Kontribusi Prudential Indonesia Dalam Percepatan Program Vaksinasi Covid-19 Nasional di Tanah Air

by - November 06, 2021


Prudential Indonesia ikut berkontribusi dalam percepatan program vaksinasi Covid-19 nasional


Pandemi belum juga berakhir. Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk mengatasi pandemi dan mengendalikan laju penyebaran virus korona adalah dengan melakukan percepatan program vaksinasi Covid-19. Prudential Indonesia ikut berkontribusi dalam pelaksanaan program vaksinasi Covid-19 di tanah air dengan membuka sentra vaksinasi. Sentra vaksinasi Covid-19 yang digelar oleh Prudential Indonesia bertempat di area kantor Prudential Indonesia, PRUUniversity, di lantai 2 Kota Kasablanka.


Kontribusi Prudential dalam pelaksanaan program vaksinasi Covid-19 di tanah air tersebut dimulai sejak tanggal 15 April 2021 hingga Desember 2021 dengan menggandeng dinas kesehatan dan puskesmas setempat. Upaya vaksinasi diyakini sebagai solusi paling tepat untuk mengendalikan dan mengurangi penyebaran virus korona di Indonesia. Pemerintah terus menggenjot program vaksinasi Covid-19 ini dan mengajak pihak swasta untuk ikut berkontribusi. Dan salah satunya adalah Prudential Indonesia.


Program vaksinasi Covid-19 yang diupayakan oleh pemerintah, bertujuan untuk memberikan kekebalan spesifik terhadap virus korona sehingga jika suatu saat terpapar, hanya akan mengalami gejala ringan saja. Dan vaksinasi merupakan langkah terbaik selain penerapan disiplin prokes, dalam upaya mengatasi pandemi Covid-19 di Indonesia yang sudah berlangsung lebih dari 1,5 tahun ini. Untuk mempercepat pelaksanaan program vaksinasi di tanah air, Prudential Indonesia ikut berkontribusi dengan membuka sentra vaksinasi Covid-19.


Pemerintah melakukan percepatan program vaksinasi korona supaya cepat tercapai herd immunity (kekebalan kelompok) sehingga pandemi korona dapat diubah menjadi endemi. Pemerintah meyakini dengan pelaksanaan program vaksinasi Covid-19 dapat menjaga produktivitas dan mengurangi dampak sosial serta ekonomi di Indonesia. Program vaksinasi Covid-19 di Indonesia dilakukan sejak awal tahun 2021.


Pemerintah terus mengupayakan percepatan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di tanah air karena vaksin memiliki lebih banyak manfaat dibandingkan dengan efek samping yang dihasilkan. Vaksin korona dapat memberikan antibody yang lebih tinggi dan memberikan proteksi terhadap virus Covid-19. Dan selama herd immunity belum tercapai, pemerintah terus mengupayakan percepatan program vaksinasi dengan mengajak pihak swasta untuk ikut berkontribusi secara aktif. Prudential Indonesia pun menyambut baik ajakan pemerintah tersebut dengan membuka sentra vaksinasi Covid-19.


Sentra Vaksinasi Covid-19 Prudential Indonesia di Jakarta Sebagai Bukti Kontribusi Dalam Program Vaksinasi Nasional



Sentra Vaksinasi Covid-19 Prudential Indonesia sebagai bukti kontribusi dalam percepatan program vaksinasi nasional (foto: dokumen Prudential Indonesia)


Sejak virus korona menyerang tanah air, Prudential Indonesia telah melakukan rangkaian inisiatif untuk mendukung upaya pemerintah dalam menangani Covid-19. Kontribusi Prudential Indonesia itu ditunjukkan dengan ikut serta berperan aktif dalam percepatan program vaksinasi Covid-19 di tanah air. Sejak April 2021, Prudential Indonesia membuka sentra vaksinasi dan rencananya sentra vaksinasi Covid-19 tersebut akan digelar sampai Desember 2021.


Tepat setelah enam bulan beroperasi, sentra vaksinasi Prudential Indonesia telah memberikan lebih dari 41.000 dosis vaksin kepada lebih dari 22.000 peserta program vaksinasi gratis pemerintah. Hal ini merupakan bukti kontribusi Prudential Indonesia dalam percepatan program vaksinasi Covid-19 yang diusung pemerintah. Saat ini, sentra vaksinasi Prudential Indonesia menyediakan dua jenis vaksin yaitu Pfizer dan Moderna dan akan kembali menyediakan vaksin Sinovac dalam waktu dekat.


Mengutip penjelasan dari Dr. Dian Budiani, Chief Operations and Health Officer Prudential Indonesia yang mengatakan bahwa kesuksesan program vaksinasi nasional tentunya membutuhkan dukungan dari seluruh pihak. Prudential Indonesia ikut berkontribusi dalam percepatan program vaksinasi Covid-19 melalui kehadiran sentra vaksinasi yang berlokasi di PRUUniversity, Kota Kasablanka. Prudential Indonesia merasa terhormat dapat menjadi salah satu mitra pemerintah dalam mengakselerasi keberhasilan program vaksinasi nasional tersebut. 


Sentra vaksinasi ini sebagai bukti dukungan Prudential Indonesia terhadap program vaksinasi Covid-19 yang dilaksanakan pemerintah Indonesia untuk membantu masyarakat lebih cepat mencapai herd immunity dan bangkit dari pandemi korona. Langkah pemerintah ini sejalan dengan aspirasi Prudential Indonesia untuk membuat masyarakat Indonesia lebih sehat dan sejahtera. Prudential Indonesia mengajak masyarakat Indonesia untuk mendukung program vaksinasi COVID-19 nasional dengan datang ke sentra vaksinasi Prudential Indonesia.


Masyarakat umum yang ingin melakukan vaksinasi Covid-19 melalui Sentra Vaksinasi Prudential Indonesia dapat mendaftarkan diri atau didaftarkan oleh anggota keluarga mereka melalui aplikasi Pulse by Prudential (Pulse) selama kuota tersedia. Pulse adalah aplikasi kesehatan milik Prudential yang didukung oleh teknologi Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) yang bertujuan untuk membantu masyarakat dalam mengelola kesehatan serta meningkatkan pola hidup sehat. 


Pulse by Prudential adalah aplikasi kesehatan digital all-in-one yang pertama di Asia yang menawarkan pengelolaan kesehatan yang menyeluruh kepada penggunanya. Didukung fitur bantuan kesehatan mandiri berbasis Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence/AI) dan informasi real-time, aplikasi ini berfungsi sebagai mitra kesehatan dan kebugaran bagi penggunanya sepanjang hari, membantu mereka mencegah penyakit, menunda penyakit semakin buruk, dan melindungi penggunanya dari penyakit. Pulse adalah bagian dari strategi Prudential di seluruh Asia untuk menyediakan layanan kesehatan yang terjangkau dan mudah diakses oleh semua orang di Asia dengan memanfaatkan teknologi digital dan kemitraan terbaik di kelasnya. Oh ya FYI, vaksinasi di Sentra Vaksinasi Prudential Indonesia memiliki batasan kuota tiap harinya.


Masyarakat umum yang sudah mendaftar melalui Pulse akan menerima pemberitahuan melalui email yang digunakan untuk melakukan pendaftaran vaksinasi Covid-19. Setelah menerima email pemberitahuan, calon peserta vaksinasi Covid-19 melakukan konfirmasi via pesan teks ke nomor yang ditentukan sebelum datang ke sentra vaksinasi Prudential Indonesia yang beroperasi setiap Senin hingga Jumat, pukul 09.00 – 15.30 WIB. Selain melalui Pulse, masyarakat juga dapat mendaftar melalui aplikasi Jaki milik pemerintah provinsi DKI Jakarta. 


Dalam rangka ikut berkontribusi terhadap program vaksinasi Covid-19 nasional, Prudential Indonesia juga telah meluncurkan Program Santunan Rawat Inap Pascavaksinasi yang dapat diperoleh secara bebas biaya melalui Pulse. Masyarakat yang terdaftar pada program ini dapat memperoleh santunan tunai sebesar Rp1 juta per hari (maksimal 10 hari) sebagai bantuan jika penerima vaksin Covid-19 harus dirawat di rumah sakit karena mengalami Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) dalam kurun waktu 14 hari kalender setelah vaksinasi dilakukan.


Sentra Vaksinasi Prudential Indonesia di Soreang, Bandung Sebagai Bukti Komitmen dan Kontribusi dalam Percepatan Program Vaksinasi Covid-19 Nasional


Selain menghadirkan Sentra Vaksinasi di area kantor Prudential Indonesia Kota Kasablanka, Jakarta, Prudential Indonesia juga membuka Sentra Vaksinasi di Soreang, Bandung sebagai bukti dukungan dan kontribusi Prudential Indonesia dalam upaya percepatan program vaksinasi Covid-19 nasional yang dilakukan pemerintah. Sentra Vaksinasi Prudential Indonesia di Soreang bertempat di Pendopo Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung. 


Program vaksinasi Covid-19 ini bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Jawa Barat, Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung, Puskesmas dan Kecamatan Soreang, serta RSU Bina Sehat. Sentra Vaksinasi di Soreang ini bertujuan untuk mempercepat capaian vaksinasi di Jawa Barat dengan melayani masyarakat Soreang yang belum mendapatkan suntikan vaksin Covid-19 agar herd immunity cepat terwujud.


Sentra vaksinasi Prudential Indonesia di Soreang dibuka sejak hari Senin tanggal 25 Oktober 2021. Dan akan melayani vaksinasi untuk masyarakat Soreang dan sekitarnya yang belum vaksin Covid-19 selama empat minggu sejak Sentra Vaksinasi di buka. Prudential Indonesia menargetkan dapat memberikan 10.000 dosis vaksin bagi masyarakat Soreang dan sekitarnya. Menurut keterangan drg. Grace Mediana Purnami, M.Kes, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung, Saat ini baru 51,23% masyarakat di Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung yang telah menerima vaksinasi dosis pertama. 


Pada akhir Oktober 2021, pemerintah Kabupaten Bandung menargetkan capaian vaksinasi Covid-19 hingga 60%. Keberadaan sentra vaksinasi Prudential Indonesia ini tentunya dapat mendukung pemerintah Kabupaten Bandung untuk memberikan pelayanan vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat Soreang dan sekitarnya, agar target capaian vaksinasi dapat terpenuhi. Kehadiran Sentra Vaksinasi Prudential Indonesia di Soreang menegaskan komitmen dan kontribusi Prudential Indonesia dalam berperan aktif melindungi dan mendampingi masyarakat Indonesia dalam berbagai situasi termasuk saat pandemi korona.


Masyarakat Soreang dan sekitarnya yang ingin mendapatkan vaksinasi Covid-19 melalui Sentra Vaksinasi Prudential Indonesia, hanya perlu membawa data diri seperti Kartu Keluarga atau Kartu Tanda Pengenal yang masih berlaku, dan datang selama waktu operasional pelayanan, yaitu Senin-Jumat, pukul 08.00-13.00 WIB selama kuota tersedia. Vaksin yang digunakan adalah vaksin Pfizer. Kontribusi Prudential Indonesia dalam upaya percepatan program vaksinasi Covid-19 nasional ini diharapkan dapat membantu mempercapat terbentuknya herd immunity sehingga pandemi korona di tanah air dapat segera diatasi.

Sentra Vaksinasi Covid-19 Prudential Indonesia sebagai dukungan dalam mencapai herd immunity (foto : dokumen Prudential Indonesia)








You May Also Like

0 komentar

Postingan Populer