Tokoh Inspiratif, Website yang Menginspirasi


Inspirasi. Apa yang terlintas dalam benak kalian saat mendengar kata inspirasi? Inspirasi menurut saya adalah tindakan atau perbuatan dari orang lain yang menggugah hati saya untuk melakukan 'sesuatu' karena terdorong oleh tindakan orang lain tersebut. Itu sih kalau menurut saya. Namun jika melihat ke KBBI, inspirasi adalah suatu proses yang mendorong atau merangsang pikiran untuk melakukan sesuatu tindakan terutama melakukan sesuatu yang kreatif. Inspirasi dapat diperoleh dari siapapun, dimanapun dan kapan saja. Inspirasi merupakan suatu proses untuk melakukan tindakan setelah melihat atau mempelajari sesuatu yang ada di lingkungan sekitar kita.

Inspirasi berbeda dengan motivasi. Motivasi adalah proses yang mendorong atau mempengaruhi seseorang untuk mendapatkan atau mencapai apa yang diinginkannya. Sedangkan inspirasi merupakan ide-de kreatif yang muncul dari dalam diri setelah ada rangsangan dari luar. Sudah agak jelas ya pengertian inspirasi. 

Dalam hidup ini, pasti kita punya dong orang yang menginspirasi? Orang yang membuat kita melakukan sesuatu yang bermanfaat untuk diri kita sendiri maupun orang lain. Saya pun memiliki orang yang menginspirasi, yang membuat saya semakin yakin dengan "langkah" yang saya ambil saat ini.

Membicarakan tentang orang yang menginspirasi, ternyata "diluar" sana, banyak loh orang-orang yang menginspirasi. Mereka melakukan "hal hal" luar biasa sebagai upaya untuk memperbaiki kehidupan bangsa. Tokoh-tokoh inspirasi ini yang melatarbelakangi lahirnya website tokoh inspiratif id. Tokoh inspiratif id didirikan oleh sekumpulan individu dan organisasi yang memiliki kepedulian terhadap masa depan bangsa.

Tokoh inspirasi yang hadir di acara launching website tokoh inspuratif 
Tokoh inspiratif id bertujuan untuk memberikan rangsangan bagi banyak orang untuk mengambil peran supaya dapat menjadi inspirator untuk Indonesia yang lebih baik serta menularkan semangat membangun Indonesia lebih baik lagi. Website ini diluncurkan dengan harapan makin lebih banyak lagi orang  terinspirasi untuk menjadi inspirasi.

Peluncuran website tokoh inspiratif id dilaksanakan pada tanggal 9 Agustus 2018 di Restoran Ocha Bella Hotel Morissey Jakarta Pusat. Acara peluncuran website tersebut dihadiri oleh beberapa tokoh yang menginspirasi di bidangnya masing-masing. Tokoh inspiratif yang hadir dalam acara peluncuran website tokoh inspiratif id adalah Bapak Imam B Prasojo, Prof. Sulistyowati Irianto, Bapak Ray Rangkuti, Mba Nur Hidayati (Mba Yaya), Ibu Titi Anggraini, Ibu Ratna Dewi Petalolo dan Mas Merah Johansyah Ismail. Hadir pula Mas Chalid sebagai penggagas hadirnya website tokoh inspiratif id.

Website ini mencakup 11 kategori tipe inspirasi. 11 kategori tipe inspirasi ini mencakup berbagai latar belakang, minat, yang memuat semangat berkobar dan menyala-nyala mengajak semua orang dari berbagai kalangan, usia, latar belakang untuk berbuat baik demi kehidupan Indonesia yang lebih baik. Melalui website ini, setiap orang berhak untuk mengusulkan dan ambil bagian untuk menjadi inspirasi bagi bangsa.

11 kategori inspirasi tersebut, adalah:
1. Kategori Difabel
Tokoh kategori difabel yaitu Annisa Rahmania, pegiat Young Voice Indonesia. Dia tak mau disebut tuna rungu, lebih suka disebut tuli. Baginya keterbatasan fisik yang ia miliki bukanlah halangan untuk berprestasi dan mendunia. Dara muda ini telah menorehkan prestasi nasional dan dunia. Saat ini dia sedang menggarap proyek pembuatan buku ilustrasi tentang UU Disabilitas yang mudah dipahami oleh disabilitas intelektual. Sayangnya, anak muda ini berhalangan hadir dalam acara peluncuran website tokoh inspiratif id.

2. Kategori Akademisi
Tokoh kategori ini adalah Prof. Dr. Sulistyowati Irianto, Guru Besar Antropologi Universitas Indonesia yang selalu berjuang, tak gentar melawan korupsi. Bagi Beliau, korupsi bukan hanya sekedar pelanggaran hukum tapi lebih dari itu, korupsi juga merupakan pelanggaran terhadap hak asasi orang lain.

3. Kategori Aktivis Organisasi Nonpolitik
Tokoh kategori ini adalah Nur Hidayati atau akrab disapa Mba Yaya, Direktur Eksekutif Nasional Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi). Beliau menyuarakan suara hati pejuang lingkungan.
Satu lagi tokoh inspiratif kategori ini adalah Mas Merah Johansyah Ismail. Beliau adalah anak muda yang lantang membicarakan masalah carut marut dunia pertambangan di Indonesia. Mas Merah adalah koordinator Nasional Jaringan Advokasi Tambang (Jatam). Mas Merah menyarankan agar konsumsi kapitalistik harus diubah. Generasi milenial harus menjadi bagian dari solusi atas ketidakadilan di sektor pertambangan dan lingkungan yang terus terjadi. Karena menurutnya kaum mudalah yang paling bisa mengurus negara.

4. Kategori Demokrasi
Ibu Titi Anggraini merupakan Direktur Eksekutif Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perluden). Beliau gigih menyuarakan tentang bagaimana harusnya demokrasi di negeri ini dijalankan. Demokrasi bukanlah pilihan sistem terbaik tapi demokrasi dengan segala kekurangannya memungkinkan kita untuk mendebatkan dan mendiskusikan kelemahan demokrasi agar menjadi lebih baik.

5. Kategori Kesehatan
Tokoh inspiratif kategori ini adalah Dokter Gamal Albinsaid. Memiliki rencana besar dalam aktivitas kemanusiaan. Asuransi sampah yang dia rintis telah dikembangkan disejumlah daerah dengan metode dan pendekatan kearifan lokal.

6. Kategori Guru
Tokoh kategori ini adalah Mba Retno Listyarti, Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia. Beliau pernah menjadi guru PPKN selama belasan tahun. Bu Retno adalah sosok wanita tangguh yang mengadvokasi siswi korban kekerasan seksual.

7. Kategori Komunitas
Tokoh kategori ini adalah Syaifuddin Zuhri atau akrab dipanggil Gus Udin. Beliau prihatin dengan kondisi luas hutan yang makin menyempit akibat penggundulan dan pembalakan liar. Gus Udin berjuang supaya hutan di Batu, Malang dapat kembali ijo royo royo agar negeri ini bisa selamat dan tegak sebagai negara.

8. Kategori Masyarakat Adat
Tokoh kategori ini adalah Afrida Erna Ngato, Kepala Suku Pagu, Halmahera Utara. Beliau adalah perempuan pertama di negeri ini yang terpilih menjadi kepala suku. 

9. Kategori Seniman
Untuk orang seumuran saya, nama Glen Fredly sangatlah familiar. Terutama untuk saya sih. Bisa dibilang saya adalah salah satu fans berat Glenn Fredly. Beberapakali saya sempat menyaksikan konsernya secara langsung. Lagu-lagunya mampu menyihir penggemarnya. Glenn adalah seorang musis jenius, ini sih menurut saya wkwkwk. Musiknya tulus dan berasal dari hati. Glenn juga peduli terhadap kelestarian lingkungan.  Bagi saya suara Glenn jarang ada yang menyamai.

10. Kategori Aparatur Pemerintah
Tokoh yang menginspirasi pada kategori ini adalah Ibu Ratna Dewi Petololo. Beliau adalah anggota Bawaslu RI Divisi Penindakan. Baginya peran Bawaslu sangatlah penting dalam menentukan kualitas pemilu.

11. Kategori Nelayan
Saya agak surprise yah dengan kategori terakhir ini. Nelayan. Apalagi tokoh kategori ini jatuh pada sosok anak muda. Sangat menginspirasi. Jarang loh anak muda yang peduli dengan kehidupan nelayan dan kelautan. Sosok anak muda ini adalah Muhammad Riza Adha Damanik. Baginya lautan adalah masa depan bangsa yang harus dikelola secara baik oleh negara, nelayan dan seluruh rakyat Indonesia secara bersama-sama.

Nah itulah 11 kategori  yang mungkin salah satunya bisa menginspirasi kalian untuk berbuat "sesuatu" yang bermanfaat bagi negeri ini.

Bapak Imam B Prasojo





Komentar

  1. Baru tahu ada situs tokoh inspiratif.
    Kalau Blogger kira-kira masuk karegori komunitas, kali ya?

    Oh iya, tentang motivasi dan inspirasi, aku jadi lebih mengerti , terima kasih ya, mba :).

    BalasHapus
  2. Kategorinya lengkap, semoga website tokohinspiratif bisa bantu mereka terhubung ke pihak yang berkepentingan juga bisa tularkan inspirasinya

    BalasHapus
  3. ya mak emang jarang orang melirik nelayan, padahal mereka punya jasa juga karena sudah menangkap ikan klo ga ada mereka harga ikan bisa mahal

    BalasHapus
  4. semoga mereka tak lelah berjuang.. dan moga makin banyak yang mengikuti jejaknya

    BalasHapus
  5. Semoga Saya bisa mengambil hikmahnya setelah membaca pengalaman orang - orang yang hebat ini. Aaaamiiin.

    BalasHapus
  6. Semoga akan semakin banyak bermunculan tokoh tokoh inspiratif di Indonesia dan membawa Indonesia pada kebaikan.

    BalasHapus
  7. Usually, I never comment on blogs but your article is so convincing that I never stop myself to say something about it. You’re doing a great job Man. Best article I have ever read

    Keep it up!

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Onggy Hianata, Sang Inspirator Value Your Life

Belanja Asik Di Giant Dengan Harga Teman

Hexpharm Jaya, Obat Generik Kualitas Paten