Indahnya Berbagi Melalui Sedekah Daging Dompet Dhuafa

by - Juli 23, 2020


Persiapan Idul Adha tahun kemarin

Assallammualaikum semua...Smoga dalam keadaan baik yah Aamiin. Gimana nih persiapan menyambut Hari Raya Kurban yang sebentar lagi akan datang? Ngga usah sedih yah kalau tahun ini tidak bisa berkurban dikarenakan kondisi ekonomi yang menurun dikarenakan pandemi global yang mengobrak ngabrik semua sektor kehidupan.

Koroncess ini memaksa kita untuk bertahan ditengah keterpurukan sektor ekonomi disebabkan pandemi yang tak kunjung usai. Saya sendiri merasakan tahun ini terasa sekali bedanya jelang Idul Adha. Biasanya pedagang hewan kurban mulai terlihat bertebaran di pinggir jalan raya tapi tahun ini sepi. Begitu pula dengan pemotongan hewan kurban yang diselenggarakan oleh lembaga sosial ataupun mesjid, tidak seramai tahun-tahun sebelumnya. 

Tidak semua mesjid menyelenggarakan pemotongan hewan kurban, hal ini bisa dimaklumi karena pandemi ini mengubah tatanan kehidupan termasuk dalam penyelenggaraan hari besar keagamaan. Meskipun dengan segala keterbatasan yang ada saat ini, sebagai muslim kita wajib menyambut Hari Raya Idul Adha dengan penuh suka cita. Kalaupun tahun ini tidak bisa berkurban, masih ada cara lain yang bisa dilakukan agar tetap bisa berbagi pada sesama yang lebih membutuhkan.

Perayaan Idul Adha tahun lalu

Berkurban atau menyembelih hewan kurban yang dilakukan setelah melakukan shalat Idul Adha, menjadi salah satu amal kebaikan yang disukai oleh Allah. Selain untuk meningkatkan ketaqwaan dan keimanan pada Allah SWT, berkurban adalah bentuk rasa empati pada sesama. Namun apa daya saat pandemi global terjadi seperti saat ini, berkurban menjadi sesuatu hal yang tidak mudah. Meskipun niat untuk berbagi melalui berkurban begitu membara, tapi jika kondisi keuangan masih terpuruk akibat pandemi, yah terpaksa ditahan dulu keinginan untuk berkurban demi perut yang tetap harus diisi. Apalagi pandemi entah kapan selesainya. Menanggapi kondisi seperti ini, Dompet Dhuafa berupaya untuk mewujudkan keinginan mereka yang berniat berbagi pada saat Hari Raya Idul Adha tapi tidak mampu untuk berkurban dengan menghadirkan sebuah program yang bertajuk Sedekah Daging.

Program Sedekah Daging Dompet Dhuafa

Dompet Dhuafa mengajak #OrangBaik yang belum memiliki kesempatan untuk berkurban karena keterbatasan finansial, namun ingin ikut berbagi dan membantu masyarakat kurang mampu untuk bisa merasakan nikmat dan berkahnya daging kurban, terutama di wilayah pelosok melalui program Sedekah Daging.

Apalagi menurut data IDEAS (Indonesia Development Islamic Studies) Dompet Dhuafa, masih banyak masyarakat yang belum merasakan daging kurban karena keterbatasan ekonomi, terutama di wilayah luar Jakarta. Saya jadi teringat pengalaman saya sewaktu merayakan Hari Raya Kurban tahun lalu, di daerah Bogor, Cianjur dan Sukabumi saja masih banyak masyarakat yang belum pernah merasakan pembagian hewan kurban. Bagi mereka, daging merupakan makanan sangat mewah dan langka. Fakta inilah yang mendorong Dompet Dhuafa mengadakan program Sedekah Daging dalam rangka Hari Raya Kurban dengan tujuan mengakomodir keinginan orang-orang yang terbatas ekonominya tapi tetap ingin berbagi pada saat Idul Adha.

Sedekah Daging Dompet Dhuafa


Sedekah daging adalah sedekah daging kurban yang dilaksanakan pada Hari Raya Idul Adha. Dimulai dengan donasi/sedekah senilai Rp100.000 maka siapapun yang ingin berbagi sudah dapat berpartisipasi dalam program ini. Donasi yang terkumpul akan dikonversi menjadi hewan kurban yang disalurkan ke pelosok nusantara. Terutama ke daerah-daerah yang belum pernah terjamah pembagian hewan kurban.

Sesuai dengan namanya, program Sedekah Daging termasuk pada ibadah sedekah, bukan termasuk kurban. Meskipun nantinya, sedekah akan dikonversi menjadi hewan kurban. Niat dan akadnya adalah akad untuk sedekah atau berdonasi bukan niat dan akad berkurban. Walau demikian tetap saja dicatat sebagai perbuatan baik oleh Allah SWT.

"Dan orang yang disempitkan rezekinya hendaklah memberi nafkah dari
harta yang diberikan Allah kepadanya. Allah tidak memikulkan beban kepada seseorang melainkan (sekedar) apa yang Allah berikan kepadanya. Allah kelak akan memberikan kelapangan sesudah
kesempitan." [QS. At Thalaq: 7]

Selengkapnya mengenai Sedekah Daging dapat dilihat di Sedekah Daging Dompet Dhuafa bersama Kita Bisa . Gimana kalian tertarik untuk ikutan Sedekah Daging? Kuuuy ahhh selagi masih ada kesempatan untuk berbagi walau ditengah keterbatasan akibat pandemi.


You May Also Like

0 komentar

Postingan Populer