Jumat, 30 November 2018

Lomba Media Sosial Sekretariat Kabinet 2018 #MenujuIndonesiaMaju

Launching Lomba Media Sosial Sekretariat Kabinet
Pada tanggal 26 Maret 2018 lalu, Sekretariat Kabinet meluncurkan lomba media sosial yang rencananya dilaksanakan dalam beberapa periode dan berakhir pada bulan November 2018. Bulan November ini, lomba media sosial Sekretariat Kabinet dengan tajuk #MenujuIndonesiaMaju ini telah memasuki periode terakhir untuk tahun ini. 

Serangkaian lomba media sosial yang dihelat oleh Sekretariat Kabinet atau SetKab ini adalah sebagai salah satu cara yang dilakukan oleh Sekretariat Kabinet untuk memberikan edukasi bahwa media sosial selayaknya dilakukan untuk hal-hal yang bermanfaat dan bukan untuk menyebar berita hoax. Salah satu hal bermanfaat yang dapat dilakukan adalah dengan mengenal lebih dekat kinerja pemerintah melalui platform media sosial Sekretariat Kabinet dengan cara mengikuti lomba media sosial SetKab. 

Sekretariat Kabinet Memiliki tugas memberikan dukungan pengelolaan manajemen kabinet kepada Presiden dan Wakil Presiden dalam penyelenggaraan pemerintahan. Sekretariat Kabinet aktif berperan serta dalam menyebarluaskan informasi tentang kinerja pemerintah untuk #MenujuIndonesiMaju. Dan sosial media adalah salah satu saluran untuk menyampaikan informasi tersebut.

Selama tahun 2018 ini Sekretariat Kabinet telah menggelar lomba media sosial dengan total hadiah sebesar 107 juta rupiah dan didukung penuh oleh Bank Mandiri sebagai sponsor satu-satunya. Lomba media sosial Setkab dilakukan dari akhir bulan Maret sampai November 2018 ini. Melalui berbagai lomba media sosial SetKab, Sekretaris Kabinet  Pramono Anung mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk bersama-sama mendukung program dan kebijakan pemerintah #MenujuIndonesiaMaju.

Pada lomba media sosial  ini, masyarakat diajak untuk mengenal lebih dekat Kabinet Kerja Presiden Jokowi beserta program dan capaiannya. Masyarakat pun dapat menyampaikan aspirasinya lewat lomba media sosial ini. 

Lomba Media Sosial Sekretariat Kabinet

Lomba Media Sosial Sekretariat Kabinet kategori Twitter
Untuk lomba media sosial kategori twitter, ada beberapa jenis lomba yang dilaksanakan. Pada periode pertama,  SetKab mengajak para penggiat media sosial atau netizen untuk ikut menjawab pertanyaan seputar #MenujuIndonesiaMaju. Pada periode selanjutnya peserta lomba media sosial SetKab diajak untuk membuat chirpstory. Tema yang dilombakan tetap sama yaitu #MenujuIndonesiaMaju. Dan pada periode terakhir lomba media sosial SetKab, peserta diajak untuk memberikan opininya mengenai pahlawan masa kini versi masing-masing peserta. Peserta diminta menuliskan opininya pada kolom balasan/komentar postingan lomba twitter SetKab tersebut. 

Ternyata cukup banyak loh peserta yang mengikuti lomba media sosial kategori twitter ini. Ada lima periode lomba media sosial SetKab kategori twitter yaitu bulan April,  Mei,  Juni,  Juli dan November. 
Hadiah yang diberikan untuk kategori twitter ini sebesar 1 juta rupiah dan 2 juta rupiah pada periode akhir lomba media sosial SetKab.

Lomba Media Sosial Sekretariat Kabinet Kategori Instagram

Pada lomba media sosial SetKab kategori instagram ini, peserta diminta untuk mengisi teka teki, membuat video pendek dan membuat meme. Masing-masing periode memiliki jenis lomba yang berbeda beda. Tapi tema yang dilombakan tetap sama yaitu #MenujuIndonesiaMaju. Kategori instagram ini, juga diadakan sebanyak 5 periode pelaksanaan lomba. 

Lomba Media Sosial Sekretariat Kabinet Kategori Facebook

Pada lomba media sosial SetKab kategori facebook ini, peserta lomba diminta untuk melengkapi kalimat, menjawab pertanyaan dan mengisi teka teki silang. Tema yang dijadikan pertanyaan lomba, masih sama yaitu seputar #MenujuIndonesiaMaju.  Kategori facebook ini juga diadakan sebanyak 5 kali periode yaitu bulan April, Mei, Juni, Juli dan November

Lomba Penulisan Blog #MenujuIndonesiaMaju

Lomba penulisan blog ini hanya dilakukan sekali selama periode akhir Maret sampai November. Peserta menulis pada platform blog pribadi masing-masing mengenai program yang telah dilakukan oleh pemerintah #MenujuIndonesiaMaju. Jumlah tulisan 500-1500 kata. Pemenang memperoleh hadiah tabungan dari Bank Mandiri sebesar Rp 3.000.000,- untuk juara pertamanya. 

* Lomba Vlog atau Film Pendek yang diunggah di Youtube

Vlog mengenai pembangunan infrastruktur di Indonesia dan manfaat pembangunan tersebut ke masyarakat.  Vlog atau film pendek harus mengisahkan tentang program prioritas pemerintah di bidang maritim, energi, pangan dan pariwisata. Karya yang diikutsertakan dalam lomba Vlog ini berhak digunakan Sekretariat Kabinet untuk kepentingan publikasi atau promosi tanpa pemberitahuan sebelumnya. Jadi apapun karya video atau film pendek yang masuk, secara otomatis menjadi milik SetKab.

Serangkaian lomba media sosial yang dihelat oleh SetKab telah memasuki periode akhir untuk tahun 2018 ini. Nama-nama pemenang pun sudah diumumkan. Ada enggak yah nama kamu disitu?





Nama nama pemenang lomba media sosial Sekretariat Kabinet




Rabu, 28 November 2018

So Good Spicy Chicken Strip, Sensasi Pedas Menggugah Selera

Ekspresi saat disajikan So Good Spicy Chicken Strip,Sensasi Pedas Menggugah Selera 
Makanan dengan sensasi pedas dan gurih masih menjadi favorit makanan di negeri ini. Lihat saja, makin banyak rumah makan atau restoran yang menawarkan menu dengan sensasi pedas menggugah selera seperti ayam geprek, penyet, ayam jontor dan sejenisnya. Hal ini menunjukkan bahwa lidah orang Indonesia cenderung menyukai makanan dengan sensasi pedas. Sensasi pedas diyakini dapat menggugah selera makan. Bahkan ada beberapa suku bangsa yang menganggap tidak berasa makan jika tidak pedas. Sebut saja orang Batak atau orang Minang, wajib banget makan dengan makanan gurih dan pedas. Mamak hafal banget dengan selera makan orang Batak, maklum mamak kan menikah dengan orang Batak wkwkwk. Jadi setiap hari harus menyediakan menu masakan yang sensasi pedasnya mantap serta mampu menggugah selera makan. 

So Good sebagai salah satu produsen makanan siap saji/frozen food tanah air, memahami betul selera lidah orang Indonesia yang menyukai sensasi pedas menggugah selera. Belum lama ini,  So Good menghadirkan "So Good Spicy Chicken Strip, Bahasa Pedas So Good". Produk terbaru So Good ini memang sengaja dipersembahkan untuk penyuka sensasi pedas menggugah selera. 

So Good Spicy Chicken Strip, Sensasi Pedas Menggugah Selera

So Good Spicy Chicken Strip,Sensasi Pedas Menggugah Selera
So Good Spicy Chicken Strip dengan sensasi pedas menggugah selera ini terbuat dari daging ayam pilihan dengan kualitas prima tanpa tulang (full meat), tanpa kulit, dengan balutan tepung dan diberi bumbu marinasi pedas spesial. Sensasi pedas yang mantap dan nendang banget dimulut. 

So Good Spicy Chicken Strip dengan sensasi pedas menggugah selera ini mengandung asam amino essential yang tinggi karena terbuat dari protein hewani. Protein hewani kaya akan asam amino essential penting untuk pertumbuhan dan perkembangan otot dan otak anak.  Rasa pedas So Good Spicy Chicken Strip menghadirkan sensasi rasa pedas yang mampu membangkitkan selera makanan anak-anak. 

Mamak saja enggak mengira kalau anak-anak mamak yang mulai beranjak usia remaja sangat menyukai So Good varian ini. Biasanya anak mamak kurang menyukai frozen food yang terbuat dari daging ayam fillet. Alasannya kurang enak dikunyahnya, lebih pas rasanya yang terbuat dari daging ayam cincang seperti nugget. Begitulah mereka beralasan. Karena itulah mamak agak surprise saat mereka doyan dan terus mengunyah So Good Spicy Chicken Strip dengan sensasi pedas menggugah selera ini meski mereka huhah huhah kepedasan. Pedas enak, begitu kata mereka hahahaha. 

So Good Spicy Chicken Strip dengan sensasi pedas menggugah selera ini berbentuk potongan daging ayam yang dibalut dengan tepung crispy spesial. Renyahnya tahan lama dalam suhu ruang namun enggak keras. Cocok disajikan saat panas atau ketika sudah dingin. Sama-sama enak. Karena ada loh frozen food yang hanya enak dinikmati ketika panas saja atau sesaat setelah disajikan dan ketika sudah dingin menjadi kurang enak untuk disantap.  

Cara menyajikan So Good Spicy Chicken Strip dengan sensasi pedas menggugah selera ini mudah dan praktis banget. Tidak memerlukan waktu yang banyak untuk menyajikannya. Cukup digoreng terendam minyak atau deepfrying selama sekitar 4-5 menit,  jadi deh. So Good Spicy Chicken Strip dengan sensasi pedas menggugah selera sudah siap untuk disantap. Karena sangat mudah menyajikannya, So Good Spicy Chicken Strip dengan sensasi pedas menggugah selera ini pas banget disajikan untuk lauk saat sarapan. Tapi dengan syarat telah terbiasa makan makanan pedas. Kalau tidak terbiasa, lebih baik dihindari. 

Mamak sih senang dengan kehadiran varian terbaru dari So Good ini karena bisa distock sebagai persediaan. So Good Spicy Chicken Strip dapat disimpan sampai selama 1 tahun dengan simpan beku dalam freezer, suhu kurang lebih -18'C. Tapi ya boro boro bertahan setahun dalam kulkas, hari ini beli dua bungkus saja,  lusa sudah tinggal sebungkus. Dan sudah kebayangkan berapa lama umur Si So Good Spicy Chicken Strip dengan sensasi pedas menggugah selera ini di kulkas mamak? Hahahaha. Mamaknya tinggal pergi mencari sesuap berlian wkwkwk, pulang-pulang sudah tandas itu sebungkus So Good Spicy Chicken Strip xixixi. Gimana bisa bertahan setahun disimpan dalam kulkas? Dudududu. 

Komposisi bahan So Good Spicy Chicken Strip Sensasi Pedas Menggugah Selera ditulis lengkap dan jelas
So Good Spicy Chicken Strip dengan sensasi pedas menggugah selera ini diproduksi dengan tekhnologi produksi dan mesin modern serta canggih sehingga menghasilkan produk bermutu prima yang higienis dan sangat aman dikonsumsi. Terlebih lagi, semua varian dari merek So Good telah memperoleh sertifikat Halal MUI, jadi sangat aman dikonsumsi. Ngga perlu lagi khawatir dengan proses produksinya, apakah sesuai dengan syariat Islam atau tidak. Dari proses pemotongan ayamnya sehingga menjadi produk frozen food. Semuanya dilakukan dengan mengikuti prosedur sesuai ajaran Islam. Label halal inilah yang semakin memberi rasa aman untuk mengkonsumsi So Good Spicy Chicken Strip dengan sensasi pedas menggugah selera ini. 

So Good Spicy Chicken Strip dengan sensasi pedas menggugah selera ini telah tersedia diberbagai supermarket. Tapi belum sebanyak varian lain sih. Masih agak susah juga mencarinya. Kemarin mamak membelinya di Carrefour dan Indomaret dengan harga sekitar 40 sampai 42 ribu rupiah. Bervariasi sih harga yang dibandrol So Good Spicy Chicken Strip dengan sensasi pedas menggugah selera ini. Teman mamak ada yang membelinya seharga Rp. 37.000,- , ada juga yang membelinya dengan harga Rp. 39.000,- . Sepertinya tergantung supermarket/minimarket atau toko yang menjualnya. Memang sih cukup mahal harganya untuk ukuran 250 gr. Isinya kurang lebih 5 sampai 7 strip. Meski dibandrol dengan harga "lumayan", So Good Spicy Chicken Strip dengan sensasi pedas menggugah selera ini "recomended" banget untuk dijadikan teman makan nasi. Bisa juga sebagai pendamping mie goreng ataupun sebagai teman menyantap salad sayur.

Cara penyajian So Good Spicy Chicken Strip

Ada berbagai cara penyajian So Good Spicy Chicken Strip dengan sensasi pedas menggugah selera ini. Yaitu bisa dengan cara digoreng deepfried. Digoreng ketika masih beku selama 4-5 menit dengan suhu 175'C.  Harus terendam minyak semua bagian dari So Good Spicy Chicken Strip ini. Bisa juga dengan cara dipanggang atau dioven dengan menggunakan oven. Bisa dengan oven listrik atau pun oven konvensional yang nangkring diatas kompor. Dipanggang atau dioven ketika masih beku sekitar kurang lebih tujuh menit. Tergantung daya listrik oven atau daya bakar/panas oven. Pokoknya kalau sudah kuning keemasan berarti sudah matang dan siap untuk disantap. 

Ada sedikit tips ini dari mamak yang jarang masak makanan yang ribet alias penggemar makanan yang praktis masaknya. Jika menyajikan produk frozen food harus pada saat beku dimasaknya dan saat sudah dikeluarkan dalam kulkas dan telah terbuka kemasannya, lebih baik disajikan semua. Kalau pun kebanyakan, lebih baik diambil bagian yang ingin disajikan kemudian sisanya, sesegera mungkin dimasukkan kembali dalam frezeer. Hal ini mencegah kerusakan dan penurunan kualitas frozen food. Cara penyimpanan frozen food yang keliru dan tidak tepat, akan mengakibatkan frozen food mengalami perubahan rasa, warna dan aroma. Itu saja sih tips singkat dari mamak. Semoga bermanfaat yah dan selamat mencoba So Good Spicy Chicken Strip dengan sensasi pedas menggoda selera. 

So Good Spicy Chicken Strip siap disajikan

Selasa, 27 November 2018

Disney Coll-Egg-Tible Series, Koleksi Mainan Spesial Terbaru Alfamart

Koleksi Mainan Spesial Disney Coll-Egg-Tible Series Alfamart

Manfaat Mainan Untuk  Anak-anak

Beberapa hari lalu saat beli roti di minimarket Alfamart, si dedek tiba-tiba mencomot sebuah bungkusan yang dipajang di rak bagian depan dekat kasir. "Bunda, ini isinya apa ya? Micky, Minnie atau teman-temannya yang lain? ","Wah, Bunda ngga tau Dek. Kan tertutup jadi ngga keliatan isinya apa", "Supaya tau isinya apa, beli ini saja ya Bunda. Dedek penasaran isinya yang mana, siapa tau Minnie. Katanya Bunda, kan ini mainan bermanfaat. Jadi ngga pa pa kan Bunda kalau beli ini? ", dan mamak hanya bisa nyengir sambil membatin, "ujung-ujungnya minta beli mainan lagi wkwkwk".

Mainan yang diminta si dedek adalah seri koleksi terbaru yang beberapa waktu lalu diluncurkan Alfamart, Disney Coll-Egg-Tible Series. Disney Coll-Egg-Tible Series adalah rangkaian mainan spesial yang terinspirasi dari karakter-karakter Disney's Mickey Mouse and friends. Mainan ini bukan hanya sekadar mainan biasa yang hanya untuk bermain anak-anak saja tapi memiliki kegunaan lain. Mainan yang berbentuk telur wobbly ini, dalamnya berisi crayon, pulpen, rautan, stamp, dan penghapus. Bukan hanya sebagai alat untul bermain saja tapi juga dapat mengembangkan daya kreativitas anak-anak. 

Seperti yang diungkapkan laman Gosocio. Co. Id yang menyatakan bahwa bermain melalui mainan, disadari atau tidak, akan memiliki peran dalam perkembangan anak-anak untuk membentuk kepribadiannya. Otak anak-anak seperti spons yang dapat menyerap dengan cepat pengetahuan-pengetahuan yang diterima, salah satunya melalui mainan yang ia mainkan. 

Masih mengupas mengenai manfaat mainan untuk anak-anak,  dr. Allert Noya,  seperti yang dilansir oleh laman Alodokter mengungkapkan bahwa anak-anak dapat menikmati mainan mereka jika mainan tersebut sesuai dengan tahap tumbuh kembang mereka, sesuai dengan usia anak-anak. Karena setiap anak memiliki kemampuan dan batasan berbeda saat melakukan sesuatu. 

Seperti rentang usia 0-12 bulan tentu tidak tepat jika diberikan mainan lego yang diperuntukkan untuk anak-anak usia diatasnya. Anak-anak usia di bawah satu tahun, masih mengeksplorasi untuk mengaktifkan panca indera. Sedangkan pada usia 1-4 tahun, anak-anak mulai dapat mengenali lingkungan sekitar. Pada periode ini,  anak berusaha mengetahui cara kerja berbagai hal yang dijumpainya. 

Oleh karena itu, sangatlah penting untuk memberikan mainan sesuai dengan tahap perkembangan dan usia anak-anak agar mainan dapat memberikan manfaat untuk melatih motorik mereka, daya pikir, imajinasi serta kreativitas mereka. Anak-anak usia di atas satu tahun sudah bisa mulai mempelajari tulis menulis, menggambar meski masih berupa coretan. Anak usia 1-4 tahun sebaiknya diberikan mainan seperti krayon warna,  alat tulis, buku atau buku gambar atau mainan lainnya yang dapat menstimulus tumbuh kembangnya,baik untuk merangsang motorik kasar atau motorik halus mereka. 

Untuk membantu merangsang daya kreativitas dan imajinasi mereka,  Alfamart sebagai salah satu ritel terbesar di Indonesia meluncurkan koleksi mainan spesial terbarunya. Yaitu Disney Coll-Egg-Tibles Series. 

Koleksi Mainan Spesial Disney Coll-Egg-Tibles Series

Koleksi mainan spesial Disney Coll-Egg-Tibles-Series ini hanya dapat dibeli di Alfamart. Bentuknya yang unik dan terbungkus rapi mampu membangkitkan rasa penasaran anak-anak. Bukan hanya itu saja, mainan spesial ini bisa digunakan untuk mengasah kreativitas anak-anak karena di dalamnya berisi berbagai jenis alat tulis yang bisa digunakan untuk merangsang motorik kasar dan halus sekaligus. 

Seperti yang diungkapkan oleh Bapak Ryan Alfons,  Marketing Director Alfamart saat launching Alfamart Disney Coll-Egg-Tible Series di Alfa Tower,  Alam Sutera, Tangerang pada tanggal 22-11-2018 lalu, yang mengatakan bahwa mainan spesial ini dapat menjadi mainan mengasyikkan sekaligus bermanfaat untuk anak-anak. Koleksi mainanan spesial ini sengaja diluncurkan bertepatan dengan ulang tahun Micky Mouse yang ke-90 tahun. Tua banget yah umur si Micky hahaha. Mak pikir umurnya masih dua puluhan gitu wkwkwk. Ternyata sudah kakek sepuh hahaha. 

Koleksi mainan spesial Disney Coll-Egg-Tible Series ini terdiri dari delapan karakter Disney. Kedelapan karakter Disney yang bisa dijadikan koleksi ini yaitu Mickey Classic, Mickey Gold,  Minnie Mouse,  Goofy, Pluto, Donald Duck, dan Daisy Duck. Karakter-karakter ikonik Disney banyak digemari oleh para penggemar dari segala usia sehingga koleksi mainan spesial ini dapat menjadi benda yang patut untuk dikoleksi.

Kita bisa mendapatkan mainan spesial Disney Coll-Egg-Tible Series dengan belanja sebesar Rp. 50.000,- kecuali untuk pembelanjaan rokok, e-voucher HP dan susu bayi, kita akan mendapatkan 1 stamp Disney Coll-Egg-Tible Series. Jika sudah terkumpul 15 stamp, kita akan mendapatkan mainan spesial Disney Coll-Egg-Tible Series secara gratis. Atau kalau enggak mau repot-repot mengumpulkan stamp, kita bisa membelinya secara langsung dengan harga Rp. 34.900,- tanpa kartu member Ponta atau Rp. 29.900,- dengan kartu member Ponta. Atau dengan menukarkan 5 stamp + Rp. 24.900,-. Banyak cara untuk mendapatkan koleksi mainan spesial ini, jadi enggak usah bingung untuk membelinya jika sewaktu-waktu ke Alfamart bersama anak dan si anak main comot aja mainan Disney Coll-Egg-Tible. Oh ya untuk periode pengumpulan stamp dilakukan mulai tanggal 19 November 2018 dan bisa penukarannya hingga 15 Januari 2019. Koleksi mainan spesial ini merupakan penawaran eksklusif yang hanya ada di Alfamart dan hanya berlaku pada periode ini saja. Setelah 15-Januari-2019 sudah tidak ditawarkan lagi.

Ternyata bukan cuma mamak saja yang selektif dalam memilih mainan untuk anak ((*ya iyalah. Mamak kepedean aja nih, ibu ibu yang lain juga banyak yang sudah peduli tentang manfaat mainan bagi anak kaliii*)), Nagita Slavina, artis sekaligus Brand Ambassador Alfamart mengatakan bahwa dia memilih mainan yang tepat untuk Rafathar, anaknya dan ibu-ibu haruslah memiliki pengetahuan yang cukup mengenai manfaat mainan untuk anak.  Gigi, sapaan akrab Nagita, menambahkan bahwa bermain, salah satunya melalui mainan yang sesuai dengan kebutuhan umur anaknya dapat memberikan rasa senang sekaligus menjadi sarana mengembangkan fisik-motorik,  sosial-emosional dan kognitif.  Gigi, pada saat acara peluncuran mainan spesial Disney Coll-Egg-Tible Series mengungkapkan bahwa Rafathar yang saat ini berusia 3 tahun,  memang menyukai tokoh-tokoh Disney. Dan Gigi mengaku senang karena Alfamart menyediakan mainan dengan karakter Disney dan memiliki manfaat pula untuk merangsang kreativitas Rafathar.

Tuh Gigi saja sudah beli loh mainan spesial Disney Coll-Egg-Tible Series Alfamart, mosok kalian belum? Buruan deh sebelum kehabisan dan berakhir periode penawarannya. Ntar nyesel loh!

Peluncuran mainan Disney Coll-Egg-Tible Series










Minggu, 25 November 2018

Keseruan Berkunjung Ke Pabrik Ajinomoto Karawang

Pabrik Ajinomoto di Karawang
Setelah sempat "anti" micin karena berkeyakinan bahwa micin dan penyedap rasa lainnya, memiliki dampak yang kurang baik terhadap tubuh terutama untuk perkembangan otak, sekarang mamak *mulai membuka diri* terhadap micin. Mamak mendapatkan informasi yang valid dan berdasarkan kajian ilmiah mengenai micin (monosodium glutamat) pada acara Blogger Gathering Ajinomoto di Bandung beberapa waktu lalu. 

Acara edukatif tentang "micin" tak berhenti hanya disitu saja. Pada awal bulan November, mamak berkesempatan mengunjungi pabrik Ajinomoto yang ada di Karawang. Tepatnya di jalan Sirnabaya,  Teluk Jambe, Karawang Jawa Barat. Pabrik Ajinomoto yang berada di Karawang ini adalah pabrik kedua PT. Ajinomoto, selain pabrik yang berada di Mojokerto. Pabrik yang dibangun pada tahun 2012 ini merupakan tempat produksi bumbu penyedap dan tepung bumbu termasuk Saori dan Sajiku. Pabrik Mojokerto nantinya akan khusus memroduksi penyedap rasa (monosodium glutamat/umami). Pabrik kedua PT. Ajinomoto ini merupakan salah satu perwujudan PT. Ajinomoto dalam menyongsong era industri 4.0. Hampir sebagian besar aktivitas produksi yang dilakukan di pabrik Ajinomoto Karawang ini dilakukan dengan menggunakan mesin dan memanfaatkan teknologi terkini.



Penampakan Pabrik Ajinomoto Karawang
Pertamakali menginjakkan kaki memasuki kawasan industri Karawang, tempat pabrik PT. Ajinomoto Karawang berada, mamak sudah kagum dengan penampilan resik dan apik dari pabrik Ajinomoto ini. Tidak sembarang orang bisa memasuki kawasan pabrik ini. Terbukti, begitu mamak sampai gerbang PT. Ajinomoto, mamak langsung disambut oleh petugas sekurity yang menanyakan siapa mamak,  darimana dan ada tujuan apa ke pabrik Ajinomoto tersebut. Karena memang acara kunjungan Blogger ke pabrik Ajinomoto Karawang sudah masuk kedalam daftar jadwal kegiatan, mamak pun disambut dengan ramah dan kooperatif. Mamak dipersilahkan masuk dan menunggu di sebuah ruangan yang ternyata adalah kantin atau tempat makan karyawan PT. Ajinomoto. 




Kantin pabrik Ajinomoto Karawang

Kantinnya cukup bersih dan nyaman. Mamak dan para teman Blogger lainnya disuguhkan roti frozen yang ternyata salah satu produksi PT. Ajinomoto. Seumur-umur, mamak baru tahu loh kalau PT. Ajinomoto juga memroduksi roti. Mamak pikir hanya bumbu dan tepung bumbu serta mayonaise saja yang diproduksi oleh PT. Ajinomoto. Ternyata mamak salah. PT. Ajinomoto juga memroduksi roti frozen, baru dengar juga kan kalau ada roti frozen atau frozen bread? Sama, mamak juga wkwkwk. Frozen bread merupakan salah satu produk yang dihasilkan oleh PT. Ajinomoto Bakery. Saat ini hanya dapat diperoleh ditempat-tempat tertentu saja dan dijual mengikuti nama penjualnya. Jadi belum menggunakan brand Ajinomoto. Direncanakan, dalam beberapa saat kedepan, frozen bread produksi Ajinomoto Bakery ini akan dilempar kepasaran dengan menggunakan brand Ajinomoto.



Setelah menikmati frozen bread yang ternyata enak dan creamy, seluruh blogger peserta kunjungan pabrik Ajinomoto Karawang diberikan pengarahan dulu mengenai standar keselamatan pabrik. Pengarahan ini cukup penting untuk menghindari hal-hal yang tidak diingini. PT. Ajinomoto memang memiliki program kunjungan pabrik untuk kelompok atau komunitas manapun yang mengajukan permohonan untuk melakukan kunjungan ke pabrik Ajinomoto Karawang. Hal ini bertujuan untuk semakin mengedukasi masyarakat awam terhadap monosodium glutamat sebagai salah satu unsur pembentuk umami yaitu rasa gurih pada makanan. Selama berkeliling pabrik Ajinomoto, tidak diperkenankan mengambil gambar di area produksi. Namun jangan khawatir, kita masih bisa ambil foto dengan spot dan angle ciamik kog. Loh memangnya ada spot ciamik disekitar pabrik Ajinomoto Karawang?  Ada banget. Enggak percaya?  Yuks mulai ikuti keliling pabrik Ajinomoto Karawang. Cuzzz ah hahahaha. 


Keliling Pabrik Ajinomoto Karawang



Keliling pabrik Ajinomoto Karawang
Apa sih yang ada dalam benak kalian saat mendengar kata "pabrik"? Pasti yang terbayang adalah deretan bangunan kokoh dengan berbagai alat dan perlengkapan produksi canggih. Benar sih bayangan tersebut tapi ada yang berbeda dari pabrik Ajinomoto Kerawang ini. Ada beberapa tempat yang memang sengaja didesain semenarik, apik dan se-instagramable mungkin. Serta dibuat tematik berdasarkan produk yang dihasilkan. Contohnya nih saat keliling pabrik tempat Saori dibuat, pertamakali melangkah masuk langsung disambut dengan desain yang Jepang banget dengan ornamen yang menjelaskan mengenai produksi Saori. 

Pabrik Sari Ajinomoto Karawang


Saori
Mamak sudah pernah mengunjungi beberapa pabrik sebelumnya tapi baru di pabrik Ajinomoto ini sih yang menyediakan ruangan instagramable dan berisi penjelasan mengenai produk-produk yang dihasilkan. Keterangan mengenai produk yang dihasilkan di area tersebut dijelaskan secara detil melalui gambar dan penjelasan yang ditempel di dinding ruangan. Kita dapat melihat ruang produksi melalui kaca.

Area pabrik pertama yang dikunjungi adalah pabrik Saori. Saori adalah saos bumbu yang terdiri dari berbagai varian. Ada saori saos tiram,  saori teriyaki, saori asam manis, saori bumbu mentega dan saori lada hitam. Seluruh produksi saos bumbu Saori dilakukan dengan menggunakan bantuan teknologi mesin sekitar 80% dan sisanya tenaga manusia. Karyawan bertugas untuk mengoperasikan mesin dan memastikan kualitas produk (quality control) serta pengepakan. Selebihnya mesin yang bekerja. Kondisi tak jauh berbeda pun nampak terlihat di area pabrik Masako, Sajiku dan tepung bumbu Sajiku. Lebih banyak menggunakan mesin daripada tenaga manusia. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas.

PT. Ajinomoto berupaya menyiapkan diri dalam menghadapi revolusi industri 4.0 sehingga kualitas produk Ajinomoto tidak kalah dari produk-produk sejenis yang diproduksi oleh brand lain. Pabrik Ajinomoto Karawang ini telah memiliki sistem produksi yang canggih dan memenuhi standar kualitas yang ditetapkan seperti telah memiliki prosedur mengelola limbah industri sehingga tidak mencemari lingkungan sekitar pabrik. Pabrik Ajinomoto juga didesain agar tidak membuat polusi udara yang merugikan masyarakat sekitar lokasi pabrik. Lokasi pabrik yang jauh dari pemukiman warga merupakan salah satu cara yang diterapkan oleh PT. Ajinomoto untuk menghindari pencemaran yang merugikan kehidupan warga sekitar.




Mamak akhirnya mengetahui bagaimana proses Masako terbuat. Setiap hari ton-an daging sapi atau ayam dengan kualitas prima diolah menjadi bumbu serbaguna Masako di pabrik Ajinomoto Karawang ini. Daging ayam dan sapi ini diambil ekstraknya dan diolah secara higienis di pabrik yang resik dan sesuai dengan standar yang ditetapkan berdasarkan ISO 9001. SOP yang diterapkan dalam pabrik pun telah memenuhi semua persyaratan yang ditetapkan oleh pemerintah. Sehingga semua produk Ajinomoto yang dihasilkan oleh pabrik Ajinomoto Karawang ini telah memenuhi standar quality control yang ditetapkan.

Setelah keliling pabrik Ajinomoto dan melihat proses produksi, mamak semakin yakin dengan kualitas berbagai produk Ajinomoto seperti Masako, Saori, Sajiku termasuk tepung bumbu Sajiku. Tak ada lagi keraguan untuk menggunakan produk-produk dari Ajinomoto.







Jumat, 23 November 2018

Nano Milenial Force, Film Animasi Karya Anak Bangsa Besutan Siswa BBPLK Bekasi

Animasi karya anak bangsa
Pertamakali melihat film animasi Adit dan Sopo Jarwo, mamak yakin kalau industri kreatif negeri ini akan mampu menghasilkan karya animasi yang bisa bikin bangga. Keyakinan  mamak ini bukan tanpa alasan loh. Karena terbukti film animasi karya anak bangsa seperti Battle of Surabaya, Keluarga Somat dan Adit Sopo Jarwo mampu meraih perhatian segenap penikmat film animasi.

Film animasi karya anak bangsa tersebut memiliki kualitas yang tidak kalah dari film animasi buatan Amerika dan Jepang. Industri film animasi dunia memang masih didominasi oleh film animasi dari kedua negara tersebut. Amerika dengan rumah produksi Disney dan Pixar,  rutin merilis sederet film animasi. Bahkan ada beberapa judul film animasi Holywood ini memperoleh respon yang luar biasa dari pencinta film animasi dunia. Begitupun dengan Jepang,  film animasi buatan negara Sakura ini memiliki kualitas yang tak perlu diragukan lagi. Meskipun begitu, film animasi karya anak bangsa, tak bisa pula dianggap enteng. Film animasi Keluarga Somat contohnya. Film animasi yang tayang disalah satu televisi swasta nasional ini terbukti mampu menyedot perhatian pecinta film animasi negeri ini. Rating yang diraihnya pun cukup baik.

Film animasi karya anak bangsa yang memperoleh apresiasi cukup baik juga diraih oleh Battle of Surabaya. Film animasi karya MSV pictures ini sempat booming pada tahun 2015 lalu. Film animasi karya anak bangsa ini memiliki cerita dan penampilan yang cukup cemerlang. Baik dari tata suara, effect sampai kesesuaian gambar, semua tertata apik. Film animasi yang menjadi kebanggaan Indonesia ini menyuguhkan kualitas grafis dan syarat akan pesan moral tentang perdamaian dan cinta tanah air. Battle of Surabaya menjadi film animasi yang memperoleh penghargaan dari dunia perfilman internasional. 

Perkembangan film animasi di tanah air memang sedang bergeliat. Hal ini pula yang mendorong Kementrian Tenaga Kerja melalui BBPLK Bekasi membuka program pelatihan film animasi. Program pelatihan film animasi BBPLK Bekasi telah berhasil membuat film animasi karya anak bangsa yang berjudul Nano Milenial Force. Film animasi ini merupakan karya dari 32 siswa binaan BBPLK Bekasi yang terdiri dari 32 orang siswa yang berasal dari berbagai daerah termasuk dari Aceh. 

Film Animasi Nano Milenial Force

Flyer film animasi Nano Milenial
Proses produksi film animasi Nano Milenial Force memakan waktu 6 bulan dan dilakukan di Creativeroom BBPLK Bekasi. Nano Milenial Force merupakan film animasi pertama yang diproduksi oleh siswa-siswa BBPLK Bekasi. Film animasi karya anak bangsa ini berkisah tentang petualangan tiga orang peserta magang asal Indonesia selama di Jepang. Tiga peserta magang asal Indonesia tersebut yaitu Nano, Yoko, dan Aris. Mereka tersesat ketika sedang berjalan-jalan di tempat wisata Kuil Kiyomizu di Kyoto. Bangunan yang masuk dalam Warisan Dunia UNESCO ini merupakan bangunan kayu tertua. Menyimpan banyak misteri, sehingga wajar jika tiga peserta magang dari Indonesia itu tersesat.

Dalam ketersesatan itulah mereka bertemu dengan Hanida, sosok pengayom. Mereka diajarkan untuk bersikap profesionalisme, disiplin, tahan uji, dan kemandirian. “Petualangan” dalam ketersesatan ini mempunyai makna besar bagi perjalanan ketiga anak Indonesia tersebut. Yang menjadi awal kehidupan mereka sebagai pengusaha. Bekal magang dan pelatihannya di BBPLK telah membawa mereka lepas dari belenggu karyawan. Mereka berhasil menciptakan pekerjaan untuk orang lain dan tidak lagi tergantung pada orang lain. Film animasi ini memiliki pesan bahwa sudah saatnya generasi muda menciptakan lahan pekerjaannya sendiri.


Peresmian Creative room BBPLK Bekasi

Kementrian Tenaga Kerja RI memfasilitasi pelatihan pembuatan film animasi untuk BBPLK Bekasi. Pelatihan pembuatan film animasi ini diberikan secara cuma cuma kepada anak-anak muda di seluruh Indonesia, terutama yang memiliki minat dalam pembuatan film animasi. Tujuan dari pelatihan pembuatan film animasi ini adalah untuk melatih kreativitas dan jiwa kewirausahaan generasi muda. Ke depannya, Kementrian tenaga kerja akan meningkatkan kerja sama dengan sejumlah pembuat film animasi dunia termasuk Disney dan sebagainya untuk lebih membuka peluang bagi anak bangsa.

Sejalan dengan hal tersebut, pada tanggal 16 November 2018 yang lalu,  Kementerian Tenaga Kerja RI meresmikan Creative room BBPLK Bekasi. Peresmian langsung dilakukan oleh Menteri Tenaga Kerja RI. Peresmian Creative room sekaligus penayangan perdana film animasi Nano Milenial Force ini dihadiri juga oleh anak anak siswa TK Al Husna dan beberapa undangan dari instansi terkait. 


Tempat pembuatan film animasi BBPLK Bekasi

Luas Creative room BBPLK Bekasi adalah 25.30m x 12 m : 303M2. Dan terdiri dari beberapa ruangan, yaitu:
a. Ruang Teater: ruang ditampilkannya pertunjukkan film hasil karya siswa animasi;
b. Ruang Motion Capture adalah ruang untuk proses merekam digital dari gerak gerik aktor yang sudah diberi sensor pada tiap titik acuan yang diinfomasikan ke sebuah system computer khusus menjadi suatu animasi karakter;
c. Ruang dubbing & editing adalah ruang untuk melakukan proses mengisi suara pada suatu tayanngan video dalam sebuah film dengan karakter suara tertentu dan juga ruang untuk melakukan proses editing;
d. Ruang produksi adalah ruang untuk membuat produksi film animasi;
e. Ruang bermain;
f. pantry.

Creative room merupakan ruangan yang difungsikan untuk :
a. memproduksi film animasi;
b. menuangkan imajinasi-imajinasi yang kreatif dan inovatif;
c. melaksanakan pelatihan dalam situasi yang lebih menyenangkan dan nyaman;
d. mengekspresikan ide-ide untuk membuat karya animasi yang dapat dipublikasikan dan bernilai jual.

Keberadaan Creative room BBPLK Bekasi ini diharapkan akan mampu mendorong lebih banyak lagi film animasi karya anak bangsa tercipta. 


Menteri Tenaga Kerja RI dan siswa-siswa pembuat film animasi BBPLK Bekasi 



Rabu, 21 November 2018

Menikmati Me Time Bersama Advan S50 4G Unlimited


Advan S50 4G Unlimited
Kamar dan kasur adalah dua hal yang belakangan ini mamak rindukan. Terdengar sepele namun kesibukan yang kian meningkat membuat mamak tak bisa berlama-lama diatas kasur atau sekadar menikmati suasana kamar dengan leluasa. Sejujurnya, mamak pun tak lagi ingat hari ini hari apa dan tanggal berapa. Waktu berputar begitu cepat. Pagi buta, mamak harus bergegas menuju lokasi acara peliputan, berjejalan bersama pengguna moda transportasi umum lainnya. Siang hari, mamak berada di lokasi acara peliputan terkadang sampai sore bahkan menjelang Maghrib. Letak rumah mamak yang berada dipenghujung Timur Jakarta, membuat waktu tempuh perjalanan pulang menjadi lama dan melelahkan. Jakarta tak pernah sepi dari padatnya arus lalu lintas. 

Setibanya di rumah, malam kian bergulir. Tugas sebagai ibu rumah tangga pun menanti. Belum lagi tugas pekerjaan (deadline tulisan) yang telah melambai memanggil untuk sesegera mungkin dikerjakan. Tak terasa, malam kian larut, hari telah berganti dan mamak hanya punya waktu tak lebih dari 3 jam berada di kasur. Sungguh ritme hidup yang "hectik", tapi mamak menyukainya. Meski terkadang kerinduan untuk menikmati "me time" datang tak terbendung. 

Viu, tontonan drama korea
"Me Time" yang mamak inginkan sederhana tapi bagi mamak hal tersebut mahal nilainya. Seperti hari ini, mamak tak kuasa untuk tidak menikmati "me time" ala mamak saat memiliki sedikit waktu luang. Yeaay hari ini mamak tak ada jadwal kemana-mana. Sejenak melupakan pe-er tulisan yang berbaris rapi. Saatnya bersantai di kasur sambil menikmati drama Korea yang menghipnotis mamak. Drakor ini ampuh membuat mamak melupakan semrawutnya jalanan ibukota dan rentetan kewajiban yang harus segera ditunaikan.

Mamak lebih menyukai streaming drama Korea melalui gawai mamak. Apalagi mamak punya teman baru yang mampu mencuri hati. Advan S50 4G Unlimited. Smartphone ciamik yang menemani aktivitas menonton drakor menjadi lebih tenang dan nyaman. Karena enggak kepikiran dan ketakutan kehabisan paket data. 

Advan S50 4G Unlimited

Advan S50 4G Unlimited membuat kegiatan berselancar mamak di dunia maya jadi bebas hambatan kek jalan tol. Mulus dan ngebut. Selain hobi nonton drakor sambil bermalas-malasan di kasur, mamak juga senang youtub-an.  Ketawa dan nyengir sendiri melihat tingkah polah youtuber kesayangan. Bagi mamak tak ada "me time" yang paling indah selain dapat bermalas-malasan sejenak bersama smartphone andalan sembari menunggu buah hati pulang dari sekolah. 

Advan S50 4G Unlimited juga jadi favorit anak mamak karena dengan smartphone ini dia dapat bebas browsing tugas-tugas sekolahnya tanpa direcoki ocehan bundanya yang takut paket data habis. Yang berarti pengeluaran bertambah. Maklum lah ya namanya juga emak-emak. Sebisa mungkin ngga ada pengeluaran tambahan wkwkwk.

Bagi penggiat media sosial seperti mamak,  sangatlah penting memiliki "senjata" dengan internet lancar dan unlimited. Jadi ngga kepikiran pemakaian paket data akan jebol. Terlebih lagi pada saat mamak melakukan pekerjaan sebagai influencer yang harus melakukan live tweet berjam-jam dengan waktu dan tempat yang terkadang tak bisa diprediksi. Kalau tak didukung dengan jaringan internet yang lancar dan unlimited, bakal repot juga jadinya. Oleh karena itu kehadiran Advan S50 4G Unlimited sangat membantu mamak. Terutama saat "me time" bersama "oppa oppa idola" hahahahaha. Advan S50 4G Unlimited pengertian banget. 

Ini loh keunggulan dari Advan S50 4G Unlimited yang pastinya bikin hati tersenyum gembira. Buat kamu yang minat bisa langsung cek di Official Advan ya.

Keunggulan Advan S50 4G Unlimited

Selasa, 20 November 2018

Corine de Farme Purity Micellar Water Travel Size, Traveling Makin Menyenangkan


Traveling adalah salah satu hobi yang tak pernah bisa untuk mamak tinggalkan. Sedari usia remaja hingga saat ini, mamak selalu menyempatkan diri untuk mengunjungi daerah-daerah cantik di negeri ini khususnya traveling ke tempat yang belum pernah mamak datangi. Namanya juga traveling ya terkadang mamak keluar masuk hutan, panas-panasan menikmati teriknya cuaca pantai atau keliling tempat wisata. Semua aktivitas tersebut mau ngga mau bikin kulit wajah jadi lengket dan terlihat kusam. 

Apalagi jika pas traveling nih untuk berpindah tempat dari satu lokasi ke lokasi lainnya, mamak menggunakan jasa ojek  motor  online, duh ini muka kayaknya udah penuh tumpukan debu aja. Mamak wajib bawa pembersih muka karena ngga mau wajah mamak terlihat "butek" tertangkap kamera smartphone pada saat foto. Sayang kan kalau lokasinya sudah bagus tapi obyek fotonya lecek dan terlihat kusam. Duh enggak banget kan?!

Jayawijaya, Papua
Biasanya pada saat traveling, mamak selalu membawa facial foam. Agak ribet sih memang. Selain harus mencari tempat mencuci muka yang ngga selalu ada karena mamak terkadang tinggal dipelosok yang minim air. Ukuran facial foam yang lumayan besar juga nambah space sih.Jadi bikin malas bawa juga. Mamak nih pengennya kalau pas traveling, bawa perlengkapan yang praktis dan seminimalisir mungkin. Ngga enak khan traveling tapi keberatan bawa barang wkwkwk

Sekarang sih mamak lebih senang bawa micellar water pada saat traveling. Simple sih makainya. Tinggal modal kapas doang,  mamak bisa pakai micellar water di mana saja pada saat traveling. Praktis kan? Micellar water yang pertamakali mamak bawa traveling adalah Ovale Micellar Cleansing Water ukuran 100 ml. Ini ukuran terkecil dari produk Ovale tapi masih kebesaran pada saat dibawa traveling. Mamak coba cari nih merek lain yang menjual produknya dengan ukuran yang pas untuk traveling yaitu dibawah 100 ml. Akhirnya ketemu deh Corine de Farme Purity Micellar Water ukuran 50 ml yang memang dihadirkan untuk dibawa traveling.

Corine de Farme Purity Micellar Water Travel Size


Corine de Farme Purity Micellar Water Travel Size


Corine de Farme Purity Micellar Water ukuran 50ml ini adalah micellar water dari Corine de Farme dengan travel size. Produk ini dapat dibeli di Guardian dan Watson atau melalui e-commerce seperti Tokopedia,  Buka Lapak, Bibli dan lainnya. Masih agak susah sih nemuin yang travel size ini. Corine de Farme Purity Micellar Water travel size ini dibandrol sekitar Rp. 40.000,-. Harga yang lumayan sih apalagi merek lain dengan ukuran sama dibandrol dengan harga sekitar 25 ribuan. Mayan banget kan beda harganya?



Manfaat Corine de Farme Purity Micellar Water yaitu :
-Formulanya yang natural dengan efektif dapat menghapus make up dan membersihkan wajah, mata dan bibir dengan cepat dan bersih. Selling ulas, kotoran Di wajah langsung terangkat;
-Mengandung formula lembut dan ekstrak bunga peoni yang dikenal karena sifat toningnya;
-Membuat kulit segar dan memperbaiki kerapuhan kulit kering dan sensitif;
-Hasil yang membuat kulit lembut, segar dan lembab, tanpa terasa gatal atau kencang.
Corine de Farme Purity Micellar Water ini diperuntukkan untuk jenis kulit sensitif.

Mamak termasuk orang yang jarang make up. Jangankan make up, pakai bedak saja jarang. Paling mamak pakai sun protector untuk melindungi wajah dari efek buruk sinar matahari. Wajib banget nih dipakai apalagi pada saat traveling.  Sesekali mamak juga pakai matte lip cream . Meskipun jarang pakai makeup,  tetap saja mamak kudu bersihin muka apalagi saat traveling.


Awal makai Corine de Farme Micellar Water ini, agak terganggu dengan aromanya yang cukup menyengat untuk mamak sih. Tapi lama kelamaan ya biasa saja. Pada saat disapukan ke wajah untuk membersihkan kotoran dan debu yang menempel, apalagi saat traveling nih banyak banget kotoran ngikut kewajah, Corine de Farme Purity Micellar water ngga terasa panas dikulit. Hal yang paling bikin wow adalah ketika melihat warna permukaan kapas yang dipakai untuk membersihkan wajah. Kapas yang tadinya putih bersih jadi bernoda xixixi.

Sejauh ini mamak tak ada masalah membersihkan wajah dengan Corine de Farme Purity Micellar Water. Cocok cocok saja sih. Karena biar sekeren apapun manfaat micellar water,  tetap saja cocok-cocokan untuk kulit wajah ya. Jadi jangan cepat ambil keputusan untuk mengatakan satu produk micellar water itu buruk saat tak cocok kita pakai. Karena bisa jadi pada saat orang lain yang pakai ya cocok-cocok saja. Balik lagi nih ke Corine de Farme Purity Micellar Water travel size, ukuran ini sangat pas dan nyaman dibawa traveling. Traveling jadi semakin nyaman dan menyenangkan berkat Corine de Farme Purity Micellar Water travel size.