Sun Life Resolution Run Indonesia 2019, Untuk Resolusi Hidup Sehat


Sun Life Resolution Run Indonesia 2019

Akhir akhir ini mak sering banget stalking-in akun instagram para seleb. Iseng aja sih sebenarnya tapi ternyata asik juga loh hahahaha. Salah satu akun instagram yang lumayan sering mak intip adalah akun instagram milik Ibnu Jamil. Ada yang menarik di akun instagram Ibnu Jamil ini. Mak mendapatkan info seputar olah raga terutama lari. Ibnu Jamil ini merupakan salah satu atlet yang rajin mengedukasi tentang pentingnya berolahraga. Ada manfaatnya juga kan ngintipin akun instagram doi wkwkwk.


Akun Istagram Ibnu Jamil

Bagai pucuk dicinta ulam tiba nih. Pada tanggal 17 Januari 2019 kemarin, mak menghadiri acara press conference Sun Life Resolution Run. Eh ternyata Si Abang Ibnu Jamil datang ke acara tersebut. Secara dia kan hobi banget running jadi pas lah ya dengan acara Sun Life Resolution Run 2019 ini. Yoi, asiknya bisa jumpa Abang Tamvan ehhhh wkwkwk.

Ibnu Jamil

Press conference Sun Life Resolution Run Indonesia merupakan penjelasan yang diberikan Sun Life mengenai acara Sun Life Resolution Run yang akan dihelat pada tanggal 20 Januari 2019. 

Sun Life Resolution Run Indonesia 2019, Untuk Resolusi  Hidup Sehat


Ibnu Jamil, Ibu Shierly, Ibu Elin, dr. Grace dan Kelly Tandiono


Untuk pertama kalinya PT Sun Life Financial Indonesia menggelar kompetisi lari yang bukan hanya mengajak masyarakat untuk gemar olahraga tapi juga bertujuan untuk menggalang donasi untuk edukasi dan pengobatan diabetes. Ajang kompetisi lari yang bertajuk Sun Life Resolution Run Indonesia 2019 ini yang akan digelar pada hari Minggu, 20 Januari 2019 di ICE BSD, Tangerang Selatan. Lebih dari 1.500 peserta dari berbagai usia akan berpartisipasi pada ajang yang rencananya akan digelar secara rutin setiap tahunnya. 

Kegiatan ini menjadi bagian dari kampanye regional perusahaan ‘Live Healthier Lives’, yang mengajak masyarakat khususnya generasi muda untuk mulai menjalani gaya hidup yang lebih sehat, #LebihBaik Sekarang. Kecenderungan anak milenials yang asik dibelakang meja sambil berselancar di dunia maya membuat anak masa kini dihinggapi rasa malas untuk bergerak. Ditambah lagi dengan adanya pergeseran gaya hidup saat ini, yang semua serba praktis membuat kaum milenials semakin jarang untuk bergerak dan cenderung abai untuk berolahraga. Kesibukan dan mudahnya akses kesegala lini kehidupan akibat perkembangan teknologi digital dan informasi, menjadikan kaum milenials melupakan pentingnya menjaga kesehatan dengan rutin berolahraga.

Elin Waty, Presiden Direktur Sun Life Financial Indonesia menyampaikan data Riskesdas 2018 yang menunjukkan bahwa angka prevalensi kelebihan berat badan (overweight) pada generasi produktif Indonesia (usia di atas 18 tahun) mengalami peningkatan, dari 11,3% pada 2013, menjadi 13,6% pada 2018. Peningkatan juga terjadi pada prevalensi obesitas, dari 14,8% di 2013 menjadi 21,8% di 2018. 

Fakta tersebut sejalan dengan hasil riset Sun Life Financial Asia Health Index yang menemukan bahwa profesional muda di Asia saat ini terancam masuk dalam kategori ‘Generasi O’ – yang terlalu banyak bekerja (overworked), banyak makan tidak sehat (overeating) dan hidup makin kewalahan (overwhelmed). Berangkat dari kepedulian terhadap kesehatan generasi masa kini, dihelatlah ajang kompetisi lari Sun Life Resolution Run 2019. Tujuannya yaitu untuk mengajak masyarakat mengambil langkah pertama dalam menerapkan gaya hidup sehat, sebagai resolusi penting dalam mengawali tahun yang baru. Kegiatan ini sekaligus mempertegas komitmen perusahaan dalam mendukung terciptanya generasi Indonesia yang lebih sehat, baik secara fisik, maupun finansial.

Mak yakin resolusi terbayak yang dibuat pada tahun 2019 ini adalah hidup lebih sehat. Mak bisa bilang begini karena seringkali mendengar komentar dari beberapa teman yang bercerita bahwa salah satu resolusi mereka pada tahun ini adalah hidup lebih sehat. Nah, Sun Life pun menyadari akan adanya resolusi ingin hidup lebih sehat ini dan mencoba mengajak masyarakat bukan hanya sekedar membuat resolusi saja tapi benar-benar menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Selaras dengan pernyataan Ibu Elinwati mengenai pentingnya menjaga kesehatan dan berolahraga, Dr. Grace Joselini, selaku Dokter Timnas Sepakbola Wanita Indonesia ASIAN GAMES 2018, dalam press conference ini juga menjelaskan bahwa aktivitas fisik yang dilakukan secara teratur dapat membantu mengurangi risiko terhadap beberapa penyakit terutama Penyakit Tidak Menular yang menjadi penyebab kematian di Indonesia dan dapat meningkatkan kondisi kesehatan serta kualitas hidup secara menyeluruh.

Sebagai langkah awal, olahraga mendasar seperti lari (running) dapat dijadikan pilihan yang tepat. Olahraga lari jika dilakukan secara rutin, dengan intensitas sedang hingga tinggi (3-5 kali per minggu) dapat membantu mencegah obesitas, meningkatkan kebugaran tubuh, hingga akhirnya berdampak pada kualitas produktivitas.

Faktanya, minat masyarakat terhadap olahraga lari juga sangat tinggi. Berdasarkan hasil riset Sun Life Financial Asia Health Index di 2016/17, 60% responden memilih melakukan olahraga lari, dibanding jenis olahraga lainnya. Hal ini juga dibuktikan dengan catatan jumlah kompetisi lari yang digelar di Indonesia sepanjang 2018 mencapai lebih dari 340 kompetisi.

Dr. Grace menambahkan, ajang kompetisi juga dapat dimanfaatkan untuk memupuk semangat dan motivasi berolahraga karena dilakukan secara bersama-sama serta dapat membantu memacu diri untuk terus berlatih. Bagi para peserta kompetisi lari, tiga hal penting yang perlu diperhatikan untuk meraih hasil yang maksimal pada saat berkompetisi dan di luar kompetisi, antara lain: menjaga asupan yang sesuai, mengenali kondisi diri, serta melakukan latihan secara rutin. Dan harus menggunakan sepatu lari yang sesuai dengan bentuk kakinya untuk menghindari kemungkinan resiko cedera.

Tak kalah penting juga untuk memilih pakaian lari yang sesuai dan nyaman untuk menghindari dehidrasi pada saat melakukan olahraga lari. Perlu juga diingat bahwa menjalani pola hidup sehat bukan sekedar mampu menyelesaikan kompetisi dengan baik, namun merupakan komitmen berkelanjutan yang membutuhkan kesinambungan antara aktivitas fisik rutin dengan aspek kesehatan lain seperti pola makan yang sehat, serta istirahat yang cukup.

Sepertinya masalah pola makan yang sehat dan istirahat yang cukup juga menjadi masalah untuk diri mamak pribadi. Ditambah dengan malas berolahraga. *Fixed lah, Dok. 2019 mamak harus lebih rajin bergerak xixixi.* Dr. Grace juga menjelaskan jika terjadi bengkak atau cidera pada saat melakukan olahraga, jangan pernah diurut karena nanti akan membuat peradangan akan semakin parah. Langkah yang paling tepat adalah berkonsultasi dengan ahlinya. Untuk mencegah cidera pada saat berolahraga, sebaiknya melakukan pemanasan yang benar dan tepat.

Penjelasan Dr. Grace mengenai olahraga lari, dilengkapi tips yang diberikan oleh Ibnu Jamil. Ibnu Jamil mengatakan bahwa sebaiknya sejak sebulan sebelum kompetisi lari, hendaknya telah memakai sepatu yang akan dipakai pada saat lomba. Tujuannya supaya pada saat kompetisi berlangsung, kaki sudah terbiasa dengan sepatu yang dipakainya. Latihan harus dilakukan sekurang-kurangnya tiga bulan sebelum kompetisi. Ibnu Jamil juga mengingatkan pentingnya minum air yang cukup dan mengonsumsi makanan dengan asupan gizi yang tepat untuk tubuh seorang pelari.

Pada kesempatan yang sama hadir pula Kelly Tandiono, artis dan peragawati yang kerap kali mengikuti berbagai ajang kompetisi lari, internasional maupun skala nasional. Pada gelaran Sun Life Resolution Run 2019 ini, Kelly Tandiono akan ikut berpartisipasi dalam ajang kompetisi tersebut.

Shierly Ge, Chief Marketing Officer Sun Life Financial Indonesia, pada acara press conference tersebut, menambahkan bahwa Sun Life Resolution Run 2019 dapat menjadi momentum yang pas untuk memulai resolusi hidup yang lebih sehat. Melalui kegiatan ini, Sun Life juga ingin mengajak dan memotivasi berbagai generasi untuk mencapai resolusi yang mereka tetapkan, karena resolusi lebih dari sekedar komitmen, ini tentang melakukan aksi nyata.


Sun Life Resolution Run Indonesia 2019
Sun Life Resolution Run sendiri telah menjadi agenda tahunan yang diadakan oleh Sun Life di 5 negara di Asia yaitu Filipina, Hong Kong, Malaysia, Indonesia dan Vietnam. Khusus di Indonesia, ini adalah gelaran pertama. Sun Life Resolution Run akan melombakan 3 kategori, yaitu: 5K, 10K dan Family Run 1.5K. Selain menjadi ajang perwujudan resolusi untuk diri sendiri, Sun Life Resolution Run 2019 juga mengajak pesertanya untuk ambil bagian dalam gerakan kolektif untuk melawan diabetes. FYI nih, seluruh biaya pendaftaran yang dibayarkan peserta, semuanya akan didonasikan untuk mendukung edukasi dan peningkatan kualitas hidup para penderita diabetes di Indonesia. Jadi bukan hanya sekadar kompetisi lari saja. Sepertinya belum pernah ada yah kompetisi lari yang juga menjadi ajang donasi.


Ibnu Jamil




Komentar

  1. Seru kayaknya bisa ikut lari di event seperti ini. Bukan lari biasa. Apalagi Ada Kelly Tandiono model mentor favorite

    BalasHapus
  2. wih si emak, suka stalkin2 akun artis juga, hehehe.. btw bener bgt mak, sekarang tuh banyakan duduknya interaksi sama gadget, bagus nih ada kegiatan kayak gini

    BalasHapus
  3. Habis baca tulisan ini.. coba menguatkan keinginan dan mlaksanakan olahraga rutin 🙈

    BalasHapus
  4. Hooo aku pengen rutin lari masih belum juga. Baca ini jadi terinspirasi.

    BalasHapus
  5. Keren ni acaranya mba, biar sehat warga Indonesia, dakuw umur 38 gini, ngga kuat lari bisanya jalan santai aja deh sama ikutin senam di tipi hihi

    BalasHapus
  6. Ketahuan nih suka stalkingin akun Babang Syaiful haha.
    Resolusi sehat emang gampang diucapkan tapi susah diwujudkan ya hahaha. Mumpung awal tahun emang kudu segera diwujudkan ya. Lomba larinya kmrn kyknya sukses besar yaa.

    BalasHapus
  7. Keren ini Sun Life selalu mengkampanyekan kesehatan dan olah tubuh. Pola hidup pasif memang lagi marak dan menyebabkan obesitas dan penyakit lainnya. Sosialisasi Sun Life sangat tepat dilakukan.

    BalasHapus
  8. Segala macam penyakit saat ini sangat menghantui masyarakat. Olahraga dan gaya hidup sehat sangat penting agar kita bisa menjaga dan merawat diri dari berbagai penyakit itu. Sosialisasi ini bagus banget. Mengajak masyarakat aktif olahraga, yang mudah dilakukan salah satunya lari y

    BalasHapus
  9. Wah acara seru jd mengingatkan utk olah raga dan gaya hidup sehat nih..ada acara pemberian donasi pula..mantul.

    BalasHapus
  10. Waduh ada Bang Seno. Bikin kepengen ikutan event larinya deh. Btw, medalinya cakeeeep.

    BalasHapus
  11. Aku baru sekali ikutan acara fun run, jadi pingin coba lagi tapi yg lebih serius biar bisa dapet hadiah~ tapi kebersamaan pas lari itu ga kalah bikin bahagia ^^

    BalasHapus
  12. Keren nih Sun Life Resolution Run Indonesia mengaj as k maayarakat aktif bergerak demi hidup yang lebih sehat. Jadi terpacu untuk rajin berolahraga juga supaya tidak obesitas atau terkena penyakit lainnya.

    BalasHapus
  13. Jadi malu sama diri sendiri. Lari pagi hanya wacana. Seperti ditampar baca artikel ini :(( Harus semangat nih memulai olahraga (apapun itu) sebelum terlambat :)

    BalasHapus
  14. Senangnya bisa ijut evem ini. Selain dapat ilmu, kita juga bisa terinspirasi berprilaku hidup sehat. Semoga makin banyak orang yang mau berolahraga untuk menjaga kesehatan.

    BalasHapus
  15. Senangnya bisa ijut evem ini. Selain dapat ilmu, kita juga bisa terinspirasi berprilaku hidup sehat. Semoga makin banyak orang yang mau berolahraga untuk menjaga kesehatan.

    BalasHapus
  16. Event lari awal tahun yang sangat inspiratif, mengajak masyarakat indonesia untuk mewujudkan resolusi hidup sehatnya sekaligus berdonasi untuk penderita penyakit diabetes di Indonesia.. acara yang sangat inspratif dari Sun Life Indonesia untuk memulai langkah awal tahun menuju lebih baik lagi ya..

    BalasHapus
  17. Itu Ibnu Jamil atau ibnu jail siy? Kliatan kayak jail banget ya orangnya...pecicilan. Cocok sama emak ya. Tempel terus, maaakk....

    BalasHapus
  18. Keren banget acara yang di usung sama sunlife ini
    mengingatkan lagi utk terapin gaya hidup sehat karena toh banyak banget manfaatnya. Ibnu Jamil terakhir belakangan ini memang lagi rutin berkecimpung dengan hal mengenai olahraga

    BalasHapus
  19. Mulai dari diri sendiri, olahraga untuk menjaga stamina tubuh. dan yang paling mudah adalah olahraga lari. eventnya menarik...

    BalasHapus
  20. Hidup sehat tercapai kalau jiwa dan raga seimbang ya, mak Dew 😃👍 Makanya butuh asupan makanan bergizi dan tentu rutin berolahraga. Tapi aku ga biasa OR lari wkwkwkw paling cocoknya famoly tun yg 1,5 km. Tapi boleh juga yg 10 km hihihi.. Event Sun Life ketjeh bingits ya.

    BalasHapus
  21. Gaya hidup sehat menurutku memang harus disosialisasikan buat anak muda nih mba. Jadi mereka terbiasa untuk gaya hidup sehat :)

    BalasHapus
  22. Keren ya acaranya... ngga cuma lari, tapi juga berdonasi. Semoga event kayak gini makin banyak yaa...

    BalasHapus
  23. Wiiww, banyak juga ya mak pesertanya sampe seribuan lebih.. Ternyata udah diadain di negara-negara lain juga yes, kereeenn.. Aku kayaknya kalo taun depan ikut pingin yang family run 1,5K dulu.. wkwkwk.. Pingin sih mulai lari tapi maju mundur terus nih, palingan jogging aja kalo wiken di UI. Itu juga gak terlalu rutin sih.. Gimana maak rasanya foto sama abang tamvan? Uhuuy.. :D

    BalasHapus
  24. Semoga acara ini berlanjut terus ya.. dan Makin semangat banyak orang until hidup sehat

    BalasHapus
  25. Aku yang paling hati2 saat lari itu pilih pakaian yang nyaman dan bahan yang emang menyerap keringat. Pernah dong aku ikutan walkathon dari kantor suamiku pas CFD dan karena panas dan berkeringat aku langsung alergi. Badan aku gatel2 dan bentol2 besar sampai meriang. Ternyata pas diperiksa dokter penyebabnya adalah pakaian yang aku pakai saat lari. huhuhu.

    BalasHapus
  26. Event yang bakalam memotivasi kita nih buat selalu berolahraga ya. Kalo ikut kompetisi kan lebih semangat..

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Astra Financial Sponsor Utama GIIAS 2019

Belanja Asik Di Giant Dengan Harga Teman

Pemeriksaan Prodia Prosafe NIPT, Deteksi Dini Kelainan Kromosom Pada Bayi