Kamis, 27 Desember 2018

Kado Akhir Tahun MNC Vision, Penghibur Hati Yang Berduka

Selamat Datang 2019

Tak terasa tahun 2018 akan segera berakhir. Seminggu lagi jika Tuhan memberi umur panjang, kita akan jelang 2019. Pastinya telah banyak hal yang terjadi dan kita lalui di tahun 2018 ini. Suka duka tumplek plek jadi satu. Silih berganti datang. Persis yang mamak rasakan dipenghujung tahun ini. Tahun 2018 terpaksa harus diisi dengan kesedihan mendalam karena beberapa kerabat dekat menjadi korban Tsunami Selat Sunda. Tahun 2018 benar-benar menjadi tahun yang lengkap bagi mamak. Tahun kebahagiaan sekaligus kesedihan. Tawa tangis menyapa silih berganti.

Hidup ini memang penuh misteri. Apalagi jika menyangkut masa depan atau hari besok. Enggak ada yang tahu apa yang akan terjadi sepuluh menit kedepan, dua puluh menit atau sehari kedepan. Saat ini, mungkin kita masih bisa tertawa penuh bahagia tapi tak ada yang dapat menjamin apakah 5 atau 10 menit mendatang, tawa itu masih mengukir bibir kita.

2018 yang akan berakhir, disatu sisi menjadi tahun produktif untuk mamak. Namun, di sudut yang lain, menjadi tahun yang menorehkan duka cukup dalam. Kehilangan tak kan pernah terasa menyenangkan. Meski demikian selalu ada pelajaran dari arti kehilangan. Sama seperti pergantian akhir tahun, kita dipaksa untuk berkata selamat tinggal 2018 dan beralih pada selamat datang 2019. Walau terkadang hati kecil ini teriak "aku lebih senang 2018 tak berakhir". Tapi inilah hidup,terus berjalan dan biarkan mengalir.

Banyak cara untuk menikmati libur akhir tahun walau hati diliputi duka. Tak melulu sorak sorai kegembiraan pesta, cukup menikmati layanan spesial yang dipersembahkan oleh TV berlangganan, seperti MNC Vision contohnya. 

Kado Akhir Tahun Dari MNC Vision, Pengobat Hati Duka


Kado Akhir Tahun MNC Vision
Ngomongin MNC Vision , mamak langsung teringat salah satu channel televisi swasta yang ada di negeri ini. Salah satu saluran televisi kebanggaan bangsa ini, MNC Plus. 

Pergantian tahun biasanya identik dengan libur Natal dan Tahun Baru. TV berlangganan ini menawarkan kado akhir tahun MNC Vision yang pastinya akan membuat acara seru bareng bersama keluarga dan orang tersayang akan semakin berkesan. Di penghujung tahun ini, mamak memang berduka namun mamak tak kuasa menolak untuk  ciptakan momen seru bareng MNC Vision. Gimana coba mamak bisa menolak ajakan seru bareng MNC Vision jika yang disodorkan oleh MNC Vision untuk para pelanggan setianya adalah deretan benefit menggiurkan seperti memberikan keistimewaan gratis 3 bulan tayangan dan juga free internet selama 3 bulan untuk para pelanggan yang berlangganan paket Super Bundle.

Salah satu Kado Akhir Tahun MNC Vision
Oh ya keistimewaan ini dapat diperoleh jika pelanggan melakukan pembayaran secara advance payment atau 1 tahun sekaligus yang dibayar terlebih dulu. Tawaran menggoda MNC Vision tak berhenti sampai situ saja. Jika pelanggan setia MNC Vision ingin menikmati liburan keluar rumah dan refreshing, TV berlangganan ini menghadirkan promo MNC Vision  Priority. Apa sih kehebatan MNC Vision Priority ini? Wuihhh ternyata banyak loh. MNC Vision Priority menghadirkan diskon sampai 50% untuk berbagai merchant menarik yang bekerjasama dengan MNC Vision. Termasuk diskon hingga 50% untuk hotel, restoran dan tempat wisata. 

Satu hal yang membuat mamak sangat berkesan dengan Kado Akhir Tahun Dari MNC Vision adalah TV berlangganan ini memikirkan liburan yang tetap berkesan bagi anak-anak namun tak membuat anak-anak lupa akan kewajibannya yaitu belajar. MNC Vision memberikan diskon 50% untuk berlangganan channel besmart, channel bimbingan belajar pertama di Indonesia. Besmart menyuguhkan tayangan edukatif namun tetap ada sisi menghiburnya yang disesuaikan pula dengan kurikulum nasional kelas 4-6 Sekolah Dasar. Anak-anak dapat dengan nyaman belajar tanpa perlu keluar rumah. Harus dicatat nih kalau penawaran ajib ini hanya berlaku sampai tanggal 31 Desember 2018.

Promo berlangganan besmart
MNC Vision juga memberikan kesempatan bagi keluarga Indonesia yang belum berlangganan MNC Vision untuk mendapatkan penawaran menarik berupa free ala carte dan free Open All Channel sampai 4 bulan yang disesuaikan dengan paket berlangganan. Dan pelanggan baru nih akan memperoleh keistimewaan berupa free biaya instalasi atau pemasangan. Promo menarik ini berlaku selama periode 18 Desember 2018 sampai 6 Januari 2019.

Kado Bermanfaat dari MNC Vision
Banyak banget keuntungan yang dapat mamak nikmati dengan berlangganan MNC Vision. Mamak enggak perlu keluar rumah jika ingin menonton film-film seru yang ditawarkan oleh MNC Vision. Apalagi MNC Vision memiliki banyak channel unggulan. Dengan kondisi mamak saat ini, berada di rumah sambil menikmati hiburan menarik yang ada di MNC Vision merupakan cara terbaik dalam mengisi liburan akhir tahun. Walaupun tak bisa pergi ke tempat wisata, seru-seruan bareng bersama MNC Vision akan tetap memberikan sensasi liburan yang tak kalah mengasyikkan. Mamak yakin banget nih kalau kado akhir tahun persembahan MNC Vision ini akan mampu menjadi obat penawar hati yang sedang berduka dan sedih. Selamat libur akhir tahun semua dan selamat datang 2019.

Hadiah Spesial dari MNC Vision

Rabu, 19 Desember 2018

Kiprah Mineski di Industri Esports Indonesia

MET Events
Sebagai orang tua yang hidup di era revolusi industri 4.0, mamak merasa perlu untuk mengetahui apa yang sedang digandrungi oleh anak "jaman now" saat ini. Salah satu hal yang sangat menyita perhatian anak jaman now adalah Esports atau games online. Untuk mamak yang besar di era tahun 80-90'an, sebutan atau kata Esports aja terasa terdengar kurang familiar. Apalagi terlintas jika games bisa jadi sebuah industri yang mendatangkan keuntungan luar biasa. Duuh enggak nyampai sepertinya di logika emak wkwkwkwk.

Wajar banget kan kalau mamak takjub sekaligus terperanjat dengan fakta yang menunjukkan bahwa di dunia, games telah menjelma menjadi industri yang sangat menguntungkan. Dan hal ini terjadi pula di tanah air tercinta. Di Indonesia, industri Esports atau games berkembang dengan sangat pesat sejalan dengan perkembangan teknologi digital. 

Pesatnya perkembangan Esports yang terjadi inilah yang mendorong Mineski sebagai salah satu organisasi Esports terbesar di Asia Tenggara memutuskan untuk melakukan ekspansi ke Indonesia. Mineski bertujuan membawa ekosistem Esports Indonesia ke tahapan yang lebih maju lagi dan memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi pelaku Esports tanah air. Kesempatan yang akan diberikan Mineski tersebut mencakup kompetisi, infrastruktur serta dukungan untuk para gamers. Sekarang ini, Mineski mempunyai tiga cabang bisnis utama yaitu Mineski Infinity, MET dan Mineski Professional Team.

Berdasarkan laporan Newzoo pada tahun 2017, Indonesia menempati posisi ke-16 di daftar negara dengan pasar game terbesar. Total pendapatan bangsa ini dari gamers pun cukup mengejutkan. Mamak sebagai orang yang enggak ngerti mengenai seluk beluk dunia gamers di Indonesia terbelalak kaget saat mengetahui bahwa total pendapat yang diperoleh dari industri gamers mencapai USD 897 juta. Sungguh angka yang fantastis. Mamak mengetahui hal tersebut pada saat menghadiri acara MET Event pada awal Desember lalu di Hotel Pullman, Jakarta.

Kiprah Mineski di Indonesia


Agustian Hwang, Country Manager MET Indonesia
Dalam acara MET Event tersebut, Agustian Hwang, Country Manager MET Indonesia mengatakan bahwa Mineski akan berupaya untuk dapat meningkatkan standar industri Esports di Indonesia. MET berencana untuk menyelenggarakan event-event raksasa di Indonesia yaitu Garuda Cup, Indonesia Professional Gaming League (IPGL), dan Jakarta Masters. Jakarta Masters, yang termasuk dalam rangkaian The Masters, diadopsi dari event Manila Masters di Filipina. Pada tahun 2019, MET berencana untuk mengadakan event tersebut di dua negara, salah satunya Indonesia.

Untuk menciptakan ekosistem Esports yang tak terbatas, Mineski bersinergi dengan Telkomsel, Tencent, GO-JEK dan Tokopedia. 
Auliya Ilman Fadli, General Manager Games And Apps Telkomsel mengungkapkan bahwa pelanggan Telkomsel yang memberikan pendapatan tertinggi berasal dari segmen gaming yang mencapai 34 persen dengan lebih dari 60 juta pelanggan memainkan game di ponsel mereka setiap bulannya. Untuk industri game, pangsa pasar Telkomsel di Indonesia mencapai lebih dari 22 persen. Mineski dan Telkomsel berupaya bersama-sama untuk membangun ekosistem digital lifestyle bagi masyarakat Indonesia.

Bukan hanya bekerjasama dengan Telkomsel, Mineski juga bermitra dengan Tokopedia untuk mewujudkan tujuannya memberikan kehidupan yang lebih baik bagi pelaku industri Esports tanah air. VP of Engineering Tokopedia, Herman Widjaja menyatakan bahwa Tokopedia memiliki kegiatan serupa seperti turnamen yaitu ‘Tokopedia Battle of Friday’ yang sejalan dengan tujuan kemitraan antara Tokopedia dan Mineski untuk memajukan industri kreatif Esport di Indonesia.

Mineski mencoba mengembangkan tim gaming profesional tanah air supaya dapat menjadi besar. Saat ini, Mineski dikenal memiliki tim Esports terbaik di berbagai game seperti League of Legends, CS:GO, DOTA 2. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa Mineski disebut sebagai tim Esports primer dunia. Ternyata, enggak cuma gaming saja, di Indonesia, Mineski juga mengembangkan cybercafe melalui Mineski Infinity. 

Mineski Infinity telah memiliki 150 cabang yang tersebar di berbagai negara di kawasan Asia Tenggara seperti di Thailand, Malaysia, Filipina dan Indonesia. Khusus di Indonesia, Mineski fokus mencurahkan perhatiannya pada dua bisnis utama yaitu Mineski Infinity dan MET sejak kehadirannya pada April 2017. Di Indonesia, Minesky Infinity memiliki tiga cabang yang berada di Jakarta dan Bandung untuk memenuhi kebutuhan gamers dan komunitas Esports di Indonesia. 

MET yang merupakan salah satu lini usaha dari Mineski, memiliki dua produk utama yaitu MET Events dan MET Entertainment. MET Events telah mengadakan lebih dari 20 event Esports skala nasional dan internasional. Mamak yakin ini, masih segelintir orang saja yang tahu kalau Mineski Entertainment mempunyai MineskiTV Indonesia yang telah menayangkan lebih dari 500 jam konten live streaming yang telah ditonton jutaan orang. 

MET Entertainment juga berupaya untuk memberikan support pada talenta muda yang memiliki potensi dalam bidang games agar dapat lebih berkembang dan sejajar dengan para gamers luar negeri. So, kalian yang memiliki kemampuan luar biasa dalam dunia Esports tak perlu berkecil hati dan harus semakin yakin dengan masa depan industri Esports di tanah air. Tetap semangat dan terus fokus menekuni industri Esports bersama Mineski.






Kamis, 13 Desember 2018

Memiliki Anak Down Syndrome Bukan Akhir Segalanya

Persembahan untuk Ibu dengan Anak Down Syndrome
Ada banyak hal dalam hidup ini yang wajib kita syukuri setiap saat. Contoh kecilnya saja adalah kita diberi kesempatan untuk menjadi orangtua. Untuk mamak pribadi, diberikan kesempatan dan kepercayaan untuk menjadi orangtua bukan hanya sebuah hal yang wajib disyukuri tapi juga sebuah anugerah yang luar biasa yang diberikan Tuhan. Anak menjadi harapan masa depan sekaligus pelipur lara kala gundah dan lelah menyapa. Lantas apakah karunia yang telah Tuhan berikan itu akan berkurang maknanya saat DIA menitipkan anak "spesial" dengan kebutuhan khusus pada kita selaku orangtua? Hal ini bukanlah hal mudah untuk menjawabnya.

Mamak sendiri belum tentu langsung ikhlas menerima jika Tuhan menitipkan anak berkebutuhan khusus seperti anak Down Syndrome misalnya. Pasti diperlukan proses dan upaya yang luar biasa untuk dapat "berdamai" dengan kenyataan tersebut. Sebagai seorang ibu sekaligus manusia biasa, mamak pasti shock dan dilanda berbagai perasaan sedih, putus asa bahkan depresi menghadapi kenyataan tersebut. Namun, hidup ini bukanlah sesuatu yang layak untuk disia-siakan dan apapun yang Tuhan berikan pasti yang terbaik yang disiapkan untuk kita. Teorinya memang seperti itu namun pada kenyataannya tak semudah yang diteorikan. Kalian pasti bingung dan heran kenapa tiba-tiba mamak menyinggung tentang anak down syndrome dan bagaimana upaya orangtua ikhlas menerima kenyataan dan dapat menghadapinya.

Tarian oleh Anak Down Syndrome 

Pemikiran tersebut berawal dari kehadiran mamak pada tanggal 9 Desember 2018 dalam acara persembahan untuk ibu hebat yang diselenggarakan Potads dan BKKBN dalam rangka menyambut hari ibu pada tanggal 22 Desember mendatang. Potads adalah perkumpulan orangtua yang memiliki anak Down Syndrome. Pertamakali mamak memasuki ruangan acara, hati mamak langsung bergetar dengan pemandangan para orangtua dengan anak Down Syndrome yang saling berinteraksi dengan penuh bahasa kasih. Pantas saja acara tersebut bertajuk persembahan untuk ibu hebat karena memang ibu-ibu dari anak Down Syndrome ini sungguh luar biasa hebatnya. Mamak saja belum tentu sanggup berdiri tegar jika berada dalam posisi mereka.

Orangtua dan anak anak Down Syndrome
Sebelum mamak panjang lebar kali tinggi ngomongin tentang anak Down Syndrome, ada baiknya tau dulu apakah yang dimaksud dengan Down Syndrome.

Down Syndrome

Down Syndrome adalah kelainan kromosom genetik 21 yang menyebabkan keterlambatan perkembangan intelektual (kecerdasan) dan ciri fisik tertentu. Down Syndrome terjadi sejak masa awal kehidupan. Down Syndrome bersifat permanen dan tak dapat diobati.

Anak anak Down Syndrome

Tanda-tanda dan Gejala down Syndrome

Gejala-gejala umum dari Down Syndrome adalah:
1. Fitur wajah yang datar;
2. Memiliki ukuran kepala dan mulut kecil, leher pendek dan lidah yang terjulur;
3. Otot kurang terbentuk dengan sempurna;
4. Ada celah antara jari kaki pertama dan kedua;
5.Telapak tangan yang lebar dengan jari-jari yang pendek dan satu lipatan pada telapak;
6. Berat dan tinggi badan rendah dibanding rata-rata anak seusianya.

Anak Down Syndrome memerlukan penanganan dan perawatan khusus agar dapat hidup sehat, berprestasi dan mandiri. Memiliki anak dengan Down Syndrom bukan berarti akhir segalanya. Mamak tau mungkin ini seperti kalimat klise tapi pada saat mamak menghadiri acara persembahan untuk ibu hebat dari Potads ini, mamak melihat bagaimana semangatnya para ibu hebat untuk memberikan kehidupan yang terbaik untuk anaknya yang mengalami kondisi Down Syndrome. 

Anak Down Syndrome Dapat Mandiri dan Berprestasi

Psikolog Tika Bisono
Psikolog Tika Bisono pun mengungkapkan hal yang sama. Anak Down Syndrome dan anak tanpa Down Syndrome sesungguhnya sama aja. Sama-sama dapat memberikan ujian/masalah dan kebahagiaan bagi orang tuanya. Anak dengan Down Syndrome dapat hidup mandiri, berprestasi dan berkarya sama dengan anak-anak tanpa Down Syndrome hanya beda cara menanganinya saja. 

Anak dengan Down Syndrome sama berharganya dengan anak-anak tanpa Down Syndrome. Jadi jangan pernah katakan bahwa anak Down Syndrome adalah anak tidak normal karena anak tanpa Down Syndrome pun bisa jadi tidak normal. Tergantung perspektif dan dalam hal apa penilaian normal dan abnormalnya.

Mba Tika Bisono lebih lanjut lagi menjelaskan bahwa anak dengan Down Syndrome dapat pula diajarkan cara bersosialisasi dan berinteraksi dengan orang lain sama halnya dengan anak tanpa Down Syndrome. Untuk membentuk kemandirian pada anak Down Syndrome diperlukan kerjasama antara pasangan suami istri dan melibatkan saudara kandung dari anak Down Syndrome.

Zena dan PLT BKKBN
Mamak terkesima saat melihat penampilan dari seorang anak Down Syndrome yang bernama Zena. Dia dapat berkomunikasi dengan baik meski dengan kalimat terbata bata. Zena yang telah memasuki usia dewasa pun paham bagaimana bersikap dan bertindak ketika dirinya mengalami menstruasi. Bagi mamak hal ini sungguh sesuatu yg luar biasa dan membuktikan bahwa anak Down Syndrome sama saja dengan anak lainnya.

Mba Tika Bisono mengingatkan pada pasangan yang dianugerahi anak Down Syndrome agar tetap meluangkan waktu berduaan dan jangan hanya membahas tentang masalah si Down Syndrome saja. Karena dinamika kehidupan akan terus berjalan. Memiliki anak dengan Down Syndrome bukanlah sebuah beban. Namun lebih kearah peluang untuk menempa diri menjadi orangtua yang lebih ikhlas, sabar, tegar dan banyak bersyukur.




Rabu, 12 Desember 2018

Antiretroviral (ARV) Untuk Penderita HIV AIDS


Ada harapan untuk penderita HIV AIDS
Apa yang ada dalam benak kalian saat mendengar kata HIV AIDS? Pasti yang terlintas adalah penyakit mematikan. Pasti yang terpikir orang yang terinfeksi HIV AIDS akan cepat mati dan tak bisa diobati. Jika itu yang ada dalam benak kalian, pertanda kalian harus banyak membaca buku tentang HIV AIDS atau gali lebih dalam lagi mengenai penyakit seksual ini. Mamak pun baru memahami apa itu HIV dan apakah itu AIDS. HIV tidak sama dengan AIDS.

Terinfeksi HIV bukanlah berarti akhir dari hidup. Bukan pula pertanda sekarat atau tak bisa diobati. Mungkin belum banyak yang tau jika HIV bisa diobati. HIV bisa diobati tapi virus yang bersarang ditubuh tidak dapat dimatikan, namun dapat dibuat lemah sehingga penderita HIV tidak menjadi AIDS. Hidup dengan HIV berarti hidup dengan virus dalam tubuh dan tetap bisa menjalani kehidupan asalkan disiplin dan rutin minum obat.

Mamak masih ingat beberapa tahun lalu sempat berpikir kalau orang yang terinfeksi HIV ya pasti AIDS. Enggak boleh dekat-dekat apalagi berinteraksi dengan penderita HIV karena akan tertular. Dan pemikiran seperti itu ternyata keliru. Mamak pun ngga tau kalau HIV bisa diobati supaya tidak menjadi AIDS. Sebenarnya apakah HIV dan AIDS itu?

HIV dan AIDS

HIV atau Human Immunodeficiency Virus adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia sehingga tubuh tidak mampu lagi melindungi dari berbagai penyakit lain yang menyertainya. Terinfeksi HIV berarti ada virus yang menyerang dan melemahkan sistem pertahanan tubuh. Sedangkan AIDS atau Acquired Imuno Deficiency Syndrome adalah kumpulan dari gejala penyakit yang muncul akibat menurunnya sistem kekebalan tubuh yang disebabkan oleh HIV.

AIDS dapat terjadi 5-10 tahun sejak terinfeksi HIV jika tidak memulai pengobatan.
HIV dapat menular melalui hubungan seksual dengan orang yang terinfeksi HIV, menggunakan jarum bersama yang terkontaminasi HIV seperti alat suntik, alat tindik dan alat tatto. HIV juga dapat ditularkan dari ibu yang terinfeksi HIV ke bayi yang dikandungnya. Penularan dapat terjadi selama kehamilan, pada saat melahirkan dan saat menyusui. Tapi hal ini dapat dicegah atau diupayakan agar sianak tidak ikut terinfeksi HIV jika si ibu yang terinfeksi HIV minum obat secara teratur sebelum kehamilan terjadi. Karena faktanya ada ibu yang terinfeksi HIV tetapi anaknya negatif HIV.
HIV dapat tertular melalui transfusi darah dan produk lainnya yang terkontaminasi HIV.

Yang mesti diingat nih HIV tidak menular melalui penggunaan toilet bergantian, bertukar pakaian, berbagi makanan atau minuman, berenang disatu kolam yang sama, gigitan nyamuk, keringat, tinggal serumah, bersalaman atau berjabat tangan dan berciuman atau mencium orang lain. Nah tuh sudah mamak jelaskan tentang HIV AIDS dan cara penularannya, jadi enggak usah khawatir lagi untuk bersosialisasi dengan penderita HIV. Mamak bisa menjelaskan seperti ini setelah mendapatkan pemaparan dan penjelasan yang cukup lengkap mengenai HIV AIDS dalam acara Seminar HIV AIDS dalam rangka memperingati hari AIDS sedunia pada tanggal 5 Desember yang lalu di gedung Kementerian Kesehatan RI Jakarta.

Pencegahan HIV AIDS dapat dilakukan dengan cara tidak melakukan hubungan seks beresiko, bersikap saling setia pada pasangan sah, melakukan hubungan seks yang aman dan menggunakan kondom, menghindari penggunaan jarum suntik tidak steril secara bergantian dan mencari informasi yang tepat dan benar mengenai HIV AIDS. Informasi seputar HIV AIDS dapat diperoleh di layanan kesehatan terdekat. Di puskesmas pun sudah tersedia layanan informasi seputar HIV AIDS.


Kalian mungkin bertanya-tanya yah bagaimana sih mengetahui kalau seseorang telah terinfeksi HIV? Untuk mengetahui apakah telah terinfeksi HIV adalah dengan melakukan pemeriksaan darah/tes HIV di layanan kesehatan yang menyediakan layanan tes HIV. Sebaiknya nih seseorang yang memiliki resiko tinggi terinfeksi HIV hendaknya melakukan tes HIV untuk mengetahui apakah dirinya terinfeksi virus HIV atau tidak. Jika sudah terbukti secara medis telah terinfeksi HIV harus melakukan pengobatan supaya mencegah AIDS. Pengobatan yang dilakukan adalah dengan Antiretroviral (ARV).

HIV Bukanlah Skak Mat, Lemahkan HIV dan Cegah AIDS dengan Minum ARV Secara Rutin dan Disiplin


ARV atau Anti Retroviral adalah obat bagi ODHA (Orang Dengan HIV AIDS) untuk mengendalikan pertumbuhan jumlah HIV dalam tubuh agar tidak terkena infeksi opurtunistik sehingga penderita HIV AIDS dapat hidup sehat dan berprestasi, sama seperti orang yang tidak terinfeksi HIV. Orang dengan HIV AIDS dapat tetap berkarya dan produktif asalkan dia mengonsumsi ARV seumur hidup. Karena itu penting banget bagi penderita HIV untuk patuh dan disiplin minum ARV.

ARV Untuk Melemahkan HIV
Manfaat yang akan didapat oleh seorang penderita HIV dengan minum obat ARV secara disiplin seumur hidup, yaitu:
1. Seorang penderita HIV akan merasa sehat jika dia disiplin minum ARV. Dengan disiplin minum ARV maka seorang penderita HIV tidak mudah sakit dan akan tetap dapat melakukan aktivitas seperti biasa;
2. ARV menghambat perkembangan dan melemahkan virus HIV;
3. Minum ARV secara teratur dan disiplin seumur hidup akan membuat jumlah sel CD4 meningkat. Sel CD4 adalah sel dalam sistem kekebalan tubuh yang dapat melawan infeksi. Infeksi HIV membuat jumlah sel CD4 menurun dan hal ini membuat orang yang terkena HIV akan mudah terkena infeksi lainnya akibat penurunan kekebalan tubuh. Kondisi seperti inilah yang membuat HIV bertambah dengan AIDS;
4. Minum ARV secara teratur dan disiplin akan membuat jumlah virus menjadi tidak terdeteksi sehingga orang dengan HIV dapat merencanakan kehamilan dan melahirkan bayi tanpa HIV. Selain itu yang tak kalah penting yaitu penderita HIV dapat hidup dengan nyaman tanpa kekhawatiran menularkan pada orang terdekatnya.

ARV dapat memperpanjang masa sehat penderita HIV sehingga tidak mudah jatuh kekondisi AIDS. Obat ini tersedia gratis untuk semua penderita HIV di Indonesia. HIV sama kog dengan penyakit kronis lainnya. Penyakit kronis yang lain seperti diabetes, jantung dan darah tinggi juga harus minum obat setiap hari secara teratur. Sama dengan penderita HIV.

Semakin jelas dong pemahaman kita mengenai apa itu HIV dan AIDS. Orang dengan HIV AIDS bukanlah orang yang harus kita hindari atau dijauhi. Tetapi malah sebaliknya. Kita harus mampu merangkul dan memberikan semangat untuk mereka agar dapat hidup sehat dengan minum obat ARV sesuai dosis, disiplin dan teratur seumur hidup. Penyakit HIV AIDS bukan penyakit kutukan seperti yang dipikirkan oleh segelintir orang yang sebenarnya tak tahu apakah itu HIV AIDS. HIV AIDS bukan pula penyakit yang tidak ada obatnya. ODHA dapat tetap berkarya dan hidup sehat jika disiplin minum obat ARV seumur hidup. Ingat ya. Di mana ada ARV, disitu ada jalan bagi penderita HIV AIDS untuk hidup sehat dan mencapai cita-cita dalam hidupnya. Terinfeksi HIV AIDS bukan berarti mati.

Upaya Percepatan Target Program STOP HIV AIDS











Sabtu, 08 Desember 2018

Mengenal Lebih Dekat Fintech Peer to Peer Lending di Indonesia


Tekhnologi digital membuat hidup semakin praktis dan mudah. Contohnya, saat ini kita dapat dengan mudah memesan barang kebutuhan melalui aplikasi online kapan saja dan dimana saja. Bukan hanya itu, jika ingin pergi ke suatu tempat, bisa dengan mudah memesan jasa transportasi online. Kalau yang terakhir ini sih, mamak sering memanfaatkan jasanya. Bukan hanya kemudahan dalam bidang transportasi dan jual beli online saja yang dapat kita peroleh berkat perkembangan tekhnologi digital, dibidang finansial pun banyak kemudahan yang dapat kita peroleh.

Pasti pernah dengar fintech dong? Fintech atau financial technologi adalah inovasi dalam jasa keuangan. Fintech mencakup beberapa sektor dan salah satunya adalah peer to peer lending atau yang lebih familiar dengan pinjaman online.

Di Indonesia, inovasi keuangan digital di sektor jasa keuangan diatur oleh Otoritas Jasa Keuangan atau OJK. Peraturan OJK yang mengatur finansial tekhnologi adalah Peraturan OJK Nomor 13/PJOK.02/2018. Dalam peraturan itu di antaranya disebutkan bahwa fintech wajib menerapkan prinsip dasar perlindungan konsumen. Yaitu, transparansi, perlakuan yang adil, keandalan, kerahasiaan dan keamanan data/informasi konsumen, dan penanganan pengaduan, serta penyelesaian sengketa konsumen secara sederhana, cepat dengan biaya terjangkau.

Di Indonesia cukup banyak fintech yang hadir dan tidak semua fintech yang ada itu bisa dipertanggungjawabkan loh. Hanya fintech yang terdaftar di OJK saja yang bisa dimintai pertanggungjawabannya karena terdaftar secara legal. Fintech peer to peer lending merupakan fintech yang memiliki jumlah terbanyak. Tercatat ada kurang lebih 73 fintech peer to peer lending atau pinjaman online yang terdaftar di OJK.

BloggerXFintechDay 2018


Mamak semakin mengenal seluk beluk fintech saat mengikuti acara BloggerXFintechDay di BSD beberapa waktu lalu. Dalam acara tersebut dipaparkan secara cukup mendetil apakah fintech itu terutama mengenai fintech peer to peer lending (p2p) atau yang lebih dikenal dengan pinjaman online.

Bapak Sunu Widyatmoko sebagai wakil dari Asosiasi FinTech Indonesia atau Avtech mengungkapkan bahwa fintech merupakan sebuah platform dan berbeda dengan bank. Fintech bersifat hanya mempertemukan dan memverifikasi data-data si calon peminjam. Pertumbuhan fintech di Indonesia sangatlah pesat. Tercatat ada 73 fintech yang terdaftar dalam OJK dengan pertumbuhan 440% hanya dalam jangka waktu 9 bulan saja. Uwow banget kan?

Pertumbuhan fintech yang sangat pesat ini dikarenakan fintech menyasar target market yang tepat. Fintech menyasar masyarakat yang belum tersentuh oleh perbankan. Salah satu contohnya adalah masyarat petani rumput laut di Maluku.

Kenali Ciri Ciri Fintech Peer to Peer Lending Legal dan Ilegal
Lebih lanjut lagi dijelaskan juga mengenai pentingnya mengenai fintech peer to peer lending legal dan ilegal untuk menghindari kerugian bagi konsumen atau kasus tipu menipu. Fintech peer to peer lending legal di Indonesia memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
1. Fintech peer to peer lending yang legal terdaftar di OJK. Dengan terdaftar di OJK berarti fintech tersebut harus tunduk dan menaati semua peraturan yang telah ditetapkan oleh OJK;
2. Fintech peer to peer lending legal memiliki identitas perusahaan yang jelas dan transparan;
3. Fintech peer to peer lending legal sangat memperhatikan aspek kehati-hatian dalam menjalankan usahanya yaitu dalam memilih nasabah yang akan diberikan pinjaman;
4. Fintech peer to peer legal biasanya memiliki beberapa jenis produk pinjaman.

Senada dengan Pak Sunu, Pak Kuseryansah salah satu CEO fintech peer to peer lending mengingatkan bahwa sebelum menggunakan produk fintech peer to peer lending, masyarakat sebaiknya memastikan bahwa fintech peer to peer lending yang akan dijadikan tempat meminjam uang telah memperoleh ijin usaha yang dapat dengan mudah dikonfirmasi di website Bank Indonesia dan OJK.

Masyarakat pun harus mengenali ciri-ciri fintech peer to peer lending ilegal yang dapat merugikan konsumen. Fintech peer to peer lending ilegal biasanya tidak transparan mengenai identitas perusahaan. Alamat hingga jajaran direksi tidak pernah dicantumkan. Terkesan misterius dan tidak memiliki kejelasan urutan organisasinya. 

Ciri kedua dari fintech peer to peer lending ilegal yaitu mereka kurang selektif dalam memberikan pinjaman. Ini dikarenakan fintech ilegal tidak memperhatikan aspek kehati-hatian (prudent) dalam menjalankan bisnisnya. Terkesan asal saja yang penting ada nasabah yang meminjam uang ke mereka. Bagi mereka, yang terpenting adalah nasabah masuk dalam jebakan utang. Tidak memperhitungkan apakah nasabah memiliki kemampuan membayar utang atau tidak. Kemampuan nasabah membayar utang, menjadi nomer kesekian. Urusan tagih menagih pinjaman diserahkan kepada debt collector. Maka tidak mengherankan jika muncul berbagai aduan yang umumnya timbul karena pelibatan debt collector. Hal ini dapat menimbulkan masalah baru dan akan sangat merugikan konsumen bahkan bisa muncul tindak kekerasan. 

Ciri ketiga yang dapat dijadikan indikator apakah sebuah fintech peer to peer lending masuk dalam kategori ilegal adalah jika mereka fokus hanya pada pinjaman konsumtif. Memang sih tidak semua pinjaman online yang menawarkan pinjaman konsumtif layak dicurigai sebagai fintech ilegal. Tapi, bila ada fintech yang hanya memiliki satu produk saja yaitu pinjaman konsumtif maka fintech peer to peer lending seperti ini perlu diragukan kapabilitas dan kualitasnya. 

Fintech peer to peer lending ilegal biasanya tidak memiliki izin usaha yang jelas. Dari pemaparan yang mamak peroleh, mengenai perizinan untuk fintech di Indonesia terbagi menjadi dua yaitu fintech lending ke OJK dan ke BI. Khusus fintech yang terkait sistem pembayaran diatur oleh BI. 

Dengan mengenali ciri-ciri fintech ilegal dan legal, diharapkan masyarakat terhindar dari praktek fintech peer to peer lending ilegal yang dapat menjerumuskan masyarakat dalam lilitan hutang dengan bunga yang aduhai jumlahnya sampai bikin bulu kuduk merinding.

Oh ya hampir saja mamak lupa untuk menceritakan bahwa dalam acara BloggerXFintechDay, mamak berkenalan dengan beberapa fintech peer to peer lending terpercaya. Salah satu fintech bahkan menjadi sponsor utama dari acara BloggerXFintechDay ini. Fintech yang mamak maksud itu adalah RupiahPlus.

Fintech Peer to Peer Lending Legal di Indonesia

Mamak akan menceritakan beberapa fintech peer to peer lending legal terpercaya di Indonesia. Hanya sebagian kecil saja ya karena kalau mamak bahas semua fintech peer to peer lending yang terdaftar di OJK dan terpercaya, wah bisa jadi satu buku beratus-ratus halaman deh wkwkwkwk.

1. RupiahPlus

Pernah mendengar aplikasi RupiahPlus? Atau apakah  ada yang sudah menjadi nasabah atau konsumen dari fintech peer to peer lending RupiahPlus? Belum ada? Okey, mamak jelaskan ya. RupiahPlus adalah pinjaman dana online tanpa agunan. Dasar dari RupiahPlus adalah trust (kepercayaan).  RupiahPlus menawarkan keunggulan sebagai berikut, yaitu aman dan andal, memiliki resiko rendah, platform terpercaya, bunga tahunan 16-20% pertahun. Memiliki produk dengan tenor 6 bulan sampai 12 bulan dengan tanpa agunan dan minimal pendanaan USD500.000.

Untuk menjadi nasabah RupiahPlus gampang banget kog. Mamak sempet sih ngepoin tentang RupiahPlus dengan bertanya langsung pada petugas RupiahPlus. Pendaftaran nasabah hanya membutuhkan waktu kurang lebih 5 menit dan hanya perlu melakukan 4 langkah mudah saja. Pastinya, kalian harus download dulu aplikasi RupiahPlus di Google Play. Kemudian isilah data yang diminta. Isi data harus sesuai kenyataan yang ada yah. Supaya mempermudah proses pendataan dan prosedur verifikasi calon peminjam uang. Setelah mengisi data, tunggulah data terverifikasi yah. Dan dana dapat dicairkan dalam waktu 1- 2 menit. Mudah banget memang untuk meminjam uang di RupiahPlus ini. Namun ada satu hal yang kudu kalian pikirkan dan camkan sebelum meminjam uang di fintech peer to peer lending manapun yang ada di Indonesia yaitu kalian harus benar-benar memperhitungkan kemampuan kalian untuk membayar bunga sekaligus mencicil pinjaman. Apakah kalian mampu untuk melunasinya tanpa masalah baru yang mungkin muncul karena kalian mangkir membayar kewajiban?

Ada beberapa alasan mengapa kalian harus menjadi nasabah RupiahPlus, diantaranya yaitu kalian akan memperoleh keuntungan yang stabil, membantu perkembangan wiraswasta mikro lokal, mendorong perkembangan mikro lokal dan memiliki manajemen resiko yang unggul. Kredit macet tidak sampai 1%.

2. Aktivaku, Solusi Pendanaan Aset Anda

Aktivaku memberikan peluang imbal hasil antara 14-25% pertahun. Aktivaku mempertemukan pemilik aset/properti (pribadi maupun entitas) yang membutuhkan pendanaan dengan para pemilik dana diluar sistem perbankan. Melalui Aktivaku, setiap pemilik aset dapat mengajukan pinjaman dengan proses yang cepat dan mudah. Pendanapun dapat berinvestasi dengan aman karena memiliki agunan.

Syarat untuk menjadi pendana di Aktivaku, yaitu:
1. Setiap calon pendana wajib registrasi melalui web aktivaku;
2. Memilih pinjaman untuk didanai;
3. Memberikan pendanaan sesuai komitmen minimal Rp.500.000,-;
4. Memantau portfolio pendanaan;
5. Memiliki NPWP dan KTP

Sebagai pemberi dana, ada beberapa keuntungan yang bisa diperoleh, yaitu investasi aman karena memiliki agunan berupa aset atau properti, mendapatkan imbal hasil menarik dan pendanaan transparan.


3. CashCepat, Better Life

CashCepat merupakan platform fintech peer to peer lending yang memiliki visi tumbuh bersama untuk hidup yang lebih baik. Ada beberapa keunggulan dari CashCepat yaitu memiliki persyaratan yang mudah, aplikasinya cepat didownload, CashCepat untuk semua lapisan masyarakat, merupakan sebagai solusi berbagai situasi dan pinjaman online ini tidak meminta jaminan sebagai syarat meminjam uang.

4. Cash Wagon, Dapatkan Pinjaman Tunai Sekarang

Cash Wagon merupakan salah satu fintech peer to peer lending legal di Indonesia yang memberikan pinjaman online dengan cepat dan sesuai aturan OJK. Pinjaman yang diberikan Cash Wagon bisa sampai Rp. 5.000.000,- dengan tingkat persetujuan yang tinggi dari seluruh aplikasi. Cash Wagon akan menampilkan jumlah pembayaran sebelum kita melanjutkan pengisian aplikasi sehingga dapat memilih mana yang paling sesuai dengan kebutuhan. Proses pencairan uangnya pun cepat. Kurang lebih 2 jam pencairan dana ke rekening nasabah sudah beres.
Cash Wagon menjamin kerahasiaan dan keamanan data. Pengisian aplikasi fintech peer to peer lending Cash Wagon sangat singkat hanya dengan mengisi nomer KTP saja. Ngga ada syarat yang rumit.

5. UangMe
UangMe adalah fintech peer to peer lending yang aman dan terpercaya. Sesuai dengan fungsinya yang hanya sebagai penghubung atau yang mempertemukan peminjam dan pemberi pinjaman, UangMe mempergunakan platform P2P online. Dengan platform tersebut, peminjam mendapatkan akses kedana pinjaman sedangkan pemberi pinjaman memperoleh hasil alternative pendanaan yang terjangkau.

Keunggulan UangMe adalah:
#Dari sisi peminjam, ada beberapa keunggulan yang ditawarkan yaitu proses pengajuan mudah, aman melindungi privasi, metode pembayaran mudah dan customer service stanbye 7x24 jam nonstop;
#Dari sisi pemberi pinjaman, ada beberapa keuntungan yang diperoleh yaitu tanpa minimum deposit, minimum pendanaan 100 ribu rupiah, aman melindungi privasi dan customer service siap melayani 7x24 jam nonstop.

Itulah lima fintech peer to peer lending yang sempat mamak temukan di acara BloggerXFintechDay diantara beberapa fintech lain yang turut meramaikan acara tersebut. Fintech peer to peer lending dapat menjadi solusi untuk yang membutuhkan tanpa menimbulkan masalah baru lagi jika ada kehati-hatian serta ketelitian dari pihak calon peminjam untuk mengenali mana fintech peer to peer lending yang legal dan sesuai dengan kemampuan membayar yang dimiliki. Sebelum memutuskan untuk menjadi nasabah atau customer sebuah perusahaan fintech peer to peer lending, harus dicari dulu kapabilitasnya melalui rekam jejak digital atau bisa mengeceknya langsung melalui website OJK atau Bank Indonesia. Teliti sebelum meminjam akan menghindari kita dari masalah hutang piutang yang mungkin sedang mengintai.

BloggerXFintechDay






Selasa, 04 Desember 2018

Fakta Seputar Thalassemia

Fakta Seputar Thalassemia
Thalasemia. Pertamakali mamak mendengar nama penyakit ini saat masih sekolah di SMA. Penyakit Thalassemia memang tak setenar penyakit jantung, diabetes dan kanker yang menjadi penyakit "papan atas" penyebab kematian di tanah air. Meski bukan sebagai penyakit "papan atas" penyebab kematian paling banyak di negeri ini,  Thalassemia juga cukup berbahaya. Penyakit Thalassemia tidak dapat disembuhkan tapi dapat dicegah. 

Penyakit Thalassemia dapat ditemui di seluruh bagian dunia termasuk di Indonesia. Indonesia termasuk dalam Thalassemia Belt (Asia Tenggara,  Timur Tengah,  Afrika sub-sahara dan mediterania). Di Indonesia terdapat sekitar 20 juta penduduk yang membawa kelainan gen hemoglobin. Data yang ada menunjukkan bahwa di Indonesia tercatat 9.121 pasien Thalassemia mayor. Hal ini menunjukkan bahwa masih banyak pasien yang belum terdeteksi dan mendapat pengobatan optimal.

Masih Seputar Thalassemia
Awalnya mamak sempat mengira kalau Thalassemia itu sejenis leukimia. Ternyata beda. Thalassemia adalah penyakit kelainan darah merah yang diturunkan dari kedua orangtua sedangkan leukimia adalah kanker yang menyerang sel darah putih. Sel darah putih mengalami pertumbuhan yang abnormal. Thalassemia tidak dapat disembuhkan tapi dapat dicegah sedangkan Leukimia dapat disembuhkan asal diketahui secara dini dan sesegera mungkin dilakukan pengobatan.

Fakta-fakta seputar Thalassemia, mamak dapatkan secara lebih detil pada saat menghadiri seminar Thalassemia di Gedung Adyatma Kementrian Kesehatan RI beberapa waktu lalu. Mamak akan ceritakan lebih banyak lagi tentang Thalassemia yah supaya kita dapat lebih aware lagi dengan Thalassemia dan dapat hidup lebih sehat lagi.

Seminar Thalassemia

Thalassemia

Thalassemia berasal dari bahasa Yunani yang berarti laut darah. Thalassa :laut; haema:darah. Thalassemia adalah kelainan genetik sel darah merah yang rantai protein -α atau -β (pembentuk utama hemoglobin/sel darah merah) tidak terbentuk sebagian atau semuanya sehingga sel darah merah mudah pecah. Thalassemia adalah penyakit kelainan darah merah yang diturunkan dari kedua orangtua pada anak dan keturunannya.

Thalassemia disebabkan karena berkurangnya atau tidak terbentuknya protein pembentuk hemoglobin utama manusia. Hal ini dapat menyebabkan sel darah merah mudah pecah sehingga pasien menjadi pucat karena kekurangan darah. Pasien Thalassemia harus menjalani transfusi darah sepanjang hidupnya, hal ini berlaku untuk penderita Thalassemia mayor. Thalassemia adalah penyakit turunan dan bukan penyakit menular.

Ada tiga jenis Thalassemia, yaitu:
1. Thalassemia mayor : memerlukan transfusi darah rutin seumur hidupnya minimal 2-4 minggu sekali. Pasien Thalassemia mayor harus mendapatkan pengobatan optimal dengan konsumsi obat kelasi besi secara teratur dan pemantauan ketat oleh dokter. Jika pengobatan dan transfusi tidak rutin dilakukan, pasien akan mengalami komplikasi dan dapat berujung pada kematian;
2. Thalassemia minor/trait/pembawa sifat : penderita Thalassemia jenis ini memiliki gejala ringan dan tidak perlu transfusi darah. Dapat hidup normal,  tidak mengalami perubahan penampilan fisik dan tidak bergejala sama sekali. Penderita Thalassemia minor memiliki resiko mempunyai keturunan dengan Thalassemia jika menikah dengan sesama Thalassemia minor;
3. Thalassemia intermedia memiliki kadar Hb yang lebih rendah dari yang seharusnya. Berkisar 8-10 g/dL sehingga tetap memerlukan transfusi darah namun tidak rutin. Hanya pada saat diperlukan saja. Tergantung kondisi penderita. Penderita Thalassemia intermedia masih dapat hidup normal meski beberapa diantaranya memerlukan pengobatan rutin untuk mencegah komplikasi lebih lanjut lagi.

Sangatlah penting untuk mengetahui apakah seseorang itu adalah penderita Thalassemia atau bukan pada saat memutuskan untuk menikah. Hendaknya, seorang penderita Thalassemia,  apapun jenisnya, harus bertanya dulu pada calon pasangan hidupnya apakah ia penderita Thalassemia juga atau tidak. Hal ini sangat penting dilakukan untuk mencegah penurunan Thalassemia pada keturunannya.

Angka pembawa sifat Thalassemia di tanah air, cukup banyak. Setidaknya 3-10 dari 100 orang di Indonesia adalah pembawa sifat Thalassemia. Dan jumlah pasien Thalassemia mayor terus bertambah. Pada akhir tahun 2017 tercatat sekitar 9000 pasien di seluruh Indonesia.  Pusat Thalassemia RSCM mencatat ada 50-80 pasien baru setiap tahunnya.

Skrinning Thalassemia
Thalassemia dapat dicegah dengan melakukan beberapa tindakan berikut ini, yaitu:
1. Melakukan skrinning darah/pemeriksaan darah terutama pada pasangan yang akan menikah dan pasangan resiko tinggi. Pasangan resiko tinggi adalah pasangan yang keduanya adalah penderita Thalassemia minor sehingga memiliki kemungkinan 25% janin dengan Thalassemia mayor;
2. Tidak menikah dengan sesama pembawa sifat Thalassemia;
3. Menerapkan pola hidup CERDIK.

Itulah sekelumit fakta seputar Thalassemia. Semoga kita semakin mengenal dan sigap terhadap penyakit Thalassemia. Jumlah penderita Thalasemia dapat dikurangi dengan melakukan tindakan pencegahan, salah satunya dengan cara melakukan cek ricek kesehatan sebelum menikah. Yuk ah lebih "aware" lagi dengan kesehatan diri sendiri untuk masa depan generasi penerus yang lebih sehat.

Undangan Seminar Thalassemia





Sabtu, 01 Desember 2018

Christmas Celebration Charity Concert Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI)

Pressconference Christmas Celebration Charity Concert
Pada bulan Februari lalu, mamak berkesempatan menghadiri acara "Berani Gundul" yang dilaksanakan oleh Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia dalam rangka memperingati hari kanker anak. Acara Berani Gundul merupakan salah satu bentuk dukungan terhadap anak-anak penderita kanker yang sedang berjuang melawan penyakit kanker yang menggerogoti tubuhnya. Hasil donasi dari acara Berani Gundul sepenuhnya diperuntukkan untuk biaya penyembuhan anak-anak penderita kanker termasuk biaya operasional rumah singgah milik YKAKI.

Di Indonesia,  YKAKI memiliki 8 rumah singgah yang tersebar di 8 kota besar di tanah air. Dipenghujung tahun 2018 ini, bertepatan dengan perayaan hari Natal, YKAKI bersama Light Salt and Community melaksanakan Christmas Celebration Charity Concert. Diharapkan acara charity tersebut dapat menumbuhkan semangat kebaikan, cinta kasih dan menolong sesama yang akan terus berada dalam jiwa kita semua.

Christmas Celebration Charity Concert YKAKI dan Light and Salt Community

YKAKI dan Pengisi Acara Christmas Celebration Charity Concert
Acara charity concert ini dimeriahkan oleh penyanyi rohani Sari Simorangkir,  Glorify Choir and Ensemble, Nindi Ellese,  Hyori Darmawan,  Moby Shade dan dipandu oleh MC Yemima dan Jhon Martin. Menurut Mba Ina Tasya, ketua panitia acara Christmas Celebration Charity Concert sekaligus ketua Light and Salt Community menyatakan bahwa acara charity ini dipersembahkan untuk menghibur sekaligus memberikan kekuatan untuk anak-anak penderita kanker dibawah Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia.

Ibu Ira Soelistyo
Ibu Ira Soelistyo sebagai Ketua YKAKI mengungkapkan kebahagiaan dan rasa terimakasih pada Light and Salt Community yang telah mempersembahkan acara Christmas Celebration Charity Concert untuk anak anak penderita kanker. Dalam acara Christmas Celebration Charity Concert, Light and Salt Community juga memberikan donasi dari penggalangan dana yang sudah dilakukan sebelumnya oleh Light and Salt Community atas dukungan dari berbagai donatur dan sponsor seperti Oxone, D'Crepes,  Carrot & Co,  Levico Tenun,  Trimegah Securities,  G-Force serta Hotel Sheraton Gandaria City yang memberikan fasilitas tempat acara dilangsungkan.


Acara ini bukan hanya diperuntukkan untuk umat Kristiani saja tapi lebih pada acara charity yang dipersembahkan untuk menghibur seluruh anak penderita kanker terutama yang berada dalam naungan YKAKI.

Light and Salt Community

Mba Ina Tasya,  Ketua Light and Salt Community
Nama Light and Salt Community diberikan oleh penggagas komunitas ini yaitu Ibu Julia Hutapea. Komunitas yang terdiri dari generasi milenial ini mempunyai misi membangkitkan rasa persaudaraan yang erat,  berbagi kasih dan kebahagiaan untuk banyak orang terutama kelompok yang lemah dan kurang perhatian. Sebagai toleransi kepada banyak orang yang didasari rasa kemanusiaan diatas ras, suku ataupun agama.

Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia

YKAKI merupakan sebuah yayasan nirlaba yang didirikan dengan visi bahwa semua anak kanker terutama dari keluarga prasejahtera berhak untuk hidup layak, sehat, bahagia dan berkembang dengan maksimal sehingga dapat menjadi manusia berkualitas. Meskipun berjuang menghadapi penyakit kanker, anak penderita kanker tetap harus memiliki kehidupan dan masa depan yang baik.

YKAKI memiliki beberapa program yang disebut dengan YKAKI Peduli.
Program tersebut meliputi:
1. Rumah Kita
YKAKI menyediakan sarana akomodasi/ Rumah Kita sebagai tempat tinggal sementara bagi pasien anak penderita kanker dan pendampingnya dari keluarga pra-sejahtera agar proses pengobatan dan perawatan dapat berjalan kontinu dan tuntas;
2.Sekolah-Ku
Fasilitas belajar mengajar secara gratis diberikan untuk anak-anak penderita kanker selama berada di Rumah Kita supaya mereka tetap dapat mengenyam pendidikan;
3. Bantuan Biaya Pengobatan dan Tindakan Medis Yang Dibutuhkan
Pengobatan atau perawatan umumnya dibiayai oleh JKN/BPJS, namun demikian tak jarang timbul biaya-biaya berupa obat-obatan atau biaya tindakan sangat dibutuhkan segera dan YKAKI memberikan bantuan melalui donasi yang terkumpul;
4. Sosialisasi dan Edukasi Kanker Pada Anak
YKAKI melakukan sosialisasi dan edukasi secara rutin mengenai kanker pada anak.

Saat ini YKAKI diketuai oleh Ibu Ira Soelistyo dan mendapat dukungan penuh dari Kick Andi Foundation. Semoga kedepannya semakin banyak lagi yang peduli terhadap anak-anak penderita kanker.


Christmas Celebration Charity Concert