Minggu, 24 April 2022

Jelajah Makki Ungu, Perjalanan Petualangan Taklukkan 7 Gunung di Indonesia

Jelajah Makki Ungu, perjalanan petualangan taklukkan 7 gunung di Indonesia (dokumen pribadi)

Indonesia adalah negeri yang sangat indah. Keelokan alamnya tidak perlu diragukan lagi. Wisatawan asing maupun domestik sama-sama tergila-gila dengan pesona alam Indonesia termasuk indahnya alam pegunungan tanah air. Siapa yang sanggup menolak daya tarik Gunung Rinjani di Lombok? Atau Gunung Ciremai di Jawa Barat. Belum lagi Gunung Lawu, Sumbing ataupun gunung-gunung lainnya yang tersebar di wilayah Indonesia. 


Daya tarik pegunungan di Indonesia ini mampu menggerakkan hati Makki Ungu, salah seorang personel Ungu Band untuk mendaki 7 gunung di Indonesia dalam rangka memperingati ulang tahunnya yang ke-50 tahun pada Oktober 2021 lalu. Agak menegangkan yah membayangkan usia 50 tahun melakukan perjalanan dengan sepeda motor lalu mendaki gunung. Usia yang tidak bisa dibilang muda apalagi belia, iya kan?!


Sedikit saya perjelas yah klo Makki Ungu tidak hanya mendaki gunung saja tapi juga berkendara motor menuju lokasi pendakian. Bukan sekadar melakukan pendakian dan riding, Makki Ungu atau pemilik nama Makki Parikesit bersama teamnya, yups Makki tidak sendirian melakukan perjalanan petualangan taklukkan 7 gunung tersebut, mereka juga berbuat untuk alam. 


Makki Ungu bersama team Makki Parikesit Adventure (dokumen pribadi)

Makki Ungu dibantu oleh team yang tergabung dalam Makki Parikesit Adventure. Mereka melakukan berbagai bentuk kepedulian pada alam sekitar, diantaranya pembuatan plang penunjuk di basecamp dan jalur pendakian serta membersihkan sampah yang mereka temui selama pendakian.


Perjalanan petualangan Makki Ungu tersebut dikemas dalam sebuah film semi-dokumenter yang diproduksi oleh Belantara Studio. Film semi-dokumenter ini menarik perhatian NET TV yang kemudian mengemasnya dalam program televisi dengan judul "Jelajah Makki Ungu". Jelajah Makki Ungu telah ditayangkan di NET TV pada 23 April 2022 kemarin jam 22.35. Dan akan tayang kembali pada Sabtu, 30 April 2022 yang akan datang. Kali ini Jelajah Makki Ungu mengangkat seri Ekspedisi Parikesit 7 Saga.


Makki Ungu dan NET TV dalam acara press conference Jelajah Makki Ungu (dokumen pribadi)

Jelajah Makki Ungu adalah kisah perjalanan petualangan seorang Makki Parikesit menaklukkan 7 Gunung di Indonesia. Mengutip perkataan Makki Ungu dalam acara buka puasa sekaligus peluncuran program televisi Jelajah Makki Ungu di NET TV, Makki mengatakan sudah lama menyukai kegiatan adventure dan travelling. Karenanya dia sangat berkesan dengan perjalanan petualangannya menaklukkan 7 gunung di Indonesia.


Makki tampak sangat bersemangat mengisahkan perjalanan petualangannya serta terlihat sangat bangga dapat mengibarkan bendera Makki Parikesit Adventure pada ketujuh puncak gunung yang berhasil ditaklukkannya. Petualangan dan penjelajahan yang dilakukan untuk Ekspedisi Parikesit 7 Saga merupakan perwujudan kecintaan pada pesona alam Indonesia yang memukau, kekayaan kearifan lokal yang sakral yang diharapkan dapat menjadi inspirasi destinasi untuk kalangan milenial penggiat riding (olahraga berkendara) dan hiking.


Makki Ungu mengaku menyukai petualangan dan pendakian sejak masih sekolah dibangku SMP. Sudah cukup lama yah ternyata seorang Makki Parikesit yang familiar sebagai Makki Ungu, menyukai hobi yang menantang selain sebagai seorang musisi papan atas. Perjalanan dan petualangan Makki Ungu dalam Jelajah Makki Ungu seri Ekspedisi Parikesit 7 Saga memakan waktu total 3 bulan dari ekspedisi hingga proses editing selesai.


Jelajah Makki Ungu tayang di NET TV (dokumen pribadi)

Perjalanan dan petualangan yang dilakoni Makki Ungu dan team tersebut dilakukan dengan berkendara motor, turun jalan kaki dilanjutkan dengan hiking menaklukkan 7 gunung di Indonesia. 7 gunung tersebut berada di Pulau Jawa sebanyak 6 gunung dan 1 gunung di Nusa Tenggara Barat. Untuk lama ekspedisinya terhitung satu bulan yaitu dari tanggal 1 hingga 31 Desember 2021.


Ketujuh gunung yang berhasil ditaklukkan oleh Makki Ungu yaitu Gunung Ciremai (Jawa Barat), Gunung Sindoro dan Sumbing di Jawa Tengah, Gunung Lawu di antara perbatasan Jawa Tengah-Jawa Timur, Gunung Arjuna dan Welirang di Jawa Timur serta Gunung Rinjani di Lombok, Nusa Tenggara Barat. 


Makki beserta tim Makki Parikesit Adventure bukan hanya sekadar menikmati keindahan alam tapi juga berinteraksi dengan masyarakat sekitar gunung yang mereka singgahi. Mereka juga melakukan aksi Parikesit Peduli yaitu kegiatan kepedulian terhadap pariwisata, lingkungan dan pendidikan seperti pelatihan manajemen sampah dan fotografi serta pendirian Pojok Pustaka Parikesit.


Program televisi ini telah tayang pada tanggal 23 April 2022 dan mampu menyita perhatian saya sebagai penikmat film semi-dokumenter. Saya terpukau dengan perjalanan dan petualangan Jelajah Makki Ungu, Ekspedisi Parikesit 7 Saga. Tayangan yang diproduksi oleh tim Belantara Studio ini juga sangat menginspirasi saya. Oh ya Jelajah Makki Ungu akan kembali tayang pada Sabtu tanggal 30 April di NET TV pada pukul 22.30 WIB. Don' t Miss It Bestiee…


Keren banget Mas Makki, usia 50 tahun masih sanggup hiking dan riding (dokumen pribadi)


Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar