Kenapa Harus TIKI? Ini Alasannya

by - Juli 15, 2021

Belanja online menjadi pilihan terbaik pada masa pandemi


Pada masa pandemi seperti saat ini, belanja online menjadi alternatif terbaik yang dapat dilakukan. Masyarakat cenderung takut ke luar rumah karena tidak ingin terpapar dan terinfeksi korona. Terlebih lagi, saat ini makin banyak saja varian virus korona dan cepat banget penularannya. Memilih di rumah saja dan membatasi mobilitas merupakan cara terbaik dan paling aman untuk melindungi diri sendiri, keluarga dan orang lain saat ini. Dan saya juga memilih untuk melakukannya. Di rumah saja sampai pandemi dapat dikendalikan.


Sejak pandemi, saya memilih untuk beraktivitas di rumah saja. Kalau tidak ada keperluan mendesak, saya memilih untuk di rumah saja. Untuk memenuhi kebutuhan pokok dan pangan keluarga, saya memilih berbelanja online dengan memanfaatkan market place atau belanja di toko teman atau kerabat namun dikirim melalui jasa pengiriman. Apalagi sejak diterapkannya pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat, aktivitas belanja online dan kirim barang semakin sering saya lakukan.


Lonjakan Covid memaksa saya untuk tidak pergi kemana-mana dan di rumah saja. Saya sendiri dihinggapi rasa enggan ke luar rumah walau hanya sekedar pergi ke warung tetangga yang jaraknya tak lebih dari 200 meter. Saya memilih untuk berbelanja online atau memanfaatkan jasa ekspedisi jika harus mengirim barang ke rekanan atau kerabat. Selama pandemi ini, ekspedisi sangat membantu saya terutama untuk pengiriman dan pengantaran pesanan saya ataupun saat saya ingin mengirim barang untuk kerabat ataupun ke teman.


Seringnya belanja online selama masa pandemi ini membuat saya semakin mengetahui apa saja yang harus dilakukan agar aktivitas belanja online dan pengiriman barang tetap aman dan lancar. Karena beberapakali saya dibuat kecewa oleh jasa pengiriman. Barang sampai dan saya terima, jauh lebih lama dari tanggal seharusnya. Dan saat dikonfirmasi pun slow respon banget pihak ekspedisinya. Sejak saat itu, saya lebih selektif lagi dalam memilih jasa pengiriman. Saya ngga mau kecewa lagi.


Tips Memilih Jasa Pengiriman Barang


Belajar dari pengalaman, saya menjadi lebih selektif dalam memilih jasa pengiriman barang. Sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa pengiriman barang, berikut ini adalah hal-hal yang saya perhatikan.


Tips memilih jasa pengiriman barang yang aman dan tepercaya:


1. Memastikan jasa pengiriman barang mampu mengirim barang dengan tepat waktu


Ketepatan waktu pengantaran dan pengiriman barang menjadi kriteria utama dalam memilih jasa pengiriman barang. Karena itu saya berusaha mengetahui lebih dulu mengenai track record dari jasa pengiriman barang yang ingin saya gunakan. Saya mencari tau dengan bertanya ke teman-teman yang sering menggunakan jasa pengiriman barang. Apakah jasa pengiriman barang yang ingin saya gunakan ini, mampu mengirim dan mengantarkan barang sesuai dengan waktu yang dijanjikan. Selain itu, saya pun mencari tau melalui internet apakah jasa pengiriman barang yang ingin saya gunakan ini menerima banyak keluhan dari konsumennya. 


2. Memilih ongkos kirim yang standar, masuk akal dan terjangkau


Males banget kan klo mau kirim barang atau belanja online tapi biaya ongkos kirim jasa pengiriman barangnya lebih mahal dari harga barang yang ingin dibeli atau dikirimkan. Karena itu saya rajin banget tuh membandingkan sekaligus memeriksa biaya ongkos kirim dari masing-masing jasa pengiriman barang. Faktor harga ini menjadi salah satu pertimbangan saya dalam memilih jasa pengiriman barang. Tapi bukan yang utama sih. Percuma ongkos kirim murah tapi barang sampainya lama banget sama lumutan nungguinnya wkwkwk. Malahan bikin kesel jadinya,kan?! 


3. Memilih jasa pengiriman barang yang bisa di lacak secara real time


Saya memilih jasa pengiriman barang yang dapat dilacak sampai mana barang kiriman atau pesanan saya tersebut. Sebagai konsumen, seringnya saya ngga sabaran menantikan barang pesanan saya atau barang kiriman saya sampai. Saya merasa harus mengetahui proses pengirimannya, sudah dikirimkan atau belum, sudah sampai mana dan estimasi barang tersebut sampai. Oleh sebab itu, saya lebih suka memilih jasa pengiriman barang yang dapat dilacak secara real time, baik itu melalui aplikasi ataupun website resminya.


4. Memilih jasa pengiriman barang yang telah terbukti tepercaya dapat mengirimkan barang dengan aman


Sebagai konsumen, saya sadar kalau saya ini termasuk konsumen yang rewel dan mendekati perfect. Maunya saya, barang pesanan atau kiriman saya dapat sampai dengan aman tanpa cacat dan rusak sedikitpun. Karena itu, cepat saja tidak cukup untuk saya. Harus yang cepat dan aman. Saya yakin tidak ada satupun orang yang ingin menerima barang pesanannya dalam kondisi rusak atau cacat. Saya harus memastikan dulu jika jasa pengiriman barang yang ingin saya gunakan ini mampu mengirimkan barang dengan aman dan menawarkan asuransi penggantian jika terjadi kerusakan.


5. Memilih jasa pengiriman barang yang memiliki paket pengiriman yang variatif dan lengkap


Saya memilih jasa pengiriman barang yang memiliki beberapa paket pengiriman. Tentu saja paket pengiriman ini berbeda-beda durasi dan harganya. Pilihan paket ini memberikan kebebasan pada saya sebagai konsumen untuk memilih paket pengiriman sesuai dengan budget dan kebutuhan saya.


6. Memilih jasa pengiriman barang yang memiliki jaringan yang luas, customer service 24 jam dan jam operasional setiap hari


Alasannya simpel sih. Jasa pengiriman yang buka setiap hari lebih memudahkan saya untuk mengirim barang atau toko online tempat saya belanja pun dapat mengirim barang pesanan saya setiap hari. Tanpa harus terjeda Sabtu dan Minggu. Saya juga memilih jasa pengiriman yang memiliki customer service 24 jam. Terkadang diperlukan juga customer service 24 jam yang dapat memberikan informasi dan membantu saya sebagai konsumen melalui telpon,chatting maupun online perihal update pengiriman barang.


Setidaknya itulah 6 tips yang saya pakai dalam memilih jasa pengiriman barang terutama pada masa pandemi seperti saat ini.


TIKI, Jasa Pengiriman Barang Tepercaya Sejak Lama


TIKI jasa pengiriman barang tepercaya

Setelah kepo cek ricek sana sini, akhirnya saya memilih TIKI sebagai jasa pengiriman barang andalan. Kenapa harus TIKI? Karena TIKI adalah jasa pengiriman paket tepercaya dan selalu berupaya untuk memberikan yang terbaik untuk konsumennya. Inilah yang saya rasakan. Salah satu bukti TIKI selalu berupaya untuk menjaga kepercayaan dan memberikan pelayanan terbaik untuk konsumennya dapat dilihat dari beragam jenis pengiriman paket yang disediakan oleh TIKI dan menyesuaikan dengan kebutuhan konsumennya. Dan kebetulannya nih layanan TIKI tersedia di Tokopedia, market place tempat saya belanja online.


Apa saja sih layanan pengiriman paket TIKI? Jenis pengiriman TIKI terdiri dari SDS (Same Day Service), TDS (Two Days Service), Regular, HDS (Holiday Delivery Service), ECO (Economy), INT dan TRC. SDS merupakan pengiriman paket super kilat yaitu tidak membutuhkan waktu lebih dari 24 jam. Artinya jika saya mengirimkan paket pada hari ini maka paket tersebut akan sampai pada hari ini juga. SDS memberikan pelayanan untuk tujuan ke seluruh kota-kota besar di Indonesia. Biasanya saya menggunakan jenis layanan SDS saat membeli makanan atau bahan kebutuhan rumah tangga.


Jenis pengiriman layanan TIKI, SDS

Selain sering menggunakan jenis layanan SDS TIKI, saya cukup sering menggunakan ONS dan TDS. ONS adalah jenis pengiriman paket yang membutuhkan waktu sekitar satu hari untuk sampai tujuan. Jangkauan lokasi untuk ONS adalah seluruh wilayah Indonesia baik yang ada di pulau Jawa maupun luar Jawa. Sedangkan TDS adalah paket pengiriman barang dengan estimasi waktu dua hari saja untuk seluruh wilayah Indonesia. Jenis pengiriman TIKI ini memiliki harga yang relatif lebih murah dibandingkan dengan dua jenis layanan pengiriman TIKI ONS dan SDS. Tapi tetap sama-sama tepat waktu dan aman kog. Tergantung budget dan kebutuhan saja.


Ada nih jenis layanan pengiriman TIKI dengan harga yang lebih terjangkau lagi. Yaitu jenis pengiriman TIKI Regular dan Economy (ECO). Pengiriman TIKI regular merupakan pelayanan standar pengiriman paket TIKI. Pelayanan REG mengirimkan paket ke seluruh Indonesia dengan waktu tidak lebih dari tujuh hari untuk sampai tujuan. Semakin dekat tujuan pengirimannya akan semakin cepat juga waktu yang dibutuhkan agar paket sampai tujuan. Harganya pun terjangkau banget perkilogramnya. Tergantung jaraknya juga. Tapi relatif lebih murah, asal sabar aja sih. Kalau saya sih tipe orang yang ngga sabaran hahahaha. Jadi jarang banget milih jenis pengiriman TIKI yang satu ini. 


Pengiriman paket dengan layanan ECO memberikan kemudahan bagi pelanggan. Dengan ECO maka para pelanggan dapat mengirimkan paketnya dengan biaya yang ramah sesuai kebutuhan pelanggan. Saya belum pernah mencoba paket pengiriman TIKI ECO ini. Tapi berdasarkan cerita teman-teman yang sama-sama hobi belanja online, TIKI ECO ini cukup recommended kog. Tapi ngga bisa kalau ingin barang cepat sampai, ya harus pakai yang SDS xixixi.


Oh ya, seperti yang sudah saya ceritakan, TIKI memberikan layanan pengiriman paket ke seluruh wilayah di Indonesia dan internasional. Untuk dalam negeri, TIKI melayani pengiriman dari Sabang sampai Merauke. Waktu pengiriman paket yang disediakan pun beragam sesuai dengan jenis pengiriman yang dipilih oleh konsumen. Tinggal disesuaikan saja dengan kebutuhan dan anggaran. 


Pada saat ramadan dan lebaran Idul Fitri kemarin, saya menggunakan jenis layanan pengiriman TIKI SDS KITA (same day service kuliner nusantara) untuk mengirim atau pun berbelanja kuliner di toko online langganan. TIKI SDS KITA membantu mengirimkan kuliner pesanan saya dari luar kota dengan cukup cepat, hari itu dikirimkan dan hari itu sampai. Harganya pun sangat terjangkau.


Alasan lainnya kenapa saya memilih TIKI karena TIKI mampu memastikan kualitas pelayanannya dari proses booking hingga ketepatan waktu pengiriman. Saya juga tidak harus mendatangi ke gerai TIKI jika ingin kirim barang. Saya bisa melakukan online booking melalui aplikasi TIKI dan memanfaatkan layanan Jemput Online (Jempol) dan Putar (Jemput Antar). Mempermudah saya saat harus kirim barang pada masa pandemi seperti ini.


Oh ya selama PPKM darurat ini, ngga perlu khawatir pengiriman barang akan terhambat karena jasa pengiriman barang termasuk kategori kritikal dan tetap boleh beroperasi.  Walaupun terjadi pembatasan namun pengiriman barang tetap boleh dilakukan. Selama masa PPKM darurat ini, menurut petugas gerai TIKI yang saya tanyai melalui WhatsApp, TIKI tidak ada perubahan jam layanan dan sejauh ini sih tidak ada keterlambatan. Kemarin saya belanja makanan di Tokopedia dan kirim pakai TIKI SDS, seperti biasa kog sampainya. Mas gerai TIKI bilang bahwa selama PPKM darurat Jawa-Bali ini, TIKI terus memaksimalkan pengiriman agar tidak terjadi penundaan atau penumpukan barang. Jadi ngga usah khawatir pengiriman akan terlambat yaaa..Selamat berbelanja online.


TIKI PUTAR




You May Also Like

0 komentar

Postingan Populer