Senin, 30 September 2019

Safi Age Defy, Skincare Halal Natural Teruji Untuk Cantik Sejatimu


Safi, Halal Natural Teruji
Memasuki usia 40, membuat saya sedikit dihinggapi kecemasan. Cemas akan beberapa hal yang sebenarnya berada diluar jangkauan saya sebagai manusia. Saya cemas memikirkan apakah hidup saya di dunia ini benar-benar bermanfaat dan bukan sekedar menghabiskan waktu yang ada. 

Saya juga dihampiri rasa takut apakah persiapan saya menuju hidup yang abadi sudah cukup dan tidak akan menghadirkan penyesalan. Dan satu hal yang seringkali membuat saya kepikiran sekaligus menjadi tidak percaya diri adalah rasa was was apakah kerut diwajah saya akan membuat saya kehilangan kecantikan sebagai seorang wanita. Meskipun saya ya enggak cantik cantik amat sik wekekek.

Sebenarnya yang menjadi kekhawatiran saya adalah penuaan dini. Saya takut bahwa wajah saya akan terlihat lebih tua daripada usia saya yang sebenarnya karena kulit saya kusam, ada flek hitam dan gejala penuaan dini lainnya.

Pernah nemuin kan wanita yang wajahnya terlihat lebih tua daripada usianya? Nah saya enggak mau seperti itu. Karena itu saya memilih untuk menjalani hidup sehat, menjauhi stress dan melakukan perawatan kulit wajah.

Untuk perawatan kulit wajah, saya juga gak mau sembarangan apalagi sampai termakan iklan produk skincare yang banyak banget seliweran di sosial media ataupun televisi. Saya juga enggak mudah percaya kalau produk skincare yang harganya mahal pasti bagus untuk perawatan kulit wajah saya. Saya meyakini bahwa memilih skincare itu lebih pada "cocok cocokan" atau "jodoh jodohan". 

Ada produk skincare yang harganya selangit dan banyak orang mengatakan bagus eh ternyata pas kita pakai malah menyebabkan kulit wajah kita mengalami gangguan ataupun tidak menunjukkan reaksi positif yang diharapkan. Namun pernah juga kejadian, produk skincare dengan harga murah eh malah cocok dikulit kita dan membuat kulit lebih glowing. Karena itulah dalam memilih produk skincare, kita enggak bisa mematok dari ukuran atau keberhasilan orang lain. Harus langsung kita coba sendiri.

Memilih Produk Skincare Halal

Produk skincare halal andalanku
Satu hal yang menjadi salah satu alasan mengapa saya memutuskan untuk menggunakan suatu merek produk skincare adalah produk tersebut haruslah halal dan tidak mengandung bahan-bahan yang membahayakan tubuh saya terutama kulit saya. Pasti muncul pertanyaan mengapa harus halal,kan tidak dimakan? Emang sih enggak dimakan tapi kan yah produk skincare itu  kita pakai dan menyerap dikulit wajah nah kalau bahan yang dipakai tersebut terbuat dari bahan-bahan yang mengandung najis otomatis tubuh saya terkena najis juga dan ujung-ujungnya saya tidak bisa menjalankan kewajiban saya sebagai seorang muslim yaitu sholat lima waktu. Disamping itu, haram hukumnya bagi seorang muslim untuk menggunakan bahan-bahan yang mengandung najis. 

Produk skincare yang dipakai hampir setiap hari adalah produk yang dirancang agar dapat diserap oleh kulit sehingga menimbulkan efekefek tertentu seperti membersihkan dan mencerahkan. Beberapa produk skincare dapat menyerap kulit hingga ke bagian terdalam atau inti kulit, sehingga terjadi penyerapan antara unsur yang satu dengan yang lainnya dan biasanya menghasilkan unsur baru yang dapat menggantikan unsur lama. 

Nah klo kita menggunakan produk skincare yang terbuat dari bahan yang mengandung najis maka unsur najis tersebut akan menyatu dalam tubuh kita dan belum tentu dapat dibersihkan dengan berwudhu. Untuk seorang muslim, kondisi seperti ini tidak boleh terjadi karena dapat menghalangi nilai ibadah terhadap Allah.

Oleh karena itu, saya selalu memilih dan menggunakan produk skincare yang sudah teruji kualitas dan kehalalannya. Jadi saya pun tenang dan tidak was was menggunakannya. Oh ya produk skincare halal adalah produk perawatan kulit yang tidak ada intifa' yakni pemanfaatan bahan dari babi atau bahan-bahan yang telah diharamkan dalam proses produksi dan pengolahan produk tersebut. Di Indonesia penetapan label halal dilakukan oleh LPPOM MUI dan tentunya produk skincare ini telah memiliki ijin edar BPOM RI.

Safi, Produk Skincare Halal dari Malaysia

Produk skincare halal yang saya pilih adalah skincare yang dibuat dengan teknologi mutakhir. Pilihan saya jatuh pada Safi, produk skincare halal nomer satu di Malaysia. Semua produk Safi telah diuji terlebih dulu di Safi Research Institute. Lembaga Penelitian Safi Malaysia yang telah berdiri sejak tahun 1984. Produk skincare Safi saat ini telah hadir di Indonesia dan menjadi solusi bagi kecantikan alami muslimah Indonesia. 

Lembaga penelitian Safi terus berinovasi menghadirkan produk skincare yang halal dan dibutuhkan oleh muslimah untuk mempertahankan kecantikan sejatinya. Ada lebih dari 100 ilmuwan yang bekerja untuk memahami kebijaksanaan usia perawatan yang berbeda-beda dan memadukannya dengan teknologi terbaik. Hal inilah yang telah membuat Safi menjadi produk skincare nomor satu di Malaysia.

Safi hadir di Indonesia sebagai skincare halal pertama yang dibuat dengan teknologi terkini dan diciptakan khusus untuk kulit Indonesia. Safi berupaya untuk memahami kebutuhan perawatan kulit wanita Indonesia. Termasuk kebutuhan perawatan kulit wanita "usia cantik" seperti saya. Wanita usia 40 tahun+. Belum lama ini, Safi hadir dengan produk terbarunya yang khusus diperuntukkan bagi wanita diatas 28 tahun yang mulai mengalami masalah-masalah kulit seperti flek hitam dan gejala penuaan dini lainnya. Rangkaian produk terbaru Safi tersebut dinamakan Safi Age Defy.

Safi Age Defy


Belum lama ini, Safi memperkenalkan produk barunya yaitu Safi Age Defy. Produk terbaru Safi ini mengandung Gold Extract dan Beetox Technology. Kedua formula ini menjaga dan merawat kulit wajah agar tetap sehat dan tetap terlihat cantik alami. 

Beetox Technology adalah bee venom (racun lebah) yang diformulasikan sesuai dosis yang tepat sehingga memiliki banyak manfaat untuk kulit. Saat diaplikasikan pada kulit wajah, beetox dapat memberikan manfaat kulit terasa lebih kencang dan kombinasinya dengan propolis yang dapat menutrisi kulit.

Gold extract dikenal sejak jaman dahulu kala dan dipakai oleh para bangsawan sebagai bahan perawatan kulit untuk memelihara keremajaan dan kecantikan kulit secara alami. Safi Research Institute memadukan kedua bahan tersebut dalam serangkaian produk Safi Age Defy yang khusus dipersembahkan untuk wanita menjelang "usia cantik".

Berkaitan dengan hadirnya Safi Age Defy, Safi mengadakan Safi Exclusive Launch dengan menghadirkan Beauty Vlogger, Tasya Farasya sebagai salah satu Beauty Influencer pengguna produk Safi. Tasya sengaja menggunakan Safi Age Defy varian Youth Elixir karena percaya bahwa produk terbaru Safi ini akan membantu mengatasi masalah kulit wajahnya.

Tasya Farasya 
Safi Age Defy Youth Elixir
Produk terbaru dari Safi ini, membantu menutrisi kulit wajah agar terjaga elastisitasnya dan tampak cerah berseri. Safi Age Defy Youth Elixir mengandung gold extract, beetox dan propolis. Safi Age Defy Youth Elixir memiliki manfaat untuk menutrisi dan memelihara elastisitas kulit, nembantu menyamarkan tanda-tanda penuaan serta membantu mencerahkan kulit wajah. Cara pakainya pun cukup mudah. Kocok terlebih dulu sebelum digunakan dan usapkan pada wajah dan leher, tepuk lembut sehingga produk meresap pada kulit secara sempurna dan merata.

Safi Age Defy Youth Elixir

Read more

Selasa, 24 September 2019

Siap Menantikan Haunted Coaster, Wahana Baru di Dunia Kartun Dufan Tempat Adu Adrenalin

Dufan, Dunia Fantasi Penuh Keajaiban

"De, Sabtu ini kita akan ke Dufan", ujar saya pada anak bungsu yang langsung disambut wajah sumringah penuh suka cita. Yups, anak bungsu saya suka sekali menikmati wahana permainan yang ada di Dunia Fantasi. Sebenarnya bukan hanya Si Bungsu saja yang gembira bermain di Dufan, ayah dan kakaknya pun tak jauh berbeda. Mereka selalu berbinar ceria saat diajak rekreasi ke Dufan. 

Dufan atau Dunia Fantasi merupakan theme park yang sanggup memanjakan imajinasi dan jiwa kanak kanak siapapun yang datang berkunjung. Dunia fantasi atau Dufan bagi saya adalah tempat menyenangkan yang mampu membangkitkan kenangan masa kecil. Kenangan indah yang penuh gelak tawa menaiki permainan-permainan yang ada di Dufan. Walau permainan yang ada waktu itu, tak selengkap dan semenarik sekarang. Namun tetap saja, Dufan menjadi tempat favorit untuk menikmati "masa kanak-kanak" yang penuh suka cita.

Hello Kitty, salah satu wahana di Dufan

Dufan dan Saya

Tidak pernah ada kata "bosan" atau "menjemukan" untuk menghabiskan waktu memanjakan kenangan masa kecil di Dufan. Sepertinya waktu sepanjang siang dan sore, enggak akan pernah cukup untuk memuaskan diri di Dufan. Apalagi Dufan selalu menghadirkan permainan-permainan baru yang selalu bikin penasaran dan menggoda untuk dimainkan. Dibandingkan dengan theme park lainnya yang ada di tanah air, saya dan keluarga tetap memilih Dufan diurutan teratas.

Dunia Kartun, Wahana Baru di Dunia Fantasi

Pintu gerbang Dufan yang baru

Hari Sabtu yang dinantikan pun tiba. Saya, suami dan kedua anak saya mengunjungi Dufan, entah ini yang keberapa kalinya wkwkwk. Kami termasuk orang yang sering melepaskan penat dengan bermain di Dufan. Menurut saya pribadi, sampai saat ini Dunia Fantasi (Dufan) masih menjadi tempat yang paling mengasikan untuk melepas penat karena rutinitas dan kerasnya kehidupan di kota Jakarta eaaaa.

Kali ini, ada yang berbeda dari Dufan. Saya dan keluarga masuk dari pintu gerbang utama yang baru. Lebih ikonik dan instagramable meski lumayan jauh juga jalannya tempat parkir. Saya lebih suka dengan gerbang utama ini, selain lebih seru untuk foto-foto, tempat antriannya pun lebih luas.

Sesuatu yang baru dari Dufan, ternyata gak hanya pintu gerbang utamanya saja, enggak jauh dari pintu masuk gerbang utama, pengunjung langsung disuguhkan pintu masuk Dunia Kartun. Dunia Kartun? Yups inilah area wahana baru di Dunia Fantasi. Dunia Kartun berada ditanah seluas 3 hektar dan memiliki 7 wahana permainan yang sudah dioperasionalkan untuk pengunjung yang datang ke Dunia Kartun Dufan.

Sarana yang ada di Dunia Kartun

Ketujuh wahana yang sudah dioperasionalkan adalah satu wahana remaja yang merupakan wahana ekstrim pertama di Asia yaitu Baling-Baling, dan enam wahana anak/keluarga yaitu Kolibri, Paralayang, Karavel, Turbo Drop, Zig-Zag, New Ontang-Anting. 

Semua permainan yang ada di Dunia Kartun dirancang khusus agar bisa dimainkan oleh anak-anak, remaja dan orangtua. Untuk seluruh anggota keluarga. Anak-anak dengan tinggi minimal 100cm sudah dapat menikmati petualangan permainan yang seru dan menantang adrenalin di Dunia Kartun.

Ontang anting yang tadinya hanya bisa dimainkan oleh remaja atau dewasa, sekarang bisa dimainkan oleh anak dengan didampingi orangtuanya. Karena kursi ontang anting dibuat dua pilihan, untuk sendiri dan dua seat yang bisa diisi anak dan pendamping.

Baling Baling

Baling-Baling
Baling-baling merupakan permainan yang dirancang untuk remaja dan orang dewasa karena tantangannya yang memacu adrenalin di ketinggian 30 meter. Wahana permainan ini mengayunkan pengunjung dan mendatangkan "sensasi tersendiri". Baling Baling memiliki kapasitas 30 orang.

Paralayang
Paralayang
Paralayang, wahana permainan yang memberikan sensasi seperti terbang dengan gerakan berputar. Wahana ini cukup sukses bikin jantung menari nari hahahaha. Tapi jangan salah, meskipun demikian, sekali mencoba Paralayang, ingin naik lagi dan lagi. Nagih banget. Permainan ini bisa digunakan untuk orang dewasa dan anak-anak. Paralayang cukup menarik minat pengunjung yang datang dan bermain di Dunia Kartun.

Turbo Drop
Turbo Drop
Turbo Drop ini mirip dengan Histeria, namun lebih rendah dan bisa dimainkan oleh anak-anak. Wahana permainan ini memberikan sensasi di hembuskan keatas setinggi 8 meter yang tidak hanya menyenangkan tapi tetap aman dimainkan semua umur. Turbo Drop memiliki kapasitas 8 orang. Kemarin, ada loh anak kecil yang nangis naik Paralayang ini. Namun pas waktu permainan usai, si anak enggak mau turun dari kursi wahana. Lah?? Bingung kan?! Hahahaha

Karavel
Karavel
Karavel atau galleon race merupakan wahana untuk anak –anak dengan sensasi melayang seperti gelombang di udara dengan pergerakan 360 derajat. Karavel memiliki kapasitas 24 orang.

Kolibri
Kolibri
Kolibri merupakan wahana permainan anak-anak yang menawarkan sensasi terbang seperti burung Kolibri. Permainan ini menawarkan visualisasi terbang yang dikendalikan atau dikemudikan penumpang sendiri dengan ride berputar 360 derajat dan gerakan naik-turun secara perlahan. Kolibri dapat menampung 28 orang penumpang dalam satu waktu permainannya. Anak-anak akan merasakan sensasi terbang bagai burung.

Zig Zag
Zig Zag
Zig Zag merupakan wahana untuk keluarga yang terdiri dari beberapa mobil yang bertenaga listrik. Wahana ini dimainkan dengan mengarahkan mobil untuk menghindari mobil lainnya. Permainan yang banyak diminati, terlihat dari antrian pengunjung yang padat. Permainan ini paling diminati diantara permainan lain yang ada di Dunia Kartun. Terlihat dari ramai dan sesaknya pengunjung yang antri permainan ini. Zig Zag memiliki kapasitas 20 mobil dalam satu kali waktu permainan. Anak saya enggak mau berhenti main Zig Zag ini. Bhom bhom car kalau anak saya bilang. Meskipun antriannya makin sore makin banyak, anak saya terus saja main Zig Zag ini. 5 kali dia main wahana ini.

New Ontang Anting
Wave swinger (ontang-anting) termasuk wahana yang populer dikawasan rekreasi yang diperuntukan bagi anak-anak dan remaja. Wahana ontang-anting ini bergerak 360 derajat sesuai arah jarum jam yang membuat pengunjung serasa melayang di udara. New ontang anting yang berada di Dunia Kartun ini memiliki kapasitas 56 orang.

Mencoba New Ontang Anting
Semua wahana permainan yang berada di Dunia Fantasi termasuk yang berada di Dunia Kartun telah lolos uji keamanan dan standarisasi internasional. Setiap pagi, sebelum arena permainan dibuka, petugas selalu melakukan pemeriksaan dan memastikan jika semua wahana permainan layak dan siap digunakan. Permainan di Dufan terjamin keamanannya dan theme park ini selalu berupaya untuk memberikan pelayanan yang terbaik dan nyaman bagi pengunjungnya.

Haunted Coaster, Wahana Baru di Dunia Kartun Pada Akhir Tahun 2019

Haunted Coaster, wahana baru Dunia Kartun Dufan pada akhir tahun

Pernah bayangin enggak? Naik roller coaster tapi barengan gitu jalannya. Gak cuma satu rangkaian rel saja yang dijalankan dalam satu waktu permainan tapi langsung tiga coaster dijalankan dalam satu waktu.

Gimana coba itu yah sensasinya? Terlebih lagi wahana permainan ini dirancang dengan tema perburuan. Kebayangkan serunya dan bikin jantung dag dig dug ser. Haunted Coaster, wahana permainan yang akan menghadirkan sensasi menegangkan tersebut, rencananya akan mulai dioperasionalkan pada akhir tahun ini, 2019 akhir. Wahana permainan ini akan semakin meramaikan Dunia Kartun.

Haunted Coaster terdiri dari 3 coaster yang akan jalan bareng rangkaiannya dan memiliki track terpanjang hingga 600km serta akan dinaikkan dan diturunkan setinggi 14m. Pengunjung akan mendapatkan Pengalaman berbeda saat menaiki roller coaster, karena wahana ini akan berdiri di bangunan indoor.

Perjalanan roller coaster yang bukan hanya memberikan pengalaman adrenalin namun juga memberikan kisah menarik untuk siapapun yang mencoba permainan ini. Coaster ini diproduksi oleh salah satu pembuat coaster di Eropa dan telah memenuhi syarat dan ketentuan internasional hingga nanti saat dihadirkan benar-benar aman dan nyaman digunakan. 


Saya saja enggak sabar rasanya untuk merasakan sendiri sensasi naik roller coaster tiga rangkaian dijalankan sekaligus dan ditambahkan dengan efek seolah olah ada yang mengejar-ngejar kita saat naik coaster tersebut. Wuiih pastinya akan seru dan menegangkan sekali kan?!

Dunia Fantasi melalui Dunia Kartun ini berupaya untuk terus berinovasi dan memberikan yang terbaik bagi pengunjungnya. Dufan pun terus berusaha untuk mengangkat konten anak bangsa.

Di Hello Kitty Dufan

Read more

Minggu, 22 September 2019

Wajah Baru Laman Berita Sekretariat Kabinet

Wajah baru laman berita Sekretariat Kabinet 

Apa yang pertamakali terlintas saat mendengar laman berita yang diusung oleh lembaga resmi pemerintah? Pasti langsung terlintas anggapan "kurang menarik tampilannya", "kaku gaya bahasanya, ini sih untuk orang jaman dulu", "beritanya kurang informatif", dan komentar lainnya yang menunjukkan ketidaktertarikan untuk membaca laman yang dihadirkan oleh lembaga resmi/kementerian tersebut. 

Hal inilah yang menjadi salah satu alasan bagi Sekretariat Kabinet RI untuk memperbaiki laman beritanya menjadi laman berita yang sesuai dan mengikuti keinginan milenial dan era digital yang terus berkembang. Sekretariat Kabinet atau SetKab melakukan upaya perbaikan laman beritanya supaya lebih mudah diakses dan mampu memikat hati para milenial yang saat ini menjadi target terbesar dari segi segmen pembaca.

Launching Wajah Baru Laman Berita Sekretariat Kabinet RI

Ibu Ratih Nurdiati, Wakil Sekretaris Kabinet RI

Menurut Ibu Waseskab, Ratih Nurdiati dalam acara peluncuran wajah baru setkab go id pada tanggal 11-9-2019 di Aula Serbaguna Gedung III, Kementerian Sekretariat Negara mengatakan bahwa melalui laman resmi ini, SetKab mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan prinsip One Stop Information mengenai kegiatan kabinet/pemerintahan. Bu Ratih mengucapkan terimakasih pada Bank Mandiri yang merupakan mitra dalam perubahan wajah baru setkab go id, kerjasama ini membuat proses perubahan dan perbaikan laman setkab go id menjadi lebih cepat dan dapat berjalan dengan baik. 

Selain Bu Ratih, dalam acara launching wajah baru setkab go id, hadir pula sejumlah undangan dan beberapa pejabat terkait seperti Direktur Commercial Banking Bank Mandiri Riduan Ahmad, Deputi Sekretaris Kabinet bidang Administrasi Farid Utomo, Deputi Seskab bidang Dukungan Kerja Kabinet (DKK) Thanon Aria Dewangga dan Rohan Hafas.

Pejabat yang hadir dalam launching setkab go id tampilan baru

Melalui laman setkab go id, Sekretariat Kabinet melaksanakan salah satu fungsinya yaitu manajemen kabinet. Isi atau materi dari laman setkab go id bukan hanya berisi berita atau informasi kegiatan dari pemerintahan Presiden Joko Widodo saja namun juga memuat hasil pemantauan atau monitoring arahan-arahan yang diberikan oleh Pak Presiden yang disampaikan dalam Sidang Kabinet. 

Selain menghadirkan informasi secara menyeluruh, laman setkab go id versi terbaru ini, mengusung tema “Milenial Berwibawa”. Hal ini memiliki arti bahwa laman setkab go id diharapkan bukan hanya mampu menembus target pembaca milenial namun juga memiliki nilai tinggi di kalangan publik. Yang ditandai dengan keunikan berita maupun informasi yang dihadirkan dan tentu saja tampilannya yang lebih memikat hati para millenials. 

Setkab mengusung tema Milenial Berwibawa dengan harapan bahwa, setkab go id versi terbaru ini, mampu memenuhi ruang keinginan masyarakat untuk mendapatkan update informasi secara komprehensif tentang kegiatan kabinet dibawah pimpinan Presiden Joko Widodo. Selain itu, SetKab juga berharap bahwa dengan kehadiran setkab go id teranyar ini mampu menjadikan Sekretariat Kabinet sebagai bahan rujukan informasi dari berbagai elemen masyarakat dengan warna dan desain baru pada fitur yang dihadirkan.

Laman setkab go id versi baru ini diharapkan pula mampu memberikan inovasi dalam reformasi birokrasi guna menjunjung good governance yang semakin melayani masyarakat. Semoga dengan kehadiran setkab go id wajah baru ini, masyarakat semakin tertarik untuk membaca situs situs resmi pemerintah dan enggak ada lagi komentar bahwa situs situs resmi yang diusung pemerintah adalah laman berita yang menjemukan dan membosankan dengan bahasa kaku dan formal.

Salah satu kelebihan yang ditawarkan setkab go id versi terbaru ini adalah mobile friendly. Lebih mudah  diakses dan memang disesuaikan dengan perkembangan digital dan penggunaan gadget yang kian tinggi dikalangan milenial. Sekarang enggak ada lagi alasan untuk malas membaca setkab go id guna memperoleh berita terkini dari program atau kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah. Kehadiran wajah baru setkab go id ini mudah-mudahan mampu menghalau berita hoak diseputar program pemerintah.

Laman berita SetKab dengan wajah baru ini menjadi lebih mudah diakses dan lebih kekinian 

Read more

Minggu, 15 September 2019

Temu Netizen KriyaNusa 2019 Kementerian Komunikasi dan Informatika

Dalam acara parade Tapis Lampung

"Seberapa Indonesianya sih kamu?" Duh pertanyaan singkat tapi menohok. Langsung melongok kediri sendiri. Seberapa Indonesianya ya saya? Seberapa cintanya pada hasil karya anak bangsa? Pertanyaan ini cukup menyentil perasaan saya dan membuat jiwa "Indonesia" saya bergejolak sekaligus membuat semangat menggunakan produk karya anak bangsa bergelora kembali.

Saya termasuk orang yang lebih suka menggunakan produk lokal dan enggak bisa menahan diri bila melihat hasil kerajinan atau hasil karya bangsa sendiri. Namun sayangnya sejak beberapa bulan terakhir, saya tak punya waktu untuk berburu barang kerajinan atau etnik lagi.

Menggunakan noken, tas dari Papua

Saya merasa bangga saat menggunakan produk Indonesia. Karenanya setiap kali mendapat kesempatan untuk mengunjungi daerah-daerah di pelosok nusantara, saya selalu menyempatkan diri untuk membeli produk khas daerah setempat. Seperti saat memperoleh kesempatan untuk mengunjungi Papua, saya tak menyia-nyiakan untuk membawa pulang noken. Noken adalah tas khas Papua yang dipakainya digantung dikepala dan terbuat dari serat kayu. Saya juga sempat membawa pulang tenun Lombok yang baru saja selesai ditenun oleh perajinnya saat mengunjungi Sembalun, Lombok. Dan masih cukup banyak lagi hasil karya anak bangsa yang saya miliki.

Tenun Lombok

Kecintaan saya pada hasil karya anak bangsa didorong oleh rasa syukur saya karena dilahirkan di negeri yang luar biasa indah ini. Oh ya pertanyaan "Seberapa Indonesianya kamu", saya terima saat menghadiri acara Temu Netizen KriyaNusa 2019 yang digelar oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. 

Temu Netizen KriyaNusa 2019

Temu Netizen KriyaNusa 2019

Acara ini digelar oleh Kementerian Kominfo RI dalam rangka memberikan dukungan dan ajang promosi Pameran KriyaNusa 2019 yang dihelat di Balai Kartini Jakarta pada tanggal 11 September sampai 15 September 2019 ini. Temu Netizen KriyaNusa 2019 dihadiri oleh Bapak Widodo Muktiyo (Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo), Ibu Septriana Tangkary (Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim DitJen IKP), Ibu Euis Saedah (SekJen Dewan Kerajinan Nasional/Dekranas) dan Ibu Triana Rudiantara sebagai Ketua Bidang Humas, Promosi dan Publikasi KriyaNusa 2019. 

Temu Netizen KriyaNusa 2019 ini diharapkan akan mampu menyebarkan informasi mengenai gelaran KriyaNusa 2019 sehingga masyarakat mengetahui mengenai gelaran event yang akan mempertemukan para perajin di seluruh tanah air. Bapak Widodo mengharapkan dukungan dan peran aktif dari netizen melalui akun sosial medianya untuk menyebarkan informasi seputar KriyaNusa 2019. 

Harapan Bapak Widodo terhadap para netizen untuk ikut meramaikan NusaKriya 2019 melalui cuitan dan postingan diakun sosial medianya juga dipertegas oleh pernyataan dari Ibu Septriana Tangkary. Ibu Septriana juga mengharapkan para netizen dapat menyebarkan informasi positif mengenai penyelenggaraan pameran kerajinan taraf nasional ini. Bu Septriana dalam kesempatan tersebut menjelaskan bahwa DitJen IKP Kementerian Kominfo berkewajiban untuk mempromosikan dan mensosialisasikan event KriyaNusa 2019 ini terhadap khalayak ramai. 

Event tahunan yang mempertemukan para perajin seluruh tanah air yang berada dibawah naungan Dekranas ini merupakan salah satu upaya untuk memajukan UMKM yang merupakan produsen dari produk kerajinan tanah air yang pada akhirnya diharapkan mampu mengangkat perekonomian rakyat.

Melalui acara Temu Netizen KriyaNusa 2019 ini yang berupaya mengajak para netizen yang hadir untuk ikut menggaungkan mengenai produk kerajinan Indonesia termasuk acara KriyaNusa 2019 dengan tujuan agar informasi yang disebarkan oleh para netizen tersebut dapat menggema seantero dunia. Sehingga diharapkan dunia luar terutama negara tetangga mengetahui mengenai kekayaan produk kerajinan Indonesia dan kemudian tertarik untuk mengunjungi Indonesia serta membeli produk kerajinan asli perajin tanah air.

Bapak Widodo mengatakan bahwa produk kerajinan Indonesia merupakan modal untuk kesuksesan di pasar internasional. Kerajinan Indonesia mampu menyita perhatian dunia dan ini terbukti dengan naiknya persentase ekspor produk kerajinan Indonesia di pasar internasional. Pada tahun 2018 ekspor produk kerajinan nasional menghasilkan 1,2 juta dollar AS devisa Indonesia.Dan berdasarkan data Kemenperin 2019, menunjukkan bahwa angka ekspor kerajinan Indonesia mengalami peningkatan yang signifikan. 

Sebagai gambaran, berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Kementerian Perindustrian (Kemenperin), pada tahun 1999 ekspor kerajinan Indonesia berada di angka US $ 300 juta. Kemudian pada tahun 2016 meningkat menjadi US $ 747 juta dan di tahun 2017 naik sedikit menjadi US $ 776 juta. Peningkatan yang cukup tinggi terjadi pada tahun 2018 yaitu sebesar US $ 1.200 juta. 

Diharapkan angka ekspor produk kerajinan tanah air terus mengalami peningkatan pada tahun 2019 ini dan tahun-tahun kedepannya. Karena itulah diharapkan dukungan dari berbagai pihak agar kerajinan Indonesia terus mengalami peningkatan penjualan di kancah perdagangan internasional. Dan salah satu upaya untuk meningkatkan ekspor kerajinan Indonesia adalah melalui ajang pameran produk-produk kerajinan seperti gelaran KriyaNusa 2019 ini.

Dalam acara Temu Netizen KriyaNusa 2019, Ibu Triana Rudiantara sebagai orang yang terlibat langsung dalam gelaran KriyaNusa 2019 menjelaskan bahwa telah dilaksanakan pembinaan dan pelatihan kriya untuk meningkatkan kualitas produk kerajinan UMKM. Pemerintah melalui pihak yang terkait telah melakukan pembinaan produk melalui peningkatan kualitas, desain, produksi, penggunaan teknologi baru agar dapat meningkatkan daya saing.

KriyaNusa 2019, 11-15 September 2019 di Balai Kartini Jakarta

Pameran KriyaNusa 2019 mengusung tema “Peningkatan Daya Saing Produk Kerajinan Melalui Pengembangan Kreatifitas dan Kewirausahaan”. Bu Euis menjelaskan bahwa  simbol dari pameran tahun ini berasal dari ikon Sumatera Barat berupa motif Pucuk Rabuang. Pucuk Rabuang melambangkan kuncup bambu muda yang lembut, namun jika sudah dewasa akan menjadi bambu yang kuat dan kokoh. 

Simbol ini melambangkan harapan bahwa ajang pameran yang dilakukan setiap tahun ini, akan dapat terus berkembang setiap tahunnya. KriyaNusa 2019 tidak hanya menampilkan pameran produk kerajinan dari perajin seluruh Indonesia yang bernaung dibawah Dekranas, namun menghadirkan pula fashion show, berbagai workshop, pentas seni budaya Minang dan penampilan live musik.

Ada sembilan kategori produk yang ditampilkan pada KriyaNusa 2019. Kesembilan produk kerajinan yang ditampilkan pada KriyaNusa 2019 terdiri dari kategori tekstil, keramik, serat alam, batu-batuan, logam, kayu, bahan baku alam, bahan baku olahan dan lukisan. KriyaNusa 2019 diikuti oleh 246 stand. 

Stand-stand tersebut terdiri dari stand kementerian dan BUMN yang berjumlah 37 stand, stand Dekranasda terdiri dari 170 stand yang berasal dari 34 provinsi,  25 stand merupakan stand individu, 8 stand mitra dari Dekranas dan 6 stand dari asosiasi yang mendukung KriyaNusa 2019 ini.

Peserta dari kementerian berasal dari Kementerian Perdagangan sejumlah 7 stand,  Kementerian Perindustrian sebanyak 10 stand, Smesco 5 stand, Kementerian KUKM 6 stand, Bekraf 5 stand, Telkom 2 stand dan Permodalan Nasional Madani sebanyak 2 stand. 

Peserta individu yang ikut dalam gelaran KriyaNusa 2019 diantaranya adalah House of Pink, Dudung Batik Pekalongan, Batik Riana Kesuma, Songket Warna Alam dan beberapa brand kerajinan ternama lainnya. Saya sebagai pecinta kerajinan Indonesia menyambut senang dan antusias dengan gelaran pameran tahunan ini. Dan saya berharap, akan lebih banyak lagi digelar acara-acara pameran kerajinan khas Indonesia dengan harga yang terjangkau oleh masyarakat luas sehingga produk kerajinan karya anak bangsa dapat menjadi tuan di negerinya sendiri.

Salah satu produk kerajinan yang ditampilkan pada KriyaNusa 2019



Read more

Sabtu, 14 September 2019

Jadilah Konsumen Pintar, Cek KLIK Sebelum Belanja


Salah satu hobi saya:belanja

Teliti Sebelum Membeli

Dahulu atau sekitar beberapa tahun yang lalu, saya termasuk orang yang mudah banget termakan godaan promo harga diskon. Baik itu secara offline maupun online. Setiap melihat ada promosi menggiurkan disebuah supermarket, saya seketika lupa diri. Asik saja belanja barang-barang yang sedang turun harga dan saking semangatnya memborong produk yang sedang turun harga tersebut, saya acapkali lupa untuk melihat "expired date" produk yang akan saya beli bahkan sering lupa mengecek apakah produk tersebut telah terdaftar di BPOM atau MUI. Cukup parah juga sih kecerobohan saya saat sudah berhadapan dengan promo yang dilancarkan oleh supermarket atau toko online pada waktu itu.

Saking kalapnya belanja karena gak mau kehabisan barang-barang yang sedang didiskon, saya juga sering  lupa memastikan bahwa barang yang saya beli tersebut memiliki kemasan yang utuh, baik dan tanpa cacat. Saya sering asal ambil saja produk-produk  diskon dan lupa bahwa tidak semua barang tersebut dalam kondisi yang layak untuk dikonsumsi. Padahal mayoritas produk atau barang yang masuk ke dalam keranjang belanjaan saya adalah produk makanan. Yang menuntut sikap kehati-hatian dalam membelinya. 

Produk yang sering saya beli

Saya suka banget belanja jika ada sale besar-besaran. Seperti ada kepuasan tersendiri saat berhasil membeli barang dalam jumlah banyak dengan harga minimalis. Namun seperti yang saya katakan sebelumnya, saya seringkali lalai dan tidak teliti dalam belanja. Alhasil saya pun pernah dihinggapi perasaan menyesal karena belanja tanpa ketelitian.

Beberapakali kejadian, saya menemukan produk pangan yang sudah saya beli ternyata memiliki waktu kedaluwarsa yang tinggal beberapa hari lagi. Dan saya pun kelimpungan sendiri menghabiskan produk pangan tersebut. Padahal saya membelinya dalam jumlah yang lumayan banyak. Karena awalnya saya berpikir untuk menyetok barang tersebut. Mumpung sedang harga diskon, begitu pikir saya. Eh ternyata produk pangan yang saya beli, hampir expired. Tadinya ingin untung eh malah jadi buntung..hadeeh.

Saya pun pernah membeli makanan kaleng yang ternyata kalengnya itu sudah karatan dan sedikit penyok. Tergiur oleh harga yang murah, saya lupa mengecek apakah makanan kaleng tersebut masih dalam kondisi baik dan layak makan. Saya juga nyaris tidak pernah memperhatikan komposisi dari produk makanan yang saya beli. Apakah makanan tersebut menggunakan pemanis dan pewarna buatan yang membahayakan tubuh atau tidak. Padahal seharusnya bagian inilah yang harus diutamakan dalam berbelanja produk makanan supaya kesehatan diri dan keluarga tetap terjamin.

Saya sering gelap mata dalam berbelanja saat ada diskon dan promosi yang menggoda hati. Yang penting saya mendapatkan barang dengan harga yang jauh lebih murah. Kebiasaan buruk saya ini sempat membuat saya mengalami kerugian yang cukup lumayan besar dan akhirnya mengubah saya menjadi seorang konsumen yang sangat teliti dalam membeli produk terutama saat membeli produk pangan, kosmetik, obat-obatan dan suplemen kesehatan, terlebih lagi jika saya membelinya melalui daring. 

Sekarang, sebelum memutuskan untuk membeli produk, saya akan mencari tau lebih dahulu mengenai produk yang ingin saya beli dan memastikan apakah produk tersebut dalam kondisi baik dan layak konsumsi atau layak pakai. Saya akan bertanya secara detil pada si penjual sebelum saya memutuskan untuk membeli produk tersebut. Saya tidak mau mengulangi kesalahan yang sama lagi. Sudah cukup saya mengalami kerugian akibat kalap belanja produk diskon.

Peristiwa yang membuat saya kapok belanja secara membabi buta terjadi pada akhir tahun lalu. Seperti tahun sebelumnya, menjelang pergantian tahun, saya menyiapkan beberapa bingkisan akhir tahun untuk kolega suami yang merayakan Natal dan Tahun Baru. Biasanya saya membeli langsung bingkisan tersebut di sebuah supermarket tak jauh dari rumah. Tapi kali ini, saya tergoda untuk membelinya di toko online yang terdapat disalah satu market place yang ada di tanah air.

Singkat cerita karena tergiur dengan harganya yang jauh lebih murah, saya pun membeli 13 buah bingkisan berupa parcel produk makanan di toko online tersebut. Saya sama sekali tidak curiga apakah barang-barang yang ada dalam parcel tersebut produk makanan yang aman dan layak untuk dikonsumsi. Tanpa pikir panjang, saya langsung memesan dan membayarnya.

Namun apa yang terjadi saat parcel-parcel tersebut sampai di rumah saya? Ternyata kondisi parcel sudah tak indah lagi, rusak dibeberapa bagian. Bukan hanya itu, pas saya buka kemasan parcel dengan tujuan merapikannya kembali, saya tak sengaja melihat expired date yang terdapat pada kemasan salah satu produk makanan. Dan terkejutlah saya jadinya. Expired date tinggal 3 hari lagi.

Perasaan saya pun mulai gak enak, saya lihat produk yang lain yang ada dalam parcel. Duh saya makin dibuat patah hati. Beberapa barang ternyata enggak jelas mereknya dan ijin edar yang tertera mencurigakan gitu. Tempelan. Setelah membongkar semua parcel dan mengeceknya satu persatu, hanya ada dua parcel yang produk-produknya aman dikonsumsi. Sisanya harus pindah ke tempat sampah. Hiiiiks.

Sejak peristiwa tersebut, saya tak lagi gegabah dalam membeli sesuatu produk terutama produk pangan, kosmetik, obat-obatan termasuk obat tradisional. Saya selalu mengecek terlebih dulu kemasannya, labelnya, memastikan bahwa produk tersebut ada ijin edarnya dan kedaluwarsanya masih cukup lama. Kesadaran untuk teliti sebelum membeli kian tinggi setelah saya beberapa kali menghadiri acara yang diselenggarakan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Republik Indonesia.

Saya pun memperoleh tips menjadi konsumen yang pintar dan teliti dari Badan POM.
Tips Menjadi Konsumen Pintar menurut Badan POM, yaitu:
1. Beli produk pangan sesuai kebutuhan;
2. Teliti sebelum membeli. Cek KLIK (Kemasan, Label, Izin edar dan Kedaluwarsa);
3. Jika produk yang dibeli bermasalah segera hubungi HaloBPOM 1500533.

Kampanye Badan POM RI "Ayo Cek KLIK Sebelum Belanja" dan Launching Aplikasi BPOM Mobile

Acara kampanye Badan POM RI di Lippo Mall Kemang

Upaya untuk membangun kesadaran serta awareness masyarakat untuk selalu teliti sebelum membeli produk makanan, obat-obatan dan kosmetik melalui gerakan "Ayo Cek KLIK" terus dilakukan oleh Badan POM RI. Badan POM RI merasa berkewajiban untuk memberikan perlindungan bagi konsumen. Dan salah satu cara yang dilakukan oleh Badan POM RI adalah dengan melakukan berbagai program edukasi yang berkelanjutan hingga masyarakat tidak asal membeli dan sembarangan mengonsumsi produk hanya karena tergoda oleh harganya yang murah, harga diskon, penampilannya yang menarik dan lain-lainnya. Padahal produk tersebut berbahaya jika dikonsumsi dan merugikan konsumen.

Badan POM sebagai instansi yang mengawasi peredaran obat dan makanan di Indonesia berkewajiban untuk memastikan bahwa produk pangan, kosmetik, obat-obatan termasuk obat tradisional yang beredar di Indonesia semuanya aman. Oleh karenanya, BPOM RI mengajak semua pihak untuk selalu teliti sebelum membeli dan melakukan Cek KLIK.

Ayo Cek KLIK Sebelum Belanja

Cek KLIK adalah serangkaian proses mengecek Kemasan, Label, Izin edar dan Kedaluwarsa sebelum membeli produk atau barang yang akan dikonsumsi. BPOM RI melalui kampanye "Ayo Cek KLIK" mengajak seluruh lapisan masyarakat Indonesia menjadi konsumen yang pintar, cerdas dan berdaya saing dengan cara teliti sebelum membeli.

Ingat Cek KLIK sebelum belanja meliputi:
- Kemasan; pastikan kemasan produk dalam kondisi baik, tidak bolong, sobek, berlubang, karatan, penyok dan dalam keadaan bersih;
- Label; baca informasi produk yang tertera pada labelnya dengan teliti dan cermat;
- Izin edar; pastikan produk yang akan dibeli memiliki izin edar dari Badan POM RI;
Kedaluwarsa; pastikan produk yang akan dikonsumsi tidak melampaui batas masa kedaluwarsanya.

Cek KLIK terlebih dulu sesaat sebelum memutuskan untuk membeli produk dan jika ada kecurigaan mengenai produk yang hendak dibeli atau dikonsumsi, segera laporkan ke Badan POM RI dengan cara menghubungi contact center HaloBPOM 1500533 atau bisa langsung mendatangi kantor Badan POM terdekat yang ada di lingkungan tempat tinggal.

Berkaitan dengan upaya Badan POM RI untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya "Ayo Cek KLIK Sebelum Belanja", Sabtu tanggal 7 September 2019, Badan POM RI menghelat acara talkshow bersama bertemakan "Ayo Cek KLIK, Pilih Obat dan Makanan Yang Aman", di Avenue Of Stars, Lippo Mall Kemang. Acara talkshow ini dibarengi juga oleh acara launching aplikasi BPOM Mobile yang dapat membantu masyarakat dalam pengecekan produk obat, kosmetik dan makanan yang terdaftar secara lebih mudah yaitu dengan mengunakan smartphone.

Narasumber Talkshow Badan POM dan launching aplikasi BPOM Mobile

Acara talkshow Badan POM RI dipandu oleh Ananda Omesh dan menghadirkan nara sumber, Ojak S. Manurung (Direktur Pengawasan Barang Beredar dan Jasa Kementerian Perdagangan); Tulus Abadi (Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI)); Faturrahman (Wakil Ketua Umum DPD Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) DKI Jakarta); Ibu Penny K. Lukito (Kepala Badan POM RI) dan Ussy Sulistyawati mewakili konsumen.

Bu Penny pada kesempatan tersebut mengungkapkan bahwa Badan POM RI terus berusaha untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk selektif dalam membeli dan menggunakan obat, kosmetik dan produk pangan. Badan POM terus mengedukasi masyarakat melalui Kampanye Cek KLIK serta memperkenalkan aplikasi BPOM Mobile (2D barcode).

Bu Penny Lukito, Kepala Badan POM RI

Bu Penny menjelaskan bahwa aplikasi ini memudahkan masyarakat dalam melakukan pengecekan produk obat dan makanan yang terdaftar melalui scanning 2D barcode pada label produk, melakukan pengaduan terhadap suatu produk serta memperoleh berita terbaru dari Badan POM. Penerapan 2D barcode telah diatur dalam Peraturan Kepala Badan POM No.33 tahun 2018 tentang Penerapan 2D Barcode dalam Pengawasan Obat dan Makanan.
"Dengan kampanye Cek KLIK masyarakat diedukasi untuk menjadi konsumen yang pintar, cerdas, teliti dan berdaya dalam melindungi diri sendiri, keluarga dan lingkungannya".
(Penny K Lukito, Kepala Badan POM RI)
Upaya menyebarkan edukasi mengenai cara memeriksa kemasan, label, izin edar dan kedaluwarsa ini bukan hanya tugas Badan POM semata. Pelaku usaha dan lintas sektor terkait termasuk asosiasi dan lembaga sosial masyarakat harus ikut terlibat. Keterlibatan pelaku usaha ritel merupakan salah satu bentuk tanggung jawab pelaku usaha dalam memberikan perlindungan konsumen berupa penyediaan produk yang aman dan berkualitas serta edukasi bagi konsumen disarana ritel. Hal ini diperkuat oleh penjelasan Bapak Faturrahman dari Aprindo.

Aprindo merupakan asosiasi pelaku usaha yang memiliki pengurus daerah di 34 (tiga puluh empat) provinsi di seluruh Indonesia dan beranggotakan 40.000 (empat puluh ribu) ritel modern kecil hingga besar. Salah satu wujud nyata sinergi antara Badan POM dengan Aprindo adalah pemasangan materi edukasi Cek KLIK pada display counter di sarana ritel seluruh Indonesia.

Bapak Faturrahman juga mengingatkan agar selalu menjadi konsumen yang pintar dan teliti dalam membeli dan memilih produk yang akan dikonsumsi. Konsumen yang pintar dan teliti harus melalui tiga tahapan, tahap pertama yaitu teliti sebelum membeli diantaranya adalah mencari tau terlebih dulu informasi seputar produk yang ingin dibeli, berapa harganya dan komposinya; tahap kedua yaitu teliti pada saat membeli atau transaksi dengan cara Cek KLIK (Kemasan, Label, Izin edar dan Kedaluwarsa) dan tahap terakhir yaitu pada saat setelah transaksi terjadi jika produk yang dibeli ternyata tidak sesuai dengan kondisi yang seharusnya atau produk yang telah dibeli ternyata ada hal-hal yang mencurigakan, sesegera mungkin laporkan ke YLKI dan Badan POM RI.

Ussy Sulistyawati dan Bu Penny

Ussy Sulistyawati mewakili pihak konsumen menanyakan pada Ibu Penny mengenai produk kosmetik yang dijual secara online terutama produk kosmetik import. Ussy bertanya apakah semua produk kosmetik tersebut harus memiliki ijin dari Badan POM RI. Dan dijawab oleh Bu Penny bahwa semua produk yang beredar di tanah air haruslah memiliki ijin edar dari Badan POM baik itu yang dijual secara offline maupun melalui daring (penjualan online). Diakhir talkshow, Ibu Penny dan Pak Ojak tak bosan-bosannya mengingatkan untuk selalu Cek KLIK sebelum belanja.

Setelah acara talkshow dan peluncuran aplikasi BPOM Mobile, keempat narasumber mendatangi salah satu hypermarket yang ada di Lippo Mall Kemang untuk memeriksa dan mensosialisasikan Cek KLIK kepada pengunjung hypermarket tersebut seraya memperkenalkan aplikasi BPOM Mobile pada masyarakat luas. Bu Penny juga mengimbau kepara para pengunjung hypermarket agar menjadi konsumen yang pintar, teliti dan berdaya saing. Beliau mengingatkan "Ayo Cek KLIK" sebelum belanja dan gunakan aplikasi BPOM Mobile untuk mempermudah mengecek ijin edar produk yang resmi terdaftar di Badan POM.

Penampilan memukau Rio Febrian

Acara talkshow dan peluncuran aplikasi BPOM Mobile semakin hangat dan semarak dengan penampilan Rio Febrian. Penampilan penyanyi dengan suara yang menyentuh relung jiwa ini, menjadi penutup rangkaian acara talkshow "Ayo Cek KLIK Sebelum Belanja", peluncuran aplikasi BPOM Mobile dan kunjungan ke hypermarket yang ada di Lippo Mall Kemang.

Talkshow Badan POM dan penampilan Rio cukup menyita perhatian para pengunjung mall dan cukup banyak diantara pengunjung Lippo Mall Kemang ikut menyaksikan dengan seksama tema talkshow, "Ayo Cek KLIK Sebelum Belanja". Bahkan ada beberapa diantara pengunjung yang terlibat aktif selama acara talkshow berlangsung. Semoga saja dengan digelarnya acara ini oleh Badan POM RI, semakin banyak konsumen yang menyadari pentingnya teliti sebelum membeli dengan cara Ayo Cek KLIK sebelum membeli dan memilih produk.

Badan POM sebagai pengawas peredaran makanan dan obat di tanah air

Dalam acara Talkshow "Ayo Cek KLIK Sebelum Belanja"

BPOM Mobile

BPOM Mobile

BPOM Mobile merupakan aplikasi berbasis mobile phone yang dapat diinstal dengan mengunduh aplikasinya pada Google Play/Play Store untuk smartphone android dan App Store untuk pengguna smartphone apple. Aplikasi ini juga memungkinkan pembeli untuk melakukan pengawasan mandiri pada produk yang akan dibelinya. Melalui peran aktif pembeli untuk mengecek produk yang ingin dibelinya, maka pihak retailer/produsen akan terbantu untuk mengetahui jika ada produk yang bermasalah.

BPOM Mobile merupakan aplikasi yang memudahkan masyarakat untuk memeriksa produk melalui pemindaian QR Code. Beberapa informasi yang tertera tentang nama dan jenis produk, produsen produk, izin edar, dan tanggal kedaluarsa. Melalui aplikasi ini, masyarakat juga dapat melakukan pengaduan terhadap suatu produk serta memperoleh berita terbaru dari Badan POM.

BPOM Mobile memiliki fungsi  sebagai berikut:
- Verifikasi produk dengan melakukan scan pada 2D barcode yang terdapat pada produk obat dan makanan;
- Pengaduan terkait produk obat dan makanan yang terdaftar di Badan POM;
- Menampilkan berita terkini dari Badan POM seputar pengawasan obat dan makanan.

Cara Menggunakan BPOM Mobile
Cara menggunakan aplikasi ini cukup mudah. Pertama, buka aplikasi BPOM Mobile yang sudah terinstal pada smartphone. Klik gambar atau ikon BPOM Mobile.
Kedua, setelah aplikasi terbuka, pilihlah fitur yang ingin digunakan. Fitur BPOM Mobile terdiri dari verifikasi produk, pengaduan dan berita terbaru dari Badan POM.
Jika ada masalah dalam mengakses aplikasi, klik tombol titik tiga pada kanan atas aplikasi kemudian pilihlah laporkan masalah aplikasi.

Tampilan Aplikasi BPOM Mobile

- Cek produk  yaitu menu untuk memindai 2D barcode;
- Riwayat scan yaitu menu untuk melihat riwayat pemindaian yang telah dilakukan;
- Berita yaitu menu untuk mengakses berita pengawasan obat dan makanan yang dikeluarkan oleh Badan POM;
- Pengaduan yaitu menu untuk melakukan pengaduan produk yang tidak ditemukan.

Scan barcode

Sejalan dengan maraknya penjualan melalui online, aplikasi BPOM Mobile (2D Barcode) memberi kemudahan kepada masyarakat dalam melakukan pengecekan produk obat dan makanan yang terdaftar melalui scanning 2D barcode pada label produk. Informasi yang dapat diperoleh masyarakat dengan memindai 2D barcode antara lain: nomor izin edar atau nomor identitas produk yang berlaku, nomor bets atau kode produksi, tanggal kedaluwarsa, serta nomor serialisasi.

Disclaimer yang terdapat dalam info pada aplikasi BPOM Mobile

BPOM Mobile dapat membantu masyarakat untuk memverifikasi apakah nomor yang tertera pada kemasan benar telah terverifikasi dan terdaftar di BPOM. Jika tidak ditemukan berarti produk tersebut belum terdaftar di Badan POM dan sebaiknya produk tersebut tidak dikonsumsi. Hal ini bertujuan untuk menghindari keracunan serta hal-hal yang tidak diinginkan yang mungkin terjadi setelah konsumen mengkonsumsi produk makanan tersebut.

Aplikasi BPOM Mobile ini diharapkan dapat semakin mempermudah dan membantu masyarakat untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan mengenai Cek KLIK sebuah produk makanan dan obat. Saya pun sekarang sudah enggak perlu repot lagi jika butuh informasi seputar nomer produksi, ijin edar ataupun hal-hal yang menyangkut produk pangan dan obat-obatan. Kehadiran aplikasi ini semakin melindungi hak-hak konsumen untuk memperoleh produk yang berkualitas dan layak dikonsumsi. Saya sudah download loh aplikasi BPOM Mobile, kalau kamu??
#BelanjaAman #AyoCekKLIK

Fitur Berita dari BPOM Mobile




Read more

Kamis, 12 September 2019

Lampung Krakatau Festival 2019, Wonderful Indonesia

Lampung Krakatau Festival 2019
Exited merupakan kata yang paling tepat untuk menggambarkan perasaan saya ketika diberitahu bahwa saya diberikan kesempatan untuk ikut menyaksikan acara Lampung Krakatau Festival 2019. Lampung Krakatau Festival 2019 diselenggarakan pada tanggal 23-25 Agustus 2019 di Bandar Lampung.

Sebelumnya, saya hanya mendengar ceritanya saja tentang keseruan Lampung Krakatau Festival. Event ini memang merupakan event tahunan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Lampung. Tahun ini saja merupakan tahun ke-29 dihelatnya Lampung Krakatau Festival. 

Saya sempat bertanya tanya sendiri apa sih istimewanya Lampung Krakatau Festival ini hingga kehadirannya disambut antusias warga Lampung dan sekitarnya. Lampung Krakatau Festival menjadi ajang mempromosikan kebudayaan masing-masing kota dan kabupaten yang berada di Lampung dan jadi suguhan yang sangat menarik.

Lampung Krakatau Festival memiliki tujuan mempromosikan Lampung terutama keindahan obyek wisata yang dimilikinya dan menjadikan kota ini menjadi salah satu tujuan wisata utama di Indonesia. Lampung sebagai kota pertama di Sumatra yang ditemui saat ingin bertandang ke Pulau Sumatra dari Pulau Jawa jika menempuh jalur darat, memiliki keyakinan bahwa kharisma kota ini akan mampu menjadikannya sebagai salah satu tujuan wisata utama dari para travelling dan wisatawan. 

Berdasarkan data yang ada, kunjungan wisatawan mancanegara ke Lampung pada tahun 2018 yang lalu, mencapai angka 274.000 orang. Sedangkan wisatawan lokal (dalam negeri) berkisar sekitar 13,9 juta orang. Jumlah yang lumayan untuk sebuah kota yang memiliki obyek-obyek wisata yang kini sedang digandrungi wisatawan. Dilatarbelakangi oleh cukup prospeknya obyek wisata di Lampung untuk dikunjungi oleh wisatawan, maka tak pelak lagi pemerintah daerah provinsi ini pun terus menggenjot sektor pariwisatanya.

Lampung Krakatau Festival 2019

Festival ini merupakan festival rutin yang diselenggarakan dan menjadi salah satu agenda rutin dari program 100 Kalender Acara Wonderful Indonesia. Program rutin yang dihelat oleh Kementrian Pariwisata Indonesia.

Lampung Krakatau Festival memiliki empat kegiatan utama yang meliputi:
- Pesona Kemilau Sai Bumi Ruwa Jurai;
- Expo Krakatau Lampung;
- Trip Krakatau;
- Karnaval Budaya dan Tapis Lampung. 
Pemda Lampung memiliki harapan yang besar terhadap event tahunan ini. Mereka sangat berharap, Lampung Krakatau Festival menjadi ajang promosi yang berpotensi untuk pariwisata yang dimiliki oleh kota yang menjadi pintu masuknya Pulau Sumatra ini.

Lampung Krakatau Festival 2019 (LKF 2019) dijadikan sebagai ikon pariwisata Lampung sekaligus menjadi branding yang mudah untuk dipromosikan baik di dalam negeri maupun luar negeri. Ketika orang mengingat LKF 2019 maka otomatis mereka langsung teringat akan pesona wisata Lampung. Perhelatan ini juga dijadikan daya tarik untuk menarik minat para wisatawan untuk lebih mengeksplorasi lebih mendalam lagi potensi wisata yang ada di Lampung.

Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung sesaat sebelum acara pembukaan LKF 2019 dimulai
LKF 2019 adalah pagelaran ke-29 yang dihelat sepanjang pelaksanaan Lampung Krakatau Festival. Festival tahunan ini merupakan parade kebudayaan yang berupaya untuk mengangkat kekayaan budaya dan tradisi yang dimiliki oleh Lampung. Perhelatan budaya ini menjadi ajang promosi pariwisata yang potensial untuk wisata-wisata yang dimiliki oleh setiap kabupaten dan kota yang berada di Provinsi Lampung.

Salah satu dari rangkaian acara pembukaan LKF 2019
Tahun ini, LKF diadakan di Lapangan Saburai, Bandar Lampung dan mengusung tema “Lampung, The Treasure of Sumatra". Serangkaian acara digelar di Lapangan Saburai. Berbagai booth yang menghadirkan berbagai macam komoditas Lampung ikut ambil bagian. Dan tahun ini, GRAB menjadi salah satu sponsor utama dari LKF 2019.

Pada malam pembukaan, saya sudah dibuat kagum oleh gemerlap acara. Panggung besar berdiri dengan megahnya di Lapangan Saburai dan Gubernur Lampung membuka secara resmi LKF 2019 yang disambut dengan antusias oleh warga Lampung dan cukup menyita perhatian para wisatawan yang sengaja bertandang ke Lampung untuk menyaksikan LKF 2019.

Pak Arief Yahya hadir dalam acara Karnaval Budaya dan Tapis Lampung
Pak Arif Yahya, Mentri Pariwisata hadir pada acara Karnaval Budaya dan Tapis Lampung. Karnaval Budaya dan Tapis Lampung ini merupakan parade budaya semua kabupaten dan kota yang ada di Lampung. Para pejabat dan undangan yang hadir pun mengenakan pakaian adat Lampung dan tapis. Tapis adalah kain khas Lampung. Parade budaya inilah yang dinantikan oleh warga Lampung karena mereka dapat menyaksikan berbagai pakaian kreasi dan pakaian adat semua kabupaten dan kota di Lampung.

Karnaval Budaya

Parade Budaya Tapis Lampung

Trip Krakatau 2019


Bagi saya pribadi, hal yang paling berkesan selama mengikuti Lampung Krakatau Festival 2019 adalah Trip Krakatau. Perjalanan melihat dan mengunjungi Gunung Anak Krakatau. Perjalanan yang ditempuh pun istimewa dengan menggunakan kapal milik ASDP dan melalui Dermaga Eksekutif yang berada di Bakauheni.

Saya terkesima dengan megahnya Dermaga Eksekutif Bakauheni ini. Meskipun belum 100% sempurna dibangun dan dikembangkan, Dermaga Eksekutif ini terlihat sangat nyaman dan memiliki fasilitas cukup lengkap. Bahkan memiliki arena permainan anak-anak yang cukup besar.

Perjalanan dari Dermaga Eksekutif Bakauheni menuju Gugusan Anak Krakatau ternyata lumayan lama juga. Sekitar 2-3 jam. Laju kapal yang cukup kencang membuat saya agak limbung pada 30 menit awal perjalanan. Untung saja saya bekal obat pusing sehingga bisa kembali menikmati perjalanan.

Sayang banget jika saya harus melewatkan keindahan alam selama perjalanan menuju Gugusan Anak Krakatau. Trip Krakatau 2019 ini sepertinya menjadi Trip Krakatau dengan peserta terbanyak, sekitar 730 peserta. Ibu Wakil Gubernur Lampung pun ikut serta dalam Trip Krakatau 2019.

Amazing dan Subhanallah merupakan kalimat yang tepat untuk menggambarkan betapa indahnya pesona alam di sekitar Gugusan Gunung Anak Krakatau. Anak Krakatau yang masih aktif mengeluarkan hawa panas menjadi tontonan yang amat memukau. Karena alasan keamanan, Trip Krakatau 2019 hanya memutari kawasan Gunung Anak Krakatau saja. Meski demikian, saya tetap merasa senang dapat melihat dari dekat Gugusan Anak Gunung Krakatau yang luar biasa indah dan memikat hati. Sungguh perjalanan tak terlupa dan berkesan. Smoga tahun depan, saya berkesempatan untuk ikut kembali menyaksikan Lampung Krakatau Festival dan menjejakkan kaki di Lampung lagi. Aamiin.

Gugusan Anak Krakatau

Read more