Layanan Jemput Bola BPJS Kesehatan Melalui Mobile Customer Service (MCS)

Sakit itu mahal!

Sakit itu mahal. Bener banget kan yah kalimat diatas? Contohnya nih yah, saya kasih sedikit gambaran. Jika kalian sakit batuk pilek saja nih, untuk biaya berobat ke klinik, minimal kalian harus siap uang seratus ribu rupiah. Ini biaya paling murah yang harus kalian siapkan loh. Dan ini baru sakit batuk pilek. Belum kalau sakit yang agak serius seperti tipus atau demam berdarah yang mengharuskan rawar inap. Duh..kalian harus menyiapkan uang berlipat-lipat jumlahnya. Sudah kebayangkan berapa nominal yang mesti kalian keluarkan untuk biaya pengobatan? Untuk biaya rawat jalan saja sudah bikin meringis, gimana jika harus membayar biaya rawat inap atau jika kalian harus menjalani operasi?? Oh My God.

Beruntung banget saat ini telah ada jaminan kesehatan yang diberikan pemerintah. Yups pemerintah melalui BPJS Kesehatan berupaya untuk memberikan pelayanan dan perlindungan kesehatan untuk seluruh rakyat Indonesia. Memang masih banyak yang pro dan kontra mengenai BPJS Kesehatan ini tapi kalau saya pribadi, saya sangat berterimakasih pada pemerintah karena telah menghadirkan BPJS Kesehatan.
BPJS Kesehatan (sumber foto: twitter @bpjs_kesehatan)

Kenapa saya sangat berterimakasih pada pemerintah dengan adanya BPJS Kesehatan ini? Karena dengan membayar iuran yang relatif terjangkau, saya dan keluarga memperoleh layanan kesehatan yang total nominalnya lebih dari biaya iuran BPJS Kesehatan yang tiap bulan saya bayarkan. Gak terbayang saya berapa banyak biaya yang harus keluarga saya keluarkan untuk operasi katarak, operasi glaukoma, operasi usus halus yang harus dijalani oleh Bapak saya jika tidak menjadi peserta BPJS Kesehatan. Terhitung dalam kurun waktu dua tahun, bapak saya telah melakukan operasi sebanyak 16 kali. Tuh gimana saya dan keluarga tidak berterimakasih pada BPJS Kesehatan.

Menyikapi adanya kenaikan iuran BPJS Kesehatan yang akan mulai berlaku pada tanggal 1 Januari 2020, saya memilih untuk menerima dan santai menghadapinya karena BPJS Kesehatan pun memberikan kemudahan dan kebebasan bagi saya dan keluarga sebagai peserta BPJS Kesehatan untuk melakukan "turun kelas". BPJS Kesehatan telah menyiapkan solusi terbaik sehubungan dengan adanya penyesuaian iuran yang akan berlaku pada awal tahun 2020 yang sebentar lagi akan datang ini.

Pada 1 Januari tahun 2020, BPJS Kesehatan akan mulai menaikan iurannya sebanyak 100%. Kenaikan iuran BPJS Kesehatan tersebut rencananya akan mulai diberlakukan pertanggal 1 Januari 2020. Seiring dengan kenaikkan iuran BPJS Kesehatan yang sangat besar yaitu dua kali lipat, BPJS Kesehatan pun berupaya untuk memberikan pelayanan yang lebih baik untuk pesertanya. Salah satu upaya peningkatan layanan BPJS Kesehatan terhadap pesertanya yaitu dengan dihadirkannya Layanan Jemput Bola BPJS Kesehatan.

Layanan Jemput Bola BPJS Kesehatan Melalui Mobile Customer Service (MCS)

Layanan Jemput Bola BPJS Kesehatan melalui Mobile Customer Service (MCS)

BPJS Kesehatan Jemput Bola merupakan program layanan terintegrasi yang diberikan oleh BPJS Kesehatan supaya mempermudah masyarakat atau peserta BPJS Kesehatan untuk memperoleh pelayanan. Jika biasanya, peserta BPJS Kesehatan yang datang ke kantor BPJS Kesehatan untuk memperoleh pelayanan seputar BPJS Kesehatan seperti update data keanggotaan BPJS Kesehatan, pendaftaran sampai turun kelas. Saat ini, peserta BPJS Kesehatan tak perlu lagi repot datang ke kantor BPJS Kesehatan setempat tapi cukup mendatangi layanan Jemput Bola BPJS Kesehatan melalui Mobile Customer Service atau MCS.

BPJS Kesehatan makin dekat dengan MCS (foto: akun twitter BPJS Kesehatan)

MCS BPJS Kesehatan merupakan kanal layanan BPJS Kesehatan berupa mobil yang dilengkapi oleh infrastruktur pendukung operasional pelayanan peserta untuk pendaftaran, perubahan data, cetak kartu dan pemberian informasi dan penanganan pengaduan. Berdasarkan penjelasan yang diberikan oleh Ibu Dwi Asmariyati, Asisten Deputi Bidang Pengelolaan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan, BPJS Kesehatan Jemput Bola ini merupakan layanan terintegrasi yang diberikan oleh BPJS Kesehatan melalui MCS yang akan melayani seluruh peserta BPJS Kesehatan yang ada di pelosok negeri. Pelayanan yang diberikan berupa pelayanan administratif dan pengaduan.

Pengertian Mobile Customer Service (MCS) BPJS Kesehatan (foto: twitter BPJS Kesehatan)

Khusus selama bulan Desember 2019 ini, layanan utama yang diberikan melalui BPJS Kesehatan Jemput Bola adalah pelayanan turun kelas bagi peserta BPJS Kesehatan. Hal ini terkait dengan Peraturan Presiden no.75 tahun 2019 mengenai penyesuaian iuran JKN-KIS. Mengingat jumlah kenaikan yang dua kali lipat banyaknya, BPJS Kesehatan mempersilahkan peserta BPJS Kesehatan untuk turun kelas jika dirasa iuran BPJS Kesehatan memberatkan kehidupan si peserta BPJS Kesehatan.

Ibu Dwi Asmariyati, Asisten Deputi Bidang Pengelolaan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan RI

Seperti yang tertera pada PerPres no.75 tahun 2019 mengenai penyesuaian iuran BPJS Kesehatan yang bertujuan untuk keberlangsungan program JKN-KIS maka iuran BPJS Kesehatan akan disesuaikan menjadi:
- Kelas 1 sebesar Rp.160.000,- per bulannya;
- Kelas 2 sebesar Rp. 110.000,- per bulannya;
- Kelas 3 sebesar Rp.40.000,- per bulannya.

Turun Kelas iuran BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan melalui pelayanan Jemput Bola-nya pada bulan Desember ini fokus memberikan layanan turun kelas dengan tanpa syarat. BPJS Kesehatan memahami bahwa dengan kenaikan yang signifikan tersebut, pasti ada peserta BPJS Kesehatan yang merasa keberatan. Karena itulah BPJS Kesehatan mempersilahkan peserta BPJS Kesehatan untuk "turun kelas".

Peserta BPJS Kesehatan dapat "turun kelas" dengan mudah, tanpa syarat memberatkan. Jika peserta BPJS Kesehatan masih memiliki tunggakan pembayaran iuran BPJS Kesehatan, sampai akhir April 2020, mereka tetap dapat "turun kelas" tanpa harus membayar tunggakannya dulu. Turun kelas dapat dilakukan melalui aplikasi mobile JKN-KIS (BPJS Kesehatan, BPJS Kesehatan Care Center 1500400, Mobile Customer Service atau langsung ke kantor cabang atau kabupaten atau kota setempat.

"Turun kelas" iuran BPJS Kesehatan dapat dilakukan kapan saja. Tanpa syarat minimal 1 tahun keanggotaan, tanpa persyaratan khusus, dapat dilakukan dalam kondisi non aktif/ada tunggakan. Dan kian dipermudah dengan adanya layanan Jemput Bola BPJS Kesehatan melalui MCS.

Peserta BPJS Kesehatan dapat memanfaatkan layanan  Jemput Bola BPJS Kesehatan melalui MCS. Aktifitas MCS dilaksanakan setiap hari kerja maupum hari libur. Layanan jemput bola BPJS Kesehatan melalui MCS ini mulai dilakukan secara intensif dari tanggal 9-12-2019 dengan sasaran tempat-tempat yang banyak terdapat peserta BPJS Kesehatan seperti pasar, pusat keramaian, alun alun, fasilitas kesehatan, pada acara Car Free Day (CFD). Dan akan ada informasi yang disebar sehubungan dengan jadwal dan lokasi layanan MCS berada. Informasi jadwal dan lokasi ini akan sebar melalui instansi terkait agar peserta BPJS Kesehatan yang berada di sekitar lokasi MCS berada dapat memanfaatkan layanan Jemput Bola BPJS Kesehatan melalui Mobile Customer Service (MCS) ini.

Layanan Jemput Bola BPJS Kesehatan (sumber foto: twitter BPJS Kesehatan RI)

Tujuan diadakannya layanan Jemput Bola BPJS Kesehatan melalui MCS ini adalah sebagai upaya untuk mendekatkan dan meningkatkan pelayanan kepada peserta BPJS Kesehatan dengan menggunakan konsep jemput bola sebagai media promosi dan corporate branding kepada masyarakat luas. Dengan slogan "Catat Jadwalnya, siapkan syaratnya dan datangi Mobile Customer Service (MCS)-nya", diharapkan layanan yang diberikan oleh BPJS Kesehatan ini semakin mempermudah masyarakat untuk memperoleh layanan dari BPJS Kesehatan sehingga kualitas pelayanan yang diberikan kian baik.

Mobile Customer Service (MCS) BPJS Kesehatan (foto: twitter BPJS Kesehatan RI)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Astra Financial Sponsor Utama GIIAS 2019

Pemeriksaan Prodia Prosafe NIPT, Deteksi Dini Kelainan Kromosom Pada Bayi

Penyakit Langka di Indonesia