Minggu, 29 Desember 2019

Jangan Anggap Remeh Nyeri Tulang Belakang

Salah satu ruangan di RS Premier Jatinegara

Kurang lebih tiga minggu terakhir ini, saya merasakan nyeri di sekitar tulang belikat, bahu dan daerah sekitar leher. Awalnya saya mengira rasa nyeri tersebut akan segera pergi setelah saya minum obat pereda nyeri atau pain killer. Ternyata perkiraan saya meleset. Rasa nyeri yang saya rasakan tidak juga pamit malah menjalar sakitnya sampai dada kanan. 

Beberapa cara sudah saya coba untuk mengusir rasa nyeri tersebut tapi tak juga berhasil. Hingga akhirnya saya memutuskan untuk berkonsultasi ((kembali)) dengan dokter  di sebuah rumah sakit yang berlokasi di Jalan Alternatif Cibubur. Dokter yang sama yang sempat menangani saya saat mengalami gangguan tulang belakang, tepatnya saraf terjepit di bagian leher sekitar dua tahun lalu.

Saya berasumsi mungkin saya mengalami syaraf terjepit lagi hingga nyeri yang saya rasakan disekitar bahu, leher dan tulang belikat tak kunjung mereda. Hingga membuat saya tak nyaman untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Karena asumsi itulah saya memutuskan untuk kembali berkonsultasi dengan dokter yang sama dua tahun lalu. Dan beberapa hari yang lalu saya akhirnya menemui dokter tersebut. 

Serangkaian pemeriksaan awal pun kembali dilakukan. Hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa asumsi saya tidak terbukti. Dokter mengatakan bahwa rasa nyeri yang saya rasakan dikarenakan saya mengalami nyeri tulang belakang. Nyeri tulang belakang yang saya rasakan ini merupakan akibat dari perbuatan saya sendiri. Saya terlalu over menggunakan tangan kanan tanpa jeda, kelamaan duduk dengan posisi yang sama dan tidak diselingi dengan relaksasi akibatnya syaraf sekitar leher menjadi kaku. 

Saya disarankan untuk lebih "bijak" dengan diri sendiri dan diberikan beberapa obat untuk mengatasi rasa nyeri tersebut. Namun jika rasa sakit tersebut tak juga mereda meski sudah minum obat, saya harus  secepatnya kembali lagi untuk berkonsultasi dan melakukan pemeriksaan lanjutan untuk menemukan penyebab dan solusi dari rasa sakit tersebut.

Blogger dan Vlogger Gathering RS Premier Jatinegara, Mencegah dan Mengatasi Nyeri Tulang Belakang

dr. Wismaji Sadewo, Sp. BS(K)

Ditengah rasa nyeri yang masih saya rasakan namun dalam skala yang masih "terkendali", saya berkesempatan untuk mengikuti Blogger dan Vlogger Gathering yang dihelat oleh RS Premier Jatinegara. Tema Blogger dan Vlogger Gathering tersebut pas banget dengan kondisi saya sekarang, nyeri tulang belakang. Blogger dan Vlogger Gathering yang diadakan oleh RS Premier Jatinegara menghadirkan dr. Wismaji Sadewo, Sp. BS(K), ahli bedah syaraf (neuro surgery) RS Premier Jatinegara, Jakarta Timur.

Menurut dokter yang berwajah sumringah ini, hampir semua orang pernah mengalami nyeri atau sakit akibat adanya gangguan pada tulang belakangnya. Tulang belakang yang memiliki jumlah sebanyak 33 ruas ini, dapat mengakibatkan rasa nyeri di daerah sekitar bahu, punggung, pinggang, leher bahkan terasa sampai kaki. Nyeri tulang belakang biasanya lebih banyak dialami oleh wanita terutama yang berusia diatas 30 tahun.

Nyeri tulang belakang merupakan rasa sakit yang terjadi di sepanjang tulang belakang, yakni mulai dari dasar leher hingga ke tulang ekor. Kebanyakan kondisi yang terjadi adalah karena adanya tekanan pada saraf tulang belakang. Hal itu bisa disebabkan karena  berbagai faktor seperti adanya kelainan bentuk tulang belakang, adanya massa atau tumor, trauma, penyakit degeneratif (penuaan), gangguan otot atau akibat perbuatan kita sendiri seperti yang terjadi pada saya. 

Penggunaan high heel dalam waktu lama dan terlalu sering tanpa adanya jeda, juga dapat memicu munculnya nyeri tulang belakang. Nyeri tulang belakang dapat pula terjadi karena stress fisik dan mental, kurangnya aktivitas fisik, kegemukan, gangguan pada sendi, terjadi infeksi dan olahraga berat tanpa melakukan pemanasan. Selain itu melakukan pekerjaan berat dalam jangka waktu yang lama tanpa adanya istirahat, dapat pula mengakibatkan nyeri tulang belakang. Misalnya bekerja sebagai supir kendaraan  roda empat antar kota antar provinsi (jarak jauh ya maksudnya).

Sepertinya kecil kemungkinan untuk tidak mengalami nyeri tulang belakang. Meskipun demikian kita harus tetap menjaga 33 ruas yang ada pada tulang belakang tersebut supaya tidak mengalami gangguan dan tetap dalam kondisi baik. Jika tidak ingin terus disiksa oleh nyeri yang diberikannya. Meskipun mungkin kita akan tetap mengalami nyeri tulang belakang tapi tidak nyeri dalam skala diatas empat dan dapat hilang dengan sendirinya.

Seperti yang diutarakan oleh dr. Wismaji Sadewo, Sp. BS (K), pada kondisi nyeri dibawah skala empat,  rasa nyeri dapat menghilang sendiri dan minum obat dapat menjadi solusi penghilang rasa nyeri atau peradangan yang terjadi tersebut. Namun, jika rasa nyeri berada pada skala diatas empat dan tidak juga mereda bahkan cenderung meningkat dan terjadi berulang, hal ini menunjukkan ada "sesuatu" yang lebih serius terjadi pada tulang belakang kita dan tidak bisa diatasi dengan pain killer saja. 

Jika mengalami kondisi seperti itu, harus segera berkonsultasi dengan dokter agar secepatnya diketahui penyebabnya dan diobati. Nyeri tulang belakang memang tidak langsung menyebabkan kematian, namun rasa sakit yang ditimbulkannya terasa sangat menyiksa bagi penderitanya. Sangat mengganggu aktivitas sehari-hari dan membuat emosi jadi tidak stabil. Dan itulah yang saya rasakan selama berbulan-bulan pada dua tahun lalu hingga saya memutuskan untuk berkonsultasi dengan dokter dan akhirnya melakukan pengobatan secara rutin dan melakukan fisioterapi. 

dr. Wismaji menambahkan ada beberapa nyeri tulang belakang yang mengharuskan penderitanya menjalani operasi. Termasuk pada kondisi syaraf kejepit, ada yang harus dioperasi dan ada pula yang bisa diobati dengan pengobatan dan fisioterapi. Untuk mengatasi  dan mencegah gangguan tulang belakang, dr. Wismaji menyarankan untuk rutin berenang. Berenang diyakini dapat membantu mengatasi serta mencegah nyeri tulang belakang. 

Jika mengalami rasa sakit atau nyeri di bagian leher, pinggang, kesemutan di daerah bokong, sekitar kemaluan, sering buang air kecil, dan tidak bisa mengontrol buang air kecil, jangan pernah diabaikan. dr. Wismaji menggarisbawahi jika mengalami kondisi seperti itu, untuk segera berkonsultasi ke dokter karena kemungkinan besar mengalami nyeri tulang belakang yang mungkin saja serius. Dan percaya juga deh sama saya, nyeri tulang belakang itu enggak banget deh. Lebih baik secepatnya dicari solusinya. Entah dengan minum obat, fisioterapi, botox atau operasi. 

RS Premier Jatinegara Jakarta Timur

RS Premier Jatinegara Jakarta Timur

RS Premier Jatinegara Jakarta Timur merupakan salah satu rumah sakit swasta yang bernaung di bawah kepemilikan Ramsay Simedarby Health Care yang merupakan operator jasa layanan kesehatan terbesar di Australia. RS ini merupakan rumah sakit tipe B dan memiliki sarana serta prasarana yang cukup lengkap. Rumah sakit ini juga didukung oleh dokter spesialis dan sub spesialis yang ahli dan kompeten dibidangnya.

RS Premier Jatinegara memiliki pelayanan 24 jam yang siap melayani dan menerima siapa saja yang memerlukan pertolongan. RS Premier Jatinegara saat ini telah menjadi salah satu rumah sakit yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan. 
Pelayanan 24 jam yang dimiliki oleh RS Premier Jatinegara meliputi:
@ ambulance
@ Unit Gawat Darurat
@ laboratorium dan bank darah
@ farmasi
@ radiologi
@msct scan
@ MRI 1,5 Tesla
@ hemodialiasa atau alat cuci darah
@katerisasi jantung/primary PCI

Selain pelayanan 24 jam, rumah sakit yang berada tak jauh dari Terminal Kampung Melayu ini, memiliki dokter umum, dokter spesialis dan sub spesialis yang telah berpengalaman dan memiliki integritas baik. Jadi tak perlu ragu untuk datang berkonsultasi atau meminta bantuan dan pertolongan dari RS Premier Jatinegara jika membutuhkan pertolongan medis.

Rumah sakit ini juga dilengkapi dengan Premier Executive Clinic yaitu klinik yang melayani kasus-kasus non emergensi dan pengobatan yang reguler, antara lain spesialisasi dan sub specialisasi. Waktu pelayanan klinik ini dari hari Senin-Sabtu dari jam 15.00 sampai 21.00 WIB. Tarif biaya untuk klinik ini lebih mahal daripada tarif klinik reguler yang memiliki pelayanan klinik dari pagi sampai siang.

Alamat RS Premier Jatinegara (sumber website ramsay simedarby)

RS Premier Jatinegara terus berinovasi untuk memberikan pelayanan terbaik bagi pasiennya. Salah satunya dengan menghadirkan pendaftaran rawat jalan melalui whatsapp atau sms di nomer 08111637666 (wa) atau ke nomer 08129777666 untuk sms. Pasien pun dapat lebih mudah untuk melakukan pendaftaran. 

Hadir dalam acara Blogger dan Vlogger Gathering RS Premier Jatinegara


Panen Perdana Rumput Laut Petani Binaan YBM PLN di Kepulauan Seribu

Panen perdana rumput laut di Kepulauan Seribu

Kurang lebih 40 hari lalu, diawal bulan November, saya berkesempatan melihat langsung proses budidaya rumput laut yang dilakukan oleh petani binaan Yayasan Baitul Maal PLN dan Nirunabi Foundation di Semak Daun, Kepulauan Seribu. Proses penanaman rumput laut tersebut, sempat saya ceritakan di Program Desa Cahaya YBM PLN .

Program Desa Cahaya merupakan program yang dilakukan oleh YBM PLN dan Nirunabi Foundation dalam rangka menghidupkan kembali rumput laut di Kepulauan Seribu yang sempat mati suri. Caranya dengan melakukan binaan dan pendampingan terhadap 100 petani rumput laut yang berada di Pulau Panggang dan Pulau Pramuka di Kepulauan Seribu.

Program binaan dan pendampingan yang dilakukan oleh YBM PLN bekerjasama dengan Nirunabi Foundation bersifat dari hulu ke hilir. Binaan dan pendampingan tersebut meliputi proses penanaman sampai mencarikan industri yang membeli hasil rumput laut tersebut. Bukan hanya mendampingi dan melakukan pembinaan saja tapi juga menyediakan sarana dan prasarana budidaya rumput laut seperti bibit, sampan, dan tempat pengeringan rumput laut. Program Desa Cahaya yang diusung oleh YBM PLN didanai dari zakat penghasilan seluruh karyawan PLN se-Indonesia yang dikelola oleh YBM PLN.

Rumput laut termasuk dalam keluarga ganggang dan merupakan tanaman tingkat rendah yang tidak mempunyai akar, batang maupun daun sejati tapi hanya berupa thallus (menyerupai batang) dan tumbuh di lautan dengan cara melekatkan dirinya pada karang, lumpur ataupun benda keras lainnya. Rumput laut tumbuh dan berkembang tanpa memerlukan perlakuan khusus. Alam yang membuatnya tumbuh subur. Dengan catatan habitatnya terjaga kebersihannya dari sampah dan polusi limbah lainnya.

Rumput laut

Biasanya yang membuat rumput laut mengalami penurunan kualitas karena banyaknya sampah di sekitar tempat tumbuh rumput laut. Karena itu kebersihan laut harus dijaga agar rumput laut yang merupakan salah satu produk laut yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi dan potensial dapat tumbuh subur sehingga menghasilkan benefit bagi petani rumput laut yang membudidayakannya.

Jenis rumput laut yang dibudidayakan oleh Kelompok Petani Rumput Laut Desa Cahaya Kepulauan Seribu adalah jenis spinosum. Spinosum termasuk dalam keluarga ganggang merah. Cirinya adalah memiliki thallus atau batang berbentuk silindris, dipenuhi nodulus atau tonjolan berupa duri lunak yang mengelilingi cabang thallus dan berwarna ungu kemerahan.

Spinosum mudah dibudidayakan dan relatif tidak memakan biaya yang besar. Cukup menggunakan tali sebagai pengikat, botol air mineral bekas sebagai penanda sekaligus tempat lekatan dan sampan. Dan selanjutnya alamlah yang bertugas untuk membuatnya tumbuh subur dan siap dipanen sekitar 40-45 hari dari waktu penanamannya.

Panen Perdana Rumput Laut Petani Binaan YBM PLN dan Nirunabi Foundation Serta Acara Bersih Bersih Pantai 

Panen perdana rumput laut menggunakan sampan

Pada tanggal 22 dan 23 Desember 2019 kemarin, Alhamdulillah saya lagi lagi memperoleh kesempatan untuk ikut langsung menyaksikan proses panen rumput laut di Semak Daun Kepulauan Seribu. Namun ada yang berbeda dengan kondisi perairan Kepulauan Seribu saat saya datang kembali. Angin terasa lebih kencang dengan ombak yang relatif lebih keras ayunannya. Warna air laut pun terlihat lebih pekat menandakan volume air meningkat.

Bukan hanya itu, dalam perjalanan menuju tempat budidaya rumput laut, beberapa kali saya melihat sampah plastik dan benda benda yang tak seharusnya berada di tengah laut tapi nyatanya sedang terombang ambing dipermainkan ombak. Sedih rasanya hati ini melihat sampah tak diundang berada di laut dan merusak keindahan serta mengganggu kehidupan biota laut termasuk mengganggu kehidupan rumput laut.

Rumput laut dapat dipanen sekitar 45 hari sejak dibudidayakan. Tergolong cepat juga sih waktu tanam dengan waktu panen. Panen perdana kelompok petani Desa Cahaya di Kepulauan Seribu ini mencapai 2,5 ton. Ini adalah panen pertama sejak kurang lebih 20 tahun lalu. Sebelum rumput laut mengalami mati suri di Kepulauan Setibu.

Sekitar tahun 1990-an, rumput laut sempat menjadi "primadona" masyarakat Kepulauan Seribu karena menjadi mata pencaharian utama masyarakat setempat. Seiring dengan krisis moneter yang dihadapi Indonesia, rumput laut di Kepulauan Seribu juga mengalami krisis hingga akhirnya mati suri. Mba Reni, salah satu pendamping petani rumput laut Desa Cahaya mengungkapkan alasan kenapa dihidupkan kembali budidaya rumput laut ini di Kepulauan Seribu.

Sejak rumput laut mengalami mati suri di akhir tahun 90-an, masyarakat Kepulauan Seribu menggantungkan pendapatannya dari menangkap ikan di laut atau menjadi petani. Penduduk yang memiliki modal cukup, mereka membuka penginapan dengan merenovasi rumahnya atau membangun cottage atau bungalow di tanah miliknya. Namun, penghasilan dari menangkap ikan dan membuka penginapan atau cottage bersifat musiman atau serba tak tentu. Kalau cuaca bagus ya hasil tangkapan ikan banyak, penghasilan dari menjual hasil tangkapan pun banyak tapi jika cuaca buruk maka tak ada pemasukan sama sekali. Begitu pun dengan sewa penginapan atau cottage. Pada saat weekend atau musim liburan, pengunjung yang datang ke Pulau Seribu banyak hingga banyak pula yang menyewa penginapan atau cottage. Tapi pada waktu weekday atau bukan hari libur, nyaris ga ada yang menyewa penginapan.

Kondisi seperti inilah yang membuat perekonomian masyarakat Kepulauan Seribu tidak stabil. Naik turun. Mereka membutuhkan usaha yang bisa menopang kehidupan mereka tanpa kenal musim, usaha yang memiliki prospek bagus dalam jangka waktu panjang. Pilihan pun jatuh pada usaha budidaya rumput laut.

Mba Reni menambahkan, dengan binaan dan pendampingan yang dilakukan oleh YBM PLN dan Nirunabi Foundation serta melibatkan para ahli di bidang budidaya dan pengolahan rumput laut, diharapkan program Desa Cahaya dapat mengangkat kehidupan perekonomian masyarakat Kepulauan Seribu menjadi lebih baik lagi.

Selama ini yang menjadi permasalahan dalam usaha rumput laut adalah kemana rumput laut ini dipasarkan dan masalah harga. Harga rumput laut basah, jika membeli langsung dari petani rumput laut, berkisar Rp.500,- atau Rp. 600,- perkilonya. Sedangkan untuk rumput laut kering, bisa mencapai Rp. 5.000,- hingga Rp. 6.000,- perkilonya. Harga yang relatif sangat murah. Namun jika kita membeli di kota Jakarta atau beli hasil olahan rumput laut, harganya bisa 10 kali lipatnya. Ironis bukan?

Ketimpangan harga yang diterima oleh petani rumput laut di Kepulauan Seribu, menjadi tantangan tersendiri bagi Nirunabi Foundation selaku pendamping dan pelaksana program Desa Cahaya. Program Desa Cahaya memiliki 100 petani binaan yang berpusat di Pulau Panggang. Pulau Panggang merupakan pulau dengan jumlah penduduk terpadat sekaligus terbanyak di Kepulauan Seribu. Di Pulau Panggang inilah terdapat tempat pengeringan rumput laut. Nirunabi Foundation berupaya maksimal agar petani rumput laut Desa Cahaya memperoleh harga jual yang cukup tinggi hingga mereka memperoleh keuntungan yang pantas dari hasil budidaya rumput laut tersebut.

Pada saat melakukan panen perdana rumput laut, diserahkan juga dua buah perahu sampan dari YBM PLN. Penyerahan perahu sampan tersebut dilakukan oleh Bapak Martono sebagai Ketua Bidang II YBM PLN dan Bapak Salman Alfarisi selaku Deputi Direktur YBM PLN dan diterima oleh perwakilan petani rumput laut Desa Cahaya Kepulauan Seribu. Perahu sampan tersebut sebagai alat transportasi dalam proses budidaya dan panen rumput laut.

Penyerahan Sampan oleh YBM PLN

Panen perdana rumput laut di Kepulauan Seribu juga melibatkan Bapak Bupati Kepulauan Seribu yang ikut serta memanen rumput laut di kawasan Semak Daun. Pak Bupati bahkan mengayuh sendiri perahu sampan yang digunakan untuk memanen rumput laut. Bapak Bupati terlihat semangat dan optimis jika usaha rumput laut akan mencapai masa kejayaannya lagi seperti dua dekade lalu. Pak Bupati juga mengungkapkan rasa terimakasihnya pada karyawan PLN khususnya yang beragama Islam karena berkat zakat penghasilan yang dikelola oleh YBM PLN, masyarakat Kepulauan Seribu dapat merasakan manfaatnya melalui program petani binaan ini.

Selain melakukan panen perdana, YBM PLN dan Nirunabi mengadakan acara Bersih Bersih Pantai yang melibatkan kelompok petani binaan dan masyarakat setempat. Tujuan diadakannya Bersih Bersih Pantai adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Kepulauan Seribu mengenai pentingnya menjaga kebersihan dan keindahan pantai.

Bersih bersih pantai

Menurut penuturan Pak Bupati, sampah terbanyak yang mengotori wilayah perairan Kepulauan Seribu adalah sampah plastik termasuk sedotan, sampah bekas bungkus makanan dan botol bekas air mineral. Asal dari sampah-sampah yang ditemukan di perairan Kepulauan Seribu tidak dapat dipastikan dari mana karena sampah tersebut terbawa arus dan sampailah ke Kepulauan Seribu.

Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Seribu

Jika kesadaran masyarakat mengenai pentingnya membuang sampah pada tempatnya tidak ditingkatkan, dapat dipastikan kelangsungan hidup biota laut di masa akan datang akan terancam. Bahkan bisa jadi anak cucu kita tak dapat menikmati indahnya laut Indonesia beserta isinya. Oleh karena itulah, Pak Bupati menghimbau untuk selalu menjaga kebersihan dan keindahan bahari Indonesia sebagai warisan leluhur yang harus dijaga kelestariannya demi masa depan anak cucu.

Menuju tempat budidaya rumput laut






Rabu, 25 Desember 2019

BPJS Satu, BPJS Kesehatan Siap Membantu Untuk Pelayanan Optimal

BPJS Satu, BPJS Kesehatan Siap Membantu (dok.twitter BPJS Kesehatan RI)

Tak terasa beberapa hari lagi, Insya Allah kita akan berjumpa dengan tahun 2020. Mungkin bagi sebagian orang, datangnya tahun 2020 merupakan hal yang biasa saja. Tapi tidak buat saya. Tahun 2020 beban hidup saya akan bertambah karena saya harus mengeluarkan biaya dua kali lipat untuk pembayaran iuran BPJS Kesehatan. 

Terhitung mulai tanggal 1 Januari 2020, saya harus membayar iuran BPJS sebesar Rp. 160.000,- untuk kelas 1. Kalau hanya membayar untuk satu orang saja mungkin tak terlalu terasa menyesakkan wkwkwk. Tapi ini saya harus membayar iuran BPJS untuk 6 orang. Hitung saja sendiri berapa yang harus saya keluarkan untuk membayar iuran BPJS perbulannya. 

Penyesuaian iuran BPJS Kesehatan yang mengalami kenaikan sebanyak dua kali lipat, cukup membuat saya ngos ngosan. Biasanya saya membayar Rp.480.000/bulannya dan mulai 1 Januari 2020 nanti, saya harus membayar Rp.960.000,-/bulan. Angka yang lumayan dan cukup membuat saya sedikit mengomel wekekek. 

Cukup sedikit saja karena beberapa saat  kemudian saya tersadar bahwa manfaat yang saya dapatkan dengan menjadi peserta BPJS Kesehatan lebih dari nominal yang saya keluarkan tiap bulannya. Apalagi setelah mengetahui bahwa saya diperbolehkan untuk melakukan "turun kelas" jika biaya iuran BPJS Kesehatan terasa sangat memberatkan.

Menyikapi adanya penyesuaian iuran BPJS Kesehatan yang lumayan tinggi naiknya, saat ini BPJS Kesehatan terus berupaya untuk meningkatkan pelayanannya dan mempermudah para peserta BPJS Kesehatan untuk memperoleh informasi seputar BPJS Kesehatan termasuk masalah turun kelas. Hal ini terlihat dari berbagai upaya yang diterapkan oleh BPJS Kesehatan untuk mempermudah para pesertanya memperoleh informasi seputar JKN-KIS ataupun untuk pengaduan. 

Sampai hari ini, BPJS Kesehatan telah mengembangkan program BPJS  Kesehatan Jemput Bola, BPJS Praktis dan yang terbaru adalah BPJS Satu, BPJS Kesehatan Siap Membantu. BPJS Kesehatan selaku penyelenggara program JKN-KIS, terus melakukan inovasi agar peserta JKN-KIS dapat memperoleh pelayanan dengan baik, mudah dan efektif. Hal ini dilakukan  BPJS Kesehatan agar peserta JKN-KIS memperoleh hasil yang seimbang dengan adanya penyesuaian iuran BPJS Kesehatan.

BPJS Satu, BPJS Kesehatan Siap Membantu


Inovasi terbaru BPJS Kesehatan (dok.twitter BPJS Kesehatan RI)

BPJS Satu atau BPJS Kesehatan Siap Membantu merupakan inovasi terbaru yang dikembangkan oleh BPJS Kesehatan sebagai upaya mempermudah para peserta JKN-KIS memperoleh pelayanan. BPJS Satu bertujuan memberikan informasi dan menangani pengaduan peserta. 

BPJS Satu, BPJS Kesehatan Siap Membantu akan selalu membantu peserta JKN-KIS di rumah sakit. Yups, petugas BPJS Satu akan berada di rumah sakit. Mereka mengenakan rompi kuning bertuliskan "BPJS Satu". Dengan atribut tersebut, petugas BPJS Satu akan mudah dikenali oleh peserta JKN-KIS yang berada di rumah sakit dan memerlukan bantuan pelayanan seputar BPJS Kesehatan. Termasuk mengenai proses Turun Kelas dan pengaduan.

Jika peserta JKN-KIS yang berobat di rumah sakit butuh informasi terkait Program JKN-KIS atau ada keluhan atas pelayanan yang diterima selama menjalani pengobatan, maka peserta bisa menemui petugas BPJS Satu yang siap membantu dan berada di sekitar rumah sakit tersebut. Petugas BPJS Satu akan memberikan penjelasan atau informasi-informasi tentang JKN-KIS, maupun membantu menyelesaikan keluhan peserta hingga menemukan solusinya.

Ibu Dwi Asmariyati dari kantor BPJS Kesehatan RI

Menurut penjelasan Ibu Dwi Asmariyati dari kantor BPJS Kesehatan RI, dengan dikembangkannya BPJS Satu, maka peserta JKN-KIS tidak perlu repot lagi ke kantor BPJS Kesehatan. Karena informasi yang dibutuhkan bisa diperoleh di BPJS Satu, atau kendala yang dialami saat menjalani pengobatan bisa diselesaikan di rumah sakit oleh BPJS Satu. Jadi lebih mudah dan peserta juga akan hemat waktu dan biaya, serta enggak perlu ribet lagi karena tak perlu datang ke kantor cabang BPJS Kesehatan. Tinggal cari dan datangi saja petugas BPJS Satu yang ada di rumah sakit tempat melakukan pengobatan. Mudah kan?

Peserta JKN-KIS yang memiliki unek unek atau keluh kesah terhadap pelayanan BPJS Kesehatan atau rumah sakit dapat langsung mendatangi petugas BPJS Satu. Petugas BPJS Satu akan mudah sekali dikenali dari rompi kuning yang dikenakannya. Petugas BPJS Satu akan mencatat identitas dan mengidentifikasi kebutuhan peserta. Kemudian petugas BPJS Satu akan memberikan penjelasan yang dibutuhkan peserta. 

Begitu pula dengan keluhan peserta. Kalau keluhannya atau pengaduannya bisa langsung diselesaikan saat itu juga, maka petugas BPJS Satu akan langsung menindaklanjutinya. Tapi kalau butuh tindakan lanjut dan tidak bisa diselesaikan saat itu juga maka petugas BPJS Satu akan membawanya ke kantor cabang BPJS Kesehatan.

Kehadiran petugas BPJS Satu akan efektif membantu peserta JKN-KIS yang sedang berada di lokasi dan memerlukan informasi mengenai BPJS Kesehatan ataupun memiliki keluhan atau unek unek seputar BPJS ataupun rumah sakit tempat berobat. Petugas BPJS Satu akan sangat membantu peserta dan tentunya berdampak positif terhadap pelayanan yang diberikan oleh BPJS Kesehatan.

Kerapkali terjadi, peserta merasa bingung kalau butuh infomasi di rumah sakit. Atau saat ada keluhan bingung akan disampaikan kemana. Jadi dengan adanya BPJS Satu ini pasti akan sangat bermanfaat dan memudahkan peserta JKN-KIS menyelesaikan permasalahan seputar pelayanan JKN-KIS atau saat ingin membuat pengaduan. 

Kehadiran petugas BPJS Satu di rumah sakit,membuat peserta JKN-KIS jadi tau harus kemana dan menemui siapa saat membutuhkan informasi seputar BPJS Kesehatan atau tak bingung lagi karena tau informasi tersebut bisa diperoleh dimana. Atau pun jika ingin menyampaikan keluhan, mereka jadi tau keluhan tersebut harus disampaikan kemana. Terlebih lagi petugasnya mudah sekali dikenali karena mengenakan rompi kuning yang mudah terlihat dan dikenali.

BPJS Satu ini membuat peserta JKN-KIS jadi cepat terbantu karena BPJS Kesehatan selalu siap membantu. Gak ada lagi deh alasan bingung harus kemana dan menemui siapa jika memerlukan bantuan informasi JKN-KIS atau saat ingin membuat pengaduan mengenai pelayanan BPJS Kesehatan atau rumah sakit yang dirasa merugikan peserta JKN-KIS. BPJS Satu, BPJS selalu siap membantu demi pelayanan yang optimal.

Petugas BPJS Satu yang selalu siap membantu peserta JKN-KIS yang sedang berada di rumah sakit (dok BPJS Kesehatan RI)

Minggu, 22 Desember 2019

Nassa School, Sekolah Masa Kini di Bekasi

Nassa School

Mencari sekolah yang tepat untuk anak, bukanlah sebuah perkara mudah. Hal inilah yang selalu menjadi peer lumayan memusingkan untuk saya, ibu dengan dua orang anak. Mungkin jika "asal" menyekolahkan anak tanpa punya pertimbangan a,i,u,e,o, mencari sekolah untuk anak ya simple aja. Yang penting dapat sekolah, ya udah beres. Tapi sayangnya, saya termasuk orangtua yang punya kriteria cukup banyak seputar sekolah yang akan jadi tempat anak-anak saya belajar mengenai dirinya sendiri, orang lain dan lingkungan sekitar.

Dalam memilih sekolah untuk anak-anak saya, hal utama yang saya kedepankan adalah sekolah yang akan menjadi tempat belajar anak-anak saya haruslah sekolah yang memiliki pendidikan agama dan akhlak yang baik, sekolah yang mengutamakan kenyamanan anak dan melihat anak sebagai sosok pribadi unik.

Saya tidak terlalu meributkan prestasi akademik dari sekolah tersebut tapi saya lebih memandang apakah sekolah tersebut mampu membantu saya untuk membentuk anak saya menjadi pribadi yang menghargai dirinya sendiri, orang lain dan lingkungan sekitar, pribadi berakhlakul karimah yang memiliki empati dan simpati untuk orang lain serta pribadi yang takut pada Tuhannya.

Saya menginginkan sekolah yang mengutamakan pendidikan karakter daripada mendorong apalagi memaksa murid-muridnya untuk jadi ahli matematika semua atau jadi ahli sains semua atau jadi ahli menghafal semua. Masalahnya adalah sekolah yang mengutamakan pendidikan karakter, masih sedikit sekali. Diantara yang sedikit tersebut, terdapat Nassa School Bekasi. Sekolah satu payung yang terdiri dari Kelas Bermain sampai Sekolah Menengah Atas.

Nassa School Bekasi

Nassa School Bekasi adalah lembaga pendidikan yang didirikan sejak 35 tahun lalu yang memberikan pendidikan dan pengalaman belajar terbaik untuk anak didiknya. Nassa School Bekasi memiliki dua gedung di dua tempat atau lokasi berbeda. Untuk Kelas Bermain, TK dan outdoor learning berada di Nassa Valley yang berlokasi di Jl. Rambutan, Jatimurni Bekasi. Sedangkan untuk SD, SMP dan SMA berada di Jl. Bojong Nangka, Jatimurni Bekasi.

Fasilitas yang ada di Nassa School

Nassa School memiliki metode pendidikan yang mengedepankan pendidikan karakter dan memiliki tujuan agar anak didik dapat berperilaku sesuai dengan nilai dan norma sosial yang tinggi, mempersiapkan siswa menjadi manusia yang mandiri dan optimistik sesuai dengan jamannya serta berupaya untuk menghasilkan lulusan yang berprestasi dan berkualitas tinggi dalam perkembangan intelektual serta memiliki karakter taqwa, jujur, toleran dan cakap dalam memimpin.

Nassa School memiliki lima value yang diterapkan, yaitu:
* Academic Excellence
Nassa School berupaya membantu anak mencapai kualitas akademik yang unggul, pengembangan intelektual dan keterampilan secara maksimal sehingga dapat berperan penting dalam kehidupannya di masyarakat. Nassa School percaya bahwa keunggulan akademik dapat diperoleh dari proses pendidikan baik formal maupun informal yang tak terbatas dan tak berujung untuk dinikmati seumur hidup;

* Music and Art
Keterlibatan siswa dengan seni selalu menjadi salah satu prioritas di Nassa School. Karena Nassa School meyakini bahwa seni berhubungan dengan kemajuan dalam matematika, membaca, kemampuan kognitif, berpikir kritis dan ketrampilan verbal. Belajar seni juga dapat meningkatkan motivasi, konsentrasi, kepercayaan diri dan kerjasama;

* Eco Attitude
Penanaman budaya yang dilakukan sejak dini merupakan suatu upaya yang sangat efektif dalam mengatasi persoalan kerusakan lingkungan hidup yang terjadi. Nassa School bertujuan membentuk rasa tanggung jawab anak dalam memanfaatkan lingkungan hidup;

* Islamic Value
Nilai Islam selalu diaplikasikan dalam kegiatan sekolah diantaranya kewajiban sholat Dhuha, Dzuhur, dan Ashar setiap hari, tahsin Alquran, target hafal Alquran, tausyiah Jumat;

* Inclusiveness
Nassa School memiliki program inklusi yang didukung dengan program terapi yang komprehensif. Program inklusi ini disebut dengan Learning Support. Anak berkebutuhan khusus diberikan kesempatan dan dukungan untuk dapat bersosialisasi dengan anak didik yang lainnya. Learning Support merupakan program yang menghadirkan guru-guru yang khusus mengawasi dan mendampingi anak berkebutuhan khusus. Sekolah berupaya untuk memberikan lingkungan sosial yang ramah dan situasi yang mendukung, setara, dan berempati. Program Learning Support adalah jawaban terbaik bagi harapan tercapainya masyarakat yang berperadaban.

Fasilitas yang dimiliki oleh Nassa School dan Nassa Valley, yaitu:
- kolam renang
- lab kimia, science dan fisika
- lab komputer
- lapangan basket
- lapangan mini futsal
- ruang musik
- outdoor learning center
- learning support
- program terapi
- klinik
- wifi
- kelas full AC dan LED TV.

Nassa Valley merupakan fasilitas outdoor yang didesain untuk menunjang pembelajaran yang telah anak didik dapatkan di dalam kelas. Nassa Valley ini menjadi pusat kegiatan outbound, berkebun, pendidikan karakter,fun learning, quick dan smart camping, lab biologi dan pusat terapi tumbuh kembang.

Nassa School mengutamakan kedekatan antara guru dan anak didik. Di Nassa School anak-anak dibiasakan untuk menyuarakan pendapat dan mengembangkan potensi dirinya. Nassa School menerapkan semua anggota sekolah harus peduli pada lingkungan dengan cara mengurangi penggunaan sampah plastik dan beralih dengan membawa sendiri peralatan minum dan makan. Anak didik Nassa School telah terbiasa menerapkan adab makan, adab sekolah dan adab beribadah.






Jumat, 13 Desember 2019

Semarak Festival IKMA 2019 Kemenperin RI

Teri Crispy, produk industri kecil di bidang kuliner yang saya geluti

Waktu terasa cepat sekali bergulir. Tak terasa tahun 2019 akan segera berakhir dan digantikan oleh 2020. Rasanya seperti baru kemarin, saya mencoba keberuntungan di bidang industri kecil dengan membuka usaha online dan offline dibidang makanan. Ternyata akhir tahun ini adalah tahun kelima saya mengenal dan "akrab" dengan dunia industri kecil dan menengah. Berkat dunia industri kecil ini, terbuka jalan pula bagi saya untuk menekuni hal yang saya sukai hingga menjadi sebuah kegiatan produktif yang menghasilkan benefit yang lumayan untuk saya. Yups dari industri kecil yang menjual teri crispy, saya akhirnya aktif dalam kegiatan blogging sampai hari ini.

Kebab Nona salah satu produk lain dari industri kecil yang saya rintis

Dunia industri kecil dan menengah mulai saya "akrabi" ketika saya tergabung dalam sebuah komunitas pelaku usaha kecil dan menengah. Komunitas yang cukup concern membantu para anggotanya untuk dapat mengembangkan usahanya dan menjadi maju. Komunitas bisnis ini kerap kali mendapatkan undangan seminar ataupun workshop dari Kemenperin RI terutama dari Direktorat Industri Kecil Menengah dan Aneka Kemenperin RI.

Sebagai pelaku industri kecil, saya merasakan bahwa perhatian pemerintah melalui kementrian perindustrian cukup besar. Pemerintah menaruh harapan cukup besar pada industri kecil dan menengah serta aneka ini agar bisa mendongkrak perekonomian bangsa dan dapat menghadapi persaingan global di era industri 4.0.

Pemerintah berupaya untuk terus meningkatkan daya saing produk serta sumber daya manusia khususnya di sektor IKMA (Industri Kecil Menengah dan Aneka). Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk mendukung industri kecil menengah dan aneka ini adalah dengan menggelar Semarak Festival IKMA 2019 yang berlangsung pada tanggal 11-12 Desember 2019 bertempat di Raflesia Ballroom Balai Kartini Jakarta.

Semarak Festival IKMA 2019

Semarak Festival IKMA 2019 ini merupakan langkah konkret yang ditunjukkan oleh Kemenperin RI pada pelaku industri kecil menengah dan aneka dalam menghadapi persaingan yang kian ketat di era industri 4.0. Kegiatan ini juga menjadi bagian tugas dan fungsi Kemenperin untuk semakin menumbuhkan dan mengembangkan sektor IKMA di tanah air. 

Adapun tujuan lainnya dari perhelatan Semarak Festival IKMA 2019 adalah untuk memberikan visualisasi atas hasil yang sudah dilaksanakan oleh Kemenperin RI khususnya terhadap kemajuan IKMA di Indonesia.

Kemenperin RI Menggelar Semarak Festival IKMA 2019

Pembukaan acara Semarak Festival IKMA 2019

Semarak Festival IKMA 2019 merupakan persembahan kepada sektor IKMA yang telah bersungguh-sungguh meningkatkan daya saingnya melalui kompetisi, fasilitasi dan sertifikasi untuk bertransformasi menuju IKMA 4.0. Menurut catatan Kemenperin seperti yang diungkapkan oleh Ibu Gati Wibawaningsih, Dirjen IKMA Kemenperin RI , industri kecil dan menengah (IKM) merupakan sektor mayoritas dari populasi industri di Indonesia, yang selama ini berperan sebagai tulang punggung perekonomian nasional. Jumlah IKM hingga kini telah melampaui 4,4 juta unit dan menyerap tenaga kerja lebih dari 10,1 juta orang.

Jumlah tenaga kerja yang berhasil diserap oleh IKMA cukup banyak dan ini menunjukkan bahwa sektor IKMA memberikan harapan yang baik terhadap perkembangan dan kemajuan industri di Indonesia. Sehingga tak berlebihan jika Kemenperin RI menggelar acara akbar Semarak Festival IKMA 2019 sebagai wujud dukungan terhadap IKMA di Indonesia.

Bapak Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Perindustrian RI

Menteri Perindustrian RI, Agus Gumiwang Kartasasmita ikut hadir dan secara resmi membuka Semarak Festival IKMA 2029. Dalam kesempatan tersebut, Pak Menteri mengatakan bahwa saat ini pemerintah tengah gencar memberikan perhatian tinggi pada peran generasi muda melalui penumbuhan wirausaha-wirausaha baru. Kombinasi antara kuantitas dan kualitas baik dari sisi produk maupun sumber daya manusia akan menjadi keunggulan dalam penumbuhan dan pengembangan IKMA di masa yang akan datang.

Menurut Pak Menteri, ada lima hal dalam kegiatan ini yang bila disandingkan akan membentuk sektor IKMA yang berdaya saing. Kelima hal tersebut adalah pemanfaatan era digital, kreativitas, produk dan sumber daya manusia yang berkualitas, promosi dan pemasaran, serta kemitraan. Kelima hal inilah yang dihadirkan dalam Semarak Festival IKMA 2019.

Pak Menperin RI meyakini jika penerapan industri 4.0 dapat melahirkan peluang terhadap pembukaan lapangan kerja baru. Beliau memberi contoh munculnya perusahaan rintisan (startup) yang semakin banyak hadir di dalam negeri, yang berhasil menyerap cukup banyak tenaga kerja. Sebut saja Gojek dengan sistem kemitraannya yang mampu melibatkan industri kecil menengah dan aneka sehingga para pelaku industri kecil menengah di bidang kuliner dapat memperluas pangsa pasarnya dan menjadi lebih maju.

Saat ini pemerintah fokus memberikan perhatian lebih dalam upaya pengembangan pelaku IKMA karena sektor ini dinilai mampu menjadi tulang punggung perekonomian nasional. Sejalan dengan concern pemerintah terhadap IKMA, pemerintah telah meluncurkan Making Indonesia 4.0 sebagai peta jalan industri tanah air. Peta jalan ini tidak hanya diimplementasikan untuk industri skala besar saja, tetapi juga untuk sektor IKMA. Diharapkan dengan diluncurkannya Making Indonesia 4.0 dapat mendongkrak Industri Kecil Menengah dan Aneka menjadi lebih maju dan berkembang pesat.

Penyerahan Penghargaan dan Fasilitasi

Melalui acara “Semarak Festival IKMA 2019”, Kemenperin melalui Ditjen IKMA akan menyerahkan penghargaan baik kepada IKMA maupun yang mendukung kemajuan IKMA. Dilakukan pula penyerahan beberapa fasilitasi terkait pengembangan produk dan juga penguatan sumber daya manusia IKMA, serta adanya perjanjian kerja sama dengan beberapa pihak dalam rangka penguatan IKMA.

Rangkaian program “Semarak Festival IKMA 2019” ini terdiri dari Pameran dan Penyerahan Penghargaan yang meliputi: Pameran Startup dan festival IKMA, Penghargaan Startup4Industry, dan Penghargaan Lomba Desain Indonesia Footwear Creative Competition. Pemberian Fasilitasi Restrukturisasi Mesin dan Peralatan serta Fasilitasi Sertifikasi Halal yang dilakukan secara simbolis. Serta dilakukan penandatanganan kerjasama.

Semarak Festival IKMA 2019 diharapkan dapat menjadi pemacu sekaligus pemicu bagi IKMA maupun bagi pembina IKMA untuk dapat meningkatkan daya saingnya melalui kompetisi, fasilitasi dan sertifikasi untuk bertransformasi menuju IKMA 4.0. Selain itu, pada kesempatan ini juga dilaksanakan seminar Startup Tech Provider 4 Industry yang akan mendukung IKMA dalam menghadapi era revolusi industri 4.0. 


Pameran di acara Semarak Festival IKMA 2019







Kamis, 12 Desember 2019

Layanan Jemput Bola BPJS Kesehatan Melalui Mobile Customer Service (MCS)

Sakit itu mahal!

Sakit itu mahal. Bener banget kan yah kalimat diatas? Contohnya nih yah, saya kasih sedikit gambaran. Jika kalian sakit batuk pilek saja nih, untuk biaya berobat ke klinik, minimal kalian harus siap uang seratus ribu rupiah. Ini biaya paling murah yang harus kalian siapkan loh. Dan ini baru sakit batuk pilek. Belum kalau sakit yang agak serius seperti tipus atau demam berdarah yang mengharuskan rawar inap. Duh..kalian harus menyiapkan uang berlipat-lipat jumlahnya. Sudah kebayangkan berapa nominal yang mesti kalian keluarkan untuk biaya pengobatan? Untuk biaya rawat jalan saja sudah bikin meringis, gimana jika harus membayar biaya rawat inap atau jika kalian harus menjalani operasi?? Oh My God.

Beruntung banget saat ini telah ada jaminan kesehatan yang diberikan pemerintah. Yups pemerintah melalui BPJS Kesehatan berupaya untuk memberikan pelayanan dan perlindungan kesehatan untuk seluruh rakyat Indonesia. Memang masih banyak yang pro dan kontra mengenai BPJS Kesehatan ini tapi kalau saya pribadi, saya sangat berterimakasih pada pemerintah karena telah menghadirkan BPJS Kesehatan.
BPJS Kesehatan (sumber foto: twitter @bpjs_kesehatan)

Kenapa saya sangat berterimakasih pada pemerintah dengan adanya BPJS Kesehatan ini? Karena dengan membayar iuran yang relatif terjangkau, saya dan keluarga memperoleh layanan kesehatan yang total nominalnya lebih dari biaya iuran BPJS Kesehatan yang tiap bulan saya bayarkan. Gak terbayang saya berapa banyak biaya yang harus keluarga saya keluarkan untuk operasi katarak, operasi glaukoma, operasi usus halus yang harus dijalani oleh Bapak saya jika tidak menjadi peserta BPJS Kesehatan. Terhitung dalam kurun waktu dua tahun, bapak saya telah melakukan operasi sebanyak 16 kali. Tuh gimana saya dan keluarga tidak berterimakasih pada BPJS Kesehatan.

Menyikapi adanya kenaikan iuran BPJS Kesehatan yang akan mulai berlaku pada tanggal 1 Januari 2020, saya memilih untuk menerima dan santai menghadapinya karena BPJS Kesehatan pun memberikan kemudahan dan kebebasan bagi saya dan keluarga sebagai peserta BPJS Kesehatan untuk melakukan "turun kelas". BPJS Kesehatan telah menyiapkan solusi terbaik sehubungan dengan adanya penyesuaian iuran yang akan berlaku pada awal tahun 2020 yang sebentar lagi akan datang ini.

Pada 1 Januari tahun 2020, BPJS Kesehatan akan mulai menaikan iurannya sebanyak 100%. Kenaikan iuran BPJS Kesehatan tersebut rencananya akan mulai diberlakukan pertanggal 1 Januari 2020. Seiring dengan kenaikkan iuran BPJS Kesehatan yang sangat besar yaitu dua kali lipat, BPJS Kesehatan pun berupaya untuk memberikan pelayanan yang lebih baik untuk pesertanya. Salah satu upaya peningkatan layanan BPJS Kesehatan terhadap pesertanya yaitu dengan dihadirkannya Layanan Jemput Bola BPJS Kesehatan.

Layanan Jemput Bola BPJS Kesehatan Melalui Mobile Customer Service (MCS)

Layanan Jemput Bola BPJS Kesehatan melalui Mobile Customer Service (MCS)

BPJS Kesehatan Jemput Bola merupakan program layanan terintegrasi yang diberikan oleh BPJS Kesehatan supaya mempermudah masyarakat atau peserta BPJS Kesehatan untuk memperoleh pelayanan. Jika biasanya, peserta BPJS Kesehatan yang datang ke kantor BPJS Kesehatan untuk memperoleh pelayanan seputar BPJS Kesehatan seperti update data keanggotaan BPJS Kesehatan, pendaftaran sampai turun kelas. Saat ini, peserta BPJS Kesehatan tak perlu lagi repot datang ke kantor BPJS Kesehatan setempat tapi cukup mendatangi layanan Jemput Bola BPJS Kesehatan melalui Mobile Customer Service atau MCS.

BPJS Kesehatan makin dekat dengan MCS (foto: akun twitter BPJS Kesehatan)

MCS BPJS Kesehatan merupakan kanal layanan BPJS Kesehatan berupa mobil yang dilengkapi oleh infrastruktur pendukung operasional pelayanan peserta untuk pendaftaran, perubahan data, cetak kartu dan pemberian informasi dan penanganan pengaduan. Berdasarkan penjelasan yang diberikan oleh Ibu Dwi Asmariyati, Asisten Deputi Bidang Pengelolaan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan, BPJS Kesehatan Jemput Bola ini merupakan layanan terintegrasi yang diberikan oleh BPJS Kesehatan melalui MCS yang akan melayani seluruh peserta BPJS Kesehatan yang ada di pelosok negeri. Pelayanan yang diberikan berupa pelayanan administratif dan pengaduan.

Pengertian Mobile Customer Service (MCS) BPJS Kesehatan (foto: twitter BPJS Kesehatan)

Khusus selama bulan Desember 2019 ini, layanan utama yang diberikan melalui BPJS Kesehatan Jemput Bola adalah pelayanan turun kelas bagi peserta BPJS Kesehatan. Hal ini terkait dengan Peraturan Presiden no.75 tahun 2019 mengenai penyesuaian iuran JKN-KIS. Mengingat jumlah kenaikan yang dua kali lipat banyaknya, BPJS Kesehatan mempersilahkan peserta BPJS Kesehatan untuk turun kelas jika dirasa iuran BPJS Kesehatan memberatkan kehidupan si peserta BPJS Kesehatan.

Ibu Dwi Asmariyati, Asisten Deputi Bidang Pengelolaan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan RI

Seperti yang tertera pada PerPres no.75 tahun 2019 mengenai penyesuaian iuran BPJS Kesehatan yang bertujuan untuk keberlangsungan program JKN-KIS maka iuran BPJS Kesehatan akan disesuaikan menjadi:
- Kelas 1 sebesar Rp.160.000,- per bulannya;
- Kelas 2 sebesar Rp. 110.000,- per bulannya;
- Kelas 3 sebesar Rp.40.000,- per bulannya.

Turun Kelas iuran BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan melalui pelayanan Jemput Bola-nya pada bulan Desember ini fokus memberikan layanan turun kelas dengan tanpa syarat. BPJS Kesehatan memahami bahwa dengan kenaikan yang signifikan tersebut, pasti ada peserta BPJS Kesehatan yang merasa keberatan. Karena itulah BPJS Kesehatan mempersilahkan peserta BPJS Kesehatan untuk "turun kelas".

Peserta BPJS Kesehatan dapat "turun kelas" dengan mudah, tanpa syarat memberatkan. Jika peserta BPJS Kesehatan masih memiliki tunggakan pembayaran iuran BPJS Kesehatan, sampai akhir April 2020, mereka tetap dapat "turun kelas" tanpa harus membayar tunggakannya dulu. Turun kelas dapat dilakukan melalui aplikasi mobile JKN-KIS (BPJS Kesehatan, BPJS Kesehatan Care Center 1500400, Mobile Customer Service atau langsung ke kantor cabang atau kabupaten atau kota setempat.

"Turun kelas" iuran BPJS Kesehatan dapat dilakukan kapan saja. Tanpa syarat minimal 1 tahun keanggotaan, tanpa persyaratan khusus, dapat dilakukan dalam kondisi non aktif/ada tunggakan. Dan kian dipermudah dengan adanya layanan Jemput Bola BPJS Kesehatan melalui MCS.

Peserta BPJS Kesehatan dapat memanfaatkan layanan  Jemput Bola BPJS Kesehatan melalui MCS. Aktifitas MCS dilaksanakan setiap hari kerja maupum hari libur. Layanan jemput bola BPJS Kesehatan melalui MCS ini mulai dilakukan secara intensif dari tanggal 9-12-2019 dengan sasaran tempat-tempat yang banyak terdapat peserta BPJS Kesehatan seperti pasar, pusat keramaian, alun alun, fasilitas kesehatan, pada acara Car Free Day (CFD). Dan akan ada informasi yang disebar sehubungan dengan jadwal dan lokasi layanan MCS berada. Informasi jadwal dan lokasi ini akan sebar melalui instansi terkait agar peserta BPJS Kesehatan yang berada di sekitar lokasi MCS berada dapat memanfaatkan layanan Jemput Bola BPJS Kesehatan melalui Mobile Customer Service (MCS) ini.

Layanan Jemput Bola BPJS Kesehatan (sumber foto: twitter BPJS Kesehatan RI)

Tujuan diadakannya layanan Jemput Bola BPJS Kesehatan melalui MCS ini adalah sebagai upaya untuk mendekatkan dan meningkatkan pelayanan kepada peserta BPJS Kesehatan dengan menggunakan konsep jemput bola sebagai media promosi dan corporate branding kepada masyarakat luas. Dengan slogan "Catat Jadwalnya, siapkan syaratnya dan datangi Mobile Customer Service (MCS)-nya", diharapkan layanan yang diberikan oleh BPJS Kesehatan ini semakin mempermudah masyarakat untuk memperoleh layanan dari BPJS Kesehatan sehingga kualitas pelayanan yang diberikan kian baik.

Mobile Customer Service (MCS) BPJS Kesehatan (foto: twitter BPJS Kesehatan RI)


Rabu, 11 Desember 2019

Komunikasi Jadi Bisa Lancar Berkat Paket Umroh dan Haji XL

Keinginan Bapak Ibu yaitu menunaikan ibadah haji di tanah suci

Pergi beribadah ke tanah suci, Mekah Al Mukaromah menjadi keinginan hampir semua umat muslim di dunia, terutama yang berada jauh dari tanah suci umat Islam itu. Tak terkecuali, ayah dan ibu saya. Mereka telah cukup lama memimpikan untuk dapat pergi ke Mekah untuk beribadah haji. Walaupun sudah pernah umroh tapi tetap saja keinginan untuk dapat menjalankan rukun Islam kelima tersebut membuncah dalam hati mereka.

Pergi haji bagi muslim yang berada di Indonesia, bukanlah perkara mudah. Perlu proses dan harus rela menunggu untuk jangka waktu yang cukup lama. Karena kuota haji yang dimiliki pemerintah terbatas setiap tahunnya. Hal ini pula yang menjadikan ibadah haji memiliki nilai prestise yang cukup tinggi. Bukan hanya disebabkan biaya ibadah haji yang lumayan menguras isi atm tapi keterbatasan kuota yang ada, membuat tidak semua muslim yang memiliki uang dapat sesuka hati untuk menjalankan ibadah haji.

Bapak Ibu saat beribadah haji

Orangtua saya, contohnya. Harus sabar mengantri selama lebih dari 3,5 tahun untuk dapat pergi ke tanah suci guna beribadah haji. Setelah sabar menunggu selama lebih dari 3,5 tahun, maka pada musim haji tahun ini, mereka berangkat ke tanah suci untuk menjalankan ibadah haji. 

Setelah mendapatkan tanggal kepastian berangkat ke tanah suci, serangkaian persiapan pun dilakukan. Dari pemeriksaan kesehatan, suntik meningitis, paspor, sampai latihan manasik haji harus mereka lakukan sebagai bagian dari persiapan pergi ke tanah suci. Dikarenakan usia orangtua yang telah lanjut, maka sayalah sebagai anak yang tinggal satu rumah dengan mereka, yang membantu mempersiapkan semua perlengkapan dan persiapan untuk beribadah haji di tanah suci. Saya-lah yang menemani mereka mengurus semua keperluan administratif hingga membeli perintilan-perintilan perlengkapan untuk menjalankan ibadah haji.

Seminggu sebelum keberangkatan ke tanah suci tiba, saya diminta untuk datang ke Biro Travel Perjalanan Haji dan Umroh tempat orang tua saya terdaftar sebagai calon haji. Saya sempat bingung dan bertanya-tanya untuk apa saya diminta datang ke kantor biro travel tersebut? Ternyata saya diminta datang untuk membicarakan perihal persiapan dan kelengkapan orangtua saya selama mereka menjalankan ibadah haji termasuk soal penggunaan gadget beserta providernya.

Saat itu barulah saya 'ngeh' soal provider ini. Saya baru tersadar kalau untuk tetap dapat terhubung dengan orangtua saya di tanah suci, orangtua saya harus menggunakan provider yang tersedia di tanah suci selama Beliau menjalankan ibadah haji. Karena kedua smartphone orangtua saya menggunakan provider dari XL Axiata, saya pun fokus mencari tau apakah ada Paket Umroh dan Haji XL yang tersedia selama musim haji tahun ini. Setelah berselancar di dunia maya dan mampir ke landing page XL, saya akhirnya menemukan informasi seputar Paket Umroh dan Haji XL.

Komunikasi Jadi Bisa Lancar Berkat Paket Umroh dan Haji XL 

Paket Umroh dan Haji XL

Paket Umroh dan Haji XL adalah paket khusus yang ditawarkan oleh XL Axiata bagi siapapun yang ingin dan berencana pergi beribadah ke tanah suci. Baik itu pergi untuk beribadah haji ataupun umroh. Paket Umroh dan Haji XL menawarkan kuota data yang lebih besar dengan harga yang cukup terjangkau serta memberikan dukungan jaringan yang lebih luas di Arab Saudi. Paket Umroh dan Haji XL tersedia dalam berbagai pilihan dan tentu saja dengan harga yang bervariasi.

Paket Umroh dan Haji XL tersedia mulai dari harga Rp.149.000,- hingga harga Rp.549.000,- dengan beragam fasilitas yang ditawarkan. Lama massa aktif yang ditawarkan pun berbeda-beda pula. Untuk Paket Umroh dan Haji XL seharga Rp.149.000,- , massa aktif yang ditawarkan selama 10 hari. Saya memilih Paket Umroh dan Haji XL seharga Rp.549.000,- dengan waktu aktif selama 40 hari dengan layanan internet unlimited 2G/3G/4G, roaming 24 jam, nelpon/terima telpon ke dan dari Indonesia selama 100 menit dan free sms kesemua operator sebanyak 100sms.

Paket Umroh dan Haji XL yang orangtua saya gunakan di tanah suci

Mengapa saya pilih Paket Umroh dan Haji XL ini? Hal ini dikarenakan orangtua saya sudah lanjut usia dan mereka tidak bisa jika harus isi pulsa atau paket sendiri, maka dari itu sengaja saya bekali mereka dengan Paket Umroh dan Haji XL yang waktunya panjang sesuai dengan lamanya musim haji, layanan telpon dan internet terlengkap serta ini nih yang paling penting, paket bisa diaktivasi sebelum mereka terbang ke tanah suci. Jadi orangtua saya bisa langsung menggunakannya setibanya mereka di tanah suci.

Paket Umroh dan Haji XL ini bisa digunakan tanpa harus ganti kartu. Praktis banget kan? Dan saya sempat juga sih bertanya ke beberapa orang yang sudah menggunakan Paket Umroh dan Haji XL sewaktu mereka beribadah di tanah suci, dan mereka memberikan testimoninya kalau jaringan XL lancar sehingga komunikasi dengan keluarga di tanah air pun dapat berjalan tanpa hambatan. Saya pun mantap memilih Paket Umroh dan Haji XL untuk orangtua saya. 

Paket Umroh dan Haji XL bisa diaktifkan sebelum dan pada saat berada di tanah suci. Tanpa harus ribet ganti kartu. Untuk keterangan lebih lengkapnya lagi bisa dilihat di Paket Umroh dan Haji XL .

Cara Daftar Paket Umroh dan Haji XL

Seperti yang pernah saya ceritakan, Paket Umroh dan Haji XL ini dapat diaktivasi sebelum ataupun sesudah berada di tanah suci. Adapun cara aktivasi Paket Umroh dan Haji XL adalah sebagai berikut:
-  Jika ingin aktivasi sebelum berangkat, aktifkan Paket Umroh dan Haji XL dengan menekan *123*747# atau buka aplikasi myXL yang ada dismartphone kemudian pilih paket yang sesuai dengan yang dimau;
- Jika ingin aktivasi saat tiba di tanah suci atau pada saat kedatangan, caranya adalah saat tiba di negara tujuan, cukup memastikan layanan data roaming di ponsel dalam keadaan aktif. Kemudian cek penggunaan paket dengan cara menekan *123*747# atau buka aplikasi myXL dismartphone untuk mendapatkan informasi terkait penggunaan data roaming selama di luar negeri.

Syarat dan Ketentuan Paket Umroh dan Haji XL

Layanan internet serta Blackberry harian dapat langsung digunakan tanpa melakukan aktivasi terlebih dahulu namun pelanggan harus melakukan aktivasi Paket Umroh dan Haji XL terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

Oh ya harga Paket Umroh dan Haji XL sudah termasuk PPN 10%. Kita juga dapat membeli lebih dari satu Paket Umroh dan Haji XL dan kuota akan diakumulasi dari masa berlaku yang dihitung dari yang paling lama. Untuk melakukan aktivasi, cek paket, dan cek kuota Paket Umroh dan Haji XL, cukup tekan *123*747# atau buka aplikasi myXL dismartphone ya.

Sesaat setelah berhasil melakukan aktivasi, saldo akan dipotong langsung dan masa aktif paket akan dihitung setelah pengguna tiba di Arab Saudi (Loc-up). Pengguna akan kembali ke tarif dasar ketika bonus kuota telepon dan SMS atau masa berlaku paket telah habis. Setelah kuota batas pemakaian wajar habis, pengguna tetap dapat menggunakan internet sampai dengan masa aktif kuota berakhir tanpa biaya tambahan. 

Paket Umroh dan Haji XL ini cukup membantu komunikasi orangtua saya dengan kami, anak-anak dan keluarganya yang lain selama mereka menunaikan ibadah rukun islam yang kelima tersebut. Karena XL, hubungan komunikasi antara saya dan orangtua saya selama mereka berada di tanah suci tetap berjalan seperti biasa. Bahkan rasanya mereka bukan sedang berada di negara orang yang nun jauh disana. Tapi seperti hari-hari sebelum mereka berangkat pergi ke tanah suci. Komunikasi sama lancar dan mulusnya tanpa kendala sinyal lemot atau suara telepon yang putus-putus dan kemeresek. Berkat Paket Umroh dan Haji XL, orang tua saya jadi bisa menghubungi sanak keluarganya kapan pun mereka bisa dan mau. 

Selama mereka menjalankan ibadah haji, saya pun menjadi lebih tenang karena mereka tetap mudah dihubungi. Terimakasih XL Axiata karena telah menghadirkan Paket Umroh dan Haji sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan penggunanya.


Komunikasi jadi lancar berkat paket umroh dan haji XL


Selasa, 10 Desember 2019

Cinepolis, Wajah Baru Cinemaxx Hadir di Pejaten Village


Nonton film di bioskop menjadi salah satu hobi saya

Nonton film di bioskop dan nge-mall, menjadi dua hal yang bikin hidup saya jadi seimbang. Rutinitas yang acapkali menjadi biang kerok keruwetan yang melanda saya, mendadak menguap seketika sesaat setelah saya nonton dan keliling mall. Apalagi jika bioskop tempat saya membuang stress merupakan tempat yang asik, nyaman dengan pelayanan prima. Wuiiih makin seger saja deh saya jadinya.

Saya tuh paling males kalau melipir ke bioskop eh ternyata tempatnya kurang nyaman. Ga punya space / ruangan yang cukup atau tempat tunggu yang cozy hingga saya pun kebingungan mau nunggu dimana sampai pintu theatre dibuka dan penonton dipersilahkan masuk. Bagi saya, hal ini nyebelin banget.

Sebagai penikmat film layar lebar, saya ngga keberatan loh jika harus mengeluarkan biaya yang sedikit lebih mahal tapi bisa memperoleh kenyamanan dan pelayanan memuaskan selagi berada di bioskop. Dan bagi saya, mall yang sempurna adalah mall yang bisa menghadirkan bioskop dengan kenyamanan paripurna.

Cinepolis Pejaten Village
Seperti yang ditawarkan oleh Pejaten Village, salah satu mall yang berlokasi di Jakarta Selatan. Terhitung mulai bulan Desember ini, Pejaten Village dilengkapi oleh bioskop dengan fasilitas lengkap dan cozy. Cinepolis yang merupakan "wajah baru" Cinemaxx, kini hadir di Pejaten Village.

Bagi "pecinta bioskop", saya yakin, pasti sudah tau gimana kualitas layanan yang diberikan oleh Cinemaxx dan kini, pelayanan serta sarana dan prasarana yang ada, makin disempurnakan bersama rebranding yang dilakukan oleh Cinemaxx menjadi Cinepolis.

Cinepolis, Wajah Baru Cinemaxx Resmi Diperkenalkan di Indonesia

Cinepolis Pejaten Village

Cinemaxx merupakan salah satu grup sinema terbesar dan yang paling cepat perkembangannya di Indonesia,  belum lama ini mengumumkan rebranding besar. Rebranding besar yang dilakukan ini mencerminkan evolusi dan komitmen Cinemaxx untuk menghadirkan pengalaman menonton berkelas dunia untuk para penggemar film di tanah air.

Cinemaxx pun menghadirkan nuansa baru dan secara resmi memperkenalkan nama terbarunya yaitu Cinepolis, yang juga merupakan salah satu operator bioskop terbesar kedua di dunia. Pergantian nama dan konsep ini diresmikan pada tanggal 4 Desember di Cinepolis Pejaten Village. Bioskop ini adalah bioskop pertama di Indonesia yang menampilkan sistem proyeksi Laser RGB (Red Green Blue) di semua auditorium, menghadirkan kualitas gambar yang sangat cerah dan realisme gambar. 

Peresmian Cinepolis, wajah baru Cinemaxx

Seperti penjelasan yang diberikan oleh Brian Riady, Direktur Eksekutif Cinepolis Indonesia, dengan perubahan nama dan konsep yang dilakukan, Cinepolis kini menghadirkan pengalaman menonton film yang lebih menyenangkan dan mengesankan. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan teknologi yang dihadirkan Cinepolis membuat cerita di layar menjadi lebih hidup bagi para penonton (where stories come alive). Dan bukan hanya itu, desain lobi bioskop sengaja dirancang khusus untuk menampilkan kesan dramatis dan dinamis, area candy bar dibuat sedemikian rupa penuh warna dan bersemangat, serta menghadirkan kios eTicketing digital yang lengkap dan pastinya akan memudahkan dalam pembelian tiket sehingga customer tidak perlu mengantri.

Selain menghadirkan auditorium regular, Cinepolis juga menghadirkan Cinepolis VIP dengan sederet fitur yang kian memberikan kenyamanan dalam menonton film, termasuk ruang tunggu (lounge) yang super nyaman dan privat, layanan pemesanan makanan dan minuman di dalam auditorium, kursi yang nyaman dan dilengkapi dengan bantal serta selimut. Cinepolis VIP memberikan kenyamanan yang maksimal untuk customernya.

Tidak hanya menampilkan desain yang menarik dan kecanggihan teknologi dalam memberikan pengalaman menonton tak terlupakan, Cinepolis juga menawarkan popcorn dengan rasa yang berbeda dan pertama ada di bioskop-bioskop tanah air. Popcorn dengan rasa madu. Terbayangkan gurihnya popcorn berpadu dengan manis alami madu? Hmmm rasa yang luar biasa menggoyang lidah tentunya. Nikmatnya popcorn rasa madu ini, akan menambah asiknya nonton film di Cinepolis dan memberikan pengalaman menonton yang menggembirakan.

Javier Sotomayor, Managing Director of Asia and Middle East Cinepolis mengungkapkan bahwa pihaknya sangat senang karena dapat membawa pengalaman 48 tahun dan pencapaian yang membanggakan dalam melayani penonton bioskop di seluruh dunia ke Indonesia. Cinepolis selalu berusaha untuk menjadi pilihan hiburan terbaik bagi para penonton bioskop dengan menawarkan pengalaman yang menyenangkan, inovatif dan mengesankan.

Dalam waktu dekat ini, Cinepolis juga akan meluncurkan format layar besar yang terkenal di dunia, Macro XE dan memasang lebih banyak layar "Jomo" yang dirancang untuk menarik perhatian para millenials.

Cinepolis Pejaten Village, Bioskop Keluarga Masa Kini


Pengguntingan pita sebagai tanda dioperasikannya Cinepolis Pejaten Village untuk umum

Rebranding Cinemaxx ditandai dengan diresmikannya Cinepolis Pejaten Village yang memberikan pengalaman menonton terbaru dan inovatif. Bioskop di Pejaten Village ini, sebenarnya sudah pernah dioperasikan tapi kemudian dilakukan renovasi  dalam kurun waktu yang lumayan panjang sampai akhirnya dibuka kembali untuk khalayak umum dengan kehadiran Cinepolis ini.

Cinepolis Pejaten Village dilengkapi dengan tampilan desain interior yang unik, teknologi sinematik serta menghadirkan pengalaman menonton yang menarik dan tak terlupakan. Bioskop di Pejaten Village masih sama seperti waktu itu, masih berlokasi di lantai tiga, berdekatan dengan food court dan restoran lainnya.

Studio Cinepolis Pejaten Village

Cinepolis Pejaten Village menghadirkan fiitur dan teknologi canggih yang mencakup:
- RGB Laser (Red Green Blue Laser) di seluruh studionya dan dilengkapi dengan sistem proyektor Laser Christie yang canggih, dan mampu menghadirkan realisme gambar yang unggul dan tak tertandingi;
- Cinepolis Pejaten Village memiliki lima studio reguler dan dua studio VIP;
- Cinepolis VIP Pejaten Village menghadirkan ruang tunggu premium, area lounge untuk makan dan minum, kursi mewah yang nyaman dan dapat disesuaikan, serta dilengkapi dengan tablet pemesanan pribadi yang memungkinkan para penonton untuk memilih makanan favorit mereka dari menu yang ada dan dikirimkan ke tempat duduk penonton;
- Cinepolis Pejaten Village dilengkapi Kios eTicketing digital lengkap yang membuat pembelian tiket menjadi sangat mudah dan cepat. Penonton yang datang ke Cinepolis Pejaten Village dapat dengan mudah dan cepat menelusuri atau mencari tau seputar informasi film yang sedang tayang, atau yang akan tayang termasuk untuk melihat trailer filmnya lengkap beserta waktu tayangnya. Kios tiket digital Pejaten Village membuat penonton yang datang tidak akan kerepotan untuk antri tiket.

Kios eTicketing Cinepolis Pejaten Village

Pada awal pembukaan Cinepolis Pejaten Village, film yang ditayangkan adalah Jumanji, The Next Level dan Frozen 2. Dan ada penawaran spesial loh dari Cinepolis Pejaten Village. Untuk lebih jelasnya, silahkan unduh aplikasi Cinepolis Indonesia dan dapatkan informasi serta penawaran khusus dan spesial dalam rangka pembukaan Cinepolis Pejaten Village.

VIP Longe Cinepolis Pejaten Village