Jumat, 22 November 2019

Lindungi Diri dan Keluarga Tercinta Dari Diabetes

Hidup sehat dan bahagia adalah keinginan hampir semua manusia di muka bumi ini. Saya yakin enggak ada satupun manusia yang ingin jatuh sakit. Apalagi sakit serius yang menguras isi rekening untuk pengobatannya. Sakit serius yang berlangsung selama kurun waktu yang cukup lama, pastinya akan menyebabkan penderitanya mengalami penurunan produktivitas dan meningkatkan beban hidupnya.

Hidup yamg sudah penuh onak duri jadi terasa makin tidak menyenangkan bagi si sakit. Terlebih lagi jika sakit yang dideritanya tidak dapat disembuhkan secara total. Hanya bisa dikendalikan agar tidak semakin memburuk. Persis seperti yang dialami oleh ayah saya, seorang penderita diabetes, salah satu penyakit tidak menular yang tidak bisa disembuhkan secara total tapi dapat dikendalikan supaya kualitas hidup penderitanya meningkat dan jadi lebih baik.

Memiliki latar belakang keluarga dengan sejarah diabetes, membuat saya mulai membatasi konsumsi makanan yang tinggi, gula, lemak, garam dan makanan cepat saji. Terlebih lagi, lingkar perut saya yang melebihi ukuran yang semestinya, membuat saya memasukan penurunan berat badan sebagai salah satu goal saya pada tahun 2020 yang sebentar lagi akan datang.

Diabetes atau yang familiar dikenal dengan sebutan penyakit gula atau kencing manis merupakan salah satu penyakit yang menjadi penyumbang terbesar kematian di Indonesia. Penyakit ini menempati urutan ketiga sebagai penyebab kematian terbanyak di Indonesia. Dan Indonesia sendiri menempati peringkat ke-6 di dunia sebagai negara dengan penderita diabetes terbanyak di dunia. Bonus demografi yang diterima Indonesia menjadi salah satu penyebab kenapa penderita diabetes terus bertambah setiap tahunnya.

Diabetes adalah salah satu dari penyakit tidak menular yang cukup menyita biaya pemerintah. Diabetes merupakan ibu dari penyakit tidak menular karena dari penyakit diabetes ini dapat menimbulkan penyakit-penyakit tidak menular lainnya seperti kebutaan, gagal ginjal, gagal jantung dan kerusakan organ lainnya.

Bertepatan dengan Hari Diabetes Sedunia yang jatuh pada tanggal 14 November 2019, Kemenkes RI menyelenggarakan acara dalam rangka memperingati Hari Diabetes Sedunia 2019 dengan tema lindungi keluarga dari diabetes.

Hari Diabetes Dunia 2019, Lindungi Keluarga Dari Diabetes


Tahun ini dalam rangka memperingati Hari Diabetes Sedunia, Kemenkes RI memilih tema lindungi keluarga dari diabetes. Tema yang sangat pas untuk saya pribadi. Saya adalah anak dari seorang penderita diabetes. Ayah saya kehilangan penglihatannya akibat diabetes yang dideritanya. Fungsi ginjalnya pun telah mengalami penurunan sehingga kondisi ayah saya harus dalam pengawasan dokter.

Diabetes telah merengut masa tua ayah saya yang seharusnya bisa lebih menyenangkan bersama anak cucunya. Apa yang dialami oleh ayah saya, menyadarkan saya betapa pentingnya menjaga diri sendiri dan keluarga dari diabetes.

Gaya hidup masyarakat Indonesia yang cenderung senang menyantap berbagai jenis makanan dengan komposisi gizi yang tidak berimbang sehingga menyebabkan obesitas serta malas gerak menjadi salah dua pemicu munculnya penyakit diabetes ini.

Dengan mengurangi 10% dari kelebihan berat badan, diyakini dapat mengurangi resiko terjadinya diabetes. Penyakit ini terjadi saat tubuh tidak bisa memproses semua gula (glukosa) di dalam aliran darah sehingga menimbulkan komplikasi yang dapat menyebabkan serangan jantung, tekanan darah tinggi, kebutaan, gagal ginjal dan amputasi anggota tubuh bagian bawah.

Pada tanggal 15 November 2019 yang baru saja berlalu, Kemenkes RI mengadakan acara dalam rangka memperingati Hari Diabetes Sedunia yang diadakan di Aula Siwabessy, Gedung Sujudi, Kemenkes RI. Acara tersebut menghadirkan narasumber sebagai berikut:
-Implentasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Diabetes Miletus oleh Dr. Cut Putri Arianie selaku Direktur P2PTM Kemenkes RI;
-Diabetes Miletus Tipe 1 pada Anak oleh Prof. dr. Jose RL Batubara, PhD, SpA (K) dari Divisi Endokrinologi Anak, FKUI dan RSCM;
-Peranan Upaya Promotif dan Preventif di tingkat individu dan keluarga dalam upaya mencegah diabetes oleh dr. Fatimah Eliana Taufik, Sp.PD, KEMD yang merupakan Dokter Penyakit Dalam Konsultan Endokrinologi;
-Gaya Hidup Sehat dengan Gizi Seimbang oleh Suharyati, SKM, MKM, RD dan PERSAGI;
-Kiat dan Teknik Peningkatan Aktivitas Fisik di Tingkat Individu dan Keluarga oleh dr. Michael Triangto , SpKO.

Dr. Cut Putri, Direktur P2PTM Kemenkes RI menjelaskan bahwa dalam pembiayaan Jaminan Kesehatan Nasional, PTM atau penyakit tidak menular menyedot biaya yang paling besar dan diabetes masuk dalam PTM tersebut. Menurut Dr. Cut Putri, saat ini kita berada dalam masa transisi demografi dan teknologi digital yang membuat hidup kian praktis dan mudah hingga masyarakat cenderung menjadi malas gerak, malas olahraga dan obesitas pun terus meningkat jumlahnya.

Obesitas di Indonesia mendapat perhatian yang cukup besar dari pemerintah karena penderita obesitas terus meningkat dengan pesat dan obesitas ini diindikasi sebagai salah satu pencetus diabetes. Obesitas menjadi salah satu masalah kesehatan yang dihadapi oleh negara kita. Oleh karenanya, pemerintah mengajak seluruh masyarakat untuk menerapkan GERMAS melalui CERDIK sehingga angka obesitas dapat ditekan dan penderita diabetes pun tidak terus bertambah.

Diabetes tidak hanya diderita oleh orang dewasa saja. Anak-anak dapat pula menderita diabetes. dr. Jose mengatakan bahwa diabetes yang diidap oleh anak-anak adalah diabetes tipe I. Gejala yang biasanya ditunjukan oleh anak yang menderita diabetes yaitu anak sering buang air kecil, sering merasa haus dan berat badan menyusut tajam. Jika ditemui tanda-tanda tersebut pada anak, sebaiknya segera dibawa ke fasilitas kesehatan terdekat untuk diperiksa secara detil.

Anak penderita diabetes harus sesegera mungkin mendapatkan perawatan supaya dapat hidup normal sebagaimana anak lainnya. Anak dengan diabetes akan selalu memerlukan insulin sepanjang usianya. Nutrisi yang seimbang dan sejalan dengan insulin akan mampu membuat si anak dapat hidup dan beraktivitas seperti yang lainnya. dr. Jose mengingatkan supaya anak dibiasakan untuk berolahraga secara rutin dan menerapkan pola hidup sehat.

Untuk mengendalikan dan mencegah diabetes, diperlukan dukungan dari berbagai pihak. Perlu adanya upaya promotif dan preventif dari pihak keluarga penderita diabetes. Seperti yang saya lakukan setahun terakhir ini. Saya berupaya keras untuk menumbuhkan kesadaran akan pentingnya hidup sehat dan menjaga pola makan serta menjauhi stress. Saya yakin jika jiwa dan pikiran sehat maka badan pun akan jadi sehat. Hal ini yang selalu saya tanamkan pada anak-anak dan keluarga tercinta. Dan saya menjadikan ayah saya sebagai contoh betapa pentingnya menjaga kesehatan dan betapa bahayanya diabetes untuk diri kita.

Anak-anak saya telah terbiasa menyantap makanan dengan gula dan garam rendah. Mereka juga menyadari betapa pentingnya berolahraga dan menghindari jajanan yang kurang bergizi. Kondisi sang Kakek membuat mereka tak ingin di masa tuanya nanti, mereka bernasib sama seperti kakeknya.




Read more

Kamis, 21 November 2019

HP Spectre x360 Terbaru, Modern PC Idaman Konsumen Masa Kini

Modern PC

Seberapa pentingnya sik laptop atau modern PC bagi pekerja kreatif seperti saya ini? Cukup penting pastinya. Apalagi hampir setiap hari, saya intens berinteraksi dengan dunia digital yang seringkali menuntut untuk selalu bersentuhan dengan modern PC. 

Sebagai seseorang yang berkecimpung dalam pekerjaan kreatif terutama tulis menulis, saya merasa membutuhkan kehadiran PC yang elegan, eksklusif, canggih, ringan dan mudah dibawa-bawa. Rasanya menyenangkan sekali dapat membawa modern PC dalam tas kemana saja kaki melangkah tanpa harus merasa terbebani dengan beratnya PC yang saya bawa.

Modern PC yang ringan dan bisa dilipat, merupakan PC idaman saya

Saya bermimpi memiliki sebuah modern PC yang dapat menunjang imajinasi saya tanpa batas. PC canggih yang memiliki semua fitur yang saya perlukan dan mempunyai desain indah serta elegan. Dan hari ini, untuk pertamakalinya saya melihat sebuah modern PC yang merupakan PC konvertibel terkecil di dunia yang dapat dilipat dan tipis banget.

Yups, pada tanggal 21 November 2019, HP Inc Indonesia meluncurkan HP Spectre x360 terbaru. Fitur-fitur terbaru seri HP Spectre x360 terbaru ini berupa desain premium, serta terobosan dalam kinerja dan mobilitas. Dengan fitur keamanan yang lebih canggih, perangkat indah ini mampu mendobrak berbagai batasan bagi para konsumen premium masa kini yang menginginkan pengalaman luar biasa dari sebuah modern PC.

HP Spectre x360 terbaru

PC terbaru HP ini menyasar para profesional muda termasuk para pekerja kreatif yang memiliki pengetahuan digital yang fasih dan menginginkan teknologi eksklusif yang disertai pengalaman premium dan imersif sehingga memungkinkan untuk memujudkan passionnya menjadi nyata.

Hari ini bertempat di Alila SCBD lantai 3, HP resmi memperkenalkan PC dengan fitur keamanan tercanggih yang mampu mendobrak berbagai batasan bagi konsumen premium serta dapat memenuhi kebutuhan dan tuntutan gaya hidup yang dinamis. PC tersebut adalah HP Spectre x360 terbaru dengan dua pilihan warna, silver dan nightfall black.

Peluncuran HP Spectre x360 Terbaru, PC Impian Konsumen Jaman Now 

Acara Peluncuran HP Spectre x360 terbaru

Hendry Widjaja, Indonesia Chief Operating Officer, HP Inc pada acara peluncuran HP Spectre x360 terbaru mengatakan, Indonesia mengalami peningkatan  yang signifikan dalam jumlah konsumen premium dan perubahan gaya hidup. Konsumen di kategori ini cenderung mencari informasi secara detil dan menyeluruh sebelum melakukan pembelian terhadap suatu produk. Saya banget ini sik. Browsing sampai benar-benar tahu secara detil mengenai produk yang ingin saya beli bahkan tak jarang, saya datang ke toko yang menjual produk yang ingin saya beli tersebut sekaligus mencoba sendiri produknya.

Bapak Hendry Widjaja

Hal ini dilakukan untuk memperoleh produk terbaik yang tidak hanya sepadan dari harganya, tapi juga mampu memenuhi tuntutan gaya hidup anak masa kini yang selalu dinamis terus berkreasi tanpa batas. Pak Hendry pada kesempatan tersebut juga menjelaskan bahwa tuntutan konsumen terhadap satu perangkat yang mampu memenuhi kebutuhan bekerja maupun pribadi kian meningkat. 

Berdasarkan data yang berhasil diperoleh HP Inc, pembeli modern PC premium menghabiskan hampir dari setengah waktu mereka untuk menggunakan modern PC di luar rumah. Hal ini bisa terlihat dari banyaknya pelanggan di kedai kopi jaman now yang asik menggunakan modern PC-nya sambil ngopi dan ngemil mantjah. Dan sayalah salah satu orang yang lebih fokus mengerjakan tugas-tugas saya di kedai kopi langganan atau ruang terbuka lainnya daripada dalam kamar karena bukannya jadi selesai tugas-tugas saya, saya malah asik bermimpi alias bobo tjantik wkwkwk.

Berdasarkan data ini, HP Spectre x360 terbaru khusus didesain dengan canggih dan menawan untuk mendukung mobilitas dan kebutuhan keamanan yang tinggi. Fitur-fitur ini ditujukan untuk memberikan kenyamanan bagi pengguna kapan dan di mana pun mereka bekerja, didukung oleh performa tinggi untuk membuat dan mengonsumsi konten apa pun. 

Tipis nyaris borderless

HP mendesain HP Spectre x360 terbaru dengan bezel display tipis nyaris borderless, performa dua kali lipat dibandingkan seri terdahulu, serta fitur keamanan yang canggih dan intuitif untuk pengalaman imersif dan transformatif yang mendukung anak masa kini mewujudkan passionnya.

Peluncuran yang baru saja dilakukan di Indonesia ini merupakan peluncuran HP Spectre x360 terbaru di kawasan Asia Tenggara. Sebagai bangsa Indonesia, pasti bangga dong yah menjadi negara pertama yang menjadi saksi kehadiran modern PC paling tipis, kecil namun elegan dan dilengkapi dengan teknologi canggih.

Spesifikasi HP Spectre x360 Terbaru


HP Spectre x360 terbaru ini lebih kecil 13% dibanding generasi sebelumnya, dengan rasio screen-to-body sebesar 90%, serta performa yang meningkat. Detil yang indah terlihat pada perangkat konvertibel yang tersedia dalam warna Nightfall Black dengan aksen Copper Luxe dan Natural Silver, disertai desain gem-cut yang menawan dan hanya dapat diperoleh dengan menggunakan mesin potong CNC aluminium. Posisi port USB-C sengaja dimiringkan untuk memberikan pengaturan kabel yang lebih baik.

Desain inovatif laptop ini hadir dengan kinerja tanpa kompromi untuk memberikan kebebasan dan fleksibilitas kepada konsumen masa kini untuk menciptakan apa dan kapan pun, sesuai keinginan mereka. HP Spectre x360 terbaru memiliki kinerja dua kali lipat dibandingkan generasi sebelumnya. 



Peningkatan performa ini didukung oleh prosesor quad-core 10th Gen Intel Core dengan Iris Plus Graphics yang pertama kalinya hadir di jajaran laptop konvertibel HP. Seri HP Spectre x360 ini juga dilengkapi baterai dengan daya tahan terlama di dunia untuk jajaran laptop konvertibel dengan prosesor quad-core berukuran 13-inci, dengan masa pakai hingga 22 jam untuk mendukung lifestyle dengan mobilitas tinggi. Issh baterainya dapat bertahan hingga kurang lebih 22 jam, inilah yang diperlukan oleh konsumen masa kini.


Selain itu, laptop ini juga dilengkapi dengan Intel® Wi-Fi 6 (802.11ax) standar dengan kecepatan transfer file hingga tiga kali lebih cepat dibandingkan Wi-Fi 5. Kebayangkan gimana keren dan canggihnya modern PC keluaran terbaru HP Inc ini?

Berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan, diketahui jika enam dari sepuluh konsumen menyatakan bahwa mereka menon-aktifkan webcam laptop agar merasa lebih aman dan untuk mencegah dari hal-hal yang tidak diinginkan. HP pun mencoba memberikan solusi terbaik untuk kondisi tersebut melalui kehadiran HP Spectre x360. 

Modern PC teranyar ini merupakan modern PC konvertibel yang dilengkapi dengan fitur HP Webcam Kill Switch yang menjaga pengguna dari peretasan webcam dengan tombol on/off untuk mematikan fungsi webcam saat tidak digunakan. 

Bapak Hansen dari HP Inc menambahkan penjelasan yang dipaparkan oleh Pak Hendry, kalau HP Spectre x360 ini juga dilengkapi dengan sebuah tombol khusus untuk mematikan dan menyalakan mikrofon. Untuk kenyamanan dan keamanan, para pengguna dapat dengan mudah login menggunakan Windows Hello dengan fitur standar seperti kamera IR terkecil HP dan pemindaian sidik jari yang terletak di papan keyboard.

Jajaran produk HP Spectre terbaru menggabungkan desain inovatif dan mobilitas, serta kemampuan kinerja dan keamanan yang dirancang untuk membantu para pengguna menunjukkan potensi terbaik mereka.

Fitur yang dimiliki oleh HP Spectre x360 terbaru ini sangat layak dijadikan alasan kenapa modern PC teranyar dari HP Inc ini pantas untuk menjadi modern PC idaman konsumen masa kini. HP Spectre x360 terbaru ini dibandrol mulai dari harga Rp.19.900.000,-. Harga yang cukup sebanding dengan fitur yang lengkap, aman dan canggih yang dimiliki oleh modern PC tersebut.

Saya dan HP Spectre x360 terbaru


Read more

Senin, 18 November 2019

Kamar Keluarga Ungaran 21, Hunian Co-living Yang Nyaman di Jakarta Selatan

Hunian Co-living (foto: pixabay)

Pertamakali mendengar tentang konsep hunian co-living, saya langsung terbayang kamar kost tapi dalam bentuk kekinian terutama pada jaringan layanannya yang terkoneksi melalui teknologi berbasis internet (web dan aplikasi). Jika kamar kost pada jaman saya kuliah dulu, hanya bisa diperoleh informasinya melalui "mulut ke mulut" , saat ini untuk mencari kamar kost yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan, cukup dengan membuka web atau aplikasinya dari smartphone. 

Hunian co-living adalah hunian bersama dengan fasilitas umum yang dapat digunakan secara bersama-sama pula. Hunian co-living ini cocok bagi generasi milenial yang memerlukan tempat tinggal namun memiliki keterbatasan dana untuk dapat membeli hunian pribadi ataupun menyewa apartemen. Hunian co-living lebih rendah biayanya daripada menyewa apartemen dan biasanya bisa disewa untuk jangka pendek. 

Kamar Keluarga

Salah satu hunian co-living dengan jaringan layanan terlengkap dan nyaman dengan harga terjangkau dan terkoneksi melalui teknologi berbasis internet (web dan aplikasi) adalah Kamar Keluarga. Kamar Keluarga adalah salah satu bentuk dari hunian co-living yang kini hadir di 4 kota di Indonesia yaitu di Jakarta, Bogor, Tangerang dan Bandung.

Hunian Co-living Kamar Keluarga

Penghuni Kamar Keluarga

Kamar Keluarga adalah startup property yang mengubah aset non produktif menjadi aset produktif dengan passive income. Melalui core bisnisnya, Kamar Keluarga mampu memberikan passive income pada para pemilik aset yang bekerjasama dengan Kamar Keluarga.

Pak Ferry

Menurut Bapak Ferry, owner Kamar Keluarga, salah satu keunggulan yang ditonjolkan oleh Kamar Keluarga adalah kemampuannya dalam memaksimalkan lahan terbatas dan disulap menjadi hunian co-living yang sangat efektif dan nyaman. Kamar Keluarga dapat membangun 32 kamar pada lahan seluas 105 meter.


Sejak berdiri pada tahun 2011 sampai hari ini, Kamar Keluarga telah memiliki 2041 kamar di 75 lokasi strategis yang mudah dijangkau. Kamar Keluarga memanfaatkan teknologi untuk memberikan fasilitas dan pelayanan yang komprehensif sehingga seluruh kebutuhan end to end pelanggan dapat terpenuhi hanya dengan mengaksesnya melalui smartphone.

Kamar Keluarga menerapkan strategi 4M untuk mewujudkan potensi dan proyeksi bisnisnya yaitu mengembangkan teknologi melalui aplikasi dan web, mengembangkan jangkauan dengan membangun Kamar Keluarga di tempat-tempat strategis, mengembangkan layanan hunian co-living yang nyaman dan mengembangkan kualitas seperti operasional kamar dan desain interior yang dirancang "serasa berada di rumah".

Lebih lanjut lagi, Pak Ferry menjelaskan mengenai lima pilar bisnis yang dimiliki oleh Kamar Keluarga. Kelima pilar bisnis tersebut, yaitu:
1. Kamar Keluarga BOT (build operate transfer), yaitu para pemilik tanah yang tidak memiliki dana untuk membangun hunian dan melalui Kamar Keluarga BOT membantu dalam pembangunan hunian yang produktif dengan sistem bagi hasil antara Kamar Keluarga dan pemilik lahan;

2. Kamar Keluarga Operator merupakan core bisnis dari Hoppor Internasional yaitu pengelolaan hunian co-living dengan konsep bagaikan dirumah sendiri. Kamar Keluarga mengadakan pertemuan secara berkala antara penghuni Kamar Keluarga dengan pihak manajemen Kamar Keluarga. Tujuannya adalah agar terjalin keakraban sehingga benar-benar seperti keluarga sendiri. Kamar Keluarga memberikan berbagai seminar edukasi dengan berbagai tema setiap bulannya tanpa dipungut biaya. Konsep ini merupakan salah satu nilai tambah untuk hunian co-living Kamar Keluarga yang turut memberikan edukasi kepada penghuninya;

3. Kamar Keluarga Lini yaitu vertikal bisnis yang memanfaatkan lokasi dan demand dari konsumen KK yang dibangun di atas properti tersebut yang terdiri dari:
- Laundry keluarga bagi seluruh tamu dan tenant kost
- Warung keluarga yang terletak di setiap lokasi kosan/ property KK
- Restaurant, salah satunya resto seafood di Fatmawati
- Laundry untuk linen, dikembangkan untuk membantu hotel-hotel di sekitar lokasi;

4. Kamar Keluarga Development adalah pilar yang memaksimalkan sisa ruang yang diakuisisi oleh KK untuk pembangunan kost, dengan membangun rumah minimalis seluas 3 x 12 meter hingga 3 x 15 meter di lahan yang tersisa setelah pembangunan kamar kost. Dengan demikian, memberi peluang kepada para milienial ini untuk memiliki rumah pribadi, yang murah, minimalis dan terjangkau.

5. Kamar Keluarga Asset adalah pilar yang membantu para investor baru yang muda maupun tua yang belum pernah berbisnis properti, yakni dalam memilih lahan, membangun dan mengelola properti tersebut hingga menghasilkan passive income untuk para investor.

Kamar Keluarga tidak hanya menyediakan hunian co-living yang bisa disewa perbulan saja tapi juga menyediakan kamar untuk disewa harian dengan harga sangat terjangkau.

Kamar Keluarga Ungaran 21, Hunian Co-Living Yang Nyaman di Jakarta Selatan

Kamar Keluarga Ungaran 21 Jakarta Selatan

Kamar Keluarga dapat diakses melalui laman webnya. Untuk memperoleh informasi apakah ada kamar yang tersedia beserta harga dan fasilitas yang ada, kita dapat mengunjungi web Kamar Keluarga. Begitu juga jika kita ingin memesan kamar di Kamar Keluarga.

Web Kamar Keluarga

Cara memesan atau booking Kamar Keluarga sangat mudah. Tanpa perlu ribet dan sangat praktis. Kebetulan beberapa hari lalu, saya berencana untuk menginap di Kamar Keluarga yang berlokasi di sekitar  Setiabudi atau Kuningan, Jakarta Selatan. Saya pun membuka web Kamar Keluarga lalu memilih kamar hotel, setelah itu menentukan lokasi dimana saya akan menginap.


Saya memilih untuk menginap di Kamar Keluarga Jl. Ungaran 21, Jakarta Selatan. Setelah membaca keteramgan mengenai Kamar Keluarga Ungaran 21, saya lalu memesannya melalui nomer whats app yang tersedia. Kamar Keluarga Ungaran 21 ditawarkan dengan harga Rp.155.000,- permalam. Fasilitas yang tersedia di Kamar Ungaran 21 meliputi kamar AC, lemari pakaian, televisi, meja kecil, kamar mandi pribadi dan koneksi wifi. Untuk saya, fasilitas tersebut cukup lengkap dan sesuai kebutuhan saya.

Setelah proses pemesanan melalui whats app selesai, maka keesokan harinya saya datang langsung ke Kamar Keluarga 21 Ungaran untuk menginap. Sebenarnya saya sudah bisa cek in mulai jam 14.00 siang, namun dikarenakan harus menyelesaikan pekerjaan terlebih dulu, saya baru bisa datang ke Kamar Keluarga Ungaran 21 sekitar jam 17.30 sore. Proses cek in, tidak memerlukan waktu lama. Setelah beres urusan administrasi, saya diberikan kertas kecil yang berisi catatan kamar nomer berapa beserta password wifi dan pasword pintu pagar.

Pertamakali menginjakkan kaki ke Kamar Keluarga  Ungaran 21, terasa sekali suasana nyaman dan aman. Pintu pagar dilengkapi oleh kode keamanan sehingga hanya orang-orang yang mengetahui password pintu pagar saja yang bisa masuk ke dalam lingkungan hunian co-living Ungaran 21.

Harga sewa hunian co-living Kamar Keluarga Ungaran 21 Setiabudi berkisar 2,6 juta perbulan. Harga yang pantas dan terjangkau untuk kamar kost yang memiliki fasilitas layanan yang lengkap dan nyaman. Ditunjang pula oleh letaknya yang sangat strategis. Dekat dengan pusat kota, stasiun kereta Sudirman, Manggarai ataupun Cikini dan transportasi umum lainnya.

Saat menginap di Kamar Keluarga Ungaran 21



Read more

Kamis, 14 November 2019

Soft Pastel Art Starter Kit Faber Castell, Teman Dikala Jenuh Melanda


Faber Castell Boutique Plaza Senayan

Aktivitas Menggambar Dan Stress

Setiap orang pasti pernah dong merasa galau, bosan dan jenuh? Nah kalau perasaan menyebalkan itu menghampiri, apa saja sik yang kalian lakukan untuk menghalau rasa-rasa tersebut? Kalian pasti punya cara-cara tersendiri dong untuk mengatasi perasaan tidak nyaman tersebut?! Begitu juga dengan saya. Kalau rasa jenuh dan galau melanda, saya punya cara khusus untuk mengatasinya.

Connector Pen Faber Castell

Biasanya saya mainan crayon atau connector pen,  menggambar lalu mewarnainya wkwkwk. Meski seringnya sih enggak jelas itu gambar apa huahaha. Yang penting corat coret pake alat gambar aja. Setelah puas ngurek-ngurek warna, perasaan pun jadi plong dan terasa lebih segar. Saya pernah membaca disebuah surat kabar yang mengatakan bahwa berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, mewarnai atau menggambar dapat merelease stress. Dan saya sudah membuktikannya sendiri. 

Mewarnai dan menggambar dengan crayon atau pastel, dapat mengatasi rasa jenuh yang saya rasakan. Awalnya, saya sempat meragukan apakah benar aktivitas menggambar dan mewarnai dapat mengurangi tingkat stress yang diderita? Setelah saya melakukannya, saya pun meyakini bahwa aktivitas "ngurek-ngurek" crayon atau pastel dapat menjadi "pelepasan" emosi negatif yang ada dalam diri saya.

Saya sempat bertanya pada seorang teman yang berprofesi sebagai psikolog mengenai hal ini dan Si Teman ini mengatakan bahwa aktivitas mewarnai dan menggambar memang dapat mengatasi perasaan tertekan serta melepaskan emosi-emosi negatif yang ada dalam diri. 

Saya juga bertanya bagaimana kalau tidak bisa menggambar? Atau kemampuan "mewarnainya" buruk? Dan Si Teman menjawab bahwa hal tersebut tidak perlu dibawa pusing. Mau bagus atau jelek hasil menggambar atau mewarnai, hal itu bukanlah tujuan dari aktivitas menggambar atau mewarnai yang dilakukan. Karena tujuan utamanya adalah merelease stress dan melepaskan emosi-emosi negatif melalui aktivitas tersebut. Jadi ga usah diribetin deh apakah kita punya kemampuan menggambar atau gak. Yang terpenting kita dapat melepaskan "emosi negatif" yang kita rasakan.

Awalnya, saya menggunakan crayon milik anak saya yang saat itu berusia 4 tahun. Setelah keasikan mainan crayon dan pensil warna, saya mulai iseng melirik produk-produk menggambar dan mewarnai yang ada di toko buku langganan. Saya sengaja membeli connector pen Faber Castell. Cukup lama juga saya menggunakannya sebelum saya mengenal soft pastel Faber Castell.

Soft Pastel, Alat Gambar Faber Castell

Soft pastel Faber Castell

Pastel adalah salah satu alat gambar yang paling mudah untuk dieksplorasi. Pastel memiliki jenis yang berbeda-beda yang akan memberikan hasil yang berbeda pula. Ada pastel soft, sedang dan keras. Hasil dari goresan pastel ini yang akan menghasilkan karya atau goresan warna yang bervariasi satu dengan lainnya.

Pastel adalah alat gambar yang cukup mudah untuk digunakan. Mirip ketika kita menggunakan pensil. Tinggal gunakan ujung pastel untuk membuat garis dan menggerakkan lengan agar diperoleh gambar yang lebih luwes. Untuk membuat gambar tampak lebib tebal atau tipis, tinggal disesuaikan saja keras atau lembut menggunakannya. Intinya mudahlah untuk menggunakan pastel ini dan bisa dibuat suka suka hati saja.

Malahan akhir-akhir ini, saya sedang senang menimpa nimpa warna. Pokoknya suka-suka hati saya aja lah wkwkwk. Oh ya patut untuk diketahui nih, salah satu kelebihan pastel dibandingkan dengan media gambar lainnya adalah tekstur warna yang bisa kita peroleh. 

Salah satu metode terbaik untuk mendapatkan tekstur ini adalah dengan menggoreskan pelan pelan lapisan warna lain diatas gambar yang sebelumnya sudah kita warnai. Dengan menggoreskan pastel yang paling lunak, kita dapat menciptakan warna baru dengan kesan patah-patah. Pilihan warna yang tepat, akan menghasilkan warna lain dengan tekstur menawan.

Sejak mengetahui kalau pastel lebih mengasikan dan mudah digunakan daripada jenis alat gambar/mewarnai lainnya, saya pun enggan beralih. Saya dapat mengeksplor imajinasi saya melalui pastel yang saya mainkan diatas kertas gambar.

Dikala saya sedang suka-sukanya mainan pastel, saya mendapat kesempatan untuk hadir dalam acara workshop yang diadakan oleh Faber Castell di Faber Castell Boutique Plasa Senayan. Senang banget rasanya.

Soft Pastel Art Workshop

Workshop Soft Pastel Faber Castell

Workshop Faber Castell kali ini terasa istimewa untuk saya. Istimewa karena saya memperoleh kesempatan untuk menggunakan satu set alat gambar yang sempat saya pegang-pegang dihari sebelumnya, ketika saya melipir ke toko buku langganan. Namun sedikit berbeda dengan yang saya pegang waktu itu, soft pastel gold Faber Castell (kalau saya ngga salah ingat xixixi).  Kalau yang saya gunakan pada workshop, Soft Pastel Art Starter Kit.

Soft Pastel Art Starter Kit Faber Castell

Soft Pastel Art Starter Kit terdiri dari :
- Transparant Casing;
- Creative Studio Soft Pastels Mini Cardboard Box of 24; 
- Eraser Pencil Perfection 7058B with brush Latex-free
- Eraser;
- Kneadable Eraser in Plastic Box;
- Stencil;
- Pastel Art Paper, 8 pieces each (15x15cm dan 5,7x15cm).

Menggambar dengan Soft Pastels Art benar-benar bikin happy. Gak usah ragu dan takut menggunakannya karena soft pastel ini mudah sekali untuk dihapus dan dibersihkan. Apalagi yang starter kit ini, lengkap dan mempermudah kita dalam bermain warna.

Sebelum memulai aktivitas menggambar dengan menggunakan Soft Pastels Art, terlebih dulu kita siapkan meja sebagai alas untuk menggambar. Kertas khusus yang sudah disiapkan, terlebih dulu ditempelkan pada meja dengan menggunakan solasi pada bagian pimggirnya. Kemudian, kita siapkan kertas putih, bisa hvs atau kuarto sebagai wadah untuk mengerik pastel sebelum digoreskan pada kertas gambar.


Read more

Masak Aman Bersama BrightGas, Keceriaan Kehangatan Keluarga

Salah satu LPG di Indonesia, BrightGas

Di Indonesia, kita mengenal beberapa jenis bahan bakar untuk memasak. Salah satu yang paling banyak digunakan saat ini adalah Liquified Petrolium Gas (LPG). Bahan bakar memasak yang satu ini, memungkinkan bahan masakan untuk lebih cepat matang, dibandingkan jika memasak dengan menggunakan bahan bakar minyak tanah atau kayu bakar. 

Pada awal penggunaan LPG, tak sedikit pula masyarakat Indonesia yang merasa takut untuk menggunakannya. Termasuk saya xixixi. Bahkan sampai saat ini pun, saya belum berani memasang tabung gas sendiri. Saya sering didera rasa takut jika mulai mencium bau gas. Padahal nih menurut Mba Anggi Paramitha, Officer LPG Brand Management BrightGas, Pertamina sengaja membuat "aroma khas" LPG agar dapat dideteksi jika terjadi kebocoran atau pemasangan selang regulator yang kurang tepat. Meskipun sudah mengetahui alasannya mengapa LPG terkadang mengeluarkan bau, saya tetap merasa takut.

Penggunaan LPG di Indonesia sebenarnya sudah dijamin segi keamanan pemakaiannya. Pemerintah melalui Pertamina, seringkali menekankan untuk selalu menggunakan LPG yang dijual oleh Pertamina dan distributor resminya. Begitu pula dengan regulator dan selangnya, selalu dihimbau untuk menggunakan yang memiliki label SNI. Pertamina menghadirkan dua jenis LPG yaitu Elpiji dan BrightGas.

Masak aman bersama BrightGas

BrightGas dihadirkan Pertamina dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan LPG yang lebih aman, ringan, praktis serta lebih terjangkau harganya.Elpiji pun dirancang sedemikian rupa sehingga aman digunakan namun Elpiji, khususnya yang 3kg, sebenarnya diperuntukan untuk keluarga tidak mampu. Sedangka  Elpiji ukuran 12 kilo memiliki berat yang lumayan menguras tenaga saat mengangkatnya ketika proses pembelian sehingga dirasa kurang praktis bagi wanita dan ibu rumah tangga.

Didorong oleh kondisi tersebut, Pertamina mengeluarkan BrightGas. LPG yang memiliki tabung berwarna pink. Kenapa pink? Karena warna ini identik dengan warna perempuan yang menjadi target pemasaran dari BrightGas. Kenapa perempuan yang menjadi target BrightGas? Karena perempuanlah yang bertugas untuk memasak makanan di keluarga.

Keunggulan BrightGas

BrightGas memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh Elpiji, diantaranya, yaitu:
1. BrightGas dilengkapi dengan Double Spindle Valve System (DSVS) berkatup dua atau ganda. Karena concern pertama dari Pertamina dalam penggunaan LPG adalah masalah kebocoran. Double katup ini akan melindungi dari kebocoran secara lebih maksimal. Contohnya jika ada katup yang bocor maka masih ada satu katup lagi yang berfungsi untuk melindungi. Dengan double katup ini membuat BrightGas jadi lebih aman untuk digunakan dalam memasak sehari-hari;

2. DSVS memiliki dua pengaman diatas dan bawah sehingga mengurangi potensi kebocoran gas karena kerusakan kepala tabung;

3. BrightGas memiliki segel pengaman yang dipatenkan berupa hologram. Hologram ini menjamin keaslian gas yang dibeli. Hal ini bertujuan agar konsumen tidak mendapatkan LPG oplosan;

4. BrightGas lebih nyaman dengan desain yang responsif. BrightGas tersedia dalam pilihan 12kg, 5,5kg dan kemasan terbaru yaitu BrightGas Can 220gr;

5. BrightGas yang asli produksi Pertamina, ada tulisan Pertamina dan LPG. Tulisan ini dibuat dengan teknologi Optical Colour Switch. Hologram akan berubah warna jika terkena cahaya serta akan meninggalkan bekas pola tertentu setelah stiker hologram dilepas. Hologram inilah yang menjamin keaslian LPG BrightGas;

6. BrightGas mempunyai QR Code untuk memindai kode guna memperoleh informasi detil mengenai BrightGas tersebut. Informasi seperti dimanakah BrightGas tersebut diisi dan berapa jumlah isinya. Kode QR dan hologram memiliki tujuan yang sama yaitu supaya konsumen memperoleh keamanan, rasa nyaman dan bebas dari rasa was was dan ketakutan apakah LPG yang digunakan asli dari Pertamina atau oplosan.

Menyinggung soal warna tabungnya, BrightGas memiliki maksud dan alasan mengapa mengunakan warna pink. Warna pink memiliki kesan dan makna menyebarkan semangat keceriaan kehangatan keluarga dalam memasak. Warna pink juga senada dengan fitur tabung yang modern serta memiliki jiwa perempuan yang smart, dinamis, modern serta ingin selalu memberikan kehangatan bagi keluarga tercinta.

BrightGas Can, Produk BrightGas Terbaru

BrightGas Can 220 gram

BrightGas Can merupakan produk BrightGas terbaru yang belum lama dihadirkan oleh Pertamina sebagai produsen BrightGas. BrightGas Can dengan isi 220gram akan membuat aktivitas memasak menjadi lebih nyaman dan terjangkau. Dengan BrightGas Can, kita dapat memasak ditempat yang kita kehendaki misalnya saat berkemah ataupun di halaman belakang rumah sembari menikmati hembusan angin sepoi-sepoi.

Dengan isi sebesar 220gr, LPG ini gampang banget untuk ditenteng kemana-mana. Praktis dan mudah dibawa. Yups, tentu saja bersama dengan kompor portable sebagai pasangannya.

Harga BrightGas Can jauh lebih terjangkau dan ekonomis. BrightGas Can ini dapat digunakan untuk indoor cooking, outdoor cooking dan dapat digunakan dalam aktivitas yang membutuhkan bahan bakar LPG dalam kemasan kaleng. Cara penggunaan BrightGas Can ini pun cukup mudah dan aman.



Kelihatan Cerdasnya Bersama BrightGas

Kelihatan Cerdasnya Bersama BrightGas

Dalam rangka lebih memperkenalkan varian terbarunya, BrightGas pada tanggal 31 Oktober 2019 kemarin, mengadakan acara "Kelihatan Cerdasnya Bersama BrightGas". Acara ini selain memperkenalkan varian terbaru BrightGas yaitu BrightGas Can 220gr juga bertujuan untuk memberikan edukasi seputar penggunaan bahan bakar LPG terutama BrightGas yang belum banyak dikenal masyarakat.

Acara yang dihelat di Hotel Grandhika Iskandarsyah ini menghadirkan Anggi Paramitha (Officer LPG Brand Management BrightGas) dan Chef Deny Gumilang, seorang koki yang sangat akrab dengan perlengkapan masak dan pengguna LPG.

Mba Anggi dibantu oleh Mas Ade, salah satu karyawan resmi distributor  BrightGas, memberikan penjelasan seputar BrightGas pada para perempuan yang hadir pada acara " Terlihat Cerdasnya Bersama BrightGas"

Sebagai seorang ibu yang setiap hari harus memasak untuk keluarganya yaitu anak dan suaminya, kenyamanan merupakan syarat utama dalam memilih bahan bakar LPG yang digunakan sehari-hari dalam memasak. Setelah mendengarkan penjelasan dari Mas Ade dan Mba Anggi, saya jadi semakin tertarik untuk menggunakan BrightGas dan stop penggunaan tabung hijau 3kg Elpiji karena tabung gas ukuran 3kg tersebut, khusus diperuntukan bagi masyarakat kurang mampu atau keluarga miskin.

Demo cara memasang gas

Read more

Rabu, 13 November 2019

Program Desa Cahaya Budidaya Rumput Laut YBM PLN di Kepulauan Seribu

Laut Indonesia yang indah

"Nenek moyangku orang pelaut
Gemar mengarung luas samudra
Menerjang ombak tiada takut
Menempuh badai sudah biasa (lirik Nenek Moyangku Seorang Pelaut)"
Indonesia merupakan negara yang berada diantara dua benua dan dua samudera. Secara geografis, Indonesia merupakan negara kepulauan dengan dua pertiga luas lautan lebih besar daripada daratan. Indonesia memiliki kurang lebih 17000 ribu pulau dengan garis pantai sepanjang kurang lebih 95000KM. Hal ini yang membuat Indonesia menempati urutan kedua setelah Kanada sebagai negara yang memiliki garis pantai terpanjang di dunia. 

Luasnya wilayah lautan yang lebih luas daripada daratan, menjadikan laut Indonesia memiliki potensi sumber daya alam yang besar untuk menyokong kehidupan rakyatnya. Laut Indonesia menyimpan kekayaan dan keindahan yang luar biasa. 

Budidaya Rumput Laut di Kepulauan Seribu

Berbicara mengenai Indonesia sebagai negara kepulauan yang memiliki lautan yang luas, pikiran saya langsung teringat pada satu pulau yang terletak tak jauh dari ibukota dan masuk dalam wilayah teritori DKI Jakarta. Pulau tersebut adalah Kepulauan Seribu. Cukup lama pula saya beranggapan kalau Pulau Seribu hanyalah "pulau" yang biasa saja. Enggak ada istimewanya. Pulau kecil ini ternyata memiliki keindahan dan menyimpan kekayaan alam yang tak sedikit. 

Pulau Seribu terletak di sekitar 45 KM sebelah utara Jakarta, tepatnya di Teluk Jakarta bagian sebelah utara. Pulau Seribu dapat diakses melalui beberapa tempat yaitu Kali Adem, Muara Baru dan Marina Ancol. Kepulauan Seribu memiliki kota administratif yang berada di Pulau Pramuka. Sebagian besar penduduknya bermatapencaharian sebagai nelayan dan ada pula yang bekerja sebagai buruh.

Pada sekitar tahun 80'an, penduduk Kepulauan Seribu mengembangkan usaha budidaya rumput laut. Pada saat itu, budidaya rumput laut di Kepulauan Seribu menunjukkan hasil yang menggembirakan sehingga banyak masyarakat setempat yang melakukan usaha tersebut.

Bisa dikatakan, sekitar tahun 1980 sampai 1990-an, budidaya rumput laut mendominasi mata pencaharian di Kepulauan Seribu. Rumput laut berhasil menyokong kehidupan mereka dan masyarakat Kepulauan Seribu memperoleh keuntungan yang cukup tinggi karena hasil panen rumput laut yang sangat melimpah.

Rumput laut yang mereka budidayakan tersebut kemudian mereka olah dan dijadikan berbagai produk makanan seperti dodol dan rumput laut kering. Penduduk setempat menjajakan aneka olahan rumput laut pada wisatawan yang berkunjung di Pulau-Pulau yang menjadi tujuan wisata utama di Kepulauan Seribu seperti di Pulau Pramuka, Pulau Pari, dan Pulau Tidung. 

Rumput laut merupakan salah satu komoditas hasil laut yang menjadi salah satu komoditas ekspor Indonesia. Beberapa daerah di Indonesia seperti di Pulau Rote pun mengembangkan budidaya rumput laut karena memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Potensi dan kualitas rumput laut Indonesia serta produk turunannya sangatlah luar biasa. Hal inilah yang menjadikan rumput laut Indonesia cukup diminati oleh pasar dunia. Indonesia hingga saat ini telah cukup banyak mengekspor rumput laut ke luar negeri.

Rumput laut menjadi salah satu komoditas penting perikanan Indonesia yang berpotensi tinggi untuk dikembangkan. Oleh karena itu, pemerintah dan instansi terkait terus berupaya untuk meningkatkan budidaya rumput laut di sejumlah daerah pantai dan laut di Indonesia. 

Rumput laut

Rumput laut merupakan makro alga yang termasuk dalam divisi Thallophyta, yaitu tumbuhan yang mempunyai struktur kerangka tubuh yang terdiri dari batang/thalus serta tidak memiliki daun dan akar. Jenis rumput laut yang banyak terdapat di perairan Indonesia adalah Gracilaria, Gelidium, Eucheuma, Hypnea, Sargasum, dan Tubrinaria. Di Indonesia ada lima daerah yang mendominasi budidaya rumput laut yaitu NTB, NTT, Maluku, Sulaewesi Tenggara dan Bangka Belitung. 

Lalu bagaimana dengan budidaya rumput laut di Kepulauan Seribu? Inilah yang sangat disayangkan. Budidaya rumput laut di Kepulauan Seribu mengalami kondisi yang menyedihkan. Tepatnya pada akhir tahun 2000, yang diawali dengan adanya krisis moneter pada tahun 1998, budidaya dan pengolahan rumput laut di Kepulauan Seribu mulai mengalami penurunan yang signifikan. Bahkan dapat dikatakan usaha budidaya rumput laut di Kepulauan Seribu berada dalam kondisi sekarat. 

Area Budidaya Rumput Laut di Kepulauan Seribu

Disaat daerah lain mengalami perkembangan yang positif, budidaya rumput laut di Kepulauan Seribu berada diambang "kematian". Kondisi usaha budidaya rumput laut yang "sekarat" di Kepulauan Seribu dikarenakan adanya penurunan kondisi lingkungan terutama limbah dari sungai yang berada di sekitar Kepulauan Seribu yang terbawa arus dan mengotori perairan Kepulauan Seribu yang dijadikan lahan untuk budidaya rumput laut. Sedahsyat itulah dampak negatif sampah atau limbah yang terbawa arus dan mengotori lautan. Limbah tersebut mematikan biota laut termasuk rumput laut.

Program Desa Cahaya Budidaya Rumput Laut YBM PLN dan Nirunabi Foundation di Kepulauan Seribu

Peluncuran Program Desa Cahaya Budidaya Rumput Laut Kepulauan Seribu

Kondisi budidaya rumput laut yang memprihatinkan yang terjadi di Kepulauan Seribu membuat beberapa pihak menaruh perhatian dan berupaya untuk memperbaiki kondisi tersebut. Yayasan Baitul Maal PLN (YBM PLN) bekerjasama dengan Nirunabi Foundation menjadi salah dua pihak yang berupaya untuk membantu para petani rumput laut yang berada di Kepulauan Seribu untuk bangkit kembali. 

Pada tanggal 6 November 2019 yang lalu, YBM PLN bersama Nirunabi kembali menjejak manfaat dengan mengadakan peluncuran program Desa Cahaya Budidaya Rumput Laut di Kepulauan Seribu yang berlokasi di Pulau Panggang Kepulauan Seribu.

Program Desa Cahaya Budidaya Rumput Laut YBM PLN dan Nirunabi Foundation merupakan serangkaian program yang digagas YBM PLN untuk membangkitkan kembali usaha budidaya rumput laut di Kepulauan Seribu yang hampir mati. Kegiatan ini diisi dengan beberapa pelatihan mengenai pengelolaan dan pengolahan rumput laut oleh para ahlinya dan pendampingan berkala yang dilakukan YBM PLN bersama Nirunabi. Pelatihan yang diberikan diantaranya yaitu pelatihan pemberdayaan rumput laut yang disampaikan oleh perwakilan dari LIPI dan bagaimana cara mengolah rumput laut menjadi produk yang inovatif dan kekinian.


Pelatihan pengolahan dan budidaya rumput laut

Menurut Pak Riky Bagus, Manager Pendistribusiann dan Pendayagunaan YBM PLN, program ini bertujuan untuk mengembalikan semangat serta memberikan kemampuan para petani rumput laut Kepulauan Seribu dalam membudidayakan serta mengolah rumput laut sehingga budidaya rumput laut di Kepulauan Seribu dapat "hidup" kembali.

Bapak Riky Bagus (rompi cokelat)

Hal senada juga ditegaskan oleh Syarif, salah seorang amil pemberdayaan dan pendistribusian YBM PLN. Program Desa Cahaya ini diharapkan mampu membantu meningkatkan taraf kesejahteraan ekonomi masyarakat Kepulauan Seribu.

Dalam acara peluncuran program Desa Cahaya Budidaya Rumput laut Kepulauan Seribu, diadakan pula penanaman bibit rumput laut oleh YBM PLN, Nirunabi Foundation selaku mitra dari YBM PLN dan para petani yang tergabung dalam program Desa Cahaya Budidaya Rumput Laut Kepulauan Seribu.

Saya yang hadir dalam acara peluncuran program tersebut, ikut pula menyaksikan proses penanaman rumput laut. Area budidaya rumput laut berada di tengah laut Teluk Jakarta (Kepulauan Seribu). Ini adalah pertamakalinya saya melihat secara langsung bagaimana caranya menebar benih rumput laut. 

Penanaman bibit rumput laut

Merangkai bibit rumput laut yang hendak ditanam di laut

Ternyata rumput laut yang akan dijadikan benih atau bibit tersebut, dirangkaikan satu persatu dengan menggunakan tali dan kemudian diletakkan di area budidaya yang berada ditengah lautan, tepatnya diperairan yang tenang dan tidak ada ombaknya. Saya pun terkesima dengan lokasi budidaya rumput laut yang sangat indah.

Melalui obrolan singkat dengan petani rumput laut yang terjadi di atas kapal, saya mengetahui bahwa yang dibutuhkan oleh para petani rumput laut Kepulauan Seribu adalah pendampingan dan tempat untuk memasarkan produk rumput laut yang mereka hasilkan. Oh ya hampir saja saya lupa. Rumput laut ini dapat dipanen hasilnya setelah 40 hingga 45 hari setelah penanaman.

Program Desa Cahaya Budidaya Rumput Laut YBM PLN, untuk tahap pertamanya ini, memberikan pendampingan terhadap sekitar 100 orang petani rumput laut yang terbagi menjadi 5 kelompok. Pendampingan dilakukan sejak proses penanaman sampai pemasaran. Pada tahap awal ini, YBM PLN memberikan bantuan berupa 5 kapal siap pakai untuk 5 kelompok petani yang menjadi binaannya tersebut. Pembinaan dan pendampingan terhadap 100 orang petani rumput laut yang menerima manfaat dari YBM PLN dilakukan oleh Nirunabi Foundation sebagai mitra YBM PLN.

Semoga program ini benar-benar dapat menjadi solusi yang dibutuhkan oleh para petani rumput laut Kepulauan Seribu. Sehingga rumput laut dari Kepulauan Seribu dapat menjadi komoditi yang mampu menembus pasar dunia. Aamiin.

Saya dan rumput laut

Read more

Minggu, 10 November 2019

Mengenal Parkinson dan Gejalanya

RS Premier Jatinegara

Menjadi tua merupakan sebuah hal yang pasti akan dialami oleh setiap orang yang diberikan kesempatan panjang umur oleh Tuhan. Mungkin hampir semua orang berharap hidupnya akan diberi umur yang panjang dan menikmati masa tuanya. Satu pertanyaan yang sering muncul dalam benak saya adalah seperti apakah masa tua saya nanti? Apakah masa tua yang bahagia? Ataukah masa tua yang penuh dengan "ujian hidup" berupa penyakit? 

Untuk hal yang kedua, sungguh saya berdoa agar tidak diberikan masa tua seperti itu. Saya ingin menikmati masa tua yang tidak merepotkan anak cucu saya. Karena itu sebisa mungkin, saya mempersiapkan "masa tua" saya sejak dini sebaik-baiknya. Seperti mulai beralih menerapkan pola hidup sehat, pelan-pelan meninggalkan kebiasaan jelek saya yang semenjak kuliah saya lakukan yaitu begadang, berupaya untuk mengendalikan tingkat stress dan merencanakan dana untuk masa tua saya nanti. 

Saya tidak ingin melewatkan masa tua saya sebagai seorang pasien penyakit serius seperti penyakit jantung, diabetes atau penyakit degeneratif lainnya. Apalagi ayah saya seorang penderita diabetes dan Om saya meninggal karena penyakit parkinson. Menurut keterangan dokter yang merawat ayah saya, sebagai anggota keluarga yang berasal dari keluarga dengan riwayat penyakit degeneratif, saya memiliki resiko yang lebih tinggi untuk terkena penyakit tersebut dibandingkan dengan orang lain yang tidak memiliki riwayat penyakit degeneratif.

Semenjak mengetahui bahwa penyakit parkinson adalah penyakit degeneratif, saya berupaya untuk menggali lebih dalam lagi mengenai penyakit parkinson. Penyakit yang juga diderita oleh petinju legendaris Mohammad Ali.

Seminar Blogger dan Vlogger Mengenal Parkinson di RS Premier Jatinegara

Klinik Parkinson dan Gangguan Gerak RS Premier Jatinegara
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diketahui Pada tahun 2016 jumlah penderita parkinson sekitar 6,3 juta orang, saat ini sekitar 9 juta dan pada tahun berikutnya akan cenderung terus meningkat jumlahnya. Penyakit parkinson biasanya terjadi pada usia 60 tahun keatas. Jarang terjadi dibawah usia 50 tahun kebawah meskipun ada juga penderita parkinson yang usianya dibawah 50 tahun.

Parkinson terus meningkat jumlah penderitanya karena angka rata-rata hidup manusia terus meningkat sehingga jumlah lansia meningkat sehingga resiko parkinson pun ikut meningkat. Fakta inilah yang menjadi perhatian pemerintah terutama di negara yang memiliki jumlah penduduk yang kian bertambah dan angka rata-rata hidup yang meningkat.

Parkinson akan menjadi masalah utama di sebuah negara termasuk Indonesia pada kemudian hari. Oleh sebab itu, pemerintah dan instansi terkait terus berupaya untuk mengendalikan penyakit parkinson ini. Terkait dengan penyakit parkinson ini, RS Premier Jatinegara kini menghadirkan Klinik Parkinson dan Gangguan Gerak sebagai salah satu upaya menyikapi kemungkinan terus bertambahnya jumlah penderita parkinson di tanah air.


Berkaitan dengan penyakit parkinson tersebut, pada tanggal 7 November 2019 kemarin, saya menghadiri acara Seminar Blogger dan Vlogger Mengenal Parkinson di RS Premier Jatinegara. Seminar tersebut menghadirkan dr. Sukono Djojoatmodjo, Sp.S.

dr. Sukono Djojoatmodjo, Sp.S

Menurut dr. Sukono, gejala utama penyakit parkinson dapat dikenali dengan adanya gangguan gerak seperti tremor atau gemetar, kekakuan pada anggota tubuh terutama wajah dan kelambanan gerak. Tremor merupakan gejala khas parkinson. Tremor hanyalah satu dari sekian gejala motorik yang dialami oleh penderita parkinson. Tidak semua orang yang mengalami tremor  menderita parkinson.

Penderita parkinson juga mengalami kekakuan gerak sehingga susah untuk menggerakan anggota tubuhnya dan mengalami kelambanan sehingga penderita parkinson akan lama sekali jika melakukan aktivitas sehari-hari seperti makan, mandi dan lain. Penderita parkinson juga mengalami kesulitan melangkah. Tremor yang dialami oleh penderita parkinson terjadi pada saat pasien istirahat atau dalam keadaan diam.

Selain adanya gangguan motorik yang dijadikan sebagai salah satu gejala dari penyakit parkinson, sebenarnya ada beberapa gejala non motorik yang dijadikan indikasi apakah seseorang memang benar menderita penyakit parkinson. Gejala non motorik ini yang terkadang tidak disadari atau terlewatkan baik oleh dokter maupun si penderita sendiri.

Gejala non motorik tersebut, yaitu: 
- gangguan penghidu;
- sulit buang air besar;
- depresi;
- mudah mengantuk;
- halusinasi;
- tekanan darah rendah;
- gangguan jiwa.

Seseorang yang mengalami parkinson, tidurnya terpotong-potong namun pada siang hari mudah sekali mengantuk. Penderita parkinson mengalami kesulitan dalam penciuman. Tidak dapat mencium bau-bauan. Inilah yang dimaksud dengan gangguan penghidu pada pasien parkinson.

Orang yang terkena parkinson, cenderung mengalami halusinasi dan depresi. Karena itulah, penderita parkinson membutuhkan dukungan penuh dari keluarganya. Kehadiran Klinik Parkinson dan Gangguan Gerak RS Premier Jatinegara dapat menjadi salah satu solusi untuk penderita parkinson dan keluarganya dalam menghadapi penyakit tersebut.

Seminar vlogger dan blogger mengenal parkinson



Read more