Baran, Energi Terbarukan Untuk Listrik Gratis



Hampir tiap bulan, mendekati tanggal 10, mamak selalu nyengir pedih menatap nanar tagihan listrik rumah yang mamak tempati. Rumah dua lantai dengan ukuran lumayan  besar milik orang tua mamak ini, cukup membuat hati dag dig dug dengan jumlah tagihan listrik yang mesti dibayar. Mamak sebenarnya sadar kalau mamak bukanlah orang yang telaten untuk membatasi pemakaian listrik. Habis gimana lagi, cuaca Jakarta yang panas membara membuat air conditioner di rumah mamak harus menyala terus menerus selama 24 jam,  belum lagi tambahan alat elektronik lain yang mamak gunakan. Pernah sih kepikiran untuk mengurangi pemakaian listrik tapi bingung juga gimana caranya. 

Pengeluaran rutin mamak untuk membayar tagihan listrik lumayan besar dan ini seperti sudah menjadi hal yang enggak bisa diubah lagi. Meskipun sudah dikurangi dengan memadamkan lampu yang tak terpakai,  tapi tetap saja jumlah tagihannya bikin ngga enak makan wkwkwk *lebay. Eh etapi ini serius loh. Setiap tahun itu, kita pasti mengalami kenaikan listrik sebesar 10-15%. Tuh lumayan kan? Pernah enggak sih kalian kepikiran atau berharap ada solusi untuk dapat menikmati listrik gratis sepanjang tahun?  Ih mamak mulai berkhayal ya. 


Entah ini kebetulan atau semesta menjawab harapan mamak,  minggu lalu mamak datang ke kantor Aldebaran Indonesia yang berlokasi di daerah Bumi Serpong Damai, Tangerang Selatan. Aldebaran Indonesia merupakan perusahaan yang berupaya untuk memproduksi energi terbarukan yang merupakan solusi untuk dapat menghemat energi, baik saat ini atau untuk masa mendatang. Energi terbarukan tersebut adalah Baran . Dengan mengusung tagline simple, powerful, lifestyle, Baran Energy menghadirkan 3 jenis Baran. 3 jenis Baran tersebut yaitu Baran Power,  Baran Cube dan Baran EV. 


Baran Power
Baran Power adalah energy storage yang bisa digunakan di rumah maupun kantor/tempat usaha.
Baran Powerwall memiliki spesifikasi sebagai berikut:
Usable Capacity : 8800Wh
Scalable : up to 4 (depend on inverter capabilty)
Battery : Based on lithium ion technology, fully managed and liquid cooled.
Dimension
Width : 1000 mm
Length : 600 mm
Height : 200 mm

Baran Power
Baran Powerwall dapat menyimpan energi dari cahaya matahari atau biasa disebut dengan solar panel. Pak Victor Wirawan, Owner sekaligus CEO dari Aldebaran Indonesia menjelaskan bahwa Baran Powerwall membutuhkan waktu sekitar 4 jam untuk mengubah cahaya matahari menjadi energi listrik yang dapat digunakan untuk pemakaian pada malam hari.

Bapak Victor Wirawan
Dengan menggunakan Baran Powerwall, kita tak lagi harus membayar tagihan listrik setiap bulannya. Baran Powerwall dapat membuat kita lebih berhemat energi karena kita tidak memerlukan lagi bahan fosil untuk menggunakan energi listrik. Seperti namanya, Baran Powerwall bisa ditempel di dinding. Bentuknya yang simple cukup memudahkan kita untuk menggunakannya di rumah. Baran Powerwall bisa beradaptasi dengan desain property seciamik apapun. Baran Power ini bisa digunakan sampai 20 tahun mendatang. Kebayangkan berapa banyak nominal yang bisa kita hemat dengan menggunakan baran power ini?  

Baran Powerwall

Baran Cube 
Jenis Baran ini dirancang oleh para ahli profesional dan dapat digunakan untuk menghemat energi dalam skala besar. Baran Cube dapat dimanfaatkan dalam skala besar untuk real estate property developer, area industri, area pertambangan, serta area perkebunan. Dengan menggunakan Baran Cube, perusahaan akan dapat menghemat biaya yang biasanya dikeluarkan untuk membayar biaya listrik.

Baran Cube

Baran EV

Baran Electric Vehicle (EV) adalah mobil  listrik bertenaga surya karya anak bangsa. Prototype-nya masih dipersiapkan sembari menunggu regulasi dari pemerintah. Mobil listrik Indonesia ini dirancang dan dibuat oleh anak bangsa. Sungguh prestasi yang membanggakan. Semoga cepat terealisasi ya. 
Spesifikasi Baran EV
Daya: 900hp 
Torsi: 1500Nm 
Powertrain: 4 Motor induksi dengan gearbox- kecepatan tunggal untuk setiap roda 
Baterai: hingga 108Kwh lithium ion liquid cooled battery pack 
Jarak: hingga 300km dengan sekali pengisian
Dimension 
Width: 1953 mm 
Panjang: 2956 mm 
Tinggi: 1355 mm 
Wheelbase: 2570mm

Baran EV
Oh ya,  Pak Victor juga mengatakan bahwa pada tahun 2019, Aldebaran Indonesia akan merelease Aldebaran Property. Kawasan realestate yang akan dibangun di lokasi strategis. Ini bakalan jadi ‘perumahan dengan listrik gratis’. Setiap unit rumah dirancang dengan luas bangunan antara 150 – 200 meter persegi dengan daya listrik 1300 – 2200 watt. Setiap unit sudah dilengkapi pula dengan panel surya dan Baran Power. Untuk kebutuhan listrik di fasilitas umum, seperti penerangan jalan, pusat kebugaran, atau kolam renang  akan menggunakan Baran Cube. 

Baran Property
Revolusi Industri yang dilakukan oleh Aldebaran Indonesia dengan teknologi kekiniannya yaitu Baran akan membuat impian semua masyarakat Indonesia mengenai energi terbarukan yang dapat menghemat energi bisa terwujud. Termasuk harapan mamak juga ini. Harapan yang nyerempet khayalan. 
Gebrakan seperti inilah yang dikenal dengan nama inovasi disruption yaitu suatu penemuan terkini yang akan menggantikan teknologi dimana semua orang bisa menikmatinya. Bukan hanya dapat dinikmati oleh perorangan ataupun satu perusahaan saja namun dapat dirasakan oleh semua kalangan masyarakat. Inovasi dalam bidang energi yang dilakukan oleh Aldebaran Indonesia akan membuat kehidupan Indonesia lebih baik lagi. Terutama dalam menghadapi tantangan revolusi industri 4.0.

Mamak paling antusias dengan rencana pembangunan Baran Property terutama perumahan dengan listrik gratisnya. Apalagi mamak sempat dengar bahwa rencananya perumahan ini akan dibandrol dari harga 400 jutaan. Wiiih ajib banget kan tuh? Rumah dengan listrik gratis, harga terjangkau banget.  Duh mauuuu.

Baran Energy













Komentar

  1. Wahh keren bnget inovatif, ternyata yang tagihan listriknya besar tiap bulan bukan aku doang ya.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Onggy Hianata, Sang Inspirator Value Your Life

Belanja Asik Di Giant Dengan Harga Teman

Hexpharm Jaya, Obat Generik Kualitas Paten