Rabu, 29 Januari 2020

Ngumpul, Nyanyi, Nyantuy Dalam Acara Kumpul Sahabat SOBATKU
Kumpul Sahabat SOBATKU

Salah satu hal yang menyenangkan untuk saya dalam hidup ini adalah kumpul bareng sahabat terkasih. Ngumpul dan ngobrol sana sini bersama sahabat apalagi jika ngumpulnya itu membawa manfaat dunia akherat. Bahagia sekali rasanya. Ngumpul yang enggak hanya sekedar hahahihi saja. Tapi ada manfaat yang bisa dipetik. Seperti yang belum lama ini saya lakukan. Ngumpul, nyanyi, nyantuy dalam acara Kumpul Sahabat SOBATKU.

Kumpul Sahabat KSP Sahabat Mitra Sejati adalah acara yang diadakan oleh KSP Sahabat Mitra Sejati untuk para member SOBATKU. Kalian yang belum tau apa itu SOBATKU, saya kasih bocoran sedikit ya. Tolong simak baik-baik ya. Jangan sampai kelewatan informasi yang mungkin saja sedang kalian cari. Terutama untuk kalian pelaku umkm nih.

SOBATKU, Sahabat Masa Depan Generasi Masa Kini

Salah satu benefit SOBATKU

SOBATKU atau Simpanan Online Sahabatku adalah tabungan online  berbasis aplikasi dari KSP Sahabat Mitra Sejati. Institusi keuangan yang dipimpin oleh pengurus profesional, terpercaya serta didukung penuh oleh Bank Sahabat Sampoerna. Aplikasi tabungan online ini sudah diluncurkan sejak bulan Juli 2017. Peluncuran tersebut bersamaan dengan Hari Koperasi Nasional yang diperingati di Kota Makassar, Sul-Sel.

SOBATKU

Oh ya ada beberapa manfaat yang didapat dengan menjadi member SOBATKU. Terutama nih untuk para pelaku umkm, bisa dibilang SOBATKU adalah sahabat pelaku umkm yang memudahkan para pelaku umkm ini melakukan transaksi keuangan dengan mudah dan aman. 

Keuntungan yang didapat dengan menjadi member SOBATKU, adalah:
- Kemudahan dalam membuka rekening atau menjadi member SOBATKU. Buka rekening tabungan cukup dengan smartphone yang kita punya dan ngga mesti datang ke bank seperti yang kita lakukan jika ingin menjadi nasabah bank konvesional;
- Nomer yang akan menjadi nomer rekening adalah nomer handphone yang didaftarkan. Jadi lebih mudah mengingat nomer rekening kita;
- Untuk menabung atau melakukan tarik tunai bisa melalui Loket Sahabat di Alfamart seluruh Indonesia. Mudah dan simpel kan? Karena Alfamart ada di mana-mana hingga mudah menemukannya;
- Kalau untuk saya, ini nih yang penting. Transaksi di SOBATKU bebas biaya bulanan dan tanpa biaya administrasi. Keren ngga sih? Jarang loh bisa nabung tanpa biaya administrasi bulanan;
- Dapat melakukan transaksi beli dan bayar secara lebih mudah dan murah;
- Satu lagi nih kelebihan yang menyenangkan dari SOBATKU adalah nabung aman dengan bunga menarik. Menguntungkan bukan?;
- Dan semua member SOBATKU berkesempatan memenangkan UNDIAN TOTAL MILYARAN RUPIAH. Pengundian pemenang dilakukan setiap bulan sepanjang  tahun. Dengan kategori Grand Prize setiap 3 (tiga) bulanan sebesar 100JT rupiah dan 4 paket umroh. Hebatnya lagi nih, semua pajak pemenang undian ditanggung oleh SOBATKU.

Kalian mungkin bertanya, sudah banyakkah yang menjadi sahabat SOBATKU? Pastinya sudah dong xixixi. Sampai saat ini, SOBATKU sudah memiliki ribuan pengguna aktif dengan total dana tabungan mencapai milyaran rupiah. Tuuh ngga nanggung-nanggung kan? Sudah milyaran rupiah dana tabungan yang dimiliki oleh SOBATKU.

SOBATKU juga dilengkapi dengan berbagai fitur menarik dan memudahkan membernya untuk melakukan transaksi keuangan, baik itu secara digital maupun langsung. Aplikasi nabung online SOBATKU memiliki beberapa fitur menarik, yaitu:
- Nabung melalui Bank Transfer (ATM, M-Banking, Internet Banking);
- Setor tunai di Alfamart;
- Tarik Tunai di Alfa ;
- Transfer ke sesama SOBATKU;
- Transfer ke nomer handphone; 
- Transfer ke rekening bank;
- Transfer terjadwal dan secara berkala;
- Fitur untuk bayar, beli dan Top Up biller;
- Fitur untuk pembayaran belanja di Alfamart dan merchant yang bekerjasama dengan SOBATKU;
- Fitur untuk menyalurkan pembayaran donasi, infaq dan zakat;
- Fitur SOBATKU premium yang memiliki limit nabung lebih besar dan dapat  mengikuti program – program khusus dengan banyak manfaat yang bisa diperoleh.

Untuk menjadi member SOBATKU, caranya cukup mudah kog. Tinggal download dan registrasi saja agar kalian terverifikasi sebagai member SOBATKU. Urutan langkahnya seperti ini ya:
1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah men-download aplikasi SOBATKU di Play Store untuk pemilik smartphone android dan App Store bagi pemilik I phone;
2. Setelah aplikasi berhasil terpasang, selanjutnya yang harus dilakukan adalah klik “Daftar” pada aplikasi SOBATKU;
3. Selanjutnya, nanti akan ada data yang harus diisi. Lengkapi data tersebut sesuai KTP kemudian pastikan foto selfie bersama KTP jelas dan terbaca. Jika tidak jelas atau KTP blur (tidak dalam kondisi baik), kalian harus menyertakan Kartu Keluarga;
4. Setelah proses foto beres, tunggu proses verifikasi identitas dan sistem di dukcapil. Beberapa saat kemudian, kalian akan memperoleh notifikasi melalui email dan SMS bahwa akun kalian telah aktif. Dan itu berarti kalian langsung bisa melakukan transaksi seperti nabung atau mengirim uang serta menikmati banyak benefit dari SOBATKU.

SOBATKU berbeda loh dengan E-Wallet. SOBATKU adalah aplikasi yang digunakan untuk menabung dan dilengkapi dengan fitur pembayaran serta transaksi digital untuk kebutuhan sehari-hari. SOBATKU mengarahkan pengguna atau membernya untuk terus menabung. Sedangkan E-Wallet nih, adalah produk yang digunakan sebagai dompet elektronik untuk menggantikan semua metode pembayaran dan mengarahkan penggunanya untuk bertransaksi. Sudah jelas kan ya beda SOBATKU dengan E-Wallet atau dompet digital.

Member KSP Sahabat Mitra Sejati

Untuk bisa menikmati segala layanan di aplikasi SOBATKU, semua member SOBATKU harus terdaftar dan aktif sebagai Member KSP Sahabat Mitra Sejati. Percuma saja punya aplikasi SOBATKU tapi ngga terdaftar sebagai member KSP Sahabat Mitra Sejati.

Ada beberapa keuntungan yang bisa diperoleh dengan menjadi member KSP Sahabat Mitra Sejati, diantaranya adalah:
- Mendapatkan segala layanan yang disediakan oleh Koperasi Simpan Pinjam Sahabat Mitra Sejati (KSP SMS);
- Dapat mengikuti program undian bulanan dan nndian grand prize berhadiah utama uang tunai 100 juta rupiah dan 4 paket umroh untuk 4 pemenang;
- Berhak mengikuti program bonus poin undian dan saldo dari SOBATKU (s&k berlaku).

Untuk menjadi member KSP Sahabat Mitra Sejati, inilah cara-caranya:
1. Login Aplikasi SOBATKU;
2. Klik Fitur “KSP SMS MEMBERSHIP”;
3. Klik  “DAFTAR KSP SMS MEMBERSHIP”;
4. Klik tick mark konfirmasi telah membaca syarat dan ketentuan anggota KSP Sahabat Mitra Sejati / KSP SMS membership;
5. Upload foto tanda tangan basah milik kita yang telah disiapkan terlebih dahulu di kertas. Lalu Klik LANJUTKAN;
6. Setelah itu Klik OK sebagai konfirmasi pendebetan. Untuk Simpanan Pokok sebesar Rp 10.000,- dan Simpanan Wajib Rp 5.000,- (pastikan saldo yang kita miliki di rekening SOBATKU minimal Rp 15.000,- agar proses registasi yang kita lakukan dapat berjalan lancar);
7. Selanjutnya, kita akan menerima kode OTP ke nomer handphone lalu masukan OTP tersebut dan Klik OK;
8.Setelah kode OTP dimasukan, kita akan mendapat notifikasi: “Selamat! Kamu sudah terdaftar KSP SMS Membership;
9. Dengan notifikasi tersebut maka proses pendaftaran member KSP SMS selesai. Kita dapat melihat nomer  membership di menu home page SOBATKU;
10. Terakhir nih jangan lupa cek menu “MUTASI REKENING” dan akan terdapat pembayaran membership sebesar Rp. 15.000,-.

Kumpul Sahabat Member KSP Sahabat Mitra Sejati SOBATKU

Kumpul Sahabat Member KSP Sahabat Mitra Sejati

Kumpul Sahabat merupakan kegiatan rutin yang diadakan sebagai ajang silaturahmi dan berkumpul para member KSP Sahabat Mitra Sejati. Kegiatan ini diadakan setiap bulan bersamaan dengan acara undian bulanan dan setiap tiga bulanan pada saat undian Grand Prize SOBATKU.

Pada tanggal 24 Januari 2020 diselenggarakanlah Kumpul Sahabat Member KSP Sahabat Mitra Sejati SOBATKU di gedung Sampoerna Strategic, Jakarta. Acara Kumpul Sahabat tersebut diramaikan oleh penampilan Adera, workshop dan talkshow tentang koperasi digital, kompetisi menarik dan pengundian undian Grand Prize SOBATKU berupa undian 100JT dan 4 paket umroh untuk 4 pemenang.

FYI, member SOBATKU dapat mengikuti program undian dengan total hadiah milyaran rupiah, yang terdiri dari undian bulanan dan undian tiga bulanan. Undian tiga bulanan memperebutkan Grand Prize senilai 100 juta rupiah dan 4 paket hadiah umroh untuk 4 pemenang. Bukan hanya itu saja, tersedia pula ratusan hadiah yang dapat dimenangkan oleh member KSP Sahabat Mitra Sejati berupa uang tunai sebesar 10jt, 5jt, 1jt, 500rb dan 100rb, yang diundi setiap bulan. Ajib banget kan SOBATKU? Nabung untung ini mah namanya.

Oh ya, untuk dapat mengikuti Undian SOBATKU, kita cukup nabung mulai dari Rp 50.000,- saja. Undian SOBATKU diadakan setiap bulan dan sepanjang tahun. Tentunya semakin besar kita nabung maka kesempatan untuk memenangkan hadiahnya semakin besar pula. Satu lagi nih yang bikin SOBATKU da best adalah semua hadiah undian yang diperoleh pemenang tanpa dipotong pajak undian karena pajak undian ditanggung oleh pihak SOBATKU. 

Undian SOBATKU  diadakan setiap bulan dan setiap 3 (tiga) bulanan atau disebut Undian Grand Prize. Undian SOBATKU berlaku secara nasional, dimana semua pengguna SOBATKU di seluruh Indonesia dapat mengikuti undian tersebut.

SOBATKU juga memiliki program Hadiah Jutawan SOBATKU. Program ini merupakan program hadiah diluar undian bulanan dan tiga bulanan. Di setiap kota yang didatangi, SOBATKU memberikan hadiah tambahan bagi warga lokal selain hadiah undian. SOBATKU memberikan hadiah Utama satu paket umrah tambahan (setara dengan uang tunai 25 juta rupiah) dan 100 hadiah lainnya dengan total puluhan juta rupiah khusus bagi anggota KSP Sahabat Mitra Sejati yang berdomisili di kota dan provinsi terselenggaranya undian tersebut. 

Kali ini hadiah tambahan tersebut diberikan kepada Member Jabodetabek. Cara mendapatkan hadiah jutawan SOBATKU sangat mudah, cukup nabung Rp 1.000.000,- (satu juta rupiah) akan mendapatkan 1 (satu) poin jutawan untuk diundi,  berlaku kelipatan dan bisa menang berkali-kali. 

Gimana? Masih belum tertarik juga untuk menabung di SOBATKU? Yakin ngga akan nyesel? Untungnya buanyaaak. Jika kalian belum juga merasa yakin, boleh loh kepoin website SOBATKU dan semua akun sosial media SOBATKU.
Facebook SobatkuID
Instagram @sobatku_ID
Twitter @sobatkuid

Ngumpul, nyanyi,nyantuy bersama Adera dalam Kumpul Sahabat SOBATKU











                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                          
Dompet Dhuafa Ajak Milenial Peduli Kemanusiaan Melalui Jakarta Humanity Festival (Jakhumfest) 2020
Di desa Jampang, salah satu tempat program pemberdayaan Dompet Dhuafa

Tahun 2020 ini merupakan tahun ke-empat saya "berjalan bersama" Dompet Dhuafa melalui berbagai macam program kemanusiaan dan sosial yang diusungnya. Kalian yang pernah melipir ke https://catatanemak.com pasti nemuin beberapa tulisan yang berhubungan dengan program Dompet Dhuafa. Sedikit informasi aja nih, Dompet Dhuafa adalah salah satu lembaga nirlaba sosial Islam yang dananya bersumber dari dana zakat, infak, sedekah dan wakaf (ziswaf) serta dana halal lainnya yang digunakan dalam pemberdayaan kaum dhuafa dengan pendekatan budaya melalui kegiatan filantropis atau humanitarian dan kegiatan wirausaha sosial profetic yang bertujuan untuk peningkatan taraf hidup kaum dhuafa.

Dompet Dhuafa berupaya untuk terus mewujudkan masyarakat berdaya yang bertumpu pada sumber daya lokal melalui sistem yang berkeadilan. Dompet Dhuafa fokus dalam beberapa bidang kegiatan yaitu kesehatan, pendidikan, ekonomi dan pengembangan sosial. Dompet Dhuafa selalu menjadi garda terdepan disetiap penanganan korban bencana ataupun peristiwa sosial yang terjadi di tanah air dan negara tetangga.

Semua program yang dilaksanakan oleh Dompet Dhuafa sejalan dengan tagline yang diusungnya yaitu Jangan Takut Berbagi dan Dompet Dhuafa Membentang Kebaikan. Semua program yang dijalankan oleh Dompet Dhuafa semata-mata bertujuan untuk meringankan beban hidup kaum Dhuafa dan siapapun yang terkena bencana.

Selama kurang lebih 26 tahun berkecimpung dalam aktivitas sosial kemanusiaan, Dompet Dhuafa terus berupaya untuk menularkan wabah jangan takut untuk berbagi dan selalu peduli terhadap kemanusiaan. Di penghujung bulan kemanusiaan ini, Dompet Dhuafa berupaya mengajak generasi milenial untuk lebih peduli kemanusiaan dan aktif dalam kegiatan peduli lingkungan sekitar.

Tahun ini, melalui acara tahunan Jakarta Humanity Festival, Dompet Dhuafa mengajak generasi milenial untuk lebih peduli lagi terhadap isu-isu sosial, kemanusiaan , dan lingkungan hidup melalui berbagai aktivitas positif.

Dompet Dhuafa Jakarta Humanity Festival 2020

Jakarta Humanity Festival 2020

Jakarta Humanity Festival atau yang lebih popular dengan Jakhumfest merupakan acara tahunan yang digelar oleh dompetdhuafa.org yang bertujuan untuk mengajak generasi milenial untuk lebih peduli lagi pada isu-isu sosial, kemanusiaan dan lingkungan melalui berbagai aktivitas positif. Tahun ini merupakan tahun kedua Dompet Dhuafa menghelat Jakhumfest.

Acara ini juga menghadirkan beberapa publik figure yang kompeten serta aktif dan peduli pada isu-isu sosial, kemanusiaan dan lingkungan. Jakhumfest 2020 di laksanakan di M bloc Space Panglima Polim, Melawai pada tanggal 26 Januari 2020 yang baru saja berlalu. Jakhumfest 2020 memiliki tiga segmen acara yaitu Humanity Talk Workshop, Humanity Exposure dan Sound of Humanity.

Dapat dikatakan jika Jakhumfest 2020 merupakan serangkaian kegiatan kampanye kebaikan yang sudah mulai dikumandangkan oleh Dompet Dhuafa sejak akhir tahun 2019 kemarin. Kampanye ini menyerukan kegiatan berbagi pada sesama yang sedang dirundung kesedihan akibat kesusahan atau tertimpa bencana.

Pada event tahunan Jakhumfest 2020 ini ,Dompet Dhuafa mengangkat tiga isu sekaligus sebagai progam utama yaitu pembangunan Rumah Tetap (Runtap) untuk penyintas gempa Palu dan banjir bandang Lebak, progam penyediaan dapur kemanusiaan untuk anak-anak penyintas di Palestina dan progam hadiah untuk teman disabilitas. Semua program tersebut diperlihatkan melalui jepretan ciamik fotografer Dompet Dhuafa yang dipamerkan dalam Humanity Exposure.

Jakhumfest 2020 memiliki tiga segmen yaitu Sound of Humanity, Humanity Talk Workshop dan Humanity Exposure.
Humanitalk Workshop menghadirkan para relawan yang tergabung dalam Indorelawan. Segmen Humanitalk, Dompet Dhuafa dan para relawan akan mengajak millenial untuk berdiskusi dan berbagi wawasan mengenai masalah lingkungan dan kerelawanan yang kini tengah terjadi. Seperti isu seputar diet kantong plastik, #tumbuhhijauurban dan #diverscleanaction. Humanitalk ini diramaikan pula oleh kehadiran para public figure yang tengah digandrungi oleh generasi milenial tanah air.

Workshop melukis payung bersama Chikita Fawzi

Setelah Humanitalk selesai, generasi milenial yang hadir, juga diajak untuk melukis payung bersama Chikita Fawzi dalam workshop singkat seputar cara melukis payung. Chiki Fawzi yang sempat berkunjung ke tempat pemberdayaan Dompet Dhuafa dimana masyarakatnya hidup sebagai pelukis payung. Dan dari melukis payung inilah, masyarakat setempat menghidupi kehidupannya sehari-hari.

Chiki Fawzi yang juga seorang seniman mural begitu terkesan dengan seni melukis payung sehingga disela sela kesibukannya, dia sering menyempatkan waktu untuk melukis payung. Dalam acara workshop melukis payung tersebut, dipilihlah tiga payung lukis terbaik yang berhak membawa pulang paket cantik dari Wardah Beauty.

Selain segmen, Humanitalk, ada pula segmen Humanity Exposure. Dalam perjalanannya, aksi kerelawanan Dompet Dhuafa memiliki banyak kisah dan cerita. Dan semua aktifitas relawan yang ditangkap oleh fotografer kemanusiaan Dompet Dhuafa disajikan melalui sebuah pameran foto Humanity Exposure di Jakhumfest 2020. Foto-foto kemanusiaan yang sebagian besar dijepret oleh Satria Andika, fotografer Dompet Dhuafa, sungguh membuat hati saya berdesir dan mengucap syukur karena kehidupan saya jauh lebih baik dari mereka, para korban bencana. Foto-foto hasil jepretan Dhika seolah bercerita tentang peristiwa yang terjadi.

Bersama fotografer Dompet Dhuafa, Satria Andika dan salah satu hasil jepretannya

Sound of Humanity adalah segmen yang paling saya tunggu-tunggu dalam gelaran Jakhumfest 2020 ini. Sound of Humanity bukan hanya sekedar konser musik biasa, namun menghadirkan musisi-musisi Indonesia yang peduli pada kemanusiaan dan lingkungan. Musisi yang tampil pada Sound of Humanity yaitu Navicula, Chiki Fawzi, V1mast. Mereka membawakan lagu-lagu bertema sosial dan lingkungan untuk mengajak anak muda lebih peduli terhadap sesama, lingkungan dan kemanusiaan serta lebih mau berbagi.

Penampilan V1mast sukses bikin saya joget-joget mengikuti hentakan musik yang dibawakannya. V1mast merupakan grup musik yang juga ikut aktif dalam program Milenial Bangun Mesjid di Palu. Mereka menjadi contoh nyata generasi milenial yang peduli sesama.

Sound of Humanity

Tak kalah apik dari V1mast, penampilan Chikita Fawzi patut mendapat apresiasi. Chiki yang tampil pertama, dapat membuat penonton terhibur sekaligus terpacu untuk selalu berbuat baik. Oh ya kalian pasti tau kan kalau salah satu single Chiki diangkat menjadi salah satu soundtrack film NKCTHI? Yeps benar lagu Belukar Dunia. Dan Chiki sukses membuat milenial yang hadir ikut menyanyikan lagu tersebut.

Sound of Humanity ditutup oleh performa gemilang dari Navicula. Band asal Bali ini, menyanyikan lagu-lagu bertema sosial dan kemanusiaan. Diharapkan dengan demikian, generasi milenial makin peduli dengan isu-isu sosial dan kemanusiaan. Terutama agar bisa lebih peduli pada lingkungan dan sesama.

Jakhumfest 2020 ini memberlakukan tiket donasi sebesar Rp. 50.000,- dan hasil penjualan tiket donasi tersebut, seluruhnya akan digunakan untuk program kemanusiaan Dompet Dhuafa seperti program Rumah Tetal untuk Palu dan Lebak, Banten serta program pemberdayaan lainnya.

Saya senang sekali bisa datang ke perhelatan Jakhumfest 2020 dan berharap dapat datang lagi dalam gelaran Jakhumfest tahun depan. Smoga saya masih diberi umur yaaa Aamiin.

Bertemu Chiki lagi di acara Dompet Dhuafa





Senin, 27 Januari 2020

Temen Kondangan Bikin Resepsi Pernikahan Mantan Jadi Berantakan

Bisa ngebayangin dong gimana rasanya ditinggal mantan nikah saat kita masih belum bisa move on dari cintanya? Huhuhu sakit bet sampai nusuk ke tulang-tulang (( lebay mode on ini mah) hahahaha. Belasan tahun yang lalu, saya sempat mengalaminya tapi sedikit berbeda kasusnya. Pada saat tunangan saya menyebar undangan pernikahannya, saat itulah saya baru tau kalau saya sudah dijadikan "mantan" oleh tunangan saya sendiri tanpa pemberitahuan resmi, tanpa penjelasan apapun, boro boro permintaan maaf karena telah menghianati dan menyakiti perasaan saya.

Undangan pernikahan tersebut, bukan pula sengaja dikirimkan untuk saya. Melainkan saya diberitahukan oleh sahabat saya kalau dia mendapat undangan pernikahan dari tunangan saya. Sahabat saya ini bingung karena yang tertulis di undangan bukan nama saya sebagai calon mempelai wanita tapi nama sahabat dekat saya sendiri. Tragis ya kisah percintaan saya dimasa lalu? Wak wak wak. Yep, tunangan saya menikahi sahabat karib saya sendiri tanpa memutuskan saya.

Percaya ngga percaya, saya datang loh ke hari bahagianya. Masih bisa senyum meski dalam hati saya mengutuk dan memaki. Saat itu, saya datang bersama teman-teman. Tertawa-tawa dan mengucapkan selamat berbahagia. Dengan senyuman dan tanpa kerusuhan. Walaupun hati dan kepala saya seperti ingin meledak. Pada saat itu yang ada dalam pikiran saya, saya harus menunjukkan kalau "saya baik-baik saja" dan bisa "move on" walau dalam hati tak sesimple itu. 

Temen kondangan saya pada saat menghadiri resepsi pernikahan tunangan yang ngga pernah mutusin saya itu ya teman-teman saya sendiri. Mereka tidak percaya kalau saya tidak tau kalau tunangan saya menikahi sahabat saya sendiri. Saya ngga dapat undangan pernikahan tersebut, saya datang karena dapat informasinya dari teman yang diundang. Salah satu teman bahkan ngasih usul gila loh ke saya. Usul untuk mengacaukan hari pernikahannya dan bikin rusuh pada saat prosesi akad. Tapi saya pikir, untuk apa? Bagi saya, harga diri dan kehormatan saya jauh lebih penting. Lagipula untuk apa mempertahankan orang yang memberi kita luka??

Itu kisah saya, lain lagi dengan cerita yang diangkat oleh MNC Movie dalam film terbarunya yang akan tayang serentak di bioskop mulai tanggal 30 Januari 2020 nanti. Film besutan sutradara Iip S Hanan ini berjudul "Temen Kondangan". Tema yang menurut saya unik dan berhasil dikemas apik plus gokil oleh Kang Iip. Bayangin aja nih ya, datang ke kondangan mantan terus ngajak orang sebagai temen kondangan tapi temen kondangan yang diajak malah bikin ulah, gimana coba itu yak? Ngga pernah kepikiran kan kekacauan apa yang bisa dibuat oleh ulah temen kondangan?

Awalnya saya sempat menduga apa yang istimewa dari temen kondangan ini? Eh ternyata istimewanya adalah temen kondangan inilah penyebab kerusuhan yang terjadi. Kog malah temen kondangannya ya yang bikin rusuh? Hayo penasaran ya? Sama dong, setelah nonton trailernya saya juga dibuat penasaran banget. Apa sih yang dibuat oleh temen kondangan dan si pemeran utama sampai bisa bikin rusuh dikondangan mantan?

Temen Kondangan, Film Terbaru Prisia Nasution 

Temen Kondangan

Ngomongin tentang film Temen Kondangan, fokus saya ngga bisa lepas dari sosok Pia atau Prisia Nasution. Saya termasuk lumayan sering menulis review film yang dibintangi oleh Pia. Kemampuan berakting Pia, tak usah diragukan lagi. Berbagai karakter sukses dimainkan Pia dalam berbagai genre film. Dan kali ini saya dibuat penasaran dengan karakter yang diperankan Pia dalam Temen Kondangan. Apalagi dalam trailernya saya melihat ada yang tak biasa dari penampilan Pia.


Temen Kondangan, selain dibintangi oleh Pia, juga diramaikan oleh sederet nama beken lainnya seperti Reza Nangin, Gading Marten, Samuel Rizal, Idzur Muchtar, Febby Febiola, Diah Permatasari, Olivia Jensen dan beberapa nama lainnya. Selain Pia, saya juga penasaran dengan Samuel Rizal. Bisakah Sammy lepas dari bayang-bayang Adit dalam film terbarunya ini?

Para cast Temen Kondangan

Suka atau tidak suka, sosok Adit sudah terlanjur menempel pada diri Sammuel Rizal. Dan pasti tidak mudah bagi Sammy untuk keluar dari bayang-bayang Adit. Apakah di Temen Kondangan ini Sammy akan menampilkan karakter yang berbeda dari Adit? Untuk menemukan jawabannya, ya harus nonton Temen Kondangan. Nama lain yang mencuri perhatian saya adalah Reza Nangin dan Gading Marten. Bisakah mereka berdua mengimbangi akting ciamik yang ditampilkan oleh Pia dan pemain kawakan lainnya?

Temen Kondangan merupakan film yang bergenre drama komedi. Ada bagian harunya namun banyaknya ya ngakaknya. Namanya komedi, ye kan? Namun pertanyaannya adalah mampukah para cast Temen Kondangan membuat penonton enjoy menonton film tersebut dan ngakak berjamaah? Saya yakin para cast akan sukses melakukannya.

Temen Kondangan akan membuat kita berpikir dari "sudut lain" tentang kenangan mantan dan move on dari mantan. Karena dua hal ini sepertinya jadi peer tersendiri bagi para jomblo'ers yang punya kisah tidak menyenangkan tentang mantannya terutama yang ditinggal kawin mantan wkwkwk. Percayalah tanpa membuat kegaduhan dan kerusuhan, hidup kita akan tetap baik-baik saja tanpa mantan. Yeaaaay salam dari genk ditinggal kawin mantan tapi tetap bahagia hahaha. Selamat ngakak bersama Temen Kondangan.

Bersama cast Temen Kondangan

Minggu, 26 Januari 2020

Baran Energy Hadirkan Solusi Listrik Masa Depan
Inovasi Energi Baru Terbarukan

Hallo apa kabar semua. Disini ada ngga ya ibu rumah tangga seperti aku yang setiap bulan dibikin deg-deg plus sama tagihan rekening listrik? Sok atuh ngacung  wkwkwk. Tapi benar kan yah kalau sebagian besar pengguna listrik terutama non token, rata-rata mengeluh nih karena tagihan rekening listrik sering tak terduga bahkan bikin sakit kepala. Meski menurut petugas PLN, biaya pemakaian listrik bisa dihitung kog tapi untuk ibu rumah tangga seperti aku ini, kurang paham lah gimana cara ngitungnya. Udah diajarin berkali-kali tetap aja lupa lagi hadeeh. Ngga mudeng-mudeng, lebih tepatnya sik wekekek.

Contohnya aku nih ya, menjelang tanggal belasan setiap bulannya, pasti dibikin gak enak makan, gak enak tidur gara-gara tagihan rekening listrik. Beberapakali nanya ke petugas PLN yang memeriksa listrik ke rumah, bagaimana caranya menghitung biaya pemakaian listrik dan dijelasin sama Si Bapak PLN tapi ya itu dia, Si Bapak pamit pergi, penjelasan itu pun ikutan lenyap. Ujung-ujungnya tetap aja dibikin was was dengan biaya listrik tiap bulannya.

Perbincangan tentang mahalnya biaya listrik di negeri tercinta, menjadi bahan obrolan yang ngga ada titiknya. Pernah ngga sih kalian berharap bahwa akan ada solusi dari permasalahan ini? Kalau aku sih berharap akan ada solusi listrik masa depan. Apalagi beberapa waktu lalu sempat terdengar kabar bahwa Indonesia khususnya Pulau Jawa dan Bali terancam mengalami krisis listrik. Walaupun gonjang ganjing tersebut telah dibantah oleh PLN sebagai satu-satunya penyedia pasokan listrik di Indonesia tapi tetap saja ada kekhawatiran terhadap hal tersebut.

Pemerintah sendiri telah memiliki program untuk mendorong pemanfaatan energi yang bersumber dari Energi Baru Terbarukan (EBT). Ditargetkan pada tahun 2025, pemanfaatan energi yang bersumber EBT akan mencapai 23%. Energi Baru Terbarukan (EBT) adalah energi yang berasal dari proses alam yang bisa diperbarui dan berkelanjutan seperti panas sinar matahari atau tenaga surya, tenaga angin, air, dan panas bumi.

Baran Energy, Solusi Listrik Masa Depan


Terkait dengan Energi Baru Terbarukan (EBT), belum lama ini PT. Aldebaran Rekayasa Cipta atau lebih familiar dikenal dengan Baran Energy memperkenalkan inovasi terbarunya yang memanfaatkan tenaga surya melalui pemasangan solar panel dan baterai listrik. Inovasi ini diklaim sebagai investasi energi untuk masa depan sekaligus solusi untuk memperoleh listrik dengan harga murah.

Pak Victor Wirawan, CEO Baran Energy

Baran Energy menciptakan powerwall yang dapat menampung  energi listrik dari sinar matahari. Menurut penjelasan dari Bapak Victor Wirawan, Founder dan CEO Baran Energy, powerwall adalah power storage sistem berdaya tampung 8.8 KWh yang dapat digunakan untuk memanfaatkan EBT serta menjaga agar lingkungan tetap bersih karena bebas polusi. Powerwall yang dihadirkan Baran Energy ini merupakan baterai penyimpanan energi skala besar yang bisa menerangi sepanjang hari.

Spesifikasi Baran Powerwall

Pak Victor yang juga aktif memperkenalkan Powerwall Baran Energy melalui akun instagram pribadinya @victorwirawan , mengatakan bahwa Baran Energy menyasar konsumen rumah tangga dan industri  dengan penawaran menarik berupa paket powerwall yang terdiri dari solar panel, batery inverter dan solar inverter. Konsumen juga dapat memiliki produk Baran Energy jika membeli Baran Property yang sedang dalam tahap pembangunan.

Lebih lanjut lagi, Pak Victor menerangkan jika tagihan listrik untuk penggunaan skala rumah tangga bisa lebih hemat sekitar 20 persen dengan menggunakan inovasi teknologi yang ditawarkan oleh Baran Energy ini. Powerwall Baran saat ini telah terpasang di salah satu lokasi Baran Property yang terletak di The Leaf Boutique Resort, Ciawi, Bogor.

Keseruan Mencoba Baran Powerwall di Ciawi

Baran Property

Saya sepertinya termasuk salah satu orang yang excited banget dengan inovasi yang ditawarkan Baran Energy. Ya iyalah gimana ngga excited banget kalau bisa menghemat biaya pemakaian listrik. Apalagi kalau sampai bisa memiliki listrik gratis. Asiknya xixixi. Karena itulah saya ngga menyia-nyiakan kesempatan untuk ikut serta mencoba powerwall. Tes powerwall Baran Energy dilakukan di daerah Ciawi, tepatnya di The Leaf Boutique Resort.

The Leaf Boutique Resort ini merupakan salah satu lokasi pembangunan property Baran Energy yaitu rumah tinggal yang dilengkapi dengan Baran Powerwall. Baran powerwall ditempatkan di salah satu sudut ruangan. Kalau yang kemarin saya datangi, Baran Powerwall diletakkan didinding rumah bagian luar dekat dengan kolam renang.

Baran Powerwall terlihat cukup menarik karena didesain dengan warna putih dengan tulisan Baran Energy berwarna biru. Penggunaan Baran powerwall ini pun sangat mudah karena sudah disetting oleh tim Baran sedemikian rupa sehingga konsumen tinggal menikmatinya saja. Baran powerwall digunakan berdampingan dengan listrik konvesional dari PLN. Energi Baru Terbarukan yang dihadirkan Baran Energy ini dapat mensubstitusi kebutuhan listrik yang biasanya dipenuhi oleh PLN. Dengan penggunaan Baran Powerwall, kita dapat menghemat biaya listrik dan dapat menghindari dari krisis listrik di masa depan.

Untuk lebih jelas lagi mengenai Baran Energy dapat langsung dilihat melalui akun instagram @BaranEnergy dan websitenya di http://baran-energy.com . 

Baran powerwall dipasang di dinding rumah

Rabu, 15 Januari 2020

Hair Beauty Dating and Sharing Session With Natur dan Komunitas ISB

Masalah Rambut Rontok dan Ketombe yang Bikin Ngga PeDe

Rambut indah, berkilau dan bebas rontok serta ketombe merupakan dambaan setiap wanita. Saya pun menginginkan rambut sehat dan indah dipandang. Tapi apa daya, keinginan tak sesuai harapan. Rambut saya mudah sekali berketombe dan rontok. Apalagi saya memakai hijab dan terkadang tak sempat mengeringkan rambut, rambut basah langsung ditutup oleh jilbab. Alhasil rambut saya sering kesekap dan rontoknya kian parah. Masalah rambut ini bikin saya menjadi kurang PeDe alias percaya diri.

Mungkin kalau rontoknya hanya 10-50 helai rambut perhari, saya enggak ambil pusing. Tapi ini rontoknya lebih dari seratus helai perhari. Banyak khan? Terkadang rontoknya itu tanpa saya sadari. Tau-tau ada saja rambut nempel di jilbab saya. Permasalahan rambut yang saya hadapi bukan cuma rambut rontok saja. Tapi juga ketombe. Tau sendiri kan kalau rambut berketombe itu cukup mengganggu. Gatal dan enggak nyaman. Gak enak juga dilihat orang. Sebentar-bentar garuk-garuk kepala. Seperti "uwa" yang ada di kebun binatang kan? Hahahaha..garuk-garuk terus.

Saya sudah coba beberapa produk perawatan rambut tapi belum ada yang cocok. Sampai beberapa hari lalu saya lihat ada acara seputar perawatan rambut yang diselenggarakan oleh Natur. Dan saya pun tertarik  untuk ikut serta acara tersebut. Acara yang diberi tajuk Hair Beauty Dating and Sharing Session With Natur dan Komunitas Indonesian Social Blogpreneur atau yang familiar disebut ISB, bukan hanya membahas seputar perawatan rambut semata tapi juga mengupas tentang bagaimana caranya menjadi seorang blogger profesional. Saya pikir akan banyak insight bermanfaat yang akan saya dapatkan dari acara ini karena itu saya tak ragu untuk hadir dalam acara tersebut.

Hair Beauty Dating dan Sharing Session With Natur dan Komunitas ISB

Hair Beauty Dating With Natur

Produk Natur

Hair Beauty Dating With Natur kali ini diawali dengan penjelasan Mba Clara dari pihak Natur mengenai rangkaian produk perawatan rambut dari Natur. Mba Clara mengatakan bahwa rambut indah dan sehat merupakan goal atau keinginan wanita di dunia. Namun seiring dengan aktivitas yang dilakukan dan berbagai faktor seperti sinar matahari, tingkat polusi, usia, stress, muncullah masalah pada rambut seperti rambut mudah patah, rontok dan ketombe.

Berkenaan dengan kondisi rambut beserta permasalahan yang dihadapi, Natur hadir sebagai salah satu solusi dari masalah tersebut. Mba Clara menambahkan, Natur merupakan rangkaian produk perawatan rambut yang terbuat dari bahan alami. Natur hadir sebagai bentuk keprihatinan terhadap banyaknya rangkaian produk perawatan rambut yang menggunakan detergen dan bahan kimia.

Mendengar kata "detergent", saya langsung mengerutkan kening. Shampoo pakai detergent? Pantas saja bukannya rambut jadi sehat dan indah tapi malah tambah rusak. Saya juga baru tahu kalau ternyata ciri-ciri shampoo yang mengandung detergent dan bahan kimia, biasanya memiliki busa yang banyak dan bau wangi yang tajam. Tuh kan dengan ikutan acara ini saya jadi dapat insight baru. Mulai sekarang saya akan mengganti produk perawatan rambut dengan produk yang terbuat dari bahan-bahan alami. Kalau selama ini saya beranggapan, shampoo yang bagus adalah shampoo dengan busa yang banyak dan wangi semerbak, ternyata keliru. Noted ya.

Oh ya kembali lagi ke Natur sebagai produk perawatan rambut, Natur merupakan rangkaian produk perawatan rambut yang memadukan konsep alami dan inovasi modern yang disesuaikan dengan kondisi dan permasalahan rambut. 90% produk Natur terbuat dari bahan alami seperti ginseng, tea tree oil, olive oil, lidah buaya, moringa dan lain-lain. Produk Natur terdiri dari shampoo, conditioner, hair mask, hair tonic, hair serum dan hair vitamin.

Rangkaian Perawatan Rambut Natur

Saya pikir, cuma saya loh yang mengalami masalah rambut rontok dan ketombe, ternyata enggak. Di luaran sana, banyak perempuan yang mengalami masalah rambut rontok dan ketombe. Sepertinya permasalahan rambut yang satu ini menjadi "masalah jamaah" yang dialami perempuan di muka bumi ini wkwkwk. Eits ternyata bukan cuma perempuan saja yang mengalami masalah kerontokan rambut dan ketombe, pria juga loh. Sepertinya nih ya masalah kerontokan rambut dan ketombe ini menjadi momok yang cukup menakutkan bagi pria dan wanita.

Masalah kerontokan rambut

Natur punya nih rangkaian produk perawatan rambut  yang disesuaikan dengan jenis permasalahan rambut. Dari masalah kerontokan rambut, rambut berketombe, rambut yang sering diwarnai sampai rambut yang sering di-hair styling. Natur punya solusinya agar rambut tetap sehat dan indah kemilau meski pernah mengalami permasalahan rambut.

Gambar dibawah ini merupakan rangkaian produk perawatan rambut dari Natur untuk mengatasi kerontokan rambut.

Produk Natur untuk mengatasi kerontokan rambut
Untuk mengatasi rambut berketombe, bisa menggunakan rangkaian perawatan rambut Natur seperti dibawah ini:

Solusi rambut berketombe

Kerontokan rambut yang saya alami sekian lama, sepertinya bisa segera saya atasi dengan menggunakan rangkaian produk perawatan rambut dari Natur. Semoga saja Natur menjadi solusi terbaik untuk permasalahan rambut yang saya alami. Sudah lelah rasanya pindah dari satu produk ke produk perawatan rambut lainnya tapi tak juga menemukan jalan keluarnya. Rambut saya tetap saja rontok. Saya harus mencoba produk perawatan rambut Natur untuk rambut rontok dan mengakhiri permasalahan seputar rambut yang saya alami. Tahun ini sepertinya saya akan bebas dari helaian rambut yang ikut lepas setiap saya menyisir rambut. Yeaay..semoga saja. Aamiin.

Sharing Session Bersama Komunitas ISB; Menjadi Blogger Profesional

Teh Ani Berta, Founder Komunitas ISB

Tahun 2020 ini, tak kerasa sudah hampir 4 tahun saya mengenal dunia blogging. Meski baru fokus menjalani fulltime blogger kurang lebih dua tahun belakangan ini tapi suka duka sebagai blogger sudah cukup banyak juga saya rasakan. Sebenarnya lebih banyak sukanya sih karena saya menjalaninya dengan senang hati.

Saya tertarik dengan dunia blogging karena saya hobi nulis diary. Sejak kecil, saya rutin menulis apa pun yang saya alami. Senang dan lega rasanya kalau dapat menumpahkan isi hati melalui tulisan. Pertama kali saya mengenal blog saat saya menonton sebuah film di televisi yang mengisahkan tentang kehidupan seorang food blogger. Saya lupa apa judulnya. Sejak menonton film itulah saya mulai penasaran dengan dunia blogging.

Rasa penasaran tersebut, baru saya realisasikan secara nyata dengan membuat sebuah blog gratisan pada tahun 2016. Awalnya blog yang saya buat itu benar-benar untuk tempat curhat saja sampai pada sekitar Oktober 2016 untuk pertamakalinya saya mendapat tawaran untuk menulis review film di blog saya dan mendapat bayaran 150ribu rupiah. Pada saat itu saya kaget luar biasa karena ngga nyangka bahwa dengan menulis diblog, ada yang mau membayar saya. Amazing, begitu pikir saya waktu itu. Setelah hari itu, mulailah saya mencari tau apakah dunia blogging dan seluk beluknya.

Pasti banyak diantara kalian yang berpikir enak banget cuma nulis bgitu saja dapat uang, hahahahaha. Sebenarnya kejam sekali kalimat tersebut karena sesungguhnya menulis memerlukan effort luar biasa Roberto wekekek. Menjadi seorang blogger tak semudah membalik telapak tangan. Jangan hanya dilihat dari hasilnya saja tapi lihat pula prosesnya. Jatuh bangun seperti lagu dangdut itu loh hahaha.

Untuk menjadi seorang blogger profesional harus rela membuka diri dan pikiran untuk terus meningkatkan kualitas diri. Seperti yang disampaikan oleh Teh Ani Berta dalam Sharing Session Hair Dating Beauty yang dihelat oleh Natur dan Komunitas ISB. FYI, Teh Ani Berta adalah founder dari Komunitas ISB.

Teh Ani mengatakan untuk menjadi blogger profesional, harus kembali ke fitrahnya blog. Apa saja sih fitrahnya blog? Blog sejatinya adalah tulisan yang berisi informasi berdasarkan data dan fakta yang ada namun ditulis berdasarkan gaya dan pribadi blogger yang menulisnya. Tulisan diblog biasanya bersifat personal tapi tetap memiliki nilai yang dapat dibagikan dan bermanfaat untuk pembacanya. Walau bersifat personal, tulisan blog haruslah orisinil, bukan hoax apalagi tulisan mengada-ngada.

Seorang blogger dituntut untuk terus meng-upgrade kemampuan diri bukan hanya dalam menulis saja tapi harus mampu menyesuaikan dengan pesatnya perkembangan teknologi digital.








Rabu, 08 Januari 2020

Komitmen Pelayanan BPJS Kesehatan Melalui JKN Mobile

Awal tahun 2020 ini, bangsa kita diuji dengan musibah banjir yang melanda DKI Jakarta, Lebak, Bogor, Bekasi, Tangerang dan sekitarnya. Bencana ini tentu saja membuat bumi pertiwi bersedih hati. Banjir bukan hanya membuat masyarakat yang mengalaminya kehilangan harta benda tapi juga terancam beberapa penyakit setelah banjir. 

Setelah banjir biasanya datang penyakit "pengikut" seperti diare, demam, flu dan gatal-gatal (penyakit kulit). Meskipun penyakit-penyakit tersebut tergolong penyakit yang sering datang menyerang tapi tetap saja memerlukan pertolongan medis untuk mengatasinya. Perlu ke fasilitas kesehatan untuk mengobati penyakit tersebut. Tidak bisa didiamkan begitu saja atau hanya dengan minum obat yang dijual bebas saja. Karena ada beberapa kondisi yang mengharuskan penanganan dokter.

Berobat ke fasilitas kesehatan, akan menjadi persoalan baru bagi korban banjir jika si korban tidak memiliki jaminan kesehatan. Untuk berobat harus mengeluarkan biaya sedangkan baru saja mengalami bencana. Disinilah pentingnya memiliki jaminan kesehatan. Apapun kondisi yang dialami, tetap bisa berobat ke fasilitas kesehatan meski nominal uang yang dimiliki sedang menipis.

Bagi pemegang kartu jaminan kesehatan seperti JKN-KIS, tentu saja tak perlu risau karena tetap dapat berobat ke fasilitas kesehatan karena biaya pengobatan sebagian besar tercover BPJS Kesehatan. Pasti sebagian dari kalian akan berteriak lantang, "Iuran BPJS Kesehatan naik parah, gimana kami tetap bisa tenang?!". Eittts, semua ada jalannya Maria Mercedes wekekek

Penyesuaian iuran BPJS Kesehatan yang mulai diberlakukan pada tanggal 1 Januari 2020 ini, janganlah dijadikan penambah beban hidup. Kenapa demikian? Jika kalian merasa tak sanggup untuk membayar biaya iuran BPJS Kesehatan sesuai kelas yang dipilih, kalian bisa turun kelas sampai kelas tiga. Dan kalaupun kelas tiga, masih tidak sanggup, kalian bisa menghubungi Call Center BPJS Kesehatan atau bertanya pada petugas BPJS Kesehatan cara dan syarat apa saja agar kalian bisa menjadi peserta JKN-KIS.

Namun, andai saja kalian mau sedikit berhitung mengenai jumlah iuran BPJS Kesehatan yang harus kalian bayar dengan manfaat yang akan kalian dapatkan, saya yakin kalian tak akan lagi meributkan mengenai iuran BPJS Kesehatan yang mengalami kenaikan. Apalagi sampai berkata R.I.P BPJS Kesehatan..hadeh

Kenaikan iuran BPJS Kesehatan ini, tak semata-mata hanya iurannya saja yang naik tapi pihak BPJS Kesehatan pun terus berupaya maksimal meningkatkan pelayanannya. Tujuannya adalah agar peserta BPJS Kesehatan baik itu yang JKN Mandiri ataupun yang JKN-KIS dapat memperoleh pelayanan terbaik, mudah dan cepat.

Salah satu komitmen dari BPJS Kesehatan untuk meningkatkan pelayanan adalah melakukan koordinasi dengan PERSI (Perhimpunan Rumah Sakit Indonesia) khususnya dengan rumah sakit yang menjadi provider atau rekanan BPJS Kesehatan. Komitmen bersama ini diwujudkan melalui inovasi terbaru BPJS Kesehatan RI dalam tiga hal yaitu sistem antrian elektronik, sistem display ketersediaan kamar inap dan simplikasi serta kepastian layanan bagi pasien gagal ginjal untuk menjalani hemodialisa.

Komitmen Bersama Antara BPJS Kesehatan dan PERSI Mengenai Peningkatan Pelayanan di Fasilitas Kesehatan Rekanan


Sistem antrian elektronik

BPJS Kesehatan dan PERSI memiliki komitmen bersama mengenai peningkatan pelayanan pada fasilitas kesehatan rekanan BPJS Kesehatan. Komitmen ini terlihat dengan diterapkannya sistem antrian secara elektronik yang menjamin kecepatan dan kepastian layanan.
JKN Mobile

Dengan sistem antrian elektronik ini, peserta JKN-KIS dapat mendaftar secara online melalui JKN Mobile. Hingga saat ini, sekitar 1.748 rumah sakit provider BPJS Kesehatan telah memiliki sistem antrian elektronik. Sistem antrian elektronik memberikan kemudahan bagi peserta JKN-KIS untuk mendaftar rawat jalan tanpa ribet dan antri panjang yang hanya menghabiskan waktu saja. Diharapkan, dalam waktu dekat, semua fasilitas kesehatan provider memiliki sistem antrian elektronik.

Fitur-fitur yang ada di JKN Mobile

Peserta JKN-KIS dapat memanfaatkan sistem antrian elektronik melalui aplikasi JKN Mobile. JKN mobile dapat didownload dengan mudah pada smartphone android maupun ios. Peserta JKN-KIS dapat mengganti atau mereschedule waktu periksa sebanyak satu kali. JKN mobile memberikan kemudahan bagi peserta JKN-KIS untuk memperoleh layanan yang baik, profesional dan cepat.

Keterangan mengenai display jumlah kamar yang tersedia di rumah sakit rekanan BPJS Kesehatan

Peserta JKN-KIS dapat melihat display berapa banyak jumlah kamar yang tersedia (available) untuk rawat inap di rumah sakit rekanan melalui aplikasi JKN mobile ataupun langsung di rumah sakit rekanan. Termasuk jumlah kamar ICU yang tersedia. Teknologi digital yang berkembang pesat saat ini, memberikan berbagai kemudahan dalam kehidupan termasuk dalam peningkatan pelayanan yang diberikan oleh BPJS Kesehatan.

Dengan mendownload aplikasi JKN Mobile, peserta BPJS Kesehatan dapat melakukan banyak hal seperti menjadwalkan operasi, mendaftar rawat inap ataupun rawat jalan sehingga tak perlu pontang panting mendatangi rumah sakit rekanan BPJS Kesehatan satu persatu guna memastikan apakah kamar inap tersedia atau tidak.

Bapak Beno Herman, Asisten Deputi Bidang Manajemen Fasilitas Kesehatan BPJS Kesehatan RI

Bapak Beno Herman, Asisten Deputi Bidang Manajemen Fasilitas Kesehatan BPJS Kesehatan menjelaskan bahwa sistem antrian elektronik dan display kamar inap yang tersedia di rumah sakit rekanan merupakan sebagian kecil upaya BPJS Kesehatan untuk terus meningkatkan layanan dan memberikan berbagai kemudahan untuk peserta JKN-KIS. Jadi tidak hanya iurannya saja yang naik bombastis, pelayanannya pun mengalami peningkatan yang signifikan.

Peningkatan pelayanan BPJS Kesehatan juga dilakukan untuk layanan hemodialisa. BPJS Kesehatan menjamin peserta JKN-KIS yang harus menjalani hemodialisa dapat melakukannya secara mudah dan memperoleh kepastian layanan. Pasien gagal ginjal kronis yang harus melakukan hemodialisis rutin di fasilitas kesehatan rujukan tingkat lanjut yang telah dilengkapi oleh finger print, tidak perlu lagi meminta surat rujukan ke fasilitas kesehatan tingkat pertama untuk memperpanjang surat rujukan tersebut jika masa berlakunya telah habis. Bisa langsung diperpanjang surat rujukannya di rumah sakit tingkat lanjut tersebut.

BPJS Kesehatan akan terus mengupayakan pelayanan terbaik untuk peserta JKN-KIS melalui program-program terbarunya. Dan semoga tak ada lagi drama menyedihkan seputar pelayanan BPJS Kesehatan di rumah sakit atau klinik kesehatan rekanan yang membuat peserta JKN terutama yang mandiri merasa sia sia karena harus membayar iuran BPJS Kesehatan lebih mahal dibandingkan sebelumnya.

Simplikasi dan kepastian layanan hemodialisa