Lomba Media Sosial Sekretariat Kabinet 2018 #MenujuIndonesiaMaju

Launching Lomba Media Sosial Sekretariat Kabinet
Pada tanggal 26 Maret 2018 lalu, Sekretariat Kabinet meluncurkan lomba media sosial yang rencananya dilaksanakan dalam beberapa periode dan berakhir pada bulan November 2018. Bulan November ini, lomba media sosial Sekretariat Kabinet dengan tajuk #MenujuIndonesiaMaju ini telah memasuki periode terakhir untuk tahun ini. 

Serangkaian lomba media sosial yang dihelat oleh Sekretariat Kabinet atau SetKab ini adalah sebagai salah satu cara yang dilakukan oleh Sekretariat Kabinet untuk memberikan edukasi bahwa media sosial selayaknya dilakukan untuk hal-hal yang bermanfaat dan bukan untuk menyebar berita hoax. Salah satu hal bermanfaat yang dapat dilakukan adalah dengan mengenal lebih dekat kinerja pemerintah melalui platform media sosial Sekretariat Kabinet dengan cara mengikuti lomba media sosial SetKab. 

Sekretariat Kabinet Memiliki tugas memberikan dukungan pengelolaan manajemen kabinet kepada Presiden dan Wakil Presiden dalam penyelenggaraan pemerintahan. Sekretariat Kabinet aktif berperan serta dalam menyebarluaskan informasi tentang kinerja pemerintah untuk #MenujuIndonesiMaju. Dan sosial media adalah salah satu saluran untuk menyampaikan informasi tersebut.

Selama tahun 2018 ini Sekretariat Kabinet telah menggelar lomba media sosial dengan total hadiah sebesar 107 juta rupiah dan didukung penuh oleh Bank Mandiri sebagai sponsor satu-satunya. Lomba media sosial Setkab dilakukan dari akhir bulan Maret sampai November 2018 ini. Melalui berbagai lomba media sosial SetKab, Sekretaris Kabinet  Pramono Anung mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk bersama-sama mendukung program dan kebijakan pemerintah #MenujuIndonesiaMaju.

Pada lomba media sosial  ini, masyarakat diajak untuk mengenal lebih dekat Kabinet Kerja Presiden Jokowi beserta program dan capaiannya. Masyarakat pun dapat menyampaikan aspirasinya lewat lomba media sosial ini. 

Lomba Media Sosial Sekretariat Kabinet

Lomba Media Sosial Sekretariat Kabinet kategori Twitter
Untuk lomba media sosial kategori twitter, ada beberapa jenis lomba yang dilaksanakan. Pada periode pertama,  SetKab mengajak para penggiat media sosial atau netizen untuk ikut menjawab pertanyaan seputar #MenujuIndonesiaMaju. Pada periode selanjutnya peserta lomba media sosial SetKab diajak untuk membuat chirpstory. Tema yang dilombakan tetap sama yaitu #MenujuIndonesiaMaju. Dan pada periode terakhir lomba media sosial SetKab, peserta diajak untuk memberikan opininya mengenai pahlawan masa kini versi masing-masing peserta. Peserta diminta menuliskan opininya pada kolom balasan/komentar postingan lomba twitter SetKab tersebut. 

Ternyata cukup banyak loh peserta yang mengikuti lomba media sosial kategori twitter ini. Ada lima periode lomba media sosial SetKab kategori twitter yaitu bulan April,  Mei,  Juni,  Juli dan November. 
Hadiah yang diberikan untuk kategori twitter ini sebesar 1 juta rupiah dan 2 juta rupiah pada periode akhir lomba media sosial SetKab.

Lomba Media Sosial Sekretariat Kabinet Kategori Instagram

Pada lomba media sosial SetKab kategori instagram ini, peserta diminta untuk mengisi teka teki, membuat video pendek dan membuat meme. Masing-masing periode memiliki jenis lomba yang berbeda beda. Tapi tema yang dilombakan tetap sama yaitu #MenujuIndonesiaMaju. Kategori instagram ini, juga diadakan sebanyak 5 periode pelaksanaan lomba. 

Lomba Media Sosial Sekretariat Kabinet Kategori Facebook

Pada lomba media sosial SetKab kategori facebook ini, peserta lomba diminta untuk melengkapi kalimat, menjawab pertanyaan dan mengisi teka teki silang. Tema yang dijadikan pertanyaan lomba, masih sama yaitu seputar #MenujuIndonesiaMaju.  Kategori facebook ini juga diadakan sebanyak 5 kali periode yaitu bulan April, Mei, Juni, Juli dan November

Lomba Penulisan Blog #MenujuIndonesiaMaju

Lomba penulisan blog ini hanya dilakukan sekali selama periode akhir Maret sampai November. Peserta menulis pada platform blog pribadi masing-masing mengenai program yang telah dilakukan oleh pemerintah #MenujuIndonesiaMaju. Jumlah tulisan 500-1500 kata. Pemenang memperoleh hadiah tabungan dari Bank Mandiri sebesar Rp 3.000.000,- untuk juara pertamanya. 

* Lomba Vlog atau Film Pendek yang diunggah di Youtube

Vlog mengenai pembangunan infrastruktur di Indonesia dan manfaat pembangunan tersebut ke masyarakat.  Vlog atau film pendek harus mengisahkan tentang program prioritas pemerintah di bidang maritim, energi, pangan dan pariwisata. Karya yang diikutsertakan dalam lomba Vlog ini berhak digunakan Sekretariat Kabinet untuk kepentingan publikasi atau promosi tanpa pemberitahuan sebelumnya. Jadi apapun karya video atau film pendek yang masuk, secara otomatis menjadi milik SetKab.

Serangkaian lomba media sosial yang dihelat oleh SetKab telah memasuki periode akhir untuk tahun 2018 ini. Nama-nama pemenang pun sudah diumumkan. Ada enggak yah nama kamu disitu?





Nama nama pemenang lomba media sosial Sekretariat Kabinet




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Onggy Hianata, Sang Inspirator Value Your Life

Belanja Asik Di Giant Dengan Harga Teman

Hexpharm Jaya, Obat Generik Kualitas Paten