Kiprah Mineski di Industri Esports Indonesia

MET Events
Sebagai orang tua yang hidup di era revolusi industri 4.0, mamak merasa perlu untuk mengetahui apa yang sedang digandrungi oleh anak "jaman now" saat ini. Salah satu hal yang sangat menyita perhatian anak jaman now adalah Esports atau games online. Untuk mamak yang besar di era tahun 80-90'an, sebutan atau kata Esports aja terasa terdengar kurang familiar. Apalagi terlintas jika games bisa jadi sebuah industri yang mendatangkan keuntungan luar biasa. Duuh enggak nyampai sepertinya di logika emak wkwkwkwk.

Wajar banget kan kalau mamak takjub sekaligus terperanjat dengan fakta yang menunjukkan bahwa di dunia, games telah menjelma menjadi industri yang sangat menguntungkan. Dan hal ini terjadi pula di tanah air tercinta. Di Indonesia, industri Esports atau games berkembang dengan sangat pesat sejalan dengan perkembangan teknologi digital. 

Pesatnya perkembangan Esports yang terjadi inilah yang mendorong Mineski sebagai salah satu organisasi Esports terbesar di Asia Tenggara memutuskan untuk melakukan ekspansi ke Indonesia. Mineski bertujuan membawa ekosistem Esports Indonesia ke tahapan yang lebih maju lagi dan memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi pelaku Esports tanah air. Kesempatan yang akan diberikan Mineski tersebut mencakup kompetisi, infrastruktur serta dukungan untuk para gamers. Sekarang ini, Mineski mempunyai tiga cabang bisnis utama yaitu Mineski Infinity, MET dan Mineski Professional Team.

Berdasarkan laporan Newzoo pada tahun 2017, Indonesia menempati posisi ke-16 di daftar negara dengan pasar game terbesar. Total pendapatan bangsa ini dari gamers pun cukup mengejutkan. Mamak sebagai orang yang enggak ngerti mengenai seluk beluk dunia gamers di Indonesia terbelalak kaget saat mengetahui bahwa total pendapat yang diperoleh dari industri gamers mencapai USD 897 juta. Sungguh angka yang fantastis. Mamak mengetahui hal tersebut pada saat menghadiri acara MET Event pada awal Desember lalu di Hotel Pullman, Jakarta.

Kiprah Mineski di Indonesia


Agustian Hwang, Country Manager MET Indonesia
Dalam acara MET Event tersebut, Agustian Hwang, Country Manager MET Indonesia mengatakan bahwa Mineski akan berupaya untuk dapat meningkatkan standar industri Esports di Indonesia. MET berencana untuk menyelenggarakan event-event raksasa di Indonesia yaitu Garuda Cup, Indonesia Professional Gaming League (IPGL), dan Jakarta Masters. Jakarta Masters, yang termasuk dalam rangkaian The Masters, diadopsi dari event Manila Masters di Filipina. Pada tahun 2019, MET berencana untuk mengadakan event tersebut di dua negara, salah satunya Indonesia.

Untuk menciptakan ekosistem Esports yang tak terbatas, Mineski bersinergi dengan Telkomsel, Tencent, GO-JEK dan Tokopedia. 
Auliya Ilman Fadli, General Manager Games And Apps Telkomsel mengungkapkan bahwa pelanggan Telkomsel yang memberikan pendapatan tertinggi berasal dari segmen gaming yang mencapai 34 persen dengan lebih dari 60 juta pelanggan memainkan game di ponsel mereka setiap bulannya. Untuk industri game, pangsa pasar Telkomsel di Indonesia mencapai lebih dari 22 persen. Mineski dan Telkomsel berupaya bersama-sama untuk membangun ekosistem digital lifestyle bagi masyarakat Indonesia.

Bukan hanya bekerjasama dengan Telkomsel, Mineski juga bermitra dengan Tokopedia untuk mewujudkan tujuannya memberikan kehidupan yang lebih baik bagi pelaku industri Esports tanah air. VP of Engineering Tokopedia, Herman Widjaja menyatakan bahwa Tokopedia memiliki kegiatan serupa seperti turnamen yaitu ‘Tokopedia Battle of Friday’ yang sejalan dengan tujuan kemitraan antara Tokopedia dan Mineski untuk memajukan industri kreatif Esport di Indonesia.

Mineski mencoba mengembangkan tim gaming profesional tanah air supaya dapat menjadi besar. Saat ini, Mineski dikenal memiliki tim Esports terbaik di berbagai game seperti League of Legends, CS:GO, DOTA 2. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa Mineski disebut sebagai tim Esports primer dunia. Ternyata, enggak cuma gaming saja, di Indonesia, Mineski juga mengembangkan cybercafe melalui Mineski Infinity. 

Mineski Infinity telah memiliki 150 cabang yang tersebar di berbagai negara di kawasan Asia Tenggara seperti di Thailand, Malaysia, Filipina dan Indonesia. Khusus di Indonesia, Mineski fokus mencurahkan perhatiannya pada dua bisnis utama yaitu Mineski Infinity dan MET sejak kehadirannya pada April 2017. Di Indonesia, Minesky Infinity memiliki tiga cabang yang berada di Jakarta dan Bandung untuk memenuhi kebutuhan gamers dan komunitas Esports di Indonesia. 

MET yang merupakan salah satu lini usaha dari Mineski, memiliki dua produk utama yaitu MET Events dan MET Entertainment. MET Events telah mengadakan lebih dari 20 event Esports skala nasional dan internasional. Mamak yakin ini, masih segelintir orang saja yang tahu kalau Mineski Entertainment mempunyai MineskiTV Indonesia yang telah menayangkan lebih dari 500 jam konten live streaming yang telah ditonton jutaan orang. 

MET Entertainment juga berupaya untuk memberikan support pada talenta muda yang memiliki potensi dalam bidang games agar dapat lebih berkembang dan sejajar dengan para gamers luar negeri. So, kalian yang memiliki kemampuan luar biasa dalam dunia Esports tak perlu berkecil hati dan harus semakin yakin dengan masa depan industri Esports di tanah air. Tetap semangat dan terus fokus menekuni industri Esports bersama Mineski.






Komentar