Minggu, 26 Desember 2021

Pentingnya Meningkatkan Brand Awareness Agar Produk Makin Terkenal

Penting meningkatkan brand awareness agar produk makin terkenal (foto diambil dari Unsplash)


Pernah dengar brand awareness? Apa sih brand awareness itu dan pentingkah pelaku bisnis meningkatkan brand awareness bisnisnya? Brand awareness atau kesadaran merek adalah kemampuan konsumen dan calon konsumen dalam mengenali suatu merek, produk, atau jasa hanya dengan melihat sesuatu baik itu warna, logo, image yang menggambarkan identitas suatu merek atau brand


Menilik dari arti brand awareness, menunjukkan bahwa kemampuan konsumen untuk mengenali merek, produk atau jasa sangat menentukan untuk perkembangan sebuah bisnis. Konsumen cenderung membeli produk yang dia ketahui dan kenal. Contohnya ketika menyebut mie instant, sebagian besar orang pasti langsung teringat pada Indomie dan bukan merek mie instant lainnya. Hal ini menunjukkan pentingnya meningkatkan brand awareness agar produk dapat dikenal konsumen hingga meningkatkan grafik penjualan.


Melansir data dari Nielsen Global New Product Innovation Survey menunjukkan, 59% konsumen lebih memilih untuk membeli produk baru yang dibuat oleh brand yang telah mereka kenal daripada membeli produk dari merek yang sama sekali baru untuk mereka. Brand awareness akan menjadi salah satu faktor utama yang menentukan perilaku konsumen pada saat pengambilan keputusan untuk melakukan pembelian. Karena itulah bagi pelaku bisnis penting sekali untuk meningkatkan brand awarness agar produk yang dipasarkan dapat lebih terkenal.


Pelaku bisnis atau usaha perlu mempelajari perilaku konsumen untuk meningkatkan awareness terhadap produk atau jasa yang mereka tawarkan sekaligus untuk mengembangkan strategi promosi, penjualan serta pengembangan usaha secara keseluruhan. Pelaku usaha atau pemilik bisnis perlu melakukan branding terlebih dahulu sebelum meningkatkan brand awareness produk atau jasanya. Branding adalah sebuah usaha yang dilakukan oleh pelaku bisnis/usaha untuk menciptakan image yang baik dan kuat terhadap produknya hingga masyarakat mengingat produknya serta dapat membedakannya dengan produk sejenis lainnya.


Tujuan dan Manfaat Brand Awareness bagi Pelaku Usaha


Tujuan brand awareness agar produk makin dikenal (foto Unsplash)

Pelaku usaha atau pemilik bisnis penting meningkatkan brand awareness agar produknya makin dikenal luas. Tujuan utama dari brand awareness adalah untuk meningkatkan loyalitas konsumen melalui aktivitas marketing. Dalam proses branding demi menanamkan identitas merek, harus bisa menciptakan suatu kesan yang mendalam dan menjadi pembeda. Baik itu dalam hal nama produk, warna yang khas, logo yang unik. Dan yang terpenting adalah menjaga kualitas dan layanan agar selalu sama. Semakin kuat identitas yang dibuat, maka semakin kuat pula kesadaran konsumen akan merek tersebut. Bahkan jika loyalitas konsumen meningkat, mereka bisa jadi “corong” promosi bagi produk tersebut tanpa diminta.


Meningkatkan brand awarness akan mendatangkan reaksi dan feedback yang besar bagi merek/brand tersebut hingga membuat merek/brand tersebut semakin dikenal orang. Brand awareness memiliki beberapa manfaat untuk pelaku usaha/pemilik bisnis, diantaranya adalah:

1.Meningkatkan kesadaran dan keberadaan merek

Sebuah merek atau brand akan lebih mudah diingat oleh masyarakat jika bisa menanamkan hal unik yang membedakan dengan merek sejenis lainnya. Hal pembeda tersebut dapat berupa simbol, logo, nama atau lainnya;


2. Brand awareness dapat digunakan untuk menarik konsumen baru sekaligus dapat membuat pelanggan menjadi loyal. Jika sebuah merek/brand mampu menanamkan kesan positif dan baik, hal tersebut membuat konsumen akan selalu ingat dan memungkinkan untuk menarik perhatian konsumen baru. Terlebih lagi jika kualitas terus ditingkatkan. Konsumen tidak akan mau pindah ke brand lain;


3. Meningkatkan brand awarness sangat penting untuk pelaku bisnis atau pemilik usaha karena dapat meningkatkan nilai jual produk dan sebagai bentuk kepercayaan. Saat konsumen telah percaya akan sebuah merek/brand, berapa pun harga yang dibandrol untuk produk tersebut, akan tetap laku walaupun mengalami kenaikan harga.


Cara Meningkatkan Brand Awareness Agar Produk Makin Terkenal



Cara meningkatkan brand awareness

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan brand awareness agar produk lebih dikenal masyarakat. Semakin banyak masyarakat yang mengenal brand atau sebuah produk maka semakin luas pula jangkauan pasar merek tersebut. Karena itu penting sekali untuk meningkatkan brand awareness. Cara-cara yang bisa dilakukan, yaitu:

1.Untuk meningkatkan brand awareness, brandinglah produk/merek terlebih dulu dengan nilai-nilai positif hingga ternanam kuat dalam benak masyarakat mengenai produk atau merek yang dipasarkan. Gunakan simbol, logo, tagline dan nama yang unik yang membedakan dari produk atau brand sejenis;


2. Manfaatkan jaringan media sosial agar bisa memperkenalkan produk (melakukan branding) sekaligus terhubung dengan pelanggan. Media sosial dapat dimanfaatkan untuk berinteraksi, bukan hanya untuk pelanggan setia tapi juga dapat menjangkau calon konsumen. Memanfaatkan media sosial untuk meningkatkan brand awareness merupakan aktivitas marketing yang murah dan cukup mudah dilakukan. Melalui media sosial dapat dibangun kepercayaan konsumen sekaligus sebagai tempat menawarkan produk;


3. Menggandeng influencer untuk membantu meningkatkan brand awareness. Influencer marketing merupakan strategi pemasaran media sosial yang terbukti ampuh untuk menjangkau pasar yang lebih luas lagi. Influencer yang diajak bekerjasama adalah influencer yang memiliki pengaruh kuat terhadap followernya dan yang memiliki image yang baik;


4. Salah satu cara lain untuk meningkatkan brand awareness adalah dengan memiliki website. Website berguna sebagai alat publikasi melalui media online. Publikasi media online berguna untuk mem-branding produk dan menjadi identitas pembeda dengan produk lainnya. Selain itu melalui publikasi media online, dapat membangun costumer trust dan meningkatkan kepercayaan konsumen pada produk. 

Sebagai publikasi media online, website harus dirancang secara menarik dan user friendly. Jika pemilik brand, tidak memiliki kemampuan untuk mengelola website dapat mempercayakan masalah pembuatan dan pengelolaan website pada digital marketing. Salah satu digital marketing yang dapat membantu dalam publikasi media online adalah Digitalic id, digital agency Jakarta. Oh ya publikasi di media online juga dapat dilakukan dengan memberikan backlink. Tidak perlu khawatir jika pemilik brand tidak paham mengenai hal ini dapat menggunakan jasa backlink media nasional.


Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan brand awareness agar produk yang dipasarkan kian dikenal masyarakat luas. Semoga bermanfaat.


Salah satu cara meningkatkan brand awareness yaitu dengan publikasi media online








 

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar