Call Center 135 dan SPBU Modular, Layanan Andalan Pertamina MOR III Selama Satgas Pertamina Siaga 2019

Mudik lebaran 2019

Libur lebaran 2019 baru saja usai tapi kisah yang tercipta tak kan pernah pupus dari ingatan. Cerita apa sik yang paling melekat ketika menyinggung mengenai libur lebaran? Sebagian besar, pasti akan menjawab perjalanan mudik ke kampung halaman untuk berkumpul dan berlebaran bersama kerabat dekat dan sanak saudara. Dan saat ada yang bertanya hal apa sik yang paling membekas saat mudik lebaran? Sebagian akan menjawab kemacetan saat melakukan mudik lebaran sedangkan sebagian lainnya akan menjawab keseruan berlebaran di kampung halaman. Tapi saya yakin nih klo sebagian besar orang pasti akan bercerita tentang padatnya arus mudik yang dialaminya.

Coba deh diingat-ingat, ada berapa orang yang bertanya,"kemarin pas mudik, kena macet ngga?" atau "perjalanan lancar kan?", "Ngga terjadi penumpukan kendaraan pemudik di jalan tol?" atau pertanyaan, " sudah banyak belum sik rest area yang tersedia di jalan tol yang baru?",  "Semua rest area yang tersedia, sudah ada SPBU-nya kan?", dan beberapa pertanyaan sejenis lainnya.

Saya sendiri, lebaran tahun ini memutuskan untuk pulang kampung ke daerah asal orang tua saya di Sragen, Jawa Tengah. Dan satu pemandangan yang terekam kuat dibenak saya adalah antrian super panjang kendaraan yang mau masuk rest area dan yang akan meninggalkan rest area serta mengularnya antrian kendaraan yang akan mengisi bahan bakar di SPBU yang tersedia di rest area. 

Pemandangan tersebut membuat saya kepikiran gimana kalau stok bensin habis sedangkan macet bisa saja terjadi selama berjam-jam. Untung saja, saat ini semua informasi dapat dengan mudah diakses termasuk apakah ketersediaan pasokan bahan bakar  terjamin selama arus mudik lebaran 2019. Saya dapat mengetahui informasi tersebut pada laman media sosial Pertamina terutama pada akun media sosial Pertamina Region III.

Membahas mengenai ketersediaan pasokan BBM selama mudik lebaran 2019, enggak akan lepas dari kiprah dan kerja keras dari PT. Pertamina terutama Pertamina Region III dan instansi terkait termasuk pihak kepolisian. Selama arus mudik lebaran 2019, Pertamina menyediakan 26 kios Pertamina Siaga dan 6 buah SPBU Modular sebagai antisipasi antrian yang panjang di SPBU reguler yang ada di rest area. Selain itu, kehadiran SPBU modular ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh Pertamina dalam melayani kebutuhan BBM para pemudik.

SPBU Modular (sumber foto : Pertamina)

Kalian mungkin bertanya-tanya, apa sih Pertamina Modular tersebut? Apakah sama dengan Pertamina mini? Ternyata berbeda loh. Pom mini yang banyak kita lihat di pinggir-pinggir jalan, bukanlah unit dari Pertamina atau dengan kata lain, bukan itu yang disebut sebagai Pertamina modular.


Narasumber Apresiasi Satgas Pertamina Siaga 2019

Saya pun baru mengetahuinya pada saat hadir dalam acara Apresiasi Satgas Pertamina Siaga Lebaran 2019 di Ballroom Grand Mercure, Jakarta pada tanggal 25 Juni 2019. Pada acara tersebut, Bapak Jumali dari PT. Pertamina menjelaskan mengenai Pertamina modular dan menceritakan upaya apa saja yang dilakukan oleh Pertamina selama arus mudik dan balik lebaran 2019. Terutama untuk memastikan bahwa ketersediaan BBM aman selama arus mudik dan arus balik.

Bapak Jumali dari Pertamina


Pertamina Modular

Pertamina Modular adalah lembaga penyalur yang memiliki sarana dan fasilitas yang dapat berpindah dan didirikan sebagai alternatif bangunan untuk memenuhi kebutuhan BBM non PSO di lokasi tertentu. Untuk kebutuhan SPBU Modular yang memasarkan produk BBM PSO dan premium dapat saja dimungkinkan atas pertimbangan tertentu.

Pertamina Modular atau SPBU Modular, sarana dan fasilitasnya bisa berpindah tempat lho. Karena SPBU ini bersifat fungsional dan peruntukannya memang sebagai tempat alternatif menyalurkan BBM di daerah tertentu. Pertamina Modular ini juga digunakan untuk program pemerintah BBM satu harga. 

Pertamina Modular saat ini diantaranya dapat dijumpai di Kabupaten Sukabumi dan Cianjur. SPBU ini juga cukup banyak dijumpai di pelosok daerah yang jauh dari hiruk pikuk ibukota.

Khusus musim mudik lebaran 2019 ini, layanan SPBU Modular sengaja dihadirkan Pertamina untuk membantu pemudik mendapatkan BBM di rest area yang belum ada fasilitas SPBU reguler. BBM yang disediakan oleh SPBU Modular adalah Pertamax dan Pertamina Dex. Harganya pun sana dengan harga BBM di SPBU reguler.

Layanan SPBU Modular di rest area (Sumber foto : Pertamina)

Di Wilayah Pertamina Marketing Operation Region III, Jawa Bagian Barat disiapkan 6 unit SPBU Modular yang berada di beberapa titk jalan tol dari ruas Bekasi hingga Pejagan, (perbatasan Cirebon dengan Jawa Tengah). Layanan SPBU Modular baru disiapkan tahun ini, sebagai upaya Pertamina MOR III menjawab layanan penyediaan BBM bagi pemudik, dengan scenario satu jalur/one way. 

Kehadiran Pertamina Modular ini bagai dewa penolong bagi pemudik yang kehabisan bahan bakar atau saat ingin mengisi BBM namun SPBU reguler yang ada di rest area yang dilewati terpaksa ditutup karena antriannya sudah terlalu panjang.
SPBU modular selama mudik lebaran 2019 telah menyalurkan hampir 155 ribu liter Pertamax selama masa satgas Pertamina Siaga dari tanggal 21 Mei hingga 19 Juni 2019.

Berdasarkan data dari PT. Pertamina, kebutuhan masyarakat terhadap BBM selama puasa dan mudik lebaran 2019 meningkat sekitar 32-35%. Selain menghadirkan Pertamina Modular, Pertamina juga memperkenalkan call centernya yang baru yaitu 135.

Call Center Pertamina 135, Pertolongan Saat Kehabisan Bensin di Jalan Tol

Pernah ngga ngalamin kehabisan bensin atau BBM saat berada dalam jalan tol? Saya sih belum pernah mengalaminya dan semoga tidak pernah terjadi. Kebayangkan gimana panik dan ribetnya saat kehabisan bahan bakar di jalan tol?! Ditambah lagi jika kehabisan bensinnya saat macet dan antrian SPBU di rest area terdekat mengular hingga pening kepala melihatnya. Tapi ga usah khawatir jika hal ini terjadi pun, kita bisa nih mengontak call center Pertamina 135. 

Call center 135 akan mendatangi pemudik yang kehabisan bensin berdasarkan share loc si pemudik tersebut. Layanan call center ini hadir sebagai upaya peningkatan layanan yang lebih baik lagi untuk masyarakat. Layanan call center 135 mulai diperkenalkan pada Februari 2019 dan sukses menjadi dewa penolong bagi para pemudik yang kehabisan bensin karena lalu lintas yang macet bahkan stuck. Petugas Call Center 135 merupakan bagian dari Satgas Pertamina Siaga yang rela tidak libur lebaran demi menolong para pemudik yang memerlukan BBM.

Satgas Pertamina Siaga 2019 Call Center 135 (sumber foto : Pertamina)

Dalam acara Apresiasi Satgas Pertamina Siaga Lebaran 2019, diperlihatkan rekaman video Satgas Pertamina Siaga yang sedang melaksanakan tugasnya memberikan layanan pada para pemudik di jalur mudik sepanjang tol Trans Jawa. Ada loh petugas yang tergopoh-gopoh datang sambil membawa dirigen berisi bahan bakar dan mendatangi kendaraan pemudik yang kehabisan bensin. Petugas inilah yang merupakan petugas call center 135 Pertamina yang menolong pemudik untuk memperoleh bahan bakar kendaraannya.

Melihat upaya pelayanan yang dilakukan oleh Satgas Pertamina Siaga Lebaran 2019, tak berlebihan jika para Satgas ini diberikan apresiasi atas semua yang telah dilakukan demi kelancaran mudik lebaran 2019. Satgas Pertamina Siaga 2019 ini juga bersinergi dengan kepolisian di beberapa titik rawan kemacetan.

Untuk lebaran tahun ini, dapat dikatakan, arus mudik lancar namun masih perlu pembenahan dan intropeksi untuk layanan Pertamina Siaga pada arus balik lebaran. 

Seperti yang diketahui, pada saat arus balik lebaran 2019, volume kendaraan dijalan tol pada tanggal 9-10 Juni 2019 meningkat berkali lipat dari biasanya. Dan hal ini menyebabkan kemacetan yang luar biasa pada beberapa ruas jalan tol yang dilalui oleh pemudik serta panjangnya antrian di sejumlah SPBU baik yang regular maupun yang modular. Kondisi inilah yang menjadi pe-er untuk Pertamina agar dapat memberikan layanan yang lebih baik lagi pada mudik lebaran tahun berikutnya.
#ThankyouPertamina.


Acara Apresiasi Satgas Pertamina Siaga 2019



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Belanja Asik Di Giant Dengan Harga Teman

Penyakit Langka di Indonesia

Dukungan Dewan Pertimbangan Daerah RI Untuk Atlet Asian Games 2018 Indonesia