Yeay, Donor Darah Bersama DokterSehat di #AksiSehatCeria


Hidup terlalu berharga jika hanya digunakan untuk memikirkan diri sendiri saja. Mengikuti ego, tak kan membuat kita menjadi bahagia. Hal inilah yang selalu mamak yakini dan menjadi alasan mengapa mamak selalu ingin berbagi dan bisa memberikan 'sedikit hal' yang berharga untuk orang lain yang membutuhkan. Menurut mamak, untuk menjadi bermanfaat atau dapat memberikan sesuatu pada orang lain yang membutuhkan, tak perlulah menunggu kaya dulu atau menanti hingga diri siap untuk berbagi. Saat diri diberikan kesehatan dan kesempatan oleh Tuhan untuk bermanfaat bagi orang lain maka saat itulah saat yang tepat dan terbaik untuk menjadi manusia "berguna".

Percaya deh kalau nunggu kesiapan, ngga akan pernah siap-siap. Yang ada malah ngerasa kurang saja dengan semua yang telah Tuhan berikan. Kalau menurut mamak sih mumpung masih diberi umur dan sehat, lebih baik disegerakan berbuat baik. Salah satu contohnya adalah melakukan donor darah. Yups, donor darah. Perbuatan baik dan mulia yang tak perlu menunggu harus punya uang banyak, asal sehat dan memenuhi syarat untuk mendonorkan darahnya, itu saja sudah cukup. Sesimpel itulah untuk menjadi bermanfaat bagi orang lain.


Kalian pasti banyak yang belum tahu jika kebutuhan kantung darah di Indonesia masih kurang. Menurut data WHO, kebutuhan darah di Indonesia pertahunnya mencapai 5,1 juta kantong darah sementara yang terpenuhi hanya sekitar 4,6 juta kantong darah. Data ini menunjukkan masih terjadi kekurangan kesediaan kantong darah yang cukup banyak di Indonesia. Bahkan berdasarkan data Kementrian Kesehatan RI, 9% kematian ibu yang baru melahirkan terjadi karena kebutuhan darahnya tidak terpenuhi pada saat pascamelahirkan (sumber berita: Harian Media Indonesia).
Kondisi inilah yang menjadi salah satu alasan Dokter Sehat tergerak untuk mengadakan #AksiSehatCeria yang diselenggakan di Ciputra Medical Center, Lotte Shopping Avenue Lt. 5, Jakarta Selatan pada Sabtu tanggal 15-9-2018. 

Bersinergi dengan Indodax, Ciputra Medical Center , Blood for Life Indonesia ( Blood4lifeID ) dan Blogger Perempuan Network, Dokter Sehat mengadakan acara talkshow seputar pola makan sehat dan aksi donor darah. Acara ini gratis dan terbuka untuk umum. Khalayak umum cukup antusias merespon acara dengan tajuk #AksiSehatCeria ini. Hal ini ditandai dengan cukup ramainya peserta talkshow dan donor darah yang hadir.

Bapak Indra Adam Darmawan selaku CEO & Co-founder DokterSehat menjelaskan bahwa acara #AksiSehatCeria diadakan dalam rangka memperingati hari Palang Merah Indonesia (PMI) pada tanggal 17 September dan juga merupakan salah satu bentuk kepedulian terhadap bencana alam yang belum lama terjadi di Indonesia.

Dalam rangka merayakan HUT Palang Merah Indonesia ke 73, Dokter Sehat mengajak masyarakat dari semua golongan untuk meningkatkan kesadaran akan kesehatan dan pentingnya berbagi dengan sesama melalui kegiatan donor darah. Kegiatan ini juga sebagai apreasiasi Dokter Sehat terhadap kontribusi PMI selama 73 tahun ini dalam membantu membangun bangsa dan menolong sesama.

Health Talk #AksiSehatCeria

Narasumber Health Talk dan MC
Salah satu acara #AksiSehatCeria adalah talkshow seputar pola makan sehat dan pentingnya memenuhi kebutuhan kantong darah di Indonesia. Talkshow kesehatan ini menghadirkan dua pembicara yaitu dr.Christopher Andrian, M.Gizi, Sp.GK selaku Clinical Nutrition Specialist Ciputra Medical Center dan Faisal Nur Hidayat selaku Koordinator Divisi Edukasi Blood4lifeID.

Pembicara pertama yaitu dr. Christopher memaparkan tentang pentingnya menjaga pola makan sehat (healthy eating) agar terhindar dari obesitas yang merupakan salah satu masalah kesehatan yang cukup merisaukan.
Berdasarkan data Riskesdas, jumlah penderita obesitas di Indonesia menunjukkan angka yang cukup tinggi. Data Riskesdas tahun 2013 menunjukkan bahwa penderita obesitas di Indonesia didominasi oleh perempuan. Masalah obesitas tidak bisa dianggap sepele. Karena obesitas merupakan penyebab datangnya berbagai penyakit berbahaya seperti diabetes, jantung koroner, hipertensi dan kolesterol. Untuk mengetahui apakah seseorang tersebut menderita obesitas atau tidak yaitu dengan mengukur indeks massa tubuh. Obesitas disebabkan oleh jumlah kalori yang masuk tidak seimbang dengan jumlah kalori yang keluar.

dr.Christopher
Obesitas di Indonesia ada dua jenis yaitu obesitas yang merata (kelebihan lemak pada beberapa bagian tubuh yang menjadi besar) dan obesitas sentral (kelebihan lemak pada bagian perut saja). Dan obesitas sentral inilah yang berbahaya. Karena lemak dapat membungkus jantung, hati dan dapat pula menyebabkan penyumbatan pembuluh darah. Obesitas dapat menyebabkan komplikasi penyakit.

Obesitas apapun jenisnya harus diatasi dengan cara menerapkan pola hidup sehat salah satunya dengan pola makan sehat. dr. Christopher memaparkan bahwa pola makan hidup sehat dapat diterapkan dengan memperhatikan 4J. Jenis makanan, jumlah (komposisi) makanan yang masuk, jadwal makan dan jurus memasak. Untuk menurunkan berat badan dan menerapkan pola hidup sehat, kita harus makan
berdasarkan healthy eating. Dalam sepiring makan kita harus memiliki komposisi karbohidrat tidak lebih dari 1/5 isi piring atau benar-benar tidal ada karbo-nya. Dianjurkan untuk mengonsumsi protein nabati dan hewani serta perbanyak buah dan sayur dalam isi piring makan kita.

Jika ingin mengurangi berat badan seperti mamak ini contohnya, sebaiknya mengurangi karbohidrat yang masuk dalam tubuh kita termasuk semua makanan yang terbuat dari segala jenis tepung. Disadari atau tidak, kita terlalu banyak memasukkan berbagai olahan tepung dalam tubuh kita. Menurut dr. Christopher jika ingin hidup sehat dan menurunkan berat badan, mulailah memangkas karbohidrat yang masuk tubuh. Huhuhu ini terasa berat untuk mamak hiks.

Dokter Chris juga mengatakan bahwa tidak semua model diet cocok diterapkan untuk semua orang. Setiap orang memiliki kondisi tubuh yang berbeda sehingga model diet yang cocok dilakukannya pun berbeda pula. Sangat penting untuk mengatur jadwal makan agar penyerapan nutrisi makanan dapat maksimal dan tidak terjadi penumpukkan lemak pada bagian tubuh tertentu. Kita juga harus menghindari makanan yang digoreng. Makanan sebaiknya dimasak dengan cara ditumis, direbus atau dikukus.

Ada lagi nih yang cukup penting untuk dilakukan, jangan abaikan pula masalah komposisi makanan yang kita konsumsi. Cek dulu komposisi label makanan yang kita beli. Jangan sampai kita terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi lemak, karbo dan gula. Emang sih ya untuk dapat hidup sehat itu diperlukan kedisiplinan dan kesadaran menjaga asupan makanan yang dikonsumsi. Dan bagi mamak, hal ini cukup berat untuk dilakukan wkwkwk. Mamak paling suka kuliner soalnya hiiiks. Oh ya dr. Chris mengingatkan untuk melakukan aktivitas fisik secara rutin selama 30 menit.

Setelah dr. Chris menjelaskan mengenai pola hidup sehat, talkshow dilanjutkan dengan pemaparan mengenai pentingnya donor darah dan penjelasan mengenai Blood for Life Indonesia oleh Mas Faisal. Seperti yang telah mamak ungkapkan sebelumnya bahwa kebutuhan kantong darah di Indonesia masih kurang dan kondisi inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa Blood4LifeID didirikan pada tahun 2009 silam oleh Mba Valencia. Mas Faisal menjelaskan bahwa saat ini ketersediaan darah di Indonesia masih kurang 500 ribu kantong darah per tahun. Kondisi ini mengakibatkan konsekuensi yaitu pasien yang membutuhkan darah tertentu akan kesulitan mendapatkan darah yang dibutuhkan. Kondisi inilah yang membuat mengapa PMI dan beberapa pihak terkait selalu menghimbau masyarakat untuk melakukan donor darah.

Blood4LifeID memiliki IGD Maya. IGD Maya ini bukan nama seorang perempuan loh tapi sebutan untuk orang-orang yang memiliki pengalaman dalam bidang donor darah yang menghandle informasi seputar donor darah selama 24 jam nonstop. Jika ada yang membutuhkan bantuan seputar donor darah, bisa menghubungi kontak di bawah ini.



Donor Darah #AksiSehatCeria


Setelah acara talkshow selesai, #AksiSehatCeria dilanjutkan dengan acara donor darah yang diikuti oleh peserta umum dan blogger. Tadinya mamak berharap dapat ikut mendonorkan darah mamak. Namun sayang, kondisi kurang fit karena diare membuat mamak ditolak jadi pendonor *lap airmata, sedih xixixi. Donor darah dipercaya dapat membuat kondisi badan menjadi lebih sehat. Selain itu, dengan rutin donor darah, kita dapat membantu hidup saudara kita yang memerlukan. Sebelum donor darah, calon pendonor diwajibkan mengisi form dan diperiksa kesehatannya lebih dulu untuk memastikan bahwa tubuhnya cukup sehat untuk melakukan donor darah.

Pemeriksaan sebelum donor darah
Tak perlu takut dan ragu untuk donor darah karena semua sampel darah yang masuk akan diteliti untuk diperiksa kelayakannya. Ada beberapa catatan kecil yang harus selalu diingat jika ingin melakukan donor darah yaitu jangan mengonsumsi obat apapun dalam kurun waktu 48 jam dari waktu pelaksanaan donor darah, tidak boleh dalam kondisi haid atau menstruasi, tekanan darah stabil dan Hb normal. Ternyata bukan hanya mamak yang ditolak untuk donor tapi beberapa rekan blogger pun ditolak untuk mendonorkan darahnya karena kondisi mereka kurang layak sebagai pendonor.

Setua ini eh masih belia sih hahaha mak baru tahu loh kalau prosedur untuk donor darah itu tidaklah sesimpel yang mak pikirkan. Dan katanya dengan rutin donor darah dapat menurunkan berat badan. Ini masih "katanya" loh xixixi. Mamak mendukung penuh nih aksi yang diprakarsai oleh Dokter Sehat, Indodax, Ciputra Medical Center dan Blood4LifeID ini. Semoga semakin banyak yah aksi-aksi serupa yang digagas oleh pihak-pihak yang peduli terhadap nasib orang lain yang membutuhkan transfusi darah.

Donor Darah #AksiSehatCeria
Oh ya bukan hanya acara ini saja loh yang Dokter Sehat lakukan untuk meningkatkan taraf kesehatan masyarakat di tanah air, Dokter Sehat mengadakan blogging competition tentang pola hidup sehat. Hadiahnya bikin mupeng banget. Uang tunai jutaan rupiah. Wiiiih ajib, kan?!
Untuk keterangan detilnya dapat dilihat di www.doktersehat.com/blogsehatceria .


Sekilas Tentang Indodax

Indodax adalah platform untuk membeli dan menjual Digital Asset seperti Bitcoin, Ethereum, Ripple dan lain sebagainya. Digital Asset bisa dibeli menggunakan Rupiah atau Bitcoin. Indodax menyediakan sistem yang mudah, cepat dan aman untuk melakukan transaksi Digital Asset.

Acara #AksiSehatCeria merupakan salah satu bentuk Corporate Social Responsibility (CSR) Indodax bersama Dokter Sehat dalam rangka memperingati Hari PMI serta untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya gaya hidup sehat serta berbagi untuk kemanusiaan.

Ciputra Medical Center



Komentar

  1. #aksisehatceria bisa membawa perubahan terhadap orang yang kita tolong dan diri kita sendiri. Lebih sehat, enak bobo

    BalasHapus
  2. Pingin banget ikutan donor darah, semoga suatu Hari bisa, saat ini gak Tau masih takut donor darah, takut jarumnya hehe

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Onggy Hianata, Sang Inspirator Value Your Life

Belanja Asik Di Giant Dengan Harga Teman

Hexpharm Jaya, Obat Generik Kualitas Paten