Mudahnya Zakat, Infaq dan Sedekah Melalui Zakatin

by - Maret 08, 2020



"Duh sudah waktunya nih ngeluarin zakat penghasilan yang 2,5% tapi gimana cara ngitungnya ya? Trus mau dikasih ke mana ya zakatnya? Aku ngga mau ah klo zakatnya tidak tersalurkan pada yang berhak menerima dan ngga jelas penggunaannya"

Sekelumit pertanyaan diatas mungkin mewakili perasaan teman-teman muslim saat ingin mengeluarkan atau membayar zakat penghasilan, infaq ataupun sedekah. Saya yakin, cukup banyak juga yang pernah merasakan kebingungan dan galau saat ingin mengeluarkan zakat penghasilan yang 2,5%, infaq ataupun sedekah. Saya saja pernah loh mengalaminya. 

Klo saya, terkadang merasa bingung gimana ya caranya menghitung zakat penghasilan yang 2,5% tersebut? Dan dilain waktu, saya juga bingung mau disalurkan kemana zakat, infak dan sedekah yang ingin saya keluarkan itu? Apalagi saya pernah punya pengalaman kurang menyenangkan seputar zakat, infaq dan sedekah ini. 

Saya tuh pernah menyerahkan zakat penghasilan saya dan suami ke seseorang yang tergolong fakir eh ngga taunya zakat yang kita berikan itu digunakan untuk hal-hal yang kurang bermanfaat, bukannya untuk kehidupannya yang pokok. Lalu pernah juga saya ngasih sedekah ke seorang tuna wisma yang tidurnya di gerobak eh malahan uang sedekah yang saya berikan itu digunakan untuk beli rokok. Sebel kan saya  jadinya. Sejak itu, ada rasa kapok dan ngga percaya dalam diri ini ketika ingin menyalurkan zakat penghasilan atau saat ingin menguarkan infaq dan sedekah.

Didorong oleh rasa kebingungan sekaligus rasa kapok tidak ingin terulang lagi kejadian yang sama, saya jadi rajin nih cari tau informasi mengenai lembaga atau platform yang menyalurkan zakat, infak dan sedekah. Apalagi sekarang dunia digital kian berkembang, informasi pun dengan mudah didapatkan. Tapi saya juga ngga mau "asal" nerima informasi. Termasuk dalam hal mencari informasi seputar platform atau lembaga sosial yang menerima dan mengelola zakat, infak dan sedekah.

Setelah saya berkelana di dunia maya dan mengumpulkan sejumlah informasi konkret, aku pun berkenalan dengan www.zakatin.com  . Apaan tuh? Tenang, aku jelasin sedikit tentang Zakatin ya.

Mudahnya Berzakat, Infaq dan Sedekah Melalui Zakatin

Zakatin adalah peta penemu orang yang butuh bantuan kita. Zakatin merupakan platform digital yang dibuat untuk memudahkan kita menyalurkan zakat termasuk zakat penghasilan yang 2,5%, infaq dan sedekah. Zakatin merupakan cara mudah untuk melakukan donasi. Ada beberapa kemudahan berdonasi di Zakatin, yaitu:
1. Bisa memilih campaign, baik zakat ataupun sedekah;
2. Bisa memilih campaign sesuai daerah yang diinginkan;
3. Memperoleh laporan donasi yang dilakukan via email;
4. Mengetahui progress campaign dari penerima manfaat;
5. Tak perlu bingung mencari kemana-mana untuk berdonasi, tinggal buka saja platform Zakatin;
6. Berzakat, infaq dan sedekah semudah menggerakkan jari.

Zakatin disebut sebagai peta untuk berzakat, infaq dan sedekah karena penerima manfaat dapat diukur melalui peta yang bisa dizoom dan dilihat titik sebaran programnya. Kita bisa melihat dimana saja penerima donasi berada dan program apa saja yang telah atau sedang dilakukan. 

Donasi melalui Zakatin, ngga perlu lagi dihinggapi rasa galau, ragu, tak percaya karena platform ini memiliki transparansi keuangan. Nilai atau jumlah nominal zakat, infak atau sedekah yang kita berikan, tertera langsung di samping nama penerima manfaat. Para donatur dapat melihat langsung berapa jumlah donasu dan total yang terkumpul dari masing-masing program atau campaign yang sedang dilakukan oleh Zakatin.

Campaign atau program penyaluran dan pengelolaan donasi yang dilakukan oleh Zakatin tersebar ke beberapa lokasi termasuk di daerah pedalaman yang masih jarang terjamah bantuan. Relawan Zakatin tersebar ke seluruh Indonesia dan didukung oleh relawan setempat (daerah pedalaman tempat penyaluran donasi). Oleh karena itu, sebaran mustahik yang dibantu Zakatin merupakan profil-profil yang sangat membutuhkan bantuan.

Zakatin juga menyalurkan donasi untuk 8 asnaf atau golongan penerima zakat, infaq dan sedekah termasuk untuk hamba sahaya yang kurang memperoleh perhatian atau jarang menerima zakat, infak dan sedekah dari muzakki.

Cara Mudah Berdonasi Melalui Zakatin

Untuk melakukan donasi di Zakatin, mudah sekali caranya. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah buka website Zakatin com. Setelah membuka laman Zakatin, akan keluar tampilan seperti ini:


Kemudian tinggal klik "Temukan" lalu mulailah berdonasi. Kita bisa memilih campaign atau program apa sajakah yang ingin kita ikuti. Disetiap campaign terdapat foto dan keterangan detilnya termasuk jumlah nominal yang dibutuhkan oleh campaign atau program donasi tersebut dan jumlah perolehan donasi serta waktu yang tersisa dari campaign tersebut.

Jika mengalami kebingungan untuk menghitung jumlah zakat penghasilan 2,5%, ada fitur seperti ini dalam platform Zakatin yang akan membantu untuk menghitungnya.


Platform Zakatin juga memuat fitur penyalur donasi. Sehingga donasi melalui Zakatin bukan hanya tepat sasaran tapi juga benar-benar jelas siapa penerimanya dan penyalurnya serta untuk apa pemanfaatan dari zakat, infaq dan sedekah yang kita salurkan melalui Zakatin.



Dengan semua detil dan transparansi yang diberikan oleh Zakatin, saya pun tak ragu lagi untuk berzakat, infak dan sedekah.



You May Also Like

0 komentar

Postingan Populer