Tips Memilih Provider Internet yang Tepat Untuk Aktivitas Tanpa Batas di Rumah

by - Desember 10, 2021


Internet menjadi salah satu kebutuhan cukup penting pada masa pandemi (foto diambil dari Unsplash)


Internet telah menjadi salah satu kebutuhan penting bagi sebagian besar orang terutama pada masa pandemi ini. Banyak orang yang tergantung pada internet selama masa pandemi ini, saat aktivitas di luar rumah dibatasi sebagai upaya untuk memutus rantai penyebaran virus korona. Alhasil, kita melakukan aktivitas tanpa batas di rumah dengan mengandalkan internet. Belajar, bekerja dan berinteraksi dengan rekan kerja, sahabat, kerabat dilakukan dari rumah dengan memanfaatkan internet dan teknologi digital. Digital bisa untuk Indonesia yang lebih baik.


Kehadiran internet pada masa pandemi ini dapat dikatakan cukup penting dan dibutuhkan. Saat jaringan internet mengalami kendala, ketika itu pula hidup kita pun mengalami gangguan. Tidak dapat bekerja, sekolah dan tidak dapat melakukan berbagai aktivitas tanpa batas lainnya dari rumah yang mengandalkan internet. Karena itu untuk mendukung aktivitas tanpa batas di rumah pada masa pandemi ini, kita memerlukan provider internet yang tepat dan sesuai. Provider internet yang memiliki kecepatan internet yang cepat, minim gangguan dan dapat memenuhi kebutuhan kita.


Memilih provider internet yang tepat dan sesuai untuk kita, tidaklah semudah yang kita pikirkan. Ada beberapa tips yang harus kita perhatikan dalam memilih provider internet supaya kita tidak kecewa dan menyesal kemudian. Sudah langganan berbayar mahal-mahal eh malah sering gangguan. Bikin kesal kan?! Apa sajakah tips memilih provider internet yang tepat dan sesuai untuk mendukung aktivitas tanpa batas kita selama di rumah saja pada masa pandemi ini?


Tips memilih provider internet yang tepat dan sesuai untuk aktivitas tanpa batas di rumah pada masa pandemi


Ada beberapa tips yang bisa kita lakukan dalam memilih provider internet yang tepat dan sesuai agar kita tidak kecewa dan menyesal nantinya. Apalagi pada masa pandemi ini, internet sepertinya telah setara kedudukannya dengan kebutuhan pokok lainnya seperti kebutuhan pangan, papan dan sandang. Kenapa bisa dikatakan demikian? Karena saat jaringan internet mengalami gangguan, hidup kita pun otomatis terganggu. Apalagi yang bekerja dan belajar dari rumah dengan mengandalkan teknologi digital dan internet.

Memilih provider internet harus tepat dan sesuai kebutuhan aktivitas tanpa batas di rumah ( foto diambil dari Unsplash)


Sebelum memutuskan untuk berlangganan provider internet, ada beberapa tips atau cara yang dapat dilakukan, diantaranya adalah:

1. Sebelum memutuskan untuk berlangganan penyedia layanan (provider) internet, sebaiknya terlebih dulu cari tau seputar provider internet tersebut

Apakah jaringannya sering mengalami gangguan, bagaimana kecepatan dan pelayanannya terhadap laporan pelanggan pada saat ada gangguan ataupun keluhan. Kita dapat mencari tau hal tersebut melalui rekomendasi teman yang sudah berlangganan provider internet atau browsing di google. Dan bisa juga dari komentar pelanggan pada kolom komentar sosial media provider internet itu. Jika banyak komentar keluhan atau negatif, lebih baik dipikirkan kembali keinginan kita untuk berlangganan provider internet tersebut. Dan sebaiknya beralih ke provider internet lainnya. Seperti kata orang-orang dulu, "jangan beli kucing dalam karung". Kalimat ini pun berlaku dalam memilih provider internet. Ketahui dan kenali dulu kelebihan serta kekurangan provider internet yang ingin kita pilih sebelum memutuskan untuk berlangganan;


2. Provider internet yang akan kita pilih, sebaiknya yang dapat memenuhi kebutuhan digital kita dan sesuai dengan anggaran (budget) yang dimiliki

Sebelum memutuskan untuk berlangganan, ada baiknya untuk mengetahui paket-paket langganan yang ditawarkan. Hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah provider internet tersebut dapat memenuhi kebutuhan digital kita atau tidak. Sekaligus untuk mengetahui apakah biaya berlangganannya sesuai dengan anggaran atau kemampuan finansial kita;


3. Pastikan provider internet yang akan dipilih memiliki kecepatan internet yang sesuai dengan kebutuhan digital kita, anti lemot dan dapat menjangkau banyak perangkat

Provider internet yang lemot hanya akan membuat hati kesal dan aktivitas digital kita terganggu. Penting untuk mengetahui berapa cepat jaringan provider internet yang ingin kita pilih sebelum memutuskan untuk berlangganan dan apakah sesuai dengan kebutuhan digital kita;


4. Provider internet yang akan dipilih harus menjangkau lokasi tempat tinggal kita 

Perlu diingat, tidak semua provider internet dapat menjangkau seluruh lokasi di Indonesia. Bisa saja terjadi, jaringan provider internet tersebut menjangkau lokasi tempat tinggal kita tapi layanan 3G tidak tersedia atau tidak bisa dinikmati. Cari tau dulu, di lokasi tempat tinggal kita, provider internet mana yang paling kuat sinyalnya, paling cepat dan stabil koneksi internetnya;


5. Lebih baik memilih provider internet yang menawarkan kuota tanpa batas (unlimited).

Pada masa pandemi ini, kita banyak melakukan aktivitas digital di rumah yang memerlukan kuota internet yang cukup besar. Karena itu sebaiknya memilih provider internet yang tidak memberlakukan batasan dalam pemakaiannya. Semua akses internet unlimited atau tanpa batas. Hal ini perlu apalagi selama pandemi, kita lebih banyak di rumah. Dan untuk mendukung aktivitas tanpa batas di rumah, kita perlu layanan internet unlimited;


6. Sebaiknya pilihlah provider internet yang menyediakan layanan TV kabel (TV digital dan layanan entertainment lainnya

Pada masa pandemi, pemerintah menghimbau agar kita lebih banyak di rumah saja. Supaya tidak lekas bosan dan tetap betah di rumah saja, sebaiknya kita memilih provider internet yang menyediakan layanan TV kabel (TV Digital) dan layanan entertainment lainnya. Pilihan TV Channel yang beragam merupakan hiburan selama di rumah saja. 


Setidaknya 6 tips diatas dapat dijadikan pertimbangan sebelum memilih provider internet yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan digital kita. Hal-hal tersebut itulah yang dulu saya lakukan sebelum memutuskan untuk berlangganan IndiHome, internetnya Indonesia. IndiHome merupakan solusi internet berkelas dan cerdas untuk aktivitas tanpa batas di rumah. Saya memilih IndiHome karena mampu memenuhi kebutuhan digital saya terutama pada masa pandemi ini.


Salah satu aktivitas digital saya di rumah (foto pribadi)


IndiHome, internetnya Indonesia untuk mendukung kedaulatan digital tanah air



IndiHome internetnya Indonesia untuk mendukung aktivitas tanpa batas (foto diambil dari laman IndiHome dan diedit melalui aplikasi Photoroom)


Seperti yang dilansir pada laman IndiHome , IndiHome adalah provider internet atau layanan digital terdepan dengan menggunakan teknologi fiber optik yang menawarkan layanan Triple Play yang terdiri dari internet rumah (Fixed Broadband Internet), telepon rumah (Fixed Phone) dan TV Interaktif (IndiHome TV). IndiHome menghadirkan koneksi internet yang stabil dan kecepatan yang sesuai dengan kebutuhan digital saya. Saya memilih berlangganan paket 2P (internet + TV) karena sesuai dengan kebutuhan digital saya dan keluarga.


Saat ini, jaringan IndiHome sudah mencakup hampir semua daerah di Indonesia termasuk sebagian Papua dan terus melakukan inovasi untuk memenuhi kebutuhan internet yang lebih baik lagi bagi masyarakat Indonesia. Provider internet yang juga merupakan internetnya untuk gamer ini, menggunakan jaringan fiber optik yang tersebar hampir di seluruh negeri. IndiHome menawarkan pilihan kecepatan internet hingga 300 Mbps. Bukan hanya itu, selain menghadirkan internet cepat, internet IndiHome lebih stabil dan tahan terhadap cuaca.


IndiHome mendukung aktivitas tanpa batas di rumah seperti bekerja dari rumah, belajar daring, belanja online, bermain game hingga menonton tayangan hiburan hingga jadi lebih praktis dan nyaman. Apalagi sekarang ini IndiHome menghadirkan aplikasi myIndiHome, satu klik, bikin semua lebih baik. myIndiHome adalah aplikasi yang memudahkan pelanggan untuk mengatur layanan IndiHome termasuk registrasi layanan IndiHome, aktivasi OTT video streaming, berlangganan fitur tambahan, lapor gangguan, cek dan bayar tagihan, cek poin myIndiHome, info pemakaian serta layanan menarik lainnya.


myIndiHome memberikan pengalaman digital yang menarik dan memudahkan saya sebagai pelanggan IndiHome. Saya dapat mencari paket berlangganan yang sesuai kebutuhan digital saya secara lebih praktis dan cepat. myIndiHome merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh IndiHome untuk meningkatkan kualitas layanannya demi menyuguhkan the best customer experience. Dan aplikasi ini membuat saya semakin nyaman berlangganan IndiHome.


IndiHome mampu memenuhi kebutuhan digital saya terutama pada masa pandemi


You May Also Like

0 komentar

Postingan Populer