Keseruan Berkunjung Ke Pabrik Ajinomoto Karawang

Pabrik Ajinomoto di Karawang
Setelah sempat "anti" micin karena berkeyakinan bahwa micin dan penyedap rasa lainnya, memiliki dampak yang kurang baik terhadap tubuh terutama untuk perkembangan otak, sekarang mamak *mulai membuka diri* terhadap micin. Mamak mendapatkan informasi yang valid dan berdasarkan kajian ilmiah mengenai micin (monosodium glutamat) pada acara Blogger Gathering Ajinomoto di Bandung beberapa waktu lalu. 

Acara edukatif tentang "micin" tak berhenti hanya disitu saja. Pada awal bulan November, mamak berkesempatan mengunjungi pabrik Ajinomoto yang ada di Karawang. Tepatnya di jalan Sirnabaya,  Teluk Jambe, Karawang Jawa Barat. Pabrik Ajinomoto yang berada di Karawang ini adalah pabrik kedua PT. Ajinomoto, selain pabrik yang berada di Mojokerto. Pabrik yang dibangun pada tahun 2012 ini merupakan tempat produksi bumbu penyedap dan tepung bumbu termasuk Saori dan Sajiku. Pabrik Mojokerto nantinya akan khusus memroduksi penyedap rasa (monosodium glutamat/umami). Pabrik kedua PT. Ajinomoto ini merupakan salah satu perwujudan PT. Ajinomoto dalam menyongsong era industri 4.0. Hampir sebagian besar aktivitas produksi yang dilakukan di pabrik Ajinomoto Karawang ini dilakukan dengan menggunakan mesin dan memanfaatkan teknologi terkini.



Penampakan Pabrik Ajinomoto Karawang
Pertamakali menginjakkan kaki memasuki kawasan industri Karawang, tempat pabrik PT. Ajinomoto Karawang berada, mamak sudah kagum dengan penampilan resik dan apik dari pabrik Ajinomoto ini. Tidak sembarang orang bisa memasuki kawasan pabrik ini. Terbukti, begitu mamak sampai gerbang PT. Ajinomoto, mamak langsung disambut oleh petugas sekurity yang menanyakan siapa mamak,  darimana dan ada tujuan apa ke pabrik Ajinomoto tersebut. Karena memang acara kunjungan Blogger ke pabrik Ajinomoto Karawang sudah masuk kedalam daftar jadwal kegiatan, mamak pun disambut dengan ramah dan kooperatif. Mamak dipersilahkan masuk dan menunggu di sebuah ruangan yang ternyata adalah kantin atau tempat makan karyawan PT. Ajinomoto. 




Kantin pabrik Ajinomoto Karawang

Kantinnya cukup bersih dan nyaman. Mamak dan para teman Blogger lainnya disuguhkan roti frozen yang ternyata salah satu produksi PT. Ajinomoto. Seumur-umur, mamak baru tahu loh kalau PT. Ajinomoto juga memroduksi roti. Mamak pikir hanya bumbu dan tepung bumbu serta mayonaise saja yang diproduksi oleh PT. Ajinomoto. Ternyata mamak salah. PT. Ajinomoto juga memroduksi roti frozen, baru dengar juga kan kalau ada roti frozen atau frozen bread? Sama, mamak juga wkwkwk. Frozen bread merupakan salah satu produk yang dihasilkan oleh PT. Ajinomoto Bakery. Saat ini hanya dapat diperoleh ditempat-tempat tertentu saja dan dijual mengikuti nama penjualnya. Jadi belum menggunakan brand Ajinomoto. Direncanakan, dalam beberapa saat kedepan, frozen bread produksi Ajinomoto Bakery ini akan dilempar kepasaran dengan menggunakan brand Ajinomoto.



Setelah menikmati frozen bread yang ternyata enak dan creamy, seluruh blogger peserta kunjungan pabrik Ajinomoto Karawang diberikan pengarahan dulu mengenai standar keselamatan pabrik. Pengarahan ini cukup penting untuk menghindari hal-hal yang tidak diingini. PT. Ajinomoto memang memiliki program kunjungan pabrik untuk kelompok atau komunitas manapun yang mengajukan permohonan untuk melakukan kunjungan ke pabrik Ajinomoto Karawang. Hal ini bertujuan untuk semakin mengedukasi masyarakat awam terhadap monosodium glutamat sebagai salah satu unsur pembentuk umami yaitu rasa gurih pada makanan. Selama berkeliling pabrik Ajinomoto, tidak diperkenankan mengambil gambar di area produksi. Namun jangan khawatir, kita masih bisa ambil foto dengan spot dan angle ciamik kog. Loh memangnya ada spot ciamik disekitar pabrik Ajinomoto Karawang?  Ada banget. Enggak percaya?  Yuks mulai ikuti keliling pabrik Ajinomoto Karawang. Cuzzz ah hahahaha. 


Keliling Pabrik Ajinomoto Karawang



Keliling pabrik Ajinomoto Karawang
Apa sih yang ada dalam benak kalian saat mendengar kata "pabrik"? Pasti yang terbayang adalah deretan bangunan kokoh dengan berbagai alat dan perlengkapan produksi canggih. Benar sih bayangan tersebut tapi ada yang berbeda dari pabrik Ajinomoto Kerawang ini. Ada beberapa tempat yang memang sengaja didesain semenarik, apik dan se-instagramable mungkin. Serta dibuat tematik berdasarkan produk yang dihasilkan. Contohnya nih saat keliling pabrik tempat Saori dibuat, pertamakali melangkah masuk langsung disambut dengan desain yang Jepang banget dengan ornamen yang menjelaskan mengenai produksi Saori. 

Pabrik Sari Ajinomoto Karawang


Saori
Mamak sudah pernah mengunjungi beberapa pabrik sebelumnya tapi baru di pabrik Ajinomoto ini sih yang menyediakan ruangan instagramable dan berisi penjelasan mengenai produk-produk yang dihasilkan. Keterangan mengenai produk yang dihasilkan di area tersebut dijelaskan secara detil melalui gambar dan penjelasan yang ditempel di dinding ruangan. Kita dapat melihat ruang produksi melalui kaca.

Area pabrik pertama yang dikunjungi adalah pabrik Saori. Saori adalah saos bumbu yang terdiri dari berbagai varian. Ada saori saos tiram,  saori teriyaki, saori asam manis, saori bumbu mentega dan saori lada hitam. Seluruh produksi saos bumbu Saori dilakukan dengan menggunakan bantuan teknologi mesin sekitar 80% dan sisanya tenaga manusia. Karyawan bertugas untuk mengoperasikan mesin dan memastikan kualitas produk (quality control) serta pengepakan. Selebihnya mesin yang bekerja. Kondisi tak jauh berbeda pun nampak terlihat di area pabrik Masako, Sajiku dan tepung bumbu Sajiku. Lebih banyak menggunakan mesin daripada tenaga manusia. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas.

PT. Ajinomoto berupaya menyiapkan diri dalam menghadapi revolusi industri 4.0 sehingga kualitas produk Ajinomoto tidak kalah dari produk-produk sejenis yang diproduksi oleh brand lain. Pabrik Ajinomoto Karawang ini telah memiliki sistem produksi yang canggih dan memenuhi standar kualitas yang ditetapkan seperti telah memiliki prosedur mengelola limbah industri sehingga tidak mencemari lingkungan sekitar pabrik. Pabrik Ajinomoto juga didesain agar tidak membuat polusi udara yang merugikan masyarakat sekitar lokasi pabrik. Lokasi pabrik yang jauh dari pemukiman warga merupakan salah satu cara yang diterapkan oleh PT. Ajinomoto untuk menghindari pencemaran yang merugikan kehidupan warga sekitar.




Mamak akhirnya mengetahui bagaimana proses Masako terbuat. Setiap hari ton-an daging sapi atau ayam dengan kualitas prima diolah menjadi bumbu serbaguna Masako di pabrik Ajinomoto Karawang ini. Daging ayam dan sapi ini diambil ekstraknya dan diolah secara higienis di pabrik yang resik dan sesuai dengan standar yang ditetapkan berdasarkan ISO 9001. SOP yang diterapkan dalam pabrik pun telah memenuhi semua persyaratan yang ditetapkan oleh pemerintah. Sehingga semua produk Ajinomoto yang dihasilkan oleh pabrik Ajinomoto Karawang ini telah memenuhi standar quality control yang ditetapkan.

Setelah keliling pabrik Ajinomoto dan melihat proses produksi, mamak semakin yakin dengan kualitas berbagai produk Ajinomoto seperti Masako, Saori, Sajiku termasuk tepung bumbu Sajiku. Tak ada lagi keraguan untuk menggunakan produk-produk dari Ajinomoto.







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Onggy Hianata, Sang Inspirator Value Your Life

Belanja Asik Di Giant Dengan Harga Teman

Hexpharm Jaya, Obat Generik Kualitas Paten