Tips Merebus Daun Singkong Cepat Empuk dan Hijau

by - Oktober 04, 2020


Daun singkong muda


Daun singkong merupakan salah satu jenis sayuran yang mudah sekali diperoleh. Tidak kenal musim, kapan saja ada. Selain mudah didapat, daun singkong kaya akan vitamin dan mineral. Tapi untuk orang yang memiliki riwayat asam urat, disarankan untuk tidak mengonsumsi sayuran hijau ini.

Sayuran hijau ini mengandung zat besi yang tinggi sehingga baik dikonsumsi oleh anak-anak dan ibu hamil serta menyusui. Daun singkong juga baik untuk pencernaan karena mengandung serat yang tinggi. Daun singkong dapat diolah menjadi berbagai olahan masakan. Dapat ditumis, dimasak kuah atau untuk dicocol sambal. Untuk memperoleh masakan yang lezat dengan bahan dasar daun singkong, harus menggunakan daun singkong yang masih muda. Jangan sampai salah memilih daun singkong yah.

Daun singkong muda berwarna hijau muda dan cenderung lemas. Permukaan daun pun halus dengan batang berwarna cerah. Daun singkong tua berwarna hijau pekat dan permukaannya kasar serta kaku. Daun singkong tua akan keras dan kurang lezat saat disantap.

Daun singkong yang dijual di pasaran relatif aman dikonsumsi. Namun jangan sampai berlebihan. Terlalu sering mengonsumsi daun singkong, akan berakibat tidak baik untuk kesehatan tubuh. Karena didalam daun singkong mengandung zat yang dapat membentuk sianida jika dikonsumsi secara berlebihan. 

Masyarakat luas mengenal daun singkong biasa dan daun singkong karet. Daun singkong karet memiliki daun yang lebih lebar daripada daun singkong biasa. Batangnya pun berwarna pink keunguan. Daun singkong karet memiliki taste yang lebih lembut dibandingkan daun singkong biasa. Sedikit informasi, daun singkong karet ini mengandung zat linamarin yang merupakan senyawa pembentuk sianida yang dapat menyebabkan keracunan. Daun singkong karet dapat dikonsumsi dengan aman jika diolah dengan tepat. Cuci bersih daun singkong karet lalu rebus dan buang air rebusan tersebut. Setelah direbus barulah diolah menjadi masakan yang diingini.

Daun singkong dapat diolah menjadi berbagai masakan. Cara mengolahnya pun relatif mudah. Namun seringkali warna daun singkong menjadi tidak sedap dipandang mata karena tidak berwarna hijau lagi setelah direbus. Ternyata ada tips merebus daun singkong agar warnanya tetap hijau dan cepat empuk.


Tips Merebus Daun Singkong Agar Cepat Empuk dan Tetap Berwarna Hijau


Daun singkong rebus


Ada beberapa langkah yang harus dilakukan agar daun singkong cepat empuk dan tetap berwarna hijau setelah melalui proses perebusan. Langkah tersebut adalah: 
1. Pilihlah daun singkong yang masih muda;
2. Pisahkan daun singkong dengan tangkainya sampai ujung batang. Batang yang ikut kerebus dapat menyebabkan rasa pahit;
3. Cuci bersih daun singkong dengan air mengalir;
4. Didihkan air dalam panci sampai benar-benar mendidih;
5. Setelah air mendidih masukan daun singkong, sedikit garam dan beberapa sendok stainless (jangan sendok plastik atau sendok yang mengandung bahan plastik). Sendok/garpu stainless akan membuat panas cepat merata dan daun singkong cepat empuk;
6. Jangan tutup panci;
7. Setelah daun singkong dirasa cukup empuk, matikan api kompor lalu buang air rebusan dan bilas daun singkong dengan air mengalir. Peras daun singkong hingga kadar air menyusut;
8. Daun singkong siap untuk dimasak menjadi berbagai macam olahan.


Salah satu tips merebus daun singkong agar cepat empuk dan hijau


Untuk memperoleh warna daun singkong tetap hijau, jangan tutup panci saat merebus daun singkong dan masukkan daun singkong pada saat air benar-benar telah mendidih. Menutup panci pada saat merebus daun singkong, akan membuat daun singkong menjadi berwarna gelap atau tidak hijau lagi.

Gimana, mudah bukan merebus daun singkong agar tetap berwarna hijau dan cepat empuk? Selamat mencoba yaaa


 




You May Also Like

0 komentar

Postingan Populer