Minggu, 26 Desember 2021

Pentingnya Meningkatkan Brand Awareness Agar Produk Makin Terkenal

Penting meningkatkan brand awareness agar produk makin terkenal (foto diambil dari Unsplash)


Pernah dengar brand awareness? Apa sih brand awareness itu dan pentingkah pelaku bisnis meningkatkan brand awareness bisnisnya? Brand awareness atau kesadaran merek adalah kemampuan konsumen dan calon konsumen dalam mengenali suatu merek, produk, atau jasa hanya dengan melihat sesuatu baik itu warna, logo, image yang menggambarkan identitas suatu merek atau brand


Menilik dari arti brand awareness, menunjukkan bahwa kemampuan konsumen untuk mengenali merek, produk atau jasa sangat menentukan untuk perkembangan sebuah bisnis. Konsumen cenderung membeli produk yang dia ketahui dan kenal. Contohnya ketika menyebut mie instant, sebagian besar orang pasti langsung teringat pada Indomie dan bukan merek mie instant lainnya. Hal ini menunjukkan pentingnya meningkatkan brand awareness agar produk dapat dikenal konsumen hingga meningkatkan grafik penjualan.


Melansir data dari Nielsen Global New Product Innovation Survey menunjukkan, 59% konsumen lebih memilih untuk membeli produk baru yang dibuat oleh brand yang telah mereka kenal daripada membeli produk dari merek yang sama sekali baru untuk mereka. Brand awareness akan menjadi salah satu faktor utama yang menentukan perilaku konsumen pada saat pengambilan keputusan untuk melakukan pembelian. Karena itulah bagi pelaku bisnis penting sekali untuk meningkatkan brand awarness agar produk yang dipasarkan dapat lebih terkenal.


Pelaku bisnis atau usaha perlu mempelajari perilaku konsumen untuk meningkatkan awareness terhadap produk atau jasa yang mereka tawarkan sekaligus untuk mengembangkan strategi promosi, penjualan serta pengembangan usaha secara keseluruhan. Pelaku usaha atau pemilik bisnis perlu melakukan branding terlebih dahulu sebelum meningkatkan brand awareness produk atau jasanya. Branding adalah sebuah usaha yang dilakukan oleh pelaku bisnis/usaha untuk menciptakan image yang baik dan kuat terhadap produknya hingga masyarakat mengingat produknya serta dapat membedakannya dengan produk sejenis lainnya.


Tujuan dan Manfaat Brand Awareness bagi Pelaku Usaha


Tujuan brand awareness agar produk makin dikenal (foto Unsplash)

Pelaku usaha atau pemilik bisnis penting meningkatkan brand awareness agar produknya makin dikenal luas. Tujuan utama dari brand awareness adalah untuk meningkatkan loyalitas konsumen melalui aktivitas marketing. Dalam proses branding demi menanamkan identitas merek, harus bisa menciptakan suatu kesan yang mendalam dan menjadi pembeda. Baik itu dalam hal nama produk, warna yang khas, logo yang unik. Dan yang terpenting adalah menjaga kualitas dan layanan agar selalu sama. Semakin kuat identitas yang dibuat, maka semakin kuat pula kesadaran konsumen akan merek tersebut. Bahkan jika loyalitas konsumen meningkat, mereka bisa jadi “corong” promosi bagi produk tersebut tanpa diminta.


Meningkatkan brand awarness akan mendatangkan reaksi dan feedback yang besar bagi merek/brand tersebut hingga membuat merek/brand tersebut semakin dikenal orang. Brand awareness memiliki beberapa manfaat untuk pelaku usaha/pemilik bisnis, diantaranya adalah:

1.Meningkatkan kesadaran dan keberadaan merek

Sebuah merek atau brand akan lebih mudah diingat oleh masyarakat jika bisa menanamkan hal unik yang membedakan dengan merek sejenis lainnya. Hal pembeda tersebut dapat berupa simbol, logo, nama atau lainnya;


2. Brand awareness dapat digunakan untuk menarik konsumen baru sekaligus dapat membuat pelanggan menjadi loyal. Jika sebuah merek/brand mampu menanamkan kesan positif dan baik, hal tersebut membuat konsumen akan selalu ingat dan memungkinkan untuk menarik perhatian konsumen baru. Terlebih lagi jika kualitas terus ditingkatkan. Konsumen tidak akan mau pindah ke brand lain;


3. Meningkatkan brand awarness sangat penting untuk pelaku bisnis atau pemilik usaha karena dapat meningkatkan nilai jual produk dan sebagai bentuk kepercayaan. Saat konsumen telah percaya akan sebuah merek/brand, berapa pun harga yang dibandrol untuk produk tersebut, akan tetap laku walaupun mengalami kenaikan harga.


Cara Meningkatkan Brand Awareness Agar Produk Makin Terkenal



Cara meningkatkan brand awareness

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan brand awareness agar produk lebih dikenal masyarakat. Semakin banyak masyarakat yang mengenal brand atau sebuah produk maka semakin luas pula jangkauan pasar merek tersebut. Karena itu penting sekali untuk meningkatkan brand awareness. Cara-cara yang bisa dilakukan, yaitu:

1.Untuk meningkatkan brand awareness, brandinglah produk/merek terlebih dulu dengan nilai-nilai positif hingga ternanam kuat dalam benak masyarakat mengenai produk atau merek yang dipasarkan. Gunakan simbol, logo, tagline dan nama yang unik yang membedakan dari produk atau brand sejenis;


2. Manfaatkan jaringan media sosial agar bisa memperkenalkan produk (melakukan branding) sekaligus terhubung dengan pelanggan. Media sosial dapat dimanfaatkan untuk berinteraksi, bukan hanya untuk pelanggan setia tapi juga dapat menjangkau calon konsumen. Memanfaatkan media sosial untuk meningkatkan brand awareness merupakan aktivitas marketing yang murah dan cukup mudah dilakukan. Melalui media sosial dapat dibangun kepercayaan konsumen sekaligus sebagai tempat menawarkan produk;


3. Menggandeng influencer untuk membantu meningkatkan brand awareness. Influencer marketing merupakan strategi pemasaran media sosial yang terbukti ampuh untuk menjangkau pasar yang lebih luas lagi. Influencer yang diajak bekerjasama adalah influencer yang memiliki pengaruh kuat terhadap followernya dan yang memiliki image yang baik;


4. Salah satu cara lain untuk meningkatkan brand awareness adalah dengan memiliki website. Website berguna sebagai alat publikasi melalui media online. Publikasi media online berguna untuk mem-branding produk dan menjadi identitas pembeda dengan produk lainnya. Selain itu melalui publikasi media online, dapat membangun costumer trust dan meningkatkan kepercayaan konsumen pada produk. 

Sebagai publikasi media online, website harus dirancang secara menarik dan user friendly. Jika pemilik brand, tidak memiliki kemampuan untuk mengelola website dapat mempercayakan masalah pembuatan dan pengelolaan website pada digital marketing. Salah satu digital marketing yang dapat membantu dalam publikasi media online adalah Digitalic id, digital agency Jakarta. Oh ya publikasi di media online juga dapat dilakukan dengan memberikan backlink. Tidak perlu khawatir jika pemilik brand tidak paham mengenai hal ini dapat menggunakan jasa backlink media nasional.


Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan brand awareness agar produk yang dipasarkan kian dikenal masyarakat luas. Semoga bermanfaat.


Salah satu cara meningkatkan brand awareness yaitu dengan publikasi media online








 

Read more

Minggu, 19 Desember 2021

Pentingnya Mempersiapkan Dana Pensiun Untuk Pekerja Lepas


Pentingnya mempersiapkan dana pensiun untuk pekerja lepas (foto diambil dari iStockphoto)


Menjadi tua adalah sesuatu hal yang pasti dalam hidup ini, dengan catatan jika diberi umur panjang oleh Tuhan YME. Setiap kali mendengar kata "tua" pikiran saya langsung menerawang. "Bagaimanakah kehidupan saya jika tua nanti? Apakah saya menikmati masa tua saya dengan santai, nyaman dan tanpa beban? Apakah saya bisa tetap mandiri dan tidak menyusahkan anak cucu secara finansial? Sedangkan saya hanyalah seorang pekerja lepas dengan pendapatan tak menentu dan tanpa ada jaminan uang pensiun". Pertanyaan-pertanyaan tersebut semakin menjadi saat usia saya menginjak 38 tahun. Hingga saya menyadari bahwa penting sekali mempersiapkan dana pensiun untuk pekerja lepas seperti saya ini.


Kesadaran akan pentingnya mempersiapkan dana pensiun untuk pekerja lepas seperti saya ini semakin saya rasakan pada masa pandemi dan berkaca pada kehidupan kedua orangtua saya saat ini, di usia senja mereka. Secara finansial, orangtua saya memiliki kemandirian yang cukup karena mereka memiliki tabungan dan investasi berupa tanah dan kebun yang telah mereka siapkan untuk biaya hidup saat mereka tidak lagi produktif dan berada di masa pensiun. Bahkan ayah saya telah menyiapkan sejumlah uang untuk biaya saat mereka dipanggil Sang Pemilik Hidup satu hari nanti.


Sebagian tanah dan kebun itu, rencananya akan mereka jual untuk biaya hidup mereka jika tabungan yang mereka miliki telah menipis. Mereka sadar mereka hanya seorang pedagang dengan penghasilan tidak pasti dan bukan pegawai negeri sipil yang memiliki uang pensiun tiap bulannya. Kondisi ini yang membuat mereka disiplin menyisihkan uangnya untuk tabungan di masa tuanya nanti dan saat ada kelebihan dana, mereka membeli tanah dan kebun. Mereka melakukan semua itu karena tidak ingin menyusahkan anak-anaknya secara finansial di usia senja mereka.


Kedua orangtua saya yang menjadi role model dalam mempersiapkan dana pensiun

Saya ingin seperti kedua orangtua saya, yang tidak pernah meminta sepeser uang pun pada anak-anaknya atau membebani hidup anak-anaknya dengan biaya ini itu. Dikasih ya diterima, ngga diberi ya diam saja karena mampu untuk membiayai hidup mereka sendiri meski tidak lagi produktif. Bukan hanya orangtua saja yang menjadi cambuk saya untuk mempersiapkan dana pensiun sedari dini. Seorang kakak sepupu yang kini berusia 57 tahun dan baru saja pensiun tahun ini, seringkali mengeluh perihal beratnya biaya hidup dari hari ke hari.


Sejak pensiun sebagai karyawan sebuah perusahaan swasta, kakak sepupu saya ini merasa mengalami kesusahan finansial. Untuk mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari, kakak sepupu ini mengandalkan uang tanda jasa dari perusahaannya dan uang pencairan BPJS Ketenagakerjaan. Karena digunakan terus dan tidak ada pemasukan, uangnya pun semakin menipis. Padahal kakak sepupu ini masih memiliki tanggungan yaitu seorang istri dan tiga orang anak yang masih kuliah dan bersekolah. Boro-boro dapat menikmati masa pensiunnya, kakak sepupu saya malah harus berpikir keras bagaimana caranya agar memiliki pemasukan meski sudah tidak berada dalam usia produktif.


Kedua kenyataan tersebut kian membuka mata saya akan pentingnya mempersiapkan dana pensiun terlebih lagi untuk pekerja lepas yang penghasilannya tidak menentu. Terkadang dapat banyak, tapi tak jarang pula, tidak ada pemasukan sama sekali untuk beberapa waktu. Terlebih di masa pandemi seperti ini. Karena itu penting sekali untuk mempersiapkan dana pensiun terutama bagi pekerja lepas seperti saya. 


Mengapa Pekerja Lepas Harus Mempersiapkan Dana Pensiun?


Berdasarkan data dari BPJS Ketenagakerjaan pada tahun 2020, hanya sekitar 16% dari total tenaga kerja disektor formal dan informal yang memiliki program jaminan pensiun dan jaminan hari tua. Sementara itu, berdasarkan hasil dari beberapa survei lembaga keuangan, 9 dari 10 orang Indonesia tidak siap menghadapi situasi finansial saat pensiun kelak dan berdasarkan data dari Otoritas Jasa Keuangan, sekitar 65% orang yang berada dalam usia pensiun atau non produktif, lebih memilih untuk menggantungkan hidup pada anak-anaknya. Dan saya tidak mau hal tersebut terjadi pada saya.


Sebagai pekerja lepas, saya harus mempersiapkan dana pensiun sedari dini

Memiliki pendapatan yang tidak pasti membuat saya harus cermat dan cerdas dalam membuat perencanaan keuangan termasuk mempersiapkan dana pensiun. Saya harus mempersiapkan dana pensiun sedari dini pada saat masih produktif. Saya dan orangtua memiliki kesamaan yaitu memiliki penghasilan yang tidak pasti hingga membuat kami harus memiliki inisiatif untuk mempersiapkan dana pensiun untuk diri kami sendiri. Tujuannya agar tetap bisa mandiri secara keuangan di masa tua dan tidak menjadi beban hidup siapapun. Termasuk anak cucu.


Sebagai seorang pekerja lepas atau freelancer, saya harus memiliki dana darurat tiga kali dari pendapatan, sekaligus harus mempersiapkan dana pensiun sendiri dengan cara mengikuti program dana pensiun mandiri jika ingin hidup nyaman secara finansial. Terdengar agak berat ya bund?! Iya memang cukup berat karena di usia lanjut nanti, kita memerlukan biaya yang besar hingga harus dipersiapkan dari sekarang.


Mengapa sebagai seorang pekerja lepas atau freelancer, saya harus mempersiapkan dana pensiun? Karena pekerja lepas tidak memiliki perusahaan yang menjamin adanya dana pensiun. Berbeda dengan karyawan yang memiliki tunjangan uang pensiun dari perusahaannya, seorang pekerja lepas tidak mempunyai keuntungan seperti itu. Jadi harus dipersiapkan sendiri.


Pekerja lepas harus mempersiapkan dana pensiun karena ada beberapa resiko yang mungkin saja dialami saat berada di usia lansia nanti, diantaranya yaitu:

1. Terserang penyakit kritis karena usia lansia rentan sekali dengan penyakit dan biaya berobat itu mahal. Lansia mudah sekali terkena penyakit karena daya tahan tubuhnya yang lemah seiring dengan bertambahnya usia. Karena itu saya harus memiliki dana pensiun agar dapat membayar biaya pengobatan atau membayar iuran keanggotaan BPJS Kesehatan sendiri tanpa merepotkan anak;


2. Lansia juga memiliki kebutuhan sendiri yang memerlukan biaya. Contohnya kebutuhan rumah sehari-hari, biaya sosialisasi bersama teman-teman seumuran. Suatu hari nanti anak-anak dewasa dan memiliki kehidupan sendiri hingga pada akhirnya memilih hidup terpisah dari orangtuanya hingga saya memerlukan bantuan suster atau asisten rumah tangga untuk membantu mengurus keperluan sehari-hari saya karena itu saya harus bisa membayar gaji ART atau suster tersebut;


Tetap santai menikmati hidup di masa tua (foto dari Google)

3. Saat lansia nanti, saya tidak ingin ada yang berubah dari gaya hidup saya. Ada kecenderungan saat lansia, kita memerlukan biaya hidup yang lebih tinggi daripada saat ini. Terlebih lagi jika Tuhan menggariskan saya berumur panjang melebihi angka harapan hidup. Sekarang ini menurut BPS, angka harapan hidup orang Indonesia adalah 71,5 tahun. Dan saya tidak ingin menyusahkan anak-anak saya saat saya berusia melebihi angka harapan hidup dan menjadi renta.


Ketiga hal tersebut yang menjadi alasan saya kenapa sebagai pekerja lepas harus mempersiapkan dana pensiun di kala masih produktif. Selain itu saya meyakini bahwa dana pensiun akan sangat dibutuhkan pada masa tua nanti saat tidak bisa lagi bekerja dengan baik.


Langkah-langkah Menyiapkan Dana Pensiun Untuk Pekerja Lepas



Langkah-langkah menyiapkan dana pensiun untuk pekerja lepas (foto diambil dari Unsplash)

Sebelum menyiapkan dana pensiun, ada beberapa langkah atau cara yang harus disiapkan, diantaranya yaitu:

1. Ketahui terlebih dulu berapa besar kebutuhan dana pensiun yang harus kita kumpulkan

Agar bisa menikmati masa tua dengan nyaman dan mandiri secara finansial, kita harus tau dulu seberapa besar dana pensiun yang dibutuhkan. Karena gaya hidup dan kebutuhan masing-masing orang berbeda-beda. Untuk bisa tau berapa besar biaya yang dibutuhkan pada masa tua nanti, tentukan dulu di usia berapa akan pensiun, perkiraan angka harapan hidup, estimasi biaya hidup yang dibutuhkan pada masa tua nanti dan berapa lama waktu yang dimiliki untuk menyiapkan dana pensiun tersebut. Setelah itu baru akan diketahui berapa besar kebutuhan dana pensiun yang kita perlukan untuk membiaya hidup di masa tua kita;


2. Persiapkan strategi untuk mengumpulkan dana pensiun

Untuk dapat mengumpulkan dana pensiun sebesar jumlah yang dibutuhkan, kita harus memiliki beberapa strategi. Pertama bisa dengan cara berinvestasi. Saya sendiri memiliki buku trading dan investing plan yang berisi target dan apa saja yang sudah saya lakukan dalam investasi untuk masa depan saya termasuk sebagai langkah mempersiapkan dana pensiun untuk biaya hidup di masa tua nanti. Strategi lain yang saya lakukan adalah mengikuti program Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) secara mandiri/pribadi. Uang yang sudah saya setorkan pada DPLK dapat saya ambil pada saat usia pensiun;


Buku catatan saya untuk persiapan dana pensiun 

3. Pastikan keuangan pribadi dalam kondisi sehat

Sebelum menyiapkan dana pensiun, sebaiknya pastikan dulu kesehatan keuangan pribadi kita. Keuangan yang sehat adalah pendapatan lebih besar dari pengeluaran dan beban utang tidak lebih dari 30% dari penghasilan rutin tiap bulan serta memiliki dana darurat yang cukup. Jika penghasilan banyak tersedot oleh beban hutang dan cicilan, lebih baik selesaikan dulu semua beban hutang dan cicilan tersebut. Setelah kondisi keuangan sehat barulah mempersiapkan dana pensiun;


4. Disiplin menyisihkan dana pensiun

Diperlukan kedisiplinan keuangan untuk dapat mempersiapkan dana pensiun. Disiplin mengatur keuangan sesuai dengan rencana keuangan yang telah dibuat menjadi tantangan tersendiri untuk pekerja lepas. Hal ini dikarenakan pemasukan yang tidak pasti dan sangat variatif. Oleh sebab itu diperlukan kecermatan, disiplin dan komitmen yang tinggi dalam mempersiapkan dana pensiun.


Kiat - kiat Memilih Dana Pensiun Untuk Pekerja Lepas


Kiat memilih dana pensiun untuk pekerja lepas (foto Unsplash)

Sebagai seorang pekerja lepas, saya dapat mengikuti program Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) secara mandiri/pribadi. Dilansir dari laman Otoritas Jasa Keuangan (OJK), DPLK merupakan dana pensiun yang dibentuk oleh bank atau perusahaan asuransi jiwa buat menyelenggarakan Program Pensiun Iuran Pasti (PPIP) buat perorangan. Diatur menurut UU No. 11 Tahun 1992, Dana pensiun ini berlaku buat karyawan maupun pekerja mandiri yang terpisah dari Dana Pensiun Pemberi Kerja. Penyelenggara Dana Pensiun antara lain Dana Pensiun Pemberi Kerja (DPKK) dan Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK). 


Ada beberapa kiat yang mesti diperhatikan dalam memilih DPLK yang tepat, yaitu:

-Kumpulkan dan cari tahu informasi sebanyak-banyaknya mengenai DPLK yang ada di negeri ini;

-Setelah itu, periksa reputasi DPLK yang diinginkan untuk memastikan apakah DPLK tersebut adalah yang terbaik untuk kita dan ketahui bagaimana cara menarik dan mencairkan dana jika ingin mengklaimnya;

-Kemudian cek fleksibilitas dalam menentukan jumlah investasi untuk DPLK. Jangan lupa untuk memeriksa terlebih dulu kemampuan keuangan kita sehingga dapat mengukur berapa besaran yang mampu disisihkan untuk dana pensiun.


DPLK Manulife Indonesia, Rahasia Pensiun Bahagia



Blogger Gathering Manulife, Rahasia Hidup Bahagia


Sebagai seorang pekerja lepas, salah satu strategi yang dapat dilakukan untuk mengumpulkan dana pensiun agar bisa menikmati masa tua dengan bahagia dan nyaman adalah dengan cara mengikuti program Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) secara mandiri atau pribadi. Di Indonesia, salah satu perusahaan penyelenggara program DPLK yang telah terbukti reputasinya adalah DPLK Manulife Indonesia yang dapat membantu mempersiapkan dana pensiun pekerja lepas. DPLK Manulife Indonesia, rahasia pensiun bahagia.


Beberapa hari lalu saya berkesempatan mengikuti Blogger Gathering DPLK Manulife. Dalam acara tersebut cukup banyak insight yang saya peroleh terutama tentang pentingnya mempersiapkan dan memiliki dana pensiun. Selaras dengan apa yang sedang saya lakukan sekarang yaitu mempersiapkan dana pensiun agar dapat menikmati masa tua dengan nyaman, bahagia dan mandiri meski saya seorang pekerja lepas.


Pembicara Blogger Gathering Manulife


Blogger Gathering Rahasia Pensiun Bahagia menghadirkan pembicara Bapak Karjadi Pranoto atau yang akrab dipanggil dengan sebutan Pak Oti (Director & Chief EB and Sharia Distribution Manulife Indonesia) dan Mba Citra Anjelina (Head of Strategy and Transformation Pension Business Manulife Indonesia). Dalam kesempatan tersebut, Mba Citra menjelaskan bahwa pekerja lepas dapat mengikuti program MiGolden Retirement DPLK Manulife untuk membantu mempersiapkan dana pensiun.


MiGolden Retirement dapat membantu mempersiapkan tabungan pensiun untuk pekerja lepas. Bahkan jika ingin pensiun diusia 40 tahun sekalipun. Sayangnya usia 40 tahun sudah saya lalui tiga tahun yang lalu xixixi. Tapi saya tidak perlu khawatir karena MiGolden Retirement dapat membantu saya untuk mempersiapkan dana pensiun sesuai dengan rencana keuangan saya. Kerennya lagi dengan mengikuti program MiGolden Retirement DPLK Manulife, manfaat pensiun juga bisa diberikan kepada keluarga yang ditinggalkan, jika yang tertanggung meninggal dunia. Tidak hanya memberikan manfaat untuk peserta saja tapi juga untuk keluarganya jika si peserta meninggal dunia.


Sekilas Tentang DPLK Manulife Indonesia


Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) Manulife Indonesia merupakan badan hukum yang didirikan oleh PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia untuk mengelola dan menjalankan program yang menjanjikan manfaat pensiun berdasarkan landasan hukum dana pensiun yaitu Undang-undang Nomor 11 tanggal 20 April 1992 serta peraturan pelaksanaannya. DPLK Manulife Indonesia telah mendapatkan pengesahan dari Menteri Keuangan, No. KEP-231/KM.17/1994, tanggal 5 Agustus 1994.


Sementara itu, performa DPLK Indonesia tetap bertahan di posisi tertinggi untuk DPLK Multinasional di Indonesia dengan total aset kelolaan DPLK sebesar Rp 21 miliar dan pertumbuhan yang meningkat sebesar 14% dibandingkan tahun sebelumnya. Hingga akhir 2020, program DPLK Manulife Indonesia diikuti oleh lebih dari 570.000 peserta dan 2.300 perusahaan. Telah banyak yang terbantu dengan program DPLK Manulife Indonesia ini.


Di tengah pandemi yang tengah berlangsung sejak awal tahun 2020 kemarin, DPLK Manulife Indonesia terus berkomitmen memberikan edukasi mengenai pentingnya perencanaan dana pensiun bagi perusahaan atau pemberi kerja secara virtual. Kegiatan ini merupakan bentuk dari komitmen Manulife Indonesia untuk membantu memudahkan keluarga Indonesia dan menyediakan solusi perlindungan hari tua guna membantu keluarga Indonesia meraih hidup yang #Semakinharisemakinbaik serta memudahkan mereka dalam mengambil setiap keputusan finansial. Dan saya merasakan manfaat dari upaya edukasi yang diberikan oleh DPLK Manulife Indonesia. Terimakasih #DPLKManulife.

 

DPLK Manulife Indonesia, Rahasia Pensiun Bahagia pekerja lepas




Read more

Kamis, 16 Desember 2021

Keberhasilan Pemerintah Mempercepat Penyelesaian Proyek Strategis Nasional


Media gathering percepatan penyelesaian Proyek Strategis Nasional untuk mendukung pertumbuhan ekonomi nasional pasca pandemi


Selama masa pandemi, terhitung sejak awal tahun 2020, Pemerintah telah berhasil menyelesaikan percepatan 32 Proyek Strategis Nasional senilai 158,8 Triliun. Hal tersebut seperti yang dituturkan oleh Deputi Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian, Bapak Wahyu Utomo dalam acara Media Gathering . Lebih lanjut lagi Pak Wahyu menyatakan bahwa sejak KPPIP (Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas) dicetuskan pada tahun 2016, pemerintah berhasil melakukan percepatan penyelesaian proyek strategis nasional (PSN) sebanyak 124 proyek sampai dengan November 2021. Total nilai investasi PSN tersebut Rp 626,1 triliun.


Bapak Wahyu Utomo dan nara sumber lainnya yang hadir dalam Media Gathering Akselerasi Pelaksanaan PSN Untuk Mendukung Pertumbuhan Ekonomi Nasional Pasca Pandemi


Ada yang lebih ciamik lagi, keberhasilan percepatan penyelesaian PSN ini juga terjadi di saat pandemi. Pada masa pandemi ini, pemerintah berhasil menyelesaikan 32 PSN dan hingga akhir 2021, diperkirakan ada tambahan 8 proyek senilai Rp 94,3 triliun. Hingga akhir tahun 2021 diestimasikan total 40 PSN  yang berhasil diselesaikan dengan nilai investasi sebesar Rp 253,1 triliun. Menurut Permenko No.7 tahun 2021 terdapat 208 proyek dan 10 program PSN dengan nilai investasi sekitar Rp.5.698,5 triliun.


Proyek-proyek berskala besar yang pembangunannya dimulai pada tahun 2016, hampir sebagian besar sudah beroperasional saat ini. Keberhasilan pemerintah mempercepat penyelesaian PSN ini memberikan dampak langsung terhadap penyerapan investasi dan tenaga kerja. Pada saat pandemi seperti ini, PSN yang telah selesai dan beroperasional, berhasil menyerap lebih dari 11 juta tenaga kerja langsung maupun tidak langsung. Penyelesaian PSN sebagai agenda strategis dan prioritas untuk mempercepat pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid – 19.


PSN merupakan proyek infrastruktur yang ditargetkan mampu meningkatkan ekonomi, pemerataan pembangunan, kesejahteraan masyarakat, dan pembangunan di daerah. Langkah strategis ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dasar dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. FYI nih Proyek Strategis Nasional ini tersebar di seluruh wilayah Indonesia, dengan Pulau Jawa sebesar Rp 1.969,8 triliun atau 34,57%, Sumatera Rp 778,4 triliun  (13,66%), Maluku dan Papua Rp 566,6 triliun  (9,94%), Kalimantan Rp 505,8 triliun (8,87%), Sulawesi Rp 276,9 triliun (4,85%), Bali dan Nusa Tenggara Rp 58,6 triliun (1,03%), dan sisanya program dan proyek skala nasional Rp 1.542,4 triliun atau 27,06% dari keseluruhan PSN.


Selama masa pandemi, terhitung dari Januari 2020 hingga November 2021 ada 32 PSN yang berhasil diselesaikan dengan rincian 12 PSN pada 2020 senilai 123,1 triliun rupiah dan dari Januari hingga November 2021 terdapat 20 PSN yang berhasil dipercepat penyelesaiannya dengan nilai investasi sebesar Rp 35,7 triliun. KPPIP mengestimasi hingga akhir 2021 ini akan ada tambahan 8 proyek lagi yang didorong penyelesaiannya senilai Rp 94,3 triliun. Sehingga total menjadi 28 PSN yang akan selesai senilai Rp 130 triliun di tahun 2021. Untuk tahun 2022, KPPIP mengestimasikan akan ada 29 PSN dapat selesai.


Salah satu PSN yang berhasil diselesaikan pada tahun 2021 ini adalah Bendungan Bendo yang berlokasi di Dusun Bendo, Kecamatan Sawoo, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. Bendungan Bendo diresmikan oleh Presiden Jokowi pada bulan September 2021. Bendungan ini memiliki kapasitas 43 juta meter kubik dengan luas genangan 170 hektar dan tinggi bendungan 74 meter. Dilansir dari laman Kementerian PUPR, bendungan Bendo dibangun dengan biaya 1,1 triliun rupiah. Bendungan Bendo ini mampu mereduksi banjir sebesar 31 persen dan merupakan penyedia air baku 370 liter per detik dan mengairi 7800 hektar sawah. 


Bendungan Bendo di Ponorogo, salah satu bendungan yang termasuk dalam Proyek Strategis Nasional (foto: Kementerian PUPR)


Bendungan Bendo ini bukanlah satu-satunya bendungan yang masuk dalam PSN yang berhasil diselesaikan pembangunannya meski Indonesia dilanda pandemi. Selain bendungan Bendo, pemerintah juga berhasil menyelesaikan bendungan lainnya yang masuk dalam Proyek Strategis Nasional, diantaranya adalah Bendungan Tukul di Kabupaten Pacitan, Bendungan Tugu di Trenggalek dan beberapa bendungan lainnya.


Sejak pertamakali dicetuskannya PSN hingga November 2021, ada 22 bendungan PSN yang berhasil dibangun dan sudah beroperasi. Bendungan-bendungan PSN tersebut menambah persediaan air baku sebesar 1,56 Miliar m3, mereduksi potensi banjir sebesar 4.306,72 m3/detik, meningkatkan pasokan air baku sebesar 10.990 lt/detik, mengairi sawah seluas 206.000 hektar serta telah memproduksi 123 MW listrik. Sedangkan untuk proyek irigasi, berhasil terbangun tambahan jaringan irigasi untuk mengairi sawah seluas 865,4 hektar.


Bukan hanya bendungan saja, sepanjang periode 2016 hingga November 2021, pengembangan infrastruktur di berbagai sektor telah memberikan dampak yang signifikan. Terdapat 3 proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) yang sudah selesai, sehingga menambah layanan pengadaan air bersih dan sanitasi kepada lebih dari 2 juta orang. Tidak hanya itu, berbagai peraturan juga disusun pemerintah demi mempercepat penyelesaian Proyek Strategis Nasional. 


Beberapa peraturan tersebut diantaranya adalah Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 32 Tahun 2020 tentang Hak Pengelolaan Terbatas. Selain itu, terdapat Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 42 Tahun 2021 tentang kemudahan Proyek Strategis Nasional yang mengatur percepatan proses perencanaan hingga pengoperasian proyek PSN. 


Pemerintah terus berkomitmen untuk mendorong dan meningkatkan upaya pembiayaan Proyek Strategis Nasional melalui creative financing dalam rangka mengurangi beban APBN guna memenuhi kebutuhan infrastruktur. Saat ini pemerintah tengah mengembangkan strategi dan rekomendasi skema alternatif pembiayaan infrastruktur melalui Land Value Capture (LVC). LVC ini diinisiasi untuk memenuhi kebutuhan investasi infrastruktur Indonesia yang meningkat secara signifikan pada periode tahun 2020-2024.


Sinergi dan kolaborasi antar sektor dengan dukungan dari seluruh pemangku kepentingan dan masyarakat Indonesia, diharapkan dapat mendorong percepatan penyelesaian PSN hingga dapat bermanfaat bagi sebesar-besarnya kepentingan dan kesejahteraan rakyat. Sudah sepatutnya kita dukung upaya pemerintah ini agar Indonesia dapat terus maju. 


Hadir dalam Media Gathering keberhasilan percepatan Proyek Strategis Nasional


Read more

Rabu, 15 Desember 2021

JNE Dukung Digitalisasi UMKM Pada Masa Pandemi


Digitalisasi UMKM sebagai upaya bertahan di masa pandemi


Pandemi telah berlangsung hampir dua tahun. Selama masa pandemi, UMKM merupakan salah satu sektor yang mengalami hantaman hebat akibat pandemi. Saya merasakan betul bagaimana sulitnya untuk mempertahankan usaha kuliner yang sudah lama saya jalankan. Sejak kasus korona pertamakali ditemukan di Indonesia lalu pemerintah menerapkan kebijakan untuk belajar dari rumah, otomatis usaha kuliner saya yang mengandalkan kantin sekolah, mendadak terhenti. Saya dipaksa untuk berpikir keras menemukan cara untuk tetap dapat berjualan. Saya pun putar haluan, berjualan online. Dan mulai "akrab" dengan JNE. Sampai akhirnya tau klo JNE merupakan salah satu pihak yang mendukung digitalisasi UMKM pada masa pandemi ini.


Dilansir dari rilis yang dikeluarkan Katadata Insight Center (KIC), sebanyak 82,9% UMKM yang ada di Indonesia merasakan dampak negatif dari pandemi dan hanya sebagian kecil saja yang mengalami pertumbuhan, itupun jumlahnya tidak kurang dari 5,9%. Pandemi korona yang melanda telah memaksa pelaku UMKM untuk mengubah perilaku usahanya, dari konvesional menjadi digital. Namun mengubah perilaku usaha menjadi digital tidaklah semudah yang dibayangkan. Tidak semua UMKM mampu melakukan digitalisasi. Hal ini dikarenakan pelaku UMKM yang menguasai platform digital hanya sedikit jumlahnya. Terutama pelaku UMKM yang berada di daerah-daerah.


Berdasarkan hasil survei Bank Indonesia, sepanjang pandemi ini, hanya sekitar 12,5% UMKM saja yang tidak terdampak pandemi karena mampu secara ekonomi dan memiliki modal yang kuat. Dan sekitar 28% UMKM yang mengalami pertumbuhan positif karena mampu beradaptasi dengan melakukan digitalisasi dan mampu membaca perubahan kebiasaan belanja konsumen yang mengalami pergeseran dari offline menjadi online dengan mengandalkan tekhnologi digital. Pembatasan yang dilakukan oleh pemerintah sebagai upaya untuk menekan laju penularan virus korona menyebabkan orang-orang memanfaatkan teknologi digital dalam hidup mereka termasuk dalam hal berbelanja.



UMKM go digital untuk percepatan pemulihan ekonomi Indonesia


Hasil survei BPS mengenai dampak pandemi terhadap pelaku usaha, mencatat 15 dari 100 pelaku usaha melakukan diversifikasi usaha selama masa pandemi dan melakukan digitalisasj mengikuti tren perdagangan yang beralih dari offline menjadi online. World Bank (2021) menyatakan bahwa UMKM yang terhubung ke dalam ekosistem digital memiliki daya tahan yang lebih baik dan mampu beradaptasi selama masa pandemi ini. Jumlah UMKM yang mampu bertahan tersebut sekitar 80%. Dan JNE mendukung digitalisasi yang dilakukan pelaku UMKM tersebut melalui berbagai program yang diusungnya.


Dukungan JNE terhadap digitalisasi UMKM pada masa pandemi


JNE berkomitmen mendukung digitalisasi UMKM pada masa pandemi


Pandemi telah membawa UMKM memasuki masa perubahan dan transformasi digital. Aktivitas pemasaran yang tadinya dilakukan offline beralih menjadi online melalui digitalisasi yang dilakukan. JNE sebagai perusahaan ekspedisi terus berkomitmen memberikan dukungan pada UMKM untuk tetap produktif dan dapat bertahan di masa pandemi ini termasuk dalam digitalisasi UMKM. UMKM harus mampu meningkatkan kemampuan digital jika ingin tumbuh dan bertahan di masa pandemi ini.


JNE sebagai perusahaan ekspedisi turut mengembangkan sistem operasional sampai bisa bekerjasama dengan pelaku UMKM, memberikan fasilitas dari proses entry data sampai pengiriman dan memberikan dashboard kepada UMKM untuk melakukan monitoring proses pengiriman. Seperti motto JNE yaitu Connecting Happines, sejak beberapa waktu lalu, JNE telah mendukung digitalisasi UMKM melalui program JLC (JNE Loyalti Card), PESONA (Pesanan oleh-oleh nusantara) untuk mendukung UMKM kuliner dan webinar yang bertujuan untuk memberikan edukasi seputar pemasaran digital. JNE terus berupaya memfasilitasi para pelaku UMKM di masa pandemi ini agar dapat bersaing di ranah digital mengingat keterbatasan aktivitas fisik untuk jual beli produk dan layanan.


Di masa pandemi ini, JNE berkomitmen untuk mendukung digitalisasi UMKM melalui kontribusi yang dilakukannya. Seperti mengadakan berbagai workshop gratis digital marketing di berbagai kota. Kontribusi ini sesuai dengan kapasitas JNE sebagai perusahaan ekspedisi untuk terus melakukan langkah-langkah kolaborasi yang dapat memberikan manfaat bagi pelaku UMKM agar bisa naik kelas dan go digital. 


JNE Connecting Happiness


Dukungan JNE ini sesuai dengan tagline "Connecting Happiness" yang artinya mengantarkan kebahagiaan. Pandemi telah memaksa pelaku UMKM untuk melakukan digitalisasi agar dapat bertahan dan mampu tumbuh positif. Akselarasi transformasi digital UMKM pada masa pandemi bahkan lebih dari 3 kali lipat. Pelaku UMKM harus melalukan digitalisasi agar dapat keluar dari krisis yang menderanya pada masa pandemi korona ini.


JNE mendukung digitalisasi UMKM pada masa pandemi ini dengan terus meningkatkan pelayanannya. Hal ini ditunjukkan dengan hadirnya JNE Trucking (JTR) dan e fulfillment yaitu layanan yang memudahkan para pelaku UMKM untuk mengatur usaha mereka sehingga pelaku UMKM cukup fokus pada transaksi saja sementara stok dan pengiriman ditangani oleh JNE.


JNE Content Competition 2021, salah satu bentuk dukungan terhadap UMKM pada masa pandemi


Seperti yang telah diketahui bersama, UMKM merupakan tulang punggung perekonomian negara terutama pada masa pandemi ini. Karena itu sudah sepatutnya berbagai dukungan diberikan pada UMKM agar dapat terus tumbuh berkembang dan bertahan dalam menghadapi masa-masa penuh ketidakpastian pada masa pandemi ini. Saat ini UMKM dipaksa untuk dapat beradaptasi dan berinovasi supaya tetap dapat menyokong perekonomian negara.


Dukungan terhadap UMKM terutama pada masa pandemi ini, diharapkan bukan hanya dari pemerintah maupun lembaga terkait lainnya, tetapi juga dari seluruh masyarakat Indonesia agar roda perekonomian bangsa dapat terus berputar. Salah satu dukungan terhadap UMKM yang dapat dilakukan oleh masyarakat luas adalah dengan tetap membeli dan menggunakan produk-produk UMKM yang kini semakin mudah ditemukan di marketplace maupun di media sosial karena UMKM telah melakukan digitalisasi. Masyarakat juga dapat memberikan dukungannya pada UMKM dengan membuat konten positif.


Terkait dengan hal tersebut, dukungan terhadap UMKM juga diberikan oleh JNE melalui JNE Content Competition 2021. JNE Content Competition ini merupakan hasil kerjasama JNE dengan Kompasiana. Mengusung tema “JNE Bersama UMKM untuk Indonesia”, kompetisi ini terbuka untuk umum, jurnalis, dan juga karyawan JNE yang terbagi dalam writing competition, photo competition, video competition, dan design competition. Keterangan lengkap mengenai JNE Content Competition 2021 dapat dilihat melalui ketentuan yang terlampir dalam mekanisme JNE Content Competition 2021


Untuk  lomba blognya, salah satu lomba yang ada di JNE Content Competition 2021, tulisan harus diposting di platform Kompasiana dan akun yang sudah tervalidasi akan diprioritaskan menjadi pemenang. Centang hijau dibelakang nama akun yang menandakan apakah akun Kompasiana tersebut sudah divalidasi atau belum. Tulisan yang diikut sertakan dalam lomba blog JNE (JNE Content Competition 2021) harus tulisan baru ya, bukan tulisan yang sudah pernah dipublish atau tulisan yang pernah diikut sertakan lomba. Tulisan harus asli, bukan hasil comot sana sini ya, Gaesss.


Perlu diingat nih, konten tulisan tidak boleh melanggar ketentuan menulis di Kompasiana. Pelajari dulu deh sebentar, mumpung masih ada waktu. Setelah itu baru deh ikutan kompetisinya. Begitu tulisan kalian tayang di Kompasiana, Tim Moderator akan langsung mengunci tulisan kalian. Jadi sudah ngga bisa diedit atau ditambah-tambah apalagi dilengkapi dengan menyomot bagian dari tulisan orang lain. Hal ini diberlakukan tujuannya demi menjaga sportivitas para peserta lomba.


Tema yang dilombakan dalam JNE Content Competition 2021 untuk kategori lomba blog adalah JNE Bersama UMKM untuk Indonesia. Kalian bisa menulis tentang kontribusi JNE dalam mendukung bergulirnya roda perekonomian Indonesia pada level mikro (UMKM) dan bagaimana JNE menunjang kebutuhan gaya hidup (lifestyle) pada masa pandemi ini. Atau apapun yang terkait dengan JNE dan UMKM untuk Indonesia. Periode lomba dimulai dari 6 Dessmber 2021 sampai 5 Januari 2022. Masih cukup lama kan waktu kompetisinya?! Mulai deh dipikirin mau nulis dari sudut pandang mana. Tulisan minimal 500 kata dan tidak boleh melebihi 1500 kata. Dan untuk lebih jelasnya nih langsung aja kunjungi microsite ini ya. Oh ya hampir lupa, hadiahnya jutaan loh. Yuk dukung digitalisasi UMKM pada masa pandemi ini dengan membuat konten positif seputar UMKM. UMKM Bisa!


JNE Content Competition 2021










Read more

Senin, 13 Desember 2021

Ajarkan Anak Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Sejak Dini


Ajarkan anak menjaga kesehatan gigi dan mulut sejak dini (foto diambil dari Unsplash)


Kesehatan gigi dan mulut anak penting sekali bagi kesehatan tubuh anak secara keseluruhan. Kesehatan gigi dan mulut anak merupakan salah satu faktor penting dalam tumbuh kembang anak. Terlebih lagi, email gigi anak mudah sekali mengalami kerusakan dibandingkan email gigi dewasa. Karena itu perlu sekali untuk ajarkan anak menjaga kesehatan gigi dan mulut sejak dini. Sejak gigi pertama si anak tumbuh, pada usia sekitar 6-8 bulan, saat itulah anak sudah harus dibiasakan membersihkan gigi. Tentu saja dengan bantuan orangtuanya.


Kesehatan gigi dan mulut merupakan awal kesehatan tubuh secara keseluruhan. Begitu pun pada anak. Kondisi gigi dan mulut yang sehat akan membuat organ tubuh lainnya terjaga dari bakteri jahat. Infeksi yang terjadi pada mulut dan gigi dapat menyebar ke organ yang lain. Mulut merupakan salah satu gerbang masuknya bakteri atau kuman kedalam tubuh. Karena itulah, sejak dini anak-anak harus diajarkan pentingnya menjaga dan merawat kesehatan gigi dan mulut agar dapat tumbuh sehat dan bugar.


Menjaga kesehatan gigi dan mulut anak, bukan hanya sekedar membiasakan anak membersihkan atau rutin menyikat giginya saja. Tapi mengenalkan anak untuk merawat dan menjaga kesehatan gigi dan mulut anak dengan cara menerapkan kebiasaan baik seputar perilaku merawat dan menjaga kesehatan gigi dan mulut. Penting sekali untuk mengajarkan anak menjaga kesehatan gigi dan mulut sejak dini dengan cara melakukan kebiasaan-kebiasaan baik.



Mengajarkan kebiasaan-kebiasaan baik dalam menjaga dan merawat kesehatan gigi dan mulut pada anak



Kebiasaan-kebiasaan baik dalam menjaga kesehatan mulut dan gigi pada anak (foto diambil dari Unsplash)


Anak-anak harus diajarkan kebiasaan-kebiasaan baik dalam menjaga kesehatan gigi dan mulutnya sedini mungkin. Agar dapat tumbuh kembang secara optimal. Mengajarkan kebiasaan-kebiasaan baik dalam menjaga dan merawat kesehatan gigi dan mulut pada anak sebaiknya dilakukan dengan cara menyenangkan dan mudah dipahami oleh anak. 


Kebiasaan-kebiasaan baik yang dapat diajarkan pada anak dalam menjaga dan merawat kesehatan gigi dan mulut, diantaranya adalah:

1.Menjaga kebersihan gigi dan mulut

Ajarkan anak untuk menjaga kebersihan gigi dan mulutnya dengan cara rutin membersihkan gigi dan mulutnya sekurangnya 2 kali sehari. Orangtua terlebih dulu harus dapat memberikan contoh pada anak dengan cara merawat kebersihan gigi dan mulutnya sendiri. Jangan sampai orangtuanya mengajarkan anaknya untuk menyikat gigi minimal 2 kali sehari tapi orangtuanya sendiri tidak melakukan hal tersebut. Orangtua sebaiknya memberikan penjelasan yang mudah dipahami anak mengapa harus menyikat gigi secara teratur untuk sebagai salah satu cara merawat dan menjaga kesehatan gigi dan mulut;


2.Biasakan anak minum dari gelas dan tidak dari dot

Perilaku menggunakan dot dalam waktu lama pada anak dapat membuat gigi anak menjadi rusak. Terutama jika si anak minum susu formula menggunakan dot pada saat tidur dan sisa-sisa susu formula tidak dibersihkan dari gigi dan mulut si anak. Akibatnya sisa-sisa susu tersebutlah yang membuat gigi anak mengalami kerusakan seperti gigi berlubang, grepes dan karies gigi. Selain itu, penggunaan dot pada bayi pada saat fase tumbuh gigi dapat menghambat pertumbuhan giginya. Gigi yang seharusnya tumbuh akan tertahan sehingga terhambat untuk keluar. Karena itu sebaiknya ajarkan anak untuk minum dengan menggunakan gelas;


3.Penting sekali membiasakan anak untuk mengurangi makan cemilan dan minuman manis termasuk membatasi minum juice buah dengan penambahan gula pasir (gula putih)

Ajarkan anak untuk minum air putih setelah minum minuman manis atau makan cemilan manis. Sebaiknya jangan biasakan anak makan permen, gula-gula ataupun cemilan apapun yang dapat memicu kerusakan gigi anak. Sedini mungkin perkenalkan anak dengan makanan yang dapat mendukung kesehatan gigi dan mulut seperti makanan yang mengandung kalsium dan protein serta minum air putih sebagai cara membantu membersihkan sisa minuman manis atau makanan yang menempel pada gigi;


4.Biasakan anak melakukan pemeriksaan rutin ke dokter gigi

Orangtua sebaiknya mulai memperkenalkan anak pada dokter gigi sejak 6 bulan gigi pertamanya tumbuh. Membawa anak ke dokter gigi dalam rangka menjaga dan merawat kesehatan gigi dan mulutnya dapat dilakukan pada saat anak berumur 12 bulan atau 6 bulan setelah gigi pertamanya tumbuh. Dokter gigi akan melakukan pemeriksaan gigi, gusi dan jaringan lain yang berkaitan dengan kesehatan gigi dan mulut anak. Setelah pemeriksaan pertamanya ke dokter gigi, biasanya dokter gigi akan menjadwalkan pemeriksaan berikutnya 3 bulan kemudian. Pada awal-awal pemeriksaan ke dokter gigi, sebagian besar dokter gigi akan menjadwalkan 3 bulan sekali. Tujuannya agar dapat membangun kepercayaan anak pada dokter gigi dan membiasakan anak melakukan pemeriksaan rutin ke dokter gigi. Dokter gigi juga dapat membantu mengawasi masalah perkembangan gigi anak dengan lebih intensif. Setelah anak terbiasa melakukan perawatan ke dokter gigi dan kondisi kesehatan gigi dan mulutnya baik, dokter gigi akan menyarankan untuk melakukan pemeriksaan rutin sekurangnya 6 bulan sekali.


Membiasakan anak melakukan pemeriksaan rutin ke dokter gigi


Cara mengajak anak ke dokter gigi dengan menyenangkan



Sebagian besar orangtua mengalami kendala saat harus memperkenalkan anak pada dokter gigi. Hal ini disebabkan karena orangtua baru membawa anaknya ke dokter gigi pada saat si anak mengalami masalah atau keluhan pada giginya. Jika sedini mungkin anak dibiasakan untuk melakukan pemeriksaan rutin ke dokter gigi, anak tidak akan merasa takut. Orangtua sebaiknya tidak memaksa anak apalagi menakutinya supaya mau diajak ke dokter gigi. Sebelum mengajak anak melakukan pemeriksaan dan perawatan rutin ke dokter gigi, jelaskan terlebih dulu dan yakinkan anak bahwa dokter gigi akan membantu merawat kesehatan gigi dan mulutnya supaya tetap sehat dan bersih.


Biasanya ketakutan anak pada dokter gigi disebabkan karena anak merasa takut sakit apalagi jika dia belum pernah sekalipun ke dokter gigi. Pada saat tiba di ruangan dokter gigi dan melihat peralatan dokter gigi, hati anak semakin ciut. Anak cenderung takut akan apapun yang belum diketahuinya dan orang asing yang baru ditemuinya. Penting sekali untuk membuat anak merasa nyaman ketika mengunjungi dokter gigi untuk melakukan pemeriksaan gigi pertamakalinya. Pernah dengarkan kalau kesan pertama menentukan pertemuan-pertemuan selanjutnya? Begitu pula halnya saat mengajak anak ke dokter gigi.


Pada saat pertama mengajak anak melakukan pemeriksaan dan perawatan rutin ke dokter gigi, orangtua hendaklah memberikan persepsi positif pada anak tentang dokter gigi dan memilih tempat pemeriksaan yang nyaman untuk anak. Anak-anak pasti senang bila diajak ke tempat-tempat dimana ia dapat bermain dan merasakan kenyamanan. Orangtua dapat mengajak anak untuk melakukan pemeriksaan dan perawatan gigi dan mulut anak di rumah sakit atau klinik gigi yang ramah anak.


Akan terasa sekali bedanya saat mengajak anak melakukan pemeriksaan dan perawatan gigi dan mulut pada rumah sakit atau klinik biasa dengan membawa anak mengunjungi dokter gigi di rumah sakit atau klinik yang khusus menangani kesehatan gigi dan mulut anak dan keluarga. Salah satu klinik gigi yang ramah anak dan khusus menangani kesehatan gigi dan mulut anak dan keluarga adalah Medikids dari MHDC (Mulia Health dan Dental Care). Dan beberapa hari lalu Medikids membuka cabang terbarunya yang berlokasi di Ruko The Plaza Perumahan Bukit Cimanggu City Bogor.


Mengajak anak ke klinik gigi ramah anak, profesional dan memberikan pengalaman menyenangkan


Medikids Clinic Wakaf Bogor by MHDC Cabang Ruko The Plaza Perumahan Bukit Cimanggu City Bogor


Medikids Clinic Wakaf Bogor by MHDC


Medikids Clinic wakaf Bogor by MHDC Cabang Ruko The Plaza Perumahan Bukit Cimanggu City Bogor merupakan cabang kedelapan dari MHDC dan klinik ketiga yang berkonsep wakaf. Medikids Clinic Wakaf Bogor hadir untuk memenuhi kebutuhan akan dokter gigi terpercaya dan nyaman untuk anak dan keluarga dengan harga terjangkau untuk wilayah Bogor dan sekitarnya. Sama dengan cabang lainnya, Medikids Bogor mengusung tema Around The World.


Medikids Clinic Wakaf Bogor berlokasi di Ruko The Plaza Perumahan Bukit Cimanggu City Blok RKA no.6, Bogor.  Mengapa ada kata wakaf? Berawal dari keinginan MHDC yang ingin berbuat sesuatu yang bermanfaat dan tidak putus pahalanya, karenanya diusunglah konsep wakaf yang berkelanjutan agar nilai manfaatnya tidak akan habis. Pasien yang datang memeriksakan gigi dan berobat ke Medikids Clinic Wakaf Bogor berarti ikut pula berpartisipasi dalam program wakaf ini. Karena sebagian penghasilan dari Medikids Clinic Wakaf Bogor dijadikan wakaf produktif yang dibantu pengelolaannya melalui Yayasan Wakaf Produktif Pengelolaan Aset Islamic Indonesia.


Medikids Clinic Wakaf Bogor menghadirkan dokter gigi anak dan keluarga Bogor. Klinik ini dilengkapi dengan fasilitas yang cukup lengkap dan menyuguhkan pelayanan yang ramah anak serta suasana yang playful, unik, colourful dan nyaman. Medikids Clinic Wakaf Bogor akan memberikan pengalaman menyenangkan dan tak terlupakan pada anak ketika melakukan pemeriksaan dan perawatan gigi. Tidak cukup sampai disitu saja, Medikids Clinic Wakaf Bogor dilengkapi pula dengan fasilitas London Play Hospital. Anak-anak akan dapat merasakan keseruan dan belajar bagaimana menjadi dokter gigi dan tenaga medis lainnya.


Medikids Clinic Wakaf Bogor mengusung tema Around The World


Seperti cabang Medikids yang lebih dulu hadir, Medikids Clinic Wakaf Bogor juga didukung oleh tenaga profesional seperti tim dokter gigi umum, dokter gigi spesialis kesehatan gigi anak, dokter gigi spesialis orthodonti, prosthodonti, konservasi gigi, bedah mulut dan juga melayani vaksin untuk anak seperti vaksin influenza. Medikids Clinic Wakaf Bogor tidak hanya sebagai klinik gigi anak dan keluarga saja tapi juga Klinik Vaksinasi Anak dan Keluarga Bogor. Medikids menghadirkan suasana klinik yang menyenangkan, ramah anak, membuat anak betah dan nyaman dengan tema airport dari berbagai penjuru dunia seperti Afrika Safari Dental, Japan Dental Room dan London Play Hospital.


Soft opening Medikids Clinic Wakaf Bogor diadakan pada tanggal 12 Desember 2021 kemarin. Acara soft opening Medikids Bogor diawali dengan zumba lalu Health Talk yang mengangkat tema: " Millenial Parents Harus Tau: Pentingnya Rutin Cek Kesehatan Gigi Anak dan Proteksi Menghadapi Tahun Baru". Bincang sehat ini menghadirkan nara sumber : drg. Amiroh (owner Medikids Bogor), dr. Antania Isyatira Kartika (salah satu dokter Medikids Bogor) dan Cut Namira (mom influencer).


Health talk Medikids Bogor


Health Talk tersebut membahas tentang pentingnya untuk rutin melakukan pemeriksaan dan perawatan rutin gigi anak, mengetahui kebiasaan apa saja yang dapat membuat gigi anak menjadi mudah rusak, kapan anak mulai diajak periksa ke dokter gigi, apakah penting melengkapi vaksin anak sebagai proteksi diri anak terutama dalam menghadapi liburan Nataru dan apakah bahayanya jika tidak melengkapi vaksin dasar pada anak. Bincang sehat berlangsung interaktif dan memberikan insight yang cukup banyak bagi ibu-ibu milenial yang hadir.


Setelah acara Health Talk, acara Soft opening Medikids Bogor dilanjutkan dengan prosesi pembukaan klinik berupa kata sambutan dari owner MHDC, Medikids Bogor dan kemudian dilanjutkan dengan acara pemotongan pita oleh drg. Amiroh sebagai owner Medikids Bogor dan pemotongan tumpeng sebagai tanda dibukanya secara resmi Medikids Bogor untuk umum oleh dr. Sakina Umar,Sp. THT-KL, salah satu owner MHDC.


Prosesi pemotongan tumpeng pada soft opening Medikids Bogor


Medikids Bogor merupakan klinik gigi dan keluarga yang menghadirkan pelayanan kesehatan yang holistik, profesional dan prima. Selain itu, Medikids Bogor menghadirkan pula unsur edukasi pada anak saat berkunjung ke klinik supaya anak memiliki pengetahuan yang cukup dan kepedulian terhadap pentingnya menjaga kesehatan dirinya termasuk kesehatan gigi dan mulut serta menumbuhkan rasa percaya diri dan kepercayaan pada anak pada saat menerima perawatan medis.


Medikids, klinik gigi anak dan keluarga yang nyaman


Kehadiran Medikids Bogor diharapkan dapat membantu warga Bogor dan sekitarnya untuk memperoleh pelayanan pemeriksaan dan perawatan gigi yang profesional dan menyeluruh serta ramah anak. Sehingga tidak perlu drama keluarga lagi jika harus membawa anak untuk berkunjung ke klinik gigi untuk melakukan pemeriksaan dan perawatan gigi dan mulut.

Medikids Ruko The Plaza Perumahan Bukit Cimanggu City Bogor


Read more

Jumat, 10 Desember 2021

Tips Memilih Provider Internet yang Tepat Untuk Aktivitas Tanpa Batas di Rumah


Internet menjadi salah satu kebutuhan cukup penting pada masa pandemi (foto diambil dari Unsplash)


Internet telah menjadi salah satu kebutuhan penting bagi sebagian besar orang terutama pada masa pandemi ini. Banyak orang yang tergantung pada internet selama masa pandemi ini, saat aktivitas di luar rumah dibatasi sebagai upaya untuk memutus rantai penyebaran virus korona. Alhasil, kita melakukan aktivitas tanpa batas di rumah dengan mengandalkan internet. Belajar, bekerja dan berinteraksi dengan rekan kerja, sahabat, kerabat dilakukan dari rumah dengan memanfaatkan internet dan teknologi digital. Digital bisa untuk Indonesia yang lebih baik.


Kehadiran internet pada masa pandemi ini dapat dikatakan cukup penting dan dibutuhkan. Saat jaringan internet mengalami kendala, ketika itu pula hidup kita pun mengalami gangguan. Tidak dapat bekerja, sekolah dan tidak dapat melakukan berbagai aktivitas tanpa batas lainnya dari rumah yang mengandalkan internet. Karena itu untuk mendukung aktivitas tanpa batas di rumah pada masa pandemi ini, kita memerlukan provider internet yang tepat dan sesuai. Provider internet yang memiliki kecepatan internet yang cepat, minim gangguan dan dapat memenuhi kebutuhan kita.


Memilih provider internet yang tepat dan sesuai untuk kita, tidaklah semudah yang kita pikirkan. Ada beberapa tips yang harus kita perhatikan dalam memilih provider internet supaya kita tidak kecewa dan menyesal kemudian. Sudah langganan berbayar mahal-mahal eh malah sering gangguan. Bikin kesal kan?! Apa sajakah tips memilih provider internet yang tepat dan sesuai untuk mendukung aktivitas tanpa batas kita selama di rumah saja pada masa pandemi ini?


Tips memilih provider internet yang tepat dan sesuai untuk aktivitas tanpa batas di rumah pada masa pandemi


Ada beberapa tips yang bisa kita lakukan dalam memilih provider internet yang tepat dan sesuai agar kita tidak kecewa dan menyesal nantinya. Apalagi pada masa pandemi ini, internet sepertinya telah setara kedudukannya dengan kebutuhan pokok lainnya seperti kebutuhan pangan, papan dan sandang. Kenapa bisa dikatakan demikian? Karena saat jaringan internet mengalami gangguan, hidup kita pun otomatis terganggu. Apalagi yang bekerja dan belajar dari rumah dengan mengandalkan teknologi digital dan internet.

Memilih provider internet harus tepat dan sesuai kebutuhan aktivitas tanpa batas di rumah ( foto diambil dari Unsplash)


Sebelum memutuskan untuk berlangganan provider internet, ada beberapa tips atau cara yang dapat dilakukan, diantaranya adalah:

1. Sebelum memutuskan untuk berlangganan penyedia layanan (provider) internet, sebaiknya terlebih dulu cari tau seputar provider internet tersebut

Apakah jaringannya sering mengalami gangguan, bagaimana kecepatan dan pelayanannya terhadap laporan pelanggan pada saat ada gangguan ataupun keluhan. Kita dapat mencari tau hal tersebut melalui rekomendasi teman yang sudah berlangganan provider internet atau browsing di google. Dan bisa juga dari komentar pelanggan pada kolom komentar sosial media provider internet itu. Jika banyak komentar keluhan atau negatif, lebih baik dipikirkan kembali keinginan kita untuk berlangganan provider internet tersebut. Dan sebaiknya beralih ke provider internet lainnya. Seperti kata orang-orang dulu, "jangan beli kucing dalam karung". Kalimat ini pun berlaku dalam memilih provider internet. Ketahui dan kenali dulu kelebihan serta kekurangan provider internet yang ingin kita pilih sebelum memutuskan untuk berlangganan;


2. Provider internet yang akan kita pilih, sebaiknya yang dapat memenuhi kebutuhan digital kita dan sesuai dengan anggaran (budget) yang dimiliki

Sebelum memutuskan untuk berlangganan, ada baiknya untuk mengetahui paket-paket langganan yang ditawarkan. Hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah provider internet tersebut dapat memenuhi kebutuhan digital kita atau tidak. Sekaligus untuk mengetahui apakah biaya berlangganannya sesuai dengan anggaran atau kemampuan finansial kita;


3. Pastikan provider internet yang akan dipilih memiliki kecepatan internet yang sesuai dengan kebutuhan digital kita, anti lemot dan dapat menjangkau banyak perangkat

Provider internet yang lemot hanya akan membuat hati kesal dan aktivitas digital kita terganggu. Penting untuk mengetahui berapa cepat jaringan provider internet yang ingin kita pilih sebelum memutuskan untuk berlangganan dan apakah sesuai dengan kebutuhan digital kita;


4. Provider internet yang akan dipilih harus menjangkau lokasi tempat tinggal kita 

Perlu diingat, tidak semua provider internet dapat menjangkau seluruh lokasi di Indonesia. Bisa saja terjadi, jaringan provider internet tersebut menjangkau lokasi tempat tinggal kita tapi layanan 3G tidak tersedia atau tidak bisa dinikmati. Cari tau dulu, di lokasi tempat tinggal kita, provider internet mana yang paling kuat sinyalnya, paling cepat dan stabil koneksi internetnya;


5. Lebih baik memilih provider internet yang menawarkan kuota tanpa batas (unlimited).

Pada masa pandemi ini, kita banyak melakukan aktivitas digital di rumah yang memerlukan kuota internet yang cukup besar. Karena itu sebaiknya memilih provider internet yang tidak memberlakukan batasan dalam pemakaiannya. Semua akses internet unlimited atau tanpa batas. Hal ini perlu apalagi selama pandemi, kita lebih banyak di rumah. Dan untuk mendukung aktivitas tanpa batas di rumah, kita perlu layanan internet unlimited;


6. Sebaiknya pilihlah provider internet yang menyediakan layanan TV kabel (TV digital dan layanan entertainment lainnya

Pada masa pandemi, pemerintah menghimbau agar kita lebih banyak di rumah saja. Supaya tidak lekas bosan dan tetap betah di rumah saja, sebaiknya kita memilih provider internet yang menyediakan layanan TV kabel (TV Digital) dan layanan entertainment lainnya. Pilihan TV Channel yang beragam merupakan hiburan selama di rumah saja. 


Setidaknya 6 tips diatas dapat dijadikan pertimbangan sebelum memilih provider internet yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan digital kita. Hal-hal tersebut itulah yang dulu saya lakukan sebelum memutuskan untuk berlangganan IndiHome, internetnya Indonesia. IndiHome merupakan solusi internet berkelas dan cerdas untuk aktivitas tanpa batas di rumah. Saya memilih IndiHome karena mampu memenuhi kebutuhan digital saya terutama pada masa pandemi ini.


Salah satu aktivitas digital saya di rumah (foto pribadi)


IndiHome, internetnya Indonesia untuk mendukung kedaulatan digital tanah air



IndiHome internetnya Indonesia untuk mendukung aktivitas tanpa batas (foto diambil dari laman IndiHome dan diedit melalui aplikasi Photoroom)


Seperti yang dilansir pada laman IndiHome , IndiHome adalah provider internet atau layanan digital terdepan dengan menggunakan teknologi fiber optik yang menawarkan layanan Triple Play yang terdiri dari internet rumah (Fixed Broadband Internet), telepon rumah (Fixed Phone) dan TV Interaktif (IndiHome TV). IndiHome menghadirkan koneksi internet yang stabil dan kecepatan yang sesuai dengan kebutuhan digital saya. Saya memilih berlangganan paket 2P (internet + TV) karena sesuai dengan kebutuhan digital saya dan keluarga.


Saat ini, jaringan IndiHome sudah mencakup hampir semua daerah di Indonesia termasuk sebagian Papua dan terus melakukan inovasi untuk memenuhi kebutuhan internet yang lebih baik lagi bagi masyarakat Indonesia. Provider internet yang juga merupakan internetnya untuk gamer ini, menggunakan jaringan fiber optik yang tersebar hampir di seluruh negeri. IndiHome menawarkan pilihan kecepatan internet hingga 300 Mbps. Bukan hanya itu, selain menghadirkan internet cepat, internet IndiHome lebih stabil dan tahan terhadap cuaca.


IndiHome mendukung aktivitas tanpa batas di rumah seperti bekerja dari rumah, belajar daring, belanja online, bermain game hingga menonton tayangan hiburan hingga jadi lebih praktis dan nyaman. Apalagi sekarang ini IndiHome menghadirkan aplikasi myIndiHome, satu klik, bikin semua lebih baik. myIndiHome adalah aplikasi yang memudahkan pelanggan untuk mengatur layanan IndiHome termasuk registrasi layanan IndiHome, aktivasi OTT video streaming, berlangganan fitur tambahan, lapor gangguan, cek dan bayar tagihan, cek poin myIndiHome, info pemakaian serta layanan menarik lainnya.


myIndiHome memberikan pengalaman digital yang menarik dan memudahkan saya sebagai pelanggan IndiHome. Saya dapat mencari paket berlangganan yang sesuai kebutuhan digital saya secara lebih praktis dan cepat. myIndiHome merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh IndiHome untuk meningkatkan kualitas layanannya demi menyuguhkan the best customer experience. Dan aplikasi ini membuat saya semakin nyaman berlangganan IndiHome.


IndiHome mampu memenuhi kebutuhan digital saya terutama pada masa pandemi


Read more