Postingan

Menampilkan postingan dari April, 2019

Hidup Lebih Baik Bersama Electrolux

Gambar
Apa yang melintas dalam pikiran kalian saat mendengar kata "Electrolux"? Kalau yang ada dalam pikiran saya setiap mendengar kata "Electrolux" adalah mahal tapi awet xixixi. Saya telah mengenal produk-produk Electrolux sejak masa kanak-kanak. Ibu dan eyang saya pengguna mesin cuci, oven dan kulkas Electrolux. Ibu pernah bercerita pada saya kenapa dia memilih bahkan terkesan fanatik dengan produk-produk Electrolux. Alasannya simple dan masuk akal. Produk-produk Electrolux awet dan tahan banting, begitu alasan yang dikemukan oleh ibu. Memang awalnya terasa mahal tapi kalau dihitung dengan lama pemakaiannya, harga mahal menjadi tidak mahal. Daripada beli merk lain dengan harga yang jauh lebih murah tapi dua tiga tahun sudah mengalami kerusakan. Ujung-ujungnya ya jadi lebih murah produk Electrolux.
Rasa "fanatik" ibu terhadap produk-produk Electrolux sepertinya menurun dari eyang *hahahaha karena eyang tak kalah fanatiknya dari ibu. Bisa dibilang mereka berdu…

Imunisasi Dalam Perspektif Islam

Gambar
Seringkali mak menemukan fakta ada saja orangtua yang masih tidak percaya dengan imunisasi. Mereka melarang anaknya mendapatkan imunisasi karena tidak yakin dengan kehalalan vaksin dan keamanan imunisasi bagi tubuh buah hatinya. Padahal jika dikaji lebih dalam lagi, imunisasi memberikan manfaat bagi tumbuh tembang dan kesehatan anak. Anak yang tidak diimunisasi jika terkena penyakit menular dapat membahayakan anak-anak disekitarnya karena dapat menularkan virus atau kuman penyakit tersebut. Padahal beberapa penyakit telah terbukti dapat dikendalikan dan dicegah melalui imunisasi. Anak-anak harus memperoleh imunisasi dasar lengkap dan imunisasi yang dibutuhkan yang sesuai dengan kebutuhannya.
Beberapahari lalu, dalam rangka Pekan Imunisasi Sedunia, Kementrian Kesehatan RI menyelenggarakan talkshow seputar Imunisasi terutama manfaatnya bagi kesehatan anak serta membahas imunisasi dalam perspektif Islam. Narasumber yang hadir dalam acara tersebut yaitu: Direktur Surveilans dan Karantina…

Andaliman Bumbu Khas Danau Toba Favorit Ibu Mertua

Gambar
Menikah dengan laki-laki keturunan Batak Toba dan sempat menetap di kota Medan selama kurang lebih lima tahun membuat saya akrab dengan budaya dan kuliner setempat. Sedikit meluruskan anggapan banyak orang yang berpikir bahwa orang Medan adalah orang Batak, anggapan tersebut bisa dikatakan keliru. Karena tidak semua orang yang menetap di Medan adalah orang Batak. Banyak diantara mereka yang bersuku Jawa, China, India, Banjar dan Melayu. Bahkan ada kampung Keling loh di Kota Medan. Kampung Keling ini adalah tempat keturunan India yang menetap di Medan.
Di kota Medan sendiri, orang Keling dikenal sebagai pedagang bumbu masak, termasuk menjual rempah-rempah dan andaliman. Andaliman merupakan bumbu asli Toba yang akrab dikalangan masyarakat Medan dan Sumatra Utara pada umumnya. Kuliner khas orang Batak dan Melayu sebenarnya tak terlalu jauh berbeda. Mereka sama sama mengandalkan kekuatan bumbu masak terutama rempah-rempahnya. Salah satunya adalah penggunaan andaliman sebagai bumbu khas k…

Kawasan Tanpa Rokok Untuk Wujudkan Kota Layak Anak

Gambar
Berdasarkan data Kemenkes 2018 baru 43% kabupaten/kota layak anak. Salah satu indikasi yang harus dipenuhi oleh kota/kabupaten agar dapat dikatakan kota layak anak adalah tidak boleh ada iklan,  promosi dan sponsor rokok dan harus ada Perda yang mengatur mengenai kawasan tanpa rokok atau KTR. Perda KTR dibuat untuk melindungi anak-anak dari target pemasaran industri rokok dan paparan asap rokok. 
Di Indonesia baru ada 10 kabupaten atau kota yang memiliki Perda KTR. Berkaitan dengan hal tersebut, #RuangPublikKBR,  salah satu acara siaran di Kantor Berita Radio-KBR sengaja mengulas mengenai Kawasan Tanpa Rokok Untuk Wujudkan Kota Layak Anak. Siaran ini dapat diakses di 100 radio jaringan KBR dari Aceh sampai Papua. Dapat pula disimak di Power FM 89.2, khusus wilayah Jakarta atau di website KBR . 
Talkshow radio ini berupaya untuk mengupas mengenai tantangan apa saja yang dihadapi dalam membangun kawasan tanpa rokok dan langkah-langkah apa saja yang dilakukan oleh pemerintah daerah teru…

Bunda Tanggap Alergi Dengan Kenali, Konsultasikan dan Kendalikan

Gambar
Menjadi seorang ibu merupakan hal terindah yang Tuhan berikan untuk seorang perempuan. Bukan hanya anugerah saja melainkan sekaligus menjadi sebuah amanat seumur hidup yang harus diembannya. Memastikan anak tumbuh sehat dan kuat merupakan salah satu tugas yang harus dilakukannya. Menjadi seorang ibu, memberikan warna warni yang tak bisa digambarkan dengan kata kata. Hati seorang ibu akan menjadi sedih jika anaknya mengalami gangguan kesehatan, entah itu gangguan kesehatan ringan maupun serius yang perlu penanganan medis.
Salah satu gangguan kesehatan yang sering dialami oleh anak adalah alergi. Sayangnya, masih banyak ibu yang kurang peka dan tanggap dengan kondisi alergi yang dialami oleh buah hatinya. Cukup banyak pula ibu yang terlambat bahkan belum benar benar mengenali tanda-tanda alergi pada anak. Jangankan untuk mengatasinya, mengenali tanda-tanda alergi pada anak saja masih belum sepenuhnya paham.
Mak jadi teringat dengan cerita diri sendiri. Kebetulan anak kedua mak mengalam…

Cantik Eksklusif Dengan Humaira Niqab

Gambar
"Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, janganlah ia mengganggu tetangganya dan berbuat baiklah pada wanita. Sebab, mereka diciptakan dari tulang rusuk dan tulang rusuk yang paling bengkok adalah bagian atasnya. Jika engkau meluruskannya maka engkau mematahkannya, dan jika engkau biarkan maka ia akan tetap bengkok. Oleh karena itu berbuat baiklah pada wanita (HR. Bukhari dan Muslim)". Akhir-akhir ini saya seringkali melihat wanita yang memakai cadar atau niqab. Setiap kali melihatnya, terbersit tanya dalam hati saya. Apa ngga ribet ya pakai niqab seperti itu? Nutupin hidung gitu kan. Apa enggak mengganggu bernafas ya? Kenapa perempuan yang menggunakan niqab, seneng banget berpakaian serba hitam ya? Dan beberapa pertanyaan receh lainnya.
Saya langsung teringat dengan mantan partner bisnis saya, mantan partner jualan perlengkapan busana muslim tepatnya. Saya biasa memanggilnya Ummi Retno. Beberapa waktu silam, saat saya jumpa dirinya, saya dibuat sedikit kaget …

Ngobrol Seru HUT BUMN Ke-21 di Acara Paradigma Usee TV

Gambar
Pernah melihat tulisan LinkAja? Akhir akhir ini dibeberapa tempat umum cukup sering terpampang tulisan tersebut. Seperti hari ini contohnya. Ketika sore tadi saya belanja keperluan rumah tangga disalah satu supermarket tidak jauh dari rumah, saya menemukan tulisan LinkAja bertengger di atas meja kasir. Iseng saya tanya kepada si embak penjaga kasir apakah itu LinkAja. Si embak menjawab kalau tulisan tersebut baru beberapa hari diletakkan disitu dan dia belum mengetahui apa itu LinkAja. Belum ada penjelasan detil mengenai LinkAja. Enggak jauh beda sik dengan siembak kasir supermarket yang minim wawasannya seputar LinkAja, saya pun demikian.
Saya hanya tau kalau LinkAja itu adalah aplikasi atau platform untuk melakukan pembayaran secara digital melalui aplikasi yang diunduh pada smartphone. Sebagai pelanggan Telkomsel dan pengguna T-cash, saya sudah beberapa kali dikirimi sms ataupun pemberitauan untuk mengunduh aplikasi LinkAja. Berkaitan hadirnya LinkAja sebagai salah satu alat pemba…

Satin Glow id Beauty Clinic, Treatment Jitu Merawat Kulit Wajah Agar Tetap Berkilau

Gambar
Waktu cepat banget bergulir. Enggak kerasa semakin banyak rambut putih yang menghiasi kepala mak. Semakin tersadar berapa banyak usia yang mak punya. Bukannya menolak untuk menjadi tua sik tapi sebagai seorang wanita, wajar dong yak klo mak menginginkan untuk tetap memiliki kulit wajah kinclong tanpa noda. 
Sayangnya, diusia yang semakin belia ini huahahahaha, mulai nongol tuh bercak bercak hitam yang mengganggu penampilan wajah mak. Setiap bercermin, duh bete banget itu lihat bercak hitam. Ngga banyak sih sebenarnya tapi tetap aja merusak pemandangan wkwkwk. Belum lagi ditambah dengan wajah kusam bin dekil aaaaakkkk.
Bukan hanya bercak hitam yang nangkring manis diwajah, komedo yang enggak mau ketinggalan eksis pun, ikutan nempel manis di sekitar daerah dahi dan hidung. Hadeeeh makin kepikiran aja deh jadinya.
Sempat coba beberapa produk kecantikan brand ternama negeri ini termasuk ke klinik kecantikan tapi masalah penampilan kulit wajah, masih jadi peer yang belum terselesaikan. Te…

Lactacyd, Share Your Power

Gambar
Perempuan. Sepertinya enggak akan pernah habis jika membahas mengenai perempuan. Perempuan, konon katanya identik dengan lemah, lembut dan perasa. Namun sesungguhnya, perempuan memiliki kemampuan luar biasa yang bisa mematahkan semua anggapan "tak berdaya" yang melekat pada kata perempuan.
Dibalik kelemahan dan sifatnya yang lembut serta perasa, perempuan memiliki kekuatan dahsyat yang dapat mengalahkan dunia dan membuat keadaan menjadi lebih baik. Wanita memiliki kekuatan untuk mampu berdiri diatas kakinya sendiri dan sejajar dengan pria. Namun tetap dalam koridornya.
Mak sendiri sebagai perempuan, berupaya untuk menjadi pribadi yang mandiri namun tetap berjalan dijalur yang semestinya. Sebagai seorang perempuan menikah dan memiliki anak, mak tetap produktif sebagai pribadi namun bukan berarti menyepelekan kewajiban sebagai seorang istri dan ibu.
Bagi Mak, kekuatan yang dimiliki oleh setiap wanita semestinya mampu dimanfaatkan dengan baik dan tidak menjadikannya lupa denga…