Selasa, 29 Maret 2022

Dampak Stigma Masyarakat Terhadap Pemulihan Orang Dengan Skizofrenia (ODS)

Dampak stigma masyarakat terhadap pemulihan orang dengan skizofrenia (ODS)

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai dampak stigma negatif masyarakat terhadap pemulihan orang dengan skizofrenia (ODS), ada baiknya kita mengetahui apa itu skizofrenia. dr. I Gusti Rai Wiguna, SpKJ dari KPSI  simpul Bali memaparkan skizofrenia sebagai gangguan otak kronis akibat ketidakseimbangan kimiawi otak.  Skizofrenia ditandai dengan gangguan pola pikir, perilaku dan emosi serta kesulitan menerima realita.


Biasanya ODS tidak menyadari kalau dirinya mengalami gangguan kesehatan jiwa sehingga memerlukan bantuan serta dukungan dari orang terdekatnya. Bantuan tersebut berupa bantuan pengobatan dan terapi. Bantuan pengobatan dan terapi pada ODS akan dapat membuat dirinya pulih sehingga dapat beraktivitas kembali di tengah masyarakat.


Trevisan et al, 2020 menjelaskan jika skizofrenia merupakan jenis gangguan psikotik yang paling sering terjadi. Gangguan kesehatan jiwa ini ditandai dengan adanya delusi atau waham yang aneh, halusinasi, gangguan persepsi, afek abnormal, kekacauan cara berpikir, kekacauan perilaku motorik, kurangnya mengekspresikan emosi dan apatis. ODS sering menunjukkan gejala psikotik seperti merasa mendengar sesuatu hal yang tidak bisa didengar orang lain, merasa ada makhluk lain yang mengawasinya dan bentuk-bentuk halusinasi lainnya. 


Gangguan kesehatan jiwa ini harus secepatnya memperoleh bantuan pengobatan agar bisa kembali pulih. Sayangnya kesadaran dan pemahaman jika ODS dapat pulih dan setelah pulih bisa kembali beraktivitas, masih dirasakan kurang. Stigma negatif yang berkembang dalam masyarakat terhadap skizofrenia membawa dampak buruk terhadap pemulihan ODS. Stigma negatif apa sajakah yang ditujukan pada ODS dan menghambat pemulihannya? Stigma negatif tersebut diantaranya, yaitu: aib,kutukan, kurang iman, guna guna, bodoh , berbahaya dan tidak bisa pulih.


Masalah kesehatan jiwa masih menjadi pekerjaan rumah yang belum selesai bagi pemerintah hingga saat ini. Dan semakin diperparah dengan datangnya pandemi COVID-19. Pandemi global ini membawa dampak buruk baik dari sisi ekonomi maupun kesehatan jiwa (mental).  Gangguan kesehatan jiwa yang paling banyak diidap oleh masyarakat Indonesia adalah skizofrenia.


Stigma yang kuat dari masyarakat terhadap pengidap skizofrenia menjadi salah satu penyebab kenapa penanganan gangguan kesehatan jiwa ini mengalami banyak kendala dan hambatan. Stigma yang berkembang dalam masyarakat berdampak pada pemulihan orang dengan skizofrenia (ODS). Stigma terhadap skizofrenia membawa dampak buruk bagi penderitanya. Di pelosok negeri masih banyak ditemui keluarga yang menyembunyikan keadaan anggota keluarganya yang mengalami gangguan kesehatan jiwa sehingga penanganannya telat karena terlambat ditangani secara medis. Bukan hanya itu diskriminasi dan pengucilan kerap dialami oleh penderita gangguan jiwa termasuk pada orang dengan skizofrenia (ODS). Padahal skizofrenia ini bisa pulih dan bukan penyakit kutukan.


ODS sering dianggap sebagai orang gila dan tidak bisa pulih

Data Kemenkes RI menyatakan bahwa di Indonesia ada kurang lebih 450.000 keluarga yang menderita skizofrenia atau gangguan jiwa jangka panjang. Sementara itu, Riskesdas 2018 menyatakan bahwa lebih dari 19 juta orang yang berusia 15 tahun keatas pernah mengalami gangguan mental emosional dan 12 juta orang mengalami depresi (website Indonesia Sehat). Kedua data tersebut menunjukkan bahwa gangguan kesehatan jiwa termasuk skizofrenia masih menjadi masalah kesehatan cukup besar yang harus dihadapi oleh negeri ini. Ditambah lagi dengan adanya stigma negatif masyarakat terhadap orang dengan gangguan kejiwaan dan adanya anggapan bahwa kesehatan jiwa adalah hal yang tabu untuk dibicarakan semakin menambah kendala dan hambatan dalam penanganan masalah kesehatan jiwa di Indonesia.


Stigma negatif yang berkembang dalam masyarakat terhadap ODS terbentuk dari  kurangnya pemahaman. Sehingga menyebabkan penanganan pada ODS seringkali terlambat dilakukan dan membuat kondisinya kian memburuk. Kuatnya stigma negatif terhadap ODS membuat keluarganya cenderung menyembunyikan dan akhirnya berakhir dengan pemasungan. Stigma negatif ini sangat memengaruhi pemulihan ODS.


Dokter Tun Kurniasih, Sp.KJ seperti dilansir dalam Kompas, 2012 menuturkan skizofrenia masih dianggap sebagai gangguan kejiwaan yang disebabkan karena hal-hal yang berhubungan dengan magic, spiritual, kena guna-guna hingga banyak yang membawa ODS ke dukun atau ke kiai untuk diruqyah, bukan membawanya ke rumah sakit atau ahli jiwa agar bisa diobati secepatnya. Belum banyak yang paham jika skizofrenia adalah penyakit yang harus diobati secara medis, bukan dengan doa semata.


Sementara itu adanya stigma negatif yang beranggapan jika ODS merupakan sebuah aib yang harus ditutupi menyebabkan keluarga ODS memilih untuk menyembunyikannya dan tidak membawanya ke rumah sakit untuk memperoleh bantuan pengobatan. Keluarga merasa malu memiliki anggota keluarga yang mengidap skizofrenia. Hal ini membuat ODS kehilangan dukungan sosial dan kian memperburuk kondisinya sehingga tidak dapat beraktivitas seperti biasa. ODS menjadi terkucilkan dan tidak bisa pulih kembali.


Sudah saatnya stigma negatif terhadap ODS dihancurkan agar ODS dapat memperoleh bantuan pengobatan sedini mungkin. Selain itu, dukungan juga sangat diperlukan dalam proses pemulihan orang dengan skizofrenia. ODS berhak untuk memperoleh kehidupan yang lebih baik dan bisa berdaya kembali dalam masyarakat.


Edukasi mengenai penanganan ODS harus lebih sering dilakukan oleh pihak terkait agar masyarakat memahami bahwa ODS perlu pengobatan medis dan dukungan supaya bisa kembali pulih. Bukan malah disembunyikan, dikucilkan dan dianggap sebagai manusia yang tidak berguna. ODS hanya bisa dipulihkan dengan bantuan obat-obatan medis dan ahli jiwa, bukan dukun atau pengobatan alternatif.


ODS bisa pulih dan hidup normal seperti biasa


Read more

Sabtu, 26 Maret 2022

Cara Memilih Gendongan Bayi yang Aman, Nyaman dan Tepat

Anak anugerah terbesar dari Tuhan

Memiliki anak adalah anugerah terbesar yang diberikan oleh Yang Maha Kuasa. Bagi seorang ibu baru, kehadiran bayi mungil di tengah hidupnya membuat pikiran dan perasaannya campur aduk. Ada bahagia, takut, senang, khawatir jadi satu. Hal itulah yang saya rasakan 18 tahun yang lalu saat memiliki anak untuk pertama kali. Diantara perasaan bahagia, tersempil beberapa kekhawatiran apakah saya bisa menjadi seorang ibu yang baik, apakah anak saya akan bisa tumbuh baik dan merasa nyaman serta kecemasan-kecemasan lainnya. Berbagai kekhawatiran tersebut yang mendorong saya untuk memberikan yang terbaik untuk buah hati tercinta. Termasuk dalam hal memilih gendongan.


Khusus untuk gendongan, sebenarnya hal itu menjadi salah satu masalah yang muncul dan harus saya hadapi. Saya seringkali merasa tidak nyaman saat menggendong bayi. Pundak terasa pegal dan sakit. Saya merasa kesulitan pada saat harus menggendong si kecil. Terlebih lagi 18 tahun lalu, jenis gendongan tidaklah sebanyak sekarang dan pengetahuan saya yang minim perihal cara dan tips memilih gendongan bayi yang aman, nyaman dan tepat membuat saya bingung harus bagaimana.


Saya saat menggendong si kecil

Bersyukur sekali saya memiliki teman yang paham perihal cara memilih gendongan bayi yang aman, nyaman dan tepat, baik untuk si ibu maupun bayi yang berada dalam gendongan. Teman saya ini cukup banyak memberi masukan mengenai cara memilih gendongan bayi sehingga saya merasa terbantu. Tadinya hampir saja saya menyerah dan ingin menggunakan jasa baby sitter supaya saya tidak lagi kesulitan menggendong. Untung saja hal tersebut tidak jadi saya lakukan karena menggendong bayi dapat meningkatkan bonding antara saya dan si kecil.


Selain dapat meningkatkan bonding antara ibu dan bayi, menurut beberapa penelitian, menggendong bayi dapat membantu perkembangan otak dan tubuh bayi menjadi lebih baik. Terlebih lagi saat digendong, si bayi diajak berbicara dan berkomunikasi oleh orangtuanya, perkembangan bicaranya akan lebih baik dan lebih cepat dibandingkan bayi yang jarang digendong dan berinteraksi dengan orangtuanya.


Menggendong bayi juga dapat memberikan rasa nyaman dan aman pada bayi karena ia akan merasa terlindungi. Bayi yang sering digendong akan merasa dibesarkan dengan penuh cinta, diperhatikan dan berharga. Selain bermanfaat untuk bayi, menggendong bayi juga dapat mengurangi kecemasan dan stress yang dirasakan oleh si ibu. Kontak kulit antara ibu dan bayi diyakini dapat menurunkan tingkat stress ibu (dikutip dari laman American Academy of Pediatrics). Karena itulah ibu yang baru memiliki anak sebaiknya sering menggendong buah hatinya.


Beberapa Cara Memilih Gendongan Bayi yang Aman, Nyaman dan Tepat


Dalam memilih gendongan bayi yang aman, nyaman dan tepat, ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan. Inilah beberapa cara memilih gendongan bayi yang aman, nyaman dan tepat, diantaranya adalah:

1. Pertimbangkan berapa lama gendongan tersebut akan digunakan. Apakah akan digunakan untuk waktu yang pendek saja atau apakah akan dipakai jangka panjang;


2. Gendongan bayi yang dipilih harus disesuaikan dengan umur dan berat badan si kecil. Bukan hanya itu, gendongan juga harus disesuaikan dengan ukuran tubuh si penggendong. Lebih baik memilih gendongan bayi dengan ukuran dan pengait yang bisa disesuaikan. Jadi apapun ukuran tubuh si penggendong, gendongan tetap bisa nyaman digunakan;


3. Harus diperhatikan keamanan gendongan bayi dan gendongan tersebut harus nyaman digunakan oleh si penggendong. Dalam hal ini, ibu atau pengasuh bayi;


4. Gendongan bayi harus mampu menopang tubuh si kecil dengan baik yaitu posisi m-shape (kaki bayi menekuk seperti sedang duduk dan tidak menggantung);


5. Harus diperhatikan juga kualitas dari gendongan seperti bahannya harus lembut, nyaman dan mudah menyerap keringat;


6. Gendongan yang dipilih harus mampu menyangga punggung bayi dengan baik dan sebaiknya memilih jenis gendongan yang memudahkan ibu untuk bisa mencium si kecil.


Sebelum memutuskan akan memakai gendongan bayi, sebaiknya mengetahui cara memilih gendongan bayi yang aman, nyaman dan tepat (foto diambil dari web mothercare)

Setelah mengetahui cara memilih gendongan bayi yang aman, nyaman dan tepat untuk bayi, harus pula diketahui macam-macam gendongan bayi

Macam-macam gendongan bayi yang bisa dipilih, diantaranya:

1. Kain gendong atau jarik. Kain jarik berupa lembaran kain batik panjang yang dililitkan pada kedua bahu. Saat ini tersedia pula kain gendong versi kekinian yang familiar disebut stretchy wrap yaitu kain gendong yang terbuat dari campuran katun dan spandex elastis agar bisa melar mengikuti bentuk badan bayi saat digendong;


2. Ring Sling. Gendongan jenis ini memiliki cincin besi yang berfungsi untuk mengatur kekencangan dan panjang pendek tali gendongan. Ring Sling biasanya terbuat dari jenis kain yang tidak mudah melar;


3. Meh Dai. Jenis gendongan yang bentuknya seperti tas ransel namun digunakan di depan. Meh Dai dilengkapi dengan dudukan untuk bayi supaya menghadap bagian depan tubuh ibu;


4. Soft Structured Carrier (SSC). Jenis gendongan ini seperti memakai tas ransel dan dilengkapi dengan pengait atau sistem buckle. Gendongan ini bisa digunakan untuk bayi berusia 4 bulan ke atas atau leher bayi sudah bisa tegak;


5. Geos atau gendongan kaos. Karena terbuat dari bahan kaos,gendongan ini cukup nyaman karena menyerap keringat dan mudah digunakan.


Ibu baru sebaiknya mengetahui macam-macam gendongan bayi dan cara memilih gendongan bayi yang aman, nyaman dan tepat agar dapat menggendong bayi tanpa sakit bahu seperti yang sempat saya alami waktu itu. Dengan mengetahui cara memilih serta macam-macam gendongan bayi, menggendong bayi akan terasa lebih menyenangkan. 


Ada macam-macam gendongan bayi. Salah satunya jenis ring sling ini (foto diambil dari web mothercare)



 

Read more

Senin, 21 Maret 2022

Komunitas Peduli Skizofrenia Indonesia (KPSI), Bentuk Dukungan Untuk ODS dan Keluarganya

ODS (Orang Dengan Skizofrenia) memiliki halusinasi dan emosi yang meledak-ledak (foto diambil dari halodoc)

Pernah dengar ODS? ODS adalah singkatan dari Orang Dengan Skizofrenia. ODS seringkali dianggap berbahaya untuk orang lain karena mereka menunjukkan gejala-gejala berupa emosi yang meledak-ledak dan halusinasi. Anggapan ini tidak sepenuhnya benar. Faktanya, ODS lebih mungkin untuk membahayakan diri mereka sendiri daripada membahayakan orang lain. Bunuh diri menjadi penyebab kematian dini nomor satu di antara orang-orang yang mengidap skizofrenia


ODS dapat pulih dengan pengobatan yang tepat. Setelah kondisinya pulih, mereka dapat kembali hidup "normal" berdampingan dengan orang lain dalam kehidupan sehari-hari. ODS perlu didukung dan dibantu agar kondisinya dapat pulih. Bukan hanya ODS yang harus dipedulikan tapi keluarga ODS pun harus diberikan dukungan. Karena tidak mudah memiliki keluarga yang menderita skizofrenia. 


Skizofrenia adalah penyakit serius yang memengaruhi cara berpikir, merasakan dan bertindak penderitanya. Skizofrenia dikategorikan sebagai gangguan kejiwaan kronis yang membuat penderitanya mengalami kekacauan pikiran dan perubahan sikap. Karena itulah ODS dapat mengalami gejala-gejala berupa halusinasi, delusi, kesulitan untuk konsentrasi, gerakan tubuh yang gelisah dan perasaan yang menurun (sumber : halodoc).


Skizofrenia merupakan gangguan mental yang dapat memengaruhi tingkah laku, emosi dan komunikasi penderitanya. Skizofrenia ini berbeda dengan psikosis meski gejala psikosis dapat muncul pada skizofrenia tapi tidak semua penderita skizofrenia mengalami psikosis. Psikosis yaitu kesulitan membedakan antara kenyataan dengan pikiran yang ada pada dirinya sendiri. Psikosis hanyalah salah satu gejala dari gangguan mental seperti gangguan bipolar, delusi, depresi berat dan skizofrenia ( sumber : halodoc dan website KPSI).


Sementara itu, berdasarkan Riset Kesehatan Dasar Kemenkes RI pada tahun 2018 menyebutkan jika terjadi peningkatan jumlah orang yang mengalami gangguan kejiwaan termasuk skizofrenia. 9,8% dari jumlah populasi penduduk Indonesia mengalami masalah kejiwaan. Masih menurut Riskesdas 2018, 7 dari 1000 keluarga di Indonesia menderita skizofrenia. Dalam laporan Pusat Data dan Informasi Kemenkes pada tahun 2019 menyebutkan bahwa sebagian besar masyarakat masih mempercayai jika gangguan kejiwaan disebabkan oleh hal yang tidak rasional, bersifat magis dan supranatural. Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab kekeliruan dalam penanganan ODS di tanah air sehingga sampai hari ini masih saja ada pasien skizofrenia yang mengalami pemasungan, dikucilkan dan disembunyikan.


Terkait masalah skizofrenia di Indonesia, masih sedikit dukungan dan kepedulian terhadap ODS. Diantara segelintir pihak yang memberikan perhatian pada nasib ODS dan keluarganya adalah Komunitas Peduli Skizofrenia Indonesia (KPSI). Komunitas Peduli Skizofrenia Indonesia (KPSI), merupakan bentuk dukungan untuk ODS dan keluarganya. Komunitas ini telah banyak membantu ODS beserta keluarganya yang berperan sebagai caregiver untuk dapat pulih dan kembali ke masyarakat.


Komunitas Peduli Skizofrenia Indonesia (KPSI), Bentuk Dukungan dan Perhatian Untuk ODS dan Keluarganya



KPSI (Komunitas Peduli Skizofrenia Indonesia) bentuk dukungan dan perhatian untuk ODS dan keluarganya (foto diambil dari website KPSI)

Di Indonesia, ODS terstigma sebagai orang sakit yang tidak bisa diobati dan kembali pulih. Padahal dengan pengobatan yang disiplin dan teratur, ODS akan dapat pulih meski tidak 100%. ODS yang telah pulih akan dapat menjalani kehidupan seperti orang normal lainnya. 


Skizofrenia bukanlah penyakit yang akan diderita sepanjang hayat. Kurangnya edukasi dan ketidaktahuan mengenai skizofrenia membuat cukup banyak ODS telat untuk mendapatkan penanganan medis. Ditambah lagi di Indonesia, masalah gangguan kejiwaan termasuk skizofrenia dianggap sebagai gangguan non medis. 


Menyikapi keadaan tersebut, pada tahun 2001, Bapak Bagus Hargo Utama mendirikan Komunitas Peduli Skizofrenia Indonesia (KPSI). Komunitas ini didirikan sebagai bentuk dukungan dan kepedulian terhadap nasib orang dengan skizofrenia. KPSI didirikan dengan tujuan membantu ODS dan mengedukasi keluarga ODS sebagai caregiver agar dapat bertindak tepat sehingga ODS dapat memperoleh penanganan medis secepatnya. KPSI membimbing serta mengarahkan ODS agar dapat kembali menjalani kehidupannya dengan lebih baik dan dapat berdaya dalam masyarakat.


Bapak Bagus Hargo Utomo mendirikan KPSI dilatarbelakangi adanya pengalaman Beliau dalam mengurus serta merawat salah satu anggota keluarganya yang menderita skizofrenia. Pengalaman tersebut yang menyadarkannya betapa pentingnya dukungan serta sikap keluarga yang tidak malu serta upaya menemukan perawatan dan pengobatan yang tepat sehingga pasien skizofrenia dapat kembali pulih.


Berbagai kegiatan dilakukan oleh KPSI untuk mendukung dan membantu pemulihan ODS. KPSI membentuk kelompok dukungan sebaya bagi keluarga dan pasien, mengadakan kegiatan-kegiatan kreativitas, psikoedukasi, pemberdayaan pasien skizofrenia sampai pada pemecahan serta evaluasi terhadap pemasungan ODS. Masalah pemasungan menjadi salah satu fokus dari KPSI sejak pertama kali komunitas ini didirikan.


KPSI melakukan psikoedukasi melalui website, mailing list KPSI dan semua akun media sosial KPSI. Bukan dengan tindakan non medis. Ketidakpatuhan minum obat akan mengakibatkan kekambuhan pada pasien skizofrenia. Keluarga ODS harus memiliki pengetahuan yang memadai tentang skizofrenia dan terapinya agar ODS bisa memperoleh pengobatan yang terbaik hingga dapat pulih kembali. Dengan pengobatan medis sejak dini dan memadai, ODS akan mampu memiliki kualitas hidup yang lebih baik.


Saat ini jumlah anggota KPSI sudah ribuan orang yang tersebar di berbagai kota di Indonesia seperti di Bali, Bandung dan Jakarta. Para anggota KPSI saling berbagi informasi, menguatkan dan mendukung sehingga mereka bisa pulih serta dapat hidup lebih baik. Anggota KPSI bukan hanya ODS saja tapi juga keluarga/caregiver dan siapapun yang peduli serta mendukung ODS untuk bisa pulih kembali serta dapat beraktivitas di tengah masyarakat. 


KPSI mendukung sekaligus menjembatani ODS untuk dapat produktif dan berdaya melalui rumah berdaya. Rumah berdaya didirikan dengan tujuan membantu Orang Dengan Skizofrenia dan menggali potensi yang ada pada diri mereka. Telah banyak ODS yang terbantu hidupnya berkat Rumah Berdaya dan KPSI. Satu hal yang harus diketahui oleh khalayak umum bahwa pasien skizofrenia bisa pulih kembali dan bukan penyakit kutukan. Salam sehat jiwa!


Kegiatan yang ada di KPSI (foto diamb dari website KPSI)

Source website KPSI dan halodoc














Read more

Rabu, 16 Maret 2022

30 Hari Ramadan #JadiManfaat Bersama Dompet Dhuafa

 

30 hari Ramadan #JadiManfaat bersama Dompet Dhuafa

Marhaban Ya Ramadhan .. Nggak kerasa banget yah bulan Ramadan sudah didepan mata. InsyaAllah kurang dari 2 minggu lagi, kita berjumpa dengan bulan penuh rahmat ini. Rasanya baru kemarin kita lebaran eh sudah mau ketemu Ramadan lagi. Kalian sudah ada rencana apa nih Bestie untuk mengisi Ramadan tahun ini? Sudah ada rencanakah supaya 30 hari Ramadan #JadiManfaat ? Atau bisa berkontribusi 30 hari Ramadan #JadiManfaat bareng Dompet Dhuafa.


Jika ditanya apakah rencana saya di Ramadan tahun ini? Saya sudah punya daftar apa saja yang akan saya lakukan untuk mengisi Ramadan tahun ini. Mungkin lebih tepatnya jika disebut jadwal kegiatan saat Ramadan. Saya berniat untuk lebih mendekatkan diri lagi pada Allah SWT. Klise banget kedengarannya ya Bestie. Tapi inilah yang ingin saya fokuskan di Ramadan yang sebentar lagi akan datang, Insya Allah semoga saya diberi umur panjang Aamiin. Saya merasa akhir-akhir ini terlalu sibuk dengan urusan duniawi dan sering lalai dengan perintah-NYA. Dan saya ingin memanfaatkan momen Ramadan untuk mendekatkan diri pada Allah dengan memperbaiki ibadah, memperbanyak kebaikan dan melakukan kegiatan bermanfaat, minimal untuk orang-orang di sekitar saya.


Saya ingin Ramadan tahun ini tidak berlalu begitu saja dan #JadiManfaat, paling tidak untuk diri saya sendiri. Meski masih diwarnai pandemi, saya berharap gairah kebaikan tetap berkobar. Keinginan saya ini terinspirasi dari Dompet Dhuafa. Dompet Dhuafa terus mengupayakan program-program yang dapat membantu kaum dhuafa agar bisa hidup lebih baik dan produktif. Dompet Dhuafa terus berupaya memberikan dukungan serta sokongan bagi kaum dhuafa agar dapat mandiri dan berdaya melalui program pemberdayaan.


30 Hari Ramadan #JadiManfaat Menurutmu adalah tema dari Tarhib Ramadan 1443 H Dompet Dhuafa

Saya juga ingin #JadiManfaat dan bisa berkontribusi kebaikan untuk sesama. Terkait dengan Ramadan yang Insya Allah sebentar lagi akan datang, Dompet Dhuafa menggelar acara Tarhib Ramadan 1443 H. Acara Tarhib Ramadan dihelat pada Selasa, 15 Maret 2022 atau 12/8/1443 H di area Filantropi Building Dompet Dhuafa, Pejaten, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Acara Tarhib Ramadan Dompet Dhuafa mengusung tema, "30 Hari Ramadan #JadiManfaat Menurutmu? ". Sebagaimana kata #JadiManfaat, acara Tarhib Ramadan 1443 H Dompet Dhuafa menghadirkan aksi layanan Sehat dari Layanan Kesehatan cuma-cuma Dompet Dhuafa.


Nasidaria salah satu penampilan yang dihadirkan dalam Tarhib Ramadan 1443 H Dompet Dhuafa

Bukan hanya aksi layanan pemeriksaan kesehatan gratis saja, Tarhib Ramadan 1443 H Dompet Dhuafa juga dimeriahkan dengan hiburan nasidaria, permainan tradisional, kehadiran Darling (Dapur Keliling) Dompet Dhuafa dan Wardah Kosmetik, penampilan spesial dari J-Rocks hingga sarasehan dan puncaknya adalah launching program #JadiManfaat. Saya sendiri berkesempatan hadir pada acara Tarhib Ramadan 1443 H Dompet Dhuafa . 


Tarhib Ramadan 1443 H Dompet Dhuafa, 30 Hari Ramadan #JadiManfaat


Launching program Dompet Dhuafa 30 Hari Ramadan #JadiManfaat 

Senang rasanya dapat hadir dalam acara offline yang dilaksanakan oleh Dompet Dhuafa setelah lama tidak ada kegiatan offline Dompet Dhuafa yang melibatkan blogger. Ingin teriak yeaay ehhh hahaha. Tidak ingin melewatkan aksi layanan kesehatan cuma-cuma Dompet Dhuafa, saya ikut memeriksakan kesehatan saya. Pemeriksaan kesehatan tersebut meliputi pemeriksaan tekanan (tensi) darah, cek gula darah sewaktu, cek kolesterol dan cek asam urat. Alhamdulillah kondisi saya sehat dan masih berada dalam tahap "aman".


Aksi layanan kesehatan Dompet Dhuafa

Tarhib Ramadan Dompet Dhuafa 1443 H #JadiManfaat semakin meriah dengan penampilan nasidaria, silat jampang dan sarasehan seputar 30 hari Ramadan #JadiManfaat. Sarasehan #JadiManfaat mengupas sedikit tentang program 30 hari Ramadan #JadiManfaat yang akan dilakukan oleh Dompet Dhuafa. Setelah dua kali Ramadan dilakukan dengan penuh keterbatasan akibat pandemi COVID-19 yang menerjang, Dompet Dhuafa berharap Ramadan tahun ini, umat muslim di tanah air dapat menyambut datangnya bulan Ramadan dengan suka cita dan penuh gairah seperti saat sebelum pandemi datang.


Ketua program 30 hari Ramadan #JadiManfaat Dompet Dhuafa, Ali Bastoni mengatakan bahwa acara Tarhib Ramadan 1443 H digelar sebagai momentum kebangkitan umat Islam maupun dunia dalam upaya bangkit dari keterpurukan akibat pandemi Covid-19. Program 30 Hari Ramadan #JadiManfaat Dompet Dhuafa diantaranya Berbagi Buka Puasa Bersama, Borong Usaha UMKM, Parcel Ramadan, Peduli Yatim, Food for Dhuafa, Tebar Zakat Fitrah dan Peduli Palestina.


Menyambut Ramadan dengan sukacita, Tim Kolak mana suaranya? 

Mengutip kalimat dari Pak Bambang Suherman, Direktur Komunikasi dan Aliansi Strategis Dompet Dhuafa yang menyatakan bahwa Dompet Dhuafa mengajak seluruh umat muslim di tanah air untuk kembali mengingat semua kenangan yang ada pada bulan Ramadan. Bulan penuh rahmat dan ampunan. Ramadan adalah momentum bahagia semua umat muslim dan selama 30 hari Ramadan bisa #JadiManfaat bersama dengan program-program yang diusung Dompet Dhuafa.


Rasanya semakin tidak sabar menunggu datangnya Ramadan 1443 H. FYI nih Dompet Dhuafa juga menyalurkan zakat fitrah seperti tahun-tahun yang lalu. Kalian boleh banget loh kalau ingin membayar zakat fitrah melalui Dompet Dhuafa. Selain menerima dan menyalurkan zakat fitrah, kalian juga bisa membayar infak dan sedekah melalui Dompet Dhuafa. 30 hari Ramadan  #JadiManfaat bareng Dompet Dhuafa. Kalau kata Ustad Erick,  berbuat kebaikan harus ngajak-ngajak, jangan sendirian saja. Jangan ke surga sendirian saja. Iya sih benar juga. Selagi masih diberi umur dan kesempatan, kita harus saling menasehati dalam kebajikan serta mengajak untuk selalu berbuat kebaikan, apapun bentuknya. Senyum saja sudah merupakan sebuah sedekah dan kebaikan. Selamat menyambut Ramadan penuh suka cita Bestie..

 

Sarasehan Tarhib Ramadan 1443 H Dompet Dhuafa #JadiManfaat


Read more

Selasa, 15 Maret 2022

Perempuan Berdaya Melalui Program HERoic FWD Insurance

 

8 Maret International Women's Day

Setiap tanggal 8 Maret tiap tahunnya diperingati sebagai hari Perempuan Sedunia. Tahun ini bertepatan dengan International Women's Day, FWD Insurance salah satu perusahaan asuransi berbasis digital, kembali menggelar HERoic, internal program women empowerment. Program ini diperuntukkan untuk wanita Indonesia sebagai bagian dari strategi diversity dan inclusion. Wanita Berdaya melalui program HERoic FWD Insurance.


Selain meluncurkan HERoic yang merupakan program pemberdayaan perempuan, pada kesempatan tersebut, FWD Insurance juga menggelar talkshow yang berjudul, "Break The Habit, Break the Bias" yang menghadirkan narasumber Ronald Surapradja, Ligwina Hananto dan Talitha Andini Prameswari. Meskipun dilaksanakan secara daring melalui aplikasi ZOOM meeting dikarenakan masih dalam situasi pandemi, acara peluncuran HERoic sekaligus Celebrating International Women's Day cukup menarik perhatian khalayak ramai khususnya para karyawan FWD Insurance dan tamu undangan yang hadir dalam acara tersebut.


Launching program HERoic dan talkshow Break The Habit, Break the Bias

FWD Insurance dengan produk asuransi kesehatan dan asuransi jiwa yang telah memiliki banyak nasabah di tanah air ini terus melakukan inovasi meskipun di masa pandemi. FWD Insurance berupaya untuk terus berkomitmen mengubah cara pandang masyarakat tentang asuransi. FWD Insurance berusaha untuk mendobrak stigma yang telah lama berkembang dalam masyarakat terkait asuransi dan meyakini bahwa asuransi adalah sumber kekuatan. 


FWD Insurance terus mengupayakan pelayanan yang prima dan menghadirkan inovasi terbaru di dunia asuransi. FWD Insurance dengan program pemberdayaan wanitanya menunjukkan tertarik dan menaruh perhatian besar terhadap diversity (keberagaman) dan inklusivitas dalam kegiatan operasionalnya sehari-hari. Diversity dan inklusivitas merupakan keniscayaan universal yang harus dihargai dan dihormati karena pada saatnya akan dapat membantu FWD Insurance dalam memahami nasabah mereka.


FWD Insurance dalam kegiatan operasionalnya sehari-hari, berusaha menciptakan budaya yang beragam dan inklusif, semua orang dengan keunikan dan keberagamannya dihargai sehingga dapat menunjukkan versi terbaik diri mereka masing-masing. Budaya ini membantu FWD Insurance dalam memahami setiap persoalan yang dimiliki oleh nasabahnya karena setiap nasabah memiliki kepentingan dan beragam kebutuhan dalam perlindungan.


Secara strategi, Diversity dan inklusivitas yang dijalankan FWD Insurance fokus pada empat area yaitu everyone belongs (kebijakan dan prosedur yang menanamkan budaya inklusi ke dalam struktur organisasi), diverse talent (menghargai perbedaan latar belakang setiap orang, kepribadian, serta kebutuhan aksesibilitas), inclusive leadership (menciptakan lingkungan yang menerapkan prinsip level-playing field sehingga inklusi dapat diberlakukan secara setara di setiap level di organisasi) dan FWD anywhere (inklusi dalam menerima gaya bekerja yang beragam melalui cara kerja yang fleksibel).


Berpedoman pada strategi tersebut, dalam kegiatan operasional sehari-hari selalu berupaya menghargai keberagaman talenta dalam perusahaan, baik perempuan dan laki-laki. FWD Insurance menciptakan aneka program yang dapat memberikan pengembangan berkelanjutan kepada seluruh karyawannya dengan memperhatikan keberagaman dan inklusivitas termasuk dalam kesetaraan gender. Hal inilah yang menjadi salah satu pendorong digagasnya program HERoic yang berupaya untuk memberdayakan perempuan.


Program HERoic, Cara FWD Insurance Memberdayakan Perempuan Indonesia



Perempuan berdaya melalui program HERoic FWD Insurance

Program HERoic pertama kali diluncurkan pada 8 Maret 2021, didedikasikan bagi karyawan perempuan FWD Insurance untuk dapat mengembangkan diri secara personal maupun profesional. Program ini lahir dari pandangan FWD Insurance terhadap multitasking seorang perempuan terutama perempuan pekerja. Perempuan pekerja baik sebagai karyawan ataupun freelancer yang bekerja dari rumah, memiliki multi peran (multirole) dalam hidupnya. Mereka dituntut untuk pandai dan bisa mengatur waktu antara pekerjaannya dan urusan pekerjaan di rumah seperti mengurus keluarganya, mengelola keuangan rumah tangganya sampai perihal mengurus rumahnya sehingga tetap bersih, rapi dan nyaman untuk ditinggali keluarganya. 


Melihat multitasking yang dimiliki perempuan inilah, FWD Insurance menggagas HERoic, internal program women empowerment. Melalui program pemberdayaan perempuan ini, FWD Insurance mengajak semua perempuan untuk dapat menghadapi tantangan multitasking dan multi role tersebut sehingga mereka tetap dapat mengejar passionnya, meraih semua peluang yang datang, serta menikmati dan merayakan hidup, tanpa meninggalkan kodratnya sebagai istri dan ibu.


Program ini dirancang berjalan sampai akhir tahun dan untuk berbagai level, mulai dari tingkat awal karier hingga tingkat manajerial, terbuka bagi karyawan perempuan yang ingin memberikan dampak positif bagi kesuksesan dirinya sendiri dan perusahaan tempat dia bekerja. Dalam hal ini FWD Insurance. HERoic bertujuan untuk membangun self-awareness diantara karyawan perempuan serta memupuk kepercayaan diri mereka dalam mengembangkan potensi yang mereka miliki sehingga dapat berkontribusi secara optimal kepada perusahaan, keluarga dan masyarakat luas.


Melalui Program HERoic, FWD Insurance ingin menginspirasi dan mengajak perempuan Indonesia untuk berani menjadi seorang wanita karir, working mother, dan leader di mana pun mereka berada. Perempuan Indonesia tetap bisa merayakan hidup (celebrate living) dan dapat memegang kendali penuh atas hidup mereka. Perempuan Indonesia dapat hidup mandiri dan memberikan versi terbaik dari diri mereka tanpa meninggalkan kodrat mereka sebagai perempuan seutuhnya, sebagai istri dan ibu. 


HERoic merupakan program pelatihan dan pengembangan, e-learning, mentoring, serta social learning melalui sharing session dan diskusi bersama para pakar pemberdayaan perempuan. Diharapkan HERoic dapat memberikan inspirasi bagi jutaan perempuan Indonesia bahwa perempuan dapat berdaya, berkarya dan bermanfaat untuk dirinya dan masyarakat luas tanpa meninggalkan kodrat dan kewajibannya. Semangat perempuan Indonesia!


Keseruan talkshow International Women's Day 2022 FWD Insurance

Read more

Seragam Baru Ksatria JNE, Bikin Tampil Beda

 

JNE perusahaan ekspedisi asli Indonesia punya seragam baru yang bikin tampil beda

Sabtu 12 Maret 2022 saat saya antri di depan mesin ATM yang berada tepat di samping kantor cabang JNE Ciracas, ada yang berbeda dari penampilan kurir JNE. Kantor cabang JNE Ciracas yang berada tepat di pinggir jalan itu, tampak meriah dengan warna merah seragam yang dikenakan para kurir JNE yang sedang asik mempersiapkan paket untuk diantarkan pada pelanggan JNE. Tidak seperti biasa, para ksatria JNE, sebutan untuk kurir JNE memakai kaos atau t-shirt. Warnanya pun cukup mencolok yaitu merah. Seragam baru ksatria JNE,bikin tampil beda.


Saya bergumam sendiri, "Sepertinya seragam baru yang dikenakan para ksatria JNE". Tidak lama saya bergumam, melintas di depan saya ksatria JNE. Benar saja dugaan saya, kurir tersebut memakai kaos merah dengan gambar superhero pada bagian depan kaos tersebut. "Wihh keren juga kaosnya" batin saya. Bukan superhero yang biasa kita lihat di film atau televisi yah. Jangan bayangkan wajah Iron Man atau Captain Amerika, apalagi Hulk yah. Karena superhero yang ada dalam seragam baru ksatria JNE adalah karakter spesial terutama untuk pelanggan JNE.


Seragam lama ksatria JNE

Gambar superhero yang berada di bagian depan seragam baru JNE seolah-olah ingin menggambarkan bahwa kurir merupakan superhero bagi siapapun yang memerlukan bantuan tenaga dan waktu untuk mengantarkan barang ke orang yang dituju. Contohnya pelaku UMKM memerlukan bantuan kurir untuk mengirim produknya pada pembelinya. Pelaku UMKM dengan keterbatasan waktu dan tenaga memerlukan bantuan kurir agar usahanya bisa berjalan dengan baik. Seragam baru ksatria JNE, sebutan untuk kurir JNE, membuat mereka tampil beda dan tampak lebih segar.


Superhero yang selama ini ada di benak saya adalah seseorang yang memiliki kekuatan super dan mampu membantu orang lain yang membutuhkan pertolongannya dengan kekuatan yang dia miliki. Dan pemikiran serupa inilah dituangkan oleh JNE dengan menggandeng Ario Anindito, ilustrator Marvel & DC Comics yang telah banyak dipercaya perusahaan hiburan besar di USA. Tidak mengherankan jika seragam baru ksatria JNE, bikin tampil beda. Fresh dan ikonik.


Seragam baru ksatria JNE, bikin tampil beda dan ikonik

Seragam baru JNE yang bikin saya kepo sendiri ini adalah T-shirt berwarna merah terang dengan ilustrasi super kurir ikonik. Ario menciptakan karakter Joni si super kurir, ksatria JNE yang selalu diperlukan masyarakat tiap harinya untuk mengantarkan paket kepada orang yang dituju. Joni, karakter si super kurir menggambarkan ksatria JNE yang dilengkapi dengan peralatan dan kekuatan super yang dapat membantu pekerjaannya agar selesai tepat waktu atau bahkan lebih cepat serta dapat membantu sesama sesuai dengan nilai-nilai yang ada di JNE.


Seragam Baru Ksatria JNE Bikin Tampil Beda dan Ikonik



Seragam baru ksatria JNE karya ilustrator Marvel dan DC Comics, Ario Anindito

Menurut penuturan dari Presiden Direktur JNE, M. Feriadi Soeprapto, sesuai dengan tagline yang diusung JNE yaitu Connecting Happines, ilustrasi ksatria JNE menggambarkan bahwa ksatria JNE tidak semata-mata hanya mengantarkan paket/kiriman saja tapi maknanya lebih dalam daripada itu. Ksatria JNE harus bisa memberi manfaat bagi masyarakat luas. Nilai inilah yang ditanamkan oleh pendiri JNE. JNE merupakan perusahaan ekspedisi asli Indonesia yang menerapkan nilai-nilai kebaikan dan menekankan agar semua karyawan JNE dapat terus bermanfaat dan mengantarkan kebahagiaan pada semua orang.


Seragam baru ksatria JNE bikin tampil beda dan ikonik. Para ksatria JNE terlihat lebih segar dan tampak kasual. Mereka juga terlihat sangat nyaman dengan seragam baru tersebut. Selain bekerja sama dalam ilustrasi seragam baru ksatria JNE, Ario Anindito juga telah berkolaborasi dengan JNE dan menghasilkan komik strip Joni Super Kurir pada ulang tahun JNE ke-31 di November 2021. Masih dalam rangkaian perayaan HUT 31 JNE, sejak tanggal 12 Maret 2022, setiap Sabtu dan Minggu, ksatria JNE akan mengenakan seragam baru. Sementara ini baru berlaku di wilayah Jakarta dan untuk wilayah lainnya di seluruh Indonesia akan dilakukan bertahap.


Ksatria JNE dengan seragam barunya

Karakter Joni, si super kurir yang diciptakan oleh Ario Anindito mewakili apa yang ada dalam pikiran saya. Hingga tahun 2020 kemarin, saya adalah salah satu pelanggan yang hampir setiap hari mengirim paket berupa produk dagangan saya ke pelanggan saya yang tersebar di berbagai kota di tanah air. Saya merasakan sendiri betapa berharganya bantuan dari ksatria JNE dalam pengembangan usaha saya. Pernah suatu saat, hujan terus-terusan melanda ibukota sedangkan pesanan produk saya sedang banyak-banyaknya. Saya hampir saja membatalkan pengiriman karena saya pikir tidak ada kurir yang mau menerjang hujan dan menerobos genangan air untuk mengantarkan paket. Ternyata saya salah, ksatria JNE tetap mengantarkan kiriman saya meski ada keterlambatan dikarenakan kondisi hujan.


Setelah usaha saya tutup karena pandemi, hanya sesekali saja saya menggunakan jasa ksatria JNE. Meskipun demikian pelayanan yang saya dapatkan tidak pernah berubah. Jadi tidaklah berlebihan jika Ario Anindito menggambarkan ksatria JNE dalam karakter Joni, si super kurir. Karena memang ksatria JNE tidak hanya mengantarkan paket saja tapi juga mengantarkan kebahagiaan. Siapa sih yang tidak merasa bahagia saat mendengar "pakeeet"?!


Ksatria JNE mengenakan seragam baru, tshirt merah dengan ilustrasi superhero yang bikin tampil beda





Read more

Selasa, 08 Maret 2022

POND'S Bright Beauty Triple Glow Serum dan Mask, Serum Pencerah Wajah Terbaik?

POND'S Bright Beauty Triple Glow Serum dan mask

Tepat hari ini, bertambah satu lagi usia saya, aaaak semakin mendekati usia jelita, Bestiee. Hoam makin banyak pikiran di kepala. Ditambah lagi dengan pandemi, duh bikin dahi berkerut dan muka nggak asik untuk dipandang xixixi. Dua tahun di rumah saja, jujurly bikin malas merawat kulit wajah. Alhasil wajah jadi kusam, butek dan tampak tak terawat. Hiiks gimana mau dilirik sama Oh Sehun wkwkwk. Sempat terlintas untuk beli produk skincare sewaktu belanja di Indomaret. Sayangnya, sebatas hanya terlintas saja. Belum ada keinginan untuk membelinya. Padahal pada saat melewati rak produk kecantikan, pandangan mata tertumbuk pada produk POND'S Bright Beauty Triple Glow Serum dan Mask. Tertulis "mencerahkan, menghaluskan, melembabkan seketika" pada kemasannya. Jadi penasaran saya, benarkah demikian? Apakah itu berarti jika POND'S Bright Beauty Triple Glow Serum dan mask, serum pencerah wajah terbaik?! Tapi ya lagi-lagi hanya sebatas "penasaran" saja. Dasar saya!


Seiring dengan berjalannya waktu, kian tersadar dengan kondisi wajah yang makin kucel. Kok makin kusam dan tampak kurang indah dipandang ya? Karena merasa mulai terganggu dengan keadaan kulit wajah, saya akhirnya bertekad untuk menggunakan skincare dan melakukan perawatan kulit wajah. Tujuannya agar dapat mengembalikan kesegaran dan kesehatan kulit wajah saya yang semakin memudar ditelan waktu hiks. Mengsedih. Yah siapa tahu bisa glowing seperti Wendy RED VELVET, kan? Ngarep hahaha. Saya pun langsung teringat POND'S Bright Beauty Triple Glow Serum dan Mask. Saatnya membuktikan nih, benarkah POND'S Bright Beauty Triple Glow Serum dan Mask dapat mencerahkan, menghaluskan, melembabkan seketika seperti yang tertulis pada kemasannya. Benarkah POND'S Bright Beauty Triple Glow Serum dan Mask adalah serum pencerah wajah terbaik? Mari kita coba,Bestie.


Wajah saya sebelum mencoba POND'S Bright Beauty Triple Glow Serum dan mask


POND'S Bright Beauty Triple Glow Serum 


Pertama kali lihat POND'S Bright Beauty Triple Glow Serum di rak bagian kosmetik Indomaret, saya langsung terpikir, "Wah ada juga serum kemasan sachet. Pas banget ini untuk yang belum pernah pakai produknya. Kalau ternyata nggak cocok dengan kulit wajah, tinggal dihentikan saja. Karena kemasannya sachet jadi nggak rugi-rugi banget". Yups, POND'S Bright Beauty Triple Glow Serum dikemas dalam bentuk sachet seberat 7,5 gr. Menurut saya, kemasan seperti ini lebih praktis dan ekonomis, mudah dibawa ke mana saja jadi pas sekali untuk traveling.


POND'S Bright Beauty Triple Glow Serum

Seperti biasa, sebelum membeli produk apapun saya selalu membaca keterangan produk yang ada pada kemasannya serta mencari tahu bahan apa saja yang terkandung dalam produk tersebut. Pada kemasan POND'S Bright Beauty Triple Glow Serum tertulis bahwa produk ini merupakan triple glow serum pertama dari Pond's. POND'S Bright Beauty Triple Glow Serum, formula terbaru dari Pond's yang dapat membantu mencerahkan, melembutkan, melembabkan wajah serta membuat pori-pori kulit wajah jadi lebih kecil dan tersamarkan.


POND'S Bright Beauty Triple Glow Serum adalah formulasi khusus, konsentrat serum pencerah yang menggabungkan 3 kekuatan terbaik. Mampu bekerja 60X lebih efektif dari Vitamin C^, untuk pancarkan Triple Action Glow wajah kita. Oh ya ada tanda ^ pada kata Vitamin C^, ini bukan tanpa maksud loh. Tanda ^ mengacu pada melanin inhibition in epidermis, based on in-vitro test


Tiga kekuatan terbaik atau maksimal yang terkandung dalam POND'S Bright Beauty Triple Glow Serum, yaitu:

- Mencerahkan dengan Gluta-Boost-C yang mengandung glutathione, antioksidan yang dikenal mampu mencerahkan kulit. Formula unik Gluta-Boost-C efektif menyamarkan flek hitam, untuk wajah tampak cerah dan warna kulit merata;

- Melembutkan dengan Vitamin B3+ yang diyakini dapat membantu menyamarkan pori untuk wajah tampak mulus;

- Melembabkan dengan Hyaluronic Acid, dapat menyerap mendalam ke setiap lapisan epidermis kulit untuk wajah tampak lembab berkilau.


POND'S Bright Beauty Triple Glow Serum mudah dibawa dan praktis


POND'S Bright Beauty Triple Glow Serum Sheet Mask


Hampir sama dengan POND'S Bright Beauty Triple Glow Serum, saya tertarik untuk mencoba POND'S Bright Beauty Triple Glow Serum Sheet Mask karena membaca keterangan yang ada pada kemasannya. "60x Lebih Efektif Dari Vitamin C^. Mencerahkan, menghaluskan, melembabkan seketika". Ini beneran nih bisa mencerahkan, menghaluskan, melembabkan seketika? "Seketika" ini dengan kata lain bahwa dengan menggunakan POND'S Bright Beauty Triple Glow Serum Sheet Mask satu kali saja dapat mencerahkan, menghaluskan, melembabkan kulit wajah. Jadi penasaran ingin mencobanya.


Satu lagi yang membuat saya semakin ingin mencoba POND'S Bright Beauty Triple Glow Serum Sheet Mask, produk ini mengklaim memiliki kandungan serum 100x lebih banyak dari sheet mask lainnya dan merupakan serum mask pertama dari Pond's yang menggabungkan tiga kekuatan maksimal untuk membantu mencerahkan, menghaluskan dan melembabkan kulit wajah hingga tampak lebih glowing. Masker serum ini dilengkapi dengan konsentrat brightening yang menggabungkan 3 kekuatan skincare terbaik. 

POND'S Bright Beauty Triple Glow Serum sheet mask

Tiga kekuatan yang terkandung dalam POND'S Bright Beauty Triple Glow Serum Sheet Mask sama dengan yang terkandung dalam POND'S Bright Beauty Triple Glow Serum, yaitu mengandung Gluta-Boost-C yang berfungsi mencerahkan, Vitamin B3 (Niacinamide) yang dapat membantu menyamarkan pori serta Hyaluronic Acid Complex yang berfungsi melembabkan mendalam ke setiap lapisan epidermis kulit. Dan terdapat pula keterangan 60x Lebih Efektif Dari Vitamin C^, C^ juga mengacu pada melanin inhibition in epidermis, based on in-vitro test.


Review POND'S Bright Beauty Triple Glow Serum dan Mask


Saatnya mencoba POND'S Bright Beauty Triple Glow Serum dan Mask, Bestie. Untuk menggunakan serum ini, gampang sekali. Cukup teteskan 2-3 POND'S Bright Beauty Triple Glow Serum pada wajah, ratakan dan tepuk perlahan untuk membantu lebih cepat terserap kulit. Pertama kali menggunakan serum ini, nggak ada rasa perih saat diaplikasikan pada kulit wajah yang sedang berjerawat. Kebetulan saya sedang ada satu jerawat nongol di dekat hidung.


Saya mencoba menggunakan POND'S Bright Beauty Triple Glow Serum selama 7 hari

Serum ini memiliki aroma lembut, tidak lengket di kulit wajah, agak kental dari serum sejenis, teksturnya terasa ringan dan lebih cepat meresap. Begitu dipakai ke kulit wajah, langsung melted sehingga gampang diratakan dan meresap lebih cepat ke dalam pori-pori kulit. Saya telah menggunakan selama 7 hari terakhir dan merasa kalau kulit wajah terasa lebih kenyal dan lembab meski belum tampak glowing wkwkwk.


Untuk maskernya, saya baru mencoba satu kali. Yah karena penasaran dan ingin membuktikan klaim "mencerahkan, menghaluskan dan melembabkan kulit seketika". Untuk menggunakan POND'S Bright Beauty Triple Glow Serum Sheet Mask juga cukup mudah karena ada petunjuk penggunaan pada kemasannya. 

Cara pemakaian POND'S Bright Beauty Triple Glow Serum Sheet Mask:

-Keluarkan dan buka lembaran masker;

-Sesuaikan masker dengan bentuk wajah;

-Gunakan masker selama 15-20 menit;

-Lepaskan masker dan lanjutkan dengan memijat perlahan serum yang tersisa pada wajah dan leher;

-Jangan dibilas agar dapat merasakan kulit lebih bernutrisi, halus dan lembut.


Sesaat setelah menggunakan POND'S Bright Beauty Triple Glow Serum Sheet Mask, saya merasa kulit lebih segar, lembab dan lebih kenyal. Tapi tidak langsung cerah sih. Meski demikian sudah tampak berbeda dan lebih bersih dibandingkan sebelum pemakaian. 


Kulit wajah saya setelah menggunakan POND'S Bright Beauty Triple Glow Serum dan mask  







 

Read more

Senin, 07 Maret 2022

Yeay… KAI's Bucket List Akhirnya Tayang Juga di YouTube IndiHome

Kim Jong-in atau yang terkenal dengan nama panggung KAI EXO (foto diambil dari Asia-Pop)

We Are One! EXO! Saranghaja! 

EXO-L mana suaranya? Siapa hayo yang kegirangan karena live streaming KAI's Bucket List sudah tayang?! Yeay…KAI's Bucket List akhirnya tayang juga di kanal YouTube IndiHome. Sayangnya, aku ketinggalan episode 1 dan 2 karena pada tanggal 19 Februari 2022, pertama kalinya variety show ini tayang secara eksklusif di YouTube IndiHome, aku sedang berada di luar kota untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan. Hiks sedih deh! Sudah menantinya eh pas tayang perdana, aku sedang berada di kota yang sinyalnya tidak stabil. Hiks…mewek lagi deh.


KAI's Bucket List adalah judul salah satu program variety show yang mengisahkan tentang daftar keinginan liburan dari seorang KAI, K-Pop idol ternama yang tergabung dalam boy grup EXO. Variety Show ini sudah tayang sebanyak empat episode dan dapat disaksikan secara live streaming setiap hari Sabtu-Minggu jam 16.00 WIB di YouTube IndiHome, provider internet cepat dengan WiFi cepat kebanggaan negeri ini. 


EXO-L pasti hafal nama asli KAI. FYI untuk yang baru banget kesengsem sama KAI EXO, KAI adalah nama panggung dari Kim Jong-in. Doi bergabung menjadi member EXO sejak sekitar tahun 2011. Lelaki tampan berusia 28 tahun ini terkenal memiliki banyak penggemar wanita. Ya iya-lah, aku salah satunya hahaha. Kai terkenal periang dan ramah pada para EXO-L, sebutan untuk fandomnya EXO. Oke cukup cerita sekilas tentang KAI, kita kembali lagi ke KAI's Bucket List.


Pertama kali tau akan tayang variety show yang mengisahkan tentang kilas balik seorang Kai EXO, aku antusias banget menantinya. Kepo maksimal tentang perjalanan karir seorang KAI sebagai member EXO sekaligus ingin tau juga daftar keinginan dari seorang Kim Jong-in sebagai seorang pribadi biasa. Menanti tanggal 19 Februari eh ternyata kenyataan berkata lain. Bener banget ini kalimat yang mengatakan manusia hanya bisa berencana saja. 


Tepat tanggal 19 Februari 2022 jam 16.00 WIB, aku baru tau kalau ternyata KAI's Bucket List tidak ada rekamannya di kanal YouTube IndiHome karena memang tayang eksklusif secara live streaming. Huhuhu potek hati saat mengenangnya. Tapi ada sedikit cuplikan tayangannya di akun Instagram dan Twitter IndiHome. Lumayanlah dapat sedikit mengobati kesedihan karena terlewat tayangan perdana dan episode kedua KAI's Bucket List.


Sabtu kemarin, tidak ingin melewatkan kesempatan lagi menonton KAI's Bucket List, aku sudah mantengin kanal YouTube IndiHome dari jam 15.45 WIB wkwkwk. Buka tutup YouTube nunggu jam 16.00 teng, akhirnya nonton juga Bestiee, episode 3 KAI's Bucket List. Yeaaay!


Finally, Nonton KAI's Bucket List di kanal YouTube IndiHome



Yeay KAI's Bucket List tayang di YouTube IndiHome (foto diambil dari akun Instagram IndiHome)

Senangnya bisa menonton live streaming episode 3 dan 4 KAI's Bucket List di kanal YouTube IndiHome. Makin cinta deh sama IndiHome karena menayangkan variety show yang mengupas tentang "sisi lain" dari seorang Kim Jong-in secara personal dan KAI, seorang idol K-Pop idola jutaan penggemar di dunia. Sebagai salah satu EXO-L, variety show ini cukup memuaskan keingintahuan seorang penggemar tentang sisi kehidupan idolanya yang jarang sekali diperlihatkan sebagai konsumsi publik.


KAI's Bucket List berawal dari keinginan KAI untuk mewujudkan daftar keinginannya yang sudah lama terpendam. Daftar keinginan untuk liburan sekaligus seru-seruan bersama teman-temannya. Terpilihlah dua orang temannya yaitu Kwonho dan Mungyu untuk menemaninya menjelajahi destinasi impian seorang Kim Jong-in.


Mereka bertiga mengunjungi beberapa tempat indah yang ada di Korea Selatan, salah satunya menikmati indahnya semenanjung Korea. Bukan hanya itu saja, mereka melakukan permainan-permainan yang memancing gelak tawa siapapun yang menonton KAI's Bucket List. Ada satu part yang paling bikin ngiler, saat mereka bertiga menikmati semangkuk makguksu kuah. Tampak enak dan menyegarkan. KAI terlihat sangat menikmati suapan demi suapan makguksu kuah yang dipesannya.


Mereka bertiga saling bertukar cerita dan ada satu bagian yang bikin sedih sih. Ketika ketiganya saling merasa tidak punya cukup waktu untuk saling mengunjungi karena kesibukan masing-masing padahal mereka saling ingin berjumpa satu dengan lainnya. Mereka juga mengunjungi tempat indah dengan fasilitas cafe di dalamnya dan KAI membuat es kopi untuk kedua temannya. Menyenangkan sekali melihat keakraban mereka.


Aku baru tau loh kalau KAI ternyata bisa membuat es kopi yang enak dan memang lucu gitu orangnya. Makin suka deh sama KAI hehehe. Apalagi dia jago dibeberapa permainan. Keren deh. Sepanjang nonton KAI's Bucket List episode 3 dan 4, aku ketawa terus melihat ulah mereka bertiga. Konyol dan lucu sih. Nggak pernah kebayang saja kalau KAI ternyata punya "sisi lain" yang sangat menarik sebagai seorang pribadi.


Variety show ini mengupas tentang dua sisi kehidupan dari seorang KAI sebagai K-Pop idol dan Kim Jong-in sebagai seorang pria biasa. Ada 5 tema utama yang diangkat dalam KAI's Bucket List ini yaitu Road, Dear My Friend, Ballader, KAI, It's KAI Time dan Thank U. Dalam variety show ini KAI mengekspresikan perasaannya termasuk perspektifnya baik selama menjadi idol maupun sebagai seorang Kim Jong-in.


Variety show ini tidak hanya semata diperuntukkan bagi EXO-L, kolaborasi antara IndiHome dan CXO Media juga mengkreasikan program perspektif yang mengangkat social experiment dengan topik K-Pop sebagai tema besar. Selain itu, program bertajuk FYI (For Your Inspiration) juga ditayangkan dalam bentuk animasi visual dan narasi story-telling untuk mengedukasi masyarakat akan fenomena Hallyu Wave atau demam K-Pop, serta berita-berita terkini di dunia K-Pop dan beragam aspek penting dalam kehidupan yang inspirasional.


Aku mengapresiasi sekaligus senang sekali dengan adanya kolaborasi antara IndiHome dan CXO Media ini. Dan pastinya nggak sabar banget menantikan episode selanjutnya. Jadi nungguin Sabtu jam 16.00 WIB karena kalau sudah terlewat live streamingnya, nggak ada rekamannya. Sayang banget dilewatkan setiap episodenya karena seru dan lucu. Kapan lagi bisa melihat sisi lain dari seorang KAI EXO. Sabtu sore jadi semarak dan menyenangkan karena variety show KAI's Bucket List yang tayang di kanal YouTube IndiHome. Sabtu-Minggu jam 16.00 WIB. Inget yah daripada menyesal seperti aku karena terlewat episode 1 dan 2. Beneran deh jadi penasaran dibuatnya xixixi.


Kai dalam salah satu tayangan KAI's Bucket List 










Read more