Festival Sahabat Generasi Maju SGM Eksplor


"Pilih anak pintar atau anak berkarakter? atau anak pintar dan berkarakter?" (Ayah Edy)
Kalimat tersebut diucapkan oleh Ayah Edy, seorang motivator parenting Indonesia dalam sebuah workshop tentang potensi prestasi anak yang sempat saya ikuti pada awal tahun 2017 lalu. Sebagai seorang ibu, saya pasti menginginkan anak saya tumbuh optimal dan sesuai dengan fase-fase pertumbuhannya baik secara fisik maupun psikologis. Saya menyadari bahwa tidaklah mudah untuk menjadi orangtua yang mampu memenuhi  tumbuh kembang anak secara optimal baik fisik maupun psikologisnya. 

Saya tidak ingin anak saya tumbuh cerdas dan sehat secara fisik namun memiliki karakter lemah, mudah menyerah dan tidak dapat beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Atau sebaliknya. Berkarakter tapi memiliki fisik yang tidak tumbuh optimal dan memiliki tingkat kecerdasan yang rendah . Saya dan suami ingin anak-anak kami dapat tumbuh optimal sebagai anak generasi masa depan yang sehat, cerdas dan berkarakter. Oleh karena itulah, saya selalu semangat menghadiri workshop, seminar ataupun talkshow seputar tumbuh kembang anak dan parenting.

Si Kecil yang hobi bergaya di depan kamera
Ayah Edy selalu menekankan bahwa masing-masing anak memiliki potensi dan kemampuan berkembang yang berbeda-beda. Setiap anak itu unik. Mereka tidak bisa dan seharusnya tidak boleh saling dibandingkan satu dengan yang lainnya karena setiap anak adalah pribadi yang istimewa.

Kahlil Gibran dalam salah satu puisinya mengungkapkan bahwa, "Anakmu bukanlah milikmu, mereka milik kehidupan. Mereka lahir dari kamu tapi mereka bukan kamu". Goresan pena Gibran ini memiliki makna bahwa anak-anak memiliki kehidupan dan keinginan sendiri. Mereka memiliki minat, bakat dan perkembangan jiwa sendiri. Meskipun kita orangtuanya tapi mereka bukan kita, mereka adalah diri mereka sendiri. Karena itu mereka harus berkembang sesuai dengan fase-fase tumbuh kembang dan menjadi diri sendiri. Untuk mampu melihat dan memahami potensi serta perkembangan (tumbuh kembang) anak, ada lima aspek penting yang harus diketahui orangtua yaitu aspek sosial, kognitif, fisik, bahasa dan emosi.

Festival Sahabat Generasi Maju SGM Eksplor

Senada dengan apa yang diungkapkan oleh Ayah Edy dalam beberapa seminar parentingnya, Mba Anna Surti Ariani, S.Psi, M.Si.,Psi seorang psikolog anak dan keluarga pada acara Festival Sahabat Generasi Maju SGM Eksplor di Summarecon Mall Bekasi juga mengungkapkan bahwa langkah penting yang dapat dilakukan oleh orangtua adalah mendukung anak memiliki 5 aspek penting dalam tumbuh kembangnya yang disebut sebagai 5 potensi prestasi anak generasi maju.
5 potensi prestasi anak generasi maju mencakup:
1. Cerdas kreatif : anak cepat menangkap dan mengerti serta memiliki banyak ide;
2. Percaya diri : menumbuhkan rasa percaya diri pada diri anak merupakan sesuatu hal yang penting. Anak harus yakin pada kemampuannya sendiri;
3. Tumbuh tinggi dan kuat : tumbuh kembang anak harus sesuai dengan tahapan usianya;
4. Supel : anak harus dapat berteman dan bekerjasama, berbagi, sopan dan mempunyai banyak ketrampilan sosial lainnya. Memiliki kemampuan beradaptasi yang baik dengan lingkungannya;
5. Mandiri : anak mampu mengandalkan diri sendiri untuk melakukan aktivitas dalam kehidupannya.

Salah satu langkah penting yang harus saya lakukan sebagai seorang ibu adalah memastikan anak-anak saya tercukupi kebutuhan nutrisinya untuk mengoptimalkan tahapan dan aspek tumbuh kembang mereka sesuai dengan usianya. Saya juga harus rutin menggali dan mengasah potensi yang ada dalam diri anak-anak saya.  Pemenuhan nutrisi dan stimulasi yang tepat dapat mendukung anak memiliki masa depan yang lebih baik dan membangun generasi yang lebih maju. SGM Eksplor mendukung dan berkomitmen untuk membangun anak generasi maju melalui inovasi terbarunya yaitu SGM Eksplor dengan Complinutri.

Suasana Festival Sahabat Generasi Maju
Festival Sahabat Generasi Maju mengajak orangtua untuk mampu melihat dan menunjukkan potensi prestasi anak. Festival Sahabat Generasi Maju diadakan di Summarecon Mall Bekasi dan kegiatan ini merupakan penutupan dari serangkaian acara Festival Sahabat Generasi Maju yang telah lebih dulu dilakukan sejak pertengahan April 2018 yang lalu.

Narasumber Talkshow Festival Sahabat Generasi Maju
Selain Mba Anna Surti Ariani, hadir pula Alyssa Soebandono, Dokter Gizi Klinis, dr. Nurul Ratna dan Mba Astrid Prasetyo, Marketing Manager SGM Eksplor pada acara tersebut. Alyssa mengatakan bahwa sebagai seorang ibu, ia selalu ingin berada dekat dengan anak-anaknya dan dapat menyaksikan tumbuh kembang buah hatinya meski ditengah kesibukannya yang sangat padat. Alyssa ingin anak-anaknya memperoleh curahan perhatian dan kasih sayang yang utuh dan lengkap dari dirinya dan sang suami. Untuk tetap dapat mendampingi buah hatinya, Alyssa rela menyewa sebuah rumah yang berdekatan dengan lokasi syutingnya supaya ia dapat leluasa dan mudah berjumpa dengan kedua anaknya yang masih balita. Alyssa memastikan anak-anaknya memperoleh asupan nutrisi yang baik agar tumbuh kembang mereka dapat optimal.

Pemenuhan nutrisi yang tepat untuk usia dan kebutuhan anak adalah hal penting agar dapat mengasah potensi prestasinya dengan optimal. dr. Nurul menjelaskan selain harus memperhatikan asupan zat gizi yang dibutuhkan anak dalam jumlah besar atau makronutrien seperti karbohidrat, protein atau lemak, orang tua juga mesti memperhatikan kebutuhan mikronutrien atau zat gizi mikro seperti beragam jenis vitamin dan mineral. Selain itu, anak diatas 1 tahun juga membutuhkan pangan fungsional lain seperti serat dan probiotik. Agar anak dapat tumbuh cerdas kreatif dibutuhkan Omega 3, 6 dan zat besi. Anak-anak juga memerlukan fosfor, seng, yodium, kalsium dan vitamin D untuk dapat tumbuh tinggi kuat dan memiliki gigi sehat. Pencapaian imunitas optimal dapat didukunh dari asupan vitamin A, C, E, Seng dan zat besi. Anak-anak juga membutuhkan prebiotik dan probiotik supaya pencernaannya dapat tumbuh sehat. Kini, semua kebutuhan tersebut dapat ditemui dalam susu pertumbuhan SGM Eksplor dengan Complinutri. SGM Eksplor adalah salah satu susu pertumbuhan berkualitas yang selalu berupaya untuk membantu memenuhi asupan nutrisi yang diperlukan anak Indonesia agar dapat tumbuh optimal dan memiliki kehidupan yang baik sebagai Anak Generasi Maju.



Festival Sahabat Generasi Maju



Komentar

  1. Berkarakter dong. Kalau pintar aja kan banyak. Pintar bicara, matematika dsb dll tapi nggak ada karakter. Tapi anak yang berkarakter udah pasti menguasai semuanya.

    BalasHapus
  2. Paket lengkap yaa, anak sehat secara jasmani dan karakternya juga. Dambaan para emak. Soalnya anak yang ga sehat badannya itu juga ngaruh ke perkembangan dan karakter anak juga.

    BalasHapus
  3. Potensi prestasi anak bisa diasah sejak kecil ya asalkan orangtuanya peka.

    BalasHapus
  4. Festival SahabatGenerasiMaju seperti ini sebaiknya sering-sering diadain ya, manfaatnya banyak banget di dalamnya, pastinya bikin anak hepi, ibunya juga hepi dpt susu dgn harga hemat dan hadiah haha

    BalasHapus
  5. Senangnya kalau semua kebutuhan anak untuk pertumbuhannya sudah ada di SGM. SGM nih aktif juga ya mengadakan kegiatan yang mengedukasi ibu dan ayah agar memberikan yang terbaik untuk anak. Mantap bener deh SGM

    BalasHapus
  6. Potensi anak yang tidak difasilitasi atau mendapatkan support yang baik dan tepat, bisa jadi akan menghambat masa depan cemerlangnya. Tugas dan peran sebagai Orangtua memang penting ya sebagai support system terbaik untuk pemenuhan semua kebutuhan anak. Tantangan tersendiri buatku yang bentar lagi anaknya dua, hihi. Semangaaat!

    BalasHapus
  7. Salut sama SGM, bikin acara yg faedah kaya gini. Tambah ilmu tambah wawasan. Dan kaya aku yg mamah muda hahah, bisa terus mempersiapkan anak-anak supaya perkembangannya optimal

    BalasHapus
  8. Yes, anak generasi maju, anak yang berkarakter.
    Karakter anak yang maisng-masing individu memiliki kekhasan tersebters

    BalasHapus
  9. Jika ada pilihan pastinya bakal pilih pinter dan berkarakter jadi paket komplit

    BalasHapus
  10. Sebagai orangtua tentu kita selalu ingin yang terbaik untuk anak-anak ya mbak. Termasuk dalam hal memenuhi kebutuhan nutrisi anak. Aku termasuk yang rada picky soal tambahan nutrisi seperti susu dan menurut aku SGM ini pilihan yang bagus dengan harga terjangkau juga.

    BalasHapus
  11. Alhamdulillah ya moms zaman now bekal ilmu parentingnya penuh dan bergizi. Makasih mbak sharingnya. Jadi ikut belajar.

    BalasHapus
  12. Berkarakter itu penting ya agar anak punya prinsip dan tidak teepengaruh oleh lingkungan yang buruk, Insaallah dengan berkarakter bagian dari kecerdasan itu sendiri

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Onggy Hianata, Sang Inspirator Value Your Life

Belanja Asik Di Giant Dengan Harga Teman

Hexpharm Jaya, Obat Generik Kualitas Paten