Tasini Bag Alfamart, Tas Lipat Tersembunyi Ramah Lingkungan

Upaya Alfamart mengurangi penggunaan kantong plastik
Tanpa kita sadari, bumi semakin tua dan kian banyak kerusakan yang kita buat pada tanah tempat kita berpijak. Kalian pasti pernah mendengar berita tentang ditemukannya seekor penyu dengan sedotan plastik di mulutnya. Atau mungkin melihat sendiri tumpukan sampah dipinggir lautan. Bukan hanya itu, jika kalian lewat tempat pembuangan sampah, coba sejenak tengoklah berapa banyak sampah plastik yang memenuhi tempat pembuangan sampah tersebut?

Santer terdengar, beberapa tahun terakhir ini, negeri kita tercinta menjadi negara penyumbang sampah plastik terbanyak nomer dua di dunia. Miris dan sedih gak sih dengernya?

Mungkin kalian belum tau kalau setiap tahun, jutaan ton sampah plastik masuk mengotori lautan. Karena itulah ditemukan beberapa kasus yang akhirnya viral di dunia maya. Salah satunya ya berita mengenai ditemukannya sedotan dalam mulut seekor penyu. Bukan hanya itu, dari hasil aksi pembersihan pantai beberapa tahun terakhir, ditemukan fakta bahwa jumlah kantong plastik yang didapatkan mencapai kurang lebih 30% dari total sampah plastik yang diperoleh. Ini menunjukkan bahwa sampah kantong plastik menjadi salah satu penyumbang utama dari pencemaran dan kerusakan biota yang ada disekitar pantai.

Keberadaan sampah plastik termasuk kantong plastik menjadi masalah yang cukup merisaukan. Terutama untuk kelangsungan dan kelestarian bumi ini.

Diperkirakan sekitar 500juta kantong plastik digunakan di Indonesia setiap harinya. Kebayang ngga sih betapa banyaknya penggunaan kantong plastik di negara tercinta ini? Dan apa jadinya jika kita tidak "berbuat sesuatu" untuk melindungi bumi yang kita pijak ini agar tidak rusak dan kian tercemar. Bagaimana nasib anak cucu kita dua puluh atau tiga puluh tahun lagi jika hari ini kita tidak mulai melindungi bumi ini? Kita harus mulai dari hari ini dan sekarang juga. "Stop menambah sampah plastik dan mulailah hidup dengan menggunakan peralatan yang ramah lingkungan".

Saya sendiri telah memulainya sejak beberapa bulan lalu. Semenjak muncul kesadaran untuk ikut menjaga kelangsungan hidup bumi beserta isinya, saya benar-benar meminimalisir penggunaan kantong plastik dan menggunakan tas atau kantong ramah lingkungan yang bisa serta mudah didaur ulang. Keputusan pemerintah untuk memberlakukan kantong plastik berbayar Rp.200,-, merupakan sebuah langkah yang baik untuk membantu mengurangi penggunaan kantong plastik. Kesadaran untuk meminimalisir penggunaan kantong plastik harus terus ditanamkan.

Launching Tasini Bag Alfamart

Launching Tasini Bag Alfamart

Alfamart, sebagai salah satu toko ritel terbesar di Indonesia menyambut baik langkah yang dilakukan pemerintah untuk menekan sekecil-kecil penggunaan kantong plastik dan berupaya untuk mengurangi polusi plastik. Alfamart mendukung program pemerintah tersebut dan mulai mengkampanyekan pemakaian kantong belanja ramah lingkungan dan penggunaan peralatan sehari-hari yang bisa dipakai berkali-kali. Ngga sekali pakai buang.

Menurut penuturan Bapak Solihin, Corporate Affairs Director Alfamart dalam acara launching Tasini Bag Alfamart di Alfa Tower beberapa hari lalu, sejak tahun 2018, semua lingkungan internal Alfamart mulai diterapkan 5 R yaitu Refuse, Reduce, Reuse, Recycle dan Rethink. Gerakan 5 R ini menekankan perilaku hidup minimalisir plastik di lingkungan pekerjaan Alfamart. Seperti menggunakan botol minum yang bisa dipakai dan dibersihkan berulangkali, membawa tempat makan sendiri, membawa kantong belanja sendiri dan tidak lagi menggunakan sedotan plastik. Alfamart mendukung program lingkungan hidup yang tengah digalakkan demi kelangsungan alam Indonesia di kemudian hari.

Alfamart bekerjasama dengan Tasini Indonesia menghadirkan Tasini Bag Alfamart yang merupakan tas tersembunyi dalam gantungan kunci berbentuk hewan laut. Tasini berhasil menerima penghargaan inovasi polusi plastik oleh Program Lingkungan PBB pada tahun 2018 lalu. Pak Roger, salah satu pendiri Tasini menjelaskan kalau Tasini Bag Alfamart terbuat dari dua buah botol plastik yang didaur ulang menjadi benang lalu diproses sampai menjadi kantong/tas belanja.

3 bentuk karakter hewan laut Tasini Bag Alfamart

Tasini Bag Alfamart memiliki tiga pilihan warna dan bentuk yang mewakili karakter tiga binatang laut yaitu Octopus (Olivia, berwarna pink), hiu (Shark, berwarna biru) dan Kura kura (Tio, berwarna hijau berpadu kuning). Tasini Bag Alfamart telah tersedia di gerai-gerai Alfamart dan dibandrol dengan harga Rp.39.900,-. 
Ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Tasini Bag Alfamart. Diantaranya adalah:
1. Terbuat dari bahan daur ulang ramah lingkungan;
2. Tas lipat yang tersembunyi, ngga ribet dibawa kemana-mana. Apalagi berbentuk gantungan kunci dengan karakter lucu binatang laut.

Nagita Slavina, Brand Ambassador Alfamart mencoba Tasini Bag Alfamart

Tasini Indonesia sengaja menghadirkan Tasini Bag Alfamart dalam bentuk hewan/binatang laut sebagai duta lingkungan dan sahabat untuk membantu meningkatkan kesadaran akan polusi plastik. Jika kita membeli satu Tasini Bag Alfamart berarti  kita membantu mencegah polusi 400 tas plastik pertahunnya di lautan kita.

Saat ini Tasini Bag Alfamart telah tersedia di 5000 toko Alfamart yang tersebar di Jabodetabek. Tas kantong belanja recycle ini merupakan salah satu upaya Alfamart untuk melakukan transisi penggunaan kantong belanja plastik sekali pakai ke kantong belanja ramah lingkungan yang bisa digunakan berulangkali. Harga 39900 ribu tak ada artinya jika dibandingkan dengan kelangsungan lingkungan alam terutama untuk melindungi laut Indonesia dari polusi sampah plastik.

Saya pun menggunakan Tasini Bag

Komentar

  1. Lucuuu banget tasnya. Semoga belum kehabisan di sini

    BalasHapus
  2. Aku selalu doooong, bawa peralatan makan sendiri, eh tapi kalau wadah makan enggak ding, hahaha.

    BalasHapus
  3. Memang bila tidak dimulai dari sekarang, kapan lagi kita mau menyadari bahaya sampah plastik.

    BalasHapus
  4. aq suka nih dengan campaign terbaru dari alfamart dengan tasini bag, jadi benar2 mendukung program zero waste

    BalasHapus
  5. Lucu banget Tasini yaa... aku sudah lihat nih di Alfamart. Memang penting banget ya bawa tas seperti ini kalau lagi belanja, biar hemat pemakaian tas plastik yaaa


    Thanks for sharing ya Mba... sehat selalu.

    BalasHapus
  6. kesadaran utk meminimalisasi penggunaan plastik memang sangat perlu kita miliki ya. dan langkah dari alfamart menyediakan tasini pantas diapresiasi

    BalasHapus
  7. Tasini Bag dari Alfamart efesien banget kalo gak dipake bisa dilipet trus taro tas ya

    BalasHapus
  8. Akhirnya ada juga tas ini di Alfamart di dekat rumah. Tapi, cuma ada yang ikan hiu. Kayaknya langsung abis karena banyak yang suka :)

    BalasHapus
  9. Selalu dukung program yang begini!
    Semoga makin banyak yang mau bawa tas belanja sendiri ya, lumayan supaya ga nambah sampah baru. ^^

    BalasHapus
  10. Lucu banget, bentuk kecilnya. Parah. Mau punya. Duggg

    BalasHapus
  11. Waktu awal lihat di Alfamart, ini aku kira cuma gantungan kunci biasa loh mbak. Ternyata dalamnya tas belanja ya? Sekarang nih dalam rangka mengurangi penggunaan plastik aku suka bawa kantong sendiri juga.

    BalasHapus
  12. Namanya lucu ya bagnya, Tasini... Akronim dari Tas Ini sepertinya ya. Sekarang juga mulai membiasakan diri nih bawa tas belanja sendiri biar tak lagi menggunakan plastik. Nah kalau ketinggalan, bisa juga sekarang pakai Tasini aja ya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Astra Financial Sponsor Utama GIIAS 2019

Pemeriksaan Prodia Prosafe NIPT, Deteksi Dini Kelainan Kromosom Pada Bayi

Masak Aman Bersama BrightGas, Keceriaan Kehangatan Keluarga