Kamis, 20 Mei 2021

Ayo Wisata Virtual Dunia Bawah Laut Bersama Paddle Pop Seaventure dan Jakarta Aquarium, Gratis!

Wisata Virtual Dunia Bawah Laut Paddle Pop Seaventure dan Jakarta Aquarium

"Duh bingung banget deh..libur lebaran nanti kan masih belum boleh kemana-mana, mudik juga dilarang, ingin sih piknik tapi pasti beresiko untuk anak-anak. Korona masih mengintai tapi gimana yah bingung juga nyari kegiatan liburan yang pas dan cocok untuk anak-anak biar mereka ngga bosan dan jenuh karena di rumah aja sih", keluh tetangga depan rumah, seminggu sebelum lebaran tiba. Sejujurnya saya pun tak kalah galau dengan si ibu tetangga depan rumah itu. Inginnya ngajak anak-anak pergi liburan atau piknik tapi apa daya, si korona belum dapat dikendalikan. Terlebih lagi kami baru saja "lepas" dari intaian korona ini dan menyandang sarjana kopit wkwkwk.


Ditengah kegalauan yang melanda, saya melihat postingan instagram seorang teman yang bercerita tentang keseruan anak-anaknya bermain dan berwisata virtual dunia bawah air bersama Paddle Pop Seaventure. Jadi kepo saya dibuatnya hingga saya pun mencari tau apa itu Paddle Pop Seaventure dan bagaimana caranya bisa ikut wisata virtual dunia bawah laut tersebut. Setelah ngepoin akun instagram Paddle Pop, saya pun jadi tau langkah-langkah apa saja yang harus saya lakukan agar anak-anak saya bisa juga mengikuti wisata virtual dunia bawah laut bersama Paddle Pop Seaventure dan Jakarta Aquarium.


Wisata Virtual Dunia Bawah Laut Bersama Paddle Pop Seaventure dan Jakarta Aquarium

Untuk dapat mengikuti wisata virtual bawah laut bersama Paddle Pop Seaventure dan Jakarta Aquarium, saya harus membeli dulu minimal 4 buah es krim Paddle Pop rasa apa saja di Alfamart/Alfamidi/Indomaret lalu struk pembelian keempat es krim Paddle Pop tersebut saya foto dan kirimkan melalui whatsapp ke nomer 0858-1223-1223 untuk mendapatkan kode unik. 


Cara mengikuti wisata virtual dunia bawah laut bersama Paddle Pop Seaventure

Kode unik tersebut digunakan supaya bisa masuk ke websitenya dan dapat mengikuti wisata virtual dunia bawah laut. Setelah struk dikirimkan ke nomer whatsapp tersebut, saya diminta untuk menuliskan data diri dengan format yang sudah ditentukan dan mengunggah kembali struk pembelian keempat es krim Paddle Pop tersebut. Selanjutnya saya menerima pesan dari tim Paddle Pop seperti berikut ini : "Teman Paddle Pop, terima kasih ya struk kamu telah kami terima. Proses validasi data akan dilakukan maksimal 3x24 (jam kerja). Harap tunggu konfirmasi untuk memproses data kamu dalam sistem kami ya!"


Paddle Pop Seaventure ini bisa diikuti dari bulan April hingga Juni 2021. Oh ya setelah menunggu beberapa hari akhirnya saya memperoleh konfirmasi dari Tim Paddle Pop, sebagai berikut: "Hi! Teman Paddle Pop, selamat struk belanja kamu dengan nomor EF43-226-1605T3Z3 yang diunggah pada tanggal 14-May-2021 pukul 07:51 adalah VALID. Kamu dapat menikmati Wisata Virtual Dunia Bawah Laut, GRATIS!.Silakan mengunjungi website Paddle Pop Main Yuk Seaventure kemudian masukkan kode unik ini BMJCQ4. Kode unik ini hanya bisa dipakai 3x. Informasi lebih lanjut terkait mekanisme penggunaan kode unik ini silakan kunjungi link berikut: bit ly/TncPaddlePop. Untuk pengalaman Wisata Virtual Dunia Bawah Laut yang lebih menyenangkan, kami sarankan untuk mengakses website melalui Laptop/PC Desktop dari browser apapun". 


Memasukan kode unik untuk memulai wisata virtual dunia bawah laut Paddle Pop Seaventure

Yeaaay..akhirnya saya dapat kode unik untuk mengakses website Paddle Pop Main Yuk Seaventure. Saatnya anak-anak saya berpetualang menjelajahi keajaiban dunia bawah laut nih walau secara virtual tapi pasti mereka suka. Libur lebaran mereka tetap seru meski di rumah saja. Setelah mengakses website Paddle Pop Main Yuk Seaventure, saya dan anak-anak baru tau bahwa bukan hanya dapat menjelajahi dunia bawah laut saja tapi anak-anak juga dapat menikmati berbagai keseruan,seperti:

✅ Wisata virtual ke Jakarta Aquarium dan mengenal biota bawah laut;

✅ Mengasah kemampuan sosial anak dengan aktivitas interaktif;

✅ Bermain dengan ide seru dari Playdate Indonesia sehingga anak dapat mengeksplor hal baru;

✅ Anak-anak dapat mengikuti kuis dan ada pula kompetisi foto keseruan bermain dan berwisata virtual dunia bawah air bersama Paddle Pop Seaventure dan Jakarta Aquarium. Foto dengan twibbon yang telah tersedia lalu posting diinstagram masing-masing dengan hastag yang telah ditentukan dan mention tiga orang teman. Lomba foto berhadiah kolam renang anak dan paket produk es krim dari Paddle Pop. Asik yah hadiah lomba fotonya…


Foto dengan twibbon Paddle Pop Seaventure


Keseruan Berpetualang Menjelajahi Keajaiban Dunia Bawah Laut Bersama Jakarta Aquarium


Awalnya saya sempat khawatir anak saya tidak tertarik dengan wisata virtual ini karena ini adalah pertamakalinya mereka mengikuti wisata virtual. Pasti sangat berbeda sensasinya antara wisata langsung (offline/datang ke tempat wisata) dengan wisata virtual. Alhamdulillahnya kecemasan saya tidak terjadi. Kedua anak saya sangat menikmati keseruan yang disuguhkan oleh Paddle Pop Seaventure dan Jakarta Aquarium. Begitu masuk websitenya, Si Dede langsung mengklik "wisata virtual". Wisata virtual mengajak kita untuk menikmati keindahan alam bawah laut.



Oh ya dalam wisata virtual ini, ada pemandunya loh. Pemandu dari Jakarta Aquarium. Jakarta Aquarium merupakan aquarium indoor terbesar yang ada di Indonesia. FYI nih Jakarta Aquarium berlokasi di Neo Soho Mall. Saya sendiri pernah loh berkunjung langsung ke Jakarta Aquarium, bukan secara virtual yah. Oh ya saya lanjutkan lagi yah pengalaman berkesan anak saya saat mengikuti wisata virtual dunia bawah laut Paddle Pop Seaventure dan Jakarta Aquarium.



"Bun, Kakak pemandunya masa pake baju selam loh..ihh kayak beneran deh. Tuh lagi ngingetin supaya melakukan pemanasan dulu sebelum berenang dan menyelam. Ikutin ah gerakannya", cerocos Si Dede sambil pandangan matanya tak berkedip sedikitpun menatap layar laptop. Si Dede yang aslinya emang hobi banget berenang dan main air ini, sangat antusias menyimak Kakak pemandu. Banyak informasi seputar dunia bawah laut yang disampaikan oleh Kakak pemandu. Diantaranya adalah tentang kenapa kalau menyelam perlu menggunakan tabung oksigen. Kakak pemandu menjelaskan bahwa tabung oksigen diperlukan karena kita manusia bernafas dengan paru-paru, berbeda dengan ikan yang bernafas menggunakan insang. Ikan bisa bernafas di dalam air sedangkan manusia tidak karena memerlukan oksigen. Karena itulah pada saat menyelam diperlukan tabung oksigen agar manusia tetap dapat bernafas dan menghirup oksigen. 



Kakak pemandu juga menceritakan tentang gurita. Mau tau respon Si Dede ketika Kakak pemandu menjelaskan tentang gurita? "Bun, Dede mau pelihara gurita",...ASTAGA!! hahahahaha

Saya sendiri baru ngeh loh berapa jumlah kaki gurita. Ayo berapa jumlahnya? Banyak yang ngga tau nih jawabannya. Iyups 8. Kakak pemandu juga menjelaskan kalau gurita adalah hewan yang mampu melindungi dan menyamar. Gurita merupakan salah satu binatang laut yang paling cerdas. Gurita juga bisa mengubah warna kulitnya dan tekstur bentuknya sehingga menyatu dengan benda sekitarnya. Tekstur tubuh gurita bisa berbukit atau berbatu. Karena kemampuan yang dimiliki gurita inilah yang membuat Si Dede ingin memelihara gurita wakwakwak.



Kakak pemandu bukan hanya menjelaskan dengan kata-kata saja tapi juga melalui tayangan video. Jadi lebih menarik untuk disimak anak-anak. Setelah menjelaskan tentang gurita, Kakak pemandu juga memperkenalkan ikan pari. Ikan pari memiliki bentuk tubuh yang pipih. Ikan pari tidak punya gigi loh meski masih kerabatnya hiu. Dan ikan pari ini bertelur. Mungkin kerabat jauh hiu kalik yah..wkwkwk. Kakak pemandu juga menjelaskan jika ikan pari menyimpan telurnya di perairan dangkal dan melindungi diri dengan cara menyengat menggunakan ekornya. Sengatan ikan pari mengandung racun yang mematikan mangsanya. Serem juga yah.


Kakak pemandu menjelaskan tentang ikan pari dan ikan hiu

Cukup banyak pengetahuan seputar keajaiban dunia bawah laut yang diperoleh anak-anak saya dari wisata virtual ini. Anak-anak saya jadi tau jika ikan hiu juga diperlukan untuk menjaga keseimbangan ekosistem laut. Ikan hiu berperan sebagai pemangsa tertinggi dalam rantai makanan di laut yang membersihkan laut dengan cara memakan hewan laut yang lemah atau dalam kondisi sakit. Karena itulah ikan hiu disebut sebagai penjaga keseimbangan ekosistem laut. Untung aja Si Dede ngga kesengsem sama ikan hiu, bisa-bisa dia minta pelihara ikan hiu juga wekekek.


Sinking or Floating

Paddle Pop Seaventure juga mengajak anak-anak untuk belajar sambil bermain melalui aktivitas edukatif. Yaitu melakukan empat percobaan. Sayangnya Dede hanya mau mencoba satu percobaan saja yaitu Sinking or Floating. Sinking or Floating adalah sebuah percobaan untuk membuktikan bahwa berat benda di darat dan di air berbeda. Dalam permainan Sinking or Floating anak-anak, termasuk Si Dede belajar mengenai perbedaan benda terapung, melayang dan tenggelam. Bahan-bahan yang diperlukan untuk melakukan permainan Sinking or Floating mudah didapat koq. Cukup sediakan 3 butir telur mentah ya, 3 gelas bening yang diisi air, dan jangan lupa siapkan garam. Lama percobaan ini 15 menit. Penasaran pengen coba sendiri? Langsung beli saja empat buah es krim Paddle Pop rasa apa saja lalu ikuti petunjuk yang ada di gambar berikut ini. Selamat berpetualang dan bermain bersama Paddle Pop Seaventure dan Jakarta Aquarium yaaa..


Kirim foto struk pembelian ke nomer whatsapp yang tercantum di sini ya


Read more

Selasa, 18 Mei 2021

Lets Read Indonesia, Buku Bekal Anak Bertumbuh


Buku bekal anak bertumbuh


Pernah dengar kalau Indonesia menempati peringkat 10 negara terbawah yang memiliki tingkat literasi rendah di dunia? Hal ini berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Program for International Student Assessment (PISA) yang di rilis Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) pada 2019 yang lalu. Duh sedih kan? Ini berarti masyarakat Indonesia memiliki minat baca yang masih rendah. Dan Indonesia diklaim sebagai bangsa yang rendah budaya bacanya. Semakin sedih saja jadinya. Padahal membaca dapat meningkatkan kualitas hidup karena buku merupakan jendela ilmu pengetahuan dan dunia. 


Salah satu penyebab rendahnya minat baca masyarakat Indonesia adalah karena kurangnya ketersediaan buku. Terlebih lagi di daerah dan pelosok nusantara. Kurangnya ketersediaan buku-buku bacaan yang sesuai dengan umur dan kemampuan membaca ini membuat rendahnya minat dan kegemaran membaca masyarakat Indonesia termasuk minat baca yang rendah pada anak-anak. Untuk menumbuhkan kecintaan membaca pada anak, dibutuhkan buku dalam bahasa anak dengan karakter, tema, dan latar belakang yang mencerminkan kehidupan mereka serta mudah untuk dipahami isi ceritanya.


Terkait dengan rendahnya tingkat literasi dan minat baca anak-anak Indonesia, The Asia Foundation mempersembahkan Lets Read Indonesia, sebuah aplikasi perpustakaan digital gratis yang berisi buku bacaan cerita anak. Aplikasi ini dapat didownload secara gratis dan buku cerita anak yang ada didalamnya dapat diunduh dan disebarluaskan secara gratis tapi tidak boleh untuk diperjualbelikan.


Lambang Lets Read


Mengenal Lebih Dekat Lets Read Indonesia


Aplikasi perpustakaan digital gratis, Lets Read Indonesia


Saya yakin banyak yang belum mengetahui apa itu aplikasi Lets Read Indonesia. Saya sendiri baru kenal dekat dengan aplikasi perpustakaan digital ini setelah mengikuti online Blogger Gathering "Buku Bekal Anak Bertumbuh" yang diselenggarakan oleh Lets Read Indonesia dan Blogger Perempuan Network melalui zoom meeting. Penjelasan mendetil seputar Lets Read Indonesia, saya dapatkan dari Mba Elsa Agustine mewakili pihak Lets Read Indonesia. 


Mba Elsa dari Lets Read Indonesia

Lets Read Indonesia adalah perpustakaan digital #bukuceritaanak persembahan dari The Asia Foundation, komunitas literasi yang ada di Indonesia sejak tahun 1955. Salah satu program pertama dari The Asia Foundation adalah Books For Asia (BFA). The Asia Foundation telah menyumbangkan buku lebih dari 3,5juta eksemplar untuk Indonesia. Lets Read Indonesia mulai diperkenalkan oleh The Asia Foundation pada tahun 2017.


Tujuan dari diluncurkannya Lets Read Indonesia, aplikasi perpustakaan digital gratis di Indonesia adalah sebagai upaya membudayakan kegemaran membaca pada anak Indonesia sejak dini melalui digitalisasi cerita bergambar, pengembangan cerita rakyat yang kaya kearifan lokal dan penerjemahan buku cerita anak yang berkualitas baik itu buku cerita anak terbitan dalam dan luar negeri ke dalam bahasa nasional dan bahasa ibu. Jadi tak usah heran jika dalam aplikasi Lets Read Indonesia terdapat banyak pilihan bahasa selain bahasa Indonesia.



Lets Read Indonesia merupakan aplikasi perpustakaan digital yang menampilkan cerita bergambar untuk PAUD dan SD kelas rendah. Tapi tetap bisa dibaca oleh siapapun yang tertarik membacanya karena berisi pesan-pesan kebaikan. Buku cerita anak yang terdapat dalam Lets Read Indonesia diterjemahkan ke dalam beberapa bahasa dan dapat diunduh serta dicetak. Aplikasi ini dapat diunggah melalui Android dan website, mudah mengaksesnya dan tanpa dipungut biaya apapun alias GRATIS. Lets Read Indonesia memiliki koleksi ratusan buku cerita anak yang bersumber dari book lab dan lokakarya penerjemah yang bernaung dalam The Asia Foundation.


Salah satu buku cerita anak yang ada di aplikasi Lets Read Indonesia

Kehadiran Lets Read Indonesia diharapkan mampu meningkatkan minat membaca anak Indonesia. Karena itu buku cerita anak yang tersedia khusus disesuaikan dengan usia dan kemampuan membaca anak.


Read Aloud, Metode Membacakan Nyaring Untuk Membangun Minat dan Ketertarikan Anak Membaca Buku


Metode Membacakan Nyaring (Read Aloud)

Read aloud atau membacakan nyaring merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk membangun minat dan ketertarikan anak membaca buku. Membacakan nyaring dapat dilakukan oleh orangtua atau guru dengan melibatkan anak-anak. Membacakan nyaring juga dapat membangun "bonding" antara si pembaca dan yang dibacakan. Metode ini membangun banyak keterampilan dasar yang penting bagi anak seperti perkenalan kosakata, memberikan model membaca yang lancar dan ekspresif, membantu anak mengenal apa itu membaca untuk kesenangan , anak menjadi lebih mudah memahami isi dan pesan yang disampaikan dari buku cerita yang dibacakan tersebut. Dan yang terpenting adalah tumbuh kesukaan dan minat membaca pada anak.


Ibu Roosie Setiawan, founder Reading Bugs memaparkan secara detil mengenai membacakan nyaring atau read aloud. Pada saat membacakan nyaring, ada tiga hal yang harus diperhatikan,yaitu berapa menit waktu yang digunakan untuk membacakan nyaring, apa yang didapat dari kegiatan tersebut dan apa yang dirasakan ketika kegiatan membacakan nyaring dilakukan. Read aloud atau membacakan nyaring merupakan proses menuangkan kemampuan literasi usia dini. Didalamnya terdapat proses mendengar/menyimak, berbicara, membaca, menulis dan pengenalan kosa kata.


Ibu Roosie Setiawan

Intonasi dan irama dalam membacakan nyaring membuat bacaan mudah dipahami, meningkatkan konsentrasi (menyimak) dan menarik minat pada bacaan. Dalam kegiatan membacakan nyaring terdapat interaksi antara si pembaca dengan yang dibacakan (anak), sehingga dapat meningkatkan kepercayaan diri anak, perasaan nyaman dan motivasi belajar. Metode read aload sangat membantu anak dalam memahami isi cerita yang dibacakan sehingga pesan-pesan yang ingin disampaikan dapat terakomodir dengan baik.


Dengan menggunakan metode read aload/membacakan nyaring, pembelajaran terjadi lebih otentik, menyenangkan, menarik, terdiferensiasi dan natural. Hal ini dikarenakan dalam metode membacakan nyaring terdapat unsur linguistik, spasial, visual, aural dan gestural. Ada empat tahapan membacakan nyaring, yaitu persiapan, sebelum membacakan nyaring, saat membacakan nyaring dan setelah membacakan nyaring.



Pada tahap persiapan read aloud atau membacakan nyaring, ada empat hal yang harus dilakukan. Ketahui terlebih dulu tahapan membaca anak, tujuan dari dilakukannya read aloud, memilih buku yang tepat dan lakukan kegiatan pra baca. Memilih buku untuk membacakan nyaring harus diperhatikan kesesuaian konten/isi cerita, keterbacaan, ketergrafikaan dan genre yang sesuai. Prabaca diperlukan agar tahu jalan cerita buku yang akan dibacakan nyaring sehingga tau kapan harus titik, koma dan memberikan jeda sehingga intonasi suara dapat diatur dengan baik. Dapat mengantisipasi pertanyaan yang mungkin muncul sekaligus menyiapkan pertanyaan-pertanyaan sebagai bahan diskusi pada saat selesai read aloud. 


Sebelum membacakan nyaring, mulailah dengan percakapan, perlihatkan sampul buku yang akan dibacakan nyaring, sebutkan judulnya, pengarangnya dan pastikan read aloud berjalan semenarik mungkin serta gali pengetahuan umum anak-anak. Pada saat membacakan nyaring, bangun interaksi dengan anak-anak dan buat mereka "terpaku" dan fokus terhadap isi buku yang dibacakan nyaring. 


Aspek yang ada dalam read aloud (membaca nyaring)

Setelah membacakan nyaring/read aloud, mintalah anak-anak untuk mengajukan pertanyaan seputar buku yang dibacakan atau ajukan pertanyaan jika tidak ada anak-anak yang bertanya. Minta anak-anak untuk menceritakan kembali isi cerita yang dibacakan dengan kalimat mereka sendiri. Dan yang terakhir dalam metode read aload adalah letakkan buku bacaan ditempat yang mudah dijangkau anak-anak. Kapanpun anak-anak tergoda untuk membacanya, mereka mudah untuk mengambil/menemukannya. Gimana, kalian tertarik juga ngga untuk mencoba membacakan nyaring?? Aku sih pengen banget mencoba menerapkannya pada anakku. Semoga bisa makin meningkatkan minat baca anakku karena buku merupakan bekal anak bertumbuh.


Online Blogger Gathering, Buku Bekal Anak Bertumbuh


Read more

Minggu, 09 Mei 2021

Ayo Imunisasi, Bersatu Sehatkan Negeri


Ayo Imunisasi,Bersatu Sehatkan Negeri

Di setiap akhir pekan pada bulan April tiap tahunnya diperingati sebagai Pekan Imunisasi Dunia (PID). PID 2021 ini masih dalam suasana pandemi. Beberapa persoalan seputar imunisasi muncul di era pandemi ini. Salah satu masalah yang muncul seputar imunisasi selama pandemi ini adalah kegalauan orangtua untuk membawa bayi dan anaknya ke fasilitas kesehatan untuk imunisasi, mengingat fasilitas kesehatan bisa saja menjadi tempat penularan virus Covid-19.


Pandemi global ini tak dipungkiri membawa ketakutan yang besar untuk mendatangi fasilitas kesehatan. Akibatnya cukup banyak orangtua yang menunda imunisasi untuk buah hatinya padahal imunisasi penting untuk melindungi kesehatan bayi dan anak terutama di masa pandemi seperti ini.


Temu Blogger Kemenkes dalam Rangka Pekan Imunisasi Dunia 2021


Pekan Imunisasi Dunia 2021

Dalam rangka memeringati Pekan Imunisasi Dunia 2021, Kemenkes RI menggelar acara Temu Blogger. Temu Blogger tersebut membahas tema "Ayo Imunisasi, Bersatu Sehatkan Negeri", dan menghadirkan Prof. Cissy Kartasasmita,dr,MSc,PhD,SpA(K), Prof. DR. Hinky Hindra Irawan Satari, dr,SpA(K),M.Trop.Paed dan Olivia Silalahi. Prof. Cissy dan Prof. Hinky memaparkan betapa pentingnya imunisasi pada anak terutama pada saat pandemi seperti ini. Orangtua tidak perlu merasa galau untuk membawa anaknya imunisasi ke fasilitas kesehatan karena sudah ada prosedur tata cara imunisasi yang diterapkan oleh fasilitas kesehatan.


Tata cara membawa anak imunisasi ke fasilitas kesehatan

Berbicara mengenai kekhawatiran perihal apakah vaksin aman atau tidak untuk anak-anak, Prof. Hink menjelaskan bahwa vaksin yang dipakai di Indonesia adalah vaksin yang aman dan berkualitas sehingga masyarakat tidak perlu khawatir. Prof. Hink dan Prof. Cissy menjelaskan mengenai istilah-istilah imunisasi yang sering dianggap sama artinya oleh masyarakat awam. Istilah imunisasi tersebut, adalah:

~ Vaksin : Produk biologis yang dapat menghasilkan imunitas spesifik untuk penyakit tertentu;

~ Vaksinasi : Pemberian vaksin ke dalam tubuh untuk menghasilkan imunitas spesifik terhadap penyakit tertentu;

~ Imunisasi : Proses yang menyebabkan seseorang menjadi imun sehingga tercegah dari penyakit melalui vaksinasi.

Sekarang sudah tau kan apa itu vaksin, vaksinasi dan imunisasi. Jangan sampai ketuker lagi yah.


Imunisasi harus dan penting

Setiap bayi dan balita berhak untuk memperoleh hak kesehatan berupa imunisasi. WHO sebagai badan kesehatan internasional pun telah menyatakan jika imunisasi penting dan harus dilakukan. Mengapa imunisasi penting? Karena dengan imunisasi dapat mencegah penyakit infeksi. Contohnya polio, DPT, Measles, Hepatitis B, DBD dan penyakit infeksi lainnya. Imunisasi juga dapat mencegah penyebaran suatu penyakit. Jika masyarakat telah diimunisasi maka penyebaran penyakit tersebut akan terhambat dan masyarakat akan terbentuk "herd immunity" atau kekebalan komunitas. 


Pada saat masyarakat telah mempunyai kekebalan, maka secara tidak langsung dapat mencegah sebagian masyarakat yang tidak diimunisasi seperti bayi muda dan orang yang menderita defisiensi imun terpapar penyakit tersebut. Hal inilah yang sedang diupayakan pemerintah dalam mengatasi pandemi Covid-19. Membentuk "herd immunity" dengan jalan pemberian vaksin secara massal. Kembali lagi pada pentingnya vaksinasi pada anak, berdasarkan data WHO, vaksinasi yang telah diberikan pada bayi dan anak, terbukti dapat menurunkan angka kejadian penyakit yang bisa dicegah dengan imunisasi. Seperti penyakit pertusis pada anak yang turun hingga 94%, difteri yang turun 93%, Tetanus yang turun sekitar 85-89%, Rubella yang turun 96% serta Polio yang turun hingga 99%. 



Prof. Cissy mengatakan pandemi global yang saat ini kita alami telah menyebabkan terjadinya disrupsi layanan kesehatan, disrupsi layanan imunisasi sehingga anak tidak memperoleh imunisasi yang menyebabkan anak rentan sakit PD3I. Akibatnya terjadilah kejadian luar biasa PD3I yang pada akhirnya akan membentuk generasi yang rentan terhadap penyakit. Meskipun pandemi, anak-anak harus tetap diimunisasi secara lengkap sesuai dengan usianya agar terlindungi dari penyakit dan dapat tumbuh optimal.


Pelayanan Imunisasi harus tetap dilaksanakan selama pandemi COVID-19 dengan disiplin prokes karena imunisasi penting untuk melindungi bayi dan anak;

• Pelayanan imunisasi mengalami disrupsi karena usaha menurunkan transmisi penyakit COVID-19, akibatnya instruksi stay-at-home and shelter-in-place, pelayanan imunisasi menjadi menurun;

• Vaksinasi rutin harus tetap dijalankan atau di re-inisiasi selama pandemi COVID-19, untuk melindungi individu dan komunitas dari KLB PD3I;

• Vaksinasi rutin dapat mencegah penyakit yang dapat mengakibatkan kunjungan medis, dan perawatan di fasilitas kesehatan yang tidak perlu;

• Komunikasikan pentingnya vaksinasi kepada pasien dan orang tua/pengasuh, juga protokol dan prosedur yang aman seperti yang ada di pedoman kesehatan mengenai prosedur imunisasi di fasitas kesehatan.


Imunisasi harus tetap dilakukan walaupun masih pandemi

Jika bayi dan anak telanjur terlongkap atau terlewati tahapan imunisasinya, Prof Cissy mengatakan bayi dan anak tersebut dapat melakukan imunisasi kejar (catch-up immunization) atau imunisasi susulan dan imunisasi ganda.


IMUNISASI KEJAR (Catch-up Immunization)

• Imunisasi kejar atau imunisasi susulan, menyusulkan segera imunisasi yang tertunda;

• Idealnya rencana imunisasi kejar harus berdasarkan catatan riwayat imunisasi anak;

• Bila catatan tidak ada, dapat disesuaikan dengan usia anak;

• Setiap kunjungan vaksinasi harus dilihat status imunisasi anak, untuk mengurangi kemungkinan missed opportunities for vaccination karena itu penting sekali untuk menyimpan kartu imunisasi anak;

• Untuk mengejar dapat diberikan imunisasi ganda;

• Jadwal pemberian vaksin dapat dipersingkat;

• Pilih vaksin yang sesuai dengan kebutuhan.



Apa yang dimaksud pemberian imunisasi ganda? Pemberian imunisasi ganda, adalah:

• Pemberian lebih dari satu jenis imunisasi dalam satu kali kunjungan yang bermanfaat untuk mempercepat perlindungan kepada anak, meningkatkan efisiensi pelayanan dan orang tua tidak perlu datang ke fasilitas kesehatanbberulang kali;

• Pemberian imunisasi ganda sudah terbukti aman, efektif dan tidak meningkatkan risiko KIPI pada anak. Orangtua harus memastikan terlebih dulu jika pelayanan imunisasi di fasilitas kesehatan tersebut telah mematuhi prinsip penyuntikan aman, penyimpanan vaksin sesuai prosedur dan memperhatikan kontra indikasi imunisasi;

• Ketidaknyamanan ketika diberikan imunisasi ganda hanya akan dirasakan dalam waktu singkat;

• Pemberian imunisasi pada bulan atau waktu kunjungan yang berbeda akan memberikan ketidaknyamanan dua kali kepada bayi/anak. 


Data Ilmiah menunjukkan pemberian imunisasi ganda tidak akan menyebabkan masalah kesehatan bayi dan anak di kemudian hari. Bila diperlukan 3 suntikan intramuskular/subkutan pada bayi kurang

dari 12 bulan, diperbolehkan dan aman diberikan 2 suntikan pada satu paha atas yang sama. Dengan syarat harus terpisah jarak 2,5 cm. Sebaiknya bayi dan anak diberikan suntikan menyebabkan rasa sakit lebih dahulu baru kemudian yang tidak terasa sakit.


Prof. Cissy dan Prof. Hink menjelaskan jika vaksin tidak akan menimbulkan penyakit dan risiko reaksi simpang rendah dibandingkan risiko komplikasi oleh infeksi ilmiah. Imunisasi memicu respon sistem kekebalan tubuh dimana vaksin akan membentuk kekebalan jangka panjang yang biasanya diperoleh secara alami setelah penyembuhan penyakit infeksi. Vaksin yang diberikan aman karena telah diuji secara ilmiah dan telah memperoleh ijin WHO dan BPOM sehingga orangtua tidak perlu cemas dengan efek simpang dan efek sampingnya.



Program imunisasi harus terus diberikan dengan menerapkan aturan untuk pemutusan penyebaran pandemi COVID-19. Survailans yang tercatat baik untuk anak2 sangat dibutuhkan pada setiap daerah untuk memantau morbiditas dan mortalitas untuk tindakan segera dengan tujuan menghindarkan KLB disatu daerah. Prof. Cissy dan Prof Hink mengingatkan bila imunisasi tidak dilaksanakan kita akan menghadapi masalah baru yaitu KLB Campak, Difteri, Polio, yang akan memperberat masalah pandemi COVID-19 yang masih harus ditanggulangi yang akan memperberat biaya ekonomi yang sudah menuju resesi ini.


Hal senada juga dijelaskan oleh Mba Olivia, perwakilan dari WHO. Imunisasi harus diberikan agar anak-anak terlindungi terlebih di era pandemi seperti ini. WHO juga telah memberikan intruksi untuk melakukan imunisasi kejar agar bayi dan anak-anak tetap memperoleh imunisasi lengkap meski pandemi. Jadi tidak ada lagi alasan bayi dan anak-anak tidak diimunisasi. Ayo imunisasi, bersatu sehatkan negeri!




Read more

Sabtu, 08 Mei 2021

Kuuy Ikutan Lomba Blog #FinantierForBetterFuture, Raih Hadiah Jutaan Rupiah


Bertahan menghadapi pandemi Covid 19 (foto: Google) 


Pandemi bukan hanya berdampak bagi segelintir orang saja. Tapi hampir sebagian besar bahkan nyaris semua orang terkena dampak dari pandemi yang sudah terjadi setahun lebih ini. Berbagai cara ditempuh agar dapat bertahan menghadapi pandemi. Mengelola dan mengatur keuangan menjadi kunci utama agar dapat bertahan di era pandemi ini. Bukanlah hal yang mudah untuk mengelola keuangan sedangkan sumber keuangan utama mengalami hambatan akibat terdampak pandemi.


Tidak hanya satu, dua pemilik UMKM yang menjerit karena usahanya nyaris kolaps. Mau tambah modal tapi sudah tak ada lagi yang bisa dijadikan sebagai tambahan modal. Ingin mengajukan pinjaman modal usaha dengan bunga rendah pada bank ataupun platform P2P lending namun tidak semua pelaku UMKM memenuhi persyaratan yang ditentukan. Hal serupa pun terjadi pada platform P2P lending, mereka kesulitan untuk menyalurkan pinjaman pada pelaku UMKM karena gambaran data dari bisnisnya itu belum ada secara digital. Padahal bisa saja pelaku UMKM tersebut memiliki riwayat cicilan yang lancar hingga layak diberikan pinjaman meski tidak memiliki rekening di bank. Untuk membantu mengatasi hal tersebut, hadirlah Finantier. Start-up yang menghadirkan layanan open finance. Apa sih layanan open finance itu?


Foto : Google


Finantier, Start-up yang Menghadirkan Layanan Open Finance


Start-up Finantier #FinantierForBetterFuture (Foto: Finantier)

Layanan open finance masih terdengar asing dan baru bagi sebagian besar masyarakat awam. Layanan open finance memungkinkan perusahaan finansial menggunakan sambungan API (Application Programming Interface) untuk mengefisiensikan beberapa proses finansial. Startup Finantier merupakan salah satu perusahaan rintisan pengembang layanan open finance. Layanan open finance ini penting karena biasanya data mentah yang dikumpulkan tiap jenis lembaga keuangan itu berbeda-beda dan layanan ini dapat membantu masyarakat Indonesia yang tidak memiliki rekening bank.


Definisi open finance adalah pertukaran data keuangan konsumen yang disetujui dan diamankan antara lembaga keuangan, guna menghubungkan kumpulan data tersebut dengan kumpulan data lainnya. Hal ini memungkinkan data pribadi diproses dengan cara yang menguntungkan. Berdasarkan konsep open finance, produk Finantier dapat memudahkan fintech dan lembaga keuangan lainnya untuk lebih memahami konsumen dan meningkatkan akses keuangan mereka, khususnya yang tidak memiliki rekening bank di Indonesia.


Finantier memiiliki tiga kapabilitas utama yang ditawarkan, yakni melakukan verifikasi identitas melalui data yang dimasukkan pengguna atau data bank yang sudah dimiliki; membantu bisnis mengelola data mentah dengan machine learning; dan menghadirkan fitur untuk mengakomodasi pembayaran yang dilakukan rutin atau langganan. 


Salah satu produk verifikasi identitas milik Finantier, dapat mengumpulkan data lebih dari 95% platform keuangan di Indonesia untuk memungkinkan perusahaan memverifikasi identitas penggunanya dengan cara yang lebih cepat dan efisien. Produk ini pun dapat membantu perusahaan untuk memvalidasi identitas konsumen yang tidak memiliki rekening bank dengan mengakses data platform keuangan alternatif seperti pemberi pinjaman P2P. Hal ini sangatlah memudahkan para konsumen untuk mengakses layanan keuangan yang sebelumnya hanya tersedia bagi mereka yang memiliki rekening bank.


Selain memverifikasi identitas, produk Credit Scoring Finantier juga memungkinkan berbagai platform keuangan untuk dapat mengukur kemampuan pengguna layanan untuk melakukan pembayaran kembali. Dengan menganalisis berbagai data keuangan mulai dari transaksi hingga pembayaran pinjaman di berbagai platform, model ini dapat secara lebih menyeluruh memastikan kelayakan kredit seseorang, serta mencegah diskriminasi terhadap mereka yang tidak memiliki rekening bank. Model Produk Credit Scoring ini mampu menjembatani kesenjangan informasi yang memungkinkan bank dan lembaga keuangan menawarkan layanan keuangan bagi mereka yang tidak memiliki rekening bank di Indonesia.


Open finance merupakan salah satu pemegang peranan penting dalam mewujudkan inklusi keuangan. Dengan menempatkan kembali manfaat data pribadi ke tangan masyarakat secara individu, Finantier memungkinkan perusahaan maupun lembaga keuangan lainnya mampu untuk menciptakan kemajuan pertumbuhan ekonomi secara signifikan bagi seluruh penduduk di Indonesia.


Application Programming Interface (API) dan infrastruktur open finance yang dihadirkan Finantier akan membantu lembaga keuangan dalam menekan cost pengembangan bisnis digital. Finantier yang bergerak dengan prinsip-prinsip open banking akan memberikan konsumen keleluasaan mengakses data dengan aman dan menggunakannya secara optimal untuk berbagai platform.


Application Programming Interface (API) (Foto: Google)

Ekosistem ini jelas akan membantu suatu perusahaan perbankan, multifinance, asuransi, koperasi, asuransi, dana pensiun, dan berbagai jenis fintech mempercepat time-to-market dan memangkas biaya dalam pengembangan solusi digital yang didesain khusus atau tailored. Finantier berupaya membantu para lembaga jasa keuangan, terutama yang masih konvensional dan ingin bertransformasi ke tanah digital, untuk pengolahan data, credit scoring, dan infrastruktur electronic Know Your Customer (e-KYC). Open finance yang dihadirkan Finantier akan memberikan kesempatan bagi semua lembaga keuangan baik institusi finansial tradisional sampai perusahaan fintech mutakhir untuk dapat mengembangkan bisnisnya dengan lebih cepat, aman dan sesuai kebutuhan.


Finantier dapat mengombinasikan semua elemen data yang bermanfaat untuk mengurangi risiko pinjaman dan menekan biaya karena kurangnya informasi atau gambaran finansial yang komplet dari calon peminjam dapat diatasi dengan kombinasi semua elemen tersebut. Finantier memanfaatkan jejak digital konsumen dan memberikan mereka akses yang aman ke layanan finansial yang disesuaikan dengan kebutuhan dan dapat membantu meningkatkan kesejahteraan finansial konsumen.


Lomba Blog Finantier, #FinantierForBetterFuture


Dalam upaya memperkenalkan Finantier pada masyarakat awam, Finantier mengadakan lomba blog yang diselenggarakan sejak tanggal 1 Mei hingga 28 Mei 2021. Lomba blog dengan tema #FinantierForBetterFuture. Informasi lengkap dan registrasi peserta lomba dapat diakses melalui http://bit.ly/FinantierBlogCompetition21 . Setiap peserta wajib melakukan registrasi pada link tersebut.


Persyaratan Umum Lomba


● Peserta adalah Warga Negara Indonesia (WNI) dan non karyawan Finantier

● Peserta merupakan perorangan atau individu

● Peserta Wajib mengisi form pendaftaran dengan data valid (nama, alamat, email, no telepon) dan juga memasukkan link artikel yang dilombakan pada form pendaftaran

● Periode pengumpulan artikel berlangsung dari tanggal 1 May hingga 28 Mei 2021

● Peserta dapat mendaftar lebih dari 1 artikel pada blog yang berbeda, namun hanya bisa memenangkan 1 hadiah jika terpilih lebih dari 1 artikel bagi pengirim yang sama

● Peserta wajib mengikuti, media sosial Finantier:

○ Twitter: @joinfinantier

○ Instagram: @finantierco

○ Facebook: finantier

● Peserta diwajibkan mempromosikan hasil tulisan di akun media sosial (Facebook, Instagram, Twitter) miliknya dengan menggunakan hashtag #FinantierForBetterFuture

● Artikel atau share postingan sosmed harus mengandung hashtag #FinantierForBetterFuture di content ataupun di judul

● Setiap artikel yang dikirimkan menjadi hak milik Finantier

● Finantier berhak untuk mengubah syarat dan ketentuan sewaktu-waktu apabila diperlukan

● Kompetisi blog ini tidak dipungut biaya apapun

● Panitia berhak mendiskualifikasi peserta, apabila melanggar peraturan yang telah ditetapkan

● Penilaian dan keputusan mutlak ada ditangan juri


Persyaratan Khusus Lomba


● Usia blog minimal 6 bulan

● Blog Aktif (minimal posting 1 bulan terakhir)

● Jumlah postingan minimal 20

● Peserta bebas menggunakan platform domain apapun boleh berupa self-hosted

ataupun web 2.0 seperti blogspot dan wordpress

● Platform user generated content tidak diperkenankan ikut dalam kompetisi ini


Kriteria Artikel


● Artikel yang dibuat dan dilombakan mengambil tema #FinantierForBetterFuture dan menjelaskan bagaimana Finantier dapat mendorong inklusi keuangan dengan memberikan layanan akses keuangan bagi masyarakat di daerah

● Artikel dapat dikembangkan melalui tulisan yang terdapat di http://bit.ly/FinantierForBetterFuture 

● Panjang artikel minimal terdiri dari 500 kata

● Di dalam artikel yang dilombakan, diwajibkan memberikan minimal 2 (dua) hyperlink. Hyperlink yang pertama ditujukan untuk homepage finantier dan hyperlink kedua adalah untuk salah satu link artikel di blog Finantier

● Artikel yang dilombakan haruslah hasil tulisan baru, bukan artikel lama yang diedit

● Tulisan / materi merupakan karya sendiri (tidak plagiat), tidak pernah ikut serta dalam kontes SEO betting site, tidak mengandung SARA, hate speech, pornografi, viagra, kekerasan dan belum pernah dipublikasikan

● Tulisan / materi bukan hasil translator machine

● Tulisan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar

● Dilarang menggunakan teknik blackhat SEO apapun


Kriteria Penilaian Lomba Blog


● Kualitas dan kreativitas konten penulisan.

● Kesesuaian dengan tema.

● Relevansi foto/konten tambahan yang diberikan.

● Originalitas.

● Pajak ditanggung pemenang

●Pengumuman pemenang akan diinformasikan pada tanggal 4 Juni 2021 di akun media sosial Finantier.

● Batas waktu klaim hadiah adalah 7 hari dari waktu pengumuman pemenang, apabila lewat dari batas waktu, maka hadiah untuk pemenang dianggap hangus.


Hadiah Kompetisi Blog Finantier dengan total hadiah sebesar Rp. 5.000.000,- untuk 3 orang pemenang dengan rincian, sebagai berikut ini:

Juara 1 Rp. 2.500.000,-

Juara 2 Rp. 1.500.000,-

Juara 3 Rp. 1.000.000,-


Tuh masih ada cukup waktu untuk ikutan lomba blog Finantier. Mayan banget loh hadiahnya apalagi di masa pandemi begini. Bisa untuk nambahin tabungan. Cuzz lah ikutan, semoga beruntung yaaa


Foto : Finantier


Blog Competition Finantier





Read more

Rabu, 05 Mei 2021

Ingin Investasi yang Aman dan Menguntungkan? Ini Solusinya


Setahun terakhir ini, kesadaran saya akan pentingnya memiliki investasi untuk masa depan kian meningkat. Saya dan suami sepakat untuk lebih fokus melakukan investasi agar di hari tua, kami memiliki kemapanan finansial dan tidak merepotkan anak-anak. Kami tidak ingin anak-anak menjadi "sandwich generation" seperti yang saat ini kami alami. 


Kami berupaya untuk #RaihIkhlas dengan membiayai hidup kedua orangtua kami di masa tua mereka karena mereka tidak memiliki kemampuan finansial untuk menghidupi diri mereka. Mereka tidak memiliki tabungan yang mencukupi untuk membiayai hidup di masa tua. Meskipun terkadang kami merasa "kerepotan" karena harus menanggung biaya hidup kedua orang tua kami tapi inilah bakti kami terhadap mereka. Cara ini kami lakukan sebagai salah satu upaya untuk meraih keikhlasan-NYA sekaligus ridho orangtua terhadap kehidupan kami.


Berkaca pada kondisi kedua orangtua kami di masa tua mereka, kami ingin bisa menghidupi diri kami sendiri dengan tabungan yang kami miliki hasil dari investasi yang kami lakukan pada saat sekarang ini. Saat kami masih memiliki kemampuan untuk menghasilkan dan mengumpulkan uang. Karena itulah kami memilih untuk melakukan investasi. Investasi untuk masa tua kami sekaligus untuk masa depan kedua anak kami.


Investasi bisa berupa tanah, rumah, emas batangan, reksadana dan saham. Saya dan suami lebih memilih berinvestasi reksadana/saham. Memang resiko dalam investasi saham lebih tinggi tapi keuntungan yang diperoleh bisa bikin kami tersenyum sepanjang hari. Sepertinya bukan hanya kami saja yang lebih memilih berinvestasi reksadana/saham. Kian banyak pula orang Indonesia yang tertarik dan memilih investasi saham dan reksadana.



Namun sayangnya, meningkatnya kesadaran ini kurang diikuti dengan meningkatnya literasi keuangan yang dimiliki terutama seputar investasi saham dan reksadana. Masih kurangnya literasi keuangan ini, membuat cukup banyak orang menjadi salah kaprah dalam melakukan investasi saham dan reksadana. Banyak yang terlena saat IHSG hijau dan jadi kalang kabut saat IHSG nyusruk atau merah. Atau ada yang sampai terlilit hutang karena kesalahan memilih produk investasi. Banyak pula yang tidak tau bahwa investasi saham bersifat "high risk,high return" yang memerlukan ketepatan dalam mengambil keputusan investasi.


Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Melakukan Investasi



Tidak sedikit orang yang melupakan bahwa ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih jenis dan produk investasi. Kenapa demikian? Karena setiap orang yang melakukan investasi memiliki kebutuhan, tujuan dan modal yang berbeda-beda. Sebelum memutuskan untuk melakukan investasi saham/reksadana dan memilih jenis produk investasi, harus melakukan beberapa hal berikut ini.


Hal-hal yang harus dilakukan sebelum melakukan dan memilih investasi saham/reksadana, yaitu:

-Memastikan kondisi keuangannya sehat untuk melakukan investasi saham/reksadana;

- Uang yang digunakan untuk berinvestasi haruslah uang "dingin" atau uang "nganggur", bukan uang untuk biaya sehari-hari atau uang tabungan untuk anak sekolah;

- Harus punya dana darurat;

- Terlebih dulu harus memeriksa profil risiko untuk menentukan instrumen investasi yang paling tepat sesuai dengan kepribadian yang dimiliki;

- Harus menentukan tujuan berinvestasi, kapan investasi itu akan digunakan dan berapa jumlah modal yang tersedia untuk melakukan investasi;

- Setelah mengetahui profil risiko dan tujuan investasi serta jumlah modal yang dimiliki, barulah bisa mencari jenis dan produk investasi yang tepat. Apakah harus memilih investasi produk reksadana pasar uang untuk tujuan investasi jangka pendek, atau menggunakan produk reksadana pendapatan tetap untuk tujuan investasi jangka menengah atau menggunakan produk reksadana campuran untuk tujuan jangka panjang;

-Pastikan terlebih dulu apakah produk investasi yang dipilih berasal dari lembaga keuangan yang resmi dan tercatat di OJK (Otoritas Jasa Keuangan).


Sedikit penjelasan mengenai reksadana, reksadana adalah wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal atau investor. Dana yang telah terkumpul tersebut akan diinvestasikan oleh manajer investasi ke dalam beberapa instrumen investasi seperti saham, obligasi, atau deposito.


Reksadana dapat juga diartikan sebagai salah satu alternatif investasi bagi masyarakat pemodal, khususnya pemodal kecil dan pemodal yang tidak memiliki banyak waktu dan keahlian untuk menghitung risiko atas investasi mereka. Adapun reksadana pendapatan tetap merupakan jenis reksadana yang minimal 80 persen portofolionya berisi instrumen aset obligasi. Reksadana jenis ini cocok untuk investor yang memiliki tujuan investasi jangka menengah hingga panjang dan bagi investor yang bertipikal moderat terhadap risiko. Ingin bermain aman saja dan menghindari kerugian.


OVO | Invest, Solusi Investasi yang Aman dan Menguntungkan




Pada awal Februari 2021 ini, saya mulai tertarik dengan produk investasi yang ditawarkan oleh salah satu start up yang cukup beken di negeri ini, OVO | Invest. OVO bersama Bareksa menghadirkan produk reksadana pasar uang yang dikelola oleh Manulife Aset Manajemen Indonesia, bernama Manulife OVO Bareksa Likuid atau MOBLI. Produk ini diluncurkan secara resmi pada 26 Januari 2021. Hal ini merupakan terobosan terbaru di Indonesia yaitu mengintegrasikan e-money dan e-investment.


Untuk dapat melakukan investasi di OVO | Invest, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi yaitu harus memiliki aplikasi OVO versi terbaru, merupakan member OVO primer, dan memiliki saldo OVO untuk melakukan transaksi. Untuk menjadi member OVO primer,mudah kog caranya. Cukup upgrade, isi data dan foto bersama KTP di kolom yang telah disediakan. Setelah itu akan dilakukan verifikasi oleh pihak OVO.



Ada beberapa keuntungan jika kita melakukan investasi melalui OVO | Invest, yaitu:

-Proses pendaftaran mudah dan 100% online dalam aplikasi OVO;

-Pembelian produk yang mudah dengan OVO Cash Memulai investasi dengan hanya Rp 10,000 saja. Terjangkau banget,kan?!;

-Bebas biaya pembelian;

-Pencairan dana ke OVO Cash yang cepat, tanpa menunggu dan tanpa biaya admin;

-Mendapatkan potensi keuntungan dari return investasi;

-Portofolio investasi dapat dipantau dan diatur kapan saja dalam aplikasi OVO;

-Aman dan terpercaya karena bekerjasama dengan lembaga keuangan yang telah terdaftar di OJK.



Tata cara dan pendaftaran OVO | Invest pun sangat mudah. Cukup melalui langkah-langkah berikut ini:

-Buka aplikasi OVO dan temukan ikon/logo “Invest";

-Lakukan pendaftaran dengan mengikuti langkah yang ada. Proses verifikasi akan memakan waktu maksimal 3 hari di luar hari kerja;

-Jika sudah terverifikasi, barulah bisa mulai melakukan investasi dengan melakukan pembelian menggunakan OVO Cash. Buka portfolio dan klik “Beli”;

-Jumlah minimum investasi adalah Rp 10,000. Lebih banyak yang diinvestasikan maka keuntungan investasi pun akan semakin banyak;

-Proses pembelian sampai realisasi di portfolio memakan waktu maksimal 3 hari bursa (tidak termasuk akhir pekan dan hari libur).



Mudah kan untuk melakukan transaksi melalui OVO | Invest. Hanya perlu kuota data dan gadget aja. Berinvestasi semudah menggerakkan tangan. Oh ya gimana kalau ingin mencairkan investasi ke OVO Cash? Tenang..mudah banget koq. Mekanisme pencairan investasi ke OVO Cash dapat dilakukan melalui langkah-langkah berikut ini:

-Buka portfolio investasi;

-Klik pada button “Jual”;

-Input jumlah yang akan dijual;

-Secara otomatis dana akan cair ke OVO Cash yang digunakan untuk bertransaksi.





Oh ya pas banget nih, biar kamu enggak ketinggalan promo-promo di OVO | Invest, kalian kudu pantau media sosial OVO | Invest atau akun OVO mu. Jangan sampai kelewatan yaa..mayan banget loh promonya.


Tuuh mudah banget kan investasi melalui OVO | Invest. OVO | Invest memang solusi investasi yang aman dan menguntungkan. Mudah dilakukan tanpa perlu ribet dan memakan waktu lama. Selamat berinvestasi Teman-teman untuk masa tua yang mandiri dan tidak merepotkan siapapun..








Read more