu apapun. Dan sepertinya saya akan tetap menggunakan rangkaian produk Scarlett Whitening termasuk face masknya. Saya pribadi lebih memilih Scarlett Seriously Soothing & Hydrating Gel Mask karena cocok dan menunjukkan hasil memuaskan untuk kulit wajah saya. Kalau kalian pilih mana, Bestie?


Masker Scarlett Whitening mana yang jadi pilihanmu?














Read more

Rabu, 11 Mei 2022

Self Love dan Self Care Tanpa Boros, Ini Caranya

Self love dan Self Care tanpa boros, ini caranya


Acap kali kita sibuk mencintai orang lain sehingga mengabaikan diri sendiri. Padahal salah satu kunci untuk dapat hidup bahagia sekaligus menjaga agar mental tetap sehat adalah dengan "self love" dan "self care". Self love diartikan sebagai menerima dan mencintai diri sendiri sedangkan self care lebih mengarah pada bagaimana merawat diri sendiri, peduli pada diri sendiri. Self love dan self care ini cukup penting bagi kesehatan mental kita. Tapi jangan sampai juga dengan dalih self love dan self care membuat kebablasan dan berujung boros. Kita tetap bisa self love dan self care tanpa boros, ini caranya.


Self love dan self care dapat kita lakukan tanpa berujung menyusahkan diri sendiri seperti menjadi boros. Self care dapat diwujudkan dengan menerapkan berbagai hal yang bermanfaat untuk diri sendiri sebagai bentuk perawatan terhadap diri sendiri. Self love dan self care merupakan bentuk dari menghargai diri sendiri dan merupakan cara kita mengenali diri sendiri.


Bukan berarti kita menjadi egois jika mencintai dan merawat diri sendiri. Cukup banyak orang yang lupa untuk self love dan self care pada dirinya sendiri, sibuk mencintai dan merawat orang lain lalu kemudian berakhir kecewa. Self love dan self care bukan berarti egois melainkan ungkapan rasa syukur dan terimakasih pada Tuhan atas keberadaan diri kita.


Terkait dengan self love dan self care, pada tanggal 21 April 2022 kemarin, tepat pada hari Kartini, FWD Insurance mengadakan acara FWD Bebas Berbagi. Mungkin masih ada yang baru dengar FWD Insurance, sedikit saya infokan ya. FWD Insurance adalah salah satu perusahaan asuransi yang memiliki produk andalan berupa asuransi kesehatan dan asuransi jiwa. FWD Insurance memiliki banyak nasabah atau pelanggan yang tersebar di tanah air. FWD Insurance memiliki berbagai program dengan berbagai manfaat salah satunya adalah program FWD Bebas Berbagi.


FWD Bebas Berbagi yang diadakan tepat pada hari Kartini kemarin itu, mengangkat tema : "Pentingnya Self Love dan Self Care Tanpa Harus Boros". Narasumber yang hadir yaitu Muara Makarim, seorang life coach, self love and purpose dan Mada Aryanugraha, seorang financial consultant. Tema yang dibahas dalam FWD Bebas Berbagi sekaligus menjawab pertanyaan self love dan self care tanpa boros, ini caranya.


Seperti yang dijelaskan oleh Muara Makarim, penting untuk menerapkan self love dan self care dalam hidup ini agar dapat hidup dengan baik, bahagia dan berkualitas. Kita harus mengenal diri kita sendiri dan harus tau apa yang paling membuat kita bahagia. Hal-hal apa saja yang penting dan berharga bagi hidup kita. Penting sekali untuk dapat menerapkan self love dan self care untuk menjaga kesehatan mental kita. Tapi kita juga tidak boleh kebablasan dalam menerapkan self love dan self care.


Cara Menikmati Self Love dan Self Care Tanpa Harus Boros



FWD Bebas Berbagi mengupas pentingnya self love dan self care tanpa harus boros. Self love dan self care harus diterapkan agar kita dapat bahagia seutuhnya namun jangan sampai muncul ketidakseimbangan saat berusaha untuk mengapresiasinya. Seperti menjadi boros dengan dalih "self love" dan "self care". Sebentar-sebentar menghabiskan dana yang tak sedikit demi self love dan self care, ini yang tidak seharusnya terjadi.


Self love dan self care tanpa boros, ini caranya. Seperti yang dijelaskan oleh Muara Makarim dan Mada Aryanugraha, penting untuk menerapkan self love dan self care tapi tidak harus boros. Ada beberapa cara yang bisa diterapkan agar dapat menikmati self care dan self love tanpa boros,diantaranya yaitu:

-Harus bisa membedakan dan menentukan mana kebutuhan dan sekedar keinginan yang dapat menjerumuskan ke perbuatan boros;

Tidak masalah jika sekali atau dua kali dalam sebulan pergi ke salon untuk melakukan perawatan sekaligus melepas penat tapi jangan dijadikan sebagai keharusan yang akhirnya menghabiskan tabungan padahal tidak terlalu mendesak untuk melakukan perawatan ke salon;


-Harus bisa menyesuaikan dengan kondisi dan keadaan. Jika pun harus mengeluarkan budget dengan dalih membahagiakan diri sendiri, harus ada dana yang dialokasikan khusus. Sehingga tidak mengganggu tabungan. Sebaiknya tidak mengganggu dana bulanan untuk biaya self love dan self care. Jangan sampai setelah memuaskan diri dengan alasan sebagai reward untuk diri sendiri sebagai bentuk self love dan self care, kita jadi pusing sendiri karena memikirkan berapa banyak uang yang telah dipakai untuk biaya itu semua. Ini konyol namanya;


-Harus dapat mengendalikan diri sendiri agar self love dan self care tidak menjerumuskan diri sendiri seperti berhutang dengan dalih membahagiakan diri sendiri. Salah kaprah ini namanya. Sah-sah saja membahagiakan diri sendiri dengan cara membeli suatu barang yang kita suka tapi harus sesuai kemampuan keuangan kita;


-Self love dan self care tetap dapat dilakukan tanpa harus menghabiskan banyak biaya atau dana. Kita dapat "me time" dengan melakukan hobi atau kesenangan kita. Misalnya menonton televisi seharian tanpa memikirkan pekerjaan atau rutinitas sehari-hari.


Self love dan self care tetap dapat kita lakukan tanpa harus boros. Kuncinya adalah kita harus benar-benar paham dulu apa yang kita inginkan dalam hidup ini dan hal apa yang membuat bahagia. Karena tidak semuanya harus diwujudkan dalam bentuk materi. Mari kita mencintai dan merawat diri sendiri untuk hidup yang lebih baik.


FWD Bebas Berbagi, Pentingnya Self love dan Self Care Tanpa Harus Boros





Read more

Selasa, 10 Mei 2022

Cara Mudah Mengatur Pendapatan Untuk Freelancer Agar Dapat Hidup Nyaman

Freelancer harus dapat mengatur pendapatan agar hidup nyaman

Freelancer atau pekerja lepas menjadi salah satu pekerjaan yang semakin banyak diminati oleh kaum milenial. Terutama yang tidak suka terikat dengan pekerjaan kantoran, rutinitas pergi ke kantor setiap hari dan terikat kontrak kerja. Menurut data Sribulancer pada tahun 2019, jumlah freelancer di Indonesia mengalami kenaikan sejumlah 16% dari tahun sebelumnya. Fleksibilitas dalam waktu dan kebebasan untuk memilih serta mengatur pekerjaan yang diambil, menjadi alasan kenapa menjadi freelancer kian digandrungi oleh anak masa kini.


Menjadi seorang freelancer harus siap dengan resiko jumlah pendapatan yang tidak menentu. Kadang banyak, kadang sedikit. Karena itu penting sekali untuk mengatur pendapatan yang diterima agar dapat hidup nyaman dan tenang. Ada beberapa cara mudah mengatur pendapatan untuk freelancer agar dapat hidup nyaman dan tenang. Dan pendapatan yang diterima bukan hanya sekedar numpang lewat saja.


Cara mudah mengatur pendapatan untuk freelancer agar dapat hidup nyaman, diantaranya yaitu:

1.Membuat rencana pengeluaran tiap bulan

Salah satu hal penting dan mendasar bagi seorang freelancer agar pendapatan yang diterima dapat mencukupi kebutuhan hidupnya dan membuat hidup nyaman adalah dengan membuat rencana pengeluaran setiap bulannya. 


Jumlah pendapatan yang tidak sama yang diterima seorang freelancer harus disikapi dengan cerdas dan membuat rencana keuangan adalah sebuah keharusan. Tanpa perencanaan pengeluaran setiap bulannya, resiko boros akan tinggi disebabkan tidak adanya skala prioritas. Pengeluaran akan efektif dan efisien jika ada rencana sehingga kehabisan uang dapat dihindari terlebih lagi jumlah pendapatan yang diterima seorang freelancer tidak menentu.


Seorang freelancer harus dapat membuat rencana pengeluaran sebijaksana mungkin sesuai dengan kebutuhan dan disiplin dalam menerapkannya agar dapat terhindar dari masalah keuangan. Karena bisa saja bulan berikutnya, jumlah pendapatan yang diterimanya jauh lebih sedikit bahkan bisa saja nol. Dengan adanya rencana pengeluaran sesuai kebutuhan, setidaknya akan mengurangi resiko masalah keuangan.


Setidaknya ada tiga jenis rencana pengeluaran yang harus dibuat yaitu pengeluaran untuk kebutuhan pokok, tabungan dan gaya hidup. Biar bagaimanapun seorang freelancer tetap memerlukan "me time" atau hal-hal yang dapat menyenangkan dirinya agar kesehatan jiwanya tetap terjaga. Seorang freelancer tetap memerlukan biaya untuk memenuhi kebutuhan gaya hidupnya dan ini harus masuk dalam rencana pengeluaran tiap bulannya;


2. Seorang freelancer harus memiliki dana darurat yang cukup besar

Jumlah pendapatan yang tidak menentu setiap bulannya, membuat freelancer memiliki resiko keuangan yang agak riskan terutama jika tidak bisa mengelolanya dengan tepat dan efisien. Prita Ghozie seorang konsultan keuangan ternama negeri ini, menganjurkan agar seorang freelancer memiliki dana darurat sebesar 10 kali dari jumlah pengeluaran tiap bulannya. Hal ini dibutuhkan untuk mengatasi ketidakpastian pendapatan yang diterima oleh seorang freelancer.


Bisa saja bulan ini, tidak ada pendapatan yang masuk karena sepinya pekerjaan atau proyek yang digarap freelancer. Atau mungkin saja bulan ini pendapatan yang diterima banyak tapi bisa jadi bulan depan jauh berkurang bahkan tidak ada sama sekali. Oleh sebab itu, freelancer sebaiknya memiliki dana darurat yang jumlahnya berkali lipat banyaknya dari jumlah pengeluaran tiap bulannya.


Andaikan belum dapat menyisihkan dana darurat yang besar, dapat diakali dengan memperbesar jumlah tabungan tiap bulannya. Sehingga ketika sedang sepi job, seorang freelancer tidak kelabakan dan tetap dapat menikmati hidup dengan nyaman dan tenang;


3. Memiliki target pendapatan setiap bulannya

Seorang freelancer harus memiliki target besaran pendapatan yang diterimanya setiap bulannya. Harus ada pendapatan minimal yang diterima setiap bulannya. Seorang freelancer harus memiliki target dan cara-cara untuk mencapai target pendapatan setiap bulannya.


Target pendapatan setiap bulan ini, dapat diasumsikan sebagai "gaji" yang harus diperoleh freelancer agar bisa memenuhi kebutuhan hidupnya. Dengan memiliki target pendapatan setiap bulannya, seorang freelancer akan terpacu untuk dapat memperoleh pekerjaan atau project setiap bulannya;


4. Memiliki asuransi kesehatan dan asuransi jiwa

Seorang freelancer harus memiliki jaminan kesehatan berupa asuransi kesehatan dan juga asuransi jiwa. Hal ini diperlukan karena manusia tidak akan pernah tau apa yang akan terjadi kedepannya. Contohnya saja pandemi korona yang sedang kita hadapi saat ini. Tidak ada yang menduga bahwa dunia akan mengalami pandemi seperti ini.


Memiliki asuransi kesehatan dan asuransi jiwa akan melindungi freelancer beserta keluarganya. Seperti yang diketahui pendapatan yang diterima seorang freelancer tidak sama setiap bulannya, karena itu harus tepat mengelolanya termasuk menyisihkan untuk asuransi kesehatan dan asuransi jiwa.


Salah satu asuransi yang dapat menjadi pertimbangan adalah FWD Insurance. Asuransi yang telah dipercaya oleh cukup banyak orang di tanah air. FWD Insurance memiliki berbagai jenis produk asuransi yang dapat melindungi freelancer dan keluarganya seperti asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi bebas handal, FWD Cancer Protection, Bebas Rencana dan Bebas Aksi.


Kehidupan seorang freelancer akan menjadi lebih aman dan tenang dengan memiliki asuransi yang dapat melindungi dirinya sendiri dan keluarganya;


5. Seorang freelancer sebaiknya memiliki investasi ataupun belajar berinvestasi

Kemampuan berinvestasi akan mendukung kehidupan freelancer karena investasi dapat menjadi tambahan pendapatannya. Namun harus benar-benar diperhitungkan untung ruginya dalam berinvestasi, harus memahami dengan baik resiko investasi sehingga tidak salah dalam memilih jenis investasi.


Ada beberapa investasi yang dapat dilakukan oleh freelancer, seperti deposito, saham, reksadana dan menabung logam mulia. Investasi harus disesuaikan dengan tujuan keuangan freelancer tersebut dan jangan sampai malah merugi akibat investasi yang dilakukan;


6. Hindari memiliki hutang konsumtif dan utamakan membayar tagihan wajib untuk beberapa kali saat menerima pendapatan yang cukup besar

Untuk menjaga stabilitas keuangan freelancer, sebaiknya hindari berhutang terutama hutang konsumtif. Hutang konsumtif beresiko menjerat freelancer dan membuat hidup menjadi tidak nyaman dan tenang. Sebaiknya saat menerima pendapatan yang lumayan besar, bayar tagihan wajib setiap bulannya selama beberapa kali. Hal ini untuk mengantisipasi jika kedepannya jumlah pendapatan yang diterima mungkin jauh berkurang bahkan bisa saja tidak ada.


Menjadi seorang freelancer harus pintar mengelola pendapatan yang diterima dan tidak boleh terlena ketika menerima pendapatan yang besar. Harus selalu diingat bahwa pendapatan seorang freelancer tidak pasti dan memiliki resiko ketidakstabilan yang cukup tinggi. Oleh sebab itu saat menerima pendapatan yang besar harus dapat dimanfaatkan sebaik mungkin. Dengan melunasi beberapa kali tagihan wajib,beban biaya untuk beberapa saat ke depan akan berkurang. Dan harus cerdik memanfaatkan promo yang ada untuk kenyamanan hidupnya seperti promo lebaran dari FWD Insurance. Mudik nyaman dan aman karena terkendali dengan proteksi diri.


Setidaknya itulah beberapa cara mudah yang dapat dilakukan seorang freelancer dalam mengatur pendapatan yang diterimanya sehingga kehidupannya tetap dapat nyaman dan tenang meski tidak menentu jumlah pendapatan yang diterima setiap bulannya.


Promo lebaran FWD Insurance yang bisa dimanfaatkan oleh freelancer




Read more