ZooMoo, Saluran TV Interaktif Untuk Anak Yang Mengajarkan Tentang Alam dan Hewan


ZooMoo Workshop

"Bunda, Dede mau nonton youtube." Duh, langsung bingung deh kalau Si Dede sudah minta nonton youtube. Mamak agak kerepotan untuk memilih tontonan youtube yang cocok dan tepat untuk anak umur 9 tahun. Ada ketakutan juga kalau tontonan yang dia tonton ternyata tidak sesuai untuk umurnya. Karena itu mamak sangat selektif untuk memilih tontonan untuk si dedek.

Beberapakali si dedek melayangkan protes kenapa tontonan youtubenya itu itu saja. Untungnya mamak berhasil menjelaskan kenapa enggak bisa nonton youtube sesuka hati. Mamak ceritakan bahwa tontonan di youtube banyak yang berisi hal-hal yang kurang baik dan nantinya bisa bikin dedek ngga disayang Allah. Si dedek ini paling ngga mau kalau sampai tidak disayang Allah xixixi. Mamak juga tertolong dengan penjelasan yang diberikan guru sekolah dedek tentang baik buruknya menonton youtube dan bermain gadget. Setidaknya dedek dan teman-temannya tau mana yang bisa ditonton dan yang tidak bisa dan terus diingatkan oleh gurunya mengenai baik buruknya gadget dan internet termasuk menonton youtube.

Kerisauan mamak tentang tontonan yang layak tonton untuk anak-anak, terjawab di hari Sabtu tanggal 26 Januari 2019 kemarin. Mamak mengikuti workshop yang diadakan oleh ZooMoo. ZooMoo adalah saluran interaktif anak pertama berfokus pada dunia hewan dan alam. Workshop tersebut bertujuan untuk membangun kepedulian para orang tua mengenai pentingnya mengajarkan anak-anak tentang nilai alam dan konservasi.

MC ZooMoo Workshop

Workshop ZooMoo menghadirkan Sally Kailola dari Yayasan Konservasi Alam Nusantara, Merry Inggriani, ibu Baby Moonela (selebgram cilik) dan Stella Seet, Brand Manager ZooMoo. ZooMoo dan Yayasan Konservasi Alam Nusantara melalui workshop tersebut, berbagi pendekatan yang menyenangkan untuk memperkenalkan dan menghubungkan anak-anak dengan alam dan hewan. ZooMoo juga mengenalkan Animal Quotient (AQ) yang berfokus untuk meningkatkan pengetahuan anak mengenai hewan mulai dari deskripsi, karakteristik, perilaku serta habitat hewan.

Sally menjelaskan bahwa berdasarkan laporan Living Planet 2018 dari WWF, populasi margasatwa menurun sebanyak 60% hanya dalam kurun waktu 40 tahun. Laporan tersebut menunjukkan bahwa hilangnya dan berkurangnya habitat alami serta eksploitasi menjadi faktor utama penyebab menurunnya populasi spesies. Hal ini membangkitkan kecemasan mengenai dampak aktivitas manusia di bumi dan menjadi alasan mengapa pentingnya mengajarkan anak-anak mengenai konservasi alam sejak dini. Dengan menanamkan kesadaran tentang pentingnya menjaga kelestarian alam dan hewan, nantinya ketika anak-anak ini tumbuh dewasa, diharapkan mereka akan memiliki kepedulian dan tanggung jawab terhadap lingkungan.

Narasumber Workshop ZooMoo

Hal senada juga diutarakan oleh Merry, ibu dari Baby Moonela. Merry menceritakan bahwa ia telah menanamkan rasa tanggungjawab Moonela terhadap lingkungan dan hewan dengan cara menyayangi dan bersikap baik terhadap binatang, membuang sampah pada tempatnya dan tidak merusak lingkungan. Merry selalu menjelaskan pada Moonela mengenai betapa pentingnya menjaga kelestarian lingkungan. Merry juga sering mengajak Moonela bertamasya ke alam seperti ke pantai supaya Moonela semakin menghargai alam.

Seperti yang diungkapkan Stella, anak-anak memiliki ketertarikan dan rasa ingin tahu yang besar terhadap hewan. Mereka cenderung mudah sekali membangun hubungan emosional dengan hewan. Apa yang diungkapkan oleh Stella, terlihat langsung dari sikap si dedek terhadap hewan. Setiapkali melihat hewan peliharaan seperti burung, ayam, kelinci dan kucing, sikap "mengasihinya" muncul. Dedek enggak mau menyakiti hewan apapun. Pernah suatu hari dia protes ketika melihat anak ayam dicat dan dikurung di tempat yang sangat kecil yang menurut dedek tidak nyaman untuk anak ayam tersebut.

Sikap peduli terhadap binatang dan alam telah ditunjukkan dedek semenjak kecil karena dedek kerapkali diajak oleh ayahnya ke alam bebas. Melihat hewan di habitatnya. Karena itu begitu dia tau ada ZooMoo, dedek langsung antusias dan meminta mamak untuk mendownload ZooMoo. ZooMoo yang merupakan ensiklopedia seputar kehidupan hewan serta alam, sangat mudah dipahami dedek dan tentunya anak-anak lainnya karena dihadirkan dalam bentuk tontonan. ZooMoo selain memberikan informasi seputar kehidupan hewan dan alam, juga menghibur anak-anak.

ZooMoo membantu meningkatkan AQ anak sehingga mereka peduli terhadap bumi dan kelestariannya. ZooMoo membawa anak-anak untuk mengeksplorasi dunia hewan melalui berbagai program pilihan yang menghibur, interaktif dan tentu saja mendidik. ZooMoo terdiri dari program-program yang menggabungkan footage margasatwa dengan boneka, animasi dan teknik naratif. ZooMoo memberikan pengalaman menonton sambil belajar yang unik bagi anak-anak.

ZooMoo juga berkolaborasi dengan beberapa pembuat film kehidupan alam liar terkemuka di dunia dan pendidik anak-anak usia dini yang terkenal. ZooMoo menghadirkan acara-acara yang memiliki karakter lucu dan berbulu untuk membantu anak meningkatkan pengetahuan dan kasih sayang terhadap hewan.

Aplikasi ZooMoo

Aplikasi ZooMoo dihadirkan untuk memperluas dan memperkuat pembelajaran dan kecintaan anak-anak terhadap dunia hewan. Aplikasi ZooMoo melengkapi saluran TV ZooMoo. Aplikasi ZooMoo mengantarkan anak-anak ke gerbang dunia interaktif ZooMoo. Anak bisa mengumpulkan hewan dan permainan yang ada disaluran TV ZooMoo dan kemudian menambahkannya ke Pulau ZooMoo melalui gadget.

Aplikasi ZooMoo tersedia gratis di App Store dan Google Play. Aplikasi ini bukan hanya untuk anak, orangtua pun dapat berinteraksi, berbicara dan belajar mengenai koleksi hewan-hewan bersama anak. Aplikasi ini dilengkapi dengan interaksi dua arah yang ramah untuk anak. Aplikasi ZooMoo menawarkan pengalaman belajar yang menyenangkan untuk anak karena mereka bisa mempelajari nama-nama dan suara hewan saat menonton videonya.

Tahun ini ZooMoo juga akan menghadirkan program-program baru sebagai bentuk komitmennya dalam memberikan program yang mendidik, kreatif dan menarik bagi anak-anak. ZooMoo akan menghadirkan program-program baru yang akan mendorong daya pikir anak-anak. Program tersebut meliputi serial animasi anak Jelly Jamm, serial prakarya Kooki's Crafty Show, ensiklopedia hewan ZooMooPedia dan musim terbaru dari serial favorit Lost! dan Teddies.

Kehadiran ZooMoo dan aplikasinya, memberikan solusi tontonan menghibur dan mendidik untuk anak-anak. Anak-anak bukan hanya sekedar memperoleh hiburan tapi juga mendapatkan ilmu pengetahuan seputar kehidupan hewan dan kelestarian alam. Sudah sepatutnya anak-anak diperkenalkan dengan alam sedini mungkin dan diajak untuk menjaga kelestarian alam dengan cara menyayangi hewan dan menjaga alam melalui hal-hal kecil yang bisa mereka lakukan setiap hari.

Anak-anak dan narasumber workshop ZooMoo



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Onggy Hianata, Sang Inspirator Value Your Life

Belanja Asik Di Giant Dengan Harga Teman

Hexpharm Jaya, Obat Generik Kualitas Paten