Kamis, 22 Agustus 2019

Kampanye Jalan Hijau, Yuk Gunakan Transportasi Umum dan Berjalan Kaki

Depan Stasiun BNI City
Tahun 2019 ini, saya dan masyarakat DKI Jakarta menyambut gembira dan antusias dengan kehadiran MRT yang dapat menjadi salah satu solusi terbebas dari kemacetan lalu lintas. MRT ini menjadi salah satu transportasi umum andalan warga Jakarta sekaligus menjadi kebanggaan orang Jakarta. Sampai saat ini saja, masih banyak orang Jakarta yang sengaja meluangkan waktunya untuk sekedar merasakan naik MRT. Termasuk saya. Beberapa hari yang lalu, saya sengaja naik MRT untuk merasakan sendiri gimana rasanya naik MRT dan membuktikan bahwa naik transportasi umum lebih cepat dan efektif dalam menghadapi keruwetan lalu lintas ibukota.

Pagi itu, saya berangkat menuju stasiun MRT Sudirman, yang dekat stasiun BNI City. Dari rumah, saya naik ojek online menuju Stasiun Pasar Minggu. Dari Stasiun Pasar Minggu, lanjut naik KRL jurusan Tanah Abang dan turun di Stasiun Sudirman. Dengan menggunakan transportasi umum seperti commuter line ini, saya bisa menghemat waktu dan terhindar dari kemacetan jalanan ibukota.

Sesampainya di Stasiun Sudirman saya jalan kaki menuju Stasiun MRT. Saat tiba di Jl. Kendal, saya agak heran melihat ada beberapa mahasiswa dari STTD (Sekolah Tinggi Transportasi Darat) dan pegawai BPTJ Kemenhub berdiri di sepanjang Jalan Kendal menuju Stasiun MRT Sudirman dengan membawa spanduk yang isinya mengajak dan mengimbau masyarakat untuk menggunakan transportasi umum dan berjalan kaki jika jarak tempuh dengan. 

Mahasiswa STTD menyerukan Kampanye Jalan Hijau
Beberapa mahasiswa STTD dan pegawai BPTJ Kemenhub menghampiri pejalan kali yang melintas serta menanyakan beberapa pertanyaan seputar transportasi umum dan mengajak untuk lebih peduli dengan kondisi udara Jakarta yang tinggi polusinya. Mereka juga memberikan tumbler, masker dan kipas gratis kepada para pejalan kaki. Saya termasuk salah satu pejalan kaki yang dihampiri oleh pegawai BPTJ Kemenhub. Dari beliaulah saya mengetahui bahwa apa yang mereka lakukan itu merupakan serangkaian kegiatan dari Kampanye Jalan Hijau yang sedang diserukan oleh BPTJ Kemenhub.

Kampanye Jalan Hijau BPTJ Kemenhub

Kampanye Jalan Hijau adalah kampanye yang dilakukan oleh BPTJ Kemenhub yang bertujuan untuk mengimbau dan mengajak masyarakat Jakarta untuk berpindah dari kendaraan (bermotor) pribadi ke angkutan umum massal dan berjalan kaki. 

Kampanye Jalan Hijau mengandung pemahaman bahwa apabila semakin banyak masyarakat yang beralih menggunakan angkutan umum dan berjalan kaki maka jalan akan menjadi semakin ramah lingkungan (hijau) dan akan memberikan banyak dampak positif untuk masyarakat ibukota. 

Kampanye #JalanHijau diserukan karena dilatarbelakangi adanya kenyataan yang menunjukkan bahwa kemacetan ibukota kian parah dan salah satu penyebabnya adalah tingginya tingkat penggunaan kendaraan (bermotor) pribadi dan masih belum maksimalnya pemanfaatan angkutan umum massal dan aktifitas berjalan kaki. Bahkan terdapat kecenderungan pada jarak-jarak dekat tertentu yang semestinya dapat ditempuh dengan berjalan kaki, tapi masyarakat lebih memilih menggunakan sepeda motor atau ojek online. Termasuk saya. 

Pejalan kaki yang melintas antara Stasiun Sudirman dan Stasiun MRT
Saya sendiri merasa tergantung banget dengan motor dan ojek online. Padahal pembuangan gas kendaraan bermotor tersebut membuat polusi udara di Jakarta makin buruk. Dan perihal jalan kaki, saya juga termasuk orang yang sering malas berjalan kaki. Jadi ketika dihampiri oleh pegawai BPTJ Kemenhub dan mahasiswa STTD kemudian dijelaskan mengenai Kampanye Jalan Hijau, saya merasa pas banget sekaligus merasa diingatkan untuk lebih peduli dengan kondisi udara Jakarta.

Saya juga memperoleh penjelasan bahwa kemacetan akibat tingginya penggunaan kendaraan pribadi (bermotor) di Jakarta menyebabkan polusi udara parah yang berdampak serius bagi kesehatan. Selain itu tingginya penggunaan kendaraan pribadi terutama motor, menyebabkan masyarakat menjadi kurang bergerak sehingga resiko terkena penyakit tidak menular dan obesitas semakin tinggi pada usia muda. 

Saat ini rata-rata orang Indonesia sangat minim berjalan kaki, rata rata hanya 3000 langkah/hari, padahal seharusnya minimal 6000 langkah/hari atau idealnya 10.000 langkah/hari. Kondisi inilah yang menyebabkan faktor resiko terkena penyakit tidak menular dan obesitas di Indonesia cukup tinggi karena kurang aktivitas fisik. Berdasarkan data Kemenkes, penderita PTM (Penyakit Tidak Menular)
meningkat dari semula 26,1 % (2017) menjadi 33,5 % (2018).

Poster manfaat jalan kaki
Saya juga diberikan penjelasan oleh pegawai BPTJ Kemenhub mengenai beberapa manfaat menggunakan transportasi umum dan berjalan kaki. Dengan menggunakan transportasi umum, kita dapat memangkas waktu perjalanan jadi lebih singkat karena terhindar dari kemacetan lalu lintas dan tentu saja mengurangi polusi udara. Sedangkan dengan berjalan kaki, kita dapat menurunkan resiko terkena stroke hingga 20-40%. 

Berjalan kaki juga diyakini dapat membuat kita bisa berpikir lebih kreatif dan relaks. Kemenkes melalui program Gerakan Masyarakat Sehat (GERMAS) juga mengajak masyarakat untuk melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit perhari untuk mengurangi resiko terkena PTM. Dan hal ini sejalan dengan seruan BPTJ Kemenhub melalui Kampanye Jalan Hijau. Kalau tidak dimulai dari sekarang untuk memperbaiki kualitas udara Jakarta dan kesehatan diri sendiri, kapan lagi? 

Saya mendukung sekali Kampanye Jalan Hijau dan sudah komit dengan diri sendiri untuk sering-sering menggunakan transportasi umum dan berjalan kaki jika memungkinkan. Saya ingin hidup lebih sehat dan sebagai warga Jakarta, saya juga ingin Jakarta memiliki udara yang minim polusi.


Read more

Rabu, 21 Agustus 2019

Be Sustainable, Be Fashionable by So Klin White and Bright

Be Sustainable,Be Fashionable by So Klin

Siapa yang senang sekali belanja pakaian? Sebentar-sebentar beli pakaian. Padahal pakaian yang ada masih layak pakai dan menumpuk di lemari. Namun hasrat belanja pakaian tak kunjung bisa diredam. Nah kalau kalian ada yang merasa seperti ini, ada baiknya nih kalian mengikuti kampanye "Sustainable Fashion" yang sedang diserukan oleh So Klin, salah satu brand deterjen ternama negeri ini. 

Kampanye ini bertujuan untuk mengajak dan mengimbau masyarakat agar lebih "peka" dan "menghargai" bumi, tempat kita hidup. Kegiatan ini merupakan langkah peduli So Klin untuk menghimbau masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan alam dan mengembangkan kreativitas melalui inovasi fashion yang berkelanjutan.

Inovasi fashion yang berkelanjutan? Apakah ini yang dimaksud? Di Indonesia sendiri, sudah cukup banyak desainer yang menerapkan konsep sustainable fashion yaitu dengan cara melakukan prinsip zero waste pattern, mengurangi pembuangan kain sisa. Misalnya, bahan yang tadinya harus dipotong, dikemas dengan cara yang lebih sederhana dan tidak perlu ada proses pemotongan.

Kampanye Sustainable Fashion dilatarbelakangi oleh adanya fakta bahwa industri fashion menyumbang limbah yang cukup besar dan jika tak lekas dicarikan solusi maka akan mengancam kelestarian alam. Berdasarkan data dari Ellen MacArthur Foundation, badan yang fokus mempelajari polusi industri mode, limbah bisnis busana di dunia dapat mencapai US$500 miliar per tahun. Hal ini kemudian memunculkan beberapa usulan kebijakan ramah lingkungan, salah satunya dengan mengolah kembali kain perca ataupun pakaian yang masih layak menjadi komponen yang bermanfaat dan dapat digunakan kembali.

Be Sustainable, Be Fashionable



Terkait dengan kampanye yang sedang gencar dilakukan oleh So Klin, pada Jumat, 16 Agustus 2019 kemarin, So Klin menggandeng sekolah mode ESMOD Jakarta dan komunitas sosial Sadari Sedari untuk ikut menyerukan kampanye sustainable fashion melalui talk show “Be Sustainable, Be Fashionable by So Klin” dalam rangkaian kegiatan Jakarta Fashion & Food Festival 2019 di Mall Kelapa Gading 3. Acara ini menghadirkan Ibu Joanna Elizabeth Samuel, Marketing Manager Fabric Care PT Sayap Mas Utama (Wings Group), Patrice Desilles (Academic Program Head ESMOD Jakarta), Indira (Sadari Sedari) dan dipandu oleh Indy Barends, presenter yang sekaligus brand ambassador So Klin.

Sustainable fashion bukan hanya proses mengolah kain perca atau pakaian yang masih layak pakai menjadi barang yang bisa digunakan kembali namun perlu juga adanya perhatian untuk menjaga keawetan warna agar tetap cemerlang. Dengan menjaga keawetan warna hingga tak pudar, pakaian atau kain perca dapat diolah menjadi sesuatu barang yang bukan hanya bisa digunakan kembali tapi juga memiliki nilai ekonomis. 

Pakaian sustainable
Untuk menjaga agar warna tetap awet dan cemerlang So Klin memperkenalkan produk terbarunya yaitu So Klin White and Bright. So Klin White and Bright dilengkapi dengan teknologi OPTICAL BRIGHTENER yang menggabungkan deterjen dengan formula khusus yang tidak hanya secara ampuh menghilangkan noda berat, namun juga sekaligus mempertahankan keaslian warna sehingga tidak cepat pudar, bahkan membuat pakaian terlihat lebih cerah setelah pencucian berulang kali.

So Klin White and Bright menjaga warna pakaian tetap cemerlang
Ibu Joana dalam kesempatan tersebut mengungkapkan bahwa So Klin melalui Kampanye Sustainable Fashion ingin mengajak dan mengimbau masyarakat Indonesia agar lebih peduli terhadap lingkungan. Salah satu caranya adalah dengan menerapkan gaya hidup berkelanjutan termasuk dalam hal berpakaian. 

So Klin mendukung inovasi kreatif khususnya dalam hal merawat serta mix and match pakaian. Dengan So Klin White and Bright, pakaian lama akan tetap bersih dan tampak selalu baru. Hingga tak perlu konsumtif untuk beli pakaian terlalu sering. Cukup dipadu padankan atau diproses kembali secara kreatif dan menghasilkan pakaian dengan model dan bentuk lain yang lebih ciamik dan berbeda dari pakaian asalnya. 

Sustainable Fashion by Esmod Jakarta
So Klin White and Bright menjaga warna agar tetap cemerlang seperti baru walaupun sudah dicuci berulang kali. Selain itu, So Klin White and Bright juga membantu meningkatkan efisiensi waktu para Ibu di rumah agar tidak perlu repot dalam memilah warna baju ketika mencuci.

So Klin White and Bright bubuk
Sadari Sedari sebuah lembaga/komunitas yang peduli terhadap pelestarian lingkungan terutama menyangkut limbah fashion, membuat gerakan untuk mendonasikan pakaian bekas yang tak terpakai untuk kemudian diolah kembali menjadi barang yang bisa digunakan dan memiliki nilai jual dan selanjutnya hasil dari penjualan barang hasil Sustainable tersebut didonasikan untuk pendidikan anak-anak Indonesia. Kain perca dan pakaian bekas, biasanya hanya dianggap sebagai bahan sisa yang tidak ada manfaatnya, sehingga pada akhirnya akan dibuang dan menjadi limbah atau sampah. 

Dalam industri kerajinan kreatif ternyata kain perca sangat cocok untuk direproduksi menjadi berbagai produk kreatif yang memiliki nilai ekonomis tinggi. Begitu pun dengan pakaian bekas layak pakai, masih bisa diolah menjadi "sesuatu yang baru" yang bisa digunakan dan memiliki nilai ekonomis. 

Sustainable fashion dapat diterapkan melalui berbagai kegiatan bermanfaat seperti halnya yang dilakukan Sadari Sedari ini yaitu dengan cara mengumpulkan pakaian bekas dan mengubahnya menjadi donasi sosial, atau juga menyumbangkan pakaian pada mereka yang memang membutuhkan. Saat ini, Sadari Sedari memiliki tempat menaruh donasi pakaian bekas layak pakai dibeberapa mall ternama di Jakarta. Di tempat inilah, masyarakat yang ingin berdonasi dapat menyerahkan donasinya.

Pada acara talkshow tersebut, Patrice dari sekolah Esmod mengatakan bahwa Sustainable fashion merupakan bagian dari gaya hidup saat ini. Banyak desainer yang mulai menggunakan bahan ramah lingkungan, teknik pewarnaan alami, dan yang tidak kalah penting yaitu menempatkan label tata cara perawatan kain. 

Saat ini, Esmod dan Patrice juga lebih memilih untuk menggunakan serat kain tencel yang berasal dari kayu, sehingga ketika pakaian tersebut sudah tidak dipakai lagi, dapat dengan mudah terurai ke alam. Metode ini juga diterapkan kepada para siswa melalui kurikulum di sekolah. 

Menurut Patrice, konsumen harus memiliki pengetahuan tentang bagaimana merawat pakaian mereka agar dapat bertahan lama, misalnya perawatan dengan deterjen yang tepat seperti So Klin White and Bright agar warna tetap cemerlang dan menonjol.

Workshop Sustainable Fashion
Pada acara talkshow tersebut, So Klin dan ESMOD Jakarta juga mengadakan workshop mengolah pakaian bekas menjadi layak pakai kembali. Selain itu, ESMOD Jakarta juga mengajarkan beberapa tips untuk melakukan mix and match pakaian agar kita tetap dapat tampil modis tanpa selalu membeli baju baru. Dengan demikian, diharapkan masyarakat Indonesia menjadi lebih peka dan peduli terhadap lingkungan sekaligus juga dapat meningkatkan sisi kreativitas individu.

So Klin melalui So Klin White and Bright ingin mengedukasi para konsumennya agar dapat merawat pakaian dengan lebih baik hingga warna pakaian tidak lekas pudar dan tetap cemerlang.

Indy Barends, brand ambassador So Klin

Read more

Hadiah Dari Bunda, Permainanan Edukatif Berhadiah Menarik

Panduan Bunda,website edukatif untuk bunda
Setiap tanggal 23 Juli, kita memperingati Hari Anak Nasional dan bagi saya, Hari Anak Nasional membuat saya merenung dan menyadari bahwa ada pekerjaan rumah yang cukup pelik bagi orang tua berkaitan dengan kondisi anak Indonesia. Mengapa saya katakan seperti ini? Karena di luaran sana, cukup banyak anak Indonesia yang "belum mendapatkan" haknya sebagai seorang anak. Contohnya pengamen anak-anak di perempatan jalan atau di sekitaran lampu merah, pedagang anak asongan sampai anak-anak yang terpaksa mengemis. Mereka "dipaksa" untuk mencari nafkah, padahal tugas mencari nafkah bukanlah tugas anak-anak. Suka atau tidak suka, anak-anak dibawah umur ini harus menghadapi kerasnya kehidupan supaya tetap bisa bertahan hidup.

Usia anak-anak yang harusnya digunakan untuk bermain dan belajar, tidak sepenuhnya dapat mereka miliki. Belum lagi, tantangan yang dihadirkan oleh teknologi digital dan kehadiran revolusi Industri 4.0 yang pastinya akan memengaruhi kehidupan anak Indonesia. 

Saya sebagai orangtua dari dua orang anak, saat ini saja sudah was was dengan kehadiran smartphone dan internet. Saya tau kita tidak bisa "menolak" perkembangan teknologi digital dan pengaruhnya dalam kehidupan karena itu sebagai orangtua saya berupaya mencari win win solution terhadap kondisi ini.

Saya tidak ingin anak-anak saya terkena dampak negatif dari teknologi digital tapi saya juga tidak ingin anak saya "buta" terhadap teknologi digital. Salah satu cara yang saya tempuh adalah saya menempatkan diri sebagai "teman" untuk anak-anak saya. Bermain dan mendengarkan semua cerita mereka. Menjadi "teman" yang terlibat dalam berbagai kegiatan yang mereka lakukan.

Saya sering mencari tau mengenai hal-hal yang sedang mereka senangi seperti kalau mereka sedang bersama gadgetnya, apa saja sih yang mereka lakukan? Apa sih yang mereka lihat? Permainan apa yang mereka mainkan? Saya juga mencari tau, kira kira ada tidak permainan yang dapat saya lakukan bersama anak-anak terutama permainan edukatif yang dilakukan melalui smartphone.  Setelah kepo sana sini, pencarian saya berhenti pada satu website yang khusus ditujukan untuk bunda. 

Website tersebut berisi tentang panduan tumbuh kembang anak termasuk ada permainan edukatif nan menarik yang dapat dimainkan bersama buah hati. Website yang saya maksud adalah website Panduan Bunda yang didalamnya ada berbagai fitur menarik, salah satunya "Hadiah Dari Bunda".

Panduan Bunda adalah website yang dipersembahkan oleh Konimex untuk seluruh ibu-ibu Indonesia dan berisi informasi aktual mengenai tumbuh kembang anak. Panduan Bunda juga menghadirkan permainan edukatif yang bisa dimainkan bersama anak dan ada hadiahnya loh. 

Hadiah Dari Bunda


Hadiah Dari Bunda merupakan salah satu fitur yang terdapat pada website Panduan Bunda. Untuk dapat memainkan Hadiah Dari Bunda , ada beberapa langkah yang terlebih dahulu harus dilakukan. 
Langkah tersebut, yaitu:
1. Follow social media Panduan Bunda di Facebook Panduan Bunda dan Instagram Panduan Bunda ; 
2. Mengunjungi website Panduan Bunda ;
3. Peserta harus terdaftar terlebih dahulu untuk bisa berpartisipasi di activity ini, dengan login menggunakan Facebook ataupun alamat email yang terdaftar;
4. Peserta harus meng-klik tab “Hadiah Dari Bunda” untuk dapat memulai permainan ini;
5. Peserta harus mencocokkan gambar yang ada di kolom sebelah kiri dengan gambar yang ada di kolom sebelah kanan untuk dapat memperoleh poin;
6. Untuk satu sesi permainan, user memiliki kesempatan 3 kali main dan ini berlaku setiap harinya;
7. Peserta yang berhasil mencocokkan 1 gambar akan mendapatkan poin secara acak 
sebesar 5 – 10 poin;
8. Pada akhir sesi permainan, peserta akan diberikan pilihan untuk share page permainan melalui Facebook, dengan reward berupa poin tambahan secara acak, sebesar 1-5 poin;
9. Peserta diberikan 3 kesempatan bermain setiap harinya untuk mendapatkan poin;
10. Jumlah batas permainan per hari dapat dilihat oleh peserta di halaman utama page activity;
11. Peserta masih diperbolehkan untuk bermain setelah lebih dari 3 kali per hari, namun tidak akan ada penambahan poin, baik dari permainan maupun dari share;
12. Periode kompetisi berlangsung mulai dari 23 Juli hingga 22 Agustus 2019;
13. Ada 5 hadiah yang bisa dimenangkan,yaitu PlayGo 
Creativity Table,Playgo Magnetic, Playdoh, Scooter dan Lego Toystory.

Dede, anak kedua saya, begitu saya tunjukin permainan Hadiah Dari Bunda ini langsung tertarik karena tertantang untuk ngumpulin poin sebanyak-banyaknya. Sayangnya, sehari hanya bisa tiga kali permainan saja untuk mendapatkan poinnya. Pada awalnya, Dede sempat kecewa tapi saya katakan kalau besok dia bisa kembali mengumpulkan poin dan pada akhirnya dia jadi menunggu-nunggu esok harinya untuk bisa kembali mengumpulkan poin. Dede semangat banget ngumpulin poin karena berharap bisa memperoleh hadiahnya. Apalagi salah satu hadiahnya adalah playdoh, mainan favoritnya. Makin semangat deh mainnya.

Permainan edukatif Hadiah Dari Bunda ini merangsang daya pikir anak dan bisa dimainkan bersama orangtua. Selain mengasah kemampuan si anak untuk berpikir, juga baik untuk membangun bonding antara orangtua dan anak. Permainan Hadiah Dari Bunda ini bisa dimainkan kapan saja dan dimana saja. Tinggal buka website Panduan Bunda, login lalu pilih Hadiah Dari Bunda. Melalui permainan ini, anak-anak dilatih untuk lebih teliti dan dapat menganalisa persoalan untuk menemukan jawaban yang tepat.

Saya dan Dede mengincar hadiah playdoh loh, kalau kalian sudah coba belum permainan interaktif dan edukatif ini? Terbuka kesempatan yang cukup besar loh untuk dapat memenangkan hadiahnya. Selamat bermain bareng buah hati yaaa.

Hadiah Dari Bunda,permainan edukatif untuk ibu dan anak





Read more

Rabu, 14 Agustus 2019

Program Tebar Hewan Kurban 2019 di Zona Madina Dompet Dhuafa

Pelaksanaan Program THK Zona Madina

Aktivitas yang saya lakukan pada Hari Raya Idul Adha tahun ini tak jauh berbeda dengan apa yang saya lakukan dalam dua tahun terakhir. Tepatnya ketika saya mulai lumayan aktif terlibat dalam kegiatan yang diadakan oleh Dompet Dhuafa melalui program Tebar Hewan Kurban atau THK. Mengenai program THK, saya telah mengulasnya dalam beberapa tulisan sebelumnya seperti pada tulisan yang berjudul Lima Alasan Mengapa Harus Kurban Melalui Program Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa. Didalam tulisan ini saya jelaskan apakah itu program THK Dompet Dhuafa. Silahkan dibaca dulu deh supaya kalian enggak bingung dan bertanya-tanya apakah itu THK Dompet Dhuafa.

Sedikit menjelaskan, THK adalah program penyebaran hewan kurban yang dilakukan oleh Dompet Dhuafa dalam rangka pendistribusian hewan kurban yang diterima oleh Dompet Dhuafa dari para pemberi kurban (orang yang berkurban melalui Dompet Dhuafa). THK merupakan program tahunan yang dilakukan oleh Dompet Dhuafa dalam rangka Hari Raya Idul Adha. Melalui program THK ini, para donatur atau orang yang ingin berkurban dapat menyalurkan kurbannya melalui Dompet Dhuafa melalui cara yang mudah dan terpercaya, salah satunya dengan kurban online. Walaupun namanya kurban online, pencatatan dan laporan detil mengenai hewan kurban, proses pelaksanaan kurban disampaikan secara rinci dalam sebuah laporan dan bukti-bukti otentik. Berkurban melalui Dompet Dhuafa telah terbukti terpercaya.

Program THK 2019 Dompet Dhuafa
Penyebaran hewan kurban ini dilakukan supaya hewan kurban tepat sasaran dan makna dari ibadah kurban dapat diimplementasikan secara tepat. Daging hewan kurban diterima oleh orang-orang yang berhak menerimanya, bukan seperti yang "masih cukup banyak" terjadi di masyarakat yaitu hewan kurban dibagi rata ke seluruh masyarakat yang berada diwilayah kurban tersebut dilaksanakan. Lebih ke bagi-bagi daging kurban bukan pembagian daging kurban sesuai dengan ajaran yang diperintahkan oleh Allah SWT. Daging kurban diperuntukkan untuk kaum dhuafa.

Program Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa telah dilaksanakan sejak tahun 1994. Awalnya dinamakan dengan program 999 Hewan Kurban lalu pada tahun 1998 berganti menjadi Tebar Hewan Kurban dan sampai sekarang program ini terus dilaksanakan oleh Dompet Dhuafa. Program Tebar Hewan Kurban ini bukan hanya melibatkan Dompet Dhuafa sebagai penerima hewan kurban dan si pekurban saja namun juga melibatkan mitra peternak Dompet Dhuafa sebagai penyedia hewan kurban. Program THK membantu meningkatkan taraf kehidupan para mitra binaan (peternak binaan) Dompet Dhuafa.

Sekali lagi saya katakan bahwa saya sudah cukup sering menulis tentang program Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa, karena itu kali ini saya hanya akan mengulas sedikit mengenai pelaksanaan program Tebar Hewan Kurban 2019 terutama THK yang dilakukan di Zona Madina Dompet Dhuafa.

Zona Madina Dompet Dhuafa

Idul Adha kali ini, saya berkesempatan untuk mengikuti pelaksanaan program Tebar Hewan Kurban 2019 di Zona Madina Dompet Dhuafa. Mungkin kalian bertanya-tanya apa dan dimanakah Zona Madina itu? Pastinya sih bukan berada di negeri Arab ya wkwkwk.

Zona Madina Dompet Dhuafa adalah kawasan terpadu pemberdayaan masyarakat dibawah pengelolaan Dompet Dhuafa. Zona Madina dibangun diatas tanah wakaf seluas 8,5 Ha yang berada di Parung Bogor, Jawa Barat. Ada beberapa alternatif transportasi umum untuk sampai ke Zona Madina. Kalian bisa naik KRL Jakarta-Bogor jurusan Bogor dan turun stasiun Citayam. Dari stasiun Citayam bisa dilanjutkan dengan naik ojek online sekitar 40 menit. Atau kalian bisa naik busway jurusan Ciputat, turun di halte terakhir, dari halte busway Ciputat bisa naik angkot menuju parung dan turun di Zona Madina. Cirinya adalah Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa.

Saya sudah dua kali menjejakkan kaki di Zona Madina Dompet Dhuafa ini. Kawasan terpadu yang dirancang dan dikembangkan dengan konsep kawasan tumbuh dan terintegrasi dengan tata nilai Islami. Zona Madina Dompet Dhuafa didirikan dengan tujuan meningkatkan taraf kehidupan masyarakat sekitar kawasan.

Peningkatan pembangunan pemberdayaan masyarakat secara lebih luas dan menyeluruh mencakup pemberdayaan ekonomi, pendidikan, kesehatan, sosial, budaya. Dan semua pemberdayaan masyarakat tersebut bersumber dari optimalisasi dana zakat, infak, sedekah dan wakaf yang diterima oleh Dompet Dhuafa dari para donaturnya.

Kawasan Zona Madina Dompet Dhuafa ini terdiri dari berbagai program pemberdayaan dan pelayanan masyarakat. Di kawasan ini terdapat Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa, Sentra Ternak, Sentra Budidaya Ikan Hias, Daya Mart, Desa Jampang Inggris, Sekolah Smart Ekselensia, Kampung silat Jampang, Kampung Wisata Jampang dan beberapa sentra pemberdayaan lainnya.

Kawasan Zona Madina juga dilengkapi dengan mesjid besar yang berada tepat di Kampung Wisata Jampang. Menurut Pak Yuli Pujihardi, Direktur Mobilisasi Zakat Dompet Dhuafa, kawasan Zona Madina ini terus dikembangkan untuk pemberdayaan masyarakat dhuafa yang berada disekitar kawasan.

Program Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa 2019 di Zona Madina

Tahun 2019 ini berdasarkan data yang telah dihimpun oleh Tim THK Dompet Dhuafa, jumlah hewan kurban yang telah diterima oleh Dompet Dhuafa berjumlah 22.300 ekor. Jumlah ini telah mendekati target jumlah hewan kurban yang dipatok Dompet Dhuafa, yaitu sekitar 30.000 ekor. Dibandingkan dengan tahun lalu, jumlah hewan kurban yang diterima oleh Dompet Dhuafa naik sekitar 27%.

Sampai hari pertama Idul Adha, berdasarkan data distribusri yang dikumpulkan oleh tim THK Dompet Dhuafa, sebaran alokasi daging kurban hingga ke penerima manfaat melingkupi 25 provinsi dan 5 negara. 5 negara tersebut adalah negara yang mengalami konflik kemanusiaan, yaitu Palestina, Myanmar, Kamboja, Vietnam dan Filifina. Tahun ini Program THK juga melakukan penyebaran hewan kurban di daerah terdampak bencana seperti di Palu, Lombok, Konawe, Banten dan Halmahera.

Ada yang istimewa dan berbeda dalam pelaksanaan program Tebar Hewan Kurban tahun ini. Tahun ini untuk wadah daging kurban, Dompet Dhuafa menggunakan wadah yang terbuat dari anyaman bambu, daun jati, daun pisang dan bahan alami lainnya. Hal ini sebagai upaya yang dilakukan oleh Dompet Dhuafa untuk mengurangi limbah plastik yang dapat merusak lingkungan.

Salah satu daerah pendistribusian hewan kurban program THK Dompet Dhuafa adalah Zona Madina. Di Zona Madina, Dompet Dhuafa mendistribusikan 65 ekor kambing. Jumlah ini berdasarkan alokasi dan kesiapan mitra peternak di kawasan Zona Madina terhadap kualitas dan jumlah hewan yang bisa disediakan. Satu kambing biasanya diperuntukkan untuk 12-15 Kepala Keluarga. Data penerima daging kurban diperoleh dari para ketua RT dilokasi distribusi dan bekerjasama dengan peternak mitra Dompet Dhuafa.

Pelaksanaan program Tebar Hewan Kurban di Zona Madina dilakukan setelah shalat Idul Adha. 65 ekor kambing didatangkan dari mitra peternak yang berada disekitar Zona Madina dan Bogor. Pemotongan hewan kurban melibatkan anak didik Smart Ekselensia. Moment ini dimanfaatkan untuk lebih memperkenalkan proses pelaksanaan ibadah kurban pada para siswa. Para siswa Smart Ekselensia terlibat langsung dalam proses pemotongan hewan kurban. Mereka ada yang memegang kambing pada saat proses pemotongan dan sebagian lagi ada yang membantu dalam proses pencacahan daging kambing.

Daging kurban tersebut kemudian ditempatkan dalam besek dan diberikan langsung pada warga yang berhak menerimanya. Warga penerima daging kurban diberikan kupon oleh penyelenggara THK dan kupon tersebut yang digunakan untuk mengambil daging kurban.

Saya sempat menyaksikan rangkaian proses pelaksanaan program THK Dompet Dhuafa di Zona Madina termasuk pada saat warga penerima daging kurban mengambil dan menerima besek berisi daging kurban. Kebahagian terpancar jelas dari wajah mereka. Karena kondisi ekonomi mereka yang tak memungkinkan untuk makan daging setiap saat mereka inginkan, moment Idul Adha menjadi moment yang mereka nantikan. Saat dimana mereka dapat menyantap hidangan daging bersama keluarga tercinta. So, jangan takut untuk berkurban .

Siswa Smart Ekselensia berpartisipasi dalam THK 2019 Zona Madina


Read more

Selasa, 13 Agustus 2019

Diskusi Publik YBM PLN, Potret Kaum Marjinal di Jakarta

Diskusi Publik Potret Kaum Marjinal di Jakarta

Pernah mendengar kalimat ibukota lebih kejam dari ibu tiri? Anggapan ini bisa jadi benar adanya saat kita melihat fenomena yang terjadi di ibukota, Jakarta. Pengemis di sekitar lampu merah tiap hari makin banyak saja jumlahnya. Belum lagi pengamen yang tak pernah lelah mengais rejeki diantara kemacetan jalanan ibu kota.

Jakarta sebagai ibu kota negara mau tak mau menjadi tolak ukur keberhasilan sejauh mana negara ini mampu mengelola sumber daya dan berapa tinggi tingkat kesejahteraan warganya. Namun pada kenyataannya dengan APBD yang besar dan selalu meningkat dari tahun ke tahun, kaum marjinal di Jakarta belum bisa terbebas dari belenggu kemiskinan.

Sebelum lebih lanjut lagi bahasan mengenai kaum marjinal di DKI Jakarta, sebaiknya kita mengetahui dulu apa itu kaum marjinal. Kaum marjinal adalah masyarakat kelas bawah yang terpinggirkan dari kehidupan masyarakat. Contoh dari kaum marjinal antara lain pengemis, pemulung, buruh, petani, dan orang-orang dengan penghasilan pas-pasan atau bahkan kekurangan. Mereka ini selalu ada dan menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan negara kita.

Berdasarkan data yang ada, sejak kurun waktu lima tahun terakhir, jumlah kaum marjinal di ibukota mengalami penurunan sejalan dengan menurunnya tingkat kemiskinan. Pemerintah DKI Jakarta bersama dengan lembaga philantropis berupaya keras untuk mengentaskan kemiskinan di DKI Jakarta melalui program pemberdayaan masyarakat. Salah satu lembaga philantropis yang terus memberikan bantuan berupa program pemberdayaan/pembinaan pada kaum marjinal di Jakarta adalah YBM PLN.

YBM PLN atau Yayasan Baitul Mal PLN adalah lembaga nirlaba sosial yang berada dibawah naungan PLN. Sehubungan dengan kiprah YBM PLN dalam membantu mengentaskan kemiskinan kaum marjinal di Jakarta melalui program pemberdayaan, pada tanggal 6 Agustus 2019, YBM PLN bersama dengan IMZ menyelenggarakan acara diskusi publik dengan tema," Potret Kaum Marjinal Jakarta: Dulu, Kini dan Nanti". 

Acara diskusi publik tersebut diadakan di Rumah Makan Bumbu Desa Cikini, Jakarta Pusat. Diskusi publik ini sekaligus peluncuran Buku Peta Kinerja Pemberdayaan Masyarakat di Jakarta oleh YBM PLN. Buku yang berisi kiprah YBM PLN dalam upaya membantu mengentaskan kemiskinan di Jakarta. Buku Peta Kinerja ini sebagai upaya mengukur kinerja dan capaian yang telah dilakukan oleh YBM PLN melalui program pemberdayaan masyarakat di Jakarta. 

Diskusi Publik ini menghadirkan beberapa tokoh terkait sebagai narasumbernya. Dalam kesempatan tersebut hadir Chozin Amirullah selaku pegiat sosial Turun Tangan, Bhima Yudhistira selaku peneliti INDEF, Sabeth Abilawa Pengurus Ikatan Ahli Ekonomi Islam (IAEI) Jakarta, serta dari pihak pemerintahan yang diwakili oleh Dr. Mariana, M.Si, Sekretaris Dinas Sosial DKI Jakarta. Dan hadir pula Salman Alfarisi, Deputi Direktur YBM PLN. 

Diskusi Publik dan Peluncuran Buku Peta Kinerja Pemberdayaan Masyarakat di Jakarta 

Dalam diskusi publik tersebut, Bu Mariana menegaskan bahwa pemerintah melalui dinas sosial terus berupaya keras menekan angka kemiskinan di Jakarta dan meningkatkan kesejahteraan hidup kaum marjinal yang ada di ibukota. Permasalahan kaum marjinal ini menjadi "pekerjaan rumah" selama bertahun-tahun dan tak bisa dibiarkan  menjadi salah satu gambaran dari potret kehidupan ibu kota. Permasalahan kaum marjinal di Jakarta harus dapat diselesaikan secepatnya melalui sinergi pemerintah dan lembaga philantropis yang concern terhadap masalah pengentasan kemiskinan masyarakat. Seperti yang dilakukan YBM PLN.

Seperti yang dipaparkan oleh Mas Salman, YBM PLN selama kurun waktu dua tahun terakhir, turut mengambil peran dalam usaha meningkatkan kualitas hidup manusia di Indonesia termasuk di Jakarta melalui program-program ekonomi, kesehatan, pendidikan, sosial dan dakwah. YBM PLN juga telah mengembangkan program-program unggulan dan mengedepankan upaya pemberdayaan masyarakat dalam implementasinya. 

Program pemberdayaan masyarakat ini juga dilakukan oleh YBM PLN dalam rangka meningkatkan taraf kesejahteraan hidup kaum marjinal di Jakarta. Mas Salman juga mengatakan bahwa dalam masyarakat terdapat tiga tipe kemiskinan yaitu miskin pasrah, miskin karena keterbatasan yang dimiliki dan kemungkinan untuk miskin karena beberapa faktor penyebab. Ketiga tipe ini lah yang menjadi fokus utama program pemberdayaan masyarakat YBM PLN.

Berdasarkan data yang ada pada Buku Peta Kinerja Pemberdayaan Masyarakat di Jakarta yang direlease oleh YBM PLN, selama tahun 2018, YBM PLN telah menyalurkan dana ZISWAF sebesar Rp.17,37 M. Dana tersebut diberikan kepada 49.534 jiwa penerima manfaat yang terdiri dari 35.705 penerima manfaat program sosial kemanusiaan, 5500 jiwa penerima manfaat program kesehatan, 5.064 jiwa penerima manfaat program pendidikan, 1654 jiwa penerima manfaat program ekonomi dan 1.615 jiwa penerima manfaat program dakwah.

Berdasarkan data sebaran penerima manfaatnya, wilayah Jakarta Utara menjadi wilayah dengan penerima manfaat terbesar yakni sebanyak 10.451 jiwa. Data serupa juga dirilis oleh Dinas Sosial DKI Jakarta yang menyebutkan bahwa jumlah data sebaran rumah tangga miskin di Jakarta Utara  adalah jumlah terbanyak, yaitu mencapai 441.305 jiwa. 

YBM PLN dan Dinas Sosial DKI Jakarta sama sama berharap bahwa sinergi antara pemerintah dan lembaga sosial akan mampu mengikis tingkat kemiskinan di Jakarta dan kehidupan kaum marjinal menjadi lebih baik lagi. Sama seperti para narasumber, saya pun berharap semoga kedepannya di sekitar lampu merah dibeberapa titik di Jakarta, tak ada lagi pengemis yang membuat wajah ibukota makin semrawut.

Narasumber Diskusi Publik

Read more

Kamis, 08 Agustus 2019

Trik Menata Ruang Kerja Ala Freelancer Moody

Workshop Indonesia Property Expo 2019
Saya teringat diawal ngeblog, seorang teman yang berprofesi sebagai content writer pernah berkomentar bahwa saya akan susah survive di dunia blogging karena sifat "moody" yang melekat pada diri saya. Menurutnya, seorang blogger atau penulis, enggak boleh punya sifat "moody" atau tergantung mood. 

Menurutnya saya ini tipe orang yang klo moodnya lagi bagus ya hasil tulisannya pun bagus tapi jika mood atau perasaannya lagi jelek ya hancur-hancuran isinya. Dan ini akan menimbulkan masalah antara saya dan si pemberi pekerjaan. Saat itu, saya hanya tertawa saja menanggapinya. Saya sadar banget jika saya ini memang "moody-an" tapi bukan berarti saya tidak profesional dalam bekerja.

Saya memutuskan untuk menjadi seorang freelancer, salah satu alasannya ya karena sifat saya yang  mudah berubah suasana hatinya. Saya berpikir dengan menjadi seorang freelancer, saya lebih leluasa mengendalikan diri saya sendiri. Saya bisa mengatur diri saya sendiri dan enggak "makan hati" saat bertentangan dengan keinginan bos wkwkwk.

Seiring dengan bertambahnya usia dan pengalaman hidup yang menempa saya, saya mulai dapat mengendalikan sifat "moody" saya. Walaupun menjadi seorang freelancer tetap saja saya harus berhubungan dengan orang lain dan mengerjakan pekerjaan yang dilimpahkan pada saya tepat pada waktunya.

Ternyata menjadi seorang freelancer, membuat saya yang "moody" ini belajar lebih banyak tentang mengatur dan mengendalikan suasana hati. Meskipun hati saya semenit senang, semenit galau, saya harus tetap profesional dan dapat menyelesaikan pekerjaan saya tepat waktu. Tanpa alasan a,i,u,e,o hahahaha.

Untuk mengatasi sifat moody saya agar tak berimbas pada pekerjaan, saya mengatur ruang kerja saya sesuai dengan selera saya. Walau menurut penilaian suami dan anak-anak saya, ruang kerja saya enggak ada rapi-rapinya barang semenit pun tapi saya enjoy berada di ruangan kerja saya.

Trik Mengatur Ruang Kerja Ala Freelancer Moody

Sejujurnya, saya ini orang yang terlalu rajin mengubah tatanan ruang kerja hahaha. Saking rajinnya sampai saya sendiri ngga sempat ngitung dalam sebulan berapa kali posisi "singgasana" menulis saya berpindah tempat hahaha. Terpenting bagi saya, perasaan saya senang saat mengerjakan pekerjaan saya di ruangan kerja saya tersebut. Saya bisa berpikir dan menuangkan ide-ide yang ada dikepala saya ke dalam tulisan dengan lancar. 

Sebagai seorang yang mudah berubah suasana hatinya, menata ruang kerja supaya tetap kondisional, bukanlah hal yang mudah. Karena itu saya suka mencari tau tentang tips dan trik menata ruangan dari berbagai sumber. Dan belum lama ini, saya sempat ngepoin juga salah satu acara property yang berkaitan dengan tips dan trik menata ruangan kerja. Acara tersebut yaitu Indonesia Property Expo 2019 di JCC Jakarta Selatan.

Ada satu topik pembahasan workshop simgkat di Indonesia Property Expo 2019 yang menarik perhatian saya. Tema tersebut adalah, "Tips dan Trik Menata Ruang Kerja di Rumah". Dan kebetulan banget pemateri yang menyampaikan tema tersebut adalah teman saya yang juga seorang blogger, Zata Ligouw. 

Menurut Zata, kita bisa memiliki ruang kerja di rumah yang nyaman dan sesuai selera. Namun semua itu butuh kreativitas dan kejelian kita memanfaatkan ruangan yang tersedia. Zata menyarankan untuk terlebih dulu menentukan di sudut mana ruang kerja kita berada. Setelah itu tentukan meja yang ingin digunakan.

Kembali lagi ke saya yang moody-an, selama ini saya tidak pernah meletakkan meja di ruang kerja saya. Saya menggantinya dengan bantal yang cukup besar. Yang terpenting bisa digunakan untuk meletakkan handphone dan ipad. Karena dua alat tersebutlah yang menjadi andalan saya sebagai seorang freelancer.

Jika Zata senang menggunakan mood board, saya lebih suka menggunakan white board yang saya gantungkan didinding untuk menulis jadwal atau menuliskan kalimat motivasi saat mood saya sedang amburadul. Cara ini cukup ampuh diterapkan pada diri saya.

Satu catatan penting yang saya ambil dari workshop yang disampaikan oleh Zata bahwa setiap orang memiliki selera dan tingkat kenyamanan yang berbeda terhadap ruang kerja, karena itu dalam menata ruang kerja dituntut kreativitas masing-masing. Jika Zata menyukai ruang kerja yang tertata rapi, apik dan girly, saya lebih suka ruang kerja yang lapang, tanpa meja, hanya ada satu bantal kotak besar dengan dilengkapi white board dan spidol biru, merah dan hitam.

Sebagai seorang yang moody, untuk menjaga suasana hati tetap terkendali pada saat bekerja, saya memiliki trik menata ruang kerja ala saya, freelancer moody. Namanya juga freelancer, otomatis lebih banyak bekerja di rumah dan kondisi ini memaksa kita untuk lebih pintar berkreasi dalam menata ruang kerja yang bikin betah dan ngga ngerusak mood wkwkwk.

Trik yang selama ini saya lakukan adalah saya selalu mengubah letak tatanan barang-barang atau suasana di ruang kerja dikala perasaan saya mulai tidak stabil. Saya ubah tatanan ruang kerja saya sehingga saya merasa "lebih baik" dan "lebih fresh". Tak lupa saya letakkan aroma terapi di ruang kerja saya. Aroma terapi membantu mengendalikan mood saya menjadi lebih stabil. 

Nah itulah sedikit trik dari saya dalam menata ruang kerja ala freelancer moody. Silahkan ambil yang baik-baiknya dan abaikan yang negatifnya. Sampai jumpa lagi.




Read more

Rabu, 07 Agustus 2019

Germany Brilliant Sanitary Ware, Upgrade Your Home Lifestyle

Upgrade Your Home Lifestyle

"Rumahku Istanaku"
Memiliki rumah yang nyaman dan enak dipandang pastilah menjadi harapan semua orang. Tak terkecuali saya. Sejak menikah dan memiliki buah hati, saya selalu berupaya untuk membuat rumah yang saya tempati menjadi hunian yang nyaman dan bikin betah penghuninya. Saya paling gak suka jika dapur dan kamar mandi tampak kusam dan kurang terawat. 

Terlebih lagi untuk kamar mandi dan toilet yang menjadi tolak ukur kenyamanan saya terhadap suatu tempat, harus bersih dan sesuai fungsinya. Males banget kalau mendapati kenyataan, pas mau buang air besar eh klosetnya macet, keran airnya rusak ataupun pembuangan air di kamar mandi mampet karena tersumbat rambut atau kotoran lain. Grrrghh...langsung emosi dan jadi malas berlama-lama di rumah atau tempat tersebut.

Bagi saya, toilet atau kamar mandi yang bersih, nyaman dan sesuai fungsinya adalah wajib ada di tempat saya tinggal. Meskipun kecil dan tidak mewah tapi harus bersih, apik dan nyaman. Minimal semua bagian yang ada dalam kamar mandi sesuai fungsinya dan dapat digunakan dengan baik serta bersih dan enak dipandang mata.

Membicarakan perihal kamar mandi, saat ini saya sedang merencanakan untuk merenovasi kamar mandi utama rumah orangtua saya. Karena bangunan lama, kamar mandinya sering mampet dan klosetnya masih kloset jongkok. Jadi agak menyusahkan untuk bapak saya yang mengalami kesulitan berjalan dan jongkok. Saya ingin menggantinya dengan kloset duduk yang aman, nyaman serta tahan lama.

Kamar mandi di rumah tua orangtua saya

Saya ingin kamar mandi di rumah orangtua saya tampak apik, nyaman dan kering. Gak ada air yang tergenang di dalam kamar mandi tersebut. Oleh karenanya, saya berencana merenovasi kamar mandi sehingga mirip dengan kamar mandi yang ada di hotel. Ada kloset dan shower serta selalu kering. Supaya orangtua saya tidak kepeleset atau jatuh di kamar mandi akibat kamar mandi yang basah dan licin.

Untuk menjaga supaya tetap kering, rencananya saya akan membuat tempat mandinya sedikit lebih tinggi posisinya dari klosetnya. Saya yakin bisa mewujudkan kamar mandi impian saya meskipun dengan budget terbatas. Asalkan saya dapat menemukan perlengkapan kamar mandi yang sesuai harganya dengan yang direncanakan dan tetap berkualitas. Enggak yang asal murah juga sih. Untuk mewujudkan keinginan saya itu, mulailah saya "berburu" bahan bangunan serta perlengkapan sanitary yang saya perlukan untuk renovasi kamar mandi utama rumah orangtua saya.

Sekitar sepuluh hari yang lalu, saya sudah sempat "hunting" ke supermarket bahan bangunan dan perlengkapan rumah untuk survey harga shower, kloset duduk dan sink untuk wastafel kamar mandi. Dan ternyata harganya lumayan menguras isi atm hahahaha. Saya dan suami sepakat untuk tidak langsung membeli perlengkapan untuk renovasi kamar mandi rumah orang tua saya karena kami akan survey pula di toko perlengkapan rumah dan bahan bangunan semi modern yang ada disekitar rumah orangtua saya. Mungkin saja kami menemukan toko dengan harga yang lebih murah dari harga yang ada di supermarket bahan bangunan tersebut. Lumayan kan bisa hemat biaya jika dapat barang berkualitas dengan harga hemat xixixixi.

Sejujurnya saya agak kaget loh dengan harga perlengkapan rumah terutama harga kloset dan shower. Seingat saya, terakhir saya beli harganya tidak semahal yang tertera di supermarket bahan bangunan yang kemarin saya sambangi. Terakhir kali saya membeli perlengkapan sanitary di toko bahan bangunan tidak jauh dari rumah saya. Sayang toko bangunan tersebut sudah tutup karena pemiliknya telah meninggal dunia.

Seingat saya, harga kloset ecowasher berkisar 1,5 juta sampai 2 jutaan. Namun di supermarket bahan bangunan yang kemarin saya sambangi, harganya jauh lebih mahal. Karena itu saya pending dulu untuk membelinya. Terlebih lagi, beberapa hari kedepannya, saya ada undangan berkunjung ke kantor dan showroom Germany Brilliant Sanitary Ware di Sentra Niaga Harapan Indah Bekasi.
Kantor dan showroom Germany Brilliant Sanitary Ware Harapan Indah Bekasi

Germany Brilliant Sanitary Ware, Inovasi Tanpa Henti

Awalnya sih saya enggak tau apa itu Germany Brilliant, sampai saya browsing untuk mencari tau tentang Germany Brilliant. Dan betapa sumringahnya saya saat mengetahui kalau Germany Brilliant adalah produsen sanitary ware. Saya berharap memperoleh "input" yang saya perlukan terkait dengan rencana saya untuk merenovasi kamar mandi utama rumah orangtua saya. Apalagi saya berkunjung langsung ke kantor dan showroom dari Germany Brilliant Sanitary Ware. Saya bisa tanya-tanya seputar sanitary ware sekaligus mencari informasi seputar harga kloset, shower, sink dan floor drain produk dari Germany Brilliant. Syukur syukur nemu harga dan produk yang cocok dengan keinginan dan budget yang saya rencanakan. Alhamdulillah banget kan?
Lobby Germany Brilliant Sanitary Ware Harapan Indah

Sebelum saya ulas lebih dalam lagi mengenai Germany Brilliant Sanitary Ware, saya akan sedikit menjelaskan apakah itu sanitary ware. Sanitary ware atau perlengkapan sanitary (kebersihan) adalah perlengkapan rumah yang digunakan sebagai fasilitas kebersihan. Sanitary ware memiliki fungsi utama sebagai pendukung aktivitas membersihkan diri seperti mandi dan mencuci. Perlengkapan kamar mandi yang termasuk sanitary ware adalah kran (faucet), bak mandi, toilet (kloset), shower, bath up, floor drain, kitchen sink dan wastafel. 

Germany Brilliant adalah salah satu produsen produk sanitary ware di Indonesia. Sebagai salah satu produsen produk sanitary ware yang ada di tanah air,  Germany Brilliant selalu berupaya untuk terus melakukan inovasi dalam menghasilkan produk sanitary ware yang bukan hanya modern tapi juga berkualitas prima. Germany Brilliant terus melakukan inovasi tiada henti supaya dapat menghasilkan produk-produk sanitary yang mampu membuat kehidupan manusia jadi lebih mudah dan selalu "kekinian".
Salah satu contoh produk Germany Brilliant Sanitary Ware

Germany Brilliant memiliki berbagai tipe dan variasi produk yang pastinya akan membuat rumah terutama kamar mandi tempat kita tinggal menjadi hunian yang nyaman dan tampak lebih stylish. Coba deh perhatiin contoh dari kamar mandi yang ada di salah satu sudut showroom Germany Brilliant Sanitary Ware yang ada di Sentra Niaga Harapan Indah, Bekasi ini. Kalau rumah kalian memiliki kamar mandi seperti ini, makin betah kan kalian berlama-lama di rumah?  Kalau saya, pasti "anteng" banget berlama-lama di kamar mandi seperti ini hahahaha.


Germany Brilliant Sanitary Ware, Upgrade Your Home Life Style

Germany Brilliant Sanitary ware didirikan pada tahun 2003. Produsen perlengkapan rumah ini didirikan karena berawal dari ide kreatif untuk menciptakan perlengkapan kamar mandi dan dapur yang stylish dan elegan. Selain itu, Germany Brilliant juga memiliki tujuan memberikan manfaat pada khalayak umum dengan cara menjadi solusi terhadap permasalahan yang dihadapi seputar kamar mandi dan dapur agar dapat menjadi tempat yang nyaman, modern dan mampu berfungsi dengan baik.

Perkembangan Germany Brilliant Sanitary Ware dimulai dengan desain unik pada keran, shower berbentuk persegi kotak-kotak dan minimalis. Seiring perkembangan, Germany Brilliant Sanitary Ware juga memproduksi tipe klasik. Saat ini, Germany Brilliant Sanitary Ware menyediakan banyak sekali varian model untuk kran faucet, shower, wastafel, aksesoris kamar mandi, bak cuci piring atau kitchen sink, kloset, floor drain hingga ribuan jenis jumlahnya. Dan tersebar diseluruh Indonesia. Semua produk Germany Brilliant Sanitary Ware dijamin kualitasnya dengan garansi 5 hingga 25 tahun. Jika terjadi kerusakan atau komplain, teknisi Germany Brilliant Sanitary Ware selalu siap melayani.

Germany Brilliant Sanitary Ware memiliki semangat dan cita-cita serta motto "Upgrade Your Home Lifestyle". Germany Brilliant berusaha untuk menjadikan gaya hidup rumah di seluruh dunia berbeda dan lebih bergaya dari biasa. Selama kurang lebih sepuluh tahun terakhir, Germany Brilliant terbukti mampu meningkatkan gaya hidup rumah atau hunian tampak lebih berbeda  dari biasanya. Lebih elegan dan stylish.

Produk-produk Germany Brilliant mewujudkan kenyamanan serta keindahan hunian dengan produk unggulan bergaransi resmi. Setiap komplain yang datang akan ditanggapi dengan cepat, tepat dan efisien sesuai dengan permasalahannya. Germany Brilliant selalu memberikan garansi pada setiap produk yang dihadirkannya. Hal ini sebagai bagian dari pelayanan yang diberikan oleh Germany Brilliant untuk para pelanggannya.

Produk-produk Germany Brilliant Sanitary Ware

Saat keliling showroom Germany Brilliant Sanitary Ware, entah berapa banyak ujaran kekaguman yang terlontar dari mulut saya. Takjub dan terkesima saya dengan produk-produk Germany Brilliant Sanitary Ware. Siapa yang tidak jatuh hati melihat kloset dengan warna-warna menawan seperti ini? Baru pertama kalinya saya menemukan kloset dengan warna pink fanta, orange, hijau dan kuning. Ya Lord, unyu banget khan?
Kloset Pink Fanta

Saya semakin kepincut dengan produk Germany Brilliant setelah melihat satu set shower, keran dan aksesoris  kamar mandi dengan warna senada. Satu set perlengkapan kamar mandi warna senada itu sontak membuat naluri kenarsisan saya muncul. Tanpa banyak mikir, saya langsung foto dengan latar belakang sanitary ware tersebut dan langsung kirim foto saya itu ke suami. Dengan harapan mungkin saja Beliau tergoda untuk membuatkan saya kamar mandi seperti yang difoto itu hahaha.
Numpang narsis disalah satu sudut showroom

Sembari mikir, kira-kira berapa ya dana yang mesti saya siapkan agar punya sanitary ware unyu seperti yang ada di showroom Germany Brilliant, saya pun tak lupa menyisipkan doa semoga keinginan saya agar bisa mempersembahkan kamar mandi yang nyaman, aman dan menawan untuk orangtua saya bisa secepatnya terwujud. Aamiin. 

Begitu melihat produk-produk Germany Brilliant Sanitary Ware, saya tak bisa menepis rasa takjub, kagum dan kepincut. Produk-produk cantik dan elegan tersebut seolah melambai pada saya dan meminta untuk saya boyong bawa pulang wekekek. Sambil melihat produk dari Germany Brilliant Sanitary Ware, saya tak melewatkan kesempatan untuk bertanya seputar harga produk serta keunggulan dari produk tersebut.
Shower dengan warna senada

Melihat berbagai produk Germany Brilliant Sanitary Ware dengan warna warni lucu dan menggemaskan, membuat saya bagai orang yang jatuh cinta pada pandangan pertama. Hahahaha..beneran deh, perasaan inilah yang saya rasakan terhadap produk Germany Brilliant Sanitary Ware. Saya pun semakin jatuh hati saat tau harga dari produk-produk Germany Brilliant. Sangat terjangkau dan sesuai dengan yang saya inginkan.

Setelah puas berkeliling showroom, saya berada pada kesimpulan bahwa keunggulan produk Germany Brilliant Sanitary Ware terletak pada desainnya yang elegan, modern, minimalis, memiliki fungsi optimal pada produknya serta harga yang terjangkau. Hal senada juga diungkapkan oleh Bapak Andreas, perwakilan Germany Brilliant Sanitary Ware yang menjelaskan mengenai produk-produk Germany Brilliant dalam acara Blogger Competion Germany Brilliant beberapa waktu lalu. 

Bapak Andreas dari Germany Brilliant Sanitary Ware

Bapak Andreas menegaskan bahwa semua produk dari Germany Brilliant terbuat dari bahan kuningan asli dan stainless steel dengan kualitas terbaik. Hingga tak perlu diragukan kualitas dan daya tahan produknya. Terlebih lagi, semua produk Germany Brilliant dijamin dengan garansi resmi selama 5 sampai 25 tahun termasuk produk aksesoris kamar mandi. Tetap ada garansinya loh. 

Ternyata saya bukanlah satu-satunya orang yang langsung suka dengan produk Germany Brilliant. Ada orang lain yang sama seperti saya. Langsung "klik" dengan Germany Brilliant Sanitary Ware pada pandangan pertama. Orang tersebut adalah Mas Addie MS. Konduktor musik ternama negeri ini yang juga menjadi Brand Ambassador Germany Brilliant Sanitary Ware. Mas Addie jatuh hati pada produk Germany Brilliant pada saat dia melihat ada shower Germany Brilliant yang mempunyai satu keran khusus untuk berwudhu. Masih satu paket dengan showernya namun ada satu bagian yang bisa digunakan sebagai keran wudhu. Sama seperti Mas Addie, saya juga kesengsem dengan shower tipe ini.

Biar tambah kesengsem dengan Germany  Brilliant Sanitary Ware, saya akan ulas sedikit seputar produk-produknya.
Produk-produk Germany Brilliant Sanitary Ware, diantaranya yaitu:
1. Floor Drain
Floordrain Germany Brilliant adalah jawaban untuk masalah mampet dan bau di sekitar area kamar mandi karena adanya serangga ataupun rambut dan kotoran yang menyumbat. Dengan menggunakan sistem teknologi katup magnet yang dapat terbuka pada saat air mengalir dan tertutup pada saat air sudah mengering, floordrain Germany Brilliant ini membuat masalah tersumbatnya kamar mandi dapat teratasi. Floordrain Germany Brilliant ini diperkenalkan dengan istilah Smart Drain. 
Seorang karyawan Germany Brilliant memperlihatkan floordrain

Pada bagian tutup Smart Drain, dapat diisi dengan lantai keramik sesuai dengan tema kamar mandi yang diingini sehingga kamar mandi tampak lebih cantik dan senada. Katup Smart Drain tidak akan terbuka apabila tidak ada debit air yang turun, inilah yang membuat kotoran dan rambut bisa tersaring;

2. Kloset Cerdas
Kloset cerdas ini di desain oleh tim Germany Brilliant sesuai kebutuhan masyarakat modern, dengan fitur yang serba otomatis yang dapat menunjang aktifitas sehari-hari menjadi lebih higienis dan praktis. Ada hal lucu dan tak terlupakan ketika saya melihat-lihat produk Germany Brilliant Sanitary Ware. Saat berdiri disamping salah satu jenis kloset Germany Brilliant, tiba-tiba kloset terbuka sendiri tutupnya dan air dalam kloset "flush" otomatis. Kaget saya dibuatnya hahahaha. 

Kloset otomatis yang memukau saya

Kloset jenis ini menggunakan sensor yang berfungsi untuk membuka tutup kloset ketika ada seseorang yang berjarak sekitar 30cm. Belum selesai nih kehebatan dari smart kloset otomatis ini, pada bagian seat cover, bisa terbuka pula secara otomatis, sehingga tidak perlu menyentuhnya saat ingin menggunakan kloset ini.

Kloset memesona ini dilengkapi dengan remote yang memiliki beragam fungsi otomatis yang variatif seperti membilas, mengeluarkan keran air pembilas dengan jarak yang bisa ditentukan, mengeluarkan udara pengering, menjadikan dudukan kloset hangat, mengatur suhu air dari dingin ke panas. Uwow banget khan fungsi dan keistimewaan kloset otomatis ini? Kloset  keren ini dilengkapi juga  dengan sertifikat Standar Nasional Indonesia (SNI). Tuh worthed banget kan? 

Kloset otomatis ini cocok banget dipakai pada waktu malam hari saat terbangun dari mimpi indah karena hasrat ingin pipis atau buang air besar. Tanpa perlu repot-repot, kloset akan menjalankan fungsinya secara optimal dengan sendirinya, otomatis. Kita tinggal datangi klosetnya, duduk dan ketika selesai buang air, kloset langsung membersihkan kotoran secara otomatis termasuk mengeringkan dan mencuci bagian tubuh yang mengeluarkan kotoran. Praktis banget,bukan? 

Kloset otomatis ini dibandrol dari harga Rp. 22 juta rupiah. Sepadan kan dengan kualitas dan fungsinya? Jika dirasa terlalu mahal harga klosetnya, masih ada alternatif lain loh. Kalian bisa membeli kloset simple dengan warna-warna cantik yang dibandrol dari harga 1,4 jutaan. Ini masih harga perkiraan karena dibeberapa toko bangunan semi modern yang menjual kloset Germany Brilliant, harga bisa lebih murah daripada yang diinfokan ke saya.

Untuk kloset ecowasher, kisaran harganya dipatok dari harga 2 jutaan. Termasuk murah harganya daripada harga kloset tipe yang mirip tapi beda merk yang saya lihat di supermarket bahan bangunan. Begitu tau nominal kisaran harganya, langsung deh saya catat dilist barang yang secepatnya akan saya beli wkwkwk. Semua kloset Germany Brilliant memiliki jaminan garansi 10 tahun;

Kloset ecowasher Germany Brilliant incaran saya

3. Shower Multifungsi
Germany Brilliant punya varian shower terbaru nih. Shower dengan desain futuristik ini disebut dengan Shower GBV 1388. Shower keren ini mempunyai perbedaan teknologi dari jenis yang lain. Perbedaannya terletak pada sistem keluarnya air yang dapat dikeluarkan secara bersama pada head shower maupun hand shower. Pada sput keran bagian bawah, terdapat saringan air yang menghindari tersumbatnya air. Pada bagian tengah shower terdapat bidang rata yang dapat difungsikan sebagai tempat sabun dan perlengkapan mandi lainnya. Fixed, makin jatuh cinta saja saya pada produk-produk Germany Brilliant ini;

Shower dengan warna dan penampilan menarik

4. Keran Sensor / Faucet
Keran Sensor Germany Brilliant di desain dengan konsep minimalis, dapat di gunakan pada saat mati lampu. Keran sensor ini dilengkapi dengan dua pilihan sistem yaitu menggunakan batre atau dicolok pada colokan listrik. Jadi gak perlu takut ngga bisa berfungsi pada saat listrik padam. Luar biasa inovasi yang dilakukan Germany Brilliant ini ya;

Kran faucet

5. Wastafel dan Kitchen Sink
Perlengkapan dapur Germany Brilliant ini terbuat dari stainless steel yang terbukti kuat dan tidak karatan. Wastafel dan kitchen sink dirancang dengan bentuk elegan, modern namun simple. Dengan harga sekitar 200 ribu, kitchen sink Germany Brilliant merupakan pilihan yang pantas untuk mempercantik dapur di rumah.
Kitchen sink Germany Brilliant

Setelah menyimak ulasan saya tentang beberapa produk Germany Brilliant Sanitary Ware, jadi paham khan kenapa saya langsung jatuh hati pada rangkaian produk sanitary ini? Dan bagi saya tepat banget moto yang diusung Germany Brilliant Sanitary Ware ini. "Upgrade Your Home Life Style". Tolong doain saya  supaya bisa secepatnya merenovasi kamar mandi untuk orangtua saya dan mewujudkan kamar mandi impian ya.. Terimakasih.

Oh ya hampir saja lupa. Kalian bisa intip-intip atau tanya langsung mengenai produk Germany Brilliant Sanitary Ware melalui akun sosial medianya atau langsung ke websitenya ya. Ada katalog dan keterangan lengkap mengenai produk sanitary ware Germany Brilliant di websitenya ya. Don't miss it.
Instagram: gbsanitary1
Twitter : gb sanitary1
Facebook : Germany Brilliant 
#GBSanitary

Bersama Mas Addie MS, Brand Ambassador Germany Brilliant 










Read more

Minggu, 04 Agustus 2019

Tiga Keunggulan Neoflam 3in1 Korean Cookware Alfamart

Neoflam 3in1 Korean Cookware Alfamart

Ikan goreng merupakan salah satu makanan yang saya gemari tapi sayangnya justru jenis masakan inilah yang paling malas saya buat sendiri. Setiap kali ingin menyantap ikan goreng, saya membelinya di warung makan langganan atau minta tolong dibuatkan oleh ibu saya. 

Keengganan saya untuk menggoreng ikan, bukanlah tanpa alasan. Setiap kali menggoreng ikan, minyaknya pasti memercik keluar dan ikan sering nempel di penggorengan. Sempat pula mencoba menggoreng ikan di wajan/penggorengan anti lengket tapi hasilnya tak seperti yang diharapkan.

Saya sebenarnya suka memasak tapi kendala pada perlengkapan masaklah yang acapkali menjadi penyebab saya menjadi malas memasak. Bukan hanya masalah menggoreng ikan saja yang saya hadapi tapi masakan saya sering tak sempurna matangnya. Usut punya usut ternyata alat memasak yang saya gunakan, kurang mampu menyebarkan panas kompor secara merata hingga masakan terkadang lekas gosong atau matang tidak sempurna. Malas banget khan jadinya.

Kakak saya sempat menyarankan membeli alat masak, satu set panci dan penggorengan buatan luar negeri, yang konon katanya mampu menyebarkan panas hingga merata sehingga membuat masakan cepat matang dengan sempurna. Tapi harganya aduhai dan membuat saya berpikir ulang untuk membeli alat masak tersebut. 

Untuk orang awam yang ngga jago jago banget masaknya dan tidak menjadikan memasak sebagai kegiatan favorit, sayang banget rasanya mengeluarkan uang jutaan rupiah hanya untuk membeli satu set peralatan masak. Lebih baik uangnya saya gunakan untuk hal lain yang saya rasa lebih penting daripada untuk membeli peralatan masak hahahaha.

Beberapa minggu lalu, saat saya melipir ke Alfamart, kasir Alfamart menawarkan alat masak NEOFLAM yang memang hanya dijual khusus di Alfamart saja. Neoflam 3in1 Korean Cookware Alfamart.

Tiga Keunggulan Neoflam 3in1 Korean Cookware Alfamart

Panci Neoflam 20cm

Neoflam 3in1 Korean Cookware Alfamart adalah peralatan memasak dari Neoflam yang khusus dijual hanya di Alfamart. Peralatan memasak ini dibuat di negeri ginseng Korea dan memiliki tiga fungsi sekaligus. Ketiga fungsi tersebut adalah memasak, menyajikan dan menyimpan. Ketiga fungsi inilah yang sekaligus menjadi keunggulan yang ditawarkan oleh Neoflam 3in1 Korean Cookware Alfamart.

Ada tiga varian alat masak dari Neoflam yaitu panci ukuran 20cm dengan kapasitas 2,4L, panci 24cm dengan kapasitas 2,5L dan penggorengan ukuran 28cm. Ketiga varian Neoflam 3in1 Korean Cookware ini memiliki tiga fungsi. Ketiganya bisa menjadi alat masak, wadah penyajian dan wadah penyimpanan. Gagang panci ataupun penggorengan bisa di lepas. Setelah memasak bisa langsung disajikan tanpa perlu memindahkan masakan ke wadah lain. Gagang panci atau penggorengan dijual terpisah, begitu juga dengan tutupnya.

Neoflam 3in1 Korean Cookware ini memiliki beberapa keunggulan. Karena dilapisi oleh aluminium dan ada lapisan anti lengketnya, membuat alat masak ini mudah dibersihkan, menyebarkan panas api kompor secara merata hingga masakan matang sempurna dan lebih cepat masaknya. Neoflam 3in1 Korean Cookware aman digunakan karena dilapisi oleh ecolon coating.

Bagian bawah panci Neoflam 3in1 Korean Cookware Alfamart

Ecolon coating adalah alternatif yang sehat untuk lapisan antilengket PTFE. Ramah terhadap lingkungan dan tubuh manusia, mudah direcycle karena terbuat dari bahan-bahan alami yang berasal dari bumi seperti tanah, pasir dan batu. Neoflam 3in1 Korean Cookware mempunyai fitur tambahan berupa lapisan interior dan eksterior yang tahan gores, tahan lama serta bebas dari racun terutama free PFOA.

Neoflam 3in1 Korean Cookware dilindungi oleh lima lapisan ceramic coating. Inilah yang membuat Neoflam 3in1 Korean Cookware menjamin masakan tidak cepat gosong dan masakan jadi lebih cepat matang. 

Saya dan Neoflam 3in1 Korean Cookware Alfamart

Blogger Gathering Tasty And Simple Cooking With Neoflam 3in1 Korean Cookware Alfamart

Dalam acara Blogger Gathering Neoflam 3in1 Korean Cookware Alfamart yang diadakan pada tanggal 2 Agustus 2019 di Spoke Bistro Alam Sutra Tangerang, saya memperoleh penjelasan lebih mendalam lagi mengenai alat masak ini.

Ibu Deny Dwi Retnawati ( CRM Manager Alfamart ) memaparkan bahwa Neoflam 3in1 Korean Cookware Alfamart ini bisa dibeli di seluruh store Alfamart tanpa harus mengumpulkan stamp atau point. Bisa langsung dibeli. Dan ada harga khusus yang tentu saja lebih murah bagi member Alfamart. Satu lagi nih penawaran menarik yang diberikan oleh Alfamart, setiap pembelian Neoflam 3in1 Korean Cookware, pelanggan berkesempatan memenangkan hadiah jalan-jalan ke Korea. Wuiiih pengen banget deh bisa jalan-jalan ke Korea.

Tasty and Simple Cooking with Neoflam 3in1 Korean Cookware Alfamart

Peralatan masak Neoflam 3in1 Korean Cookware dibandrol dari harga Rp.99900. Untuk pilihan warnanya Korean style banget nih. Ada tiga pilihan warna sesuai dengan variannya. Biru dan hijau apa ini ya namanya hahahaha.

Awalnya saya kurang yakin yah dengan Neoflam 3in1 Korean Cookware Alfamart ini sampai saya melihat demo masak dengan menggunakan peralatan masak ini oleh Chef Deni, jebolan Master Chef 4 ini. Chef Deni memasak ramyeon dan bulgogi. Beneran loh gak nempel dan cepat matang serta merata gitu. Masakan ngga jadi cepat gosong. Area masak jadi lebih bersih karena letupan letupan masakan nyaris ngga ada. Jadi yakin deh saya dengan Neoflam 3in1 Korean Cookware Alfamart ini.

Setelah melihat keunggulan dari Neoflam 3in1 Korean Cookware Alfamart, saya jadi semangat untuk memasak. Karena biar bagaimanapun juga, saya masih meyakini bahwa memasak sendiri jauh lebih bersih dan terjamin kualitas masakannya. Oh ya, jika membeli Neoflam 3in1 penggorengan plus gagangnya, harganya jauh lebih murah loh. Dan gagangnya ini bisa digunakan untuk panci atau penggorengan lain yang beda merk sekalipun. 

Praktis banget sih Neoflam 3in1 Korean Cookware Alfamart ini. Begitu selesai memasak, gagang langsung dilepas dan masakan bisa langsung disajikan di atas meja makan tanpa harus menuangnya ke wadah lain. Atau bisa juga untuk menyimpan masakan/makanan dalam lemari es, tinggal cari tutup yang sesuai ukurannya atau bisa juga beli tutupnya di Alfamart. Murah kog harga tutupnya, masih dibawah 15 ribu rupiah. 

Saya sudah punya loh Neoflam 3in1 Korean Cookware panci 20cm dan rencananya masih ingin punya yang penggorengan plus gagangnya. Biar tambah simple dan semangat masaknya. Kamu sudah punya Neoflam 3in1 Korean Cookware, belum? Cepatan deh beli dan dapatkan kesempatan menang jalan-jalan ke Korea. Semoga beruntung yaaa.

Neoflam 3in1 Korean Cookware Alfamart ini berhadiah jalan-jalan ke Korea 

Read more