Minggu, 27 Desember 2020

FWD Cancer Protection, Bukti Cinta Untuk Diri Sendiri dan Orang Tersayang


Kanker Mengubah Hidup Saya


Kanker mengubah saya (foto: Pixabay)


Kanker menjadi penyakit yang menakutkan sekaligus memberikan banyak pelajaran berharga bagi hidup saya. Bisa dibilang jika penyakit ini mengubah hidup saya. Saya yang tadinya cenderung abai terhadap kesehatan diri sendiri, acuh dengan pola hidup sehat dan makan apa saja yang saya mau tanpa memikirkan baik buruknya bagi kesehatan diri saya, berubah menjadi orang yang sangat peduli dengan kesehatan. 

Bukan itu saja, di usia saya yang masih belia, belum genap 14 tahun, saya sudah memiliki tekad yang kuat untuk melindungi diri sendiri dan orang-orang tersayang dari kanker dengan memiliki uang yang cukup banyak sehingga dapat membayar biaya rumah sakit tanpa harus berhutang dan menjual harta benda yang ada. 

Perubahan yang terjadi pada saya tersebut, bukanlah tanpa sebab. Pada waktu itu, tahun 1992, kakak laki-laki semata wayang yang saya miliki, divonis oleh dokter mengidap kanker darah stadium akhir. Karena tidak pernah memeriksakan kesehatan secara berkala, kanker yang bersarang dalam tubuh Kakak, terlambat untuk diketahui. Sepertinya Kakak tidak menyadari bahwa "ada yang tidak beres" terjadi dalam tubuhnya. Beberapakali dia sempat mengalami mimisan tapi dipikirnya hanya karena kelelahan saya. Saat itu, Kakak sedang menyelesaikan skripsinya dan aktivitasnya pun sangat padat. Mungkin karena itu pulalah, sakitnya tidak dirasa.

Penyakit kanker yang diderita kakak saya, membuat kehidupan keluarga kami yang tadinya tenang, damai dan bahagia menjadi morat marit dan kemudian berada dalam titik terendah. Biaya pengobatan Kakak yang sangat besar, memaksa orangtua menjual apa saja yang dipunya bahkan harus berhutang. Harta benda berharga satu persatu dijual demi untuk mengobati Kakak. Kami pun harus hidup penuh prihatin. Kondisi inilah yang membuat saya berpikir alangkah enaknya jika punya banyak uang jadi enggak perlu belingsatan bayar biaya pengobatan. Saya pun sering berandai-andai, "Andai saja Bapak punya asuransi yang bisa bayarin biaya rumah sakit dan pengobatan Kakak, hidup kami sekeluarga pasti tidak akan menjadi susah seperti ini". 

Yups, tanpa saya sadari saya seperti menyalahkan Bapak atas kondisi finansial keluarga kami yang morat marit akibat penyakit kanker yang diderita Kakak. Ditambah lagi beberapakali saya sempat mendengar teman kerja Bapak menyayangkan kenapa Bapak tidak punya asuransi kesehatan. Kalau saja Bapak punya asuransi kesehatan, tidak perlu kelimpungan cari tambahan biaya pengobatan dan perawatan Kakak di rumah sakit.

Kesusahan serta penderitaan yang saya dan keluarga rasakan akibat penyakit kanker yang diderita Kakak inilah yang kemudian mengubah cara berpikir sekaligus memaksa saya untuk "dewasa" sebelum waktunya. Sejak saat itu, saya seringkali berkata pada diri sendiri, nanti jika saya sudah bekerja dan punya uang sendiri, saya harus punya asuransi kesehatan supaya ngga susah pas sakit. Padahal saat itu, saya sama sekali tidak mengerti apa itu asuransi wkwkwk.


Fakta biaya kanker di Indonesia (foto: Instagram FWD Insurance Indonesia)


Seperti yang diketahui, pengobatan penyakit kanker bukanlah pengobatan yang murah dan mudah. Demi kesembuhan Kakak, orangtua melakukan apa pun walau harus menjual semua harta yang dimiliki. Namun sepertinya Tuhan lebih menyayangi Kakak dan tidak ingin membiarkan kehidupan ekonomi keluarga kami semakin morat marit, DIA mengambil kembali Kakak tepat dua minggu setelah kelulusannya di sebuah universitas negeri yang ada di Surakarta. Saya pun harus mengikhlaskan kepergian Kakak laki-laki satu-satunya yang saya miliki akibat penyakit kanker.

Peristiwa sakitnya Kakak begitu membekas dalam hati saya. Saya jadi rajin olahraga dan makan sayur dan buah. Padahal sebelumnya tidak doyan sama sekali. Saya bertekad memiliki kemampuan finansial yang lebih baik dibandingkan Bapak supaya tidak menderita saat ada yang sakit dan saya harus hidup sehat sebagai upaya mencegah penyakit kanker. Saya tidak ingin mengulang lagi penderitaan yang sama. Saya tidak ingin bernasib sama seperti Kakak.


Tips Memilih Asuransi Kesehatan 



(foto: Pixabay)


Seiring bertambahnya usia dan tingkat pendidikan, pemikiran saya pun menjadi lebih terbuka dan berkembang. Saya jadi semakin tau apa saja yang harus saya lakukan agar peristiwa Kakak tidak terulang kembali. Saya rajin membaca buku tentang penyakit kanker terutama cara mencegah dan mengurangi resiko terkena kanker. Saya menerapkan pola hidup sehat dan menjaga perilaku makan saya. Selain itu, saya berupaya mengendalikan tingkat stress yang ada dalam diri saya. Saya meyakini hati yang bahagia merupakan obat semua jenis penyakit, tak terkecuali penyakit kanker.


Rutin berolahraga agar badan bugar


Saya sangat membatasi konsumsi makanan dengan pengawet dan makanan instant. Secara berkala, saya juga memeriksakan kesehatan supaya jika ada yang "tidak beres" pada tubuh saya, bisa cepat diketahui. Apalagi menurut dokter saya memiliki resiko yang lebih besar terkena kanker karena mempunyai garis keturunan keluarga dengan riwayat kanker. Perilaku hidup sehat terus saya terapkan sampai sekarang termasuk pada anak-anak dan suami.

Untuk bisa melindungi diri dan keluarga dari penyakit kanker, bukan hanya tubuh saja yang harus dijaga kesehatannya, saya juga harus cerdas dan sehat secara finansial. Kesadaran sehat finansial semakin kuat setelah saya menikah dan memiliki anak. Saya sangat bersyukur memiliki suami yang satu pemikiran dengan saya. Kami sama-sama meyakini jika kami harus menyiapkan perlindungan terhadap keluarga dan diri sendiri dari keadaan yang sering tak terduga terutama dari intaian penyakit. Terlebih dari serangan penyakit kanker. 

Saya dan suami memilih asuransi sebagai salah satu cara kami melindungi diri sendiri dan keluarga. Asuransi akan melindungi tabungan dan investasi yang kami miliki saat terjadi hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan dan sakit sehingga tabungan dan investasi yang kami miliki tetap aman dan tidak terpakai. Kami sepakat memiliki polis asuransi jiwa dan kesehatan sebagai bentuk proteksi menghadapi hidup yang penuh ketidakpastian ini.

Jalan kami untuk memiliki asuransi jiwa dan kesehatan sebagai sebuah proteksi masa depan, tidaklah semulus pantat bayi. Karena keinginan untuk memiliki perlindungan berupa asuransi terlalu menggebu, saya hampir saja terjebak oleh rayuan manis seorang agen asuransi. Untungnya saya dan suami segera tersadar dan belum menandatangani polis asuransi tersebut. Ternyata bukanlah perkara mudah untuk menemukan produk dan perusahaan asuransi yang tepat sesuai kebutuhan serta "no tipu-tipu".

Kejadian tersebut menyadarkan saya bahwa dalam hidup, kita tidak boleh tergesa-gesa dan terbawa "nafsu" termasuk pada saat memilih produk dan perusahaan asuransi. Berdasarkan pengalaman saya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memilih produk asuransi terutama asuransi kesehatan.

Tips memilih produk asuransi kesehatan, yaitu:
1. Pilihlah perusahaan asuransi dengan track record yang baik dan minim cela serta telah terdaftar dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan);

2. Pilihlah asuransi kesehatan yang dapat melindungi seluruh anggota keluarga (ayah, ibu dan anak);

3. Pilihlah asuransi kesehatan yang memiliki banyak rekanan rumah sakit atau klinik supaya mudah pada saat harus menggunakannya;

4. Pilihlah asuransi kesehatan yang bisa mengcover biaya rawat jalan dan rawat inap secara penuh 100%. Untuk rawat inap, jangan memilih produk asuransi yang menawarkan cash plan atau sistem reimburse karena hanya biaya kamarnya saja yang ditanggung. Biaya obat, konsul dokter, tindakan dan pemeriksaan lainnya tidak ditanggung;

5. Saya memilih asuransi dengan klaim ganda. Hal ini saya lakukan karena saya dan keluarga telah terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan. Dengan manfaat klaim ganda tersebut, saya tetap bisa mengajukan klaim asuransi meski telah terdaftar sebagai peserta BPJS;

6. Jangan pernah membeli asuransi kesehatan ketika sudah sakit karena asuransi bersifat proteksi;

7. Pelajari dengan teliti manfaat dan syarat menjalani rawat inap supaya tidak terjadi hal-hal yang dapat merugikan kita. Jangan sampai tidak bisa mengajukan klaim rawat inap karena tidak memahami aturan rawat inap sejak awal membeli produk asuransi kesehatan;

8. Pahami kebutuhan jaminan kesehatan yang diperlukan. Tiap orang ataupun keluarga memiliki kebutuhan jaminan kesehatan yang berbeda-beda;

9. Pilihlah premi asuransi yang sesuai kemampuan atau bujet finansial yang dimiliki;

10. Pelajari dengan teliti isi polis dan segera tanyakan atau jangan ragu untuk bertanya pada agen asuransi yang berwenang jika ada yang kurang jelas atau ada yang mengganjal.

FWD Cancer Protection, Bukti Cinta Untuk Diri Sendiri dan Orang Terkasih


FWD Cancer Protection (foto: FWD co id)


Selama kurun waktu dua puluh tahun terakhir, saya telah mengenal cukup banyak perusahaan asuransi beserta produknya. Namun baru tahun 2020 ini, saya menemukan produk asuransi yang dapat melindungi diri dari penyakit kanker. Produk asuransi tersebut adalah FWD Cancer Protection, produk asuransi dari FWD Insurance .

Perkembangan teknologi digital yang pesat, membuat banyak hal dalam hidup ini menjadi lebih mudah. Cukup dari smartphone atau perangkat digital lainnya, kita bisa melakukan banyak hal. Termasuk membeli produk asuransi. FWD Cancer Protection dari FWD Insurance merupakan salah satu produk asuransi yang tersedia secara online. Nasabah dapat membeli polis asuransi ini secara online. FWD Cancer Protection adalah asuransi kanker online  yang memberikan perlindungan atas risiko penyakit kanker hingga tertanggung berusia 70 tahun.

FWD Cancer Protection, asuransi mudah beneran yang diperuntukkan khusus untuk perlindungan dari penyakit kanker yang tersedia secara online dengan harga premi yang sangat terjangkau. Mulai dari 10ribu rupiah perharinya. Produk asuransi ini hadir dengan proses digital end-to-end mulai dari pembelian hingga proses klaim. FWD Cancer Protection memberikan 4 kemudahan dalam prosesnya, mulai dari pengajuan online yang mudah melalui website e-commerce FWD Life, ifwd.co.id, hingga klaim secara online yang mudah di satu aplikasi FWD MAX. Belum pernah saya temukan produk asuransi yang prosesnya "mudah beneran", dari pembelian polis sampe pengajuan klaim.


FWD Cancer Protection (Foto: Instagram FWD Insurance Indonesia)


FWD Cancer Protection memberikan solusi yang “mudah beneran” untuk melindungi masyarakat terhadap risiko keuangan akibat penyakit kanker. Melalui FWD Cancer Protection, FWD Insurance menawarkan solusi asuransi terbaik untuk nasabah serta memberikan cara yang mudah beneran untuk memastikan nasabah terlindungi dari kanker sehingga mereka dapat terus menjalani hidupnya dengan baik. FWD Cancer Protection ini merupakan inovasi terbaru dari FWD Insurance yang membedakannya dengan produk asuransi lainnya. 

Manfaat dan Fitur Utama FWD Cancer Protection


Fitur utama FWD Cancer Protection (foto: FWD co id)


FWD Cancer Protection dari FWD Insurance ini memiliki 4 fitur utama, yaitu:
1. Mudah Ketentuannya
100% uang pertanggungan jika didiagnosis kanker di tahap awal walaupun sudah memiliki perlindungan lainnya;
2. Mudah Belinya
Cukup 4 langkah, pembelian melalui proses online, bisa beli kapan dan dimana saja. Cukup menjawab 3 pertanyaan kesehatan saja;
3. Mudah Bayarnya
Mulai dari Rp10.000/bulan*. Nasabah bebas pilih jumlah uang pertanggungan sesuai kebutuhan;
4. Mudah Mengajukan Klaimnya
Proses pengajuan klaim mudah dan cepat, selama dokumennya lengkap.

Produk asuransi kanker online ini memiliki manfaat: memberikan manfaat 100% uang pertanggungan jika tertanggung didiagnosis kanker. Perlindungan akan  diterima jika terjadi risiko, sehingga nasabah/tertanggung enggak perlu khawatir dengan biaya-biaya tak terduga akibat pengobatan kanker yang dilakukan. Tertanggung/nasabah dapat fokus pada proses pengobatan tanpa dipusingkan dengan masalah biaya. Penting banget loh ini. Saya bisa mengatakan seperti ini karena sudah pernah merasakan susah dan menderita akibat biaya pengobatan penyakit kanker yang sangat besar.

Carsinoma In Situ (CIS) yang termasuk dalam pertanggungan adalah Carsinoma In Situ pada payudara, rahim, saluran tuba, vulva, vagina, serviks uteri, usus besar, rektum, alat kelamin pria, testis, paru-paru, hati, perut, nasofaring, atau kandung kemih. Tidak semua jenis kanker masuk dalam pertanggungan. Penyakit kanker yang tidak masuk dalam pertanggungan, yaitu:
~ Kanker kulit non-melanoma kecuali ada bukti metastasis;
~ Leukemia limfositik kronis yang diklasifikasikan sebagai RAI stadium 0 atau Binet Stage A; 
~ Kanker yang disadari sebelum atau dalam masa tunggu. Kesadaran atas penyakit kanker berarti bahwa tertanggung telah memiliki riwayat medis dengan gejala, kelainan kanker yang tidak teratur yang dilaporkan dalam catatan medis, atau Tertanggung diperiksa, diselidiki, didiagnosis, dirawat oleh spesialis di bidang yang berhubungan.


FWD Cancer Protection SurPrizes (foto: FWD co id)


Oh ya masih berlangsung nih program kejutan akhir tahun dari FWD Insurance. Dengan membeli FWD Cancer Protection selama periode 21-31 Desember 2020, berkesempatan ikutan undian untuk memenangkan sepeda Brompton, iPhone 12, dan iWatch 6. Preminya mulai dari Rp10 ribu/bulan saja dan bisa dibeli secara online pula. Mudah beneran kan? Kuuy lah beli FWD Cancer Protection secara online sekarang juga sebagai bukti cinta pada diri sendiri dan orang tersayang. Masih ada waktu dan kesempatan untuk bisa bawa pulang hadiah-hadiah keren tersebut. Semoga beruntung yaaa


Kelola stress, hidup sehat dan FWD Cancer Protection sebagai solusi perlindungan diri dan orang tersayang dari kanker




Selasa, 22 Desember 2020

Kental Manis Bukan Susu


Kental manis bukan susu (dok: google)

Masih teringat dengan jelas dalam benak saya, semasa sekolah, ibu selalu memaksa anak-anaknya untuk minum segelas susu yang terbuat dari beberapa sendok makan kental manis yang diberi air hangat. Ibu selalu memaksa anak-anaknya minum susu sebelum berangkat sekolah dengan keyakinan bahwa susu akan membuat anak-anaknya tumbuh sehat dan kuat. Saat itu, sekitar tahun 1980-1990, susu kental manis atau SKM menjadi pilihan untuk banyak ibu karena produk susu belumlah beraneka ragam seperti sekarang ini. 


Dalam pikiran ibu saya kala itu, kental manis adalah susu. Pemahaman seperti itulah yang tertanam dalam benaknya selama bertahun-tahun. Wajar sekali jika ibu memiliki pemahaman seperti itu karena iklan di televisi pada saat itu menyebutkan jika kental manis merupakan susu yang bergizi dan baik untuk anak-anak. Padahal faktanya tidaklah seperti itu. Saya sendiri baru menyadari jika kental manis bukanlah susu saat memiliki anak dan memperoleh penjelasan dari dokter anak yang memeriksa tumbuh kembang anak pertama saya.


Saat pertamakali saya menjelaskan pada ibu jika kental manis bukan susu, ibu sempat menyangkalnya. Kata ibu, sejak dulu, kental manis itu ya susu. Di kalengnya saja tertulis susu, begitu kata ibu. Ibu pun memberondong saya dengan rentetan pertanyaan. "Kenapa sekarang menjadi kental manis, dan bukan susu? Apa bedanya dengan susu?" Saya memahami mengapa muncul banyak pertanyaan dalam benak ibu ketika saya mengatakan bila kental manis bukanlah susu. Jangankan ibu, pada saat pertamakali memperoleh penjelasan mengenai fakta kental manis bukan susu, saya pun memiliki banyak pertanyaan.


Saya yakin ibu saya tidak sendiri, di luaran sana pasti masih banyak ibu-ibu yang belum mengetahui fakta seputar kental manis bukan susu. Dan masih banyak yang beranggapan jika kental manis adalah susu yang mengandung nutrisi yang diperlukan anak dalam masa pertumbuhan. Hingga harus diminum rutin. Padahal pemikiran tersebut merupakan sebuah kekeliruan.


Persepsi Masyarakat Seputar Kental Manis



Webinar YAICI dan HIMPAUDI

Seperti yang saya bilang, ibu saya bukanlah satu-satunya orang yang selama puluhan tahun beranggapan jika kental manis adalah susu. Berdasarkan survey dan penelitian yang dilakukan oleh berbagai lembaga, masih cukup banyak masyarakat yang belum mengetahui jika kental manis bukanlah susu. Kental manis bukan susu karena kental manis lebih banyak mengandung gula dan minim nutrisi.


Tambahan informasi mengenai persepsi masyarakat tentang kental manis dan penjelasan lebih detil lagi seputar kental manis, saya peroleh melalui webinar yang diadakan oleh YAICI (Yayasan Abhipraya Insan Cendikia) dan HIMPAUDI dengan tema, "Membangun Kesadaran Gizi Keluarga Mulai Dari Usia Dini". Webinar yang dilakukan secara online melalui zoom meeting ini diikuti oleh sekitar 400 lebih peserta dari 34 provinsi yang ada di Indonesia.


Webinar ini menghadirkan Kang Maman Suherman, seorang penulis, jurnalis dan sahabat literasi sebagai moderator dengan narasumber Arif Hidayat SE,MM (Ketua Harian YAICI), Prof.dr.Ir. Netty Herawaty M.Si (Ketua Umum PP HIMPAUDI) dan dr. Moretta Damayanti, SpA(K), M. Kes (UKK Nutrisi dan Penyakit Metabolik IDAI). 


Mas Arif mengatakan, berdasarkan survey yang dilakukan di beberapa kota di tanah air pada tahun 2018-2019, persentase ibu yang memiliki persepsi bahwa kental manis adalah susu yang layak dikonsumsi setiap hari oleh anak-anak, mencapai 75% lebih. Masih banyaknya orang tua yang memberikan kental manis sebagai susu untuk anaknya dikarenakan kental manis mudah diperoleh dengan harga sangat terjangkau. Hampir di semua daerah, faktor ekonomi keluarga menjadi salah satu faktor yang menentukan kualitas gizi dan kesehatan keluarga. Menurut penelitian yang dilakukan oleh YAICI, 1 dari 4 anak Indonesia minum kental manis setiap hari. Artinya cukup banyak anak Indonesia yang mengonsumsi gula berlebih setiap hari yang dapat membahayakan kesehatannya di masa depan.



Hasil survey


Beberapa survey yang dilakukan juga menunjukkan jika pemahaman seputar kental manis bukan susu dapat dibilang masih rendah. Hal ini disebabkan karena adanya informasi yang kurang tepat bahkan cenderung keliru yang disampaikan oleh iklan kental manis yang beredar di televisi, media massa termasuk sosial media. Iklan-iklan tersebut menyebutkan jika kental manis adalah susu bernutrisi yang membantu tumbuh kembang anak. Selama hampir 1 abad iklan kental manis mendoktrin pemikiran masyarakat.


Berdasarkan berbagai penelitian yang dilakukan, kental manis bukanlah susu karena kental manis mengandung lebih banyak gula daripada susu. Kental manis memiliki kadar gula yang tinggi sehingga tidak bisa dikategorikan sebagai produk susu bernutrisi yang bisa dikonsumsi setiap hari oleh anggota keluarga terutama anak-anak. Kandungan gula yang sangat tinggi pada kental manis tidak bisa menjadikan kental manis sebagai minuman sehat bernutrisi untuk keluarga. Kental manis dapat disajikan sebagai topping atau olesan tapi tidak sebagai minuman susu.


Kental manis tidak bisa dikonsumsi rutin karena kandungan gulanya yang tinggi dapat memicu penyakit diabetes, karies pada gigi anak, obesitas dan penyakit metabolisme lainnya. Kental manis ini tidak boleh dikonsumsi untuk anak di bawah 1 tahun dan kental manis bukan susu pertumbuhan. Kekeliruan persepsi masyarakat seputar kental manis harus sesegera mungkin diluruskan melalui edukasi dan informasi yang benar tentang kental manis. 


Fakta seputar kental manis

Badan POM RI pada tahun 2018 juga telah mengeluarkan edaran yang mengatur label dan iklan produk kental manis. Produk kental manis dilarang menampilkan anak-anak berusia kurang dari lima tahun dalam bentuk iklan televisi, maupun iklan lainnya. Produk kental manis juga dilarang memvisualisasikan produknya dengan produk susu lain yang setara sebagai pelengkap gizi karena kental manis mengandung sedikit sekali nutrisi. Kental manis lebih tepat disebut sebagai sirup dengan rasa susu. Selain itu, produk kental manis dilarang memvisualisasikan gambar susu cair atau susu dalam gelas dan disajikan dengan cara diseduh atau dikonsumsi sebagai minuman. Hal ini dilakukan untuk meluruskan persepsi masyarakat tentang kental manis.


Kental manis dapat dikonsumsi sebagai pelengkap makanan atau minuman tapi bukan sebagai susu yang dapat dikonsumsi rutin setiap hari. Mas Arif menambahkan jika persepsi masyarakat tentang kental manis tidak diluruskan atau masyarakat tidak memperoleh informasi yang benar mengenai fakta seputar kental manis, hal ini akan memengaruhi kondisi gizi keluarga terutama anak-anak. Maka tidaklah mengherankan bila hingga hari ini stunting dan gizi buruk masih menghantui tumbuh kembang anak Indonesia.


Masalah Gizi Pada Anak Usia Dini



Masalah gizi pada anak usia dini


Untuk dapat mewujudkan generasi penerus yang sehat diperlukan upaya untuk membangun kesadaran gizi keluarga mulai dari usia dini. Karena itu perlu diketahui masalah gizi pada anak usia dini dan informasi yang tepat mengenai gizi untuk anak usia dini. Masalah gizi yang terjadi pada anak usia dini meliputi:

- 20% ke sekolah tidak sarapan;

- 20% anak usia dini memiliki kebiasaan makan kurang dari 3 kali sehari;

- 20% anak usia dini mengalami under weigjt;

- 1 dari 3 anak usia dini mengalami stunting;

- 10% anak usia dini memiliki berat badan berlebih (over weight);

- mutu konsumsi 


Untuk mengatasi masalah gizi pada anak usia dini, dr. Moretta menjelaskan bahwa ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Hal tersebut mencakup periode pemberian makan anak, syarat dan komposisi makan anak, penerapan aturan makan untuk anak, pemberian makanan dengan gizi seimbang, dan pemilihan jenis susu yang tepat untuk anak usia dini. Periode pemberian makan pada anak diawali dengan pemberian ASI eksklusif pada saat anak berusia 0-6 bulan. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian ASI dan makanan pendamping ASI (Mpasi) pada usia 6-11 bulan, dilanjutkan dengan ASI dan MPASI transisi ke makanan keluarga pada usia 12-23 bulan. Pada usia 24 bulan ke atas, anak sudah diberikan makanan keluarga.


dr. Moretta menerangkan, anak harus dibiasakan memiliki jadwal makan yang teratur dan proses makan tidak lebih dari 30 menit. Anak-anak harus diperkenalkan dengan beragam variasi makanan sedari dini. Makanan yang dikonsumsi anak harus mengandung komposisi gizi yang lengkap dan seimbang. Sehingga dapat meminimalisir kekurangan gizi atau kelebihan gizi. Makanan anak harus mengandung karbohidrat, protein, sayur, lemak, dan buah-buahan. Nutrisi yang seimbang akan membuat anak tumbuh sehat dan anak memperoleh asupan gizi sesuai yang dibutuhkannya. Anak-anak sejak dini harus diperhatikan asupan gizinya, jangan sampai kelebihan atau kekurangan gula, garam dan lemak. Kekurangan asupan gizi akan mengakibatkan anak memiliki sistem imun tubuh yang lemah.


Untuk pemberian susu pada anak usia dini, orangtua harus mengetahui terlebih dulu kandungan gizi dan nutrisi dalam sebuah kemasan produk susu sebelum diberikan pada anak. Susu yang dapat diberikan pada anak terutama berasal dari susu sapi tapi bisa juga berasal dari susu soya atau susu kambing. Susu yang dikonsumsi oleh anak usia dini haruslah mengandung vitamin, mineral, karbohidrat, protein dan lemak yang sangat diperlukan sebagai sumber energi, zat pembangun tubuh dan kekebalan tubuh. Karena itu penting sekali untuk mengetahui komposisi yang terkandung dalam sebuah kemasan produk susu untuk memastikan anak memperoleh nutrisi yang sesuai dengan tumbuh kembangnya.


Ibu Netty dalam webinar tersebut menjelaskan PAUD memiliki tema "AKU" yang mendidik anak mengenal dirinya sendiri dan mampu membaca pesan tubuhnya serta memenuhi pesan tubuhnya dengan cerdas dan spiritual. Bukan hanya orang tua yang memiliki peran besar dalam mengenalkan hal-hal baik pada anak usia dini termasuk memperkenalkan makanan bergizi, guru PAUD juga memiliki peranan dan tanggung jawab yang cukup besar dalam mengenalkan makanan bergizi pada anak usia dini. 


Guru PAUD memiliki tanggung jawab dan kewajiban untuk mengenalkan jenis-jenis makanan bergizi, gaya hidup sehat dan kebiasaan makan yang teratur dan sesuai adab makan. Bu Netty menegaskan jika guru PAUD harus melakukan semua kebiasaan baik agar dapat menjadi teladan bagi siswa siswinya. PAUD merupakan tempat bagi anak-anak untuk belajar hal-hal mendasar dalam kehidupannya. Karena sifat anak sebagai peniru ulung maka sudah seharusnya guru dan orang tua memberikan contoh dan teladan yang baik untuk anak-anak. Jika sedari dini, anak-anak telah memiliki kesadaran dan pemahaman yang benar mengenai makanan bergizi dan nutrisi seimbang yang diperlukan oleh tubuhnya, masalah gizi pada anak pasti akan lebih cepat teratasi.


Tema AKU pada pendidikan anak usia dini









Sabtu, 12 Desember 2020

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Sebagai Upaya Memutus Rantai Penyebaran Virus Corona

Seminar singkat seputar upaya memutus rantai penyebaran dan pencegahan virus Corona

Seminggu terakhir ini, dunia maya diramaikan oleh berita mengenai proses evakuasi pasien Covid-19 yang dilakukan oleh Puskesmas Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur. Kehebohan dimulai dari beredarnya video evakuasi 68 pasien positif Coronavirus dari Puskesmas Kecamatan Ciracas menuju tempat isolasi dan perawatan pasien terinfeksi Coronavirus yang berada di DKI Jakarta. 


Ciracas menjadi buah bibir karena pada awal beredarnya video evakuasi tersebut, tersiar kabar jika ke-68 pasien positif Coronavirus tersebut berasal dari satu RT. Ternyata berita tersebut tidak benar. Ketegasan informasi seputar evakuasi pasien Coronavirus yang terjadi di Kecamatan Ciracas, saya peroleh melalui penjelasan Kepala Seksi Kesehatan Masyarakat Suku Dinas Kesehatan Jakarta Timur, Ibu Nurwirah Verliyanti, MKM. 


Ibu Nurwirah Verliyanti, MKM (KASI Kesehatan Masyarakat Jakarta Timur)

Ibu Nurwirah yang hadir dalam acara seminar singkat seputar upaya pemutusan rantai penyebaran Covid-19 melalui penggerakan masyarakat dalam penerapan perilaku hidup bersih dan sehat,  menjelaskan perihal evakuasi yang dilakukan oleh Puskesmas Ciracas tersebut. Seminar singkat tersebut diprakarsai oleh Direktorat Promosi dan Pemberdayaan Masyarakat Kemenkes RI. Seminar dilakukan di Sekretariat Yayasan Bangun Kecerdasan Bangsa (YBKB) yang berlokasi di Kampung Gedong, Jakarta Timur.


Dalam kesempatan tersebut, Ibu Nurwirah  menjelaskan bahwa memang benar Puskesmas Kecamatan Ciracas melakukan evakuasi terhadap 68 pasien positif Coronavirus tapi bukan berasal dari satu RT seperti yang heboh beredar di dunia maya. Melainkan pasien Covid-19 yang berasal dari beberapa kelurahan yang berada di Kecamatan Ciracas. Evakuasi tersebut dilakukan karena pasien positif Coronavirus tersebut tidak dapat melakukan isolasi mandiri di rumahnya masing-masing dikarenakan kondisi rumah mereka tidak mendukung untuk melakukan isolasi mandiri. Ibu Nurwirah mengatakan bahwa pasien Coronavirus yang dievakuasi dari Puskesmas Kecamatan Ciracas berasal dari klaster keluarga. 


Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Sebagai Upaya Memutus Rantai Penyebaran Virus Corona


Meningkatnya jumlah pasien positif di wilayah Kecamatan Ciracas menurut Ibu Nurwirah disebabkan kurangnya kedisiplinan masyarakat Ciracas dalam menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat selama masa pandemi ini. Terutama sejak diberlakukannya PSBB Transisi untuk wilayah DKI Jakarta, masyarakat cenderung longgar menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat melalui tindakan 3M dalam kehidupan sehari-hari.


Saya sebagai salah satu warga Kecamatan Ciracas menyaksikan sendiri bagaimana shantuy-nya warga Ciracas dalam menghadapi serangan virus corona ini. Arisan dan kumpul keluarga mulai dilakukan kembali, cukup banyak dijumpai warga yang kurang disiplin menjalankan 3M yaitu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun sesering mungkin. Padahal menurut Bapak dr. Imran Agus Nurali, selaku Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kemenkes RI, kedisiplinan menerapkan perilaku 3M dalam kehidupan sehari-hari merupakan kunci keberhasilan memutus rantai penyebaran virus Corona.


dr. Imran Agus Nurali,Sp.Ko (Direktur Promkes Kemenkes RI)

Menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat melalui tindakan 3M merupakan keharusan yang mesti dilakukan jika ingin secepatnya "mengalahkan" virus lucknut ini. Pak Direktur yang juga hadir dalam acara seminar singkat yang mengangkat tema, "Penggerakkan Masyarakat Pencegahan Covid-19 tahun 2020", mengutarakan bahwa hingga detik hari ini, kita masih "berperang" melawan musuh yang tak tampak batang hidungnya yaitu virus corona. Karena itulah diperlukan kerjasama yang kooperatif antara masyarat dan pemerintah dalam usaha memutus rantai penyebaran virus Covid-19. 


Penggerakan masyarakat diperlukan agar pandemi dapat lebih cepat diatasi dan angka penambahan jumlah pasien positif  Corona dan yang meninggal tidak terus bertambah banyak. Stop sampai di sini saja karena masyarakat sudah dilanda kejenuhan parah dalam menghadapi pandemi global ini. 


Pak Direktur menjelaskan lebih lanjut lagi mengenai bagaimana penularan dan penyebaran virus Covid-19 dapat terjadi. Virus Corona diam disatu tempat, manusianya yang bergerak. Virus tersebut dapat tertular atau tersebar melalui air liur pasien Covid-19 saat bersin atau batuk-batuk. Karena itulah menggunakan masker, sering mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak wajib dilakukan. Coronavirus ini dapat tertular karena masuk melalui tiga celah yang terdapat pada tubuh manusia. 


Tiga celah tersebut yaitu mulut, mata dan hidung. Oleh karena itu sebisa mungkin jangan menyentuh ketiga area tersebut sebelum mencuci tangan dengan sabun. Pak Direktur mengingatkan supaya jangan pernah kendor dalam menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat. Termasuk dikemudian hari saat vaksin Covid-19 sudah didistribusikan pada masyarakat. Tetap harus melakukan perilaku hidup bersih dan sehat melalui tindakan 3M.


Penyerahan bantuan dari Kemenkes RI pada YBKB

Pada kesempatan tersebut, Pak Direktur PromKes Kemenkes RI juga menyerahkan bantuan dari Kementrian Kesehatan RI pada Yayasan Bangun Kecerdasan Bangsa berupa:

1. Sarana CTPS (Cuci Tangan Pakai Sabun)

2. Sabun Cair 

3. Masker Kain 

4. Masker kain anak 

5. Masker Medis 

6. Sarung Tangan Medis 

7. Face Shield 

8. Hand Sanitizer 

9. Thermometer gun.


Salah satu bantuan dari Kemenkes RI yaitu sarana cuci tangan pakai sabun 

Bantuan tersebut sebagai bentuk perhatian dan keseriusan pemerintah untuk mendukung penerapan perilaku hidup bersih dan sehat dengan cara 3M supaya rantai penyebaran dan penularan virus Corona dapat segera terputus. Bantuan yang diberikan oleh Kemenkes RI tersebut diterima oleh Bapak Yuki mewakili YBKB. Bapak Yuki mengungkapkan rasa terimakasih atas dukungan dan perhatian yang diberikan oleh Kemenkes RI tersebut. Semoga saja dengan upaya yang dilakukan oleh Kemenkes RI untuk memutus rantai penyebaran dan penularan virus Corona melalui edukasi dan pemberian bantuan dapat terus meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa virus Corona masih ada dan merupakan tanggung jawab bersama untuk dapat mengatasi serangan virus Corona ini.









Jumat, 04 Desember 2020

Inilah Tujuh Keunggulan Produk Avian Brands Cat Seri Disney

Produk Avian Brands Cat Seri Disney

"Bun, kamar Dede udah harus dicat ulang deh Bun. Sudah kotor dan kurang enak dilihatnya. Dede kan sekarang di rumah aja dan sering banget di kamar terus. Tolong cat lagi dong Bun.  Warna ceria dan mengkilap ya Bun", celoteh anak bungsu saya seminggu yang lalu. Memang benar apa yang dikatakan Dede, selama pandemi ini, anak-anak hampir 90% di rumah saja dan lebih banyak menghabiskan waktu di kamarnya saja. Wajar sih kalau Dede ingin kamarnya tampak berbeda. Pasti jenuh berada di satu tempat tanpa ada pergantian suasana. Saya pun memakluminya.


Saya dan suami mengiyakan keinginan Dede untuk mengecat ulang kamarnya. Saya mulai mencari tau cat tembok apa yang aman dan sesuai dengan keinginan Dede. Dia ingin tembok kamarnya tampak mengkilap.  Setelah mencari tau dan tanya ke beberapa orang yang paham tentang dunia per-cat-an, pilihan saya jatuh pada produk terbaru Avian yaitu cat seri Disney. Avian merupakan salah satu produsen cat ternama dan terpercaya di negeri ini. Kualitas cat temboknya tidak perlu diragukan lagi.


Tujuh Keunggulan Produk Avian Brands Cat Seri Disney


Sejak memiliki anak, saya selalu mengutamakan keamanan dan kenyamanan saat memilih produk ataupun perlengkapan rumah tangga termasuk pada saat memilih cat. Saya selalu bertanya terlebih dulu pada toko material langganan, cat tembok apa yang aman digunakan dan mudah dibersihkan. Mengingat saya memiliki anak dan ada kemungkinan anak saya akan corat coret tembok rumah atau nempel-nempel di tembok rumah. Terlebih lagi bagi saya yang utama adalah lingkungan rumah harus selalu terjaga kebersihannya agar anak-anak tetap sehat dan aman bermain di rumah.


Toko material langganan saya merekomendasikan cat tembok dari Avian Brands. Kemarin pun saat saya bertanya cat tembok apa yang sesuai dengan keinginan Dede, mereka merekomendasikan produk Avian Brands seri Disney. Ada beberapa keunggulan dari produk seri Disney ini, diantaranya yaitu:

1. Semua produk Avian Brands seri Disney merupakan produk yang ramah lingkungan dan aman digunakan;

2. Cat tembok Avian Brands seri Disney tidak mengandung zat berbahaya ( tanpa merkuri dan formaidehyde);

3. Cat tembok Avian seri Disney dilengkapi dengan  formula anti bakteri yang dapat melindungi anak-anak;

4. Produk Avian Brands seri Disney mengandung kadar VOC (Volatile Organic Coumpound) yang sangat rendah;

5. Produk Avian Brands Seri Disney mudah dibersihkan dan salah satu variannya dapat memberikan nuansa berbeda karena dapat berpendar dalam keadaan gelap. Hal ini terjadi karena produk ini berbahan dasar air;

6. Seluruh produk cat Avian Seri Disney memiliki sertifikat Green Label Singapore.

7. Rangkaian produk Avian Cat Seri Disney ini merupakan solusi untuk perlindungan seluruh anggota keluarga terutama anak dan balita.


Rangkaian produk Cat Seri Disney dari Avian Brands


Produk Cat Seri Disney dari Avian Brands hadir dengan cat anti bakteri dan juga cat dengan efek spesial untuk menemani buah hati di rumah. Produk cat Seri Disney dari Avian Brands memiliki beberapa pilihan, yaitu:


1.Cat Tembok Interior Avitex 4kids



Cat Tembok Avitex 4kids adalah cat interior yang dilengkapi dengan formula anti bakteri, mampu menutup ketidaksempurnaan tembok, anti jamur dan lumut, sehingga kamar anak tetap dalam kondisi bersih, sehat dan terbebas dari kuman maupun bakteri. Cat jenis ini tersedia dalam 170 varian warna. Produk cat ini siap membantu siapapun yang menginginkan interior rumah yang ceria dan menyenangkan bagi si kecil. Sepertinya cat seri Disney jenis ini cocok untuk kamar Dede. Oh ya lupa, Dede menginginkan tembok kamarnya tampak mengkilat. Sepertinya Cat Tembok Avitex 4kids masih kurang tepat untuk kamar Dede;


2. Cat Tembok Interior Everglo Kids Care



Cat seri Disney jenis ini akan membantu menciptakan ruang kamar anak tampak mewah dan sehat. Keinginan untuk memberikan kamar anak yang terjaga keamanan dan kebersihannya serta mudah dibersihkan dapat terwujud dengan cat tembok Everglo Kids Care. Cat tembok premium ini mudah untuk dibersihkan dan tersedia dalam 888 pilihan warna dengan formula anti bakteri, tahan sikat atau gosokan dan kotoran tidak mudah menempel. Hasil akhir yang ditampilkan oleh Cat Tembok Everglo Kids Care adalah kilau mewah atau mid sheen, sehingga sangat cocok untuk anak yang sedang aktif-aktifnya menuangkan kreativitas dengan corat-coret dinding. Cocok banget untuk kamar balita. Tapi bisa juga nih untuk kamar Dede karena dia juga sering kepergok sedang menggambar di dinding kamarnya hahahaha;


3. Cat Efek Spesial HomeDeco Glow in the Dark



Cat seri Disney jenis ini dijamin akan membuat anak menjadi lebih betah beraktivitas di kamar. Aktivitas #DiRumahAja selama pandemi ini akan jauh lebih menyenangkan dengan memberikan nuansa berbeda pada kamar anak dengan HomeDeco Glow in the Dark, cat phosphorescence berbahan dasar air yang dapat menyala/ berpendar dalam keadaan gelap. Dilengkapi dengan stensil karakter favorit anak, sehingga siluet karakter Disney yang diaplikasikan dapat berkilau saat lampu kamar anak dipadamkan. Bayanginnya aja sudah asik banget ini. Anak-anak pasti akan kegirangan dengan siluet karakter Disney yang dihadirkan oleh cat tembok ini. Cat seri Disney yang satu ini berbahan dasar air hingga mudah dibersihkan. Tak mengherankan jika cat Glow in the Dark ini aman sekaligus mudah diterapkan pada kamar anak;


4. Cat Efek Spesial HomeDeco Magnetic



Avian Brands juga menghadirkan produk cat dengan efek spesial HomeDeco Magnetic dalam seri cat Disney ini. Dengan menggunakan cat seri Disney jenis ini, kamar anak dapat menjadi wadah untuk berkreasi bahkan memajang karya-karya si kecil. Dengan mengaplikasikan produk ini sebanyak 3-4 lapis, hasil akhirnya dapat menarik magnet dengan kuat sehingga magnet langsung menempel ke dinding kamar si kecil. Dengan mengaplikasikan cat magnetic ini, orang tua juga bisa memberikan alternatif media permainan sehingga tidak terlalu mengandalkan gadget yang bisa berdampak buruk pada anak. Cat dengan spesial efek HomeDeco Magnetic hanya tersedia warna black diamond saja dengan hasil akhir yang matt. Uniknya, cat ini dapat di top coat/ diberikan warna cat tembok seperti Cat Tembok Avitex 4kids maupun Cat Tembok Everglo Kids Care tanpa mengurangi daya tariknya, sehingga bidang magnetic pada dinding dapat dijadikan elemen desain yang unik sesuai pilihan warna favorit si kecil. Waaah sebuah inovasi yang pasti akan membuat anak makin betah beraktivitas di kamarnya;


5. Cat Efek Spesial HomeDeco Glitz



Hadirkan dunia imajinasi anak dengan HomeDeco Glitz yang hadir dalam 2 varian warna, yaitu gold dan silver. Berbahan dasar air dengan nuansa tekstur glitter yang berkilau, cat ini dapat diaplikasikan dengan mudah menggunakan roller/kuas. Cat dengan special efek HomeDeco Glitz bebas timbal dan merkuri, tahan lama serta ramah lingkungan. Tentunya dapat menjadi alternatif menarik untuk memberikan kesan mewah dan menampilkan tema Disney kesayangan di kamar anak atau ruang bermainnya. Tidak hanya dinding, produk cat glitter ini juga bisa kamu aplikasikan di semua media interior, furnitur maupun kerajinan tangan sekalipun. Sandingkan dengan sorotan lampu pada bidang yang diaplikasikan HomeDeco Glitz agar tampak maksimal kilau menawannya. Sudah kebayangkan akan semenarik apa kamar anak jika cat tembok kamarnya menggunakan cat seri Disney jenis Home Deco Glitz ini.


Sepertinya saya sudah menemukan nih cat tembok yang tepat untuk kamar Dede. Saya yakin Dede juga setuju dengan cat tembok Avian Seri Disney pilihan saya ini. Kira-kira ada yang bisa menebak, saya akan memilih cat tembok Avian Brands seri Disney yang mana yah?


#KeajaibanDisetiapRuangan 

#ProdukCatDisney

#CatGlowInTheDark 

#CatMagnetic 

#CatGlitter