Memperingati Maulid Nabi, Sinar Mas Land Menggelar Lomba Baca Al-quran Untuk Anak-Anak

by - Oktober 23, 2021

Lomba baca Al-quran untuk anak-anak secara daring (foto: Sinar Mas Land)


Hari Kelahiran Nabi Muhammad baru saja kita peringati. Berbagai acara dilakukan oleh umat muslim dalam rangka memperingati hari kelahiran Rasulullah. Ada yang menjadikan momentum hari kelahiran Rasulullah ini sebagai pembelajaran agar makin mengenal dan mencintai Rasulullah hingga dapat meneladani sikap Rasulullah dan mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Ada pula yang memperingati Maulid Nabi dengan mengadakan lomba yang bertujuan meningkatkan iman dan taqwa pada Allah SWT dan semakin mencintai Allah dan Rasulullah.


Sinar Mas Land melalui Yayasan Muslim Sinar Mas Land tidak mau melewatkan momentum Maulid Nabi ini tanpa melakukan kegiatan bermanfaat dunia akherat. Dalam rangka memperingati Maulid Nabi tahun ini, Sinar Mas Land melalui Yayasan Muslim Sinar Mas Land (YMSML) menggelar lomba baca Al-quran untuk anak-anak secara virtual atau daring. Lomba ini diadakan dengan tujuan untuk memotivasi anak-anak supaya mau meningkatkan kemampuannya membaca Al-quran. 


Salah satu cara mulia dalam memperingati Maulid Nabi atau hari kelahiran Nabi Muhammad SAW adalah dengan membaca Al-quran, mendalami maknanya serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. YMSML sebagai penyelenggara dan mewakili Sinar Mas Land berharap dengan diadakannya lomba membaca Al-quran untuk anak-anak ini dapat meningkatkan semangat dan memotivasi anak-anak untuk tetap memperdalam kemampuannya membaca Al-quran meski ditengah keterbatasan seperti pada masa pandemi seperti ini. 


Lomba membaca Al-quran untuk anak-anak secara daring ini, YMSML bekerja sama dengan Yayasan Mama Papa, yayasan yang memiliki metode Mama Papa dalam mengajarkan membaca Al-quran pada anak didiknya. Metode Mama papa adalah cara cepat belajar membaca Al-quran dengan menggunakan pendekatan cerita. Seperti yang dijelaskan oleh Ustaz Muhammad Taslim, Penulis Buku Metode Mama Papa, cara cepat membaca Al-quran ini hampir mirip dengan membaca Arab Melayu. 29 huruf Hijaiyah diperkenalkan dengan menggunakan bahasa sehari-hari hingga mudah dimengerti dan dipahami bagi siapapun yang sedang belajar membaca Al-quran.


Juara lomba baca Al-quran dalam peringatan Maulid Nabi (foto: Sinar Mas Land)


Lomba baca Al-quran untuk anak-anak secara daring ini diikuti oleh sekitar 402 orang anak usia 7-12 tahun dari perwakilan 72 masjid/musala yang berada di sekitar kawasan Kota Wisata Cibubur, Legenda Wisata Cibubur, dan Grand Wisata Bekasi. Anak-anak ini unjuk kemampuan secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting pada Sabtu, 23 Oktober 2021 ini. Lomba dibagi menjadi tiga kategori yaitu kategori A untuk anak usia 7-9 tahun, kategori B untuk anak usia 10-12 tahun, dan kategori C untuk anak usia 13-15 tahun. Total hadiah yang bisa dibawa pulang oleh anak-anak pemenang lomba baca Al-quran ini sebesar Rp42 juta. Wow..lumayan besar ya hadiahnya apalagi di masa pandemi korona seperti ini. Lomba baca Al-quran ini merupakan salah satu bagian dari program Berantas Buta Al-quran virtual 2021 yang telah berlangsung sejak Mei 2021.


Juara 1 kategori B (foto Sinar Mas Land)


Semua peserta yang mengikuti lomba baca Al-quran yang digelar oleh YMSML (mewakili Sinar Mas Land) dan Yayasan Mama Papa adalah anak didik guru mengaji yang telah menguasai cara cepat membaca Al-quran dengan menggunakan metode Mama Papa. Ustaz dan guru ngaji tersebut telah mengikuti dan lulus dalam pelatihan (training of trainers) metode Mama Papa. Pelatihan tersebut juga merupakan rangkaian kegiatan program BBQ Virtual 2021 dan diikuti oleh 144 guru ngaji dan ustaz secara intensif selama 3 bulan. Para guru ngaji dan ustaz itu selama pelatihan dibekali buku panduan dan alat peraga berupa salinan digital supaya lebih mudah memahami metode Mama Papa.


Metode Mama Papa diperkenalkan sejak beberapa tahun lalu agar siapapun yang ingin belajar membaca Al-quran dapat cepat bisa membaca Al-quran dengan cara yang mudah dan tanpa ribet. Bagi muslim, membaca Al-quran merupakan bentuk rasa syukur dan cinta pada Allah dan Rasul-NYA. Muslim di manapun di muka bumi ini diwajibkan untuk terus belajar memaknai kandungan Al-quran dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Al-quran merupakan sumber ilmu pengetahuan dan jawaban dari semua pertanyaan yang ada dalam hidup ini. 


Sinar Mas Land yang diwakili oleh YMSML telah mengadakan program berantas buta Al-quran yang melibatkan guru ngaji dan ustaz dari 127 masjid dan mushola yang berada di sekitar kawasan BSD City sejak tahun 2018 hingga 2019. Tahun ini, program BBQ yang dihelat oleh YMSML memperluas jangkauannya dan menyasar masjid dan mushola yang berada di sekitar Kota Wisata Cibubur, Legenda Wisata Cibubur dan Grand Wisata Bekasi. Diharapkan melalui program ini, banyak muslim yang tadinya belum bisa baca Al-quran dapat tertolong dan bisa membaca Al-quran dengan benar, terutama anak-anak.


Juara 1 kategori C (foto Sinar Mas Land)


You May Also Like

0 komentar

Postingan Populer