Selasa, 27 April 2021

Peran Bidan Dalam Mengubah Persepsi Masyarakat Tentang Kental Manis Bukan Susu

Kental manis (sumber foto : google)

Hampir sebagian besar penduduk negeri ini familiar dengan kental manis. Sayangnya, tak sedikit pula yang beranggapan kalau kental manis adalah susu. Karena persepsi tersebut, cukup banyak ibu yang memberikan bayi dan balitanya kental manis sebagai minuman pendamping ASI atau bahkan sebagai ASI. Persepsi yang keliru namun telah berakar dalam pikiran hampir sebagian besar ibu di pelosok negeri ini.


Kekeliruan persepsi seputar kental manis menjadi salah satu penyebab masih tingginya angka gizi buruk bayi dan balita di tanah air.Jangankan ibu dengan tingkat pendidikan dan pemahaman yang berbeda-beda seputar pemenuhan gizi dan kental manis, bidan saja banyak yang belum tau bahwa kental manis bukanlah susu. Kental manis adalah minuman dengan perisa susu yang tinggi gula dan rendah protein. Tak mengherankan bila di pelosok tanah air, masih ada bidan yang memberikan saran pada ibu yang memiliki bayi dan balita untuk memberikan anaknya susu kaleng atau kental manis.


Seputar kental manis

Fakta ini diungkap oleh Yayasan Abhipraya Insan Indonesia (YAICI) dalam webinar online dengan tema,"Peran Bidan Dalam Pemenuhan Nutrisi Bayi dan Balita Yang Bebas dari Susu Kaleng” yang dilaksanakan pada tanggal 27 April 2021. Bidan sebagai tenaga kesehatan yang berperan penting dalam melayani masyarakat, bukan hanya membantu dalam proses persalinan tapi juga bagi sebagian besar masyarakat, bidan adalah akses terdekat untuk mendapatkan layanan kesehatan untuk keluarga, terutama perempuan dan anak. Bidan menjadi salah satu pihak yang memiliki peranan penting untuk memberikan pemaparan dan pemahaman seputar pemenuhan gizi keluarga terutama gizi bayi dan balita.


Bidan merupakan ujung tombak bagi optimalisasi 1000 Hari Pertama Kelahiran (HPK). Karena itu, apa yang disampaikan bidan kepada masyarakat menduduki peranan penting dalam proses edukasi gizi dan kesehatan keluarga. Bisa dibayangkan bagaimana pemahaman masyarakat seputar kental manis bila bidan-nya saja tidak tau jika kental manis bukanlah susu.


Webinar YAICI dan IBI (Ikatan Bidan Indonesia) Mengenai Peran Bidan Dalam Pemenuhan Nutrisi Bayi dan Balita yang Bebas Susu Kaleng



Webinar online YAICI dan IBI


Webinar online yang dilaksanakan melalui zoom meeting ini menghadirkan nara sumber yang kompeten seputar pemenuhan gizi untuk bayi dan balita. Sebagaimana diketahui, tingkat literasi gizi masyarakat Indonesia masih rendah. Edukasi gizi untuk masyarakat dari sumber-sumber yang kredibel terbilang minim. Hal itu terlihat dari masih ditemukannya pola-pola pengasuhan dan pemberian makan pada anak hanya berdasarkan kebiasaan generasi sebelumnya. Bukan berdasarkan umur dan tumbuh kembang anak sehingga tak mengherankan jika masih cukup banyak bayi dan balita negeri ini yang menderita gizi buruk dan stunting.


Selain itu, faktor iklan berbagai produk pangan juga memiliki peran besar dalam mempengaruhi persepsi masyarakat. Kesalahan pengasuhan anak pada masa 1000 HPK akan berdampak buruk bagi tumbuh kembang dan kualitas anak dimasa produktifnya kelak. Persepsi masyarakat seputar kental manis sangat dipengaruhi oleh iklan yang disampaikan oleh media.



Sampai detik ini, kita masih menemukan iklan-iklan menyesatkan seputar kental manis dan produk pangan lainnya. Iklan media sangat memengaruhi persepsi masyarakat terutama persepsi ibu sebagai pihak yang bertanggungjawab terhadap pemenuhan nutrisi dan gizi untuk keluarganya. Masih rendahnya pemahaman masyarakat Indonesia mengenai pemenuhan gizi untuk bayi dan balita terlihat dari bagaimana pemahaman mereka terhadap produk susu kental manis. 


Kental manis atau yang lebih populer dengan sebutan susu kaleng oleh masyarakat dianggap sebagai minuman yang mengandung gizi dan bernutrisi gizi. Padahal kental manis adalah produk yang digunakan sebagai bahan tambahan dalam makanan atau topping. Kental manis bukan susu melainkan minuman dengan perisa susu. Persepsi inilah yang membuat masih banyak orang tua yang memberikan susu kaleng sebagai minuman susu untuk bayi dan balitanya. 



Kental manis mengandung gula yang tinggi dan rendah gizi sehingga tidak bisa diberikan pada bayi dan balita sebagai minuman susu, apalagi sebagai pengganti atau pendamping ASI. Dalam penelitian yang dilakukan oleh YAICI bersama PP Aisyiyah dan PP Muslimat NU terkait penggunaan susu kental manis bagi balita (bayi dibawah lima tahun) di 5 provinsi yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, NTT dan Maluku, ditemukan 1 dari 4 anak bayi di bawah lima tahun (balita) masih meminum kental manis setiap hari. Miris,bukan?! 


Selain itu, juga didapatkan fakta sebanyak 48% ibu mengakui mengetahui kental manis sebagai minuman susu untuk anak adalah dari media, baik TV, majalah/ koran dan juga sosial media dan 16,5% mengatakan informasi tersebut didapat dari tenaga kesehatan. Karena itu, dalam rangka memperbaiki persepsi masyarakat, diperlukan komunikasi persuasif yang tepat sehingga dapat mempengaruhi orang untuk mengubah perilaku mereka ke arah yang positif. Disinilah diperlukan peranan bidan sebagai ujung tombak tenaga kesehatan yang memberikan pemahaman mengenai pemenuhan gizi untuk bayi dan balita sehingga tidak lagi terjadi persepsi yang salah terutama tentang pemberian susu kaleng atau kental manis pada bayi dan balita.


Pemahaman gizi seimbang


Bidan harus terus memberikan edukasi dan pemahaman yang benar pada orangtua seputar pemberian dan pemenuhan gizi bayi dan balita. Terus mengedukasi tentang pemberian asupan makanan dengan gizi seimbang untuk tumbuh kembang yang optimal. Dengan langkah ini diharapkan semakin banyak orangtua yang memiliki persepsi yang tepat mengenai pemenuhan gizi keluarga termasuk tentang kental manis bukan susu. Kental manis hanya bisa diberikan sebagai toping atau campuran kue dan kudapan saja dan bukan minuman susu yang bisa dikonsumsi setiap hari.


Kental manis dengan kandungan gula yang tinggi dan rendah gizi, dapat menjadi salah satu pemicu munculnya penyakit tidak menular pada bayi dan balita. Jika kondisi ini tidak segera diatasi maka dapat dipastikan di masa depan akan terjadi penurunan kualitas hidup pada generasi penerus bangsa. Kualitas hidup generasi penerus bangsa di masa depan ditentukan oleh asupan nutrisi yang dikonsumsi saat ini. Oleh karena diperlukan komunikasi dan kerjasama yang baik diantara pihak-pihak terkait termasuk bidan sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan masyarakat.


Persepsi dan pemahaman bidan seputar pemenuhan gizi bayi dan balita serta tentang kental manis harus diluruskan terlebih dulu. Memang bukanlah hal yang mudah untuk merubah persepsi masyarakat yang sudah terlanjur salah tentang susu kental manis yang sejak 1 abad diiklankan sebagai minuman bergizi bagi anak. Ditambah masih ada tenaga kesehatan, salah satunya bidan yang masih menginformasikan skm adalah susu. Namun kondisi ini harus segera diperbaiki demi masa depan bangsa.


Badan POM telah mengeluarkan Perka No.31 tahun 2018 terkait label dan iklan pada kental manis, namun sayangnya hal ini tidak lantas membuat masyarakat langsung menjadi paham dan tahu mengenai fakta seputar kental manis, terutama masyarakat di pinggiran atau di desa yang tidak terjangkau oleh akses informasi seperti media social. Ditambah lagi dengan kurangnya sosialisasi yang dilakukan oleh petugas kesehatan maupun produsen kental manis.


Untuk menyelamatkan masa depan bangsa ini dan membentuk generasi penerus bangsa yang sehat dan cerdas, sudah saatnya bidan sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan ibu dan balita, memainkan peranannya dengan baik. Yaitu mengedukasi ibu tentang kesehatan dan gizi anak dari mengonsumsi produk yang tidak cocok bagi kebutuhan gizi anak, selain menjalankan tugas utamanya sebagai pembantu persalinan. 


Bidan harus dapat menjadi pendamping terbaik bagi orang tua terutama ibu pada 1000 HPK sehingga para ibu memperoleh informasi yang benar dan tepat mengenai pemenuhan gizi yang diperlukan untuk tumbuh kembang optimal. Jika peranan ini dapat diemban dengan baik oleh bidan dan petugas kesehatan lainnya hingga masyarakat memiliki tingkat literasi yang baik seputar pemenuhan gizi bayi dan balita, maka target pemerintah untuk menurunkan tingkat prevalensi stunting pada bayi dan balita akan tercapai.





Senin, 12 April 2021

HP Spectre x360 14 Terbaru, Kemewahan yang Layak Dibayar


Selama kurang lebih 3-4 tahun terakhir, dalam benak saya, PC atau laptop yang paling keren, canggih, elegan ya hanya laptop dari brand "apel kegigit". PC/laptop dari brand lain, "biasa" aja di mata saya. Sampai saya kenalan dengan salah satu PC dari HP ink, seri Pavilion kalau ngga salah. Sejak itu saya mulai kepo dengan produk-produk HP ink. Series yang dihadirkan HP ink menawan, selalu hadir dengan tekhnologi dan inovasi teranyar. Performancenya langsung merasuk ke hati eaaaa.


Belum lama ini, HP ink kembali meluncurkan produk terbarunya di Indonesia. PC elegan yang dilengkapi dengan tekhnologi canggih dan terbaru, HP Spectre x360 14. PC dengan performance menawan dan stylish yang dapat menjadi pilihan terbaik bagi profesional muda dan content creator yang mobile.


HP Spectre x360 14 Terbaru




New HP Spectre x360 14, kemewahan yang layak dibayar

Produk terbaru HP ink ini, dihadirkan untuk memberikan berbagai kemudahan bagi penggunanya. PC canggih yang akan selalu menemani dan beradaptasi sesuai cara penggunanya menggunakannya dengan memberikan pengaturan tampilan layar dan daya yang tepat. Warna layar dapat adaftif dengan lingkungan sekitar. Series terbaru dari HP ink ini menawarkan inovasi terdepan dan pengalaman tak terlupa yang dikemas dalam PC Windows 10.


HP Spectre x360 14 memiliki layar yang lebih luas sehingga dapat melihat lebih jelas dan detil. Produk teranyar dari HP ink ini menggabungkan keanggunan dengan kinerja processor yang kuat, visual yang menawan, dan masa pakai baterai yang lebih lama. Penampilannya yang elegan dan menawan terlihat jelas dari desainnya yang mewah, berkelas dan mencolok. Layar OLED-nya yang tinggi, desainnya yang mewah serta performancenya yang canggih menjadikan HP Spectre x360 14 ini sebagai laptop konvertibel peringkat teratas. 



PC dengan tekhnologi terkini ini menggunakan Intel® Evo™ platform powered by Intel® Core™ i7 processor. Dilengkapi pula dengan desain termal terbaru, aliran udara dan distribusi panas yang disempurnakan menghasilkan kinerja yang tetap dingin, sekaligus menyediakan pengaturan kinerja dan kipas yang disesuaikan secara otomatis agar performa laptop tetap lancar. Satu lagi keunggulan HP Spectre x360 14 yang bikin saya semakin kesengsem yaitu laptop ini memiliki daya tahan baterai sepanjang hari hingga 17 jam. Asik banget kan untuk dibawa travelling?!



Baterai lebih tahan lama hingga 17 jam


Thunderbolt 4 yang ada pada PC ini menghadirkan kekuatan, kecepatan, dan daya guna andal untuk terhubung ke perangkat seperti kamera digital atau hingga dua layar 4K. Dan membuat laptop series terbaru dari HP ink ini memiliki konektivitas terbaik. HP Spectre x360 14 ini sepertinya khusus dihadirkan untuk memanjakan para pekerja kreatif atau content creator dengan fitur-fitur dan kelengkapan yang dimilikinya seperti digital pen, HP QuickDrop dan aplikasi gratis Adobe Fresco. 


Digital Pen merupakan cara paling nyaman dan akurat untuk membuat sketsa, menulis, dan bernavigasi. HP QuickDrop akan membantu membagikan konten antara perangkat mobile dan PC secara instan melalui Wi-Fi. Sedangkan Adobe Fresco dapat membantu mendapatkan gambar/lukisan sesuai yang diinginkan karena aplikasi menggambar dan melukis gratis ini dilengkapi dengan ribuan kuas, antarmuka modern, dan tool serba guna. Tuh pas banget kan jika saya mengatakan kalau PC ini seperti sengaja dihadirkan untuk siapapun yang menginginkan kreativitas tanpa batas.


Laptop canggih dan "pintar" ini konon memiliki keistimewaan pada layarnya. Tampilan layarnya memanjakan mata dengan layar rasio aspek 3:2 yang imersif. Layar OLED 3K2K menyuguhkan warna tajam dan jernih yang nyaman untuk mata karena dilengkapi dengan layar Eyesafe yang meminimalkan ketegangan mata akibat cahaya biru. Bukan hanya itu saja, laptop ini juga memiliki layar anti-reflektif yang menghadirkan tampilan terbaik di mana saja penggunanya berada. Dengan layar yang meminimalkan pantulan dan kontras yang telah ditingkatkan, penggunanya dapat melihat layar dengan jelas di kondisi apa pun. Gimana? Yakin masih belum tergoda juga dengan HP Spectre x360 14 ini? 



Saya saja sudah intip-intip harganya nih hahaha. Oh ya dari segi keamanan, tak perlu khawatir. Laptop cerdas ini memiliki shutter kamera yang mudah terlihat sehingga penggunanya dapat mengetahui apakah sedang berada di mode privasi atau tidak. Laptop ini juga memiliki tombol mute mikrofon. Tombol mute mikrofon yang tersedia pada PC ini berfungsi sebagai tombol pemutus percakapan. Cukup tekan satu tombol dan mikrofon akan langsung tidak aktif. 


HP Spectre x360 14 ini dibandrol dengan harga mulai dari 26 juta rupiah. Harga yang cukup sepadan untuk kesempurnaan dan kemewahan yang ditawarkan sebuah PC. Oh ya ada yang terlupa nih. HP Spectre x360 14 ini juga memiliki prosesor grafis Iris Xe Intel® Core™ Generasi ke-11, edit dan membuat video dengan konten 3D kini lebih cepat. 



Berat ngga sih laptopnya? Tentu saja tidaaak Ferguso. Laptop ini memiliki desain yang ramping dan ringan karena beratnya hanya sekitar 1,36kg saja dengan dimensi 29.83 x 22.01 x 1.69 cm. Seperti sengaja dirancang agar mudah untuk dibawa kemana saja. Untuk suara, laptop series terbaru dari HP ink ini menghadirkan empat buah speaker yang telah tersertifikasi Bang & Olufsen yang membuat suara lebih powerfull dan detil.


Saat ini, HP Spectre x360 14 sudah tersedia di Indonesia dan siap untuk digondol pulang. Selamat menikmati kemewahan yang pantas dibayar yaaa...


Suaranya detil dan powerfull