Berani Baik Dompet Dhuafa Mulai 10 Ribu Rupiah Saja

by - November 24, 2021

Dompet Dhuafa salah satu lembaga nirlaba sosial di Indonesia


Iyaps, benar banget mulai 10 ribu rupiah saja, kita sudah dapat berani baik untuk membantu sesama yang memerlukan uluran tangan. Seriusan hanya dengan 10 ribu rupiah saja, sudah dapat melakukan kebaikan? Pasti banyak yang meragukan nih.. Kuy sini merapat, simak sedikit penjelasan tentang program Berani Baik Dompet Dhuafa


Berani Baik adalah program sedekah yang diusung oleh Dompet Dhuafa pada akhir tahun 2021 ini. Meskipun pandemi masih menghiasi kehidupan ini, bukanlah sebuah penghalang untuk tetap berbuat baik terhadap sesama. Nominal sekecil apapun, akan berarti jika diberikan pada yang berhak menerimanya secara tepat. Berani Baik adalah pilihan bersedekah akhir tahun ini yang akan melengkapi rangkaian ibadah kita di tahun penuh pembelajaran ini.


“Sesungguhnya Tuhanku melapangkan rezeki dan membatasinya bagi siapa yang Dia kehendaki di antara hamba-hamba-Nya. Dan apa saja yang kamu infakkan, Allah akan menggantinya dan Dialah pemberi Rezeki yang terbaik. ” (QS. Saba : 39) 

Firman Allah SWT ini menegaskan bahwa Allahnya Maha pemberi rejeki dan apapun yang kita infakkan atau sedekahkan, akan diganti dengan kebaikan dan rejeki-NYA. Karena itu tidak ada alasan untuk menunda berbuat baik termasuk dalam hal bersedekah, zakat dan wakaf.


Program #BeraniBaik Dompet Dhuafa akhir tahun 2021



Berani Baik Dompet Dhuafa mulai 10 ribu rupiah saja


Berani Baik adalah pilihan bersedekah akhir tahun yang akan melengkapi ibadah sepanjang tahun 2021 ini. Dompet Dhuafa sebagai salah satu lembaga nirlaba sosial terbesar di negeri ini, memiliki misi memperbaiki taraf hidup penerima zakat, sedekah dan infak menjadi pemberi zakat, infak dan sedekah melalui berbagai program pemberdayaan yang dananya berasal dari zakat, infak dan sedekah yang disalurkan melalui Dompet Dhuafa.


Pada akhir tahun ini, melalui program Berani Baik, Dompet Dhuafa menghadirkan berbagai pilihan sedekah, yaitu:

1.Kado akhir tahun untuk pahlawan keluarga

Merupakan sebuah program berbagi kebahagiaan akhir tahun dengan memberi kado pada pahlawan keluarga yang kurang beruntung tapi pantang menyerah dalam menafkahi keluarganya. Ada dua pilihan hadiah/kado akhir tahun yang bisa diberikan, yaitu sembako dan perlengkapan sholat. Kado akhir tahun untuk pahlawan keluarga ini diperuntukkan bagi stasiun porter, penggali makam, pemulung, lansia dhuafa, penjaga masjid dan siapapun yang berjuang menjemput rejeki untuk keluarganya namun penuh kekurangan dan hidup dalam keterbatasan;


2. Wakaf untuk Ibu

"Sa'ad bin Ubadah adalah salah satu sahabat Rasulullah SAW. Saat ibunya meninggal dunia dan ia tidak berada di tempat, lalu ia datang kepada Rasulullah SAW dan bertanya: “Wahai Rasulullah, sesungguhnya ibuku telah meninggal sedang saya tidak ada di tempat, apakah jika saya bersedekah untuknya bermanfaat baginya?" Rasulullah SAW menjawab: “Ya”. Sa'ad berkata: “Saksikanlah bahwa kebunku yang banyak buahnya aku sedekahkan untuknya.” (HR Bukhari)


Pilihan bersedekah untuk wanita terbaik yang rela berkorban jiwa raga demi kebahagiaan dan kebaikan buah hati dan keluarganya. Hadiah akhir tahun terbaik sebagai bentuk bakti seorang anak pada ibunya dengan cara mewakafkan atas nama ibunda terkasih. Mengalirkan pahala untuknya sebagaimana beliau alirkan cinta dan kasihnya kepada anak-anak dan keluarganya sepanjang hayat. Wakaf untuk ibu ini dari nominal 10 ribu rupiah. Kapan lagi dapat memberikan kado terbaik untuk ibu dengan memberi wakaf atas namanya mulai dari 10 ribu rupiah saja?! Oh ya untuk wakaf diatas 1 juta rupiah, akan mendapatkan sertifikat wakaf;


3. Keluarga Tangguh (Bantuan tunai untuk keluarga yang terdampak pandemi)

Pandemi membuat banyak keluarga yang kehilangan sumber penghasilannya karena kepala keluarga terkena PHK atau usahanya gulung tikar. Tak sedikit UMKM yang terpaksa menutup lapak usahanya. Pandemi telah memporak-porandakan ekonomi negeri ini. Pemberlakuan kebijakan PPKM sebagai upaya menekan penyebaran virus korona, kian memperburuk kondisi ekonomi bangsa ini.


Pedagang banyak yang menjerit karena omsetnya menukik tajam. Banyak keluarga yang terpaksa harus terseok-seok agar tetap bisa makan. Keluarga Tangguh adalah program sedekah akhir tahun Dompet Dhuafa yang diperuntukkan bagi keluarga yang kepala keluarganya atau pencari nafkah keluarga terkena dampak pandemi berupa PHK atau pelaku UMKM yang usahanya terancam bangkrut.


Keluarga Tangguh merupakan program bantuan sedekah akhir tahun Dompet Dhuafa berupa uang tunai sebesar Rp 2.000.000,- yang akan diberikan kepada keluarga yang terdampak pandemi sebagai modal usaha atau untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari;


4. Bantuan Indonesia Siap Siaga

Pilihan donasi atau sedekah akhir tahun Dompet Dhufa untuk membantu saudara kita di Sintang dan Kalimantan Tengah yang tengah mengungsi karena banjir. Sudah sebulan sejumlah kecamatan di Sintang, Kal-Bar terendam air akibat banjir bandang yang melanda karena debit air sungai Kapuas dan Melawi meluap. Banyak warga yang terpaksa mengungsi ke tempat yang lebih aman. Di akhir tahun ini, Dompet Dhuafa mengajak berani baik melalui program sedekah mulai 10.000 saja untuk membantu meringankan beban saudara-saudara kita yang tengah kesulitan akibat banjir di Sintang dan Kalimantan Tengah;


5. Kado akhir tahun untuk anak yatim

Memberi sedikit kebahagiaan untuk anak yatim merupakan salah satu upaya yang bisa dilakukan agar dapat dekat dengan Rasulullah di akherat nanti. Raih keberkahan-NYA melalui berani baik pada anak yatim. Program berbagi kebahagiaan melalui kado untuk anak yatim ini, bukan hanya sekedar upaya untuk menyenangkan anak yatim melainkan sebuah upaya untuk memperoleh keridhoan-NYA.


“Dan mereka bertanya kepadamu mengenai anak-anak yatim. Katakanlah, “Memperbaiki keadaan anak-anak yatim itu amat baik bagimu.” (QS Al Baqoroh,2:220)

Di akhir tahun 2021 ini, Dompet Dhuafa mengajak untuk mengukir kenangan manis melalui program sedekah kado untuk yatim.


Program donasi yang dilakukan Dompet Dhuafa terbukti telah mampu membawa kebaikan dan manfaat untuk para dhuafa. Dompet Dhuafa memiliki banyak program yang bertujuan untuk memberdayakan kaum dhuafa agar mampu hidup mandiri dan berdikari. Program pemberdayaan Dompet Dhuafa merupakan program yang biayanya berasal dari zakat, infak dan sedekah yang dikelola oleh Dompet Dhuafa.


Dompet Dhuafa mengajak kita semua untuk berani baik dan tidak menunda-nunda untuk berbuat kebaikan. Tidak perlu menunggu kaya atau sukses dulu baru bersedekah atau berdonasi. Berani Baik dapat dimulai dari 10000 rupiah saja. Berani Baik, berani berbuat kebaikan dari sekarang demi keridhoan-NYA dan di akherat nanti.


Lembaga pendidikan yang dibangun Dompet Dhuafa dari zakat, sedekah dan infak muzakki 


 

You May Also Like

0 komentar

Postingan Populer