Senin, 13 Desember 2021

Ajarkan Anak Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Sejak Dini


Ajarkan anak menjaga kesehatan gigi dan mulut sejak dini (foto diambil dari Unsplash)


Kesehatan gigi dan mulut anak penting sekali bagi kesehatan tubuh anak secara keseluruhan. Kesehatan gigi dan mulut anak merupakan salah satu faktor penting dalam tumbuh kembang anak. Terlebih lagi, email gigi anak mudah sekali mengalami kerusakan dibandingkan email gigi dewasa. Karena itu perlu sekali untuk ajarkan anak menjaga kesehatan gigi dan mulut sejak dini. Sejak gigi pertama si anak tumbuh, pada usia sekitar 6-8 bulan, saat itulah anak sudah harus dibiasakan membersihkan gigi. Tentu saja dengan bantuan orangtuanya.


Kesehatan gigi dan mulut merupakan awal kesehatan tubuh secara keseluruhan. Begitu pun pada anak. Kondisi gigi dan mulut yang sehat akan membuat organ tubuh lainnya terjaga dari bakteri jahat. Infeksi yang terjadi pada mulut dan gigi dapat menyebar ke organ yang lain. Mulut merupakan salah satu gerbang masuknya bakteri atau kuman kedalam tubuh. Karena itulah, sejak dini anak-anak harus diajarkan pentingnya menjaga dan merawat kesehatan gigi dan mulut agar dapat tumbuh sehat dan bugar.


Menjaga kesehatan gigi dan mulut anak, bukan hanya sekedar membiasakan anak membersihkan atau rutin menyikat giginya saja. Tapi mengenalkan anak untuk merawat dan menjaga kesehatan gigi dan mulut anak dengan cara menerapkan kebiasaan baik seputar perilaku merawat dan menjaga kesehatan gigi dan mulut. Penting sekali untuk mengajarkan anak menjaga kesehatan gigi dan mulut sejak dini dengan cara melakukan kebiasaan-kebiasaan baik.



Mengajarkan kebiasaan-kebiasaan baik dalam menjaga dan merawat kesehatan gigi dan mulut pada anak



Kebiasaan-kebiasaan baik dalam menjaga kesehatan mulut dan gigi pada anak (foto diambil dari Unsplash)


Anak-anak harus diajarkan kebiasaan-kebiasaan baik dalam menjaga kesehatan gigi dan mulutnya sedini mungkin. Agar dapat tumbuh kembang secara optimal. Mengajarkan kebiasaan-kebiasaan baik dalam menjaga dan merawat kesehatan gigi dan mulut pada anak sebaiknya dilakukan dengan cara menyenangkan dan mudah dipahami oleh anak. 


Kebiasaan-kebiasaan baik yang dapat diajarkan pada anak dalam menjaga dan merawat kesehatan gigi dan mulut, diantaranya adalah:

1.Menjaga kebersihan gigi dan mulut

Ajarkan anak untuk menjaga kebersihan gigi dan mulutnya dengan cara rutin membersihkan gigi dan mulutnya sekurangnya 2 kali sehari. Orangtua terlebih dulu harus dapat memberikan contoh pada anak dengan cara merawat kebersihan gigi dan mulutnya sendiri. Jangan sampai orangtuanya mengajarkan anaknya untuk menyikat gigi minimal 2 kali sehari tapi orangtuanya sendiri tidak melakukan hal tersebut. Orangtua sebaiknya memberikan penjelasan yang mudah dipahami anak mengapa harus menyikat gigi secara teratur untuk sebagai salah satu cara merawat dan menjaga kesehatan gigi dan mulut;


2.Biasakan anak minum dari gelas dan tidak dari dot

Perilaku menggunakan dot dalam waktu lama pada anak dapat membuat gigi anak menjadi rusak. Terutama jika si anak minum susu formula menggunakan dot pada saat tidur dan sisa-sisa susu formula tidak dibersihkan dari gigi dan mulut si anak. Akibatnya sisa-sisa susu tersebutlah yang membuat gigi anak mengalami kerusakan seperti gigi berlubang, grepes dan karies gigi. Selain itu, penggunaan dot pada bayi pada saat fase tumbuh gigi dapat menghambat pertumbuhan giginya. Gigi yang seharusnya tumbuh akan tertahan sehingga terhambat untuk keluar. Karena itu sebaiknya ajarkan anak untuk minum dengan menggunakan gelas;


3.Penting sekali membiasakan anak untuk mengurangi makan cemilan dan minuman manis termasuk membatasi minum juice buah dengan penambahan gula pasir (gula putih)

Ajarkan anak untuk minum air putih setelah minum minuman manis atau makan cemilan manis. Sebaiknya jangan biasakan anak makan permen, gula-gula ataupun cemilan apapun yang dapat memicu kerusakan gigi anak. Sedini mungkin perkenalkan anak dengan makanan yang dapat mendukung kesehatan gigi dan mulut seperti makanan yang mengandung kalsium dan protein serta minum air putih sebagai cara membantu membersihkan sisa minuman manis atau makanan yang menempel pada gigi;


4.Biasakan anak melakukan pemeriksaan rutin ke dokter gigi

Orangtua sebaiknya mulai memperkenalkan anak pada dokter gigi sejak 6 bulan gigi pertamanya tumbuh. Membawa anak ke dokter gigi dalam rangka menjaga dan merawat kesehatan gigi dan mulutnya dapat dilakukan pada saat anak berumur 12 bulan atau 6 bulan setelah gigi pertamanya tumbuh. Dokter gigi akan melakukan pemeriksaan gigi, gusi dan jaringan lain yang berkaitan dengan kesehatan gigi dan mulut anak. Setelah pemeriksaan pertamanya ke dokter gigi, biasanya dokter gigi akan menjadwalkan pemeriksaan berikutnya 3 bulan kemudian. Pada awal-awal pemeriksaan ke dokter gigi, sebagian besar dokter gigi akan menjadwalkan 3 bulan sekali. Tujuannya agar dapat membangun kepercayaan anak pada dokter gigi dan membiasakan anak melakukan pemeriksaan rutin ke dokter gigi. Dokter gigi juga dapat membantu mengawasi masalah perkembangan gigi anak dengan lebih intensif. Setelah anak terbiasa melakukan perawatan ke dokter gigi dan kondisi kesehatan gigi dan mulutnya baik, dokter gigi akan menyarankan untuk melakukan pemeriksaan rutin sekurangnya 6 bulan sekali.


Membiasakan anak melakukan pemeriksaan rutin ke dokter gigi


Cara mengajak anak ke dokter gigi dengan menyenangkan



Sebagian besar orangtua mengalami kendala saat harus memperkenalkan anak pada dokter gigi. Hal ini disebabkan karena orangtua baru membawa anaknya ke dokter gigi pada saat si anak mengalami masalah atau keluhan pada giginya. Jika sedini mungkin anak dibiasakan untuk melakukan pemeriksaan rutin ke dokter gigi, anak tidak akan merasa takut. Orangtua sebaiknya tidak memaksa anak apalagi menakutinya supaya mau diajak ke dokter gigi. Sebelum mengajak anak melakukan pemeriksaan dan perawatan rutin ke dokter gigi, jelaskan terlebih dulu dan yakinkan anak bahwa dokter gigi akan membantu merawat kesehatan gigi dan mulutnya supaya tetap sehat dan bersih.


Biasanya ketakutan anak pada dokter gigi disebabkan karena anak merasa takut sakit apalagi jika dia belum pernah sekalipun ke dokter gigi. Pada saat tiba di ruangan dokter gigi dan melihat peralatan dokter gigi, hati anak semakin ciut. Anak cenderung takut akan apapun yang belum diketahuinya dan orang asing yang baru ditemuinya. Penting sekali untuk membuat anak merasa nyaman ketika mengunjungi dokter gigi untuk melakukan pemeriksaan gigi pertamakalinya. Pernah dengarkan kalau kesan pertama menentukan pertemuan-pertemuan selanjutnya? Begitu pula halnya saat mengajak anak ke dokter gigi.


Pada saat pertama mengajak anak melakukan pemeriksaan dan perawatan rutin ke dokter gigi, orangtua hendaklah memberikan persepsi positif pada anak tentang dokter gigi dan memilih tempat pemeriksaan yang nyaman untuk anak. Anak-anak pasti senang bila diajak ke tempat-tempat dimana ia dapat bermain dan merasakan kenyamanan. Orangtua dapat mengajak anak untuk melakukan pemeriksaan dan perawatan gigi dan mulut anak di rumah sakit atau klinik gigi yang ramah anak.


Akan terasa sekali bedanya saat mengajak anak melakukan pemeriksaan dan perawatan gigi dan mulut pada rumah sakit atau klinik biasa dengan membawa anak mengunjungi dokter gigi di rumah sakit atau klinik yang khusus menangani kesehatan gigi dan mulut anak dan keluarga. Salah satu klinik gigi yang ramah anak dan khusus menangani kesehatan gigi dan mulut anak dan keluarga adalah Medikids dari MHDC (Mulia Health dan Dental Care). Dan beberapa hari lalu Medikids membuka cabang terbarunya yang berlokasi di Ruko The Plaza Perumahan Bukit Cimanggu City Bogor.


Mengajak anak ke klinik gigi ramah anak, profesional dan memberikan pengalaman menyenangkan


Medikids Clinic Wakaf Bogor by MHDC Cabang Ruko The Plaza Perumahan Bukit Cimanggu City Bogor


Medikids Clinic Wakaf Bogor by MHDC


Medikids Clinic wakaf Bogor by MHDC Cabang Ruko The Plaza Perumahan Bukit Cimanggu City Bogor merupakan cabang kedelapan dari MHDC dan klinik ketiga yang berkonsep wakaf. Medikids Clinic Wakaf Bogor hadir untuk memenuhi kebutuhan akan dokter gigi terpercaya dan nyaman untuk anak dan keluarga dengan harga terjangkau untuk wilayah Bogor dan sekitarnya. Sama dengan cabang lainnya, Medikids Bogor mengusung tema Around The World.


Medikids Clinic Wakaf Bogor berlokasi di Ruko The Plaza Perumahan Bukit Cimanggu City Blok RKA no.6, Bogor.  Mengapa ada kata wakaf? Berawal dari keinginan MHDC yang ingin berbuat sesuatu yang bermanfaat dan tidak putus pahalanya, karenanya diusunglah konsep wakaf yang berkelanjutan agar nilai manfaatnya tidak akan habis. Pasien yang datang memeriksakan gigi dan berobat ke Medikids Clinic Wakaf Bogor berarti ikut pula berpartisipasi dalam program wakaf ini. Karena sebagian penghasilan dari Medikids Clinic Wakaf Bogor dijadikan wakaf produktif yang dibantu pengelolaannya melalui Yayasan Wakaf Produktif Pengelolaan Aset Islamic Indonesia.


Medikids Clinic Wakaf Bogor menghadirkan dokter gigi anak dan keluarga Bogor. Klinik ini dilengkapi dengan fasilitas yang cukup lengkap dan menyuguhkan pelayanan yang ramah anak serta suasana yang playful, unik, colourful dan nyaman. Medikids Clinic Wakaf Bogor akan memberikan pengalaman menyenangkan dan tak terlupakan pada anak ketika melakukan pemeriksaan dan perawatan gigi. Tidak cukup sampai disitu saja, Medikids Clinic Wakaf Bogor dilengkapi pula dengan fasilitas London Play Hospital. Anak-anak akan dapat merasakan keseruan dan belajar bagaimana menjadi dokter gigi dan tenaga medis lainnya.


Medikids Clinic Wakaf Bogor mengusung tema Around The World


Seperti cabang Medikids yang lebih dulu hadir, Medikids Clinic Wakaf Bogor juga didukung oleh tenaga profesional seperti tim dokter gigi umum, dokter gigi spesialis kesehatan gigi anak, dokter gigi spesialis orthodonti, prosthodonti, konservasi gigi, bedah mulut dan juga melayani vaksin untuk anak seperti vaksin influenza. Medikids Clinic Wakaf Bogor tidak hanya sebagai klinik gigi anak dan keluarga saja tapi juga Klinik Vaksinasi Anak dan Keluarga Bogor. Medikids menghadirkan suasana klinik yang menyenangkan, ramah anak, membuat anak betah dan nyaman dengan tema airport dari berbagai penjuru dunia seperti Afrika Safari Dental, Japan Dental Room dan London Play Hospital.


Soft opening Medikids Clinic Wakaf Bogor diadakan pada tanggal 12 Desember 2021 kemarin. Acara soft opening Medikids Bogor diawali dengan zumba lalu Health Talk yang mengangkat tema: " Millenial Parents Harus Tau: Pentingnya Rutin Cek Kesehatan Gigi Anak dan Proteksi Menghadapi Tahun Baru". Bincang sehat ini menghadirkan nara sumber : drg. Amiroh (owner Medikids Bogor), dr. Antania Isyatira Kartika (salah satu dokter Medikids Bogor) dan Cut Namira (mom influencer).


Health talk Medikids Bogor


Health Talk tersebut membahas tentang pentingnya untuk rutin melakukan pemeriksaan dan perawatan rutin gigi anak, mengetahui kebiasaan apa saja yang dapat membuat gigi anak menjadi mudah rusak, kapan anak mulai diajak periksa ke dokter gigi, apakah penting melengkapi vaksin anak sebagai proteksi diri anak terutama dalam menghadapi liburan Nataru dan apakah bahayanya jika tidak melengkapi vaksin dasar pada anak. Bincang sehat berlangsung interaktif dan memberikan insight yang cukup banyak bagi ibu-ibu milenial yang hadir.


Setelah acara Health Talk, acara Soft opening Medikids Bogor dilanjutkan dengan prosesi pembukaan klinik berupa kata sambutan dari owner MHDC, Medikids Bogor dan kemudian dilanjutkan dengan acara pemotongan pita oleh drg. Amiroh sebagai owner Medikids Bogor dan pemotongan tumpeng sebagai tanda dibukanya secara resmi Medikids Bogor untuk umum oleh dr. Sakina Umar,Sp. THT-KL, salah satu owner MHDC.


Prosesi pemotongan tumpeng pada soft opening Medikids Bogor


Medikids Bogor merupakan klinik gigi dan keluarga yang menghadirkan pelayanan kesehatan yang holistik, profesional dan prima. Selain itu, Medikids Bogor menghadirkan pula unsur edukasi pada anak saat berkunjung ke klinik supaya anak memiliki pengetahuan yang cukup dan kepedulian terhadap pentingnya menjaga kesehatan dirinya termasuk kesehatan gigi dan mulut serta menumbuhkan rasa percaya diri dan kepercayaan pada anak pada saat menerima perawatan medis.


Medikids, klinik gigi anak dan keluarga yang nyaman


Kehadiran Medikids Bogor diharapkan dapat membantu warga Bogor dan sekitarnya untuk memperoleh pelayanan pemeriksaan dan perawatan gigi yang profesional dan menyeluruh serta ramah anak. Sehingga tidak perlu drama keluarga lagi jika harus membawa anak untuk berkunjung ke klinik gigi untuk melakukan pemeriksaan dan perawatan gigi dan mulut.

Medikids Ruko The Plaza Perumahan Bukit Cimanggu City Bogor


Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

Tidak ada komentar