Soft Pastel Art Starter Kit Faber Castell, Teman Dikala Jenuh Melanda


Faber Castell Boutique Plaza Senayan

Aktivitas Menggambar Dan Stress

Setiap orang pasti pernah dong merasa galau, bosan dan jenuh? Nah kalau perasaan menyebalkan itu menghampiri, apa saja sik yang kalian lakukan untuk menghalau rasa-rasa tersebut? Kalian pasti punya cara-cara tersendiri dong untuk mengatasi perasaan tidak nyaman tersebut?! Begitu juga dengan saya. Kalau rasa jenuh dan galau melanda, saya punya cara khusus untuk mengatasinya.

Connector Pen Faber Castell

Biasanya saya mainan crayon atau connector pen,  menggambar lalu mewarnainya wkwkwk. Meski seringnya sih enggak jelas itu gambar apa huahaha. Yang penting corat coret pake alat gambar aja. Setelah puas ngurek-ngurek warna, perasaan pun jadi plong dan terasa lebih segar. Saya pernah membaca disebuah surat kabar yang mengatakan bahwa berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, mewarnai atau menggambar dapat merelease stress. Dan saya sudah membuktikannya sendiri. 

Mewarnai dan menggambar dengan crayon atau pastel, dapat mengatasi rasa jenuh yang saya rasakan. Awalnya, saya sempat meragukan apakah benar aktivitas menggambar dan mewarnai dapat mengurangi tingkat stress yang diderita? Setelah saya melakukannya, saya pun meyakini bahwa aktivitas "ngurek-ngurek" crayon atau pastel dapat menjadi "pelepasan" emosi negatif yang ada dalam diri saya.

Saya sempat bertanya pada seorang teman yang berprofesi sebagai psikolog mengenai hal ini dan Si Teman ini mengatakan bahwa aktivitas mewarnai dan menggambar memang dapat mengatasi perasaan tertekan serta melepaskan emosi-emosi negatif yang ada dalam diri. 

Saya juga bertanya bagaimana kalau tidak bisa menggambar? Atau kemampuan "mewarnainya" buruk? Dan Si Teman menjawab bahwa hal tersebut tidak perlu dibawa pusing. Mau bagus atau jelek hasil menggambar atau mewarnai, hal itu bukanlah tujuan dari aktivitas menggambar atau mewarnai yang dilakukan. Karena tujuan utamanya adalah merelease stress dan melepaskan emosi-emosi negatif melalui aktivitas tersebut. Jadi ga usah diribetin deh apakah kita punya kemampuan menggambar atau gak. Yang terpenting kita dapat melepaskan "emosi negatif" yang kita rasakan.

Awalnya, saya menggunakan crayon milik anak saya yang saat itu berusia 4 tahun. Setelah keasikan mainan crayon dan pensil warna, saya mulai iseng melirik produk-produk menggambar dan mewarnai yang ada di toko buku langganan. Saya sengaja membeli connector pen Faber Castell. Cukup lama juga saya menggunakannya sebelum saya mengenal soft pastel Faber Castell.

Soft Pastel, Alat Gambar Faber Castell

Soft pastel Faber Castell

Pastel adalah salah satu alat gambar yang paling mudah untuk dieksplorasi. Pastel memiliki jenis yang berbeda-beda yang akan memberikan hasil yang berbeda pula. Ada pastel soft, sedang dan keras. Hasil dari goresan pastel ini yang akan menghasilkan karya atau goresan warna yang bervariasi satu dengan lainnya.

Pastel adalah alat gambar yang cukup mudah untuk digunakan. Mirip ketika kita menggunakan pensil. Tinggal gunakan ujung pastel untuk membuat garis dan menggerakkan lengan agar diperoleh gambar yang lebih luwes. Untuk membuat gambar tampak lebib tebal atau tipis, tinggal disesuaikan saja keras atau lembut menggunakannya. Intinya mudahlah untuk menggunakan pastel ini dan bisa dibuat suka suka hati saja.

Malahan akhir-akhir ini, saya sedang senang menimpa nimpa warna. Pokoknya suka-suka hati saya aja lah wkwkwk. Oh ya patut untuk diketahui nih, salah satu kelebihan pastel dibandingkan dengan media gambar lainnya adalah tekstur warna yang bisa kita peroleh. 

Salah satu metode terbaik untuk mendapatkan tekstur ini adalah dengan menggoreskan pelan pelan lapisan warna lain diatas gambar yang sebelumnya sudah kita warnai. Dengan menggoreskan pastel yang paling lunak, kita dapat menciptakan warna baru dengan kesan patah-patah. Pilihan warna yang tepat, akan menghasilkan warna lain dengan tekstur menawan.

Sejak mengetahui kalau pastel lebih mengasikan dan mudah digunakan daripada jenis alat gambar/mewarnai lainnya, saya pun enggan beralih. Saya dapat mengeksplor imajinasi saya melalui pastel yang saya mainkan diatas kertas gambar.

Dikala saya sedang suka-sukanya mainan pastel, saya mendapat kesempatan untuk hadir dalam acara workshop yang diadakan oleh Faber Castell di Faber Castell Boutique Plasa Senayan. Senang banget rasanya.

Soft Pastel Art Workshop

Workshop Soft Pastel Faber Castell

Workshop Faber Castell kali ini terasa istimewa untuk saya. Istimewa karena saya memperoleh kesempatan untuk menggunakan satu set alat gambar yang sempat saya pegang-pegang dihari sebelumnya, ketika saya melipir ke toko buku langganan. Namun sedikit berbeda dengan yang saya pegang waktu itu, soft pastel gold Faber Castell (kalau saya ngga salah ingat xixixi).  Kalau yang saya gunakan pada workshop, Soft Pastel Art Starter Kit.

Soft Pastel Art Starter Kit Faber Castell

Soft Pastel Art Starter Kit terdiri dari :
- Transparant Casing;
- Creative Studio Soft Pastels Mini Cardboard Box of 24; 
- Eraser Pencil Perfection 7058B with brush Latex-free
- Eraser;
- Kneadable Eraser in Plastic Box;
- Stencil;
- Pastel Art Paper, 8 pieces each (15x15cm dan 5,7x15cm).

Menggambar dengan Soft Pastels Art benar-benar bikin happy. Gak usah ragu dan takut menggunakannya karena soft pastel ini mudah sekali untuk dihapus dan dibersihkan. Apalagi yang starter kit ini, lengkap dan mempermudah kita dalam bermain warna.

Sebelum memulai aktivitas menggambar dengan menggunakan Soft Pastels Art, terlebih dulu kita siapkan meja sebagai alas untuk menggambar. Kertas khusus yang sudah disiapkan, terlebih dulu ditempelkan pada meja dengan menggunakan solasi pada bagian pimggirnya. Kemudian, kita siapkan kertas putih, bisa hvs atau kuarto sebagai wadah untuk mengerik pastel sebelum digoreskan pada kertas gambar.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Astra Financial Sponsor Utama GIIAS 2019

Pemeriksaan Prodia Prosafe NIPT, Deteksi Dini Kelainan Kromosom Pada Bayi

Masak Aman Bersama BrightGas, Keceriaan Kehangatan Keluarga