Punya Pengalaman Seputar UMKM? Yuk, Ikutan JNE Content Competition

by - Januari 13, 2022


JNE Content Competition 2021 diperpanjang hingga 31 Januari 2022


Beberapa waktu lalu, saya sempat menulis tentang JNE dukung digitalisasi UMKM pada masa pandemi. Dalam artikel tersebut, saya juga mengulas sedikit mengenai JNE Content Competition 2021. JNE Content Competition merupakan bentuk dukungan yang ditunjukkan JNE pada UMKM terutama di masa pandemi ini. JNE Content Competition 2021 yang awalnya diselenggarakan dari tanggal 6 Desember 2021 hingga 5 Januari 2022, kini diperpanjang hingga 31 Januari 2022. Yeaay masih ada cukup waktu untuk ikutan kompetisinya dan berjuang memenangkan hadiah jutaan rupiah. Siapa tau beruntung, ya kan?!


JNE Content Competition 2021 diselenggarakan dalam rangka menyambut ulang tahun JNE yang ke-31 tahun. JNE Content Competition 2021 mengangkat tema "JNE Bersama UMKM Untuk Indonesia". Kalian bisa membagikan pengalaman seputar UMKM yang kalian ketahui atau bisa juga berbagi cerita mengenai profil UMKM yang ada di sekitar kalian. Dan boleh banget jika ingin menceritakan tentang UMKM milik kalian sendiri. Buruan deh ceritakan semua pengalaman menarik kalian tersebut dalam JNE Content Competition 2021, mumpung masih ada waktu. Jangan sampai terlewat, waktunya pun sudah diperpanjang nih hingga akhir Januari 2022 ini.


Saya saja tertarik untuk ikut meramaikan JNE Content Competition 2021, kebetulan sejak awal tahun 2015 saya sudah "akrab" dengan JNE karena sering menggunakan jasa JNE untuk mengirim teri crispy ke berbagai daerah di tanah air. Teri crispy merupakan salah satu produk unggulan usaha rumahan yang telah saya geluti sejak akhir 2014. Iyups saya adalah seorang pelaku umkm bidang kuliner, pemilik DapurNonaqu dengan produk andalan Teri Crispy MisTeri dan kebab home made.


DapurNonaqu, Usaha Rumahan Penyokong Ekonomi Keluarga 



Teri crispy salah satu produk andalan DapurNonaqu


November 2014, pertamakalinya saya memulai usaha rumahan dengan berbekal modal sekitar 1 juta rupiah untuk membeli peralatan produksi dan bahan baku. Produk pertama yang saya buat dan pasarkan adalah teri crispy. Teri crispy adalah teri segar yang diberi racikan bumbu dan dilumuri sedikit tepung kemudian digoreng garing dengan menggunakan minyak kelapa. Teri yang digunakan untuk membuat teri crispy adalah teri nasi yang berasal dari perairan Madura. Harus dari Madura, tidak bisa menggunakan teri jenis lainnya karena tidak akan bisa crispy atau renyah.


Produksi pertama yang saya buat adalah 6 kg teri crispy dengan dua pilihan rasa yaitu original dan balado. Untuk bumbu baladonya, saya memesan khusus pada seorang teman yang membuka usaha bumbu racik non MSG. Teri crispy yang saya buat tidak menggunakan MSG dan bahan pengawet lainnya. Saya memilih minyak kelapa untuk menggoreng teri karena minyak kelapa membuat teri memiliki aroma yang menggugah selera, harum dan lebih mudah menjadi garing atau crispy.


6 kg pertama teri crispy yang saya buat, saya tawarkan melalui facebook pribadi dan ke teman-teman. Berawal dari 6 kg pertama lalu produksi terus bertambah dan bukan hanya teri crispy saja yang saya jual, kebab dan berbagai cemilan lainnya. Permintaan teri crispy terus bertambah dan jangkauan pengirimannya pun semakin luas. Saya terbantu sekali dengan JNE karena sekitar tahun 2014 hingga 2016, perusahaan ekspedisi belum lah banyak dan JNE dapat mengantarkan pesanan pelanggan saya di beberapa daerah kabupaten di pelosok negeri dengan tepat waktu.


Bahan baku teri crispy yang langsung saya beli dari nelayan di daerah Bangkalan Madura pun, saya kirim melalui bantuan JNE yang satu hari sampai. Selama menggunakan jasa JNE, saya tidak menemukan kendala berarti. Hanya beberapa kali mengalami keterlambatan saja disebabkan beberapa faktor non teknis. Pernah telat pengantaran beberapa hari karena banjir melanda daerah pengiriman atau barang kembali lagi ke pihak cabang JNE di daerah pengiriman karena si penerima tidak ada di rumah pada saat kurir JNE mengantarkan barang. Tapi semua kendala dapat teratasi dengan baik.


DapurNonaqu terus berkembang dan telah memiliki ijin usaha skala industri rumahan. Melayani pula pemesanan untuk reseller yang tersebar di beberapa tempat di tanah air. Jabodetabek hingga luar Pulau Jawa. DapurNonaqu telah menjadi penyokong ekonomi keluarga saya terutama pada masa pandemi ini. DapurNonaqu dapat bertahan di tengah gempuran badai korona.


Kebab home made DapurNonaqu


Untuk pelaku UMKM skala rumahan seperti saya ini, kehadiran JNE sangatlah membantu terutama dalam segi pengiriman produk. Ketepatan waktu pengiriman menjadi salah satu aspek penting yang menjadi pertimbangan pelanggan produk-produk kuliner DapurNonaqu untuk kembali memesan lagi. Beberapa teman pelaku UMKM sempat bercerita bahwa mereka pernah dikomplain pelanggannya karena pengiriman produk yang mengalami kendala akibat keterlambatan yang lumayan lama dan kurir tidak bisa dilacak keberadaannya.


Komunikasi yang lancar dan kesigapan dalam merespon laporan atau sekedar pertanyaan seputar tracking barang, merupakan salah satu nilai plus yang dimiliki JNE. Pihak agen JNE terdekat tempat saya biasa kirim barang, cukup kooperatif sehingga saya tidak pernah mengalami hambatan yang berarti dalam proses pengiriman produk DapurNonaqu. Tak terasa sudah 7 tahun lebih saya menggunakan jasa JNE dalam pengiriman produk UMKM saya. Terimakasih JNE karena telah membantu DapurNonaqu terutama pada saat pandemi ini. 


Kuuy Ikutan JNE Blog Competition dalam Gelaran JNE Content Competition 2021



JNE Blog Competition merupakan salah satu kategori yang ada pada JNE Content Competition 2021


Kalian punya juga cerita seputar UMKM? Bisa banget loh ikutan JNE Blog Competition yang merupakan salah satu kompetisi yang ada dalam JNE Content Competition 2021 untuk kategori writing competition. Ada hadiah 5 juta rupiah untuk juara pertama, 3,5 juta rupiah untuk juara kedua dan 2 juta rupiah untuk juara ketiga jika memenangkan JNE Blog Competition ini. Simak syaratnya ya..


Syarat dan ketentuan mengikuti JNE Blog Competition 2021, yaitu:


- Peserta telah terdaftar sebagai anggota Kompasiana. Jika belum terdaftar, silakan registrasi terlebih dahulu di Kompasiana com;

- Akun yang sudah tervalidasi akan diprioritaskan menjadi pemenang;

- Tulisan harus baru, orisinal (hasil karya sendiri), dan tidak sedang dilombakan di kompetisi blog atau menulis lainnya;

- Konten tulisan tidak melanggar Tata Tertib Kompasiana;

- Setelah artikel tayang di Kompasiana, Tim Moderator akan mengunci artikel pada artikel yang dilombakan agar tidak dapat melakukan perubahan apapun pada artikel tersebut. Hal ini dilakukan demi menjaga sportivitas para peserta JNE Blog Competition.


Mekanisme JNE Blog Competition 2021 adalah sebagai berikut:

1.JNE Blog Competition 2021 mengangkat tema: JNE Bersama UMKM untuk Indonesia;

2. Peserta kompetisi diminta untuk menuliskan tentang pengalaman bagaimana JNE berkontribusi menunjang kebutuhan gaya hidup di era digital, termasuk dalam upaya mendukung bergulirnya roda perekonomian Indonesia pada level mikro (UMKM kuliner, tekno, fesyen/beauty, dan lain-lainnya) dengan menjembatani kebutuhan stakeholders (konsumen, marketplace, fintech, dsb);

3. Periode kompetisi dimulai sejak 6 Desember 2021 hingga 31 Januari 2022 mendatang;

4. Tulisan minimal 500 kata dan tidak lebih dari 1.500 kata,

5. Dalam artikel yang ikut dikompetisikan, peserta wajib menyebutkan keyword: JNE;

6. Peserta wajib mencantumkan label JNE31tahun dan JNEMajuIndonesia;

7. Hanya artikel yang sesuai dengan ketentuan dan tema kompetisi yang dapat diikutkan dalam JNE Blog Competition 2021;

8. Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat dan jika terjadi kecurangan dalam bentuk apapun, maka pihak penyelenggara berhak menganulir pemenang atau mengeluarkan pihak yang bersangkutan dari JNE Blog Competition 2021;

9. Pemenang akan diumumkan paling lambat 14 hari kerja setelah periode kompetisi berakhir.


Kuy lah ikutan mumpung masih ada waktu nih, mayan banget kan hadiahnya. Ditunggu partisipasinya yaaaa


Sebagai pelaku UMKM telah 7 tahun saya mengandalkan JNE untuk pengiriman produk





You May Also Like

0 komentar

Postingan Populer