Menikmati Aneka Ragam Kopi Legendaris di Bakoel Koffie Cikini

Bakoel koffie Cikini (sumber: Traveloka)

Kongkow bareng teman sambil ngemil dan menikmati secangkir kopi ataupun minuman yang memanjakan lidah sepertinya sudah menjadi trend hidup masa kini. Bakoel Koffie Cikini adalah  salah satu kedai kopi yang kerapkali dipenuhi oleh anak muda untuk sekedar ngopi dan ngobrol-ngobrol asik bareng teman. Bakoel Koffie Cikini merupakan restoran bergaya arsitektur bangunan Batavia yang menyajikan minuman kopi dari berbagai daerah.

Café Bakoel Koffie ini termasuk sebagai kedai kopi lokal yang tertua, sudah ada sejak tahun 2011 dan kini dikelola oleh generasi keempat. Kuy simak pembahasan singkat mengenai salah satu restoran yang masuk dalam list Traveloka Eats ini.

Lokasi Bakoel Koffie
Bakoel Koffie berlokasi di Jakarta Pusat. Alamat lengkap dari Restoran Bakoel Koffie Cikini ini adalah di Jl. Cikini Raya No. 25, Menteng, Jakarta, Indonesia. Lokasinya strategis dan mudah ditemukan. Jika dari arah Tugu Tani maka posisinya adalah di kanan jalan, dekat dengan stasiun Gondangdia dan Gedung Djoeang. Mudah banget dijangkau kan lokasinya?

Desain bangunannya bergaya Betawi tempo dulu, terdiri dari dua lantai. Restoran ini menyediakan ruang VIP non smoking area di lantai dua dan ada pula area khusus untuk perokok.

Di dekat kasir, berjajar aneka pilihan biji kopi hasil olahan Bakoel Koffie, berupa coffee roaster, yang bisa dipesan. Tempat ini cocok dijadikan tempat meeting atau santai berlama-lama karena terdapat juga colokan listrik untuk mencharge handphone dan laptop saat lowbat. Jadi ngga perlu takut mati gaya karena handphone dan laptop mati akibat tidak tersedia colokan untuk mengecasnya.

Kursi yang mengisi ruangan restoran ini terbuat dari rotan dan mejanya dilapisi marmer, khas suasana tempo dulu jadi makin terasa. Hmm jadi membangkitkan kenangan masa lampau xixici.

Jam Buka
Restoran ini buka setiap hari, mulai dari jam 08:00 WIB pagi hari hingga tutup pada jam 00:00 WIB dini hari. Pengunjung bebas untuk berlama-lama disini dan dimanjakan dengan suasana khas tempo dulu. Jam bukanya pun tergolong lama. Dari pagi hari sampai tengah malam.

Menu
Minuman kopi yang tersaji cukup lengkap, ada pilihan kopi hitam, cappuccino, macchiato, dan Bakoel Iced Cold Brew yang jadi menu minuman andalannya. Minuman di sini tidak disajikan dengan sedotan plastik. Dan ini yang menjadi kelebihan dari Bakoel Koffie Cikini, back to nature. Peduli dengan alam dan kelangsungan bumi.

Untuk minumannya, ada juga kopi tubruk dengan biji kopi yang berasal dari jawa dan Sumatra, perpaduan kopi Arabica dengan kopi Robusta, dengan harga sekitar 25 ribu Rupiah. Sambil bersantap para pengunjung akan ditemani dengan alunan musik era tahun 70 an.

Makanan yang tersedia adalah menu makanan Asia dan western. Ada menu makanan sup Iga, Rawon, dan Mongolia Rice Bowl, yang memadukan protein dengan sayuran, gado-gado lontong, nasi brongkos, tongseng kambing, lontong cap gomeh, juga ada Mie Ongklok Wonosobo yang disajikan dengan toping potongan tempe dan daging. Soto Betawi pun juga ada. Selain itu tersedia pula nasi goreng dengan pilihan nasi goreng kebuli, nasi goreng kampoeng, atau nasi goreng kluwek, dan mie goreng dengan pilihan mie Aceh atau mie goreng jawa. Jika ingin memesan mie nyemek Jogja juga bisa.

Di resto ini juga bisa dipesan spaghetti dan lain sebagainya. Pilihan menunya sangat beragam dan cukup lengkap. Bukan hanya menyediakan main course aja, resto ini juga menyediakan menu camilan. Menu camilan yang tersedia ada aneka kue seperti tiramisu, cheese cake, ada juga martabak dan aneka jajanan pasar seperti tahu isi, singkong mbledug, tape bakar, pisang bakar, pisang goreng dan lain sebagainya.
Ada satu menu camilan andalan dari Bakoel Koffie Cikini yaitu Ontbijtkoek . Ontbijtkoek yakni roti rempah khas Belanda, yang terbuat dari gandum hitam yang diolah dengan rempah cengkeh, kayu manis, jahe dan pala.

Secara garis besar menu yang ada dibagi menjadi menu nasi, Appetizer, Breakfast, Noodle, Soup, minuman dan Cake. Menu pilihan sajian kopinya terbagi menjadi black, black and milk, exotic, coffee less, dan bakoel’s. Untuk menu minuman exotic nya ada pilihan kopi kampung seharga 30 ribu Rupiah, Vietnamese, Thai Ice, serta Mexican Recipe seharga 40 ribu Rupiah. Lalu untuk menu minuman ala Bakoel’s ada Mochamo, Caramelo, dan Cocholover dengan kisaran harga 40 ribu Rupiah, kemudian ada Java Mud seharga 50 ribu Rupiah, juga ada Vocado Frost, Java Frost, dan Java Blend with ice cream, serta fruit ice tea dan Ice Green Tea Latte yang juga patut dicoba.

Bakoel Koffie bukan hanya menawarkan kenyamanan dan kenikmatan meneguk kopi tapi memanjakan lidah dengan berbagai hidangannya yang menggoda selera makan. Kuuy ke Bakoel Koffie Cikini.


Kopi Bakoel Koffie Cikini (foto: Traveloka)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Astra Financial Sponsor Utama GIIAS 2019

Pemeriksaan Prodia Prosafe NIPT, Deteksi Dini Kelainan Kromosom Pada Bayi

Penyakit Langka di Indonesia