Rabu, 31 Juli 2019

Kota Wisata Cibubur, Hunian Modern Sejuta Pesona

Kota Wisata Cibubur
" Can Where You Live, Change How You Feel?"
Cibubur bukanlah kota yang "asing" untuk saya. Malah sebaliknya. Sejak usia sekolah dasar, saya telah akrab dengan Cibubur. Yess, kedua orang tua saya menetap di Cibubur. Sebelum, kota ini tumbuh menjadi salah satu kota impian dan elite di kawasan Timur Jakarta berbatasan langsung dengan Jawa Barat dan Bekasi, saya sudah bersekolah di sini. Bahkan jauh sebelum pembangunan besar-besaran dilakukan di wilayah Cibubur, yang sebenarnya lebih ke arah jalan alternatif antara Cibubur, Cileungsi, Cikeas dan Bekasi (Transyogi Cibubur), saya sudah tinggal dan di besarkan di Cibubur, Jakarta Timur. Hampir setiap Minggu Pagi, saya dan kakak-kakak bersepeda di sekitar kawasan Bumi Perkemahan Cibubur. Bisa dibilang, saya menjadi salah satu saksi hidup perkembangan kota Cibubur, tepatnya di sepanjang jalan Alternatif Cibubur.

Kota Wisata Cibubur, Hunian Modern Sejuta Pesona

Saya masih ingat betul, dulu sekitar pertengahan 1990, jalan alternatif Cibubur masih didominasi sawah dan lahan kosong yang ditanami singkong dan pohon pisang. Sekitar tahun 1995/1996, seingat saya, mulailah bermunculan perumahan dibangun di sekitar jalan alternatif Cibubur-Cileungsi.

Masih terekam jelas dibenak saya saat Irma, teman SMA saya mengatakan bahwa keluarganya pindah rumah dari Cijantung ke Kota Wisata Cibubur dan dia sedikit memaksa saya untuk berkunjung ke rumah barunya. Padahal saat itu saya sedang kuliah di Unpad, Jatinangor. Tahun itu sekitar awal tahun 2000. 

Keluarga Irma memutuskan pindah ke kota Wisata Cibubur karena kedua orangtuanya membuka toko mebel di sekitar jalan alternatif Cileungsi. Tepatnya sih mencoba membuka usaha lagi setelah toko keluarga mereka di Pasar Kenari mengalami kerusakan parah ketika kerusuhan Mei 1998 terjadi. Setelah toko mebel mereka berjalan dan mulai merangkak naik, papa Irma memutuskan untuk membeli satu unit rumah di Cluster Monaco, Kota Wisata Cibubur. Dan saat mengunjungi rumah baru Irma itulah, untuk pertamakalinya saya menjejakkan kaki ke Kota Wisata Cibubur. Saat itu, kondisi Transyogi Cibubur, belumlah seperti sekarang dan masih relatif sepi karena beberapa perumahan dan prasarana masih dalam proses pembangunan.

Pertamakali yang saya ingat saat datang ke Kota Wisata Cibubur adalah Kampung Cina, selain rumah Irma tentunya. Oh ya lupa, gerbangnya juga. Semacam pintu surga kalau menurut saya sih hahaha. Tidak lama sampai di kediaman Irma, saya langsung diajak ke Kampung Cina dan Taman Fantasi, klo saya ngga salah ingat. Sayang sekali, dulu saya belum senarsis sekarang, jadi tak ada foto foto centil sebagai barang bukti hahahaha. Tahun segitu, boro boro kamera, handphone saja hanya untuk kebutuhan menelpon saja wekekek.

Pada tahun 2000, Kampung Cina Kota Wisata bisa dibilang menjadi salah satu daya tarik dari Kota Wisata Cibubur. Kota Wisata Cibubur merupakan hunian yang terjamin bebas banjir, modern, berada cukup strategis dan dilengkapi sarana prasana lengkap. Kota Wisata Cibubur berjarak 6 km dari pintu tol Cibubur. Saat ini, kota Wisata Cibubur dikelilingi oleh tempat rekreasi dan pusat perbelanjaan cukup besar seperti Taman Buah Mekar Sari, Buperta Cibubur, Taman Wiladatika Cibubur, Mall Ciputra, Mall Cibubur Junction, Plaza Cibubur dan yang baru saja launching, Transmart Cibubur.

Salah satu pertimbangan seseorang untuk membeli sebuah rumah dan hunian adalah kemungkinan melipatnya harga hunian dan perkembangan lokasi rumah tersebut di masa yang akan datang. Selain strategis, gampang dijangkau transportasi umum, memiliki sarana dan prasarana penunjang seperti sekolahan, tempat ibadah, pasar, pusat kebugaran dan fasilitas kesehatan serta bebas banjir. Semua hal tersebut dimiliki dan tersedia di Kota Wisata Cibubur yang merupakan salah satu "anak usaha" Sinar Mas Land.

Kota Wisata Cibubur memiliki keunikan pada gerbang utamanya. Elegan dan terkesan mewah. Cukup banyak loh warga yang datang hanya sekedar foto-foto di area gerbang Kota Wisata. Walau saat ini berada dalam kondisi kurang indah karena sedang proses penyesuaian dengan pembangunan exit tol Cibitung-Cimanggis sehingga beberapa bagian gerbang utama Kota Wisata Cibubur yang mengalami kerusakan, dibiarkan begitu saja karena memang gerbang utama akan mengalami perubahan dan akan ditata kembali.

Diperkirakan pada tahun 2020, exit tol Cibitung-Cimanggis yang berada tepat di Kota Wisata Cibubur selesai dibangun dan beroperasi. Hal ini akan membuat Kota Wisata makin bergairah lagi dan memiliki hunian ataupun tempat usaha di Kota Wisata Cibubur merupakan sebuah pilihan investasi yang tepat.

Saat ini Kota Wisata Cibubur dilengkapi oleh tempat peribadatan yang cukup lengkap. Ada gereja dan masjid megah berdiri di dalam area Kota Wisata. Fasilitas pendidikannya pun bisa dibilang cukup lengkap. Playgrup, TK, SD, SMP, SMA dan perguruan tinggi ada di Kota Wisata Cibubur ini. Sebentar lagi, kota Wisata Cibubur akan dilengkapi oleh RS Eka Hospital Cibubur yang berada di jalan utama area Kota Wisata Cibubur.

Saya pribadi sebenarnya memiliki harapan tersendiri pada pihak pengembang Kota Wisata Cububur agar dapat kembali "menghidupkan pamor" Kampung Cina sebagai tempat wisata belanja dan kuliner. Saat ini, Kampung Cina seakan-akan mati suri. Padahal selama kurun waktu 2000-2005, Kampung Cina menjadi ikon dari Kota Wisata Cibubur. 

Kota Wisata Cibubur memiliki pintu masuk lain selain gerbang utama. Pintu dari arah Cileungsi dan Bekasi. Karena itulah akses menuju Kota Wisata Cibubur mudah dijangkau dan bukan berada dalam "planet lain" hahahaha. Saya yakin banyak yang sependapat dengan saya bahwa Kota Wisata Cibubur merupakan hunian yang nyaman, strategis, modern dan penuh pesona serta menjanjikan nilai investasi yang tinggi.

Saya sendiri tidak akan pernah ragu untuk memiliki hunian di kawasan menjanjikan ini karena semua persyaratan hunian modern yang aman, nyaman dan strategis telah terpenuhi oleh Kota Wisata Cibubur. Yang paling saya sukai adalah setiap cluster yang ada di Kota Wisata Cibubur ini memiliki pagar hanya dengan satu pintu utama saja. Keamanannya menjadi lebih fokus. Ngga perlu ada kegalauan dan ketakutan akan jaminan kelengkapan administrasi, keamanan, nilai investasi, fasilitas jika memilih Kota Wisata Cibubur. Kota Wisata Cibubur berada di tangan pengembang yang sudah tak diragukan lagi kredibilitasnya.

Cluster Baru Kota Wisata Cibubur

Pada tahun 2018 lalu, Kota Wisata Cibubur memperkenalkan cluster terbarunya. Ada tiga cluster yang dihadirkan oleh Kota Wisata Cibubur, yaitu Cluster New Visalia (sudah sold out yah untuk semua tipe yang tersedia), Cluster Bellwood (sold out) dan Cluster Nashville. Untuk Nashville masih tersedia unitnya dan dalam proses pembangunan. Baru tersedia rumah contohnya saja. Untuk keterangan lebih jelasnya, kalian bisa langsung kunjungi website Kota Wisata Cibubur . Cukup detil penjelasan mengenai Kota Wisata Cibubur yang akan kalian peroleh dari website tersebut dan akan menjawab pertanyaan seputar Kota Wisata Cibubur, hunian modern sejuta pesona.

Bellwood, Luxury Modern Living

Cluster Bellwood (sumber: website Kota Wisata Cibubur)
Bellwood merupakan cluster mewah dengan parkir mobil yang cukup luas hingga menampung 3 mobil. Bellwood hadir dengan desain mewah, material terpilih, dan jarak maksimal yang memberikan kenyamanan  kehidupan sehari-hari.

Setiap cluster dikelilingi oleh pemandangan alam yang  sejuk dan menyegarkan yang akan memberikan perasaan tentram sekaligus nyaman untuk penghuninya. Cluster ini dilengkapi dengan area gym terbuka, taman bermain, area umum yang dapat dimanfaatkan oleh penghuninya dalam beraktivitas sehari-hari.

Bellwood tersedia dalam 5 tipe pilihan yaitu tipe 133, 157, 212, 256 dan 289. Untuk tipe yang paling tinggi terdiri dari 4 kamar tidur dan satu kamar tidur untuk asisten rumah tangga. Sementara ini, semua unit Bellwood yang tersedia sudah ada yang memilikinya.

Site Plan Bellwood







Selasa, 30 Juli 2019

Gokilnya Film Mahasiswi Baru

Film Mahasiswi Baru (Foto: Instagram Mahasiswi Baru)
Kalian kebayang ngga sih apa yang akan terjadi jika kalian menjadi seorang mahasiswa saat berusia senja? Sekitar usia 60-70 tahun. Dududu...gimana itu jadinya ya? Usia senja atau lansia menyandang status mahasiswa yang otomatis harus bersosialisasi dengan mahasiswa lain yang usianya sebaya dengan cucu sendiri? Pasti anehlah rasanya. Atau mungkin malah menikmati "perbedaan" yang pastinya muncul karena adanya rentang usia yang sangat jauh dengan mahasiswa lainnya? Bisa jadi juga sih wkwkwk. 

Bukan dikarenakan perbedaan usia yang mencolok saja, perbedaan "masa" juga pasti akan jadi sebab timbulnya keanehan-anehan yang mungkin saja terjadi. Baru ngebayanginnya aja nih, mendadak saya sudah geli sendiri. Lansia jadi mahasiswa, OMG apa jadinya??

Dibenak saya langsung berkelebatan bayangan-bayangan kekonyolan yang bakal terjadi klo memang beneran ada lansia yang kuliah lagi dan menjadi seorang mahasiswa baru bareng dengan anak-anak yang baru saja lulus SMU. Uwuwu...Goks yaaa. Dan ternyata, MNCP Movie akan menghadirkan film dengan tema seperti yang saya bahas ini. Haah?? Yups, pada tanggal 8 Agustus mendatang, MNCP Movie akan merelease film baru besutan Monty Tiwa yang berjudul Mahasiswi Baru. 

Ide ceritanya mirip dengan apa yang saya ungkapkan, orang tua berusia senja yang semestinya momong cucu eh malah menjadi mahasiswa baru. Sumpah ya saya penasaran banget seperti apa kisah film Mahasiswi Baru garapan Monty ini. Apalagi melihat nama-nama pemain yang terlibat didalam film tersebut. Makin bikin saya enggak sabar untuk menunggu saat film Mahasiswi Baru tayang di bioskop.

Mau tau siapa sajakah pemain yang terlibat dalam film Mahasiswi Baru? Nama ini nih yang selalu berhasil bikin saya bela-belain untuk menonton film-filmnya. Yoi broh...Morgan Oey. I love his acting so much..lafff pokoknya hahahaha. Selain Kokoh Morgan, film Mahasiswi Baru diramaikan juga oleh penampilan Tante Widyawati dan Om Slamet Rahardjo yang ngga perlu lagi deh dikomenin. Juaraaa aktingnya. Di film Mahasiswi Baru, Tante Widyawati yang menjadi salah satu tokoh utamanya. Iya, beliaulah yang memerankan tokoh Lastri, lansia yang memiliki semangat luar biasa untuk menuntut ilmu. Semangatnya menuntut ilmu meski diusia senja ini nih yang menjadi salah satu pesan yang ingin disampaikan oleh film ini.

Cerita film Mahasiswi Baru diperkuat oleh kehadiran Mikha Tambayong, Umay, dan Karina Suwandi. Saya sudah melihat trailer filmnya. Dan dari trailernya saja, saya sudah ngakak sendiri. Gokil banget deh. Oma Lastri dikuncir dua rambutnya pakai pita warna warni trus ikutan dijemur dan menjalani proses penerimaan mahasiswa baru. Kegokilan tidak berhenti sampai situ, Si Oma ini juga ikutan dalam genk bersama dengan anak anak seusia cucunya. Goks...Widyawati berbicara ala anak jaman now. "Yoaaa Braay", "Okay Genks" hahahaha. Ya ampun konyol banget kan?! Seorang nenek bergaya ala anak usia 18-19an.

Film ini bukan hanya berkisah tentang kehebohan-kehebohan yang terjadi di kampus tempat Si Nenek menjadi seorang mahasiswi baru. Tapi juga mengisahkan tentang problematika keluarga. Film yang layak untuk ditonton oleh seluruh anggota keluarga. Di film Mahasiswi Baru ini, penonton akan disuguhkan oleh penampilan Widyawati yang berbeda dengan film-filmnya yang lain. Widyawati biasanya tampil dengan karakter bersahaja, kalem dan elegan. Tapi tidak dalam film ini. Widyawati memerankan tokoh nenek lincah yang bergaul akrab dengan anak jaman now. Peran yang tak biasa bagi seorang Widyawati.

Daripada makin penasaran dengan film Mahasiswi Baru, lebih baik kalian intip dulu deh trailer Film Mahasiswi Baru .


Sabtu, 27 Juli 2019

Salmon Guriru, Menu Baru Hokben Yang Sehat dan Oishii

Mulai hidup sehat

Kesadaran untuk hidup lebih sehat terutama menjaga asupan makanan yang saya makan, saya rasakan semakin ada. Saya yang sekarang tak lagi asal memasukan makanan ke dalam tubuh. Kesadaran ini semakin tertanam dalam diri dan benak saya sejak kepergian mendadak sahabat saya akibat serangan jantung. Sahabat saya ini termasuk orang yang abai dengan kesehatan dirinya sendiri dan senang sekali makan. Apa saja yang dirasanya enak pasti dimakan. Terkadang dalam jumlah yang melebihi batas.

Sesaat setelah menghembuskan nafas terakhirnya, dokter yang memeriksanya mengatakan bahwa kematian sahabat saya ini karena pola hidup dan makannya yang berantakan. Kepergian sahabat terkasih membuat saya banyak merenung dan menyadarkan saya betapa pentingnya menjaga kesehatan diri sendiri termasuk mengatur makanan yang saya santap.

Tadinya, saya adalah tipe orang yang apa saja yang terasa enak dimulut ya saya sikat. Gak peduli apakah makanan ini memberikan pengaruh kurang baik untuk kesehatan tubuh saya. Mie ayam, minuman bersoda, junk food, chiki, jeroan, minuman kemasan menjadi teman setia saya hampir setiap harinya. Sejak saya memutuskan untuk hidup sehat, mulailah saya atur pola makan saya. Saya mulai rutin mengonsumsi sayur, buah dan ikan. Mulai membatasi diri dari nasi, karbohidrat, makanan manis dan terlalu gurih.

Apel, buah yang kini jadi teman setia
Saya tidak lagi kalap untuk menikmati mie ayam dan chattime, minuman kekinian yang tadinya nyaris setiap hari saya minum. Saya mulai mengurangi menyantap makanan dan minuman yang memberikan dampak kurang baik untuk kesehatan tubuh saya. Apakah semua itu mudah saya lakukan? Hohoho tentu saja tidak.

Sejak memutuskan untuk hidup lebih sehat, saya beralih menyantap hidangan yang diolah dengan sedikit minyak, direbus, dibakar dan menggemari makan ikan. Salah satu jenis ikan yang tadinya kurang saya sukai namun sekarang malah menjadi favorit saya adalah salmon. Oh ya ngomongin salmon nih, saya mau rekomendasiin menu salmon yang enak dan lezat. Salmon Guriru namanya. Salmon Guriru ini adalah menu terbaru dari HokBen yang sehat dan oishii alias lezat.

Kurang lebih dua minggu yang lalu saya menerima  pesan whatsapp dari seorang teman blogger. Teman blogger ini mengirimkan foto steak salmon dari HokBen. Sesaat setelah menerima pesan yang berisi foto salmon tersebut, saya langsung membalasnya, "Menu baru HokBen ya Mba? Apa ini? Steak salmon?". Beliau menjawab iya, menu baru HokBen. Baru saja dikeluarkan HokBen hari ini, jawabnya. Saat itu saya langsung kepo dengan menu terbaru HokBen ini. Karena terlihat lezat dan menyehatkan.

Bisa dibilang saya sangat akrab dengan menu-menu HokBen walaupun menu yang saya beli di HokBen ya menu yang itu itu saja wkwkwk. Paket A HokBen, egg chicken roll, Konyaku Strawberry dan edamame. Beberapa kali sempat juga memesan salad bowl HokBen. Saya memang tipe setia, kalau sudah suka dengan sesuatu ya terus-terusan deh saya pakai atau saya makan hahaha. Dan begitu saya lihat foto Salmon Guriru, entah mengapa saya langsung kepengen untuk menyicipinya. Seperti menggoda begitu, bikin ngiler wkwkwk.

Salmon Guriru, Menu Baru HokBen Yang Memikat Hati

Salmon Guriru healthy dan oishii

Bagai gayung bersambut, beberapa hari setelah saya dikirimi foto Salmon Guriru, saya mendapat undangan dari HokBen untuk menghadiri acara Blogger Gathering dengan tema memperkenalkan menu baru Hokben yaitu Salmon Guriru. Tanpa banyak mikir, saya langsung mengiyakan undangan tersebut. Ya iyalah saya pasti tidak akan menolaknya, lha wong saya memang sudah penasaran dan kepo banget dengan Salmon Guriru ini.

Bu Irma, perwakilan HokBen

Dengan semangat 45, saya datang memenuhi undangan HokBen tersebut. Saya datang ke outlet HokBen Transyogi Cibubur, tempat acara berlangsung. Dalam penjelasannya, Bu Irma, perwakilan dari HokBen mengatakan bahwa HokBen menghadirkan menu sehat dan oishii untuk para pelanggan setianya sebagai bentuk komitmen dan integritas HokBen untuk selalu melakukan inovasi dalam menyajikan menu sehat dengan kualitas prima bagi pelanggannya. Dan hadirlah Salmon Guriru ini. Salmon Guriru adalah daging salmon yang dipanggang dengan saos teriyaki dan disajikan dengan salad lengkap serta lemon sebagai garnish sekaligus sebagai penambah cita rasa.

Lebih lanjut lagi, Bu Irma menjelaskan bahwa menu dengan bahan dasar ikan, banyak menjadi pilihan masyarakat seiring dengan trend gaya hidup sehat yang kian digandrungi. Ikan salmon merupakan salah satu sumber protein berkualitas tinggi yang kaya akan Omega3, vitamin dan mineral. Salmon dipercaya sebagai salah satu makanan yang baik untuk kesehatan kulit dan daya ingat. Salmon juga sangat baik dan aman disantap untuk semua umur termasuk untuk anak-anak. 

Salmon Guriru merupakan salah satu bentuk komitmen HokBen untuk selalu memberikan kebaikan bagi setiap pelanggan HokBen dan agar pelanggan HokBen memiliki pilihan menu sehat yang lebih beragam di HokBen. Salmon Guriru melengkapi varian menu sehat yang sudah ada di HokBen seperti Furi Furi Salad, Tokyo Salad Bowl, Sukiyaki, dan Shirataki Soup.

Salmon Guriru ini aman dikonsumsi dan HokBen menjamin bahwa semua menu yang disajikan di HokBen halal dan aman dikonsumsi karena semua menu di HokBen telah lulus uji sertifikasi halal MUI dan telah teruji sesuai dengan standar keamanan pangan (food safety). 

Salmon Guriru

Menu terbaru ini diberi nama Salmon Guriru karena guriru berarti dipanggang. Salmon Guriru dibandrol dengan harga Rp.80.000,- dan saat ini tersedia di 23 store HokBen. Salmon Guriru belum hadir di semua outlet HokBen karena pihak HokBen ingin melihat dulu bagaimana anemo pelanggan HokBen terhadap Salmon Guriru.

Salmon Guriru disajikan dengan salad sebagai pelengkapnya dan untuk saladnya ini, HokBen menyedikan dressing atau cocolan original yaitu mayonnaise khas HokBen. Namun pelanggan dapat juga meminta dressing lain seperti Japanese dressing (goma/wijen) dan shiza (caesar), tentu saja dengan tambahan harga. Kalau saya sik tetap setia dengan pilihan original mayonaisse sebagai dressing saladnya karena menurut lidah saya, original mayonaisse HokBen yang paling pas untuk saladnya.

Ke-23 store HokBen yang menyediakan Salmon Guriru adalah:
Mal Cibubur Junction
Mal Botani Square, Bogor
Mal Sumarecon, Bekasi
Boulevard Sumarecon, Bekasi
Mal Pluit
Gajah Mada Plaza
Mal Taman Anggrek
Mal Central Park
Margonda, Depok
Mal Kelapa Gading 2
Mal Lippo Karawaci
Alam Sutera
BSD Square
Serpong
Harapan Indah, Bekasi
Kartika Chandra
WTC
Setiabudi 1
Padjajaran, Bogor
Transyogi, Cibubur
Mal Puri indah
Mal Artha Gading
Mal Pondok Indah 1.

Cukup banyak kan store yang menyediakan Salmon Guriru? Pelanggan HokBen tetap dapat dengan mudah menikmati Salmon Guriru di outlet-outlet HokBen meskipun saat ini hanya tersedia di outlet HokBen Jabotabek saja. Semoga saja di outlet HokBen lainnya segera menyusul untuk menghadirkan Salmon Guriru yang sehat dan oishii ini. 

Oh ya hampir lupa, khusus untuk pembelian satu porsi Salmon Guriru sampai dengan 31 Juli 2019 ini, pelanggan akan mendapatkan free nasi. Seporsi Salmon Guriru berisi sepotong ikan salmon seberat 100 gram yang digrilled dan disiram saus teriyaki khas HokBen. Hmmm...oishii.

Sensasi Kelezatan Salmon Guriru

Salmon grilled yang sehat dan oishii

Enggak sabar rasanya hati ini untuk secepatnya merasakan Salmon Guriru yang healty dan oishii. Begitu hidangan Salmon Guriru terhidang di meja, langsung deh masukin mulut dan ternyata rasanya oishii banget. Sumpah ini steak salmon terenak yang pernah saya makan. Saos teriyakinya menyatu banget dengan rasa salmonnya. Meskipun kalau untuk saya, ikan salmonnya disajikan terlalu matang hingga teksturnya sedikit lebih padat tapi no problemo sih karena tertutup dengan perpaduan rasa salmon dan saos teriyakinya yang menghadirkan sensasi rasa gurih manis dalam mulut.

Kenikmatan Salmon Guriru kian "juara" dimulut, saat saya cocolkan dengan saos sambal dan original mayonaisse andalan HokBen yang telah melegenda itu. Saya juga menambahkan perasan jeruk lemon diatas Salmon Guriru yang membuat rasa salmonnya kian terasa. Sungguh perpaduan rasa yang memanjakan lidah dan bikin kepengen lagi dan lagi. Salmon Guriru ini enak disantap dengan saladnya tanpa atau dengan nasi. Saya lebih suka menyantapnya tanpa nasi. Bagi saya sepotong ikan salmon dengan berat 100 gram ini terasa masih kurang hahahaha.

Saya dan Salmon Guriru
Sampai sekarang saja nih, aroma ikan salmon yang dipanggang dan berpadu dengan rasa saos teriyaki HokBen yang fenomenal, masih terbayang-bayang kelezatannya. Seperti nempel di lidah gitu loh dan mendorong hati ini untuk bergegas ke outlet HokBen. Beeeuhhh lezatnya tak terlupa. Tuh kan saya jadi ngiler lagi deh padahal baru kemarin saya menyantap Salmon Guriru ini di Cibubur Junction. Menurut saya, harga yang dibandrol HokBen untuk Salmon Guriru ini, sebanding kog dengan kelezatan dan porsinya. Recomended banget.

Eh iya, saya punya sedikit tips nih supaya Salmon Guriru terasa lebih oishii lagi. Begitu Salmon Guriru tersaji, langsung santap saat masih panas. Wuiiih oishii-nya semakin menjadi. Juicy salmon yang bersatu dengan rasa khas saos teriyaki Hokben terasa sangat pas dan memanjakan lidah. Sungguh sensasi rasa yang susah terlupa. Yakin nih kalian mau melewatkan sensasi rasa Salmon Guriru HokBen yang sehat dan oishii?

Menikmati Salmon Guriru


Insto Dry Eyes Atasi Mata Kering Akibat Musim Kemarau

Insto Dry Eyes

Hai...kalian merasa enggak sih kalau akhir-akhir ini udara Jakarta terasa terik sekali. Yups benar, saat ini kita sedang berada pada musim kemarau. Berdasarkan hasil analisa Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), musim kemarau tahun ini diperkirakan akan lebih panjang dibanding musim kemarau tahun lalu. Musim kemarau tahun ini akan lebih panjang antara satu hingga tiga dasarian dibanding musim kemarau tahun lalu. Dasarian adalah satuan waktu meteorologi, yang lamanya adalah sepuluh hari. 

BMKG memperkirakan musim hujan akan mulai sekitar awal Oktober. Berarti masih cukup panjang ya kita akan menjalani musim kemarau tahun ini. BMKG juga memprediksi puncak musim kemarau di Indonesia akan terjadi pada Agustus 2019. Berarti bisa dibilang, sekarang ini kita berada di puncak kemarau. Pantas saja udara terasa panas sekali. 

Musim kemarau dapat menyebabkan mata menjadi kering. Meskipun begitu, musim kemarau atau musim panas menjadi masa-masa terbaik untuk mata kita. Hal ini karena udara yang lebih hangat sehingga membantu menjaga mata tetap lembap. 

Mata kering terjadi ketika produksi air mata terlalu sedikit atau buruk. Mata kering jika tidak sesegera mungkin diatasi akan dapat menyebabkan infeksi dan kerusakan pada mata. Mata kering dapat disebabkan oleh beberapa sebab diantaranya terlalu lama dalam ruangan ber-AC, di pesawat terbang, menatap terlalu lama layar komputer atau handphone, musim kemarau yang panas, musim hujan dan setelah berkendara motor.

Saat air mata terproduksi dengan baik, mata akan terasa nyaman dan terhidrasi. Namun jika air mata tidak terproduksi dengan baik maka dapat mengakibatkan mata perih, mata sepat, mata lelah dan mata pegel, yang menunjukkan kalau kita terkena mata kering. Pada kondisi air mata yang terproduksi dengan baik, kotoran seperti debu mudah dihapus dengan air mata tersebut dan infeksi pun dapat dicegah.

Kondisi air mata yang kering menimbulkan rasa pedih pada mata. Dan jika dikucek maka akan mengakibatkan terjadinya iritasi, mata menjadi kemerahan.
Untuk mencegah mata kering pada saat musim kemarau yang panjang, ada beberapa langkah yang harus dilakukan. Diantaranya yaitu:
- Upayakan untuk selalu menggunakan kacamata pelindung sinar matahari saat siang hari. Khusus bagi pengguna kacamata minus, sebaiknya membeli kacamata anti radiasi dan anti ultraviolet yang bisa menghitam otomatis saat paparan ultraviolet banyak;

- Hindari penggunaan lensa kontak permanen. Sering-seringlah membasahi mata dan bersihkan dengan seksama. Jika terus membiarkannya, mata akan cenderung kering dan perih;

- Jangan menggosok mata dengan kencang apalagi saat kondisi tangan kotor. Kotoran yang masuk kemata akan menyebabkan mata menjadi iritasi. Upayakan untuk sering-sering mengedipkan mata agar mata selalu berair secara alami;

- Untuk kalian yang rutin menggunakan riasan mata, pastikan memakai riasan mata dengan benar. Hindari mengoles make up dengan jari tangan karena kita tidak bisa menjamin kalau jari tangan kita bebas kuman. Kesalahan aplikasi make up disekitar mata dapat memicu infeksi bakteri pada mata kita;

- Jika mata terasa kering, segeralah memakai tetes mata sesuai petunjuk dan anjuran dokter. Penggunaan tetes mata ini, juga dianjurkan untuk orang yang terlalu lama berada di depan layar komputer atau handphone. Terutama pada saat mata sedang istirahat.

Memakai tetes mata untuk mencegah mata kering

Gejala atau tanda mata kering dapat berupa:
- Sensasi menyengat, perih, terbakar, atau gatal di mata,
- Mata menjadi mudah silau;
- Mata menjadi merah;
- Terasa seperti ada yang mengganjal di mata sehingga membuat tidak nyaman dan mata pegal;
- Mengalami kesulitan memakai soft lens;
- Mata berair, sebagai respon tubuh terhadap iritasi mata kering;
- Penglihatan kabur dan mata terasa lelah.

Insto Dry Eyes Cara Ampuh Atasi Mata Kering Akibat Musim Kemarau

Insto Dry Eyes mengatasi mata kering

Sekitar beberapa hari lalu, saya sempat merasakan mata terasa ada yang mengganjal. Saya menduga rasa tidak nyaman yang saya rasakan karena mata saya terlalu sering terkena debu jalanan, terlalu lama menatap layar handphone dan karena musim kemarau yang panjang. Terasa ada yang mengganjal, perih dan tidak nyaman disekitar mata saya. Kondisi tersebut, sempat saya abaikan. Saya pikir, cukup mencucinya dengan air hangat saja, mata saya akan kembali menjadi normal kembali dan keluhan yang saya rasakan akan menghilang. Ternyata saya salah. Mata saya tetap terasa pegel, perih dan mulai terlihat kemerahan.
Gunakan insto dry eyes untuk atasi mata sepet,perih dan pegal

Tanpa pikir panjang, saya lalu pergi ke apotik yang tak jauh dari lokasi rumah saya. Petugas apotik menyarankan saya untuk membeli Insto Dry Eyes. Insto Dry Eyes mengandung Hydroxypropyl methylcellulose. Insto Dry Eyes adalah tetes mata steril untuk mengatasi gejala mata kering. Insto diindikasikan untuk memberikan efek pelumas seperti air mata yang dapat mengatasi gejala mata kering. 

Insto Dry Eyes untuk mata kering

Untuk mengatasi mata kering, teteskan Insto Dry Eyes pada mata sebanyak 1-2 tetes setiap mata selama 3X sehari atau sesuai anjuran dokter. Insto Dry Eyes terasa adem dimata dan membuat mata terasa lebih nyaman. Selamat tinggal mata sepet, mata pegel, mata perih dan mata lelah. 

Selalu sedia insto dry eyes




Jumat, 26 Juli 2019

Astra Financial Sponsor Utama GIIAS 2019

Astra Financial

Dipenghujung Juli ini, ada acara tahunan yang pasti dinantikan oleh para pecinta otomotif tanah air atau untuk mereka yang ingin membeli mobil baru. Apalagi kalau bukan pameran otomotif bergengsi GAIKINDO Indonesia Internasional Auto Show atau GIIAS. GIIAS menjadi ajang bagi penggila otomotif untuk menyaksikan pameran mobil baru atau mencari berbagai informasi penawaran menarik (promo) seputar pembelian kendaraan bermotor seperti cicilan 0%, kredit mobil 0%, pembelian mobil baru dengan harga khusus termasuk promo kredit mobil Toyota. 

Masih sama seperti GIIAS pada tahun sebelumnya, GIIAS 2019 juga diselenggarakan di Indonesia Convention Exhibition (ICE) Bumi Serpong Damai (BSD) City, Tangerang Selatan. Tahun ini GIIAS dihelat dari tanggal 18 Juli sampai 28 Juli 2019. Masih ada waktu nih bagi kamu yang belum sempat main-main ke GIIAS 2019.

Booth Astra Financial di GIIAS 2019,ICE BSD City

GIIAS 2019 ini didukung sepenuhnya oleh Astra Financial sebagai sponsor utamanya. Tema yang diusung Astra Financial pada GIIAS 2019 adalah  “Inspiring Financial Solution”. Dan masih sama seperti penyelenggaraan GIIAS pada tahun sebelumnya, Astra Financial pun kembali menjadi sponsor utama GIIAS 2019. Oh ya, Astra Financial adalah divisi jasa keuangan PT Astra International Tbk yang memiliki beberapa unit bisnis.

Saat ini, Astra Financial terdiri dari 11 lembaga jasa keuangan yaitu PermataBank, Astra Credit Companies (ACC), Federal International Finance (FIFGROUP), Toyota Astra Finance (TAF) , Surya Artha Nusantara Finance, Komatsu Astra Finance, Asuransi Astra, Astra Life,Astra Ventura, Astra Welab Digital Arta dan Dana Pensiun Astra. 

Dengan semangat sinergi untuk mendorong pertumbuhan industri otomotif di Indonesia dan untuk mewujudkan misi menjadi mitra keuangan bagi kesejahteraan Indonesia, Astra Financial kembali menjadi sponsor utama pameran otomotif bertaraf internasional,  GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS 2019).

Didukung enam lembaga jasa keuangan (LJK), tahun 2019 ini Astra Financial kembali menjadi sponsor utama GIIAS 2019. Adapun LJK yang berpartisipasi dalam GIIAS 2019 yaitu: Astra Credit Companies (ACC), Toyota Astra Financial Services (TAF), FIFGROUP, PermataBank, Asuransi Astra dan Astra Life.

Ke enam LJK ini menyatakan komitmennya untuk bersinergi mendukung penyelenggaraan GIIAS 2019 setelah tahun lalu juga ikut berpartisipasi dalam GIIAS 2018 dan cukup sukses dengan berbagai program layanan keuangan yang ditawarkan.

Enam Lembaga Jasa Keuangan Astra Financial, Sponsor Utama GIIAS 2019

Astra Financial adalah Divisi Jasa Keuangan PT. Astra International Tbk yang mempunyai misi "to be partner for Indonesian prosperity". Saat ini Astra Financial memiliki beragam lembaga jasa keuangan di bidang: Pembiayaan Otomotif, Pembiayaan Alat Berat, Perbankan, Asuransi Umum, Asuransi Jiwa, Modal Ventura, Dana Pensiun, dan Teknologi Keuangan. Kalian yang penasaran dan ingin tahu lebih banyak tentang Astra Financial, silahkan kunjungi booth Astra Financial yang berada di Hall 2 GIIAS 2019 atau klik website resmi Astra Financial .

Ke-6 Lembaga Jasa Keuangan (LJK) Astra Financial yang menjadi sponsor utama GIIAS 2019, yaitu:
- PermataBank 
Permata Bank hadir sejak tahun 2002 sebagai hasil merger lima bank dan saat ini telah berkembang menjadi salah satu bank swasta utama dengan produk dan jasa inovatif yang memberikan layanan keuangan menyeluruh secara sederhana, cepat, dan dapat diandalkan. 

Sampai tahun 2019 ini, Permata Bank telah beroperasi di 62 kota di Indonesia. PermataBank melayani nasabah retail semua segmen, SME hingga korporasi, baik konvensional maupun syariah. Fokus digitalisasi PermataBank diperkuat dengan layanan e-Banking seperti ATM, PermataMobile X, PermataNet, E-Form, E-Statement, E-Wealth, E-Business dan API Banking; 

- PT Federal International Finance (FIFGROUP)
FIFGROUP didirikan dengan nama PT Mitrapusaka Artha Finance pada bulan Mei 1989. FIFGROUP bergerak dalam bidang Sewa Guna Usaha, Anjak Piutang dan Pembiayaan Konsumen. Sejak 1996, FIFGROUP fokus pada pembiayaan motor merek Honda. Seiring dengan perkembangan usaha, FIFGROUP memiliki 4 lini usaha. 

Empat lini usaha tersebut adalah FIFASTRA untuk pembiayaan motor atau kredit motor khusus Honda, SPEKTRA untuk pembiayaan elektronik & perabot rumah tangga, DANASTRA untuk pembiayaan multiguna dan modal kerja, serta AMITRA pembiayaan Syariah;

- PT ASTRA AVIVA LIFE (Astra Life)
Astra Life merupakan perusahaan asuransi jiwa patungan PT Astra International Tbk dan Aviva International Holding Limited yang berdiri pada tanggal 26 Mei 2014. Berbagai pilihan produk dipasarkan melalui kanal-kanal distribusi, baik produk-produk asuransi jiwa perorangan maupun perusahaan. Selama 4 tahun beroperasi, Astra Life telah mencapai pertumbuhan perusahaan yang sangat baik dan sudah melayani lebih dari 1 juta tertanggung. 

Astra Life dan segenap Life Lovers (Karyawan Astra Life), akan terus berinovasi guna mewujudkan aspirasi perusahaan untuk menemani masyarakat Indonesia agar dapat lebih mencintai hidup. Menikmati hari ini, berani bermimpi, dan mewujudkannya. Love Life yang menjadi moto dari Astra Life;

- Astra Credit Companies (ACC)
ACC merupakan perusahaan pembiayaan terpercaya di bawah PT Astra International Tbk yang telah memberikan layanan pembiayaan sejak 1982, meliputi pembiayaan mobil baru dan bekas, pembiayaan alat berat dan pembiayaan multiguna. ACC saat ini telah memiliki 75 kantor cabang yang tersebar di seluruh Indonesia. Untuk mengetahui informasi tentang ACC, dapat diakses melalui pusat informasi 1500599 atau situs resmi ACC;

- Asuransi Astra
Asuransi Astra merupakan asuransi umum yang memiliki visi untuk memberikan peace of mind bagi jutaan pelanggannya, Asuransi Astra memiliki deretan produk berkualitas seperti Garda Oto, Garda Motor, Garda Medika, HappyOne id, asuransi komersil dan syariah.Dengan berbagai inovasi produk dan layanan serta didukung teknologi digital, Asuransi Astra menjamin kenyamanan dan kemudahan untuk pelanggan;

- TAF (Toyota Astra Finance)
TAF telah menyediakan layanan kredit mobil di bawah PT Toyota Astra Financial Services sejak 2006. TAF menawarkan berbagai fasilitas pembiayaan untuk kepemilikan mobil Toyota, Daihatsu dan Lexus, pembiayaan investasi dan modal kerja. Bersama 36 kantor cabang, TAF hadir lebih dekat untuk memberikan berbagai fasilitas dalam pembiayaan kendaraan. mulai dari perhitungan angsuran mobil, kemudahan dalam pengajuan kredit mobil, pembiayaan kompetitif, hingga pembayaran angsuran yang fleksibel.

Yuk ke Booth Astra Financial di GIIAS 2019 dan Temukan Penawaran Khusus

Sekali lagi saya infokan untuk kalian yang belum sempat ke GIIAS 2019, masih ada waktu kog untuk melipir kesana dan manjakan mata kalian dengan pemandangan deretan mobil baru yang bikin hati berdebar karena ingin memilikinya. Saya sendiri bertekad harus meluangkan waktu ke GIIAS 2019 ini karena ingin memperoleh solusi financial dan yakin banget kalau di GIIAS ini akan ada banyak penawaran seru. Bener saja, saat saya bertandang ke GIIAS beberapa hari lalu, saya mendapatkan penawaran seru pada 6 booth Astra Financial yang tersebar di GIIAS 2019. Pada enam booth ini, kita dapat memperoleh berbagai game berhadiah dan penawaran promo. Asik banget khan?

Keseruan di booth Astra Financial

Penawaran khusus dari Astra Financial dapat kalian temukan pada Hall 2 GIIAS. Ini adalah main booth Astra Financial. Apa saja sih yang ada di main booth Astra Financial ini? Cukup banyak kog yang bisa kalian peroleh. Saya sempat main permainan seru loh disini dan ada merchandise eksklusif bagi pengunjung yang beruntung.

Astra Financial juga memiliki kegiatan seru selama perhelatan GIIAS 2019 ini yaitu I Care I Share di main boothnya. Ini merupakan permainan digital yang hasil dari permainan ini akan dikonversikan dalam bentuk donasi untuk kegiatan pemberdayaan masyarakat Tangerang.

Pada Hall 2 ini, juga terdapat booth Astra Life. Astra Life pada GIIAS 2019 ini menghadirkan Hamish Daud sebagai brand ambassadornya. Astra Life memberikan spesial cash back untuk pembelian asuransi jiwa individu dan perlindungan jiwa untuk kredit kendaraan khusus nasabah TAF dan ACC. Khusus untuk pembelian produk asuransi jiwa ada promo spesial cash back dan customer reward.

Antusiasme pengunjung di booth Astra Financial GIIAS 2019

Untuk yang ingin memperoleh informasi menarik dari ACC dan TAF, silahkan kunjungi Nusantara Hall GIIAS 2019 tempat booth ACC dan TAF berada. Ada penawaran spesial nih di sini. Selama GIIAS 2019, TAF dan ACC memberikan program bunga spesial mulai dari 0% (khusus tenor 1 tahun dengan DP 25% ADDM (angsuran pertama yang dibayar di muka)) serta hadiah langsung untuk setiap SPK kendaraan. Hadiah langsung tersebut beragam jenisnya mulai dari iPhone XS, Apple Watch, Car Trunk tergantung jenis mobil apa yang dibeli. Ada juga potongan biaya admin sebesar satu juta rupiah.

Pada Hall 9 GIIAS, kalian akan menemukan booth dari FIFGROUP. Klo ini nih khusus untuk yang ingin kredit motor. Penawaran menarik yang dapat kalian temukan di sini, antara lain penawaran bunga 0% (tenor setahun) dan DP mulai dari 20% (penawaran ini hanya berlaku untuk motor Vario dan Beat Series) serta hemat angsuran sampai Rp. 3,5 juta rupiah. Oh ya khusus untuk pengajuan pembiayaan Big Bike alias motor besar, akan memperoleh hadiah langsung yang membuat hati semakin bahagia. Ada iPhone XS, Apple Watch dan hadiah menarik lainnya. Di booth ini juga diadakan lucky draw helm dan jaket keren. 

Khusus nih untuk kalian nasabah ataupun yang penasaran dengan Permata Bank, dapat mengunjungi Hall 7 GIIAS 2019. Penawaran menarik yang bisa kalian dapatkan di Permata Bank antara lain cashback 10% hingga 500 ribu rupiah perbulan, cashback 100% untuk transaksi pertama dan gratis tarik tunai di semua ATM bank mana saja. Permata Bank juga menghadirkan Astra World Permata Card yang memiliki keunggulan: cashback 10% di SPBU, cashback hingga 500 ribu rupiah untuk aplikasi yang disetujui dan telah bertransaksi. Cukup menarik bukan penawaran yang diberikan oleh Permata Bank?

Kalian jangan sampai lewatkan untuk berkunjung ke booth Asuransi Astra yang berada di Hall 10 GIIAS 2019. Di booth ini, kalian bisa memperoleh free gift set untuk 150 pembeli tunai pertama asuransi komprehensif Garda Oto. Kalian juga dapat memperoleh informasi seputar produk dari Asuransi Astra.

Sangat menarik kan program dan penawaran yang dihadirkan Astra Financial pada GIIAS 2019 ?? Kalau kalian merasa duh pengen tau nih lebih dekat lagi dengan Astra Financial atau ingin memperoleh update terbaru dari Astra Finansial, kalian bisa langsung kepoin akun instagramnya . Selamat bersenang-senang di enam booth Astra Financial GIIAS 2019 yaa!
#SenyumAstraFinancial
#AstraFinancial
#GIIIASJAKARTA
#GIIAS2019

Astra Finance Hall 2




Rabu, 24 Juli 2019

Kalbe Junior Scientist Award (KJSA) 2019 Goes Digital

Media Kick Off KJSA 2019

Pernah dengar Kalbe khan? Tepatnya PT. Kalbe Farma Tbk. Yups, PT. Kalbe Farma Tbk merupakan salah satu perusahaan dalam negeri bertaraf internasional yang memproduksi farmasi, suplemen, nutrisi dan layanan kesehatan. Bukan itu saja, PT. Kalbe Farma telah cukup lama konsisten dan fokus terhadap perkembangan ilmu pengetahuan di Indonesia.

Sebagai wujud komitmennya terhadap kecintaan dan perkembangan ilmu pengetahuan di tanah air, PT. Kalbe Farma mengadakan Kalbe Junior Scientist Award (KJSA). KJSA adalah lomba karya sains nasional untuk anak-anak usia SD dan SMP se-Indonesia. KJSA merupakan salah satu bentuk komitmen dari Kalbe untuk menumbuhkan kecintaan anak-anak Indonesia terhadap ilmu pengetahuan sejak dini serta melihat permasalahan yang ada disekitar serta mencari jawaban dari permasalahan tersebut.

KJSA melatih dan mengajak anak untuk selalu berpikir sistematis dan terstruktur. Melalui ajang kompetisi ini, Kalbe ingin anak-anak Indonesia dapat bersaing dan mampu menghadapi revolusi Indonesia 4.0 yang menuntut untuk serba cepat, tepat dan penuh inovasi. KJSA merupakan program tahunan yang diadakan oleh Kalbe sejak 2011 dan tahun 2019 ini memasuki tahun kesembilan.

Sambutan dari pihak Kalbe dalam acara Media Kick Off KJSA 2019

Tahun 2019 ini KJSA bertransformasi menjadi lomba karya sains anak-anak yang memanfaatkan unsur teknologi digital didalamnya. Ada yang berbeda dengan pelaksanaan KJSA 2019 dengan KJSA tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun ini, ada sesi mentoring /pembimbingan kepada finalis KJSA yang terpilih. Mentoring ini bertujuan agar karya pemikiran para peneliti muda tersebut dapat lebih sempurna hasilnya (menyempurnakan hasil karya finalis). 

Dalam KJSA 2019, penggunaan teknologi digital diharapkan akan lebih maksimal. Jenis teknologi digital tidak akan ada pembatasan, mulai dari penggunaan alat bantu berbasis digital, termasuk komputerisasi, automatisasi, programming (seperti penggunaan tombol, sensor, remote, chip, micro-controler, micro bit, raspberry pi dan lain-lain. Peserta KJSA bebas berkreasi dan memilih tema penelitiannya. Boleh tema yang terkait IPA ataupun teknologi terapan asalkan karya sains yang diciptakan harus karya orisinil dan belum pernah dibuat serta dilombakan. Karya yang dibuat harus merupakan solusi atau jawaban atas permasalahan yang terjadi di lingkungan sekitar.

Salah satu alat pendukung yang bisa digunakan pada karya sains

Seperti hasil penelitian yang diciptakan  oleh Fira Fatmasiefa, pemenang KJSA 2011 yang membuat alarm untuk membantu mengukur kelembaban pada bayi terutama disekitar alat vital bayi agar bayi terhindar dari ruam popok dan menjaga tetap nyaman dan kering. Fira menamakan hasil karya penelitiannya dengan Wet Alarm For Baby. Fira yang hadir dalam acara media kick-off KJSA 2019 beberapa hari yang lalu ini, saat ini adalah seorang mahasiswi universitas di Berkeley, California.

Fira, pemenang KJSA 2011 (menggunakan kerudung)

Media Kick-off KJSA 2019

Dalam acara Media Kick-off KJSA 2019 yang diadakan pada tanggal 18 Juli 2019 yang lalu, KJSA 2019 secara resmi dibuka pendaftarannya. Pendaftaran KJSA 2019 secara resmi dibuka sejak 18 Juli sampai 15 September 2019 mendatang. Peserta haruslah anak-anak Indonesia yang merupakan siswa siswi SD kelas 4-6 dan siswa SMP kelas 7-9. Siswa-siswi ini harus didaftarkan atas nama institusi, boleh mewakili sekolahnya maupun lembaga bimbingan belajar/kursus.

Siswa siswi SD dan SMP yang ingin mendaftarkan dirinya pada KJSA 2019 harus mengirimkan karya sains sesuai bidang yang ditentukan. Mereka dapat memilih penelitian dibidang IPA/science atau teknologi terapan. Karya sains yang dikirimkan dapat berupa karya yang sudah jadi atau berupa rancangan/desain karya sains yang bisa direalisasikan pada saat presentasi.

Karya yang sudah jadi  atau masih berupa rancangan, akan mendapat bimbingan mentoring untuk penyempurnaan hasil rancangan. Bimbingan akan dilakukan oleh para ahli sesuai bidangnya. Oh ya, pengiriman karya sains atau rancangan, harus sesuai dengan template yang disediakan panitia KJSA 2019 dan boleh dilengkapi oleh gambar/foto serta video pendukung. Karya dikirimkan melalui surel ke alamat panitia KJSA 2019  . Karya harus orisinil dan belum pernah memenangkan lomba sejenis pada tingkat nasional.

Hasil karya yang dikirimkan oleh pendaftar KJSA 2019 akan diseleksi oleh dewan juri berdasarkan ide, latar belakang permasalahan yang dihadapi, solusi yang diberikan dalam menjawab permasalahan, inovasi/kebaruan/keunikan serta manfaat dari rancangan tersebut. Dinilai juga aspek digitalisasi dari karya sains atau teknologi terapan para pendaftar KJSA. Akan dipilih 20 orang peserta KJSA 2019 yang terdiri dari 10 finalis SD dan 10 finalis SMP. Kedua finalis terpilih tersebut akan memperoleh bimbingan mentoring untuk memperoleh hasil karya sains yang lebih sempurna.

Setelah melalui proses mentoring, finalis KJSA 2019, masing-masing harus membuat video tanpa editing tentang karya sains yang dibuat. Video dikirimkan ke panitia atau diupload ke youtube. Dari 20 finalis akan dipilih 5 orang pemenang SD dan 5 orang pemenang SMP. Proses pemilihan ini melalui penilaian video karya sains dan tanya jawab jarak jauh oleh tim juri. Dan 10 orang pemenang tersebut akan diundang ke Jakarta untuk mengikuti rangkaian kegiatan yang terdiri dari penjurian final, pameran karya sains dan awarding. Semua biaya akomodasi dan transportasi sepenuhnya ditanggung oleh panitia penyelenggara KJSA.

10 pemenang tersebut akan berlomba di Jakarta untuk memperebutkan hadiah total puluhan juta rupiah. Bukan hanya peserta saja yang memperoleh hadiah, guru pendamping yang mendampingi peserta ke Jakarta akan memperoleh masing-masing 3 juta rupiah. Kalbe pun akan memberikan masing-masing Rp. 5 juta rupiah pada 10 karya finalis yang tidak lolos ke Jakarta.

Pak Onno W Purbo salah seorang dewan juri KJSA 2019
KJSA 2019 ini akan melibatkan dewan juri para ahli yang sudah sangat berpengalaman dan kompeten dibidangnya masing-masing seperti Prof. Nurul Taufiqu Rochman, M.Eng.,Ph.D (Profesor Riset Pusat Penelitian Fisika, LIPI), Retno Juni Rochmaningsih, S.Sos (Kasi Bakat dan Prestasi, Subdit Peserta Didik, Direktorat Pembinaan SMP, Ditjen Dikdasmen, Kemdikbud RI), M. Syachrial Annas (Direktur PPIPTEK, Kemenristekdikti RI), Irzan Raditya (CEO dan Co-Founder of Kata.ai) dan Onno W. Purbo (Pakar Teknologi dan Informasi).

Nah untuk kalian nih siswa-siswi SD dan SMP yang memiliki ketertarikan tinggi terhadap ilmu pengetahuan dan science serta sudah punya ide karya inovatif orisinil, silahkan langsung daftarkan diri dan karya sainsnya ke panitia KJSA 2019 sebelum tanggal 15 September 2019. Dan selamat berkompetisi. Good Luck!!

Media kick off Kalbe Junior Scientist Award 2019 di Multivision Tower



Minggu, 21 Juli 2019

Film Koboy Kampus, Sepenggal Kisah Lama Pidi Baiq

Koboy Kampus tayang 25 Juli 2019
Kalian pasti langsung otomatis teringat film Dilan khan saat mendengar nama Pidi Baiq? Yoi, Dilan selalu membayang-bayangi Pidi Baiq. Apalagi santer beredar kabar kalau tokoh Dilan sebenarnya adalah Pidi Baiq. Meski sampai saat inipun belum ada jawaban yang tegas dan meyakinkan dari mulut Pidi Baiq jika tokoh Dilan adalah dirinya. Tapi kali ini, saya tak ingin membahas Dilan-nya Pidi Baiq. Justru saya ingin memgupas tentang sebuah film yang memang sengaja diangkat dari perjalanan hidup seorang Pidi Baiq. Tepatnya kisah perjalanan seorang Pidi pada saat menjadi seorang mahasiswa pada sekitar tahun 1997-1998. 

Sebenarnya saya menerka saja sih tahun terjadinya cerita dalam film ini dari satu scene yang ada dalam film tentang Pidi Baiq ini. Disalah satu scene ditampilkan pidato mundurnya Pak Harto, Presiden kedua RI. Nah dari situlah saya menyimpulkan klo kisah yang dalam film ini terjadi sekitar tahun 1997-1998. Apalagi ada beberapa bagian film yang menyorot tentang aksi demo mahasiswa.

Film tentang perjalanan hidup Pidi Baiq yang diangkat kelayar kaca ini bukan tentang perjalanan asmaranya loh. Tapi mengenai kisah Pidi sebagai seorang mahasiswa seni rupa ITB dan sikapnya terhadap pemerintahan pada waktu itu. Kalian pasti membayangkan seorang Pidi Baiq ikut demo dan melakukan orasi-orasi pernyataan sikap mahasiswa yaa?! Bukan seperti itu sih kejadiannya wkwkwk

Film yang merupakan hasil sinergi antara MNCP Movie dan 69 Production ini mengupas tentang sisi lain kehidupan Pidi Baiq dan teman-temannya yang lebih banyak menghabiskan waktu di ruang studio kampusnya. Film yang disutradarai oleh Pidi Baiq dan Tubagus Deddy ini diberi judul Koboy Kampus. Eiiits, jangan membuat ekspektasi sendiri hanya dari judulnya saja. Kalian harus menyisihkan sedikit waktu untuk menyimak filmnya yang akan segera release di bioskop pada tanggal 25 Juli 2019 mendatang untuk memahami mengapa filmnya diberi judul Koboy Kampus.

Nonton duluan filmnya dong xixixi (Foto: Imawan)

Koboy Kampus bercerita tentang kisah masa mudanya saat berkuliah di Jurusan Seni Rupa ITB. Cerita tentang Pidi dan teman-teman akrabnya sepakat untuk membuat sebuah negara baru. What?? Negara baru. Yess negara baru, negara yang punya wilayah teritorial seluas ruang studio kampus. Huahahaha...konyol sekaligus mengagetkan untuk orang lain. Negara yang lahir dari sebuah kekecewaan seorang anak negeri melihat kondisi negerinya sendiri yang pada saat itu terasa carut marut. Negeri yang berdasarkan Bhinneka Tunggal Ika tapi pada kenyataannya tidak seindah yang tergambar dari makna Bhinneka Tunggal Ika tersebut.

Menyaksikan film Koboy Kampus pada saat acara prescreening film ini beberapa hari lalu, membawa nostalgia tersendiri untuk saya. Saya yang notabene seorang mahasiswi salah satu universitas negeri di Bandung pada tahun yang sama, jadi ikut merasakan apa yang dituangkan Pidi Baiq dalam filmnya. Pada saat itu, kampus bergejolak dengan pergerakan mahasiswa dan kegiatan demo yang gencar dilakukan. Demo terhadap pemerintah dengan tujuan menjatuhkan rezim orde baru. Saya sendiri terpaksa harus kehilangan seorang kawan akibat demontrasi mahasiswa yang terjadi pada tahun 1998. Elang, salah satu kawan saya yang harus meregang nyawa untuk selamanya saat terjadi aksi mahasiswa di Kampus Trisakti, Jakarta.

Cuplikan trailler Koboy Kampus
Jadi tak berlebihan rasanya jika saya katakan bahwa saya sangat memahami keresahan yang dirasakan oleh Pidi Baiq. Bedanya, pada saat itu, saya enggak kepikiran sih untuk bikin negara sendiri hahahaha. Film yang disajikan dengan alunan lagu-lagu Thepanasdalam Band ini cukup menghibur dan memberikan "kesegaran baru" bagi saya dalam memahami beberapa persoalan yang telah lama saya ketahui terjadi dalam kehidupan seorang mahasiswa terutama pada waktu itu. Persoalan yang saya maksud disini, selain tentang kegelisahan hati karena kondisi negeri, juga tentang pertanyaan "kapan saya diwisuda". 

Njiiir, pertanyaan yang bikin ngga enak makan, ngga enak tidur untuk seorang mahasiswa angkatan atas terutama yang berstatus veteran huahahaha. Apalagi jika teman-teman seangkatan sudah ada yang beres sidang skripsi sedangkan penelitian kita mandeg, dosen pembimbing rese, pacar udah nanyain aja kapan kamu lulus, kapan kamu diwisuda. Hadeeew...arrrgh langsung ngepul-lah ini kepala wekekek. Dan fenomena inilah yang diangkat oleh film Koboy Kampus.

Film musikal yang cukup menghibur dan layak mendapat apresiasi karena saya tau tak mudah untuk mengkombinasikan kapan si tokoh bernyanyi dan kapan dialog. Film ini sungguh berbeda dengan film Pidi Baiq sebelumnya yang penuh romansa bercinta. Sentuhan romansa dalam Koboy Kampus hanya sebagai pemanis dan bumbu saja. Walau pun sedikit versinya tapi cukup membuat saya tersenyum simpul sendiri. Membayangkan cukup banyak juga asmara yang terjadi antara mahasiswa Unpad dan ITB pada saat itu. Bahkan saya pun sempat pedekate dengan seorang ITB jurusan teknik pertambangan hahahaha.

Jason Ranti, pemeran Pidi Baiq (sumber foto: instagram MNCP Movie)
Overall film yang dibintangi oleh Jason Ranti, Ricky Harun, Bisma Karisma dan beberapa nama lainnya, cukup menghibur dan membawa pesan tersendiri untuk kita sebagai penduduk negara RI terutama bagi yang berstatus masih mahasiswa. Coba deh tonton filmnya dan silahkan temukan jawaban dari segala keresahan dan pertanyaan "kapan saya diwisuda?" serta "apa yang telah saya lakukan untuk negara saya?". And enjoy the movie, gaessss!

Saat hadir diprescreening film Koboy Kampus


Jumat, 19 Juli 2019

Makna Dibalik Kelezatan Nasi Tumpeng

Nasi tumpeng kuning
Hampir sebagian besar masyarakat Indonesia terutama yang berada di tanah Jawa mengetahui apa itu nasi tumpeng. Sepertinya sih bukan hanya masyarakat Jawa saja yang familiar dengan nasi tumpeng. Masyarakat di daerah lainnya pun sepertinya cukup akrab juga dengan nasi tumpeng ini karena nasi tumpeng biasa dihadirkan untuk memperingati berbagai peristiwa penting yang terjadi dalam kehidupan bernegara seperti syukuran hari kemerdekaan negeri ini. 

Nasi tumpeng menjadi sajian yang sering sekali disuguhkan sebagai pertanda rasa syukur terhadap nikmat Tuhan untuk kemerdekaan Indonesia. Nasi tumpeng juga sebagai perwujudan harapan dan doa agar kehidupan kedepannya bisa lebih baik lagi. Hampir tiap tahun pada perayaan HUT RI, nasi tumpeng dihadirkan sebagai acara puncak syukuran setelah pelaksanaan upacara bendera hari kemerdekaan.

Karena seringnya disajikan dalam acara perayaan penting, hampir semua rakyat Indonesia mengetahui apa itu nasi tumpeng. Meskipun nasi tumpeng ini sangat melekat dengan tradisi Jawa dan sekitarnya karena memang asal muasal munculnya nasi tumpeng terjadi pada masyarakat Jawa. Awalnya, masyarakat Jawa biasa menyajikan nasi tumpeng pada acara kenduri atau perayaan penting yang terjadi fase kehidupan manusia seperti pernikahan, tujuh bulanan dan kelahiran. Namun seiring dengan perkembangan jaman dan teknologi, kehadiran nasi tumpeng terasa lebih flexible. Misalnya, saat ini nasi tumpeng berukuran mini cukup sering disajikan sebagai hidangan makan siang atau sebagai makanan utama dalam acara meeting ataupun acara seminar yang diadakan sebuah instansi atau perusahaan. Nasi tumpeng mengalami sedikit pergeseran arti. Tidak hanya disajikan pada saat acara-acara penting saja.  

Makna Dibalik Kelezatan Nasi Tumpeng

Nasi tumpeng erat kaitannya dengan kondisi geografis Indonesia yang memiliki cukup banyak gunung termasuk gunung berapi. Berdasarkan sejarah asal muasalnya, nasi tumpeng dibuat sebagai pertanda memuliakan gunung tempat bersemayam para hyang atau arwah leluhur (nenek moyang). Kepercayaan ini bergeser agama Hindu masuk Indonesia. 

Makna yang terkandung dalam nasi tumpeng
Inilah awal nasi tumpeng dibuat kerucut. Bentuk nasi yang mengerucut itu untuk meniru bentuk gunung Mahameru, gunung yang pada saat itu dianggap suci karena tempat bersemayam dewa-dewi yang dipercayai oleh penganut Hindu. Pada saat Islam masuk ke tanah Jawa, budaya nasi tumpeng ini kemudian diadopsi dan dikaitkan dengan filosofi Islam Jawa. Dan dikaitkan dengan perwujudan rasa syukur pada Allah SWT. 

Tumpeng dalam bahasa Jawa memiliki arti yakni yen metu kudu sing mempeng (kalau keluar harus sungguh-sungguh). Sebuah filosofi yang memiliki makna mendalam untuk kehidupan. Dalam penyajiannya, nasi tumpeng biasanya dilengkapi dengan lauk-pauk yang berjumlah 7 macam. Angka 7 ini  menggambarkan simbol kehidupan yang berarti sebuah pertolongan. Pitu atau tujuh dalam bahasa Jawa artinya pitulungan (pertolongan).

Penyajian nasi tumpeng beserta lauk pelengkapnya memiliki filosofi dan makna tertentu. Nasi tumpeng biasanya dibuat dari nasi putih atau nasi kuning dan bisa juga nasi uduk yang dibentuk kerucut. Kerucut inilah yang melambangkan penghormatan terhadap gunung. Dan warna putih pada nasi putih memiliki makna bahwa sesuatu yang kita makan harus berasal dari sumber yang bersih dan halal. 

Bentuk kerucut diartikan sebagai harapan agar hidup selalu sejahtera. Makna-makna kehidupan juga tergambar dari pemilihan lauk pauk yang digunakan sebagai pelengkap nasi tumpeng. Meskipun dalam perkembangannya, saat ini tak ada komposisi baku untuk lauk pauk pelengkap nasi tumpeng.

Saya pernah memesan tumpeng untuk acara ulang tahun anak dan pemilik catering pada saat pertamakali saya bilang ingin memesan nasi tumpeng, hal pertamakali yang ditanyakan oleh pemilik catering adalah ini nasi tumpeng untuk acara apa. Pemilik catering menanyakan hal tersebut  karena pelengkap nasi tumpengnya disesuaikan dengan acara si pemesan. Misalnya jika nasi tumpengnya dipesan untuk acara ulang tahun maka ia akan menyisipkan mie goreng sebagai pelengkap tumpengnya. 

Mie goreng dalam masyarakat Tionghoa melambangkan panjang umur dan memang si pemilik catering ini adalah WNI keturunan Tionghoa. Tapi jika untuk acara syukuran kantor ataupun acara peresmian, dia akan menyajikan lauk pelengkap lain yang memiliki makna sesuai dengan harapan dari acara yang diadakan tersebut. Ini juga menunjukkan bahwa nasi tumpeng juga mengadopsi nilai budaya dari si pembuatnya.

Lauk pelengkap nasi tumpeng memiliki makna mendalam kehidupan yang diadopsi dari Budaya Jawa sebagai tradisi asal hadirnya nasi tumpeng ini. Berdasarkan falsafah masyarakat Jawa, ayam goreng atau ayam bakar yang disajikan sebagai pelengkap nasi tumpeng memiliki makna menghindari sifat-sifat buruk  dari ayam antara lain sifat sombong, congkak,kalau berbicara selalu menyela dan merasa benar sendiri (berkokok), tidak setia dan tidak perhatian kepada anak istri. Dulu, ayam jagolah yang dipilih sebagai pelengkap nasi tumpeng dan sifat-sifat tersebut melambangkan sifat yang dimiliki ayam jago. 

Masyarakat Jawa juga memaknai ikan sebagai simbol dari ketabahan, keuletan dalam hidup dan sanggup hidup dalam situasi ekonomi yang paling bawah sekalipun. Karena itu, ada juga tumpeng yang disajikan dengan ikan sebagai pelengkapnya. Lauk lain yang sering disajikan sebagai pelengkap nasi tumpeng adalah ikan teri. Ikan ini biasanya digoreng dengan atau tanpa tepung. Ikan teri selalu hidup bergerombol dan ini menggambarkan kebersamaan dan kerukunan.

Nasi tumpeng juga sering dilengkapi dengan telur rebus utuh. Hal ini melambangkan jika semua tindakan harus direncanakan dikerjakan sesuai rencana. Hasilnya pun harus dievaluasi untuk mendapatkan hasil yang lebih baik lagi. Telur juga menjadi perlambang manusia diciptakan dengan fitrah yang sama. Yang membedakan hanyalah ketakwaan pada Tuhan dan tingkah lakunya. 

Itu baru sebagian saja loh dari makna yang terkandung dalam lauk-lauk pelengkap nasi kuning yang menunjukkan bahwa tradisi Jawa sebagai budaya pembentuk nasi tumpeng memiliki filosofis hidup yang sangat dalam. Masih ada lagi makna yang terkandung dari sayur urab dan lauk pauk lainnya.

Masyarakat Jawa, khususnya, mengenal beberapa jenis nasi tumpeng. Beberapa jenis atau variasi nasi tumpeng yang dikenal, sampai saat ini, ada beberapa yang sering dijumpai pada acara-acara perayaan. Jenis-jenis nasi tumpeng diantaranya yaitu:
- Nasi tumpeng nujuh bulanan
Nasi tumpeng ini digunakan pada acara syukuran kehamilan. Terbuat dari nasi putih dan terdiri dari satu buah kerucut besar yang dikelilingi oleh enam buah kerucut kecil. Dan biasanya disajikan bersama nasi urab, telur, lauk pelengkap lainnya dan rujak serut;
- Nasi tumpeng Pungkur
Tumpeng ini disajikan pada saat peristiwa kematian seorang wanita atau pria yang masih lajang. Saat ini sudah jarang yang menyajikan tumpeng pungkur ini, hanya sebagian kecil saja masyarakat yang masih menggunakan tradisi ini. Tumpeng ini dibuat dari nasi putih yang disajikan dengan lauk pauk sayuran. Tumpeng ini dipotong vertikal dan diletakkan saling membelakangi;
- Nasi Tumpeng Putih Tumpeng ini melambangkan kesucian dan biasanya disajikan untuk memperingati acara sakral;
- Nasi tumpeng kuning
Tumpeng ini biasa disajikan untuk acara syukuran, perayaan ulang tahun, pernikahan dan acara-acara gembira lainnya. Warna kuning menggambarkan kekayaan dan moral yang luhur;
- Tumpeng nasi uduk
Tumpeng ini disebut juga sebagai tumpeng tasyakuran. Biasanya digunakan untuk acara peringatan Maulid Nabi;
- Tumpeng seremonial dan modifikasi.

Perayaan Kerjasama Indonesia-Amerika ke-70 tahun di Kemchicks Pacific Place Jakarta

Minggu lalu, di Kemchicks Pacific Place Jakarta ada "sesuatu" yang tidak biasa. Yups hari itu, ada perayaan syukuran 70 tahun hubungan Indonesia yang diwakili oleh Kemchicks dan pemerintahan Amerika. FYI, Kemchicks adalah supermarket milik salah satu pengusaha terkenal negeri ini, Almarhum Om Bob Sadino.

Kemchicks Pacifik Place, Jakarta
Perayaan acara tersebut diadakan di area tengah Kemchicks. Tepatnya, tak jauh dari konter daging. Perayaan 70 tahun hubungan kerjasama Indonesia-Amerika juga disemarakkan dengan acara demo masak dan suguhan nasi tumpeng dengan ukuran yang cukup besar disertai lauk pauk yang cukup lengkap ragamnya. Seolah-olah melambangkan ikatan yang erat dan hubungan yang terjalin meski memiliki perbedaan budaya antara kedua negara.

Perayaan syukuran Indonesia-Amerika di Kemchiks
Produk-produk Negara Paman Sam banyak dijumpai di Kemchicks. Termasuk daging asal Amerika dengan kualitas sangat baik.Dan dalam rangka memperingati 70 tahun hubungan Indonesia-Amerika, Kemchicks memberikan harga istimewa untuk pembelian daging asal Amerika. Oh ya, gak perlu khawatir dengan kehalalan daging-daging asal Amerika ini karena proses penyembelihannya dilakukan sesuai syariat Islam sehingga aman dikonsumsi di Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama Islam.

Sejujurnya saya cukup terkesima dengan kehadiran nasi tumpeng dalam perayaan 70 tahun hubungan Indonesia-Amerika ini. Ngga nyangka saja ternyata dalam acara yang melibatkan negara lain pun, nasi tumpeng disajikan sebagai makanan utama dan pihak kedutaan Amerika pun menyambut antusias nasi tumpeng ini. Sebagai orang Indonesia sudah sepantasnya saya merasa bangga dengan kekayaan budaya bangsa saya sendiri.