Lampung Krakatau Festival 2019, Wonderful Indonesia

Lampung Krakatau Festival 2019
Exited merupakan kata yang paling tepat untuk menggambarkan perasaan saya ketika diberitahu bahwa saya diberikan kesempatan untuk ikut menyaksikan acara Lampung Krakatau Festival 2019. Lampung Krakatau Festival 2019 diselenggarakan pada tanggal 23-25 Agustus 2019 di Bandar Lampung.

Sebelumnya, saya hanya mendengar ceritanya saja tentang keseruan Lampung Krakatau Festival. Event ini memang merupakan event tahunan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Lampung. Tahun ini saja merupakan tahun ke-29 dihelatnya Lampung Krakatau Festival. 

Saya sempat bertanya tanya sendiri apa sih istimewanya Lampung Krakatau Festival ini hingga kehadirannya disambut antusias warga Lampung dan sekitarnya. Lampung Krakatau Festival menjadi ajang mempromosikan kebudayaan masing-masing kota dan kabupaten yang berada di Lampung dan jadi suguhan yang sangat menarik.

Lampung Krakatau Festival memiliki tujuan mempromosikan Lampung terutama keindahan obyek wisata yang dimilikinya dan menjadikan kota ini menjadi salah satu tujuan wisata utama di Indonesia. Lampung sebagai kota pertama di Sumatra yang ditemui saat ingin bertandang ke Pulau Sumatra dari Pulau Jawa jika menempuh jalur darat, memiliki keyakinan bahwa kharisma kota ini akan mampu menjadikannya sebagai salah satu tujuan wisata utama dari para travelling dan wisatawan. 

Berdasarkan data yang ada, kunjungan wisatawan mancanegara ke Lampung pada tahun 2018 yang lalu, mencapai angka 274.000 orang. Sedangkan wisatawan lokal (dalam negeri) berkisar sekitar 13,9 juta orang. Jumlah yang lumayan untuk sebuah kota yang memiliki obyek-obyek wisata yang kini sedang digandrungi wisatawan. Dilatarbelakangi oleh cukup prospeknya obyek wisata di Lampung untuk dikunjungi oleh wisatawan, maka tak pelak lagi pemerintah daerah provinsi ini pun terus menggenjot sektor pariwisatanya.

Lampung Krakatau Festival 2019

Festival ini merupakan festival rutin yang diselenggarakan dan menjadi salah satu agenda rutin dari program 100 Kalender Acara Wonderful Indonesia. Program rutin yang dihelat oleh Kementrian Pariwisata Indonesia.

Lampung Krakatau Festival memiliki empat kegiatan utama yang meliputi:
- Pesona Kemilau Sai Bumi Ruwa Jurai;
- Expo Krakatau Lampung;
- Trip Krakatau;
- Karnaval Budaya dan Tapis Lampung. 
Pemda Lampung memiliki harapan yang besar terhadap event tahunan ini. Mereka sangat berharap, Lampung Krakatau Festival menjadi ajang promosi yang berpotensi untuk pariwisata yang dimiliki oleh kota yang menjadi pintu masuknya Pulau Sumatra ini.

Lampung Krakatau Festival 2019 (LKF 2019) dijadikan sebagai ikon pariwisata Lampung sekaligus menjadi branding yang mudah untuk dipromosikan baik di dalam negeri maupun luar negeri. Ketika orang mengingat LKF 2019 maka otomatis mereka langsung teringat akan pesona wisata Lampung. Perhelatan ini juga dijadikan daya tarik untuk menarik minat para wisatawan untuk lebih mengeksplorasi lebih mendalam lagi potensi wisata yang ada di Lampung.

Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung sesaat sebelum acara pembukaan LKF 2019 dimulai
LKF 2019 adalah pagelaran ke-29 yang dihelat sepanjang pelaksanaan Lampung Krakatau Festival. Festival tahunan ini merupakan parade kebudayaan yang berupaya untuk mengangkat kekayaan budaya dan tradisi yang dimiliki oleh Lampung. Perhelatan budaya ini menjadi ajang promosi pariwisata yang potensial untuk wisata-wisata yang dimiliki oleh setiap kabupaten dan kota yang berada di Provinsi Lampung.

Salah satu dari rangkaian acara pembukaan LKF 2019
Tahun ini, LKF diadakan di Lapangan Saburai, Bandar Lampung dan mengusung tema “Lampung, The Treasure of Sumatra". Serangkaian acara digelar di Lapangan Saburai. Berbagai booth yang menghadirkan berbagai macam komoditas Lampung ikut ambil bagian. Dan tahun ini, GRAB menjadi salah satu sponsor utama dari LKF 2019.

Pada malam pembukaan, saya sudah dibuat kagum oleh gemerlap acara. Panggung besar berdiri dengan megahnya di Lapangan Saburai dan Gubernur Lampung membuka secara resmi LKF 2019 yang disambut dengan antusias oleh warga Lampung dan cukup menyita perhatian para wisatawan yang sengaja bertandang ke Lampung untuk menyaksikan LKF 2019.

Pak Arief Yahya hadir dalam acara Karnaval Budaya dan Tapis Lampung
Pak Arif Yahya, Mentri Pariwisata hadir pada acara Karnaval Budaya dan Tapis Lampung. Karnaval Budaya dan Tapis Lampung ini merupakan parade budaya semua kabupaten dan kota yang ada di Lampung. Para pejabat dan undangan yang hadir pun mengenakan pakaian adat Lampung dan tapis. Tapis adalah kain khas Lampung. Parade budaya inilah yang dinantikan oleh warga Lampung karena mereka dapat menyaksikan berbagai pakaian kreasi dan pakaian adat semua kabupaten dan kota di Lampung.

Karnaval Budaya

Parade Budaya Tapis Lampung

Trip Krakatau 2019


Bagi saya pribadi, hal yang paling berkesan selama mengikuti Lampung Krakatau Festival 2019 adalah Trip Krakatau. Perjalanan melihat dan mengunjungi Gunung Anak Krakatau. Perjalanan yang ditempuh pun istimewa dengan menggunakan kapal milik ASDP dan melalui Dermaga Eksekutif yang berada di Bakauheni.

Saya terkesima dengan megahnya Dermaga Eksekutif Bakauheni ini. Meskipun belum 100% sempurna dibangun dan dikembangkan, Dermaga Eksekutif ini terlihat sangat nyaman dan memiliki fasilitas cukup lengkap. Bahkan memiliki arena permainan anak-anak yang cukup besar.

Perjalanan dari Dermaga Eksekutif Bakauheni menuju Gugusan Anak Krakatau ternyata lumayan lama juga. Sekitar 2-3 jam. Laju kapal yang cukup kencang membuat saya agak limbung pada 30 menit awal perjalanan. Untung saja saya bekal obat pusing sehingga bisa kembali menikmati perjalanan.

Sayang banget jika saya harus melewatkan keindahan alam selama perjalanan menuju Gugusan Anak Krakatau. Trip Krakatau 2019 ini sepertinya menjadi Trip Krakatau dengan peserta terbanyak, sekitar 730 peserta. Ibu Wakil Gubernur Lampung pun ikut serta dalam Trip Krakatau 2019.

Amazing dan Subhanallah merupakan kalimat yang tepat untuk menggambarkan betapa indahnya pesona alam di sekitar Gugusan Gunung Anak Krakatau. Anak Krakatau yang masih aktif mengeluarkan hawa panas menjadi tontonan yang amat memukau. Karena alasan keamanan, Trip Krakatau 2019 hanya memutari kawasan Gunung Anak Krakatau saja. Meski demikian, saya tetap merasa senang dapat melihat dari dekat Gugusan Anak Gunung Krakatau yang luar biasa indah dan memikat hati. Sungguh perjalanan tak terlupa dan berkesan. Smoga tahun depan, saya berkesempatan untuk ikut kembali menyaksikan Lampung Krakatau Festival dan menjejakkan kaki di Lampung lagi. Aamiin.

Gugusan Anak Krakatau

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Astra Financial Sponsor Utama GIIAS 2019

Pemeriksaan Prodia Prosafe NIPT, Deteksi Dini Kelainan Kromosom Pada Bayi

Penyakit Langka di Indonesia